article,

Indahnya Berbagi Bersama Rumah Zakat

Monday, August 06, 2018 Lendy Kurnia Reny 50 Comments

Bismillah,



Indonesia sedang diuji dengan berbagai bencana alam. Dari mulai gempa berkelanjutan di Lombok, Bali dan kabarnya menyebar hingga Malang. Belum lagi daerah terpencil di Indonesia yang sulit dijangkau, dan daerah seperti ini biasanya terkendala dengan makanan sehat bergizi.

Terbayang bagaimana keadaan mereka?

Mungkin kita yang hidup di kota besar, sangat sulit membayangkannya. Tapi mari sejenak kita merenungkan beberapa tulisan dan sumbangsih yang diberikan Rumah Zakat dalam menyalurkan bantuan baik dari segi pangan yang berupa SuperQurban dan pemberangkatan beberapa relawan untuk langsung terjun membantu di daerah bencana serta di daerah yang membutuhkan.



Rumah Zakat

Jl.Turangga No.33 Bandung
Call Center : 0804 100 1000
WA/SMS Center : 0815 7300 1555

IG : 

https://www.instagram.com/rumahzakat/

Website : 

https://www.rumahzakat.org


Channel Youtube :

https://www.youtube.com/user/Rumahzakatfull

Khusus hari ini adalah press conference dari Rumah Zakat dalam rangka memberangkatkan para relawan ke Maluku dan Palestina.




Sungguh luar biasa sekali sumbangsih Rumah Zakat kepada masyarakat luas. Tidak hanya bergerak di dalam negeri, tapi juga hingga masalah kemanusiaan di luar negeri. 


Program Kemanusiaan

Program yang selama ini sudah mewarnai Rumah Zakat sejak pertama kali berdiri di tahun 1998. Program ini diadakan sebagai feedback dari Rumah Zakat terhadap masyarakat dalam bentuk pemberian bantuan bagi korban perang, korban bencana alam, konflik, epidemik, kekeringan, serta berbagai program Desa Tangguh, evakuasi dan rehabilitasi.

Program ini tentu diselenggarakan karena misi dari Rumah Zakat sendiri ada 3 yakni :
  • Berperan aktif dalam membangun jaringan filantropi Internasional
    Filantropi sendiri artinya adalah tindakan seseorang yang mencintai sesama manusia serta nilai kemanusiaan, sehingga menyumbangkan waktu, uang, dan tenaganya untuk menolong orang lain.

  • Memfasilitasi kemandirian masyarakat
    Terbukti dengan adanya program Senyum Mandiri yang memberdayakan UKM, pertanian dan ternak produktif.

  • Mengoptimalkan seluruh aspek sumber daya melalui keunggulan insani
    Jelas yaa...Rumah Zakat memiliki sasaran yang tepat, di antaranya di desa yang memiliki banyak petani atau peternak miskin. Maka melalui program yang diadakan Rumah Zakat, kerjasama bisa terjalin dan berakibat meningkatnya pendapatan masyarakat setempat.


Sungguh luar biasa sekali keberadaan Rumah Zakat ini di tengah-tengah kita. Dan yang paling saya kagumi adalah Program SuperQurban.


Salamah bin Al-Akwa berkata: Nabi Sholallahu 'alaihi wassalam bersabda,
”Siapa yang menyembelih qurban maka jangan ada sisanya sesudah tiga hari di rumahnya walaupun sedikit.” 

Tahun berikutnya orang-orang bertanya:
“Ya Rasulullah apa kami harus berbuat seperti tahun lalu?” 

Nabi Sholallahu 'alaihi wassalam menjawab,
”Makanlah dan berikan kepada orang-orang dan simpanlah sisanya. Sebenarnya, tahun lalu banyak orang yang menderita kekurangan akibat paceklik, maka aku ingin kalian membantu mereka” 

[HR Bukhari No.569, Muslim No.1974].



Berpegang pada hadits ini, maka program ini menjadi program unggulan Rumah Zakat. Dimana sudah bekerjasama dan memberdayakan petani serta peternak, lalu hasilnya melalui donasi para donatur, maka akan dibentukkan hewan Qurban. Dan hewan Qurban ini akan disimpan rapih serta higienis dalam packaging kaleng.



Daging dalam kaleng ini bertahan hingga 3 tahun setelah pengemasan. Waktu yang cukup lama dan manfaat meluas ketika akan diberikan ke daerah-daerah yang sedang membutuhkan.


Jadi tahun ini sudah berkurban di mana, sahabat?

Kalau belum berkurban, maka kesempatan banget niih sahabat lendyagasshi.
Rumah Zakat menerima dana untuk berkurban dan tentu akan digunakan sebagai program Superqurban, sehingga menjadi energi berkelanjutan bagi Indonesia dan dunia.


Harga Partisipasi SuperQurban

Kambing : Rp 2.375.000,-
Kornet ± 30 kaleng
Rendang ± 25 kaleng


Sapi : Rp 17.250.000,-
Kornet ± 350 kaleng
Rendang ± 250 kaleng


Sapi Retail : Rp 2.575.000,-
Kornet ± 50 kaleng
Rendang ± 35 kaleng



Program yang keren banget kan sahabat lendyagasshi?
In syaa Allah SuperQurban bermanfaat lebih luas dan lebih tepat sasaran.

Barakallahu fiikum.



Salam hangat,




You Might Also Like

50 comments:

  1. Iya aku juga suka sm program super qurban itu. Hebat RZ

    ReplyDelete
  2. Senang banget udah sampai kantornya Rumah Zakat. Aku juga sudah bertahun-tahun mempercayakan zakat sedekah ke RZ.

    ReplyDelete
  3. Programnya bagus nih. Mudah-mudahan taun ini saya dan keluarga bisa kurban

    ReplyDelete
  4. MashaAllah keren banget program super qurban rumah zakat ini. Dagingnya dikaleng sehingga manfaatnya bs meluas, menjangkau ke seluruh Indonesia.

    ReplyDelete
  5. oh lama juga ya dagingnya bisa awet sampai 3 tahun. Insya Allah bermanfaat hingga pelosok daerah. Btw gamisnya cantiiiik

    ReplyDelete
  6. Mariiii berkurban...semoga sampai di tangent mereka yang benar-benar membutuhkan yaa

    ReplyDelete
  7. Dengan pengemasan dalam kaleng, daging menjadi lebih awet dan bisa sampai ke daerah yang terpencil ya

    ReplyDelete
  8. Aku suka banget berkurban ditempat seperti rumah zakat ini. Karena aku tinggal di daerah kota yang aku lihat sangat sedikit orang yang berhak menerima kurban, jadi akan lebih bagus kalau berkurban di daerah terpencil sekalian. Dan rumah zakat pasti bisa melaksanakannya dengan program super kurbannya

    ReplyDelete
  9. Kayaknya baru, ya, hasil Qurban di-pack demikian. Bisa tersalurkan ke lebih banyak tempat.

    ReplyDelete
  10. program RZ yang ini memang keren ya. soalnya pernah dengar beberapa orang nggak mampu malah kesulitan mengolah daging kurban yang mereka dapat karena terlalu banyak dan nggak ada kulkas. kalau sudah dikaleng begini kan jadi lebih awet

    ReplyDelete
  11. Ya Allah mampukanlah kami melakukan qurban. Maunya dan niatnya tiap tahun bisa qurban ya, apa daya keadaan belum berpihak.

    ReplyDelete
  12. Program RZ ini keren ya, ada cara baru utk berkurban..

    ReplyDelete
  13. Programnya keren, paling suka dengan inovasi kornetnya jd lbh bermanfaat dan awet :)

    ReplyDelete
  14. Selalu suka dengan inovasi-inovasi Rumah Zakat. Jadi banyak variasi dalam berkurban terutama ke pelosok gitu lebih bermanfaat kalau jadi kornet bisa tahan lama. Barakallah Rumah Zakat ^^

    ReplyDelete
  15. Programnya bagus nih Lendy, jadi penerima kurban bisa lebih menyeluruh yah :))

    ReplyDelete
  16. bagus juga ya mbak program qurbannya, sudah jadi kemasan kaleng gitu

    ReplyDelete
  17. Masya Allah bagus programmnya. Kalau bentuknya kalengan gtu daging yang smapai ke tangan penerima jg gak busuk dan bisa layak dikonsumsi ya mabk :D TFS

    ReplyDelete
  18. wah baru tau kalo Rumah Zakat ada program qurban juga...

    ReplyDelete
  19. Waaaa.... senang sekali ya Mbak, kemajuan teknologi nggak terbukti membuat kita jadi individualistis. Malah bisa jadi saranan memudahkan kita bergotong royong dengan masyarakat yang lebih luas lagi....

    ReplyDelete
  20. Wah suka nih rumah zakat yg ngasih kemudahan buat org2 yg pgn berkurban lewat program superqurban. Alhamdulillah jd makin mudah beramal ya, Mbk.

    ReplyDelete
  21. Rumah Zakat ini menjadi salah satu solusi bagi masyarakat di program2nya yg keren ya mba..

    ReplyDelete
  22. Program Rumah Zakat keren nih, bermanfaat banget, bisa ikut memberdayakan para petani dan peternak juga.

    ReplyDelete
  23. anneyong agashhi hehe salam kenal mbak
    ini pertama kali berkunjung ke blog nya, luar biasa ya programnya ngebantu dua pihak win win solution gitu ya

    ReplyDelete
  24. Daging kerban dikemas speerti ini lebih bermanfaat dan tidak mubazir ya dan tahan lama

    ReplyDelete
  25. Superqurban solusi distribusi daging supaya awet dan tahan lama ya.

    ReplyDelete
  26. Baru dengar saya soal Superqurban. Coba ah saya telaah lebih lanjut lagi.

    ReplyDelete
  27. Alhamdulillah kalau begini, Qurban saudara saudara kita ini dapat dinikmati di seluruh negeri yang benar benar membutuhkan ya

    ReplyDelete
  28. Alhamdulillah ya kalau dibuat macam SuperQurban kaleng ini malah jadi bermanfaat karena dibagiin bisa langsung dimakan sama yang membutuhkan. :)

    ReplyDelete
  29. Semoga makin banyak orang tergerak hatinya untuk melakukan qurban yang baik ya alhamdulillah tahun ini kami sudah melakukan qurban

    ReplyDelete
  30. Program Rumah Zakat bagus banget.
    Aku baru tau superqurban ini.
    Jadinya bermanfaat banget yaa dan dan pastinya lebih ok dikemasan kaleng karena lebih tahan lama dan gakdan gak mudah rusak saat distribusi ke lokasi :)

    ReplyDelete
  31. Wah ide bagus nih dagingnya dikalengkan

    ReplyDelete
  32. Program Super Qurban ini bermanfaat banget dan sudah sampai ke mana-mana ya mbaaa

    ReplyDelete
  33. wah progrmnya keren mbak. pokoknya bermnfaat bnget yah

    ReplyDelete
  34. Dengan diolahnya daging qurban jadi cornet atau rendang jadi lebih tahan lama

    ReplyDelete
  35. Program super qurban memang terobosan yg keren banget yaa.. jadi lebih tepat sasaran. Sukses terus buat RZ :)

    ReplyDelete
  36. Kurban dengan model kekinian memang lebih dibutuhkan. Karena kalo dilihat yang selama ini model konvensional malah dijadikan beberapa orang minta daging kurban, trus dijual. Sering gak tepat sasaran krn yg minta itu pakai perhiasan juga. Kalo dikemas dan didistribusikan di daerah bencana atau perang bakal lebih tepat sasaran

    ReplyDelete
  37. Rumah zakat termasuk tempat memyalurkan zakat infaq sedekah yg aku percaya nih...karena sekarang banyak banget lembaga amal zakat baru jadi harus waspada

    ReplyDelete
  38. Bagus ya programnya. Dagingnya dikalengkan jd bisa bermanfaat sepanjang tahun. Semoga semakin banyak yg bisa bersedekah. Amin

    ReplyDelete
  39. Keluarga kami kurban lewat lembaga serupa Mba, tp thn ni bukan lewat RZ hehe mudah2an dilancarkan niat kurban untuk tahun depan juga. Krn bagusnya lewat lembaga spti ini, bisa menyasar ke daerah2 yg masyarakatnya jarang makan daging, apalagi klo bentuk super kurban, tahan lama dan aman saat didistribusikan.

    ReplyDelete
  40. Berbagi itu memang indah ya, mba. Apalagi bisa berzakat, memberi manfaat buat yang butuh dan juga bermanfaat buat diri kita sendiri..ada pahala yang mengalir

    ReplyDelete
  41. Kami sejak beberapa tahun terakhir ini juga ga pernah qurban di masjid dekat rumah lagi. Lembaga2 kemanysiaan dan zakat Indonesia udah keren banget programnya.

    ReplyDelete
  42. Idenya bagus banget ya mba, supaya lebih awet dalam penyimpanan dan bisa dinikmati dalam waktu yang lebih lama. Keren nih superqurban

    ReplyDelete
  43. Alhamdulillah sekarang banyak cara untuk bisa berkurban ya. RZ ini seinget saya pelopor qurban dengan mengemasnya menjadi makanan yg bisa dinikmati tidak hanya pas hari raya Ied Adha, melainkan lebih awet dan bisa didistribusikan kemana mana.

    ReplyDelete
  44. Beberapa waktu lalu aku sempet sedih denger cerita daging kurban yang nggak tersebar merata. Tapi program RZ ini MasyaAllah seolah menjawab permasalahan itu ya.

    ReplyDelete
  45. Waahh aku baru tau nih kalo daging hewan qurbannya dikalengin, keren lho inovasinya. Jadi bisa menyebar ke target yang dituju ya. Semoga RZ makin barakah ya.

    ReplyDelete
  46. ide berkurban dengan super qurban itu super banget menurutku. bisa awet sampe lama soalnya. dan bisa lebih rata menjangjkau pelosok. baarakallah RZ

    ReplyDelete
  47. Alhamdulillah berzakat jadi lebih mudah ya dengan Rumah Zakat. Penyalurannya pun jadi lebih terkoordinir, tepat sasaran kepada yg membutuhkannya.

    ReplyDelete
  48. Dengan perkembangan zaman semakin ngebantu untuk beribadah juga ya, suka deh

    ReplyDelete
  49. MasyaAllah barakallah ya rumah zakat. Selalu punya inovasi untuk menebarkan kebaikan. Semoga kita bisa selalu jadi bagian darinya walau sedikit

    ReplyDelete
  50. Bagus ya program rumah zakat, insyaAllah berkah ya untuk semuanya. terimakasih atas ulasannya ya mbak, jadi tau akan menyalurkan zakat kemana nantinya :-)

    ReplyDelete