Wisata

Outbound Ke Villa Kancil Bersama RA Permana Asih

Monday, December 12, 2016 Lendy Kurnia Reny 15 Comments



"Children learn as they play.
Most importantly, in play children learn how to learn."

Bermain adalah sarana yang dibutuhkan anak-anak untuk mempelajari sesuatu. Dengan bermain, mereka bisa menemukan hal yang luar biasa. Berbekal tujuan itulah, sekolah kaka Ai dan adik Hana sering mengagendakan acara outing untuk outbound atau fieldtrip. Karena selain melatih kemandirian anak, juga terasa mendekatkan hubungan antara orang tua dan anak.
*ehhe...kaya yang sebelumnya gak deket aja yaa...? ­čśâ

sebelum berangkat, bisa cek di google map dulu rutenya


Perjalanan yang harus kami tempuh dari RA Permana Asih pada jam 6 pagi di titik kumpul gedung B4T, jalan Sangkuriang menuju Villa Kancil-Kampoeng Soenda, Majalaya, membutuhkan waktu kurang lebih satu setengah jam perjalanan via tol Cileunyi.

Sesampainya di tempat tujuan, gerimis mewarnai petualangan kami kali ini. Tapi sungguh tidak menyurutkan semangat anak-anak RA Permana Asih dalam melakukan aktivitas. Dengan riang gembira, mereka menuruti apa yang diarahkan oleh kaka pembina dari Villa Kancil.

Para krucils berbaris dengan rapi untuk senam bersama



Setelah senam, barulah anak-anak diajak berkeliling untuk melakukan rangkaian kegiatan outbound. Dari mulai yang sederhana, seperti melompati ban kemudian merangkak di dalam lubang ban berwarna-warni, naik ke atas ala wall climbing dengan kemiringan 45 derajat kemudian jalan di atas jembatan tali. Untuk turunnya, anak-anak bisa memilih 2 cara yang disukai, yaitu meluncur di perosotan atau lewat tangga.


Jajaran Guru RA Permana Asih yang hebat dan ceria

Siswa-siswi RA Permana Asih yang bersemangat


Keseruan ini baru awal lhoo....bakal ada keseruan berikutnya yang menantang, karena pada permainan pertama ini melatih kecepatan dan ketepatan. Anak-anak yang merangkak melatih keseimbangan antara otak kiri dan kanan.

Berikutnya,
permainan melatih keseimbangan. Anak-anak akan diajak menyeberangi sungai hanya bertumpu pada palang kayu berukuran (kira-kira) satu setengah jengkal. Cukup lebar untuk ukuran kaki dewasa, karena saya pun ikut mencoba sensasi menyeberangi sungai sedalam dada orang dewasa ini. Menegangkan!
Karena saat dipijak, kayunya sedikit bergoyang seperti tidak seimbang. Namun karena permainan ini mengajarkan untuk fokus. Maka dengan perjuangan, alhamdulillah anak-anak satu demi satu sampai ke tujuan.




Hujan semakin deras mengguyur anak-anak. Namun karena sudah bermandikan air hujan sedari awal, maka permainan masih terus dilanjutkan. Berikutnya balapan naik kapal tambang. Senangnya anak-anak bergoyang-goyang di atas kapal sembari bekerja sama menarik tali untuk sampai di seberang dan kembali lagi ke tempat awal.

Permainan berkelompok ini tentu mengajarkan kerjasama, kekompakan dan keseimbangan. Tidak ada anak-anak yang boleh berdiri di atas kepal, untuk menjaga keseimbangan.

Ada 3 permainan terakhir, yaitu naik kapal yang ditarik dengan kerbau, meniti titian keseimbangan dan menangkap ikan.

Ai dan Hana naik kerbau ^^

Karena harga paket di Villa Kancil sudah termasuk dengan makan siang, jadi setelah lelah bermain, kami pun menkmati hidangan nasi kotak dengan lauk ayam kriuk yang lezat di saung yang telah disediakan di pinggir-pinggir area.

Suasana sunda banget!



Pemandangan dan suasana khas pedesaan inilah yang membuat pengunjung nyaman dan betah berlama-lama. Apalagi kalau mainnya di waktu yang tepat (gak rame dengan pengunjung lain). Maka kita bisa bersantai menikmati semua permainan yang ditawarkan dan jalan-jalan mengelilingi wilayah Villa Kancil.

Ada kolam renangnya lengkap dengan permainan perosotan yang kekinian banget deeh...pokonya. Namun sayang, kami tidak mencobanya. Mungkin lain waktu kalau bermain ke Villa Kancil lagi, kami berkesempatan mencoba berenang di sini.

Tempat bilas dan kamar mandinya bersih dan banyak. Ingin yang bernuansa saung ataupun yang modern. Airnya pun terbilang hangat bila baru keluar dari kran. Jadi anak-anak pun nyaman.

Untuk yang ingin menghabiskan waktu berlibur ke sini, bisa buka reservasi :

Web :
villa-kancil.com

Alamat :
Jalan Raya Desa Padamukti. Solokan Jeruk, Majalaya
Bandung, Indonesia

No. Telp :
 0812-2220-3895 atau 0852-2226-4748

Jam Operasional :
Setiap hari Senin - Minggu (kecuali Jum’at libur), mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB


Mari berlibur seru ke Villa Kancil bersama keluarga \**/


Salam hangat,







You Might Also Like

15 comments:

  1. Di kota besar lokasi seperti ini sudah jarang ya. Anak anak harus meluangkan waktu khusus demi bisa melihat sawah :)

    beruntung yang masih tinggal di wilayah pedesaan. Setidaknya masih mudah bertemu dengan kerbau hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, teh...
      Kerasaa banget yaa...mau bermain di alam aja harus bayar dulu.

      *jadi kangen zaman kecil dl.

      Delete
  2. Asik nih anak anak pasti senang ya mba Lendy. Aku baru liat perahu dijagain gitu. Mungkin agar safety ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heehe...iya mba.
      Yang naik pada lelembut gittuh...jadi kaka pembinanya takut ngguling.

      ^^

      Delete
  3. Lokasinya nyaman banget, ya Len. Mana seperti di desa, anak2 bakal terasa asyik-asyik aja nih. Butuh sesekali piknik di sini, jauh dr kesan perkotaan yg sumpek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho oh....Ayoo mama Arkanantaa....kita cuuss back to village!

      Delete
  4. Jadi inget jaman jadi guru TK deeeh, seneng banget kalau outing begini.
    Tapi bu guru yang asalnya dari ndeso ini awalnya sempet miris sih, anak kota buat ketemu kerbau, main di danau aja harus bayar. Maklumlah, dulu masa kecilnya dihabiskan di desa nan asri yang bisa puaaaas berenang di kali sambil naik-naik sapi. Dan gratis^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lhaa iya, Nyak...
      Ironi yaa...?!


      Kita nyari duid, untuk dihabiskan melihat dan menikmati sesuatu yang seharusnya bisa gratis.

      Delete
  5. Naik kerbaunya... anak2 mau ga ya? *emaknya antusias XD

    ReplyDelete
  6. hebat, pada berani naik perahu..kalo saya mungkin agak ngeri karena gabisa berenan ><

    ReplyDelete
  7. Duch anak2 kecil sekarang sudah ikutan outbound yaaaa, dulu jaman aku sd mah mana ada hehehe

    ReplyDelete
  8. Kerbau nya jinak ya? Aku serem bayangin kalo ngamuk. Eh itu banteng deng ya. Hahaha.

    ReplyDelete
  9. Waah, keren pas liat poto kerbaunya terendam semua gitu. Keren dedeknya berani yaaa ^^

    ReplyDelete
  10. Kegiatan kayak gini nih yg bermanfaat buat anak2. Benar2 berasa bermain sambil belajar.
    TFS, mbak Lendy.

    ReplyDelete
  11. Pasti anak anak merasa sangat senang bisa bersentuhan dengan alam yang sebenarnya ya mak....

    ReplyDelete