article,

Mobil Matic : Kendaraan Ternyaman Untuk Pemula

Monday, February 12, 2018 Lendy Kurnia Reny 56 Comments

Bismillah,


Menembus padatnya jalanan di kota besar, kadang membuat kita stres duluan yaa...apalagi dikejar-kejar waktu. Yang suami berangkat kerja, yang anak-anak berangkat sekolah...semua seakan-akan membayangi hecticnya kehidupan di pagi hari.

Demi bisa melayani semua anggota keluarga, mama sholiha harus bisa berbagai jenis kendaraan, kecuali truk tronton kali yaa...wkkwkk...

Jadilah, saya les mengemudi mobil beberapa tahun yang lalu. Dan dengan hanya bermodalkan 10 jam belajar (mobil manual), saya memberanikan diri membawa mobil matic. Memang kata orang, mobil matic ini mobil orang yang males mikir. Ahh...saya mah...demi keselamatan dan kenyamanan, matic itu istimewa di hati. Ehhee...


Real Men Use Three Pedals, Rich Men Use Two Pedals
Meme yang sempat beredar ramai di sosmed mengenai perang bahwa laki-laki sejati menggunakan mobil manual, daripada matic.
(( tapi saya kaan....perempuan, emak-emak pulaaa πŸ˜… ))




Kelebihan menggunakan kendaraan matic bagi seorang Ibu (seperti saya) :


1. Karena praktis, tidak perlu memindahkan transmisi atau gigi.
Yaa,
pada mobil matic, mainannya cuma gigi maju (D, S atau L) dan mundur (R). Kalau sudah parkir, tinggal di pindah ke huruf P dan saat macet, menggunakan gigi netral (N) agar tidak terlalu lama menekan rem (kan cape yaa, kalau kelamaan menekan rem...hiihii...).


2. Mesin mobil matic otomatis terkini memiliki sistem jenis CVT (Continous Variable Transmission) dan dilengkapi dengan tombol O/D (Over Drive).
Jadi, karena di Indonesia ini beredarnya 2 jenis sistem matic, yaitu Sistem AT (Torque Converters) dan sistem CVT (Continuously Variable Transmission), maka kita harus mengenali kedua sistem kerja mobil matic ini. Mobil keluaran terbaru, biasanya menggunakan sistem CVT.


3. Beberapa mobil matic memiliki sistem pengoperasian ekonomis.
Naah...hal ini kaitannya dengan sistem pembakaran yang ekonomis, sehingga hemat bahan bakar.


4. Mobil matic dapat diperoleh dengan harga murah hingga paling mahal.
Dulu...mobil matic terkenal lebih mahal dari sistem manual. Namun seiring permintaan konsumen, mobil matic kini hadir dengan harga yang terjangkau. Bahkan sudah menggunakan sistem matic terbaru, CVT - yang terkenal sangat halus dalam pengoperasiannya.
Mau mobil matic seharga 100 jutaan?
Ada.


5. Berhati-hati saat menggunakan matic.
Apapun yang kita lakukan memang tidak terlepas dari doa. Sebaiknya memulai perjalanan dengan berdoa dan berdzikir dimana pun saat sedang berkendara di jalan.

Karena mobil matic ini sangat nyaman, bisa jadi saat di jalan macet, sahabat lendyagasshi merasa mengantuk atau salah menekan transmisi, yang meskipun sederhana dalam pengoperasiannya, bisa saja membuat pengemudinya khilaf.


MashaAllah...cantik yaa... (( mobil impian 😍 ))


Berdasarkan pengalaman menggunakan mobil matic, maka beberapa langkah penggunaannya bisa dibaca terlebih dulu niih...

1. Memastikan posisi tuas P (Parkir) atau N (Normal) pada tempatnya.

2. Saat menghidupkan mobil, memastikan kembali (selama beberapa menit) hingga suhu mesin dan transmisi tercapai secara optimal.

3. Saat menjalankan mobil, pastikan sudah menekan rem dan ketika akan menggerakkan tuas pastikan juga menekan rem untuk menghindari kerusakan mesin mobil.

4. Ketika mobil sudah jalan, pastikan lagi tuas dalam posisi benar, posisi D (Drive, maju) atau R (Reverse, mundur).


Setelah langkah-langkah tersebut dijalankan, siap menjalani aktivitas dengan semangat yaa, mams...


Kalau sahabat lendyagasshi, suka mobil jenis apa?
Matic atau manual?

Boleh cerita di kolom komentar yaa...
Haturnuhun.


Salam hangat,




You Might Also Like

56 comments:

  1. Poin ke 1 keliatannya praktis, tapi apa bahayanya justru di situ, Len? Jadi kalo saya baca2 berita kecelakaan mobil matic, rata2 penyebabnya karena pengemudi gak bisa ukur kecepatan. Dikira2 aja. Kalo mobil manual ada gigi, bisa ngukur dari situ. Sama kayak motor. Matic kelihatannya gampang karena emang gampang, tapi di satu sisi juga agak riskan. Kalo kata superhero mah: with great power comes great responsibility (naon disambung2in heuheuheh XD)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh...banyak kecelakaan terjadi karena kemudahan matic.
      Jadi merujuk pada point terakhir bahwa perbanyak berdoa.
      ^^

      Delete
  2. Berhubung gak bisa nyetir, naik apapun jadilah. Lha kita kan penumpang tinggal ngikutin supirnya saja

    ReplyDelete
  3. Aku termasuk #timMatic nih kayaknya..soalnya mobil matic memang lbh mudah dan lbh praktis..trutama buat mamak2 yes ��

    ReplyDelete
  4. Saya belum bisa nyetir mbaa wkwkwk jadi yaa nganut paksu aja akan dibawa kemana sang permaisuri #eaaaa tp tipsnya keren juga. Tfs yaa

    ReplyDelete
  5. Kalau ane suka apa aja soalnya mpo gak bisa ngendarin mobil, bisanya cuma sepeda

    ReplyDelete
  6. Miss suka mobil keluarga. Soal matic atau manual, urusan bapake. Miss cuma duduk manis aja.

    ReplyDelete
  7. Belum pernah nyoba mobil matic,tapi banyak katanya lebih enakeun yaa

    ReplyDelete
  8. Saya ga bisa nyetir tp kata suami kl mau belajar nyetir pake manual aja dulu gitu katanya. Meski matic pasti lebih enak ya

    ReplyDelete
  9. Tapi saya trauma sih dengan matic karena suka kebablasan terlalu cepat ngendarain

    ReplyDelete
  10. Aku tim matic. Hahhaa. Anti ribet malas ah ganti matic. Yang penting bisa antar jemput anak sekolah terkadang juga aku bahagia. Hahhaha

    ReplyDelete
  11. kalau saya lebih suka kendaraan matic daripada manual, gak cepet capek nyetirnya

    ReplyDelete
  12. dijepang banyak yang pakai matic rata-rata yangpakai memang perempuan alasannya lebih mudah digunakan dan memang bener sangat aman untuk perempuan.

    ReplyDelete
  13. Saya belum bisa nyetir, tapi kalau suatu saat punya mobil sendiri (bukan punya suami) pengen deh pakai mobil matic, apalagi saya suka panik kalau tiba-tiba mesin mati pas velajar pakai manual

    ReplyDelete
  14. doain aku cepet cepet lancar ya teh, biar bisa ngumpulin mobil matic, aku udah coba pk kompling haha tapi ya tetep aja gabisa bisa huhu sedih

    ReplyDelete
  15. Yang paling gampang emang yang matic, tapi mesti hati2 pula bisi kebablasan, soalnya terlalu nyaman.
    Alhamdulillah aku belajar nyetir dari mulai gigi, motor atopun mobil . Jadi kalo di kasih yang matic, haduuh nyaaman pisan

    ReplyDelete
  16. Banyak isu beredar mobil automatic lebih rentan dengan laka lantas. Benar tidak ya? Jadi ragu setelah baca artikel ini. Kstena sebelumnya saya selalu berfikir demikian

    ReplyDelete
  17. Kalau aku lebih suka mobil gigi mbak, lebih terukur lebih gampang. Mungkin karena sudah biasa dengan yang model lama kali ya heheeee....

    ReplyDelete
  18. Dikirain tadi baru beli mobil baru loh.
    Enaknya mobil otomatis pas ditanjakan dan pas parkir. Enak deh.
    Otomatis memang cocok buat ibu-ibu.

    ReplyDelete
  19. Mobil matic emang cocok buat ibu2 ya, apalagi kalau ditanjakan. Ga perlu anjut2an karena pindah Gigi :)

    Kalau suami lebih suka yg Gigi lebih mudah kontrol kecepatan. Kalau matic masih sering lupa pindahin tuas. Pernah ga bisa cabut kunci ternyata tuas masih di posisi D. Ketahuan kalau mobil pinjaman ehehe

    ReplyDelete
  20. Aku baru paham D dan R artinya apa. Hahaha. Taunya cuma P buat parkir. Zaman sma aku berani nyetir, sekarang andalkan ojek online aja deh.

    ReplyDelete
  21. Motor matic...wkwkwkwk, yg ditanya mobil matic, abis aku gak pernah nyobain nyetir yang mana...

    ReplyDelete
  22. Saya suka naik mobil tapi nggak bisa bawanya. Yang bisa cuma motor matic aja yang tinggal gas-rem saja.
    Sepertinya matic ini emang dibuat khusus pemalas (maaf) dan perempuan hahaaa... Tapi saya malah pengen belajar yang manual, katanya kalau udah bisa manual, matic juga otomatis bisa.

    ReplyDelete
  23. Aku sih pas belajar naik motor dan mobil di awali dengan manual. Dan begitu ketemu matic ternyata memang jauh lebih mudah ya.

    ReplyDelete
  24. Dulu saya pertama kali belajar mobil biasa yg manual mbak, bapak di rumah jg punyanya mobil biasa hehe. Moga2 bisa punya kesempatan punya yang matic, kyknya lbh praktis :D

    ReplyDelete
  25. Aku suka yang matic aja. Karena yang manual capek. Capek mikir habis juga tenaga.

    ReplyDelete
  26. Waktu dulu, belajar pakai mobil yang manual. Jadi belum pernah ngerasain yang matic. Tapi kayaknya memang cocok buat emak-emak ya...jadi gak perlu panik kalau mesin tiba-tiba mati di tanjakan.

    ReplyDelete
  27. ia sich matic nyaman untuk pemula. Tapi kadang aku ngeri kalau matic untuk pemula. Sebenernya mobil ini tingkat kewaspadaannya tinggi, lengah sedikit pada saat gigi mobil masuk sudah pasti dia jalan sendiri. Ini mengerikan juga sich, makanya penggunakan matic kita harus bener2 waspada

    ReplyDelete
  28. karena Real Men use three pedals, maka saya lebih suka manual mba.. Tapi memang diakui, kalau untuk city car dan daerah yang macet pasti jauh lebih enak pake Matic daripada manual. tp kalau untuk touring dan bepergian antar daerah ya pasti enak pake manual. Apalagi pergi ke kota yang banyak tanjakkan mba

    ReplyDelete
  29. Sebagai pengendara mobil aku lebih suka dengan yang biasa daripada matic, matic ini agak rawan mbak. Tapi belik-balik ke orangnya juga, ada juga teman-teman yang lebih suka mobil matic

    ReplyDelete
  30. Aku malah gak dibolehin bawa kendaraan Mbak 😐 katanya jalan saja sering jatuh gimana kalau bawa kendaraan. Kusedihlah huhuhuhu... Tapi ia si aku tuh ceroboh banget. Baca tulisan mbak sepertinya matic juga gak aman gitu ya buat si ceroboh.

    ReplyDelete
  31. setelah baca artikel ini dan sebelum nulis dikolom komentar, aku berdoa dlu , "yaa Alloh semoga suatu saat bisa punya mobil" aamiin
    aku gak masalah manual atau matic, karna motor uga aku bisa dua2nya, semoga nanti juga gak ada masalah kalo beljar nyetir mobil.

    ReplyDelete
  32. Saya belum bisa nyetir. Tapi kalau memang nanti beli mobil sendiri pengennya matic juga. Lebih simpellah untuk perempuan gak bisaan seperti saya.

    ReplyDelete
  33. Iya
    Gampang banget bawa mobil matic
    Klu sy kaki selalu standby di rem
    Lebih aman...ntar klu kaget.. Reflek ngerem
    Kaki yg main jg cuma satu

    ReplyDelete
  34. saya bingung jawabnya, karena gak bisa nyetir, pernah nyobain nyetir mobil manual, deg-degan banget, entah yah kalau matic, aku sih udah bodo amat ama meme macam gitu,

    kayak motor, sekarang kalau di perkotaan lebih enak matic, eh pergi jauh juga lebih enak matic ga lelah,

    entah yah kalau mobil, cuman kata orang kalau mau belajar nyetir mobil katanya harus mobil manual dulu

    ReplyDelete
  35. mobil matic memang bagus sih untuk para pemula soalnya ga ribet juga memakainya. Namun, bahaya juga kalo kita ngegasnya terlalu kenceng soalnya langsung ngacir beda dengan mobil yang ada koplingnya itu digas kenceng kopling ga di injek ga bakal jalan langsung mati

    ReplyDelete
  36. Teman yang baru belajar mobil bilang, dia dan suami sama2 ambil kursus bawa mobil, matic. Pak gurunya sih bilang, mending belajar bawa manual dulu. Eh mereka kekeuh. Udahannya mereka nyesel karena giliran matic ke manual malah gak bisa

    ReplyDelete
  37. Mobil gratis dunk, eh haahah manual. Maksudnya lebih suka manual. Memang lebih gampang matic tapi biasanya yg manual manual gitu lebih aman

    ReplyDelete
  38. Saya didoktrin kl mau mahir matic musti bisa dulu yg pedal 3. Hha

    ReplyDelete
  39. ada yang biang matic lebih ribet dan berbahaya bagi pemula namun ada yang bilang matic sangat nyaman dibawa bepergian jauh. kembali lagi pada kebisaan dan kenyamanan masing-masing pengendara kali ye hehehe

    ReplyDelete
  40. aku belum lancar nyetir, tapi selalu disaranin buat belajar pake manual dulu, kalo udah lancar, bebas deh mau pake matic atau manual. hihi

    ReplyDelete
  41. Mobil matic kelihatan simple ya kaya motor matic mungkin ya, lebih gampang drpd motor bergigi....

    ReplyDelete
  42. Mending mana sih mobil matic sama manual? Banyak yang bilang matic lebih mudah seperti main bom bom car. Tapi untuk first trial manual paling terdepan. Jangankan mengemudi punya SIM aja saya belum pernah lulus

    ReplyDelete
  43. Aku belum pernah sih belajar nyetir mobil matic. Malah merasa safe pakai yang manual. Masih takut. Beda kalo motor. Lebih suka yang matic hehe

    ReplyDelete
  44. Halo,
    Ini untuk memberi tahu masyarakat umum bahwa Mr.John kerry jemmy, pemberi pinjaman pribadi memiliki kesempatan finansial untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, pinjaman investasi, pinjaman investasi, konsolidasi hutang dan banyak lagi. Sudahkah anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Jangan melihat lebih jauh, karena kami berada di sini untuk semua masalah keuangan Anda, kami memberikan pinjaman dengan tingkat suku bunga 2% kepada perorangan dan perusahaan dalam persyaratan dan ketentuan yang jelas dan dapat dimengerti. Tidak memerlukan cek kredit, dijamin 100%. Hubungi kami hari ini dan Anda akan dengan senang hati melakukannya karena kami berada di sini untuk melakukan semua masalah sejarah keuangan Anda.

    Kirimkan kami email ke: (creditcashexpress8@gmail.com)

    ReplyDelete
  45. Kebanyakan teman-teman saya yang perempuan juga emang pada pakai mobil matic gini. Semoga ada rejeki punya mobil sendiri. Amiiin..selama ini nebeng gocar atau taksi dulu hhehehehe

    ReplyDelete
  46. aku belajar motor n mobil yang gigi waktu motor gigi sampe jatuh waktu pake mobil gigi keringet dingin tau2 ditengah keramaian mesi mati..alhasil sekarang pake motor n mobil matic teh alhamdulilah tergantung kitanya sih kebetulan aku mah ga suka kebut2an jadi masih di level 40km/jam hahaha paling kenceng 60km/jam saja baik motor n mobil matic yang aku kendarai..

    ReplyDelete
  47. baca sambil manggut2 saja, karena tak bisa menyetir mobil. hihihihi. Ternyata itu to fungsi2 tuas. beneran baru tahu

    tapi untuk pemula dan baru tahap belajar, enak yang mana ya?

    lha kok malah tanya.

    ReplyDelete
  48. Belum pengen mau belajar nyetir, hihihi. Tapi kalo boleh pilih sih pengen bisa yang gigi deh, biar ga usah beli 2 mobil karena suami prefer mobil non matic

    ReplyDelete
  49. Aku lebih suka mobil biasa sih dri pada matic, meskipun matic lebih gampang hehe

    ReplyDelete
  50. mba lendy saya udah kursus gabisa bisa, mungkin karena emang saya orangnya geumpeuran kata orang sunda mah, grogian

    ReplyDelete
  51. untuk kemudahan sih matic lah yaa hahaha..tapi emang kudu lebih hati-hati..kalo nggak..heuheuheuheu..

    ReplyDelete
  52. semenjak ada matic cewek-cewek jadi lebih mudah bawa mobilnya ya mbak :D

    ReplyDelete
  53. Aku udah rayu - rayu papi nih biar kalau ada rezeki mau tuker mobil ke matic. Kayanya lebih mudah ya? Tapi katanya lumayan beresiko kalau orangnya panikan ( nunjuk diri sendiri)

    ReplyDelete
  54. Aku pernah bilang kalao bawa motor ga mau, tapi mobil bolehlah. Kenyatannya belum pernah sama sekali nyetir mobil. Lah gimana mau nyetir, kursus aja enggak hahaha.... Mana aku orangnya suka terganggu fokusnya. Jadi mikir ulang, aku mah jadi penumpang aja lah, ga usah jadi pengemudi hahaha.

    ReplyDelete
  55. Tergantung kebiasaan juga tapi sih ya. Kalau yg biasa manual, terus pake matic, kadang malah kagok2 :D

    ReplyDelete