Wujudkan Gaya Hidup Halal di Era Milenial

Bismillah,

Indonesia Islamic Economy Festival

Menggelitik sekali ya...judulnya, karena selama ini kita tinggal di negara yang mayoritas Muslim, namun nyatanya belum menjadi kiblat Gaya Hidup Halal dari seluruh dunia yang penduduknya Muslimnya bisa jadi adalah penduduk minoritas.

Pada tahu donk...kalau Indonesia memiliki jumlah penduduk Muslim mencapai 87,18 persen dari populasi 232,5 juta jiwa. Itu artinya, konsumsi makanan, fashion, kosmetik hingga wisata dan seluruh gaya hidup penduduk di Indonesia membutuhkan jaminan kehalalan.


Apa yang dimaksud dengan Gaya Hidup Halal?

Gaya hidup yang semua berlandaskan standarisasi halal dan di dukung penuh oleh Pemerintah Indonesia sebagai penjaminnya.

Misal :
Ingin menggunakan kosmetik dengan brand tertentu, carilah yang sudah di sertifikasi Halal oleh MUI dan uji jaminan kualitas keamanan bahan oleh BPOM.

Tidak sulit kan...berhijrah ke Gaya Hidup Halal?



Maka pada tanggal 2-4 Agustus 2016 lalu Kementerian PPN/Bappenas pada World Islamic Economic Forum (WIEF) di Jakarta meluncurkan Masterplan Ekonomi Keuangan Syariah (MAKSI) yang pertama. Desain pengembangan ekonomi dan keuangan syariah selanjutnya, di inisiasi oleh Bank Indonesia dan dibakukan pada 6 Juni 2017. 

Bentuknya berupa cetak biru (blue print) ekonomi dan keuangan syariah Indonesia.


Gaya Hidup Halal

Selanjutnya, dilakukan Rapat Pleno Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) tanggal 5 Februari 2018, dan Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir. H. Joko Widodo mengarahkan pemangku kepentingan KNKS untuk menyusun Masterplan Ekonomi Syariah yang fokus pada pengembangan sektor riil ekonomi syariah atau yang dikenal dengan Industri Halal.


Apa itu Komite Nasional Keuangan Syariah?


Melalui Peraturan Presiden Nomor 91 Tahun 2016 di bentuklah Komite Nasional Keuangan Syariah. Komite yang dipimpin langsung oleh Presiden RI dan Wakil Presiden RI memiliki 10 Dewan Pengarah yang terdiri atas Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Keuangan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Kementerian Agama, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Lembaga Penjamin Simpanan dan Majelis Ulama Indonesia.


Bagaimana Masterplan Ekonomi Syariah Di Indonesia?


Masterplan ini di wujudkan dalam jangka waktu 2019-2024 dengan 4 strategi utama untuk mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia untuk mewujudkan perekonomian pusat syariah di dunia, yaitu :

    Penguatan Rantai Nilai Halal    
(Halal Value Chain/ HVC) 

dengan fokus pada sektor atau klaster yang dinilai potensial dan berdaya saing tinggi.
Seperti sektor :
Makanan dan Minuman Halal
Pariwisata Halal
Fashion Muslim
Media dan Rekreasi Halal
Farmasi dan Kosmetik Halal
Energi Terbarukan


    Penguatan Sektor Keuangan Syariah    

KNKS mempunyai tugas mempercepat, memperluas, dan memajukan pengembangan keuangan syariah dalam rangka mendukung pembangunan ekonomi Nasional. Peran KNKS adalah menyamakan persepsi dan mewujudkan sinergi antara regulator, pemerintah, dan industri terkait ekonomi dan keuangan syariah guna menciptakan sistem ekonomi syariah yang selaras dan progresif untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Pencanangan Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia pada Mei 2019 memiliki visi untuk menjadikan Indonesia sebagai pemain utama pasar global ekonomi syariah dunia di 2024.



    Penguatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)    

sebagai penggerak utama rantai nilai halal.


   Pemanfaatan dan Penguatan Platform Ekonomi Digital    

Dalam hal perdagangan (e-commerce, marketplace) dan keuangan (teknologi finansial) yang diharapkan bisa mendorong dan mengakselerasi pencapaian strategi lainnya. Pengembangan Marketplace Halal dan Produk Keuangan Syariah melalui platform digital marketplace yang ditandatangani dua Unicorn terbesar di Indonesia, yaitu Bukalapak dan Tokopedia.

Sedangkan untuk keuangan KNKS mengumumkan memulai kerjasama antara Bank Syariah milik BUMN (BSM, BNI Syariah, BRI Syariah, serta BTN-UU Syariah) dengan PT Fintek Karya Nusantara pemilik produk aplikasi pembayaran LinkAja.


Ke depan di harapkan LinkAja Syariah menjadi sistem pembayaran digital yang mampu mendukung ekosistem digital ekonomi syariah yang terhubung dengan sistem perdagangan e-commerce, produk keuangan syariah, pariwisata halal serta juga melayani transaksi dana sosial keagamaan, seperti infak, zakat dan wakaf dengan masjid-masjid dan lembaga zakat di seluruh Indonesia. Masyarakat Indonesia memiliki penduduk muslim terbesar di dunia, seiring dengan berkembangnya teknologi dan pola bisnis yang demikian cepat membutuhkan sistem pembayaran digital syariah yang mampu melayani kebutuhan tersebut. Bersama-sama kita akan mewujudkan hal itu.❞ ungkap Pak Afdhal Aliasar, Direktur Pengembangan Ekonomi Syariah dan Indistri Halal.



Maka, untuk mengenalkan hal ini kepada masyarakat luas, Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) mengadakan pre-launching event yang bernama Indonesia Islamic Economy Festival (IIEFest).

Gaya Hidup Halal



Acara Indonesia Islamic Economy Festival bertujuan untuk memperkenalkan industri halal di Indonesia kepada masyarakat, sekaligus sebagai bentuk upaya dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjalankan gaya hidup halal. Acara ini telah diadakan di Trans Grand Ballroom, Bandung pada tanggal 26 April 2019 lalu dan meninggalkan banyak kenangan, seperti acara : 
Talkshow Industri Digital Halal, 
Talkshow Pariwisata Halal,
Talkshow Islamic Edutainment, 
Talkshow Muslim Modest Fashion dan 
Expo Industri Halal 

yang kesemuanya itu turut di semarakkan oleh pelaku industri, regulator, start-up milenial, UKM dan masyarakat umum.


Untuk yang pingin tahu lebih banyak mengenai IIEFest, bisa nonton video berikut :


Atau kunjungi sosial medianya :

  Web KNKS:  

http://knks.go.id/



  Instagram:  

@KNKS.ID



   Twitter:   

@KNKS_ID



   Facebook:   
Komite Nasional Keuangan Syariah


   Youtube:   
Komite Nasional Keuangan Syariah



Dan dalam acara ini juga dilakukan launching buku Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia.






Bismillah,⁣ ⁣ Indonesia dengan penduduk Muslim terbesar di dunia sudah selayaknya menjadi kiblat Gaya Hidup Halal.⁣ ⁣ Bagaimana cara mewujudkannya?⁣ Langkah apa yang dilakukan Pemerintah untuk mendukung program ini?⁣ ⁣ ⁣ Melalui Kementerian Bappenas, maka dibentuklah Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) yang memiliki masterplan untuk 5 tahun ke depan di antaranya :⁣ ⁣ 🌱 Penguatan rantai nilai halal⁣ 🌱 Penguatan di sektor keuangan syariah⁣ 🌱 Penguatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)⁣ 🌱 Pemanfaatan dan penguatan platform ekonomi digital⁣ ⁣ ⁣ Dalam hal ini diadakanlah perhelatan Indonesia Islamic Economy Festival pada 26 April 2019 lalu di Bandung.⁣ Yang acaranya kurang lebih mengenalkan berbagai sektor Gaya Hidup Halal dengan melibatkan berbagai pihak seperti pelaku industri, regulator, start-up, UKM dan masyarakat.⁣ ⁣ ⁣ Yuuk..⁣ Sukseskan Program Pemerintah IIEFest @knks.id ini...⁣ agar terwujud Ekonomi Syariah Indonesia yang kuat di mata dunia.⁣ ⁣ Buka juga web :⁣ https://knks.go.id/⁣ ⁣ ⁣ ⁣ #IIEFEST⁣ #HalalLifestyle⁣ #EraMilenial⁣ #HalalMillennial⁣ #KNKS⁣ #KeuanganSyariah⁣ #EkonomiSyariah⁣ #IndustriHalal
A post shared by lendy_mut (@lendymut) on

Melalui acara ini, saya jadi paham betul mengapa Gaya Hidup Halal di Era Milenial ini harus dilakukan. Tak lain dan tak bukan adalah selain sebagai tuntutan jaman (karena jaman milenial, segala kebutuhan dalam genggaman dan serba cepat, juga sekaligus program cashless dari Pemerintah), maka solusi Gaya Hidup Halal ini adalah jawabannya.

Halal dalam menabung, membelanjakan uang hingga melakukan transaksi keuangan. Maka Paytren hadir untuk turut bekerjasama dalam mewujudkan Gaya Hidup Halal dalam melakukan kesemua transaksi sahabat-sahabat muslim. Tidak perlu khawatir, karena meskipun online, tetap ada akad (nota kesepakatan) antara pihak Paytren dan kita, sebagai pengguna. Dan akad ini menggunakan akad wakalah, dimana setiap jumlah uang yang ada di apps Paytren, tidak akan berkurang atau bertambah sepeser pun.

Jadi,
sahabat lendyagasshi termasuk generasi milenial?

Wajib mendukung suksesnya  Indonesia Islamic Economy Festival (IIEFest) yaa...dan semoga Indonesia menjadi pusat utama pasar global ekonomi syariah dunia di tahun 2024.


Salam hangat,


97 comments

  1. seneng ya kalau Indonesia jadi kiblat halal dunia, dan memang smua aspek kehidupan kita, mau ga mau harus dijaga kehalalannya, apalagi kita muslim mayoritas di Indonesia

    ReplyDelete
  2. Saya pikir sosialisasi gaya hidup halal ini harus dibarengi dengan penanaman ahlak dan etika budi baik terhadap SDM di tanah air. Jangan sampai mencari pakaian atau makanan berlabel halal, tapi uangnya didapat dari hasil KKN, gaji buta, hasil sikut sana sikut sini. Dan sejenisnya. Halal harus merata dalam setiap aspek. Wallahu alam

    ReplyDelete
  3. Sosialisasi ttg ini penting banget ya .agar masy makin faham dan menerapkannya dg baik.. Bersyukur lingk kita sebenarnya sangat mendukung ya..

    ReplyDelete
  4. Rantai perekonomiannya nantinya difokuskan ke UMKM ya. Bener tuh, karena kan jadinya membantu pemerataan ekonomi.

    ReplyDelete
  5. Mestinya sih ga susah ya bergaya hidup halal. Karena Allah kalau perintahkan kita pasti sesuai dgn kemampuan kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa lagi kalau sudah didukung sama pemerintah begini, insyaallah jadi makin mudah ya.

      Delete
  6. Saya merasa, implementasi untuk menjadikan segala macam itu berdasarkan prinsip halal itu rada sulit karena nyatanya pendanaannya masih kurang. Contoh kecil, vendor-vendor kalau mau bikin usaha itu pasti harus pinjam dana ke bank, padahal untuk meminjamnya saja dikenakan bunga dan ini sudah tidak halal (katanya kan begitu). Bank-bank syariah sudah banyak menjamur, tapi untuk meminjamkan uang pada vendor baru masih perlu jaminan ini itu, yang sulit dipenuhi oleh vendor-vendor yang kurang bermodal.

    Sebetulnya mental gaya hidup halal ini bagus banget, tapi pada prakteknya, masih terus bergantung pada sistem perekonomian nasional yang mau tidak mau masih mengandung riba.

    ReplyDelete
  7. Bagus jg ya, program2nya. Moga sukses dan barokah semuanya, deh.

    ReplyDelete
  8. IIEFest ini berguna banget agar masyarakat juga memiliki literasi yang baik mengenai keuangan berbasis syariah ya, mbak. Rasanya orang-orang masih terlalu awam dalam hal-hal yang berbau halal begini, apalagi dalam bidang keuangan.

    ReplyDelete
  9. IIEFest ini bermanfaat sekali, masyarakat jadi lebih paham mengenai keuangan berbasis syariah ya, teh semoga pada prakteknya benar-benar bisa membantu perekonomian masyarakat ya teh :)

    ReplyDelete
  10. Paytren itu ngehits banget ya, dimana2 ada. Tapi aku belum pernah coba pakai sih, padahal penasaran. Alhamdulillah, di Indonesia sekarang mudah bgt ya buat menerapkan hidup halal dari segi perekonomian.

    ReplyDelete
  11. Semoga terwujud gaya hidup halal di segala sendi kehidupan di negeri ini. Apalagi udah didukung dnegan IIEFest yang isinya juga ada talkshow berbagai materi yang menarik

    ReplyDelete
  12. hits banget emang paytren ini, temen2 ku pada gunain. Dan pastinya sangat bermanfaat yah ka

    ReplyDelete
  13. Seneng deh, sekarang ini banyak program yang mensosialisasikan gaya hidup halal. Bikin kita semakin aware dan kenal dengan gaya hidup halal seperti apa. Dulu cuma tahu halal itu makanan. Sekarang ternyata semua sisi kehidupan itu ada cara halalnya. Semoga jadi banyak masyarakat yang kemudian mengaplikasikannya.

    ReplyDelete
  14. seneng banget ya sekarang gaya hidup halal udah semakin disebarluaskan, semoga segera bisa dipraktekan oleh banyak orang ya

    ReplyDelete
  15. Market place halal menarik sekali ya kak. Jadi nggak was-was lagi jika terverifikasi halal kayak gini. Semoga acara ini jg bakal diadain di palembang. Thankyou infonya

    ReplyDelete
  16. Suka banget nih bahasannya, sangat seger buat di baca dan aku jd tau juga nih tentang market place halal itu kaya gmn.

    ReplyDelete
  17. selain di Bandung kira-kira IIFEST bakalan digelar dimana lagi mba? Rangkaian acaranya menarik banget, apalagi hal-hal yang berkaitan dengan Halal itu menarik untuk diikuti sebab biasanya membawa informasi baru.

    ReplyDelete
  18. Bismillah ya teh, InshaAllah dapat terwujud, butuh dukungan dan sinergi berbagai pihak nih untuk mewujudkannya.. sebagai negara mayoritas muslim aku yakin Indonesia bisa dan mampu wujudkan halal lifestyle

    ReplyDelete
  19. Semoga memang bisa membantu perekenomian rakyat ke depannya dan semoga bisa menyeluruh programnya yayy

    ReplyDelete
  20. Tren Gaya Hidup Halal sebenarnya sangat baik lho buat masyarakat, karena pilihannya itu baik untuk kesehatan juga. anyway, mba stay di Bandung ya?

    ReplyDelete
  21. MasyaAllah Tabarakallah, Semoga kita semua semakin istiqomah untuk menjalankan gaya hidup halal ya

    ReplyDelete
  22. Gaya hidup halal memang kliatannya masih kurang begitu populer. Bahkan kadang ada yang anggap, gaya hidup aja pakai halal . Padahal ini menurutku penting banget. Dan aku dukung deh

    ReplyDelete
  23. IIEF akan sangat membantu masyarakat untuk mengenalkan produk dan perekonomian halal. Sayang saya tak hadir di acaranya. Andan akan ada lagi.
    Perlu dukungan dari pemerintah agar para pelaku bisnis yang bertujuan untuk mengembangkan konsep halal bisa lebih dikenal masyarakat.
    Semoga perekonomian yang baik secara halal bisa membantu rakyat Indonesia agar beroleh kehidupan yang lebih baik dan sejahtera.

    ReplyDelete
  24. Sumbar, aceh, lombok, banten juga tuh mba destinasi wisata halal hehehe.. btw aku setuju smeua sudah di halal kan termasuk obat obat an dan juga kosmetik

    ReplyDelete
  25. Kehidupan dengn penuh halal dalam sisi kehidupan memberikan keberkahan ya kak..

    ReplyDelete
  26. Dulu ikut festival KNKS dan yg dibahas tentang wakaf dan UMKM sekarang merambah ke dunia digital ta, semoga semakin berkembang dan mengedukasi lara UMKM

    ReplyDelete
  27. gaya hidup halal ini sbnnrnya konsepnya bagus tapi untuk mengimplementasikannya secara keseluruhan aku rasa agak sulit karena akan mengubah semua tatanan. yaaa tapi semoga ke depannya bisa dilakukan secara optimal yah hihi

    ReplyDelete
  28. Program KNKS keren2 buangeeett! Jadi makin semangat untuk menerapkan Halal Lifestyle! Bravo KNKS!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  29. Ini yang dibilang Mbah Amin kemarin bukan ya Mba? Aku pun menyambut baik kehadiran dan eksistensi KNKS ini. Semoga memberi manfaat yg besar ya :)

    ReplyDelete
  30. Gaya Hidup Halal, penting banget ini ya mengingat muslim menjadi penduduk mayoritas di negara kita. Sudah tentu kebutuhannya semakin hari semakin banyak dan harus disegerakan. Halal memang luas cakupannya, mulai dari makanan, minuman, obat-obatan termasuk transaksi keuangan. Jadi, ada alternatif dong ya buat sahabat-sahabat muslim?

    ReplyDelete
  31. wah aku baru tahu ada acara ini, sepertinya menarik banget ya kak. Penting juga sih memiliki gaya yang halal dalam dunia saat ini..

    ReplyDelete
  32. Gaya hidup halal, emang penting banget buat muslim. Kalau semua sektor kehidupan terjamin kehalalannya, maka makin tenang menjalani kehidupan

    ReplyDelete
  33. Bahagianya kalau semua produk yang digunakan sudha berlalbel hahal, aman dunia akherat mah namanya

    ReplyDelete
  34. Alhamdulilah perlahan tapi pasti tatanan Indonesia sudah mengarah ke syariah semua ya. Bismillah

    ReplyDelete
  35. Memang sudah saatnya kita semakin genjar untuk memperkenalkan system syariah di Indonesia, terutama untuk anak muda nih yang sudah banyak terpengaruh paradigma pihak "sana", bahwa "syariah itu hanya menguntungkan segelintir orang saja". Semoga dengan momentum ini seluruh lapisan masyarakat sadar bahwa semua produk syariah, untuk kebaikan semua kalangan.

    ReplyDelete
  36. Aamiin semoga makin mantap ya untuk mengembangkan HALAL LIFESTYLE di era millenial ya teh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku dukung nih untuk HALAL LIFESTYLE di Indonesia jadi ga cuman makanan minuman ya teh yang halal tapi ke area lainnya

      Delete
  37. Sayah ibuk milenial kayaknya deh hahahaha..gak mau kalah aja ya. Aku dukung banget nih pola hidup atau gaya hidup halal..

    ReplyDelete
  38. Setuju banget nih kalau diterapkan gaya hidup halal. Jadi tenang dan aman kita makainya, ga ragu² lagi

    ReplyDelete
  39. Walaupun sejujurnya kita belum terbebas total dari riba sebenernya tapi dengan ekonomi syariah diharapkan kita semakin membersihkan diri dari bunga yang tak usah ada ya

    Masyarakat Indonesia memiliki penduduk muslim terbesar di dunia, dan tentu saja butuh sistem pembayaran digital syariah

    ReplyDelete
  40. Seneng banget ya rasanya kalau anak milenialpun bisa peduli sama keuangan syariah seperti ini.. Yang bisa bermanfaat untuk kita kedepan..

    ReplyDelete
  41. sebagai negara muslim terbesar di dunia sudah semestinya kalau 'halal" menjadi gaya hidup yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari... dan semoga semakin banyak yang sadar dan menerapkannya..

    ReplyDelete
  42. Semoga KKNS ini didukung berbagai pihak baik pemerintah maupun lembaga lain yang berkaitan ya mbak agar suasana halal di Indonesia semakin nyata khususnya untuk pariwisata.

    ReplyDelete
  43. Ada yang bilang kalau mau meningkat sesuatu harus dijadikan gaya hidup dulu. Semoga dengan semakin digaungkan gaya hidup halal, kepedulian masyarakat terhadap produk halal semakin meningkat

    ReplyDelete
  44. Kalau dari umur, udah lewat aku sih, gak termasuk generasi milenial. Tapi tetap mendukung lifestyle halal koq. Semua yang menuju kebaikan, insya allah berkah

    ReplyDelete
  45. Semoga trend halal lifestyle semakin menyebar luas ya teh..��

    ReplyDelete
  46. Senang karena trend halal lifestyle jadi sorotan sekarang apalagi wisata halal.
    Kemana mana jadi lebih aman dan nyaman.

    ReplyDelete
  47. Suamiku sudah pakai linkAja nih,tapi belum tahu ada syariahnya itu dibangian mana, Nanti aku mau cek cek lagi untuk mendukung gaya hidup halal mulai saat ini

    ReplyDelete
  48. semoga pemerintah semakin gencar mengkampanyekam tren hidup halal dsri berbagai aspek gak cuma makanan ya

    ReplyDelete
  49. Alhmdulillah ya ada KNKS yang insyaallaah membantu produk halal dan syariah di Indonesia bisa semakin berkibar, diminati dan bermanfaat bagi umat di dunia.

    ReplyDelete
  50. Allhamdulillah sekarang bukan cuma makanan dan minuman aja yang punya label halal ya, tapi gaya hidup serba halal mulai didukung pemerintah.
    Semoga KNKS bisa tetap mendukung industri halal di Indonesia berlaku di banyak tempat.
    Trans Luxury juga termasuk hotel halal ternyata ya, duh kapan bisa nginep di sana lagi (nunggu ada gratisan lagi hihihi)

    ReplyDelete
  51. Mudah-mudahan setelah ada program KNKS, Indonesia bisa menjadi kiblat Gaya Hidup Halal di dunia ya...

    ReplyDelete
  52. Semoga program KNKS terus berjalan ya mbak, sehingga gaya hidup halal dapat diterapkan di jaman millenial ini. Kita pun makin nyaman dan tidak ragu lagi karena semua nya berlabel halal....

    ReplyDelete
  53. Aku pernah menghadiri seminar juga tentang gaya hidup halal dan syariah ini.
    Namun di Indonesia, BI juga mengakui, kadang kala kebijakan belum sampai secara optimal ke pihak yang berkompeten misalnya SDM yang menangani produk ini.
    Itulah kenapa perkembangan syariah belum mencapai target.
    Jadi mewujudkan gaya hidup halal itu memang perlu sinergi dari berbagai stockholder!

    ReplyDelete
  54. alhamdulillah gaya hidup halal jadi tren di kalangan milenial.
    semoga tren ini makin menggeliat, mendunia, dan bikin kita lebih mudah membeli barang2 halal sebagai seorang muslim

    ReplyDelete
  55. Iya mbak para pengusaha khususnya pengusaha kecil dan menengah emang yang paling perlu digandeng dalam hal memajukan halal lifestyle semacam ini ya.
    Oh aku baru tau Link Aja ini juga gabungan dr bank2 yang menerapkan sistem Syariah, bagus lha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut senang KNKS mulai banyak sounding utk halal lifestyle di segala sektor dan gak cuma soal makanan aja ya mbak

      Delete
  56. Oh Link Aja udah masuk syariah ya. Bagus nih. Aku dukung ini karena kita memang merasa tenang kalau udah ditandai halalnya

    ReplyDelete
  57. Semoga semakin banyak orang yang beralih kepada gaya hidup halal ya

    ReplyDelete
  58. Alhamdulillah gaya hidup halal diangkat menjadi tema sebuah kegiatan. Karena, terkadang urusan halal2 gini kurang concern. Halal itu yg penting gak makan babi. Padahal maknanya lebih luas.

    ReplyDelete
  59. Alhamdulillah seneng banget deh sekarang gaya hidup halal jadi makin meluas ya jadi kita yang muslim lebih tenang dan nyaman aja.

    ReplyDelete
  60. Bahagia banget nih sebagai muslim sekarang sangat dimudahkan dengan adanya komite keuangan syariah. hati lebih tenang dan pastinya Insha Allah berkah. Aamiin

    ReplyDelete
  61. Halal lifestyle tuh sekarang udah menjadi kebutuhan ya. Maunya kemana2 kita bisa mendapatkan produk halal dengan mudah, ga perlu pusing2 lagi kudu nanya ini itu ke penjualnya. Kalau bisa semua barang sudah tersertifikasi halal. *impian dan harapan tak apa kan

    ReplyDelete
  62. Semoga bisa diwujudkan ya programnya..keren nh bs slg berkesinambungan hidup jd lbh nyaman

    ReplyDelete
  63. Mudah mudahan Indonesia jadi yg terdepan dalam menerapkan gaya hidup halal ya Amiin ☺️

    ReplyDelete
  64. Saya sebagai umat muslim bangga betul kalau nilai-nilai islam seperti halal sekarang menjadi gaya hidup bagi sebagian orang dan berbagai bidang kehidupan. Semoga bisa makin banyak yang suka dan menerapkan gaya hidup halal ini ya

    ReplyDelete
  65. Semoga program ini berhasil dan bawa banyak manfaat untuk semua umat muslim di dunia juga yaa

    ReplyDelete
  66. wah, aku terpesona dengan wisata halal di Indonesia. Lombok yang jadi icon-nya, ya.
    kalau Aceh gimana mbak?

    ReplyDelete
  67. Alhamdulillah ya sekarang tuh banyaaak sekali produk dan jasa halal untuk memenuhi kebutuhan hidup kita, seneng deh jadinya.

    ReplyDelete
  68. Alhamdulillah Indonesia jadi kiblat wisata halal dunia. Semoga makin banyak yang berkunjung ke Indonesia, aku optimis banget negara kita makin maju dari sektor ini. Terus aku jadi pengen ke Lombok deh hihi.

    ReplyDelete
  69. Makin tenang rasanya kalau udah ada label Halalnya. Untuk Media dan Rekreasi, menarik banget, nih. Supaya tidak banyak berita-berita hoax mungkin, yaa?

    ReplyDelete
  70. Setuju banget dengan prolognya.
    Muslim adalah mayoritas di Indonesia tapi koq sepertinya susah banget ya menerapkan gaya hidup halal?
    Memang butuh kesadaran dari setiap orang.

    ReplyDelete
  71. Alhamdullilah
    Semoga semakin maraknya ekonomi syariah (di segala lini) menggerakkan orang untuk menyimpan uangnya di perbankan syariah. Semula kan cuma di bawah kasur.

    ReplyDelete
  72. Gaya Hidup Halal di Era Milenial, semoga ini menjadi moment yang membawa semangat baru untuk menggairahkan segala aspek menuju halal. Memang tidak mudah dan banyak tantangannya, tapi tetap harus optimis insyaAllah kita bisa

    ReplyDelete
  73. Aku senang bacanya, beberapa tahun terakhir kami sekeluarga berusaha untuk memiliki gaya hidup halal dengan memilih produk makanan atau restoran hanya yang bersertifikat halal, meminimkan transaksi perbankan dan atau produk keuangan yang terindikasi riba. Mempersempit ruang gerak sih tapi hidup jadi lebih aman dan nyaman rasanya. Dengan adanya KNKS ini semacam harapan baru untuk punya lebih banyak pilihan untuk punya gaya hidup halal di antar gempuran gaya hidup hedon hehehe

    ReplyDelete
  74. industri halal di Indonesia sudah sudah semakin maju ya, memang tidak mudah mewujudkannya tapi tetap harus optimis ke depan

    ReplyDelete
  75. Bagus nih pemerintah mengakomodir kebutuhan masyarakat muslim untuk memperhatikan kehalalan di segala aspek kehidupan, baru tahu nanti ada LinkAja Syariah, great program..

    ReplyDelete
  76. Seneng banget kalo akhirnya halal bisa jadi gaya hidup sehari-hari. Kita yang muslim pun jadi lebih tenang dan nyaman ya, mbak..

    ReplyDelete
  77. Alhamdulillah ya sekarang gaya hidup halal makin diedukasi dan banyak infonya, baik dari sandang, panhan, maupun keuangan, jadi berasa lebih berkah deh

    ReplyDelete
  78. Halal lifestyle sekarang mah udah jadi pilihan ya mba. Apalagi sekarang makijn berkembang industri halal.

    ReplyDelete
  79. Event nya di Bandungnya,srkari mAh Halal penting bnget untuk apapun aplg dipakai Dan dimakan sehari2 fh wajib hikumny

    ReplyDelete
  80. Program yang bagus ya untuk menciptakan ekonomi syariah, apalagi didukung oleh berbagai lembaga pemerintahan. Semoga gaya hidup halal makin berkembang, tak sekadar bank syariah, tapi juga semua lini kehidupan di negeri ini

    ReplyDelete
  81. KNKS ini semoga mendapat dukungan yang lebih dari pemerintah dan berbagai lembaga ya mbak. Apalagi bisa mewujudkan pariwisata dan kuliner halal di Indonesia.

    ReplyDelete
  82. Wow keren. Sekarang makin banyak fasilitas yang bisa kita manfaatkan untuk menerapkan gaya hidup halal di era millenial. Ga perlu khawatir lagi nih kalau mau piknik ke destinasi wisata halal. Untuk memilih makanan juga kita bisa lebih leluasa karena ada informasi yang jelas tentang jaminan halal dari suatu makanan.

    ReplyDelete
  83. Aku nih lagi berusaha mewujudkan halal lifestyle... Semoga istiqomah

    ReplyDelete
  84. Halal awareness dah mulai terbangun ya kak. Mulai menjalar keseluruh dunia. Mulai banyak warung halal di mana2. Seneng liatnya

    ReplyDelete
  85. Wah mantap informasinya. Udah nyasar milenial juga. Halalnya dr bbg aspek juga.

    ReplyDelete
  86. Aku pernah ngalamin datang ke suatu tempat tapi susah cari kuliner halal :(. Dan ini tentunya sangat menganggu mba. Untunglah ada aksi ini dan tentunya pun aku dukung :)

    ReplyDelete
  87. Gaya hidup halal itu membaikkan ya mba, karena semua hal digunakan, dimakan pasti aman buat tubuh manusia.

    ReplyDelete
  88. Yes, aku termasuk generasi milenial dan makin ke sini, kalau beli apa-apa, pertama yang kulihat di label ya ada nggak logo halalnya. Biar makin yakin. Kalau nggak, haduh, no no big lah.

    ReplyDelete
  89. Jadi ngaku salah. Sebelumnya saya beli make up dilihat dari harga, kak...terjangkau apa gak dan sama sekali tidak melihat ada logo halal atu tidak. Pikir saya halal itu hanya untuk makanan. Ternyata untuk semua aspek agar hidup lebih berkah yak

    ReplyDelete
  90. Aku mau komen tampilan bigo nya dulu ah, kece banget dehh, warna warni pastel, yg punya blog pasti feminim banget dan ceria banget orangnya ya.

    Aku seneng, di Indonesia gaya hidup halal sangat diperhatikan. Aku juga mulai sekarang mulai beralih ke yg halal, mulai dari keuangan dan kosmetik. Semoga aspek yang lainnya aku bisa segera terapkan..

    ReplyDelete
  91. Memang sudah saatnya ya..sebagai negara dengan mayoritas penduduk Islam kita mulai memperhatikan gaya hidup halal di semua aspek kehidupan.. Dan itu harua kita sambut dan dukung bersama...

    ReplyDelete
  92. Semoga terwujud ya, harapan Indonesian menjadi pemain utama pasar global ekonomi syariah dunia di 2024.

    ReplyDelete
  93. Halal lifestyle sekarang itu sudah menjadi bagian dari kehidupan para muslim, apalagi ini diimbangin dengan adanya ekonomi syariah. Semakin bagus lagi ya teh, bangga deh dengan perkembangan sekarang.

    ReplyDelete
  94. Semoga dengan adanya KNKS ini halal lifestyle semakin terus berkembang dan menyebar...

    ReplyDelete