feature,

Parasite (2019) : Social Class Gap

Thursday, August 22, 2019 lendyagasshi 91 Comments

Bismillah,

Dari awal pengin nonton film ini karena baca blogpostnya teh Nia Ramadhani Haryanto yang menceritakan alur film yang tayang bulan Juni 2019 lalu di bioskop. Belum lagi, blogger kpopers, Ria Ricis Rochma, yang suka pasang IGS menggoda. Kompor banget deeh mereka...hahahaaa~


Judul : ParasiteGisaengchoong/ κΈ°μƒμΆ© )
Director: Bong Joon-Ho

Actors :
    Keluarga Miskin    
Song Kang-Ho as Ki-Taek (Ayah)
Jang Hye-Jin as Choong-Sook (Ibu)
Choi Woo-Sik as Ki-Woo/ Kevin (Anak Pertama, guru bahasa inggris)
Park So-Dam as Ki-Jung/ Jessica (Anak kedua, guru seni)

    Keluarga Kaya   
Lee Sun-Kyun as Mr. Park (Ayah)
Cho Yeo-Jeong as Yeon-Kyo (Ibu)
Jung Ji-So as Da-Hye (Anak pertama)
Jeong Hyun-Jun as Da-Song (Anak kedua)


Genre : Thriller, Family-drama, Social critism
Rundate : May 30, 2019
Runtime : 131 menit

Rating : ⭐⭐⭐⭐/5


Kalau boleh jujur, dari awal nonton, aku gak bisa tenang dan menertawakan ulah para aktor dalam memainkan perannya. Meskipun itu lucu dan bisa jadi, kita pernah melakukan hal tersebut. Kaya pas lagi gak ada kuota, kita pasti cari-cari wi-fi terdekat, demi tetap tersambung dengan jaringan internet.


Ya,
Keluarga Ki-taek adalah sebuah keluarga miskin di Korea. Ia bahkan tinggal di rumah bawah tanah. And you know, Pak Ki-taek ini jobless alias gak punya pekerjaan. Bahkan istrinya yang mantan atlet dan kedua putra-putri mereka, Ki-woo dan Ki-jung. Mereka gak bisa bekerja karena memang gak bisa ngelanjutin kuliah.

Terlahir dari keluarga miskin, Ki-woo dan Ki-jung adalah anak-anak yang baik. Mereka membantu apa saja yang bisa dilakukan demi mendapatkan uang, termasuk melipat kotak pizza. Tau kan yaa...? Box pizza yang biasanya digunakan untuk pesanan pizza take-away...


Namun, karena saking inginnya dapat uang banyak, Pak Ki-taek melipat dengan kecepatan penuh, sehingga tidak sesuai dengan lipatan yang semestinya. Saat mengetahui kerjaan Keluarga Ki-taek ini gak bener, gaji melipat kotak pizza mereka malah di potong sama si bos pemilik restoran pizza.

Haaa...
Kalo gini, aku jadi ingat pepatah yang mengatakan :
Untung tak dapat diraih,
Malang tak dapat di tolak.

Bukannya untung, malah dapet capek doank...


Tapi, bukan Ki-woo namanya kalo menyerah. Dengan wajah ganteng dan mulut manisnya, ia merayu si pemilik pizza untuk tetap membayar upah sesuai kerjanya dan Ki-woo juga Ki-jung akan menjadi pegawai pengantar pizza.

Belum sampai mereka diterima, mendadak entah ada angin apa...sahabat Ki-woo sewaktu sekolah dulu main ke rumah Ki-woo. Min hyuk (diperankan oleh Park Seo Joon) membawakan sebuah benda aneh.

**bangga banget doi bawain benda dalam kotak ini buat keluarga Pak Ki-taek.
Sedangkan Ibu dan adik perempuannya, Ki-jung...malah merasa sebal. Karena hanya bawa benda yang bahkan tidak bisa dimakan atau dijual


*isinya batu, guys...
Gaje banget gak siih...?
Tapi ternyata maknanya di Korea, batu ini konon adalah simbol kekayaan, bisa membawa rejeki.


Dan obrolan kedua sahabat lama ini pun berlanjut. Ternyata, Min Hyuk ingin minta tolong sama Ki-woo untuk menggantikannya menjadi seorang tutor (guru privat) di sebuah keluarga kaya. Muridnya perempuan dan berwajah manis. Karena Min Hyuk jatuh cinta pada gadis ini, jadi ia tidak bisa melepaskan begitu saja. Ia percaya, kalau si cewe ini diajarkan oleh Ki-woo, maka akan aman hingga Min Hyuk menyelesaikan studynya di luar negeri.

Yang awalnya Ki-woo minder, karena bukan dari kalangan mahasiswa, namun karena dapet dukungan kuat oleh Min Hyuk, akhirnya...."Oke".

Dan petualangan pun dimulai....


Atas rekomendasi dari Min Hyuk, akhirnya Ki-woo datang ke rumah Pak Park. Dimana di keluarga ini tinggal Nyonya Park dan kedua anaknya, Da-hye dan Da-song. Pasangan Park ini berbahagia sekali dan hidup serba berkecukupan, Memiliki rumah idaman dengan halaman luas, seorang pelayan dan supir.

Bisnis Pak Park yang bergerak di bidang IT pun mulai merambah dunia internasyenel, Amerika. Jadi bisa dibilang, keluarga yang sempurna.

Ki-woo pun terpesona melihat rumah Keluarga Park ini. Hingga ada sebuah celah yang membuatnya ingin mendapatkan hal lebih untuk keluarganya.


**Ibu Park sangat mengagumi bakat seni anak keduanya, Da-song hingga memajang lukisan "abstrack" si anak dan Ki-woo segera menangkap kesempatan itu


Karena sang Ibu Park puas dengan cara mengajar Ki-woo akhirnya stelah pelajaran selesai, mereka mengobrol lebih banyak. Dan Ibu mana yang gak terlena kalau dengar anaknya dipuji yaa... Jadi karena Ki-woo mulutnya manis banget (mungkin karena DNA nya glukosa, #eh gimana, wkwkwk) sang Ibu Park pun percaya bahwa Da-song ini terlahir dengan bakat seni yang kuat. Jadi sayang banget kalau gak di bimbing oleh seorang guru seni yang hebat.

Maka dengan gaya (pura-pura) yakin dan gak yakin, ia berusaha mengenalkan Jessica (aka. Ki-jung, adik perempuannya) yang ia akui teman saat ia sekolah di Amerika dulu...

"Ia adalah seorang guru seni yang hebat. Karena tidak hanya mengajarkan seni, ia juga belajar psikologi seni.
Tapi...
Ku dengar, Jessica tidak banyak punya waktu luang.
Dan ia juga memiliki bayaran yang tinggi."


Karena kepincut denger bisa bimbing anaknya, maka Bu Park pun langsung meng-iya-kan tawaran Ki-woo untuk memperkenalkan Jessica.


Setelah Ki-jung berhasil meyakinkan keluarga Park, maka satu demi satu keluarga lainnya pun bekerja dengan Pak Park. Dari mulai ayahnya, Pak Ki-taek yang akhirnya menjadi supir keluarga Park dan terakhir, Ibunya, menjadi pelayan menggantikan pelayan lama mereka, Bu Moon-gwang.


Ironinya film Parasite 2019 :


Perbedaan status sosial membuat Ki-woo yang tadinya anak baik-baik, menjadi memiliki niat dan maksud lain. Meskipun dari sudut pandang yang berbeda, bisa jadi maksudnya adalah membuat keluarganya tidak kesusahan dalam hal finansial lagi.


**keluarga yang tadinya gak pernah bisa makan enak di rumah, sejak bekerja di keluarga Park, mereka bahkan bisa makan enak di kantin.


Ironi lainnya lagi, saat ada scene hujan deras. Harusnya keluarga Park sedang camping, sehingga dengan santainya, Pak Ki-taek, Ibu dan kedua anaknya "merasa memiliki" rumah besar keluarga Park. Namun semuanya berubah ketika pelayan lamanya memohon untuk masuk ke rumah. Dan ternyata, ia menyimpan rahasia besar berkaitan dengan rumah indah keluarga Park.

Apakah itu?


Happy karena merasa bebas di rumah keluarga Pak Park


Dan di sinilah, akhirnya Pak Ki-taek sadar, bahwa hidup tidak selalu membutuhkan rencana. Bisa jadi apa yang sudah di rencakan mendapatkan hasil yang berbeda.



Film Parasite 2019 menuai banyak pujian dari penikmat film Festival Film Cannes di Paris. Dan berhasil meraih penghargaan tertinggi Palme d'0r atau Palem Emas. Dimana hanya film yang memiliki ide dan plot cerita menarik yang terpilih.

Idenya mungkin gak baru yaa..
Menyoroti kehidupan si kaya dan si miskin. Tapi aku pikir, cara pengambilan sudut pandangnya yang oke banget. Ia menggunakan tokoh utama, Ki-woo, untuk menceritakan kisah keseluruhannya. Hingga endingnya yang sungguh gak terduga.


Penasaran sama jalan cerita dan endingnya?
Gimana jadinya keluarga Pak Ki-taek yang menjadi parasite dalam keluarga Pak Park?
Benarkah keluarga Ki-taek adalah parasite yang sesungguhnya?
Apa rahasia besar yang disimpan oleh rumah besar keluarga Pak Park?


Semua bisa dinikmati di film Parasite 2019.


Dan dari sini, aku bisa menarik kesimpulan bahwa jadilah orang yang bijaksana. Aku pikir, di keluarga Pak Park yang semuanya sibuk (gak ada orang yang gak sibuk, kaan...?), tetap harus jernih dalam mengambil keputusan.

Jangan hanya percaya pada satu orang tanpa kroscek lagi kebenaran dari berita tersebut. Karena bisa jadi, ada kesalah pahaman.

Yah...
Melihat endingnya, aku hanya bisa menghela napas.
Huuff~


Semoga setiap keluarga belajar dari kejadian yang terjadi di sekitar kita, karena bisa jadi kejadian itu tidak menimpa keluarga kita karena Allah masih melindungi dan menghendaki kita belajar dari kejadian yang dialami orang lain.

Dan satu lagi,
Ini film sebaiknya di tonton untuk 21+ deeh....
Soalnya ada beberapa adegan romantis pasangan Pak Park dan istrinya. Juga pasangan pak Ki-taek dan istrinya.

Buat para jombloers...
tutup mata aja!
Wkkwkw....mian~

Kamu masih pengin punya rumah mewah?
Coba pikirkan lagi setelah nonton Parasite!


Salam hangat,




Movie Trailer Parasite :




You Might Also Like

91 comments:

  1. Wah, seru bgt iiih, belum nonton jd penasaran endingnya wkwkwk

    ReplyDelete
  2. Lihat 15 menit pertama, banyak dark jokes nya. Tapi kemudian, skip-skip per 20 menit ehe ._.

    Banyak yang bilang bagussss. Iya sih bagus, jalan ceritanya menarik dan unik. Tapi sepertinya bukan selera saya :(

    ReplyDelete
  3. Aku udah dari kapan hari pengin nonton ini
    Tapi karena moodku lagi ambyaaarr berantakan, ntar aja dah :D
    Nunggu mood agak bener hihihi
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  4. Aku suka fulm ini, memang bagus. Banyak pelajaran berharga ttg hidup, jadi makin bersyukur dan berpikir kalau hidup itu bener2 bertingkat. Jangan merasa rendah jangan pula merasa tinggi. πŸ₯°

    ReplyDelete
  5. Jadi intinya ini bukan film horor kan? #pertanyaannyatetep hihihi maklum aku penakut Mbaaaak.... Kalau dari alur ceritamu sepertinya bukan, baiklah aku akan menonton hihihi....

    ReplyDelete
  6. Yang main ada si ganteng favorit aq , ini salh satu film korea yg wajib ditonton yah mbak krn plot ceritanya yg unik, wiken ini ah mo nonton

    ReplyDelete
  7. Pengen nonton, tapi apa daya mamak berbayi yang bayinya beneran kek separuh jiwa, kagak bisa ditinggal hahaha.
    Nunggu DVD nya aja deh, nanti nontonnya pas anak2 bobok wjwkwkwkw

    Btw, saya kadang juga nonton film Korea, tapi suer saya nggak bisa hafal namanya, satu2nya artis Korea yang saya hafal cuman Jang Nara hahaha

    ReplyDelete
  8. Wah kak lendy aku belom berani nonton ini karena takut kepikiran, tapi pemaparan kakak jadi bikin aku tertarik segera nonton.

    ReplyDelete
  9. Tadinya mau nonton film ini tp hotel del luna yg menang. Ntar abis ini lanjut parasite ah. Penasaran sm endingnya hihi

    ReplyDelete
  10. pas baca ini pas lagi pesen TTeobokki by ojol wkwkwkwkw aseek bisa leyeh2 nonton sambil ngunyah

    ReplyDelete
  11. teteeeeh, kita kok sehati mulu yaaa, hahahaa aku baru kmrn nonotn ini nih :) awalnya skeptis tapi ternyata bagus ya, banyak pelajarannya :( tapi endingnya bikin aku berpikir keras mengenai kesenjangan seosial yang terjadi di sekitar kita

    ReplyDelete
  12. ohhh dia namanya park seo joon, pernah aku liat filmya, suka sama karakternya tapi aku ga pernah tau nama2nya hehe

    ReplyDelete
  13. Ini apa udah ada gratisan nya di yutub mbahas? Hihi cari yg gratis an

    ReplyDelete
  14. Ish aku penasaran sama film Parasite setelah baca ulasan ini, kebetulan kemarin itu nggak sempat nonton padahal banyak banget yang bahas. Fix daku menyesal nggak sempet nonton

    ReplyDelete
  15. Review film ini juga sempat beredar di timeline saya beberapa waktu lalu. Banyak yang bilang bagus. Sebetulnya ini juga kemungkinan di dunia nyata juga ada yang seperti ini, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bener itu. Apapaun kabar yang diterima jangan suka langsung dipercaya. Kalau perlu cek dan ricek

      Delete
    2. Iya di dunia nyata pasti ada lah, film2 kan terinspirasi dari kejadian di dunia nyata juga. Jadi ketika kita menonton, langsung terpikir : aaah iya ada juga ya kejadian seperti di film ini. ;)

      Delete
  16. Seru banget filmnya, belum nonton jadi belum tahu endingnya seperti apa ya ?

    ReplyDelete
  17. Duuh Mbak, beneran jadi penasaran nih, apa nanti keluarga ini sadar ya bahwa kelakuan mereka salah? Hmm, pengen nonton jg ah jadinya nih. Pengen tahu endingnya 😁

    ReplyDelete
  18. Ini film banyak yang membicarakan, daku kurang mengikuti gimana jalan ceritanya, soalnya biar paham harus nonton langsung, hehe

    ReplyDelete
  19. Akhirnya mba ngereview tentang film Parasite 2019 ini, tentang social gap yang emang obviously shown on our community and also the entire world community

    ReplyDelete
  20. Saya lihat film ini bener-bener takjub dan menguras emosi lho, beda banget sama film-film korea kebanyakan. Jadi tahu sekarang, Korea juga tak sesempurna Drakor.

    ReplyDelete
  21. Kemarin waktu ketemuan sama teman-teman juga ngobrolin film ini dan emang ternyata bagus banget ya teh. Jujur, aku belum nonton soalnya dan jadi penasaran ketika orang-orang bilang ini bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya kalau nonton di bioskop sudah gak mungkin ya teh karena sudah ku cek gak ada. Barusan ngecek ke Netflix juga belum ada, semoga segera ada.

      Delete
  22. Aku nonton bareng suamiku nih, malah dia yang bilang mau nonton tanpa ngajakin aku dong dipikirnya gak mau hihihi. Pas Min Hyuk keluar aku lgs komen ih ada si ....suamiku mah lempang gak tau katanya :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pingin nonton lagi nunggu tayang di Netflix atau di aplikasi film aja deh

      Delete
  23. Menarik ya ceritanya. Penasaran misterinya itu horror gak sih, abis foto2nya bener2 misterius banget hahaha... Kepengem nonton karena ada PSJ 😍

    ReplyDelete
  24. Wah aku tahu ini.. film serem banget deh kaa.. aku sampai ngeri2 buat tahu lebih jauh bahkan menonton hiiiii

    ReplyDelete
  25. aku beneran penasaran sama film ini kemarin sempat baca review dari temen blogger juga, kayaknya bagus ya

    ReplyDelete
  26. Lagi-lagi teracuni sama korea aduh. Menag gk akan bosen lifat drama roamntis apalagi dari negeri gingseng. Bookmark dulu untuk cari waktu luang hihi

    ReplyDelete
  27. Suami aku yang udah nonton teh ini wkwkwkw katanya bagus ceritanya dan ini direview teteh jadi pensaran pengen nonton :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas suami ajakin nonton aku lagi sibuk sih jadi aja gagal nonton hingga kini penasaran sih reviewnya banyak

      Delete
  28. Menarik ya mbak alur filmnya. Aku jadi pengen nonton deh. Mengenai kesenjangan sosial memang banyak sudut pandang yang bisa diambil. Dan aku jadi makin penasaran Ada rahasia besar apa di balik rumah indah pak Park?

    ReplyDelete
  29. Aku juga udah nonton mba. Penonton kaya dibawa naik rollercoaster gitu ya. Udah seneng-seneng eh taunya huffftttt

    ReplyDelete
  30. Teh, aku cuma mau kasih tau, gegara teteh sering review drama korea, aku jadi ikutan nonton lho.. walaupun masih sering kepotong-fotong.. dan film parasite 2019 ini film pertama korea yang aku tonton dibioskop lho hohoho

    ReplyDelete
  31. Film sederhana yg punya alur bagus mbak. Apalagi ada nilai2 bagaimana terus berjuang, apalagi bicara kesenjangan sosial, upah dan sebagainya.

    ReplyDelete
  32. Udah penasaran saat baca review-nya di blog mba Nia, tambah penasaran setelah baca tulisan mba Jihan Davincka terus makin tak tertahankan setelah baca tulisan ini. Saya harus donlot filmnya nih ����

    ReplyDelete
  33. Selalu dapat info baru dari film film yang belum aku tonton. Keren teh dengan konsisten nulis review film

    ReplyDelete
  34. Iyaa, kemarin aku dapet spoiler tentang film Parasite ini. Dengerin temenku cerita kayaknya seru, trus baca review ini lagi jadi makin penasaran sama filmnya deh

    ReplyDelete
  35. baca endingnya revienya jadi tambah penasaran dengan film ini.. hehehe.. makin bertanya-tanya kenapa dengan rumah besar yah hihih

    ReplyDelete
  36. Baca sinopsisnya ko ku jadi penasaran ya apa yang mereka perbuat di rumah nya pak park itu? Jangan jangan..... ah sudah lah

    ReplyDelete
  37. ih ini film aku kmren nonton sih, cuma karna aku dasarnya kurang suka drama korea, tp setelah baca aku jd pengen nonton lagi deh kli aja bisa paham gitu

    ReplyDelete
  38. Reviewnya bikin ku makin penasaran ingin nonton, duh banyak sekali wishlist tontonan ku nih, kapan kelarnya ya hehehe.

    ReplyDelete
  39. Cukup banyak hype yang beredar soal film Parasite ini. Cuma, karena saya orang yang ga doyan nonton bioskop. Jadinya, niat itu saya kurungkan saja. Dan, kenapa pas baca blog ini, jadi kepikiran buat nonton ya? Hmmm...

    ReplyDelete
  40. Aku pikir awalnya film tentang alien yang menguasai bumi dan menggunakan manusia sebagai inangnya namun ternyata cerita keluarga miskin nebeng kekeluarga kaya. Jadi penasaran dengan rahasia rumah itu....

    ReplyDelete
  41. Hedeh kirain Nia Ramadani beneran ngeblog wkwkwkw :P
    Iya mbak aku baca2 juga film ini alur dan genrenya gak sesuai pakem ya? beneran aku pengen nonton tapi aku gak bisa ke bioskop :(
    Ini dah ada dunludannya blm sih? Ada rekomendasi nonton/ dunlud dmn? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca komen Mbak Chichie ternyata belum ada di Netflix ya trus aku kudu nonton dmn? hihihi Kmrn gak bisa nonton pas filmnya tayang hiks cedih

      Delete
  42. Aku udah nonton film ini juga, seru banget mainin emosi penonton. Ada khawatir, seru, sebel, sedihnya juga. Aku paling suka karakter KiJung, bedes banget wkwkwk

    ReplyDelete
  43. Asli makin penasaran dengan film ini. Tapi di download film korea sudah ada apa belum ya? Apalagi udah baca review begini makin penasaran.

    ReplyDelete
  44. Duh, aku makin penasaran sama film ini.. Banyak yang bilang bagus dan banyak plot twist.. Cuss, bakal langsung nonton kalo udah bisa download nanti..

    ReplyDelete
  45. Keren banget filmnya dapat penghargaan cannes. Kalau intip blog teteh suka jadi bisa ngobrol sm kdrama lovers haha

    ReplyDelete
  46. Asli beenran penasaran Sama kelanjutannya mbaa. Di Tutup Ada ga sih? Huhu. Film keluarga yaa ini, pengambilan sudut pandangnya unik

    ReplyDelete
  47. Oalah ini film yang lagi booming yang katanya bagus banget buat ditonton yaa, aku belum pernah nonton filmnya sih tapi kayaknya seru film yang ber-genre thriller ini

    ReplyDelete
  48. Wah, film ini. Sukaaaa banget. Komedinya tragis. Bikin ngekek sekaligus mikir. Jadi reminder ke diri supaya jangan ngomong sembarangan ya. Kita tak pernah tahu soalnya yang mana dari ucapan kita yang mungkin nyakitin orang lain.

    ReplyDelete
  49. Park Seo Joon, ganteng banget.. *uups
    Btw kak, aku seneng bangett sama review film kamu, jadi penasaran pengin nonton langsung

    ReplyDelete
  50. Demi mwnsejahterakan keluarganya, bisa jadi orang menghalalkan segala cara ya. Tadinya orang baik2 begitu mwlihat ada kesempatan, maka ia jadi lupa diri.

    ReplyDelete
  51. Film ini memang pantas mendapatkan penghargaan Ya karena memang skenarionya dan jalan ceritanya yang luar biasa

    ReplyDelete
  52. Untung tak dapat diraih, Malang tak dapat di tolak. Intinya kalau belum rejekinya, ya sudah gitu ya. Karena untung sama malang itu sebenernya bergantung rejeki kita saat itu kan ya.

    ReplyDelete
  53. Untung tak dapat diraih, Malang tak dapat di tolak. Intinya kalau belum rejekinya, ya sudah gitu ya. Karena untung sama malang itu sebenernya bergantung rejeki kita saat itu kan ya.

    ReplyDelete
  54. Saya bukan penggemar film Korea tapi setelah baca review film ini kok jadi tertarik pengen nonton ya hehehe

    ReplyDelete
  55. Parasite ngetop banget ya jadi bahan perbincangan di sosmed, seperti di Facebook. Aku baca bbrp teman yang review film ini juga. Jadi penasaran deh

    ReplyDelete
  56. Kaya senang ya kalau lihat film keluarga kekurangan keuangan tapi bahagia menjalani hidup.

    Biasanya film hanya menceritakan kisah inspiratif

    ReplyDelete
  57. aku juga baru selesai nonton film ini. asli deh nggak nyangka twistnya bakal begitu. keren!

    ReplyDelete
  58. Twistnya unpredictable banget ya Mak
    Siap2 mau nonton aaahhh :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  59. fix today aku mau nonton Parasite ini juga mba Len, btw aku juga jadi suka drakor lho ini gegara mampir k blog nya mba Lendy haha

    ReplyDelete
  60. Udah baca reviewnya mbak nia daniaty. Eh? Dan aku makin penasaran dong sama filmnya. Serem nggak sih?

    ReplyDelete
  61. Social Gap memang bisa menimbulkan masalah bagi beberapa orang. Apalagi kalau udah timbul kecemburuan. Ngeri juga, ya

    ReplyDelete
  62. Teh Lendy membuatku jadi penasaran ingin nonton film Parasite ini, soalnya di grup keluarga lagi ngobrolin ini juga sih.

    ReplyDelete
  63. Parasite ini direview banyak blogger ya Lend...penngen nonton tapi aku masih 17+ nih wkwkwk..

    ReplyDelete
  64. Aku sudah nonton filmnya, bareng Yasmin.
    Iya, doi yang ajakin.
    Gini katanya, "Bunda, harus nonton film ini, teman Yasmin sangat merekomendasikan!"
    Akhirnya aku tergoda.
    Awalnya sempat rada-rada malas, karena kata Yasmin filmnya lebih dari 2 jam

    ... dan Yasmin benar!

    Bagus bingit!
    Yang belum nonton, harus nonton ya^^

    Banyak pelajaran hidup di dalamnya, di antaranya:
    - Kekompakan dalam keluarga adalah segalanya, baik suka maupun duka, kudu kompak!
    - Peliharalah amanat dari seseorang yang sudah memberikan kepercayaan
    - Bekerjalah dengan tulus dan jujur. Menghalalkan segala cara hanya akan menguntungkan sementara saja


    ReplyDelete
  65. Intinya kt hrs sungguh2 ya kalau mengerjakan sesuatu. Krn manusia memang cenderung ambisi akan sesuatu dan lupa sama "cinta" yg hrs dia sertakan disetiap hal yg lakukan.

    ReplyDelete
  66. Mbkk... Racun banget yaa hahaha. Kujadi pingin nonton. Pingin download ah..

    ReplyDelete
  67. jadi penasaran deh, rahasia besar apakah itu. Baca sampai akhir ternyata nggak dikasih clue sedikitpun. Huhu... kan harus nonton jadinya

    ReplyDelete
  68. Lagi happen banget ya film parasite ini. Entah kenapa aku gak gitu suka nonton K-drama tapi kalau pada heboh ngomongin jadi.penasaran hihi

    ReplyDelete
  69. Mba ini ada horornya yah? Kalo ada horornya jujur Eny takut tapi penasaran hobi nonton trailernya ini. Mau tau kisahnya lebih lanjut wkwkwk kalo mau nonton bisa didownload dmn ahahaha

    ReplyDelete
  70. Jadi penasaran sama film parasite, ini bisa ditonton di mana sih beb kalo mau nonton? Penasaran sama endingnya!

    ReplyDelete
  71. Mbak..dirimu ini kalau ngreview selalu juwaraa. Sampai bikin kepo bacanya. Mupeng nonton jadinya. Seriusan, keren tenan reviewnya..apalagi filmnya ya..
    Duh penasaran!

    ReplyDelete
  72. Filmnya ini ada lucunya, sedih sekaligus tragis ya, dari kemarin diceritain jadi makin penasaran hihi menunggu kapan ya ada di inet #plakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku nonton online kok kak...
      Hehehe...bukan di bioskop juga...

      Delete
  73. Aku udah nonton film ini juga kak gegara ratingnya tinggi hahahah, pas endingnya duh sedih banget yah. Tp intinya dari film ini apapun yg dilakukan secerdas apapun kt, jgn pernah menipu krna akan berakhir dgn tdk baik bahkan tragis

    ReplyDelete
  74. Ini jadi salah satu pilem yang aku ingin nonton tapi sampai skarang belum terwujud. DUh beneran makin pengen karena sesuai dengan kondisi terkini

    ReplyDelete
  75. Baca postingan Mba nih lengkap kayak lagi nonton. Jadi kayaknya aku ga perlu nonton lagi deh. Btw keluarga miskin di korea itu keknya juga gak semiskin di kita yah. Apalagi yang sampai tidur di kandang kambing

    ReplyDelete
  76. Baru kali ini aku bisa ngikuti review film Korea. Biasanya selalu gak terlalu paham, tapi inibjelas bgt jalan ceritanya dan kayaknya aku tertarik untuk nonton, hahaha. Akhirnya tergoda juga dama film Korea. Ke mana aja aku����

    ReplyDelete
  77. Ah iya keingetan udah baca reviewnya film ini. Tapi siapa yang menulis ya? Lupa haha. Mungkin aku baca di blog Ria Rochma.

    ReplyDelete
  78. kirain dulu tuh film ini tentang kisah misteri. lha matanya disensor begitu. hihi. ternyata banyak humornya juga sih... dan penuh ironi

    ReplyDelete
  79. Aku penasaran bnget sama alurnya teh keren ya ini ide ceritanya,, naex hrs bngt ini ditonton

    ReplyDelete
  80. pernah baca reviewnya di blog siapa gitu, dia nulis lengkap seperti aku ikutan nonton. Duh, ngeri banget endingnya kayak gitu.

    ReplyDelete
  81. seru banget ya, sekarang film ini sedang happening banget ya di Indonesia. Emang sih jiwa parasite itu ga bagus banget di bumi manapun, menarik untuk ditonton ya mbak, film kelas psikologi ini

    ReplyDelete
  82. Jadi dari kemarin nunda nunda terus nih mau nonton parasite.
    Abis baca ini dan ada Oppa park, jadi langsung masukin urutan pertama film yang wajib ditonton diweekend ini

    Lagian, semua pada review film ini 9/10 atau 10/10 .
    Sebagus itu ya ?
    Baiik..

    Semakin ketrigeer untuk ikutan nonton

    ReplyDelete
  83. Akaaak, bagi link-nya dooong.. Pengen donlot. Wkwkw..

    Si Ki Woo ini udah dinehi ati ngrogoh rempela, yaa.. Duh, jangan sampai deh kita jadi kayak keluarga ini, memanfaatkan kebaikan dan kepercayaan yang diberikan orang lain.

    ReplyDelete
  84. Aku udah nonton. Sendirian. Endingnya lumayan tidak terduga. Hiks sedih dan ironis ya. Kadang aku mikir gimana gitu. Udah gitu beberapa hari kemudian ketemu rombongan di krl eh ambunya (baunya) kayak yg digambarkan di Parasite

    ReplyDelete