feature,

Kisah Cinderella Tahun 2016 Dalam Drama Korea Cinderella And Four Knights

Sunday, March 19, 2017 Lendy Kurnia Reny 43 Comments


Cinderella...?
Siapa yang kenal sama tokoh dongeng jaman kecil ini...?

Baru-baru ini, aku baru nonton Drama Korea yang ceritanya terinspirasi dari tokoh Cinderella. Drama yang airing pada pertengahan tahun 2016 ini mampu membiusku hingga susah move on selama beberapa hari. Ceritanya memang gak jauh-jauh dari cerita tentang cewek yang (mendadak) disukai sama cowo cakep, femes, dan tajirnya gak ketulungan (karena chaebol dari Haneul Grup).

Terus gimana kelanjutannya?

Bentar yaa...kita kenalan dulu sama pemainnya.

Judul : Cinderella and Four Knights 신데렐라와 네 명의 기사 aka. Sinderella-wa ne myeong-ui gisa)
Penulis     : Min Ji-eun & Won Young-sil
Sutradara  : Kwon Hyuk-chan & Lee Min-woo
Genre       : Drama, Romance, Comedy
Network   : tvN
Episode    : 16 episode


Jung Il Woo

Jung Il Woo sebagai Kang Ji Woon.

Berkarakter keras kepala, pemberontak dan kasar. Suka hal-hal yang berbau otomotif. Pekerja keras karena awalnya ia gak tau kalau keturunan Haneul Grup, karena Ibunya telah lama meninggal dan ayahnya gak pernah diceritakan oleh sang Ibu.







Park So-dam

Park So-dam sebagai Eun Ha-won.

Karakter cewe pemeran utama pada umumnya. Ceria, mandiri, kuat dan pinter bela diri. Kayanya semuanya dia punya, kecuali uang dan kasih sayang orang tua. Karena Bapaknya nikah lagi, jadi dia tinggal sama Ibu tiri dan saudara perempuan tiri yang memperlakukannya secara semena-mena. Yaah...persis kaya Cinderella gituu deh....






Ahn Jae-hyun

Ahn Jae-hyun sebagai Kang Hyun Min,

Cowok playboy yang memang terbiasa dengan kehidupan kaya-raya tanpa kekurangan dan kesusahan sedari kecil. Sehingga berkepribadian dingin dan cuek terhadap perasaan orang lain.
Perlahan sifat diginnya berubah ketika perlahan-lahan hatinya terbuka untuk cinta pertamanya, Park Hye Ji.





Son Na-eun

Son Na-eun sebagai Park Hye Ji.

Karakter cewe kedua yang selalu lebih sparkling daripada karakter pemain utama. Dia cantik, seksi dan modis. Jurusan designer, sehingga pinter memadu-madankan baju yang sedang dipakainya. Juga berasal dari kalangan berada. Namun di tengah-tengah cerita, ayahnya tersandung kasus korupsi dan terpaksa semua aset disita. Ini yang menimbulkan kesalah pahaman antara Hye Ji dengan Ji Won.





Lee Jung Shin


Lee Jung Shin sebagai Kang Seo Woo.



Kepribadian yang paling hangat dari ketiga sepupunya di Haneul-jib. Seorang penyanyi dan komposer terkenal dikalangan muda--mudi Korea. Sepertinya ini memang karakter sesungguhnya di dunia nyata yaa...? Karena Lee Jung Shin adalah salah satu member band CN Blue yang semua membernya pinter main musik, nyanyi dan akting.





Choi Min

Choi Min sebagai Lee Yoon-sung.

Doi adalah sekretaris dari kakek pemilik Haneul grup, Kang Jong Du. Tapi menurutku, di drama ini, doi kerjaannya malah ngurusin para baby Kang (Kang Ji Woo, Kang Hyun Min dan Kang Seo Woo) yang belum bisa jadi penerus Haneul grup karena sikap mereka yang tidak bertanggung jawab sama sekali.







Harusnya semua baik-baik saja kalau gak si playboy Kang Hyun Min memulai masalah. Dia ngaku-ngaku uda tunangan sama Eun Ha Won (Park So Dam), cewek yang dijumpainya saat di tempat hiburan malam sebagai pengantar pizza. 

Eun Ha Won yang tipikal gadis pekerja keras, tiap hari hanya bekerja, bekerja dan bekerja. Demi terkumpulnya pundi-pundi rupiah untuknya kuliah selepas sekolah tigkat pertamanya usai. Namun sayang, karena ia berasal dari keluarga miskin, ayahnya yang seorang supir truk, sering meninggalkan Ha Won bersama Ibu dan saudara perempuan tirinya. 

Disiksa?
Emm, di drama ini gak begitu di liatin siih....palingan disuruh tidur di balkon rumah mereka dan menyelesaikan urusan rumah tangga seperti memasak dan mencuci piring. Standar laah...itu mah kerjaan perempuan.

Sampai pada suatu ketika, ia ketemu sama Kang Hyun Min tadi....ia ditawarin buat jadi tunangan ((pura-pura)) hanya 3 jam dan nanti dikasih imbalan uang 1 juta won. Hanya untuk dateng ke acara pernikahan kakeknya, Kang Jong Du yang ke empat kalinya. Emm, semacam bentuk pemberontakan. Maksud Hyun Min pingin menunjukkan kalau si kakek udah ga pantes nikah lagi, kan uda tua. Yang pantes nikah yaa...cucu-cucunya laah...

Singkat cerita,
Si kakek malah senang dengan kepribadian dan kecerdikan yang dimiliki Ha Won. Cewek mungil ini selain bisa menundukkan Hyun Min yang bengal, diharapkan bisa menundukkan kedua Kang lainnya di Haneul-jib (rumah tempat tinggal semua cucu kakek Kang Jong Du), Kang Ji Won dan Kang Seo Woo.

Akhirnya kakek melakukan penawaran. 

Ha Won boleh tinggal di Haneul-jib dengan 1 syarat, menjalankan misi yang diberikan kakek untuk diselesaikan dalam waktu sesingkat-singkatnya, macam proklamasi. Sebagai imbalannya, akan diberi uang masuk kuliah beserta SPP semester pertama. Menggiurkan bagi Ha Won karena impian ia adalah menjadi seorang guru. Tapi lagi-lagi drama ini meleset dari tujuan awal. Apa mungkin mau dibuat sekuelnya? *entahlaah....


Bayangin punya rumah kaya begini....aduuduu....*.*

Biasa kan yaa...
Awalnya tawaran si kakek gak dipenuhin sama Ha Won. Tapi Ha Won malah diusir sama ibu serta saudara tirinya. Kehujanan dan gak punya uang. Sambil nenteng-nenteng abu kematian Ibu kandungnya yang ternyata di kick dari rumah duka, ia masih terus berusaha minta tolong sama sahabatnya untuk diijinin tinggal selama beberapa hari. Sayangnya, sahabat Ha Won juga bukan orang kaya, ia juga tinggal di rumah kecil yang gak ada kamar tambahan. Jadi Ha Won keluyuran gak jelas, dan jalan terakhir yang ditempuh adalah menelepon kakek dan menerima tawaran kakek untuk tinggal di Haneul-jib sembari melaksanakan misi.


Tentu gak mudah menjalankan misi si kakek. 
Misi pertamanya adalah membuat ketiga saudara Kang ini makan bersama. Makan bersama adalah simbol dari kerukunan sebuah keluarga yaa...jadi keluarga yang harmonis yaa...keluarga yang (paling tidak) bisa meluangkan waktu untuk makan bersama dan mengobrol.


Misi pertama sukses!

Kesuksesan misi pertama membuat kakek berharap makin banyak untuk menyatukan para cucu ini menjadi sebuah keluarga idaman harapan kakek.

Lanjut ke misi kedua.

Mengumpulkan para Kang bersaudara untuk berdoa bersama di kuil tempat para ayah (ke tiga putra kakek) disemayamkan.
Misi kedua ini gak sepenuhnya berhasil, karena Ji Woo datengnya gak barengan saat doa. Doi paling keras diantara kedua saudaranya yang lain. Karena memiliki luka yang paling dalam pula. 

Alasan ini yang membuat Ha Won keluar dari Haneul-jib. Perasaan gagal dan sedih karena mengetahui kenyataan bahwa ia ternyata bukan anak kandung ayahnya sendiri (selama ini). Jadi dia (lagi-lagi) diusir. Hadeeu....poor Ha Won-a~~

Untungnya ada Hye Ji. Cewek cantik yang ternyata adalah cinta pertama Hyung Min namun saat ini, Hye Ji sedang dekat dengan Ji Won. Naah...mbulet kan...?
Intinya mah....cinta segitiga tapi melibatkan Ha Won, karena Hyung Min kan tadi pura-pura uda tunangan sama Ha Won. Alasan yang dibuat-buat ini juga dalam rangka untuk menjauhkan diri Hyung Min dari Hye Ji. 

Ternyata ada luka di diri Hyung Min yang membuat ia gak berani mendekati cinta pertamanya. Luka ini dibuka perlahan-lahan di sepertiga episode akhir. Bahwa Hyung Min adalah salah satu saksi kembaran Hye Ji yang meninggal, dan kenyataan bahwa Hyung Min gak bisa berbuat apa-apa selain diam dan memandangi kakak Hye Ji meninggal begitu saja. Ia seorang pengecut dan gak pantes sama Hye Ji, begitu cap yang diberikan pada dirinya sendiri.



Awalnya,
Kang Ji Won sakit hati baget kalau Hye Ji sedih karena ditolak sama Hyun Min. Jadi Ji Won rela melakukan apa aja buat bikin Hyung Min sadar kalau Hye Ji suka sama doi. Sampe pura-pura suka dan pingin merebut tunangan gadungan Hyung Min. Awalnyaaa.....hanya pura-pura.




Diem-diem,
Ji Won merhatiin Ha Won. Setiap perkataan dan sikapnya terhadap orang-orang penghuni Haneul-jib itu tulus. Meskipun memang bagian dari misi. Kebaikan dan ketulusan ini yang membuat Ji Won tergerak untuk melindungi Ha Won dari segala kesusahan.

Adegan pura-puranya ini looh...yang bikin aku ikutan deg-deg-deg rasanya. Hiihhii....maklum yaa...ngliat senyuman Ji Won, bikin hati tante kacau!



Drama ini uda keliatan bakal happy end siih....cuma yang paling kasian yaa...si Seo Woo sama sekretaris Yoon-sung. Gak ada pasangan yang sreg di hati.

Oh ya,
kenapa judulnya Four Knight, padahal cuma 3 kan yaa....si Kang bersaudara ini...Ternyata sekretaris Yoon-sung adalah anak dari istri kakek yang sekarang. Jadi dia bisa aja jadi penerus Haneul grup.

Kekurangan drama ini, masalah pokoknya malah gak terselesaikan. Seperti cita-cita Ha Won yang semula ingin melanjutkan kuliah dan jadi guru, gimana kerja kerasnya doi saat ingin menggapai impiannya...malah buyar ke mana-mana. Anehnya lagi, kan si kakek mau cari siapa penerus Haneul grup yaa....endingnya, kakek sehat kembali dan bahagia bersama si istri ke empatnya ini. Terus jadinya siapa dooonk yang gantiin tahta kakek??

Kang Ji Won?
Kang Hyun Min?
Kang Seo Woo?
atau malah Lee Yoon-sung?

Fokus yang hilang ini yang bikin rating drama ini jeblok. Eh...iya gak siih...?
Tapi bener, aslinya drama ini seru. Meskipun plot yang ditawarkan mirip-mirip sama Boys Before Flowernya Lee Min Ho sama Go Hye Sun.

Fakta uniknya, yang main di drama ini, juga ada hubungan deket sama drama pendahulunya. Kaya Lee Min Ho di kehidupan aslinya memang sahabatan sama Jung Il Woo dan Go Hye Sun adalah istri dari Ahn Jae-hun.

Memang itu magnetnya kali yaa...?


Yak!
Sekarang waktunya menarik pelajaran dari drama Cinderella and Four Knight. Apa yang bisa diambil setelah nonton drama ini?

1. Kepercayaan itu penting.
Bagaimanapun, hubungan yang paling dekat adalah keluarga. Seberapa salahnya salah satu anggota keluarga, yang lainnya wajib mengingatkan dan membantu menemukan jalan pulang.

2. Jangan menutup diri.
Kesalahan masa lalu adalah langkah untuk menemukan hikmah. Ini bisa dilakukan dengan membuka diri dan menerima kesalahan tersebut.
Penerimaan terhadap diri sendiri ini penting untuk melaju ke kehidupan berikutnya dengan perasaan nyaman tanpa beban atau luka,

3. Berbuat baiklah kepada siapapun.
Karena perbuatan baik kita pada seseorang, memang belum tentu dibalas pada orang yang sama. Tapi yakinlah bahwa itu pasti berbuah kebaikan juga.

4. Nyaman sama diri sendiri.
Jangan pingin jadi seperti orang lain. Kalau kamu nyaman dengan apa adanya dirimu, maka terimalah. 

5. Mendidik anak adalah membersamai mereka.
Di drama ini, kita banyak disuguhkan kisah Ibu yang menelantarkan anak demi kebahagiaan si anak. Alih-alih bahagia, anak akan tumbuh dengan rasa percaya diri yang kurang. Kalaupun ia bisa percaya diri, namun kepercayaan kepada orang lain, akan susah muncul. Menjadi pribadi yang penuh luka dan dendam.




Apapun jalan hidup yang kamu tempuh, haruslah selalu bersyukur. Yakin pada diri sendiri dan orang-orang yang sayang sama kamu, termasuk aku.

Kalau nonton drama yang gak banyak konflik, memang kurang beriak yaa...*tanda tak dalam. Tapi overall, aku suka banget chemistry yang dibangun oleh #wonwooncouple ini. Sama-sama manis dan imut. Tumben niih....ada drama yang ngasih pasangan pemainnya lebih tua yang laki. Kebanyakan drama Korea yang aku tonton, lebih tua yang perempuan terus. Hiihii....((tergantung mood si producer yaaak...??))


Sekian review drama favorit aku minggu ini yang anti-mainstream karena selalu telat nonton. Yaa...sekarang jadi demam Jung Il Woo deeh...

Next, nonton drama apalagi yaa...
Ada yang mau kasih masukan?


Haturnuhun.
Semoga bermanfaat.


Salam hangat,










You Might Also Like

43 comments:

  1. Saya tidak pernah (suka) nonton drama korea. Jadi awam banget nih hehehe. Tapi setuju dengan 5 point pelajaran yg bisa kita ambil dari kisah cinderella ini. Terimakasih ilmu dan infonya :)

    ReplyDelete
  2. jarang ngikutin drakor..makanya banyakbyg gak tau..
    yakin kalo sekali diikutin bakalan nagih... he2

    ReplyDelete
  3. Aku gak pernah nonton drama Korea.. Hebe.. Btw, kalo terinspirasi dari kisah Cinderella pastinya jalinan kisahnya pasti bagus menurutku..

    ReplyDelete
  4. Ow ow ow ow... lagi nonton doctors nih mbae, tp d viu. Udah nonton blm?

    Daan Akhirnya aku beli kartu 3, tp udah ga ad yg 33gb euy.. cuma dpt 24gb..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada lagi yang 66 GB, Un..
      Heehe...tapi 24 GB cukup gak..?


      *doctors aga bosenin, menurutku Un...mungkin efek aku ga suka sama Park Shin Hye kali yaa..??

      Delete
  5. Drama korea bagus sih, tapi aku jarang nonton. Takut ketagihan hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya siih...mba,
      aku juga nunggu timing yang pas buat memulai sesuatu yang baru.
      selama belum dapet timingnya, masih mager ga jelas gitu...

      Delete
  6. bener-bener pecinta drakon mba Lendy hahahah
    aku belum nonton ini wajib tak tonton pokoknya, aku baru nonton the heirs mba kwkwkw

    ReplyDelete
  7. Mantap!! Cinderellanya jago bela diri. Jadi gak lemah2 banget ala dongeng yang sering beredar, hehe #kubutuhsuasanabaru kayanya rekomen yaa drama ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iyaya..
      Baru inget kalo cenderella itu harusnya lemah lembut dan semua mua di-iya-in aja tanpa perlawanan.

      Delete
  8. Kalau dari ceritanya sebenernya lumayan menarik dan benar ada kemeripan dgn Film Boys Before Flower.

    ReplyDelete
  9. Nonton korea itu enak pas longgar ya, aku suka Baper kalau udah kadung suka hiiks ujung2nya lama move on, PR nulis menumpuk hahah... Tapi penasaran deh

    ReplyDelete
  10. Adaptasi kisah karya HC Andersen ini sudah melewati hampir setiap dunia..up to date sepanjang masa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..
      Banyak versi yang berkembang sesuai negara dan jamannya.

      *hebat yaa, mba..

      Delete
  11. Hooo Teteh suka drakor? Aku ga suka soalnya wajah cowo Korea mulus kinclong, ga kayak wajahku. *eh, hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaah...kalo diperhatiin baik-baik siih...mereka ga mulus-mulus amat kook, mba Helen.
      Tapi kinclonknya iyaa...
      hehhe....

      Delete
  12. Park So Dam..
    Huhuhu.. jadi inget drakornya yang Beautiful Mind itu.
    Masih ga move on dan ga rela itu dicepetin hiks :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa...
      di Beautiful Mind bareng Jang Hyuk oppa...

      *kangeen...

      Delete
  13. Jadi Lee Yon Sung itu kyk "anak haram" gtu kah mbak?
    Wah jgn2 yg kepilih malah dia :D #sokteu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan anak haram, mba April.
      Tapi si nenek ini ternyata uda pernah nikah sama orang lain dan punya anak Yoon Sung ini.


      Pas nikah sama kakek Kang Jong Du, ngakunya masih perawan.

      Makanya di endingnya jadi masalah.

      Dikira kakek, si istri nya ini selingkuh sama sekretarisnya.

      Delete
    2. Walah, jadi malah bukan keturunan asli kakek ya mbak, jdnya sbnrnya dia gak berhak atas warisan donk ya? Mendadak jd inget drakor lama jg yg mirip2, ternyata bukan anak kandung bapake tp ibunya ngotot spy anaknya itu berhak jg atas warisan, endingnya si anak tau diri klo dia gk berhak dan nyerahin ke saudara2 yg lain. Lupa judulnya hehe

      Delete
  14. Aaah udah lama gak nonton drakor. Kangen tapi takut ketagihan.

    ReplyDelete
  15. Aku malah takut ketagihan nonton drakor, habis banyak yang ketagihan. Kelewat aja udah nyesel

    ReplyDelete
  16. Mau komentar apa yah,, bingung... Soalnya lebih suka anime hihi

    Piss

    ReplyDelete
  17. Saya jarang suka nonton Drakor mba. Paling dl cuma F4 doank hehe.. tapi saya setuju ama point² yang dibuat sama mba.

    ReplyDelete
  18. Walaupun ga pernah nonton drama korea, tapi lewat tulisan Mbak Lendy aku suka jadi tahu sedikit-sedikit. Yang paling menarik Mbak Lendy selalu menuliskan pesan dari drama koreanya, nunjukin banget kalau hobi nonton juga berguna.
    Aku suka sama poin terakhir. Mendidik anak adalah dengan membersamai mereka. Belakangan ini ga jarang aku lihat film yang ngasih pesan serupa, kadang si ibu ngerasa berkorban untuk anaknya, tapi justru membuat si anak jadi menjauh. Apa pun keputusan orangtua, mungkin ada baiknya selalu mengajak anak untuk diskusi bersama.

    ReplyDelete
  19. Belum nonton drakor lagi setelah nonton The Legend of The Blue Sea.

    ReplyDelete
  20. Cinderellanya krg dikejamin ya. Malah enak itu dikelilingi chaebol. Bbf aku krg suka. Kalo mirip ceritanya, skip mgkn, hihihi. Tp ada Il woo yaaaaa

    ReplyDelete
  21. Kepercayaan itu penting, setuju bgt lah. Pemeran utama cewek knapa rambut cepak ya. Saya suka rambut panjang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trademark nya Park So Dam.
      Ini cewe imuuttnya kebangetan kalo cepak.
      Kalo panjang, jadi berkurang imutnya..

      Heehhe..

      Delete
  22. Sebenernya pola cerita drakor itu setipe semua. Ceweknya orang miskin, cowoknya kaya raya chaebol gitu.. Tapi kenapa aku bisa suka sama drakor yaa.. Ending ceritanya biasanya gampang ditebak. Hahaha...

    ReplyDelete
  23. Top, Mba Lendy! Nonton Korea trus ngambil poin2 pelajarannya. Berarti di antara drama2 cinta yang banyak diproduksi Korea, film ini termasuk yg bagus ya..

    ReplyDelete
  24. Udah lama ga cuci mata ngeliat artes korea. Hihihi

    ReplyDelete
  25. Jadi ingat Meteor Garden / Boys Before Flowers nya Tao Ming Tse dan Sancay hihi

    ReplyDelete
  26. Wkkwkkw iya banget aku selalu mbatin klo drakor kenapa tokoh cewek ke duanya diliat dari segi postur lebih seksy trus lebih proporsional, nah trus si tokoh utama ntar ngerasa minder wkwkwkkw, klise hahahha, tapi tetep ae taktonton wkwkkw

    ReplyDelete
  27. Aku salut ama kakak yang mampu nonton drama korea sampe banyak banyak ginih. Salut luar biasa deh. Aku ngga bakalan bisa

    ReplyDelete
  28. Aku salut ama kakak yang mampu nonton drama korea sampe banyak banyak ginih. Salut luar biasa deh. Aku ngga bakalan bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Don...
      Ajakin kita-kita jalan deeh...biar ga sempet nonton.

      Wkkwkwk....

      Delete
  29. Tidak.... Kali ini kena racun kembali drama korea tersebut. pertama kali yang saya lihat adalah pemain perempuannya kali sekiranya cakep dan imut langsung download hahaha

    ReplyDelete
  30. Aku kadang ngiri dengan Mbak-mbak yang sempet nonton drakor sampe berepisod-episod. Hiks, aku langsung tidur ketika si kecil tidur. capek.

    Tapi gpp, teteup dapet cerita dan hikmahnya dario review mbak Lendy. Minimal tahu artis-artis cakep, wkakaka. Thank you, Mbak, :)

    ReplyDelete
  31. aku kurang suka nonton film drama korea

    ReplyDelete