article,

Beralih Ke Mesin Jahit Portable Yuuk...

Monday, May 07, 2018 Lendy Kurnia Reny 12 Comments

Bismillah,



Saat anak pertama saya lahir, dunia benar-benar berubah drastis. Ibu yang tadinya sangat perhatian dengan saya, menjadi lebih protektif terhadap cucunya. Meskipun anak saya bukan cucu pertama di keluarga Lukman, namun beliau sangat tidak bisa melihat segalanya berjalan apa adanya. Semua harus tampak istimewa.

Dari mulai melewati masa-masa kehamilan di trimster pertama, Ibu sudah menjahitkan saya beberapa popok dan alas bayi untuk calon cucunya tersebut. Alasannya, karena popok jaman sekarang terlampau kecil, tidak bisa menutupi badan bayi secara sempurna, begitu kata Ibu.

Dan tak terasa, usia kehamilan saya makin bertambah tua, dan Ibu juga semakin semangat menjahit keperluan calon anak saya ini karena tahu berjenis kelamin perempuan. Dari mulai baju-baju kecil, sarung bantal guling, hingga membuat daster untuk saya menyusui nanti. Kata Ibu, Ibu menyusui harus sering-sering berganti pakaian, karena nanti bakalan banyak yang membuat baju berbau tak sedap.

Saya hanya meng-iyakan segala nasihat Ibu sembari memperhatikan Ibu lihai mengukur, menggunting pola, hingga menjahitnya dengan rapih menggunakan mesin jahit kesayangannya berwarna putih.
Mesin Jahit kesayangan Ibu

Ibu dengan segala kelebihannya sebagai seorang Ibu rumah tangga sejati tidak menurunkan bakat tersebut kepada saya. Hal ini yang membuat suami kerap berangan-angan ingin saya bisa seperti Ibu yang melakukan banyak hal kewanitaan sendiri. Hal-hal sederhana saja, misal menjahit kancing baju kemeja yang sudah mulai kendur, atau menjahit bagian yang bolong pada celana anak-anak. 

Sehingga suami menyarankan untuk belajar menggunakan mesin jahit portable terlebih dahulu. Di samping bentuknya yang mungil, memudahkan mobilitas saya untuk berpindah-pindah tempat menjahit kesukaan. Suami tidak terlalu menuntut banyak, ia hanya memperlihatkan mesin jahit portable yang praktis dengan banyak fitur tambahan di dalamnya. Dengan kisaran harga mesin jahit portable beserta kelebihannya, suami menawarkan saya untuk memilih apa yang paling pas dengan kebutuhan saya.


source : bukalapak.com


Bentuknya yang mungil, juga praktis dalam penggunaan. Karena selain ada yang menggunakan pedal kaki (dinamo) ada juga fitur menggunakan batere. Jadi ketika aliran listrik sedang padam, saya pun tetap bisa melanjutkan menjahit. Dan ternyata, mesin jahit portable ini sangat sunyi, nyaris tak mengganggu. Tak ada alasan lagi untuk tidak menjahit di saat punya bayi sekalipun. Hiihi...


Beberapa fitur yang kelebihan mesin jahit portable :


1. Harga mesin jahit portable yang lebih ekonomis.
2. Beberapa seri dapat digunakan untuk mengobras.
3. Bentuknya yang kecil memungkinkan untuk disimpan dan digunakan kembali dengan mudah.
4. Tak memerlukan banyak tempat untuk penggunaannya.
5. Dapat menggantikan pedal kaki dengan tenaga listrik sehingga tak membuat kaki pegal.
6. Terdapat fitur lampu tambahan jika memerlukan penerangan lebih saat menjahit.
7. Seri tertentu dilengkapi memory digital yang dapat menyimpan pola jahitan sehingga ketika menjahit kembali tinggal memilih dan menggunakannya sesuai dengan pola jahit tersebut.

Macam-macam pola jahitan fitur mesin jahit portable


Dengan segala kelebihan yang ditawarkan mesin jahit portable di atas, maka saya hanya tinggal membandingkan harga beserta merk yang paling banyak digunakan orang. Karena biasanya, merk tersebut sudah memiliki tempat di hati karena memiliki tingkat kepuasan tinggi.


Sebagai tips penggunaan mesin jahit portable agar awet :


1. Taruh di tempat yang kering dan bersih
2. Jauhkan dari jangkauan anak-anak, apalagi saat mesin masih dalam keadaan aktif
3. Agar performa maksimal, simpan kembali setelah penggunaan.
Hal ini dilakukan agar mesin senantiasa terlindungi dari debu dan benturan yang mungkin terjadi.
Kalaupun ingin dibawa, maka pastikan membawanya dengan aman, tidak terbanting.



Target untuk tahun ini, sepertinya saya belajar menjahit dulu. Jika sudah mahir untuk melakukan hal-hal kecil, maka saya akan menantang diri ini untuk menjahit model baju dengan pola sederhana.

Bismillah,
Doakan saya bisa yaaa...sahabat lendyagasshi.

Kalau sahabat sendiri, punya pengalaman menjahitkah?
Berbagi di kolom komentar yuuk...


Salam hangat,





You Might Also Like

12 comments:

  1. baru sekali belajar jahit, benang kelilit2 pusyiiingg hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mba Kania..
      Cape (hati) kalo uda begini..

      Hiiks~

      Delete
  2. Ada mesin jahit dari yang masuk sampai yang portabel tapi saya keukeuh saja dikecos kalau jahit2 teh, hehehe. Masih belum bisa lurus kalau pakai mesin tuh. Malas banget belajarnya...

    ReplyDelete
  3. Saya juga minat dalam hal jahit menjahit mba, baru maubikut kursus. Etapi salut ya Ibu nya mba, masih jago ngebuat pola dan menggunting. Sama kayak Almarhumah mama, jago.

    ReplyDelete
  4. Jaman makin canggih emang ya. dulu mesin jahit itu gede, sampe ngabisin tempat.
    Sekarang dengan adanya mesin jahit portable, jadi bisa belajar jahit tanpa perlu beli yang gedeee yg ada mejanya tuh

    Temen ku ada yang ikut2 cosplay, suka jahit2 kostum pake mesin jahit portable gini
    Bener bener manfaat

    ReplyDelete
  5. Mesin jahitnya sudah canggih euy, makin fleksibel dan efisien nih.

    ReplyDelete
  6. Mpo menjahit zaman smp bikin prakarsa rompi. Sampai sekarang teman smp suka nakal kalau cerita rompi

    ReplyDelete
  7. Aku paling nggak bisa kalo soal jahit menjahit. Enak kalo pakai mesin jahit portable seperti ini, tidak semenakutkan mesin jahit gede zaman dulu hahaha, dan hemat tempat tentunya.

    ReplyDelete
  8. Aku masih belum sempet belajar menjahit nih. Padahal pengeeen hehehe. Salam kenal yaaa.. just follow your blog as well :)

    ReplyDelete
  9. Bener, suami sy jg kdg ngeluh jg sih klo jahit celana aj ga bisa. Wkwk. E tapi sy udh usaha kok belajar jahit, entah knp bolong lagi bolong lagi. *mungkin ya kode kalau jahitan tangan sy emg ga kuat jd hrs dibeliin mesin jahit portable yg unyu2 beginih. :D

    ReplyDelete
  10. Yang portable ini buat menjahit yang jarang-jarang kali ya. Kalau digunakan berjam-jam terus-menerus kadang gampang error.

    ReplyDelete
  11. Pertama kali melihat jenis mesin jahit yang seperti ini di rumah kakak. Ternyata menjahit jadi lebih mudah dan menyenangkan dengan beberapa pilihan pola jahitan. Keren lah!

    ReplyDelete