article,

Tips Merawat AC Hemat Listrik Agar Tetap Awet

Tuesday, October 24, 2017 Lendy Kurnia Reny 11 Comments

Assalamu'alaykum,



Emak-emak mana coba yang gak suka barang awet?
Semua emak rasanya pingin barang pilihan yang dibeli bisa awet sepanjang massaa....biar gak bolak-balik beli lagi dan lagi dan itu sudah pasti menyasar pada budget bulanan dompet mamak.

Sama halnya ketika membeli alat elektronik. Tinggal di tempat dengan iklim tropis, membuat rumah akan lebih nyaman bila diberi AC (Air Conditioner). Membeli AC hemat listrik adalah pilihan keluarga kami. Selain membuat kenyamanan warga rumah yang mayoritas anak-anak kecil, juga jika kedatangan tamu dari pihak keluarga. Alangkah mulianya bila kita menghormati tamu dengan ruangan yang nyaman sembari bercengkrama membangun keakraban.


Sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَاْليَوْمِ اْلأخِرِ فَلْيُكْرِمْ ضَيْفَهُ

Barang siapa yang beriman pada Allah dan hari akhir maka hendaklah dia memuliakan tamunya.” (HR. Bukhari)






Kalau sudah memiliki barang elektronik yang diinginkan, jangan lupa untuk terus me-maintenance atau merawat barang tersebut agar tidak lekas rusak. Karena biaya merawat sesuatu barang yang sudah terlanjur rusak akan lebih mahal daripada biaya perawatannya sendiri.

Berikut Tips Merawat AC agar selalu awet :


1. Membersihkan Filter AC

Debu pada bagian filter dapat menghalangi aliran udara pada sistem AC, hal inilah yang menyebabkan AC menjadi cepat rusak. Agar AC tetap awet, minimal ganti atau membersihkan bagian filter ini sekali dalam sebulan atau maksimal 2 bulan sekali.

source : service AC Surabaya 

2. Periksa Bagian Kumparan AC

Kumparan juga merupakan bagian dari AC yang tentunya debu bisa saja menumpuk di bagian ini. Hal tersebut dapat menyebabkan hambatan aliran udara dalam AC. Lakukan pemeriksaan kumparan secara rutin setiap tahun, jika perlu bagian ini juga harus dibersihkan. Agar AC tetap terasa dingin, sejuk dan tentu udara yang keluar adalah udara yang bersih dan sehat.

source : cintas.com


3. Pemeriksaan Bagian Thermostat

Thermostat adalah bagian yang mengatur perubahan suhu pada ruangan. Usahakan suhu ruangan tetap stabil dan jangan mematikan AC saat ruangan kosong (kecuali ditinggalkan dalam jangka waktu yang lama), sebab ketika AC pertama kali dihidupkan memerlukan daya yang besar dan ini tentunya pemborosan terhadap daya saat AC dihidup matikan dengan sesukanya.

source : learn.compactappliance.com


4. Periksa Bagian Kipas AC

Kipas pada bagian AC juga memiliki peran penting. Pastikan kondisi kipas ini tetap bagus dan jika perlu diganti bagian pisau kipasnya jika terlihat retak atau pecah.


Meskipun cukup memakan biaya, AC juga membutuhkan perawatan yang teratur dan berkala.
Sama halnya seperti manusia, AC juga memerlukan check-up agar tetap sehat dan bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Meski memerlukan biaya yang cukup mahal, lakukan kegiatan service AC kepada ahlinya.


Naah...bagaimana kisah sahabat lendyagasshi dalam melakukan perawatan AC hemat listrik di rumah agar lebih dingin dan tahan lama?
Boleh berbagi di kolom komentar yaa...



Salam hangat,






You Might Also Like

11 comments:

  1. AC di rumah aku cuma pajangan, Mbak. Dirawat sih berkala. Tapi hampir enggak pernah dinyalain. Mulai nyesel malah ngapain pasang ac kalau enggak suka ac.

    ReplyDelete
  2. Kalo AC tidak dirawat malah berdebu udaranya ys mbak, akibat tidak bisa tersaring lagi debu-debu tersebut.. ^^

    ReplyDelete
  3. Perawatan AC berkala emang wajib biar penghuni yang menghirup udara dalam ruangan tetap sehat bebas debu :)

    ReplyDelete
  4. Baru tahu kalau thermostat pun perlu dicek mbak.
    Emang baiknya panggil pembersih AC minimal setahun 2-3 kali ya kyknya...

    ReplyDelete
  5. Manfaat ilmunya. Secara di kampung saya blm ada yang pakai AC. Jadi saya bisa selangkah lebih maju mengetahui pembekalan ini lebih dulu hehehe

    ReplyDelete
  6. Manfaat banget mba artikelnya, saya pakai ac tp ga terlalu merhatiin hal itu. Abis baca ini jd tau.

    ReplyDelete
  7. emang harus rutin dibersihkan ya supaya awet. Sekali membersihkan AC bisa 100-150ribu lho

    ReplyDelete
  8. Aku belum punya AC teh hehehe tapi infonya berguna someday klo punya AC carana seperti ini :)

    ReplyDelete
  9. Salah satunya juga nih mbak, sebaiknya suhu AC jangan lebih kecil dari 24 derajat. Yang saya baca sih gitu...

    ReplyDelete
  10. Makasih tipsnya mbak... kebetulan saya belum punya ACjadi kalau tahu caranya paling tidak saya bisa merawat AC saat punya nanti, hehe

    ReplyDelete
  11. hehe... saya belum punya AC mbak, iya sih mbak saya perna baca katanya memang AC itu harus di bersihkan agar debu-debunya tidak menempel, kalau sering dibersihkan AC nya bisa awet dan bisa menghirup udara segar.

    ReplyDelete