3 Ciri Asuransi Jiwa Yang Bisa Membuat Nasabah Merugi

Bismillah,

Ada apa dengan produk asuransi?
Kok bisa sih...sampai bikin nasabah merugi?

Sebelum ke pembahasan itu, aku mau kasih penjelasan dulu mengenai pengertian asuransi menurut Badan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Asuransi adalah perjanjian antara penyedia jasa layanan asuransi sebagai penanggung dan masyarakat yang memegang polis dan dikenal sebagai tertanggung yang yang diwajibkan untuk membayar sejumlah premi dalam rangka memberikan penggantian atas risiko kerugian, kerusakan, kematian, dan kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin terjadi atas peristiwa yang tak terduga.

Jenis - jenis asuransi yang ada di Indonesia :

Asuransi Jiwa
Asuransi Kesehatan
Asuransi Kendaraan
Asuransi Kepemilikan Rumah dan Properti
Asuransi Pendidikan
Asuransi Bisnis
Asuransi Umum
Asuransi Kredit
Asuransi Kelautan
Asuransi Perjalanan



Makin banyaknya jumlah perusahaan asuransi seperti sekarang ini, hampir semua perusahaan menawarkan beragam kelebihan agar menarik klien. Salah satu yang sering ditawarkan saat ini adalah asuransi jiwa Indonesia yang bisa dikatakan menguntungkan banyak kalangan. Jenis asuransi ini akan memberikan perlindungan atau jaminan sampai dengan tertanggung mengalami masalah yang cukup serius seperti cacat permanen sampai dengan meninggal dunia. Banyaknya keuntungan membuat jenis asuransi tersebut sering menjadi pilihan banyak orang.



Dari sekian banyak perusahaan yang menawarkan asuransi, ternyata tidak semuanya memberikan hasil yang terbaik. Artinya, masih ada perusahaan abal-abal yang hanya menginginkan keuntungan tanpa tanggung jawab yang jelas. Nah, perusahaan seperti inilah yang harus dihindari sebelum menyesal karena telah bergabung dalam jenis asuransi tersebut. Untuk menghindari hal yang tidak perlu, maka kenalilah beberapa ciri asuransi jiwa yang dapat merugikan sahabat lendyagasshi seperti :


  Asuransi yang hanya berfokus pada keuntungan besar dengan premi rendah  
Tawaran premi rendah menjadi salah satu daya tarik yang menarik banyak nasabah secara umum. Tetapi, perlu diketahui bahwa pembayaran premi yang rendah tetapi memiliki dana pertanggungan besar itu perlu untuk dicurigai. Pasalnya dalam sebuah sistem, premi akan mempunyai keterkaitan dengan dana pertanggungan yang bisa nasabah peroleh.


    Agen tidak profesional    
Ciri berikutnya yang bisa membuat nasabah merugi adalah dari agen yang menawarkan, tentu akan sangat berbeda bila agen asuransi jiwa yang profesional dan tidak. Karena sebelum menyetujui pihak klien bisa melakukan pertimbangan terlebih dahulu. Jika ada kecurigaan dari agen yang kurang profesional bisa diberhentikan.


    Tidak mendapatkan perhitungan jelas    
Sebuah agen yang profesional pasti akan memberikan gambaran atau rincian perhitungan secara jelas. Hal tersebut tidak akan diperoleh ketika bertemu dengan agen yang tidak amanah. Ini perlu diperhatikan dengan baik sebelum menyesal sudah bergabung pada perusahaan asuransi jiwa yang salah.



Dari ketiga point di atas dapat di simpulkan jika setiap orang yang memiliki niat untuk memiliki sebuah asuransi, maka perlu sekali untuk mengetahui terlebih dahulu seluk beluk di dalamnya. Membaca banyak ulasan mengenai perusahaan tersebut supaya bisa objektif dalam menilai apakah memang dapat dipercaya atau tidak. 

Akan sangat sayang sekali dimana alih-alih mendapatkan asuransi yang dapat menjamin masa depan lebih baik justru memberikan kerugian akibat kurang teliti dalam melakukan pemeriksaan sebelum bergabung. Pengalaman kurang mengenakkan tersebut sudah banyak terjadi di masyarakat, bahkan mereka sebagai nasabah, harus mengalami kerepotan saat klaim akibat perusahaan asuransi dengan keuangan yang tidak sehat.



Sebelumnya memang asuransi itu penting sebagai bentuk perlindungan keuangan saat ini hingga masa depan. Apalagi asuransi jiwa yang notabennya bukan saja melindungi diri sendiri tetapi juga seluruh anggota keluarga. Terutama bagi mereka yang masih mempunyai banyak tanggungan, baik sebagai tulang punggung ataupun pembayaran hutang. Supaya kehidupan lebih tenang dan nyaman, alangkah lebih baiknya jika Anda tetap menjaga diri dengan memilih perlindungan terbaik saat ini.

Bersama ilovelife.co.id,  Anda bisa percayakan kebutuhan asuransi sahabat dengan benefits yang sangat menguntungkan. Banyak jenis asuransi yang bisa digunakan untuk membuat masa depan yang lebih tertata baik dan lebih cerah. Dengan menemukan perusahaan asuransi jiwa Indonesia terpercaya yang sesuai, maka akan sangat membantu sekali bagi keluarga Indonesia untuk menyiapkan masa depan. Namun yang perlu diingat seperti yang sudah disebutkan 3 point di atas bahwa upaya tidak mengalami berbagai masalah ke depannya, maka disarankan untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum memilih.

Apa sahabat lendyagasshi ada yang tertarik memiliki asuransi jiwa?



Salam hangat,


71 comments

  1. Yup, sebelum meutuskan pilih asuransi jiwa yang mana memang harus dipikirkan secara matang ya, nggak asal pilih. Salah satu hal yang menjadi pertimbangan memang agen nya sih, profesional nggak, bisa dipercaya dan bertanggung jawab nggak. Pokoknya jangan sampai salah pilih deh :D

    ReplyDelete
  2. wah bener ya, sebelum punya asuransi jiwa harus bener2 dipelajari ya, jangan sampai bikin rugi pas di akhir nanti

    ReplyDelete
  3. Asuransi jiwa buanyaaakk banget mereknya
    Kita musti teliti banget ya mbaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  4. asuransi dari perusahaan yg ga jelas nih yg paling aku benci. apalagi nawarinnya pake acara maksa, sebel banget!

    ReplyDelete
  5. Pengalaman pertama saya memiliki asuransi justru saya memilih. Makanya sempat kapok. Kalau sekarang sih udah enggak. Udah ada asuransi lain dan udah merasakan juga manfaatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belajar dari pengalaman, saya memang jadi selektif banget memilih asuransi. Biar hati juga jadi lebih tenang :)

      Delete
  6. That's why kudu selektif bgt kalo pilih asurnasi ya mak
    karena buanyaakk bgt brand dan variannya
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  7. bener banget iki Lend...kalo pas dapet agen yang gak profesional yo eror sak kabeh e Lend..perhitungan juga jadi gak pas..belum kalo urusan klaim ya..

    ReplyDelete
  8. Pengen punya asuransi kesehatan sih, tapi gatau dan bingung mana yg oke tp premi terjangkau. Hehe. Soalnya pnya pengalaman asuransi yg bikin kesel (curhat)

    ReplyDelete
  9. Poin 1 dan 2 ini yang bikin saya sampai sekarang belum tertarik dengan asuransi. Masih parno sama cerita-cerita teman yang pernah punya

    ReplyDelete
  10. wah ... berarti kita harus jelas dulu ya ... asuransi yang akan kita gunakan jangan sampe merugi.

    ReplyDelete
  11. aku pernah punya pengalaman gak enak dengan asuransi mba, ke trap karena informasi yang dberikan gak clear, ternyata banyak potongan dan biaya setelah masuk di 5 tahun pertama. makanya 3 ciri diatas tuh bener banget deh mesti teliti kalo mau cari asuransi.

    ReplyDelete
  12. Sekarang banyak banget ya lembaga asuransi, mana banyak yang ditawarkan secara online malah kadang langsug DM. Makasih sharenya mba, jadi pengingat buat kita

    ReplyDelete
  13. Aku menghindari ngurus asuransi karena nggak paham bahasa mereka. Serahin ke suami. Sebelnya tu sering agen2nya nganggep orang yg nggak mau jadi nasabah mereka itu bodoh, nggak mau mikir masa depan. Padahal bukan nggak mikir masa depan tapi memang nggak tertarik produk mereka aja karena ada asuransi lain yg lebih bagus.

    ReplyDelete
  14. ini alasan saya masih males ikut asuransi hehe

    ReplyDelete
  15. Kita emang harus teliti dan bijak dalam memilih asuransi yah Len. Aku cuma punya asuransi pendidikan aja dan udah ada asuransi jiwanya sekalian. Belum ngambil lagi nih, masih nyari yang cucok di hati

    ReplyDelete
  16. Semua yang menjanjikan keuntungan terlalu tinggi dan tidak sepadan dengan premi yang dibayarkan, harus diwaspadai

    ReplyDelete
  17. Iya betul mba, kita harus cari tau dulu sebanyak2nya tentang asuransi yang akan kita gunakan. Biasanya banyak agent asuransi yang giat banget nawarin asuransi. Jangan sampai kita salah pilih sehingga menyesal kemudian.

    ReplyDelete
  18. Kalau urusan asuransi khususnya jiwa memang perlu pertimbangan khusus ya mba. Thanks for sharing mba!

    ReplyDelete
  19. Waah jadi makin aware dalam memilih asuransi ya mba, jangan sampe asuransi bodong. Bukannya terlindungi malah rugi

    ReplyDelete
  20. Benar banget mbak kalau bisa sebelum memutuskan ikut asuransi mesti benar-benar paham kebutuhannya apa, agen asuransi yang baik pasti menyesuaikan dengan kebutuhan nasabahnya bukan sekadar kejar target saja.

    ReplyDelete
  21. Sejauh ini aku mengandalkan asuransi yang emang kantor sudah sediain, belum berani memilih produk asuransi sendiri nih, bener kan banyak yang harus dipertimbangkan dan dianalisa berulang supaya gak merugikan kita

    ReplyDelete
  22. biaya asuransi yang terjangkau ini nih kak yang paling sering memikat hati, tapi apa semua asuransi kesehatan dengan biaya super murah itu bermasalah kak? misalnya dihairkan ama perusahaan asuransi yang sudah punya 'nama' gimana kak..? Jujur aku termasuk salah satu orang yang kepincut juga ama ini soale… hehehe...

    ReplyDelete
  23. JAngan asal pilih asuransi apalagi kalau mau klaim dipersulit ya. Bener banget asuransi jiwa penting apalagi yang punya tanggungan kaya kepala keluarga. Walaupun berat bayar preminya Allhamdulillah suami punya juga asuransi jiwa

    ReplyDelete
  24. Ini nih yang akan bikin bahagia saat kita butuh Ada yang Bantu. Asuransi jiwa memang cocok buat orang yang sudah berkeluarga

    ReplyDelete
  25. Asuransi jiwa wajib buat tulang punggung keluarga, terutama buat yg sudah memiliki tanggungan (anak).
    Jadi sampai skrg saya gak ada asuransi jiwa, cuma ada asuransi kesehatan bpjs kesehatan dan asuransi dari bpjs ketenagakerjaan

    ReplyDelete
  26. Wah aku baru tahu ada asuransi jiwa yang merugikan. Harus hati-hati berarti ya milih asuransi. Aku tertarik banget ama asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kepemilikan rumah dan asuransi pendidikan. Menurut aku itu asuransi yang penting banget

    ReplyDelete
  27. Dulu aku pernah punya asuransi jiwa, tapi agennya kabur. Trus sekarang hanya suami aja yang punya karena udah dari jaman masih muda daftarnya. Dan aku masih nggak pengen ngikutin suami di agen yang sama. Nanti deh mau lihat yang online dulu, yang penting udah di bawah pengawasan OJK ya

    ReplyDelete
  28. Memang kudu hati2 ya... Aku dulu sempat pke asuransi juga tapi syariah..skrg lagi di off dulu.. huhu

    ReplyDelete
  29. menurutku semua produk asuransi itu bikin worry sih karena kita naruh uang dititipin ke mereka dalam jangka waktu panjang.... Palagi asuransi jiwa dengan usia tertanggung yang masih muda, rentang waktunya akan lama, jadi cari yang bener2 aman

    ReplyDelete
  30. Super duper careful! Kalau sekarang kita harus benar - benar jeli urusan asuransi mbaaa

    ReplyDelete
  31. penting banget ya mbak mengetahui asuransi yang kita akan ikuti, karena banyak banget asuransi yang ngakunya profesional ternyata zonk. pas waktunya kita klaim eh duitnya gak ada. pait banget

    ReplyDelete
  32. Harus hati2 juga ya dalam memilih asuransi, btw kalau menurku sih ya kalau ngambil asuransi harus baca teliti dulu sebelum membeli soale nasabah suka main tanda tangan aja dan akhirnya komplen di akhir.

    ReplyDelete
  33. pengalaman sih mba aku juga pernah merugi karena asuransi yang bener banget yang mba sampikan diatas kalo perhitungannya tidak jelas malah kitanya yang rugi

    ReplyDelete
  34. Oh begitu yaaa? Ternyata ada juga asuransi yang bikin nasabah merugi? Penting sekali untuk memilih dengan teliti ya asuransi yang akan kita pilih

    ReplyDelete
  35. Aku belum pernah ikut asuransi secara pribadi, cuma ikut asuransi yang diadakan dari kantor. Makasih sharingnya mbak.

    ReplyDelete
  36. Saya belum tertarik lagi ikut asuransi, karena pernah dapat agen yang kurang profesional. Bener2 harus teliti memilih.

    ReplyDelete
  37. Agen yang tidak profesional ini sering ada loh mak, walaupun udah di perusahaan asuransi yang udah terkenal. Teman aku tuh pernah alami, disusahin saat mau mencairkan, kadang kala hal ini nggak bisa ketahuan di awal. :(

    ReplyDelete
  38. Betul banget Mbak, nggak bisa sembarangan milih asuransi jiwa. Niatnya pengen baik, tapi malah nanti kita yang dirugikan. Kalau aku sih biasanya harus tahu detail dan cari pembanding plus tanya ke beberapa orang yang udah ikutan juga.

    ReplyDelete
  39. Yaaa kdng yang bikin org kapok punya asuransi saat klaim itu susah banget bahkan ada yang uangnya gak balik banyak. Makanya sejak awal kudunya pilih asuransi yang terpercaya ya mbak?Ilovelife ini semacam marketplace utk asuransi ya?

    ReplyDelete
  40. Waktu ikut acara financial, seorang dari pihak asuransi pernah bilang, pilih asuransi yang kita butuhkan dan sesuai dengan budget kita supaya gak rugi

    ReplyDelete
  41. Perlu di hitung2 lagi saat mau masuk k asuransi kalau saya pernah pengalaman gk enak sama agen yang nakal jadi waspada sekarang kalo ditwarin asuransi

    ReplyDelete
  42. Aku tertarik banget dengan asuransi jiwa kak, selain itu asuransi kesehatan juga. Tp emang betul sih, kalau perlu memerhatikan ke mana kt mw berasuransi dan yg paling penting adalah agen asuransi itu sendiri, kalau gak kompeten yah bisa2 kt yang rugi

    ReplyDelete
  43. Nah bener tuh.. kalo agennya ga jelas emang bisa jadi salah pengertian. Maksud2 perusahaan jadi ga bisa tersampaikan dengan jelas kepada calon nasabah, dan akinatnya nasabah sering merasa dirugikan... Hiks asa flashback

    ReplyDelete
  44. itu ga ada ya asuransi yang bayarnya dikit jangka waktu panjang, dapat asuransi jiwa dan kesehatan plus bayarnya cuma 2 tahunan *dikeplak perusahaan asuransi

    ReplyDelete
  45. Memang harus teliti ya memilih asuransi. Jangan sampe tertipu ya teh.

    ReplyDelete
  46. Aku punya 1 dari buku tabunganku..tetapi kalau suami ada 3 atau 4 auransi jiwa, dan yang bayar cuma 1..sisanya kantor yang bertanggung jawab untuk ausranis suamiku..ini wajibb bangett

    ReplyDelete
  47. Bener banget nih Mbak, memang kita harus pertimbangkan baik-baik dan hati-hati dulu sebelum memutuskan untuk ikutan asuransi jiwa ini, karena kalau asal pilih juga bisa merugikan kita.

    ReplyDelete
  48. Kalau bicara asuransi ini aku ingat ungkapan, "Tak kenal maka tak sayang"
    Iya, aku sempat alergi sama asuransi, karena tak mengrti konsepnya.
    Duluuu... sih, zaman jahiliyah, wakakaka.
    Kini aku sudah puny asuransi jiwa dan unit link.

    ... karena hidup sering susah dipredeksi jadi perlu proteksi!
    Sesimpel itu ternyata ya, Mba...

    Tapi, aku setuju.
    Kudu pilih asuransi yang sudah terjamin kinerjanya
    Kudu periksa track recordnya!

    ReplyDelete
  49. Ak jujur aja masih galau dan belum menemukan mau yg gimana. Setidaknya dg baca blog mba Len, jd kebayang betapa meruginya kita ya sebagai nasabah

    ReplyDelete
  50. Aku kalo asuransi milih yg syariah mb Lendu. Memang sih hasilnya ga se wow asuransi konvensional.

    ReplyDelete
  51. Saya pernah nih mba, hampir aja mau ikut asuransi karena untuk pendaftarannya diiming-imingi hadiah langsung. Setelah saya tanya-tanya teman ternyta tuh asuransi nyari korban, huhuh... bersyukur Allah masih menyelamatkan. Makasih tipsnya ya mba

    ReplyDelete
  52. Iya ya kak Lendy imut, asuransi ternyata banyak pilihannya. Kudu fokus nih mau jenis asuransi apa yang dibutuhkan, jadi paham biar nggak ada salah paham

    ReplyDelete
  53. kalau aku nggak mau ambil resiko, mba...pilih asuransi jiwa flat merah aja heheheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pernah punya asuransi jiwa, tapi udah aku tutup karena belum butuh. Sekarang cuma punga asuransi kesehatan aja

      Delete
  54. Kalau mau pilih asuransi memang harus berhati-hati ya Teh! Takutanya malah merugikan bukan memberikan perlindungan kepada keluarga kita

    ReplyDelete
  55. Amu... Aku baru aja daftar kelas muamalah mba, ngeri sih, tapi harus banget tau biar Allah ridho sama hidup aku

    ReplyDelete
  56. Penting banget nih, apalagi sekarang ini kita wajib punya asuransi. Jadi memilih asuransi juga gak bisa sembarang ya. Jadi banyak tau habis baca ulasan teh Lendy.

    ReplyDelete
  57. Dulu pernah beli premi asuransi berdasarkan rekomendasi teman dan kecewa. Sejak itu mending cari info dulu banyak ttg perusahaannya dan untung ruginya dulu baru memutuskan.

    ReplyDelete
  58. Teman dan keluargaku pernah ketipu sama asuransi mba.. dan emang penting sekali melihat track record dari perusahaannya..

    ReplyDelete
  59. Asuransi jiwa banyak banget dari asuransi biasa sampai syariah. Kalo mau buat asuransi hrs teliti dan paham banget manfaatnya apa

    ReplyDelete
  60. Masih mikir mau pakai asuransi yang mana
    Bingung karena semuanya menawarkan kebaikan
    Namun, balik lagi pasti ada sisi negatif dan positifnya

    ReplyDelete
  61. Asuransi jiwa sih belum ada, Kak. Cumaaaaaaan, pengalaman dari yang sudah-sudah, aku bakalan pilih yang memang rekomended banget. Kugunakan networking untuk tahu penyedia asurasi itu memang bagus apa tidak.Ya,lewat saudara, teman, atau guru yang kukenal. Biar nggak ketipu.

    ReplyDelete
  62. Bahaya banget ini mba Lend, kalo perhitungannya ga jelas ya bisa dikibulin kita
    harus nanya sana-sini dulu kalo mau bikin asuransi emmang biar aman

    ReplyDelete
  63. Pilih asuransi yang sudah kredible ya. Ngomongin asuransi kok aku jadi inget film Korea yang kutonton semalam, judulnya Forgotten. Ada kaitannya dengan asuransi juga hehe

    ReplyDelete
  64. Setuju, kita harus berhati-hati memilih asuransi agar tidak merugikan

    ReplyDelete
  65. Pilih asuransi emang harus hati-hati, udah terdaftar OJK belum.

    ReplyDelete
  66. Ini pelajaran banget si buatku soal memilih asuransi. Jangan sampai jadi kecewa dan buang2 uang aja karena ngga mikirin 3 hal di atas, cuma karena ga enak aja ikutnya, huhuhu.

    ReplyDelete
  67. Wah, aku mau ngajuin asuransi masih maju mundur nih. Premi rendah ternyata gak selamanya bagus ya? Jadi mikir-mikir lagi deh. Huhu

    ReplyDelete
  68. Wah ini, nih, info penting tentang asuransi. Memang harus jeli sebelum membeli asuransi jiwa. TFS yaaa

    ReplyDelete
  69. MangCara belum punya asuransi jiwa dan baru asuransi pendidikan anak, untung baca baca disini biar tahu lebih detail

    ReplyDelete