feature,

The Memorable Drama : Secret Garden (2011)

Friday, June 01, 2018 Lendy Kurnia Reny 8 Comments

Bismillah,

Ceritanya lagi bebersih hard disk niih...karena hard disk di rumah hanya ada 2 dengan kapasitas 1 terra dan 2 terra. Masiiih aja belum cukup untuk menyimpan koleksi drama korea, kartun dan film bule koleksi Abi. 
Iya,
keluarga kami memiliki hobi yang sama. Sama-sama menyukai menonton film. Yang berbeda, saya hanya menyukai drama Korea, sedangkan suami, menyukai segala jenis film, meskipun hanya mau menonton film-film dengan rating terbaik.

Terus selama beberapa saat, terpaku dengan beberapa judul drama Korea yang dulu sempat booming di masanya. Jadi tertarik buat mengulas beberapa dialog sama scene favorit drama ini, karena kerap dijadikan candaan di drama-drama Korea berikutnya...




Judul : Secret Garden /시크릿 가든 )
Penulis :  Kim Eun-Sook
Sutradara : Shin Woo-Cheol, Kwon Hyuk-Chan, Kim Jung-Hyun
Genre : drama, comedy, romantic
Network : SBS
Episode : 20 eps (60 minutes)



Jalan ceritanya klasik siih yaa...cewek miskin lalu disukain sama cowok kaya raya, ganteng, pinter dan merupakan hoejang - nim (direktur) di mall besar Korea, Roel Department store. Pertemuan gak disengaja karena Kim Joo Won (diperankan oleh Hyun Bin) salah menjemput pacar sepupunya, Oska yang merupakan bintang TOP Star Korea. Apa jadinya kalau publik tahu skandal Oska dengan bintang film kecengan?

Maka, biar nama Oska gak rusak karena skandal, Joo Won pun menyepakati perjanjian absurd dengan sepupunya itu. Bahwa, kalau Joo Won berhasil nyulik si cewek artis abal-abal tersebut, Oska bersedia memperpanjang kontrak kerja sebagai model Roel Departemen Store selama 1 tahun ke depan tanpa dibayar.

Dasar otak pebisnis yaa...😆


Hyun Bin berperan sebagai Kim Joo Won (kiri)
Ha Ji Won berperan sebagai Gil Ra Im (kanan)

Naasnya, Joo Won salah nyulik. Dia malah nyulik pemeran pengganti (stunt-woman) yang berpenampilan persis seperti ceweknya Oska ini. Adeeuhh~~ kacau deh!

Ketidakberuntungan Joo Won gak berhenti sampai di situ, ia masih tetap harus menyelesaikan misinya untuk nyulik si ceweknya Oska kaan? Jadi dia mati-matian cari cara buat menyelesaikan masalah yang gak sesuai rencana ini.

Dari sini, Joo Won tersentuh dengan perjuangan hidup dari cewek sederhana yang bekerja sebagai stunt-woman. Lalu banyak pertanyaan yang muncul di benak Joo Won. Dari mulai hal remeh, seperti "Untuk apa bekerja menggunakan fisik? Bukankah pekerjaan terbaik adalah menggunakan otak?" 😆 atau "Bagaimana mungkin seorang cewek memiliki begitu banyak bekas luka di tubuhnya? Bukankah tubuh wanita itu aset?", dan lain-lain...

Bukan Joo Won yang seperti biasanya, ia menjadi sangat kepikiran setelah pertemuan pertamanya dengan Gil Ra Im. Sederhana, namun sangat meninggalkan kesan yang mendalam. Gimana dengan Ra Im sendiri?

Yaah,
Ra Im tipe cewek pekerja keras dan terbiasa berhubungan dengan para cowok. Jadi ia tidak begitu mengambil pusing dengan pertanyaan konyol Joo Won.

Hari demi hari berlalu, dan ini beneran bukan film serius yaa...
Ada banyak kejadian lucu yang memorable banget... Kaya kata-kata Ra Im "Cepatlah datang ke mari sebelum kupatahkan tulang ke lima vertebra mu menjadi tulang ke enam..."

Eaaa....dialog yang aneh banget gak siih...??
wkkwk....



Selain itu, Joo Won ini tipikal yang sarkatis banget. Maklum siih yaa...anak orang kaya, gak pernah susah dan semua warisan, pasti jatuhnya ke tangan doi, karena ia hanya 2 bersaudara, adiknya perempuan, yang nanti bakalan naksir sama guru di sekolah bela dirinya Ra Im.


Guru di sekolah beladiri Gil Ra Im


Dan kata-kata andalan Joo Won adalah "ige choeseon-nimnika? hwagsilae?"
(( Apakah ini yang terbaik yang dapat kamu lakukan? Yakin? ))

Ini kata-kata tuuh...jadi ciri khas Joo Won banget. Makanya waktu Joo Won sama Ra Im kena (semacam) kutukan, mereka bisa bertukar jiwa, ada beberapa ciri khas dari masing-masing pribadi mereka yang gak bisa dipungkiri. Dan hanya orang terdekat merekalah yang bisa merasakan keanehan tersebut.





Apa yang terjadi setelah mereka bertukar jiwa?
Mereka gak bisa bilang ke siapapun tentang pertukaran ini kan...jadi baik Joo Won maupun Ra Im merahasiakannya. Joo Won di tubuh Ra Im harus menjalankan pekerjaannya sebagai stunt-woman yang hidup sederhana di sebuah rumah kecil yang udah retak-retak temboknya dan memiliki seorang room-mate sedangkan Ra Im di tubuh Joo Won harus menjalankan perannya sebagai direktur di Roel Departemen Store.

Salah?

Tentu awalnya mereka salah dalam mengambil keputusan, berkata-kata hingga bersikap. Membuat orang-orang yang berada di sekitarnya merasa aneh akan perubahan tersebut. Tapi karena dari awal entah kenapa, Joo Won sudah mulai suka duluan sama Ra Im, jadi perlahan...Ra Im pun membalas perasaan Joo Won. Mereka semakin dekat sejak pertukaran jiwa ini.




Yang aku suka dari drama ini :

1. Kostum para aktornya, bener-bener memorable banget (terutama Hyun Bin yaa...si Joo Won)





2. Dialognya, meskipun kadang aku mengernyitkan dahi. 
Apa maksudnya?



3. Adegannya fresh (meskipun plot ceritanya yaa...gitu deeh...😅)



4. Ketenaran Secret Garden membuat producer drama ini memberikan beberapa special episode BTS.
Termasuk beberapa pertanyaan dari para fans dan dijawab langsung oleh para aktor Secret Garden.


5. Drama yang sangat menghibur.
Banyak dialog dan adegan lucu. Buat yang belum pernah nonton, coba intip trailernya. Meskipun si trailer ini gak mewakili keseruan nonton seluruh episode drama ini.




Dan FYI,
karena drama ini sukses di negaranya, maka ada beberapa negara yang mencoba mengulang sejarah yang sama dengan meremake drama Secret Garden ini. Hasilnya?
Emm, karena saya hanya nonton versi Indonesianya, tapi udah keburu ilfeel karena udah nonton versi Koreanya, jadi...mianhae, chingu... aku gak bisa kasih pendapat.



Kalau lendyagasshi nonton drama, pasti ada learning point yang harus bisa dijadikan pelajaran yaa... Kira-kira apa niih...

1. Gak silau sama kehidupan orang lain.
Saat Gil Ra Im tahu kalau disukai Kim Joo Won, ia tidak segera langsung meng-iya-kan. Ra Im sangat berhati-hati saat mengambil keputusan. Karena ia tahu bahwa tidak mudah masuk ke dunia yang tak pernah dibayangkan sebelumnya.


2. Dengarkan kata hati.
Ini kelihatan banget pada kedua pasangan yang ada di drama ini. Gil Ra Im - Kim Joo Won dan Oska - Yoon Seul.
Mereka mencoba mencari apa yang hilang bila tidak bersama. Selalu ada jalan untuk mengembalikan apa yang mereka sebut dengan "bahagia".

Meskipun aku gak setuju dengan keputusan Joo Won yang tetap menikah walau belum dapat restu dari Ibunya. 

Tapi balik lagi...ini kan drama yaa...kalo gak happy end, bisa di protes sama fans.
Kaya drama Moon Lovers, errg...


3. Berkeinginan kuat.
Bila menginginkan sesuatu, berusahalah yang gigih untuk menggapainya. Bagaimana hasilnya, itu tidak penting.

Impian Ra Im untuk merambah hingga menjadi aktor Hollywood, patut dijadikan pelajaran. Ia membuat persiapan dari mulai dialog, pronounciation, hingga simulasi adegan yang harus diperankan dalam bentuk gambar.

Good Job, Ra Im-aa~~


Apakah sahabat lendyagasshi ada yang sudah tamat nonton drama lawas ini?
Paling gak bisa lupa sama adegan apa niih...?
Share di kolom komentar yuuk...



Salam hangat,


You Might Also Like

8 comments:

  1. Saya suka banget sama Drakor ini, pertama kali liat Hyun Bin langsung jatuh hati omg ganteng banget sih hhahah btw katanya ngejiplak film Korea ya ini? Tp gpp lah yang penting Hyun Bin lol🤗

    ReplyDelete
  2. Saya malah ga tahu sama sekali dengan drama korea apalagi pemainnya. Tidak pernah nonton...

    Eh maaf jadi penasaran nih, para pemain drakor itu ada yg muslim gak sih? Jadi penasaran...

    ReplyDelete
  3. Ceritanya seruuu pisan ya mba...makanya semangaaat nontonnya ya

    ReplyDelete
  4. Aku bukan K-Drama, cukup sekali nonton Dream High zaman2 kuliah dan itu ya Alloh move on nya lamaa banget. Emang cerita K-D itu apik2,kaya yang cerita ini marahnya smart ya bawa2 tulang vertebrata, wkwkwk, dan hikmahnya ngena banget, nancep lah. Tapi dasarnya aku ga suka film ya jadi ga ngikutin KDrama yang lain, cukuo denger2 aja kaya yng ini :D

    ReplyDelete
  5. Beluum, belum banyak drakkor yg aku tonton malah. Seingetku cuma endless love di TV, sama wedding dress di leptop adek. Haha

    ReplyDelete
  6. Ini drama korea kesukaan aku banget deh

    ReplyDelete
  7. Kalau aku dan suami penyuka film-film dengan rating terbaik, jadi kalau nonton milih banget :D

    ReplyDelete
  8. Wahahah aku pernah nonton ini sampai begadang di rumah teman. Dia pergi kerja, akunya lanjut nonton. Hahaha

    ReplyDelete