feature,

Liburan Ceria Edukatif Ke Taman Safari Bogor

Saturday, December 30, 2017 Lendy Kurnia Reny 69 Comments

Bismillah,


Baru merasakan liburan sekolah setelah anak-anak menginjak usia sekolah. Yaa...iya lah yaa...dulu pas jaman anak belum sekolah, tiap hari rasanya tanggal merah melulu. Tiap hari tugas saya mendampingi kedua balita di usia emas mereka. 

Tahun ini, anak pertama saya menginjakkan kakinya dengan mantap di SD kelas 1. Sekolah yang kami pilih memang tergolong unik, karena bukan SDIT biasa, tapi SDIT yang kami yakini sesuai dengan value di keluarga kami. 


Alhamdulillah....sejauh ini, yang saya rasakan adalah selain anak yang menuntut ilmu, saya dan suami juga belajar (lagi) memahami agama Islam sesuai dengan ajaran Rosululloh sholallahu 'alaihi wassalam.


Kalau ingat sekolah, saya jadi gak bisa berhenti bercerita yaa...saking semangatnya....πŸ˜…
Tapi sejenak mari kita berlibuuurr....
Karena kakak terima raport akhir semesternya tanggal 22 Desember 2017, maka resmilah ia libur semester pertama. Libur panjang selama 3 minggu tentu tidak ingin berlalu begitu saja tanpa kesan yang mendalam yaa... Setidaknya, harus ada pelajaran yang bisa diambil dari setiap harinya.





Sudah pernah melihat hewan liar secara langsung?
Kalau kita gak datang ke hutannya sendiri, pastilah kita hanya bisa melihat binatang-binatang tersebut di dalam kandang.

Naah...

Wisata Taman Safari Bogor ini menawarkan pengunjung untuk bisa langsung berinteraksi dengan hewan liar yang jinak, seperti rusa, jerapah, gajah bahkan kangguru. Untuk hewan buasnya, kita hanya diijinkan melewatinya saja...karena kita di dalam kendaraan.

Serruu sekalii...




Selain hewan-hewan jinak tersebut diperbolehkan untuk diberi makan, yang sebelumnya sudah kita beli di luar, saat akan masuk Taman Safari, juga diijinkan untuk ditunggangi lhoo...
Beberapa hewan yang bisa ditunggangi yaitu unta, gajah, dan kuda poni.

Ai dan Hana kompak menunggangi kuda poni.
Terinspirasi dari film "My Little Pony".

Puas berkeliling mengenal berbagai macam satwa, berbekal peta Dora yang diberikan saat di pintu masuk Taman Safari, akhirnya kami memutuskan untuk menaiki kereta yang disediakan pihak Taman Safari untuk mencapai shelter berikutnya. Di masing-masing shelter (yang diberi tanda dengan abjad A-G) kami berhenti untuk memuaskan keingin tahuan kami tenang wahana apa saja yang disuguhkan kepada pengunjung.


Baby Zoo - Shelter A

Baby Zoo.
Sudah ketahuan yaa...dari namanya. Di sini, kita akan dikenalkan satwa langka yang masih baby-baby. Dari mulai kanguru, lemur ekor cincin (hewan yang ada di film Madagaskar, si King Julian), hingga kucing hutan liar. Untung saja gak ada ular. Hiiih...saya paling takut sama hewan melata ini, soalnya. Wkkwkk...




Atraksi Hewan-Hewan Pintar.
Beberapa hewan ternyata bisa dilatih untuk memahami arti dari perintah manusia lhoo...
Menarik yaa...menonton gajah beradu peran bersama manusia?

Jadi diceritakan, adalah manusia yang memiliki sifat tamak dan selalu merasa tidak puas. Keseimbangan hutan terganggu oleh karena manusia yang dengan akal pintarnya justru memburu gajah yang hidup liar di hutan. Para gajah-gajah tersebut sengaja ditembaki untuk diambil daging hingga gadingnya.

Namun, untungnya...sikap tak terpuji para pemburu liar itu segera diketahui oleh polisi hutan. Maka dengan bantuan gajah yang sudah terlatih, para pemburu tersebut mampu diringkus. Dan akhirnya perburuan liar pun dapat dihentikan.

Ternyata,
Gajah ini memiliki memori yang kuat. Sekalinya mereka tahu dan mengingat wajah seseorang, maka ia akan mudah mengenali dan membalas perbuatan orang tersebut.


Jangan anggap remeh hewan besar ini...
Sekalinya dilatih, ia dengan patuh akan menuruti kemauan sang pelatih dan dapat menjadi sahabat setia manusia dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. 

Selain patuh dan pintar, gajah juga hewan yang hidupnya bekerja sama dengan sesama gajah lainnya. Jadi mereka dapat menyelesaikan suatu tugas berat dengan mudah dan cepat karena dilakukan secara bersama-sama gajah lainnya.

Uuwuuw....so cool!


Arena Permainan.
Di sini pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai jenis permainan untuk segala usia. Dari mulai balita, dewasa, muda-mudi hingga generasi old. Wkkwk... Beneran deeh, karena saya mengantri bersama seorang kakek yang sedang membersamai cucu-cucunya untuk bermain roller-coaster.

Buat sahabat lendyagasshi yang tidak takut dengan ketinggian, bisa dicoba niih...wahana Moco.




Cuma sebelnya, sebelum naik wahana ini, kita akan ditakut-takutin sama emm...apa yaa??
((gak bisa kasih deskripsi, karena pas masuk langsung merem dan pegangan kuat sama teteh di depan saya. Ahh, saya mah cemen banget kalo soal hantu-hantuan. Hiikks~))

Untuk wahana anak-anak, ada wahana bom-bom car, mobil listrik, kereta mini, helicopter, ayunan putar, menunggangi kuda poni di rel, sepeda terbang, perahu balon, hingga waterboom.




Rasanya gak cukup bermain seharian di Taman Safari Bogor. Namun, waktunya pulang tiba...
Sebenarnya, karena akhir tahun, Taman Safari Bogor mengadakan program Safari Malam. Untuk biayanya, bisa extended dari Safari Siang. Hanya dengan menambahkan 90K saja. Namun kami tidak melakukannya karena harus segera balik ke Bandung.

Perjalanan menuju ke Bandung tidaklah lancar. Hingga malam tiba, kami masih saja terjebak macet di Puncak, Bogor. Stamina yang menurun membuat kami lelah dan terasa sekali tidak bisa menikmati istirahat yang berkualitas.



Hingga satu hal yang baru saya sadari ketika tiba di Bandung.



Badan si kecil, Hana demam.
Tidur tidak tenang karena kelelahan, maka Bismillah...saya memberikan beberapa treatment untuk Hana.

1. Memberikan minum air mineral yang cukup.
2. Memberikan obat penurun panas Tempra Syrup, yang telah terbukti aman di lambung. 
Kenapa aman di lambung?
Karena Tempra Syrup mengandung paracetamol, yang mana kita ketahui bahwa paracetamol ini  tidak mengandung asam yang bisa mengiritasi lambung dan menurunkan trombosit. 
Alhamdulillah,
di rumah selalu sedia Tempra syrup, obat penurun panas andalan keluarga.

Yang perlu diperhatikan dari pemberian Tempra Syrup ini adalah sesuai dengan dosis yang telah ditentukan, yakni :


Umur                                                  Dosis

Dibawah 2 tahun                                 Sesuai petunjuk dokter/gunakan Tempra Drops
2 – 3 tahun                                          5 ml
4 – 5 tahun                                          7.5 ml
6 – 8 tahun                                          10 ml atau gunakan Tempra Forte


Pemberian Tempra syrup ini tidak perlu dikocok terlebih dahulu, karena sifatnya yang bukan larutan emulsi, sehingga dapat langsung diminumkan dengan rentang jarak pemberian 4-5 jam dalam sehari dan bila demamnya telah lebih dari 38℃.

Tempra syrup dapat dengan mudah didapatkan di Apotek atau toko obat terdekat.


3. Memberikan skin to skin.
Saya pernah membaca suatu artikel bahwa anak demam membutuhkan kenyaman. Tidak perlu ditutup dengan pakaian hangat secara berlebihan, namun dengan cara dipeluk dan diusap-usap, maka akan menimbulkan perasaan nyaman pada anak, sehingga membuatnya istirahat lebih nyenyak.


Sambil disertai dengan doa dan ikhtiar maksimal, saya yakin Hana akan diberi kemudahan untuk sembuh.
Dan alhamdulillah...
Keesokan harinya, nafsu makan Hana mulai membaik. Dengan menyediakan camilan sehat sebagai pelengkap asupan gizi ananda, maka Hana sudah bisa kemabali beraktivitas normal seperti sedia kala. Bermain bersama kaka, mengerjakan worksheet mewarnainya dan melakukan kegemarannya, yakni melukis.


Terima kasih Tempra, sudah menjadi sahabat Bunda di seluruh Indonesia.
Liburan kali ini menjadi kenangan indah bersama keluarga.


Bagaimana dengan cerita liburan sahabat lendyagasshi?
Berbagi di kolom komentar yaa...


Salam hangat,








Disclaimer
Artikel ini diikut sertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Tempra.

 #Tempra #SelaluAdaCintadiHatiBunda


You Might Also Like

69 comments:

  1. Wuaah senangnya yang abis piknik ke Taman Safari.. Aku belum pernah ke sana, Len. Pengen sih ngajak anak main ke sana...harus dijadwalin kayaknya ya.

    Eh iya baru tau kalau ingatan gajah itu sangat tajam.. Ahh ..ku jadi ingat sesuatu padamu..uhuks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teteh jadi inget apaaa??
      ^^

      Ingatanku ga kaya gajah, teeeh...

      Delete
  2. Kangen taman safari cisarua euy..

    ReplyDelete
  3. belum pernah ke taman safari, paling-paling ke jatim park aja sih... tapi liburan seru ya sambil lihat satwa-satwa gitu

    ReplyDelete
  4. Asyik nih hbs jalan2 ke Taman Safari, Wisata edukasi yang sangat rekomended buat keluarga tercinta.

    ReplyDelete
  5. Teh, Bandung Islamic School itu dmn? sy lg cari2 rekomen sd di bdg, msh awam bdg soalnya. liburan di taman safarinya seru... sy jg ada rencana ksna tunggu bungsu gedean dikit lg. btw, minggu lalu hbs main anak sy jg demam, cb pakai tempra manjur, teh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bandung Islamic School ada 3 kampus, teh...
      Untuk TK di Jl. Malabar.
      SD ikhwan di Jl. Reog dan SD akhwat di Jl. Talaga Bodas.

      Mangga mampir di tulisan saya...

      Delete
  6. Wwwiiihhhh... kalau dilihat dari atas.. taman safari nya mantap ya.

    ReplyDelete
  7. Saya gak sempat kesini pas ke Bogor, padahal udah di ujung mata.
    Kalian keluarga yang seru ya

    ReplyDelete
  8. Mauuu belum pernah ajak anak-anak ke Taman Safari

    ReplyDelete
  9. Wah saya juga pernah tuh, cet macet mau ke taman safari
    Bedanya saya sekeluarga balik lagi hihihi

    ReplyDelete
  10. Wah asyik banget bisa liburan lihat hewan. Pengen deh ajak anak ke taman safari

    ReplyDelete
  11. Senengnya ke Taman Safari. Dan baru tau loh kalo ada Safari Malam. Pasti makin seru. Kalo di Taman Safari Prigen kayaknya belum ada sih mba, program Safari Malam. Aih gegara postingan ini jadi mupeng ke Taman Safari Prigen lagi :D

    ReplyDelete
  12. Sudah lama banget pengen ke taman Safari

    ReplyDelete
  13. Macet memang kendala utama kalau mau ke wilayah Bogor atas dan cianjur atas. Apalagi ini pas liburan ya, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah ke Bogor nanti mainnya ke Cianjur ya :)

      Delete
  14. Weh, liburan Hana dan Kakak serunya bisa mengenal satwa selama liburn sekolah ,πŸ™‹πŸ˜‚πŸ˜πŸ™Œ

    Btw aku ga liburan sama sekali selama libur krrja juga, stay at home aja. Wkwkwk

    ReplyDelete
  15. oh jadi itu ya kenapa ada istilah "elephant can remember". Memori gajah kuat.
    btw udah lama ga ke taman safari yang ini nih. Kebayang macetnya Puncak jadi males ke sana.

    ReplyDelete
  16. Wah sudah lama ga ke sana... jadi pengen ajak anak2 ke sana lagi :D

    ReplyDelete
  17. Ajak aku ke sini mba Len, belum pernah nih heheheh
    duh ... liburan edukatif apalagi nambah ilmu dan pengetahuan.

    ReplyDelete
  18. Udara dingin di bogor, jgn sampai merusak liburan. Panas anak bikin kita sedih. Dekat situ ada penginapan, nginap semalam biar panas anak turun. Lalu pulang ke jakarta. Kalau pulang takut ada apa apa soalnya pulang macet.

    ReplyDelete
  19. Senang anak anak, selain cinta binatang juga mengetahui binatang yg ada di indonesia

    ReplyDelete
  20. Liburanku jg diwarnai dg anak sakit mbaa, tp alhamdulilah sudah berlalu.

    ReplyDelete
  21. Senang banget bisa berinteraksi langsung dengan hewan. Nanti deh nunggu ayah libur trus mau ajak ke sana.

    ReplyDelete
  22. Yee ada cerita saat liburan ya. Taman Safati memang kece banget buat bermain anak-anak sekaligus edukasi untuk mengenalkan dunia hewan dan lingkungan pada anak anak.

    ReplyDelete
  23. Kayaknya asyik neh bisa liburan ke Taman Safari, bisa liburan sekaligus Edukasi

    ReplyDelete
  24. Wahhh,, seru jalan-jalan nya..

    ReplyDelete
  25. Education banget nihh.. suasana yang sejuk dan nyaman. pasti seru banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa...
      Alhamdulillah...Bogor suasananya mirip-mirip Bandung.

      Delete
  26. Pertama kali ke Taman Safari Bogor pas tahun 2015. Sejak itu belum pernah ke sana lagi. Pengen cobain safari malamnya euy..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang aku bayangin, Safari Malam itu ngapain yaa?
      Hihii...asa takut duluan...mengingat di situ adalah hutan.

      Delete
  27. Belum pernah ke taman safari,kayanya lebih luas daripada taman safari II. Wajib masuk list travelling selanjutnya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Taman Safari II itu Taman Safari Prigen yaa?

      Delete
  28. wahh serunyaa jalan2nya mbaa..aku pernah ke taman safari sama anak dan sengaja ngangkot dari bogor pengen tau aja kalau ngeteng kayak gimna..dan seru banget..tapi nggak banyak wahana yg kita ikuti karena arfa udah kecapean duluan hahaha

    ReplyDelete
  29. waah aku aja yang udah berapa kali ke bogor belum pernah ke taman safari haha.. semoga ada kesempatan main kesana

    ReplyDelete
  30. Belum pernah bawa anak2 ke Taman Safari, moga2 kapan bisa ke sana :D pastinya seneng banget ya mbak jd mengenal hewan2 gtu :D

    ReplyDelete
  31. Hoho, aku selalu gk jd klo ngerencanain ke taman safari, gk kuat klo bayangin macetnya. :D

    ReplyDelete
  32. si K pernah ke Taman Safari, tapi waktu masih bayi, hahahaha.

    Kayaknya perlu dibawa lagi deh :D

    ReplyDelete
  33. liburan kemarin kita juga ke taman safari nih
    tapi yang di Bali,
    Bali SAfari & Marine Park
    Seruuu

    ReplyDelete
  34. Wah serunya liburan di taman safari moga2 di aceh juga segera ada, jgn mau kalah dengan demam selalu sedia tempra

    ReplyDelete
  35. Serunya, tapi memang punya anak kecil.harus sedia tempra sewaktu waktu

    ReplyDelete
  36. Aku penasaran yang Baby Zoo Mbk, pasti lucu-lucu hewan di sana ya. Aku juga menyiapkan Tempra Mbk agar anak-anak sehat

    ReplyDelete
  37. Tambah variatif ya taman safari tapi entah kapan ke sana lagi nih. terakhir nganterin adik waktu TK alias belasan tahun lalu hehe

    ReplyDelete
  38. Aku kog gak tega yak ngeliat hewan ditunggangi orang/anak2. Kasian aja. Aku kog merasanya klo musim liburan bnyk hewan yg dieksploitasi. Mungkin ini cm perasaanku doang kali yak. Tp Taman Safari sekarang makin keren ya. Ada waterboomnya juga. Tempat berenang mksdnya.

    ReplyDelete
  39. Pengin banget ngajakin anak ke sini. Bener ya kalau anak lelah jalan-jalan harus terus dijaga kesehatannya

    ReplyDelete
  40. Taman Safari udah banyak berubah ya. Kayaknya ada kali aku 3 tahunan gak kesana. Hehehehe.

    ReplyDelete
  41. Sudah lama banget gak liburan ke Taman Safari sama anak-anak. Anak-anak sih terakhir liburan ke Taman Safari beberapa bulan lalu sama saudara-saudara. Tapi nggak sama ortu. Pengen ngajakin baby yang mai kenal hewan hewan ke Taman safari belum kesampaian.

    ReplyDelete
  42. Makin seru ya di Taman Safari, terakhir ke sana 9 tahun lalu, whaha lama betul.

    ReplyDelete
  43. Semoga libiran akhir tahun ini bisa ajak anak anak kesana. Teteppp selalu bawa Tempra ya mbak kemana-mana buat jaga-jaga

    ReplyDelete
  44. Liburan Ai desember lalu ke mbah yut di Solo, tapi hujan, jd ga kmna2. Kalo ke taman safari enaknya bulan apa ya? Biar puas mainnya ga kejebak hujan. Hehe

    ReplyDelete
  45. Taman Safari Bogor ini emang juara banget sih buat jadi tempat liburan. Aaaa, terakhir ke sini waktu masih kecil, sekarang banyak banget inovasi dan perubahannya yaaa.

    ReplyDelete
  46. Taman safari ini dimana sih mbakk?? Maksudnya dekat mananya di Bogorr??
    Seru bangett yah main ke sana.. pengennn jugaaa

    ReplyDelete
  47. saya belum pernah ke taman safari bogor, jadi pengen nih mba. Ini kalau gak salah lokasinya yang berada di kanan jalan kalau dari Jakarta arah ke Puncak ya mba? Dulu cuma sempat lewat saja.
    Semoga ke depannya saya bisa mampir ya mba.. setelah pake tempra, anaknya sudah sehat kembali kan mba?

    ReplyDelete
  48. Taman Safari memang tempat yang menyenangkan, khususnya bagi anak bisa berinteraksi langsung dengan satwa. Memamg harus selalu sigap membawa obat saat bepergian, termasuk membawa Tempra.

    ReplyDelete
  49. aduh udah lama banget gak ke taman safari, sekitar 2010 kalo gak salah waktu itu. aku betah disana, adem suasananya. wktu itu aku naik gajah, dan pengen lagi,, hhee
    anak2 pasti seneng bgt ya mba main ke tamanm safari, bisa lihat hewan2 dari dekat.

    ReplyDelete
  50. Taman safari pilihan yang sangat pas buat ajak anak anak untik edukasi bgt mengenal bwrbagai macam hewan disana dan masih banyak lagi wahana bermainnya juga ada lagi asik banget

    ReplyDelete
  51. Ku udah lama banget gak ke Taman Safari. Paling senang dengan atraksi hewan singa laut, hihi lucu.

    Kalau habis liburan, trus anak sakit tuh rasanya suka sedih, gak tega.


    Toss mbak, di rumah anak2 juga minum tempra

    ReplyDelete
  52. Taman safari adalah tempat yg jd resolusi tuk bawa anak jalan. Krn anak sy senang dgn hewan. Di sini ada kebun binatang tp sgt sedikit hewannya.maunya dia puas liat semua binatang.

    Moga ada rezeki supaya bisa bawa dia ke sini. Secara kmi jauh dr luar jawa

    ReplyDelete
  53. Liburannya seru banget ya mba... cuma ya itu macetnya ke arah sana suka ndak tahan. Tapi kalau berhasil sampai, wuoo banyak hal seru dunia hewan yang bisa dipelajari...

    ReplyDelete
  54. waaah, seru banget liburan ke taman safari, pengen ajak anak-anak ke sana belum kesampaian aja, padahal si sulung seneng banget lihat binatang-binatang

    ReplyDelete
  55. aku dari dulu kepengen ke taman safari itu lho mbak, foto dengan harimau seperti orang-orang. seru-seru dag dig duer pasti

    ReplyDelete
  56. Waah ... anak-anak pasti senang sekali berlibur ke Taman Safari, ya... Tempat liburan yang penuh edukatif. Liburan sambil belajar tentang margasatwa.

    ReplyDelete
  57. Iya niih auku pengen ke taman safari. Dah lama banget dari single sampe udah anak dua haha..

    ReplyDelete
  58. Jadi rindu taman safari, sudah lama ga pernah kesana lagi wkwkwk terakhir kesana di tahun 2008 kalo ga salah. Ga nyangka udh 10thn yg lalu huhu

    ReplyDelete
  59. Aku juga pengen nih ngenalin anak ke binatang. Rencana pengen ke sea world dulu tunggu dia 2 tahun biar bener2 paham... btw, kl sakit aku jarang sekali kasih paracetamol ehehe

    ReplyDelete
  60. Aku udah lama dong, nggak main ke taman safari, hihi
    Nggak kuat sama macetnyaaaa 😒😒

    Eh tapi sekarang Hana sudah sehat kan mbak?

    ReplyDelete
  61. waaah udah lama banget gak ke sana, jadi kangen. semakin keren ya heheheh kangen liat hewan2 berkeliaran hehhe

    ReplyDelete
  62. Aahh jadi semakin pengen bawa anak kesana.....

    ReplyDelete