article,

Ramadan Day 5 : Rekomedasi Buku Resep Nasi Goreng

Friday, May 10, 2019 lendyagasshi 51 Comments

Bismillah,

Siapa yang suka makan nasi goreng (fried rice)?
Ternyata nasi goreng ini bukan makanan asli Indoenesia loo... Nasi goreng adalah makanan purbakala yang sudah ada sejak 4000 tahun sebelum Masehi dan berasal dari Negerinya Kungfu Panda, China.

Dari sini, aku baru tahu juga...kalau ternyata negara China sekarang diganti menjadi Republik Rakyat Tiongkok, bukan Republik Rakyat China lagi, gaes...

Karena apa?
Karena penyebutan kata China, itu seperti "menghina" atau rasis. Maka orang-orang China lebih senang di panggil dengan sebutan orang Tiongkok.

Unik kaan...

Kok jadi bahas China yang sama dengan Tiongkok siih...?
Wkkwk...oke beklah...

Kalau gitu, orang Tiongkok kenapa masak nasi goreng?
Karena selain mereka kurang suka dengan nasi putih, mereka juga gak ingin makanan mereka terbuang percuma, sehingga diberi bumbu dasar, seperti bawang putih dan bawang merah lalu diberi campuran sayur, daging bahkan buah-buahan loo...untuk membuatnya lebih segar dan berasa nikmat.

Terbukti.
Setelah diberi bumbu-bumbu rempah yang banyak, nasi goreng digemari ummat manusia di belahan dunia manapun.

Resep Nasi Goreng

Untuk memasak nasi goreng sendiri, tentu tidaklah susah, asal ada kemauan.
Wkkwk...

Dan dari si aku yang hobi banget ngumpulin resep, alih-alih do action, tulisan kali ini, aku mau rekomendasiin Buku Resep Cara Memasak Nasi Goreng yang endeuus.

Ternyata,
Nasi goreng ini ada banyak macamnya. Di Indonesia aja, ada nasi goreng Aceh, nasi goreng gila, nasi goreng Jawa, nasi goreng mawut, nasi goreng Padang, nasi goreng Palembang, nasi goreng kambing, nasi goreng kagili (Papua), dan masiih banyak lagi.

Ini baru di Indonesia aja loo...
Di Jepang, ada omurice (omelet rice), di Korea, namanya Kimchi bokkeumbap, dan di Paris diberi nama pilaf.

Nah yaa...kan....
Oke, biar gak bosan, langsung aja yuuk...kita buka buku resep Cara Memasak Aneka Macam Nasi Goreng yang kesemua buku ini bisa di pinjam melalui aplikasi iPusnas.

iPusnas
Aplikasi baca buku paling asik, karena koleksinya banyak dan lengkap

27 Resep Hidangan Nasi Khas Indonesia




Penulis : Suryatini N. Ganie
Jumlah Halaman : 106 halaman bergambar
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : Indonesia, 2009
Rating : ⭐⭐⭐⭐⭐/5


Buatku, buku ini kerennya kebangetan.
Karena masakannya gak hanya nasi goreng, namun aneka olahan nasi, nasi tumpeng bahkan hingga ke menu pendamping, seperti hidangan ayam, daging, telur dan ikan.

Visual bukunya pun cantik.
Dan yang kecenya lagi, buku ini bilingual, alias dua bahasa. Inggris dan Indonesia.

Penasaran sama resep nasi goreng Paris, Pilaf yang aku sebut di atas, di buku ini ada resepnya.




Nasi Goreng Komplit Nusantara



Penulis : Great! Kitchen
Jumlah Halaman : 69 halaman hitam putih
Penerbit : Great! Publisher
Tahun terbit : 2012
Rating : ⭐⭐⭐/5


Buku masakan yang hanya menyajikan bahan dan cara membuat, tanpa ada visual yang membantu pembaca untuk mengkreasikan masakannya. Meskipun, font yang disajikan sangat nyaman sekali untuk dibaca.

Kira-kira di buku ini mengandung 45 resep memasak aneka masakan Nasi Goreng khas Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke.

Namun,
yang aku suka...di akhir buku ini dituliskan Tips Membuat Nasi Goreng Spesial :

1. Gunakan nasi dingin, karena nasi panas akan membuat nasi goreng lembek

2. Kelezatan nasi goreng ditentukan oleh tahapan dalam memasak, yaitu :
* Minyak harus benar-benar panas, lalu kecilkan api saat memasak bumbu
* Dahulukan menumis bawang merah dan putih dahulu, lalu bahan pelengkap nasi goreng yang lain dan tambahkan garam. Sebaiknya, membuat telur di wajan yang terpisah, karena rasa telur akan menghilangkan rasa bumbu yang baru di tumis.

3. Karena nasi goreng hadir dengan warnanya masing-masing, maka gunakan pewarna dari bahan alami.
Misal : nasi goreng hitam, maka gunakan tinta cumi atau warna merah, gunakan tomat.




Nasi Goreng Favorit Ny. Liem



Penulis : Chendawati
Jumlah Halaman : 72 halaman bergambar
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : Jakarta, 2011
Rating : ⭐⭐⭐⭐/5


Siapa yang gak kenal Ny. Liem?
Ny. Liem adalah seorang guru memasak dari Kota Bandung. Dan resep masakannya ini dirangkum oleh siswanya yang sukses mendirikan usaha kuliner berkat kursus di sekolah memasak Ny. Liem.

Yang paling terkenal dari Ny. Liem adalah gepuknya.
Baru pertama kali mencoba, dijamin ketagihan.

Ingin berkunjung ke Toko Ny. Liem ada di Jalan Naripan No.80, Bandung.


Di buku ini, dijelaskan satu per-satu bahan dan cara membuat serta visual dari masakan. Yang unik adalah bahan pelengkap dari Nasi Goreng ini. Ada yang buah-buahan seperti belimbing, nanas, bahkan strawberry.

Sudah pernah mencoba?
Tengok resep Nasi Goreng Ny. Liem di buku ini.

Nasi Goreng Ny. Liem


Keren ya...
Jaman sekarang mau menyajikan menu istimewa untuk keluarga, tidaklah susah.
Karena buku, tabloid hingga majalah bisa diakses secara online.

Pas jaman aku baru nikah, dimana internet belum warbyasak kaya sekarang, aku mesti jalan dulu ke tukang koran, lalu beli tabloid atau buku masak. Nanti kalau suka, diguntingin satu-satu, ditempel di kulkas.

Atau kalau gak mau rusak, resepnya di tulis lagi di kertas.

Aah~
Super ribet deeh...


Wkkwk...
Kok aku jadi curhat yaa...๐Ÿ˜†

Alhamdulillah,
Mau masak nasi goreng hari ini, tapi dengan resep yang berbeda?
Cusss~
Pinjem bukunya dulu di iPusnas.


Happy Fasting Day, ์นœ๊ตฌ...



Salam hangat,


You Might Also Like

51 comments:

  1. Wah, ternyata di ipusnas resepnya lengkap ❤️

    ReplyDelete
  2. wah nasi goreng buah kok unik ya btw ipusnas itu dimana teh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ipusnas itu aplikasi, Kak Rizka...buat baca e-book.

      Delete
  3. Sebagian buju resepnya aku punya tapi udah pada hilang karena sering pindahan waktu ngontrak sekarang bisa baca lagi dengan cukup pakai ipusnas. Love banget d3h soalnya memang doyan juga nasgor

    ReplyDelete
  4. aku jadi salfok sama bahasannya China teh baru tau juga sekarang jadi RRTiongkok dong yah :p

    cuss lash ke ipusnas aku pengen juga baca-baca

    ReplyDelete
  5. Uwaaaw... jadi pengen ke perpus sama ke pasar inih, hihi. Lagian emang lebih nyaman sama masakan Indonesia terutama nasgor siy, sekalian melestarikan :)

    ReplyDelete
  6. Salam kunjungan dan follow sini ya :)

    ReplyDelete
  7. Wah, ternyata nasi goreng pun bisa macem2 resepnya yah. Aku sih resepnya cuma tergantung isi kulkas aja, apa pun yang ada di kulkas cemplungin aja ke nasi gorengnya. Tapi paling sih isinya cuma telor doang hahaha.

    ReplyDelete
  8. Memang bener sih, buat nasi goreng itu mudah, asal ada kemauan aja ya :))
    eh, harus ada bahannya juga, ding! Kalau gak ada bahannya mau masak apa, coba? Hahaha!

    ReplyDelete
  9. Aku baru tahu ada aplikasi Ipusnas ituuu, ternyata ada perpustakaan nasional digitaaaall, wow aku ke mana aja selama iniiii.

    ReplyDelete
  10. Yang jadi pertanyaan bagi saya, kenapa ada nama nasi goreng gila?
    Padahal nasi itu hanya bikin orang keringatan, mulut haho haho... Bibirpun terasa pedas. Tapi kenapa gak di namakan nasi pedas saja.
    Heheheehe

    ReplyDelete
  11. Nasi goreng tuh sama kayak bakso. Gak ada matinya! Gak bosan mencicipi beraneka macam nasi goreng :)

    ReplyDelete
  12. wah klo mentok mau masak apa, bisa cari ide di buku resep di ipusnas ya,mantap banget koleksi ipusnas emang yaaa

    ReplyDelete
  13. Nasi goreng emang nggak ada matinya. Variannya banyak dan entah kenapa memang masih terbuka banget buat dieksplorasi ya. Jadi pengin baca buku resepnya deh.

    ReplyDelete
  14. Wahaahaa.. ini apps asik nih buat yang gak bisa masak, bisa coba-coba resep simpel di sana. Kalau aku sih jarang masak nasi goreng, sukanya beli jadi aja hehehe

    ReplyDelete
  15. Wah, ada ya buku resep yang khusus nasi goreng aja. Aku kudu punya nih. Secara, aku kalo bikin nasi goreng resepnya itu-itu aja. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haduh, jadi kepengen makan nasi goeng deh ini. Tapinya kalo Ramadan gini, orang-orang rumah kurang suka :(

      Delete
  16. suamiku kan penggemar nasi goreng, kalau aku punya nih buku di rumah mungkin kami baklaan msak nasi goreng tiap hari kali ya haha

    ReplyDelete
  17. aku suka sekali sama nasgor, kayanya kalau ditambahkan buah lebih enak dan lebih sehat ya

    ReplyDelete
  18. Nasgor seafood itu paling yummy kita beli di Chinesse resto, gak bakal nyesel dweh! Kl lg darurat, wKtu sempit di rmh gak ada apapa, gak keabusan akal koq, bikin aja nasgor pake terasi udang, makannya plus krupuk. Kl dibikin pedes jadilah nasgorterasi gila! Hahaha

    ReplyDelete
  19. Jd kepikiran besok sahur nasi gorneg krn masih ada nasi sisa hahaha :D
    Emang Indonesia tu terkenal nasgornya, tanya bule2 deh, meski sebenarnya masih banyak nasi2 lain yaaa

    ReplyDelete
  20. Dua dari buku-buku yang disebutkan tadi aku lihat di Gramedia Digital juga. Lagi nyari resep nasi goreng yang agak beda.

    ReplyDelete
  21. Naaah...ini salah satu masakan kesukaanku. Kalau ke suatu resto yg blm tahu menu andalannya apa..paling aman utkku order nadi goreng saja. Kali enak..dijamin aku balik lagi kapan2 haha... Dukuh..lapeeer...

    ReplyDelete
  22. Aku penasaran dengN resep Ny. Liem. Soalnya beliau terkenal gitu kan

    ReplyDelete
  23. Penasaran sama bukunya... ternyata nasi goreng juga banyak kreasinya. Kebetulan sekeluarga cinta banget sama nasi goreng hehehe

    ReplyDelete
  24. Kalau aku buat nasi goreng tergantung isi kulkas. Yang penting duo bawang harus selalu siap sedia.
    Btw buku resepnya bisa jadi alternative nasi goreng selanjutnya

    ReplyDelete
  25. Di rumah saya, justru yang pintar membuat nasi goreng itu, suami saya loh! Nasi goreng buatannya ditunggu dan disukai anak-anaknya.

    ReplyDelete
  26. Masak nasi goreng andalanku banget kalau lagi nggak ide masak, dan anak-anak hobi sarapan nasi goreng

    ReplyDelete
  27. Wah kalo ada resep nasi tumpeng ini aku jadi pengen banget nyoba beli. Soalnya selama ini sering banget failed kalo bikin sendiri. Sementara ngikuti resep dengN baik dan benR ya

    ReplyDelete
  28. Masak nasi goreng di bulan ramadhan tuh asyik. Tidak memerlukan bahan yg banyak simpel dan gampang buatnya lagi. Tetapi kalo mau makin enak sih kayanya harus coba coba experiment resep dri buku masak ya mba

    ReplyDelete
  29. Nasi goreng jadi menu yang paling mudah banget disiapin. Bisa dimakan kapan saja pula dan yang paling penting, nasi goreng diterima hampir semua lidah Indonesia. Aman banget lah

    ReplyDelete
  30. Waa nasi goreng yang sederhana aja ternyata tersedia dalam banyak menu ya cara memasaknya :)

    Oh kalo pinjam buku di Ipusnas aku udah pernah coba, cuma emang mesti komit saat pinjem dan menyelesaikannya dengan batas waktu yang telah ditentukan, kalo enggak bakal balik ke raknya lagi secara otomatis :"D

    ReplyDelete
  31. Makanan favorit anak-anak adalah nasi goreng dan di sini ada resep nasi goreng buah. Beneran kaget tadi, rasanya seperti apa ya. Ntar bisa dieksekusi di rumah semoga berhasil hehe

    ReplyDelete
  32. Wah aku masih punya tuh buku yang isinya guntingan resep dari majalah2 jaman dulu. Sekarang mah tinggal buka gadget aja :) Nasi goreng memang paling disukai deh baik bikin sendiri atau beli semuanya punya cita rasa tersendiri

    ReplyDelete
  33. Meski masak nasi goreng mudah tapi menciptakan cita rasa yang nikmat itu sudah lho mbak hehehe.... tergantung selera sih ya....tapi buku panduan membuat nasi goreng ini perlu dimiliki sebagai acuan untuk memasak nasi goreng di rumah...

    ReplyDelete
  34. Aku kalo bikin nasi goreng udah ga buka buku resep lagi hahahaha. Langsung cemplung semua #eaaa

    ReplyDelete
  35. Nasi goreng juga jadi andalanku mbak, sarapan dan sahur. Asyik banget ya kalau bisa bikin nasi goreng beraneka ragam. Biar anak anak jadi semangat puasanya

    ReplyDelete
  36. Mantaps nih bs bervariasi jdnya kalau bikin nasi goreng.

    ReplyDelete
  37. Wah asyik nih di ipusnas juga bisa pinjam buku2 resep makanan ya termasuk buku resep nasi gorenh ini. Baru tahu saya. Jadi pengen pinjem juga deh...

    ReplyDelete
  38. Nasgor tuh makanan yang paling sering kami bikin di rumah soalnya daripada nasinya sisa hehe :D

    ReplyDelete
  39. Saya juga suka banget sama nasi goreng, Mba. cara masaknya gak ribet trus rasanya juga pasti enak (walau yang masak adalah orang yang gak punya skill masak kayak saya, hehehe)

    ReplyDelete
  40. banyak ya resepnya. jadi inget suatu hari pernah mampir ke resto terus aku ga bisa bedain nasi goreng kampung sama nasi goren biasa. akhirnya beli dua duanya dan enak juga meskipun yg satu pake kecap dan satunya ngga hihihi

    bangga banget jadi orang indonesia yang kulinernya beragam ya mba

    ReplyDelete
  41. Mantep Mba Lend
    sumber referensinya bikin nasi goreng bejibun
    bisa bikin beberapa nasi goreng, pindah -pindah rasa ini hahaha

    ReplyDelete
  42. Tipsnya noted Mak, aq suka gorwng telur di wajan yg sama. Ternyata itu bisa ngilangin rasa bumbu ya Mak. Tq Mak

    ReplyDelete
  43. You will never get bored with fried rice. My kids love them and my husband as well so we always have that at home

    ReplyDelete
  44. Ya ampuuuuun satu menu nasi goreng aja bisa dibuat berbagai variasi sampai jadi buku ya. Kemana aja saya, yang bikin nasi goreng paling banter 4 macem, itu pun rasanya ya gitu gitu aja #tutupwajahpakewajan

    ReplyDelete
  45. Masak nasi goreng mah favoritku, Teh. Praktis dan bisa banyak banget rasanya. Mesti nih nyoba baca bukunya biar makin banyak resep nasi goreng buat orang rumah.

    ReplyDelete
  46. Wah mantaps nih aku kadang skrg liat di youtube aja klo masak sesuatu yg aku ga ns..kalau bukunresep ns jd inspirasi masak apa hr ini ya hahaha..

    ReplyDelete
  47. waw nasi goreng aja banyak kreasinya yah mbak..hehehe aku mah paling masak nasi goreng dari sisa lauk semalem aja :p

    ReplyDelete
  48. Oh Nasi goreng dr Tiongkok ya, nasgor di chinese food emg enaaak si, tp aaku lbh suka nasgor jawa gtu. Kaya kecap dan bawang merah. Endeus.

    ReplyDelete
  49. nasi goreng emang maskaan nusantara legend ya
    yang gak tergantikan
    dan sesuai sama semua selera lidah indonesia hahahay
    fav aku nasgor yg cuma pakai garam dan bawang merah loh

    ReplyDelete