feature,

Mari Dukung Kampanye Rokok Harus Mahal

Tuesday, May 22, 2018 Lendy Kurnia Reny 53 Comments

Bismillah,


Saat bepergian bersama keluarga, saya selalu mencari tempat yang bebas asap rokok. Alasannya simple, kami merasa sesak bila menghisap asap rokok, apalagi yang merokoknya lebih dari 1 orang. Belum lagi anak-anak pun menghisap asap putih tersebut kerap melontarkan pertanyaan-pertanyaan mengundang perhatian, seperti :

"Ma, kenapa Bapak itu merokok? 
Tidak tahu yaa, Ma..kalau merokok itu bisa bikin sakit?"


atau jika yang dilihat adalah seorang wanita, lebih detil lagi.


"Maa..ma, Ibu itu merokok. agamanya Islam gak, Ma...?"


MashaAllah...


Celotehan anak-anak ini sebenarnya wajib saya syukuri, karena dengan begitu, mereka secara tidak langsung mengajak kebaikan, meskipun dengan cara eksplisit. Apakah ada dalilnya bahwa merokok itu haram?

                                               


HUKUM JUALAN ROKOK . Merokok itu hukumnya haram. Ratusan ulama telah berfatwa akan haramnya rokok. Allah Subhanahu wa Ta’ala juga berfirman, . وَيُحِلُّ لَهُمُ الطَّيِّبَاتِ وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبَائِثَ . “Dan dia (Muhammad) menghalalkan untuk umatnya hal hal yang baik dan dia haramkan untuk umatnya hal hal yang jelek.” (QS. Al A’raf: 157) . Terdapat dalil fitrah yang menunjukkan bahwa rokok itu jelek. Ketika bulan Ramadhan, ada seorang perokok berat yang saat waktu berbuka puasa posisinya sedang berada di masjid, beranikah dia untuk mengonsumsi rokok di masjid ketika itu? Tentu kita akan sepakat menjawab bahwa dia tidak akan berani melakukannya. Namun apakah perokok itu berani merokok ketika dia berada dalam toilet? Tentu saja, jawabannya adalah iya. . Adakah sebuah nikmat Allah yang setelah dimanfaatkan sisanya diinjak-injak dengan kakinya? Di antara sebuah realita bahwa tidak ada satu pun binatang ternak yang mendekati tanaman tembakau lantas memakannya. Di antara realita adalah tanah yang dipakai untuk menanam tembakau itu tidak bisa dipakai untuk menanam tanaman yang lain. . Di zaman ini bisa kita katakan bahwa semua orang sepakat bahwa rokok itu berbahaya. . Sedangkan Nabi bersabda, . لا ضرر ولا ضرار . “Tidak boleh melakukan hal yang membahayakan diri sendiri atau pun orang lain.” (HR. Ibnu Majah). . Rokok itu membahayakan orang yang ada di dekatnya sehingga dia termasuk dalam hadis di atas ‘membahayakan orang lain‘. Rokok itu membahayakan perekonomian suatu rumah tangga. Perokok juga membahayakan anaknya. Di antara hal yang hampir aksiomatis di zaman ini adalah anak dari seseorang perokok itu jauh lebih cerdas dibandingkan anak seorang perokok. Anak dari orang tua yang tidak merokok itu tubuhnya memiliki kekebalan yang jauh lebih bagus dibandingkan anak perokok. Rokok itu haram. Sejumlah ulama di masa silam dan di masa sekarang telah menegaskan keharamannya menimbang kejelekan dan bahayanya. Segala sesuatu yang haram dikomsumsi itu haram diperjualbelikan, haram ditanam dan haram diproduksi. Jadi haram mengonsumsi, menjual, membeli, dan memproduksi rokok, sebagaimana menanam tembakau hukumnya tentu saja haram. . Bersambung dikomentar‼️ . . #rokok
A post shared by Dakwah Tauhid (@dakwah_tauhid) on


Haram bahkan dosanya berantai. Mulai dari petaninya, yang bekerja di pabriknya hingga penjual dan sudah tentu, pembelinya. Fakta-fakta lain yang mencengangkan dari tanaman tembakau ini adalah tanah yang dipakai untuk menanam tembakau itu tidak bisa dipakai untuk menanam tanaman yang lain.

Asa mubazir yaa...



Dan efeknya serelah merokok memang tidak bisa dirasakan langsung, karena yang terasa saat itu adalah efek sesaat yang (katanya) menjadi lebih tenang, rileks, dan bisa berpikir. Namun, untuk efek jangka panjangnya yang perlu kita waspadai, seperti :

1. Penyakit paru-paru
Bahkan tak sedikit yang terkena gangguan pernapasan dan kanker.

Banyak diagnosis dokter seringkali mengatakan bahwa kanker disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Ya, diantaranya adalah seringnya merokok.


2. Penyakit jantung
Simak video berikut ini yaa...



3. Memungkinkan mengalami impoten (bagi laki-laki) dan sulit memiliki keturunan (bagi wanita)
Jika wanita tersebut sedang hamil, maka ada kemungkinan janin memiliki berat badan rendah atau yang lebih mengerikan lagi adalah keguguran atau kelahiran mati.



4. Menyebabkan efek penuaan dini
Usia kulit tidak sesuai dengan usia sebenarnya.

5. Autoimun
Mudah terkena virus penyakit, seperti flu, pilek dan beberapa penyakit lain.


Kalau sudah berbicara masalah bahaya, rasanya seperti gak ada habisnya karena saking banyaknya. Dari mulai penyakit yang umum dialami banyak orang hingga penyakit parah yang membutuhkan perawatan khusus.

Tapi orang yang merokok itu seperti orang jatuh cinta. Gak ada yang bisa memutus rantai ketergantungannya selain dari dirinya sendiri. Hal ini terbukti setelah saya melihat sendiri beberapa anggota keluarga besar saya yang termasuk dalam kategori perokok aktif.


Melalui talkshow yang diadakan di radio Power FM (89.2) streaming, saya mendapat insight baru mengenai tips menurunkan angka kecanduan merokok, selain niat yang kuat.

Rokok Harus Mahal


Kampanye yang diadakan selama bulan Ramadan ini mengajak Ibu, perempuan dan siapa saja untuk mengisi petisi yang akan mendukung gerakan 1000 perempuan dengan membuka www.change.org/rokokharusmahal


Dengan memberi dukungan di link tersebut, maka akan mengajak seluruh masyarakat untuk ikut mendukung gerakan ini sehingga ada instrumen kebijakan yang mendorong Bapak Presiden juga ibu Menteri Keuangan untuk menaikkan cukai dengan harga setinggi-tingginya.


Mengapa Rokok Harus Mahal?


🍂 Karena dengan harga yang saat ini, semua kalangan bisa membeli.
Katanya rokok jaman sekarang makin mahal, namun nyatanya...anak-anak saja mampu membeli rokok yang dijual eceran dengan harga murah, sesuai dengan uang saku mereka, Rp 2.000,-/batang.

Miris yaah??


🍂 Bisa menjadi salah satu shock therapy untuk berhenti merokok
Banyak yang mengakui bahwa untuk berhenti merokok itu susahnya minta ampun. Kalau dengan harga rokok yang tinggi, apakah masih tetap ingin membeli rokok?


Dengan tingginya harga rokok dan bergeraknya seluruh perempuan dalam kampanye ini, semoga menjadi gerakan masif yang efektif. Tak lupa juga mengedukasi anak-anak dengan benar.
Ternyata gerakan ini tidak hanya didukung oleh perempuan saja, tapi juga ada beberapa komunitas tanpa rokok yang bergerak di daerah-daerah dan harapannya didukung oleh minimal aturan pemerintah daerah megenai UU merokok di tempat umum.



Bagaimana menurut sahabat lendyagasshi?


Yuuk,
Selamatkan keluarga, saudara dan orang-orang di sekitar kita dari bahaya rokok.

Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi orang-orang di sekitar kita. Agar makin mantap, jangan lupa untuk mendengarkan talkshow mengenai Rokok Harus Mahal di Radio Power FM (89.2) streaming di jam 09.00 - 10.00 WIB pada tanggal berikut ini :

Jumat, 11 Mei 2018
Rabu, 16 Mei 2018
--------------------------------------------
Rabu, 30 Mei 2018
Rabu, 6 Juni 2018
Rabu, 20 Juni 2018
Rabu, 11 Juli 2018
Rabu, 25 Juli 2018
Rabu, 15 Agustus 2018


Atau streaming di KBR.id / KBR Apps atau tonton di FB Live Kantor Berita Radio-KBR.


Hai Blogger Indonesia, yuk ikut lomba blog serial kedua talkshow #RokokHarusMahal. Kemarin sudah kami hadirkan obrolannya di radio-radio jaringan KBR di Nusantara. Silakan lihat gambar-gambar talkshow (jika dibutuhkan) ada di postingan sebelum ini. . Bagi yang tak sempat mendengar bisa tonton rekaman FB LIVE di Facebok Kantor Berita Radio-KBR, untuk bahan tulisan. Kami tunggu keikutsertaannya. Silakan buat artikel dari hasil talkshow tersebut. . Ketentuan lomba: 1. Follow akun social media KBR: Facebook Kantor Berita Radio-KBR ; Twitter @haloKBR dan @beritaKBR serta Instagram @kbr.id 2. Tulisan sesuai tema pembahasan dalam talkshow. 3. Upload tulisan di blog pribadi dengan memuat frase: * program radio Ruang Publik KBR *#rokokharusmahal * #rokok50ribu * link back ke website KBR.ID 4. Kirim link blog ke email ruangpublikkbr@gmail.com dengan subject LOMBA BLOG, sertakan juga biodata Anda (Nama, Domisili, Akun Medsos;twitter, FB, IG dan Nomor HP ) 5. Share tulisan di blog ke media sosial Anda dengan mention salah satu akun media sosial KBR dan mencantumkan #rokokharusmahal #rokok50ribu 6. Blogger diperbolehkan mengirimkan tulisan untuk semua episode talkshow (Ada 8 episode yang akan kami hadirkan hingga Agustus) 7. Pemenang akan dipilih oleh juri dari KBR 8. Tiga tulisan terbaik dari tiap episode akan dilombakan lagi di akhir program untuk dipilih oleh dewan juri menjadi juara 1,2, dan 3. Total hadiah Rp17,000,000. Keputusan juri bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat. 9. Pendaftaran Paling lambat ditunggu 7 hari setelah talkshow Edisi 1--11 Mei 2018 (DL 18 Mei 2018) Edisi 2--16 Mei 2018 (DL 23 Mei 2018) Edisi 3--30 Mei 2018 (DL 6 Juni 2018) Edisi 4, 5,6,7,8 (menyusul) Cc @emak2blogger @bloggerbertuah @bloggerjember @warung_blog @mombloggercommunity @bloggerperempuan @bloggercihuy #KBR #Radio #RadioIndonesia #Talkshow #rokok #melawanrokok #rokokmemiskinkan #broadcasting #blog #blogger #lombablog #KBR #Radio #RadioIndonesia #RadioJaringanKBR #penyiarradio #broadcasting #media #mediacontentcompany
A post shared by KBR.id (@kbr.id) on


Dan buat para blogger, ada kabar gembira. Buat artikel dari pembahasan talkshow tersebut, maka sahabat lendyagasshi akan mengikuti lomba blog yang diadakan oleh Kantor Berita Radio.

Ketentuan lomba:

1. Follow akun social media KBR : Facebook Kantor Berita Radio-KBR,
Twitter @haloKBR dan @beritaKBR serta Instagram @kbr.id

2. Tulisan sesuai tema pembahasan dalam talkshow.

3. Upload tulisan di blog pribadi dengan memuat frase :
💌  Program radio Ruang Publik KBR
💌  #rokokharusmahal #rokok50ribu
💌  Backlink ke website KBR.ID

4. Kirim link blog ke email ruangpublikkbr@gmail.com dengan subject LOMBA BLOG, sertakan juga biodata Anda (Nama, Domisili, Akun Medsos;twitter, FB, IG dan Nomor HP )

5. Share tulisan di blog ke media sosial Anda dengan mention salah satu akun media sosial KBR dan mencantumkan #rokokharusmahal #rokok50ribu

6. Blogger diperbolehkan mengirimkan tulisan untuk semua episode talkshow 
(Ada 8 episode yang akan kami hadirkan hingga Agustus)

7. Pemenang akan dipilih oleh juri dari KBR

8. Ada 3 pemenang di masing-masing episode dengan hadiah total Rp 1,2 juta
Tiga tulisan terbaik dari tiap episode akan dilombakan lagi di akhir program untuk dipilih oleh dewan juri menjadi juara 1,2, dan 3. Total hadiah dari episode 1 hingga akhir program Rp 17 juta. Keputusan juri bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.

9. Pendaftaran tiap episode kami tunggu paling lambat 7 hari setelah talkshow

Ikutan yaa...wahai para blogger 😎...




Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” 

(HR. Ahmad, no. 3289, shahih)




Salam hangat,


You Might Also Like

53 comments:

  1. saya setuju kalau harga rokok harus mahal, juga biar orang - orang pada males beli rokok karena mahal

    ReplyDelete
  2. Benerrr. Rokok harus mahal. Biar pada mikir anggaran rumah tangga sang suami yg doyan rokok. Mayan kan buat beli lauk pauk. Haha.

    ReplyDelete
  3. Setujuuu.. aku gak suka rokok karena baunya gak enak dan engap. Bahkan dulu pas cari suami, kriteria pertamaku adalah nonsmoker.

    ReplyDelete
  4. Rokok itu bebahaya bagi kesehatan si perokok aktif dan juga perokok pasif, dananak-anak kadang mudah terpapar asap rokok, dukung kampanyenya

    ReplyDelete
  5. setujuuuu rokok emang harus mahal biar gak semua kalangan jadi perokok aktif, seenggaknya mengurangi jumlah perokok di Indonesia.

    ReplyDelete
  6. Akoo perokok pasif Leen..
    Suka ngopi tapi ga suka ngerokok.
    Dikelilingi sama perokok, tapi mereka menghargaiku dan suka sama mereka katena merokok pada tempatnya.
    Tapii... aku mendukung kalo rokok harus mahal, khususnya buat buibu buar mikir dari pada beli rokok mendinan beli telorndan beras hihii ya kan?

    ReplyDelete
  7. setuju rokok harus mahal min 100rb biar pada mikir daripada beli sesuatu yg sia2 mending dipake yg lain

    ReplyDelete
  8. Aku setuju kalau rokok harus mahal, karena rokok aku kehilangan papahku. Dan kadang aku gak habis pikir sama orang tua yang suka ngajak anaknya ke cafe atau lagi pergi sama temannya tapi ngerokok sementara anak disebelahnya.

    ReplyDelete
  9. Nah ini dia, di warung mertua rokok rame banget yang beli. Wajib mahal biar orang mau beli mikir lagi.

    ReplyDelete
  10. Setuju banget dgn program #rokokharusmahal..tp kyknya butuh ketegasan khusus dr pemerintah ya. Dan dukungan dari semua pihak tentunya.

    ReplyDelete
  11. Nah bener banget nih.Setuju banget kalo rokok harus mahal. Lagian merokok kan gak ada untungnya kan yaa, malah meriugikan dalam segi apapun.

    ReplyDelete
  12. Setujuu bangett rokok harus mahal , selalin merusak paru2 bagi si perokok , asep nya itu lohh gak baik buat yg hirup nya juga.

    ReplyDelete
  13. Setuju banget! Suami saya perokok berat. Sehari bisa habis satu pak. Disuruh berhenti dari dulu susahnya setengah mati. Padahal kan dia bukan cuma membahayakan diri sendiri tapi juga orang di sekitarnya.

    ReplyDelete
  14. Betul.mbak. saya dukung kampanye rokok harus mahal!

    ReplyDelete
  15. Secara pribadi saya setuju campaign ini. Rokok memang tidak ada manfaatnya lagi, kan?

    Belum paham bener nih cara ikut lombahnya...

    ReplyDelete
  16. Aku malah suka jadi kasian sama orang yang ngerokok. Dia kok nggak mau berubah, ya. Padahl, dia tahu sendiri lho kalo ngerokok itu bikin badan dia sakit. Pasti sakit. Belum lagi orang-orang di sekitar dia.

    ReplyDelete
  17. Untuk orang yang udah kecanduan mah gak akan ngaruh mbak berapa pun harganya. Tapi aku dukung rokok mahal, biar anak di bawah umur gak semudah sekarang dapetin rokoknya.

    ReplyDelete
  18. Aku dulu ngerokok lhoo teh jaman masih ngeband hahaha malu sendiri jadinya.

    Semoga sukses campaignnya, ku dukung!

    ReplyDelete
  19. Setuju sama campaignnyaa. Emoga hasilnya nanti bisa mencapai tujuan yang diinginkan aamiin. Karena rokok sendiri banyak negatifnya daripada positifnya

    ReplyDelete
  20. Dukung rokok mahaaaallll... huhuhu sayangnya pemerintah belum tegas juga ambil tindakan mahalin rokok, pdhl toh petani tembakau jg gak kaya2 krn pabrik rokok impor tembakau dr luar :(
    Moga2 setelah kempen ini ada tindakan serius dr pemerintah aamin

    ReplyDelete
  21. Saya juga mendukung rokok mahal! Supaya udara sekitar kita bisa bersih. Dan semoga pemerintah juga mendukung petisi ini ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi kalau lihat anak kecil yang sudah ngerokok. Miris pisan! Karena harganya bisa dijangkau dengan uang jajan mereka, hiks

      Delete
  22. Iya, aku juga aneh sama pemerintah kemana menjual rokok terlalu murah banget. Ini bukan permen, harusnya mahal biar anak-anak gak bisa beli. Paling kesel kalau ada orang tidak mampu dan ngerokok terus. Lah mending uangnya beli nasi untuk anak-anak kan yak, sebungkus udah bisa tuh beli beras dan telor >.<

    ReplyDelete
  23. Dukung banget. Rokok emang harus mahal!
    Saya malah kalau ada tukang kerja di rumah, terus disuruh beliin rokok sama ibu...pengennya gak usah dibeliin. Kasihkan dalam bentuk uang aja dan jangan dibilang "uang rokok". Bilang uang makan atau apa kek gitu...

    ReplyDelete
  24. saya perokok, dan pengen banget berhenti merokok, saya dukung kampanye ini...

    ReplyDelete
  25. can't agree more! Semoga dengan harga yang mahal orang ada berhenti merokok yaaa mbaa

    ReplyDelete
  26. pastinya, saya dukung kampanye #RokokHarusMahal. 💪💪

    ReplyDelete
  27. lebih setuju lagi kalau rokok dilarang... ga ada manfaatnya sama sekali selain menghasilkan uang pajak yg besar hehe... tapi ga akan berkah klo dari rokok mah ya..kan sudah termasuk barang yg diharamkan MUI... :)

    ReplyDelete
  28. Duh, suka serem sendiri deh kalo baca2 penyakit yang ditimbulkan akibat rokok :((

    Dan suka paling keseeeel kalo ada yang cuek aja ngerokok di tempat umum..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah kebal yaa, teh..meskipun bahaya mengancam.
      Semoga kelak bahaya kemiskinan tidak mengancam Indonesia.

      Delete
  29. Saya termasuk salah satu orang yang tidak suka ada orang yang merokok di sekitarku, Alhamdulillah keluargaku semuanya tidak merokok. Aq pengen ikutan lombanya neh

    ReplyDelete
  30. setujuuu... apalagi kalo lihat pelajar jaman sekarang makin banyak yang ngerokok.... kalau harganya mahal kan mereka pikir-pikir kalau mau beli...

    ReplyDelete
  31. Harapannya dengan harga rokok yang mahal bisa terwujud, sehingga bisa membuat perokok berpikir untuk membeli rokok. Dibandingkan membeli rokok, lebih baik dibelikan barang-barang lainnya yang lebih bermanfaat.

    ReplyDelete
  32. Aku setuju pake banget banget banget kalau harga rokok itu mahal, kalau sekarang itu kemurahan mbak, semuanya bisa beli, anak SD juga akhirnya merokok karena harganya terjangkau dengan mereka. Coba kalau mahal, jangankan anak-anak orang dewasa yang sudah berpenghasilan aja bakalan mikir

    ReplyDelete
  33. Aku dukung banget kampanye ini. Aku benci banget rokok. Mereka bikin nggak kece bokapku, juga mahasiswa2ku yang pada merokok, kayak cerobong asap, mulutnya bau tapi mereka sayangnya masih gampang beli rokok

    ReplyDelete
  34. Aku senyam senyum baca judul tulisan ini. Kemudian aku merinding membaca tentang menjual rokok, petani rokok. Tak sedikit mereka yang bilang "Yang penting yang saya kerjakan halal" hmm benarkah?
    Aku jadi mikir sendiri, apa yang aku kerjakan pun sudah benar-benar halal?

    Well, kalau boleh aku bukan ingin rokok mahal. Aku ingi rokok ditiadakan lagi.

    ReplyDelete
  35. bener nih
    rokok harus mahal
    klu bisa 100 ribu perbungkus biar ga ada yg beli
    sebel banget suami masih merokok
    anak sy pun udah ngomelin tp blm mau berhenti merokok

    ReplyDelete
  36. Aku setuju jika rokok harus mahal. Aku pribadi gak tahan dg asapnya. Ini tinggal adekku yg msh betah ngrokok

    ReplyDelete
  37. Setuju banget sama campaign ini. Kalo bs mah pabriknya di tutuuuuup!!

    ReplyDelete
  38. Rokok harusnya 200 ribu sebungkus ya, biar di Indonesia tidak ada yang beli

    ReplyDelete
  39. Butuh ketekunan banget ya bikin orang brenti meroko. Yang ada kita capek sendiri mereka gak peduli. Hiks.. Setidaknya kita selamatin anak2 yang belum nyandu ya

    ReplyDelete
  40. Saya sangat setuju harga rokok harus mahal. Agar menjadi penguat niat perokok untuk berhenti merokok. Semoga dimudahkan Allah.

    ReplyDelete
  41. Setuju kalau harga rokok harus mahal! Aku suka sebel kalau ada yang merokok di dekatku, bikin sesak dan mencemari udara saja. Ehemm... Aku herannya kok kalau perempuan merokok agamanya dipertanyakan mbak? Hubungannya apa? Tapi itu celotehan anak-anak si ya. Tapi kok bisa sampai ke agama ya?

    ReplyDelete
  42. Wah aku pingin ikutan yang episode 3 ah. Doakan nggak lupa ya. Soal harga rokok tinggi ini beberapa negara sudah menerapkannya dan berhasil. Tapi aku pernah sharing sama temenku orang bea cukai, jawabannya mencengangkan. Katanya kalau cukai rokok naik malah nanti banyak rokok ilegal yang justru kualitas dan keamanannya ga bisa dijamin:(

    ReplyDelete
  43. Terlepas dari pro dan kontra nya. Rokok memang lebih banyak mudaratnya daripada manfaatnya. Support kampanye rokok harus mahal !!!!!!.

    ReplyDelete
  44. Sebel banget sih sama orang yang merokok apalagi di tempat umum. Aku dukung banget nih rokok mahal. Seratus ribu satu bungkus gitu. Biar yang doyan ngerokok berenti bikin polusi yang merugikan orang lain. Emosi banget kalo liat orang merokok gak kenal tempat

    ReplyDelete
  45. saya setuju mba Kalau rokok jadi mahal. biar anak-anak SMA enggak gampang banget beli rokok.. saya sendiri sin bukan perokok aktif mba..
    dulu sempat juga pemerintah mau melainkan pajak rokok tapi entah kenapa sampai sekarang belum jadi-jadi

    ReplyDelete
  46. aku setuju banget, pokoknya rokok harus mahal deh.. suka sebel juga kalo di tempat umum yang banyak anak kecil ada yang merokok, kalau ditegur eh malah lebih nyolot, sedih akutu

    ReplyDelete
  47. anakku nih mulai nanya-nanya tiap ada gambar dilarang merokok. Kenapa dicoret? kenapa ga boleh merokok? dll. Syukurlah di rumah bebas asap rokok.

    ReplyDelete
  48. Alhamdulillah suami ga ngerokok. Tapi menurut aku kalo udah candi. Mahal pun dibeli kayaknya mba. Akan dicari seribu cara. Para perokok dan produsen lun pasti akan semakin kreatif, hihihi

    ReplyDelete
  49. setuju banget sama ini,
    ganggu banget asap rokok tuh

    ReplyDelete
  50. Selamat ya Mba sudah jadi winner episode 2 ;)

    ReplyDelete
  51. Semoga lekas terwujud rokok mahal di Indonesia ya Teh. Dukung hayuk!

    ReplyDelete