Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Medan

Bismillah,


4 Jenis Souvenir Khas Medan.
Hola sahabat lendyagasshi.


Apa yang pertama kali terlintas di pikiran sahabat lendyagasshi ketika mendengar kata Medan?
Sudah pasti tanah Batak dengan aneka adat budaya serta makanan-makanannya, bukan? 

Ya, tidak salah memang.
Medan identik sekali dengan budaya bataknya. Tak lupa aneka macam makanannya yang jadi oleh-oleh saat pulang dari sana. 

Seperti yang sahabat lendyagasshi ketahui, aku mempunyai tempat khusus mengenai Medan ini di hatiku. Karena sejak lahir hingga berusia TK, aku dibesarkan di sebuah kota kecil di Medan, yakni di Pangkalan Brandan. Sehingga jika ada kesempatan dan rejeki, ingin rasanya berencana pergi ke Medan. Bahkan, aku sempat menuliskan salah satu tempat liburan favoritku.

Baca juga:

5 Tempat Liburan Favoritku


Karena kini sudah masa endemi, boleh donk kita bersemangat travelling dan mulai pesan tiket pesawat ke Medan sekarang juga. Dan jangan lupa, sekaligus booking juga tiket Railink Bandara Medan, supaya perjalanan setibanya di Medan bisa lebih tenang, nyaman dan lancar.


Tapi, tahukan sahabat lendyagasshi bahwa oleh-oleh khas Medan tak hanya makanan, lho!

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Medan, Sumatera Utara

Inilah keistimewaan Medan. Saat berencana ke Medan, maka saat pulang, jangan hanya membeli makanan atau minuman saja. Namun, tak boleh ketinggalan cinderamata atau souvenir khas Medan. Dan malahan, jika kamu memberikan souvenir-souvenir ini ke teman, saudara, atau kolega, maka akan lebih dikenang. Sebab oleh-oleh berupa barang seperti ini sifatnya awet dan tahan lama. 


 

Ide Oleh-oleh Selain Makanan atau Minuman dari Medan


Kain Ulos

Souvenir yang satu ini jelas, kain ulos. Kainnya orang Batak. Kain khas yang punya sejuta makna untuk orang Sumatera Utara. Kain yang banyak dilibatkan di dalam aneka acara adat. Dari mulai kelahiran anak, pernikahan, serah terima jabatan, atau yang lainnya.

Rekomendasi oleh-oleh khas Medan, Motif ulos batak

Kain ulos, secara harfiah berdasarkan bahasa, itu artinya kain. Suatu produk yang dihasilkan dengan cara ditenun dengan menggunakan alat tenun tradisional. Dan bukan oleh mesin. Proses pembuatannya mirip dengan pembuatan songket, kain khas dari Kota Palembang. Kain Ulos secara turun temurun dibuat dan dikembangkan oleh masyarakat suku Batak.

Kain ulos sendiri bentuknya panjang seperti selendang. Dan bisa dipakai secara langsung di badan, atau juga diikatkan di bagian kepala. Pada umumnya warnanya merah, dengan tambahan corak merah, corak putih, atau corak hitam. Dan sebagai penghias, ditambahkan aneka ragam tenunan yang dibuat dari benang emas atau benang perak.

Jangan salah, membuat kain ulos itu lumayan rumit, dan memerlukan waktu yang lama. Karena itu harga jual kain ulos ini lumayan tinggi. Kamu bisa beli kain ulos ini di berbagai toko atau mall yang ada di Medan. Harganya bervariasi berdasarkan tingkat kerumitan.


 

Batik Medan

Kain batik tak hanya milik suku di tanah Jawa. Orang Medan juga punya batik. Meski batik Medan baru dikembangkan beberapa waktu ke belakang, dan belum selama batik di tanah Jawa, akan tetapi batik Medan ini patut diperhitungkan.

Rekomendasi oleh-oleh khas Medan, batik khas Medan
source : bukalapak

Batik Medan, motifnya banyak terinspirasi dari aneka kebudayaan masyarakat Sumatera Utara. Rai mulai Tapanuli Utara (Toba), Karo, Mandailing, Simalungun, Tapanuli Tengah, dan Pakpak Dairi. Motifnya itu bercorak kain ulos Batik, motif batik Hari Hara Sundung di Langit yang berasal dari Batak Toba, serta motif batik Pani Patunda dari Simalungun.v

Selain motif batik suku batak, batik Medan juga punya motif batik Melayu. Misalnya saja motif Pucuk Rebung, motif Itik Pulang Petang, motif Semut Beriring, motif Tepak Sirih, dan berbagai motif melayu lainnya.

Saat ke Medan, sahabat bisa mencari aneka motif batik Medan ini di berbagai toko. Harganya pun bervariasi berdasarkan bahan dan juga tingkat kerumitannya.


 

 

Kaos Medan

Nah ini adalah oleh-oleh bukan makanan yang paling populer di mana-mana. Di tiap kota atau daerah pasti ada. Begitu juga di Medan. Ada yang namanya Kaos Medan. Dan ya, seperti halnya di kota-kota lain, kaos Medan juga mengangkat hal-hal yang berbau Medan.

Misalnya saja bahasa Batak yang kocak atau penuh motivasi, gambar-gambar ikon kota Medan, gambar-gambar kesenian kota Medan, dan lain-lain. Sebagai contoh misalnya adalah kaos dengan gambar becak Medan, atau kaos bergambar Istana Maimun, hingga kaos yang bergambar danau Toba.


Rekomendasi oleh-oleh khas Medan, Kaos Medan
source : website sribu

Kaos Medan juga bisa kamu beli di banyak tempat. Misalnya saja toko kaos "Medan Bah" yang berlokasi di Jalan Wahid Hasyim Medan. Kamu tahu kedai Durian Ucok? Nah toko ini bersebelahan.


 

Aneka Produk UMKM Medan

Yang satu ini bentuknya aneka macam. Kamu bisa membeli aneka produk hasil buatan UMKM yang ada di Medan. Selain makanan, ada juga yang membuat handicraft yang unik-unik. Tempatnya bisa di Pojok UKM Deli Serdang.

Produk-produknya misalnya saja tas, gantungan kunci, box multifungsi, pakaian, sepatu, sandal, hiasan dinding, hiasan lemari, ukiran, miniatur, dan lain sebagainya. Harganya bervariasi berdasarkan bahan dan tingkat kerumitan.

Rekomendasi oleh-oleh khas Medan, produk UMKM Medan

Belanja oleh-oleh hasil UMKM tak hanya membuatmu punya barang souvenir sebagai koleksi sendiri atau dibagikan ke orang lain, tapi juga membelinya juga berarti kamu ikut mendukung anak-anak bangsa untuk maju. Anak-anak Medan untuk maju. Yuk dukung mereka untuk bisa berkembang, maju, dan bahkan naik kelas.

Baca juga:

Resensi Buku Baper, Rhenald Kasali


Itu list 4 oleh-oleh dari Medan yang bukan merupakan makanan dan minuman. Saat ke Medan, sahabat lendyagasshi harus membelinya. Sebab barang-barang khas Medan seperti ini akan susah didapatkan di tempat sahabat tinggal. Dan jika pun ada, harganya akan sangat mahal.


Supaya lebih lengkap, belanja juga makanan dan minuman khasnya juga yaa..
Di Medan ada banyak sekali makanan dan minuman enak yang sudah populer. Misalnya saja Bika Ambon, Bolu Meranti, Olahan Durian, dan lain-lain.


Ayo ke Medan, ayo pesan tiketnya di Traveloka, sekarang juga!

Happy Travelling.


With love,



35 comments for "Rekomendasi Oleh-oleh Khas Medan"

  1. Yang langsung terpikir tentang medan ya bolu meranti. Kalau ulos itu mahal tapi worthed it, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya malah ingatnya langsung sama bika Ambon hehehe
      Enak dan selalu pengen nambah

      Delete
  2. kaos khas Medan gambarnya lucu banget ya kak, jadi pengen punya satu tapi mesti datang ke Medan langsung ya jadi bisa merasakan sendiri atmosfer Medan gimana.

    ReplyDelete
  3. waaah bagus-bagus bangeeet.. jadi pengen ke medan deh :) cantik yaa kerajinannya, khas banget :)

    ReplyDelete
  4. Oleh-oleh Medan mah keren-keren mbak. Kami 3 tahun berdomisili disana. Ah, baca ini jadi kangen ma Medan

    ReplyDelete
  5. Oleh oleh yang selalu saya ingat dari Medan ya Bika Ambon. Eh ternyata ada banyak oleh-oleh lainnya ya
    Kain ulos dan batik Medan saya belum punya malah

    ReplyDelete
  6. Kangen pgn balik Medan lagi. Dulu ke sana cuman transit aja di bandara krn mau ke Aceh. Udh kebiasaan tahunya cuman Bika Ambon lagi. Ternyata banyak oleh2 yang lain ya kak meski ga bisa dimakan. Hehehe..Aku juga pgn beli kain ulos. Unik banget.

    ReplyDelete
  7. Tasnya motifnya mirip notif orang dayak.. hampir sana ya dengan Medan..

    ReplyDelete
  8. Salah satu kota yang pengen banget kudatangin nih kak Len, apalagi mamaku kan orang Minang, yaaah deket lah Sumbar dan Sumut hahahaha. Jatuh hati sama destinasi wisata dan berbagai produknya, semoga segera bisa ke Medan!

    ReplyDelete
  9. Duh pengen bangett ke Medaaaaaan, makanannya juga kayaknya enak2 inii <3
    Mudah2an bisa kesana suatu saat <3

    ReplyDelete
  10. Ayu Natih Widhiarini6/23/2022 08:55:00 PM

    Medan juga banyak punya kain khas yaa mba, seperti di Bali juga ada kain endek dan songket..

    ReplyDelete
  11. Waaah ada kain khasnya jugaaa. Bagus banget sih. Jadi pingin beli deh. Open jastip gak kak?

    ReplyDelete
  12. Wah iya, Medan punya banyak oleh oleh yang ngangein ya teh
    Aku belum pernah jalan jalan ke Medan
    Semoga someday bisa kesana

    ReplyDelete
  13. Waahh kain ulosnya cantik sekali ❤️❤️❤️
    Ingin ke medan dan membelinya langsung deh, ehhehe langsung ceki ceki harga tiket pesawat aahhhh ✈️

    ReplyDelete
  14. Motif kain ulos dan batik dari Medan memang khas banget, terutama gambarnya, selain itu ternyata banyak juga oleh-oleh khas dari Medan ya, bagi yang mengunjungi Kota Medan jangan lupa oleh-olehnya.

    ReplyDelete
  15. Naksir banget sama kain-kain ulosnya. Khas dan cantik banget.

    Selama ini seringnya dapat oleh oleh dari Medan bika Ambon sama bolu Meranti.

    Eh, ternyata ada banyak lagi oleh-olehnya ya.

    ReplyDelete
  16. Batik Medan khas banget, ya. Warna bold dengan corak yang tegas. Cantik. Semoga suatu saat bisa jalan-jalan ke Medan.

    ReplyDelete
  17. Punya kenangan tentang Medan, anak pertamaku lahir di Pangkalan Brandan dirujuk ke Medan dan meninggal di sana...diterbangkan ke Kediri untuk dimakamkan. Anak kedua numpang lahir di Kediri dan menjalani masa batita di Pangkalan Brandan sebelum kami pindah ke Jakarta
    Pengin nostalgia lagi ke sana ke Pangkalan Brandan, ke Medan dan sekitarnya, Banyak oleh-oleh khas yang ngangenin...semoga segera:)

    ReplyDelete
  18. Kain ulos kayak.y bagus banget deh, jadi pengen punya jg pas ke medan.

    ReplyDelete
  19. Motif batiknya tsakep bangettt
    Aku baru sekali pergi k Medan.

    Pengin euyyy suatu saat k sana lagiiii

    ReplyDelete
  20. kalau sy ke medan , utk oleh-olenya biasanya beli bolu meranti mba

    ReplyDelete
  21. kemaren pas ke medan aku beli aja mbak len di bandara, tapi beli bolu zulaika sama sirop aja yang pasti kemakan. bolu yang terkenal itu dari medan bolu meranti ternyata blm ada halalnay huhuhuhu

    ReplyDelete
  22. Kapan bisa ke medan nih.. makasih rekomendasinya Mba, sangat membantu barangkali saya ada kesempatan ke sana..

    ReplyDelete
  23. Yaa lalh semoga suatau saat dapet rezeki buat main main ke medan

    ReplyDelete
  24. Semoga bisa ke Medan nih suatu saat. Aku punya teman lama juga di sana. Kain ulos yang pengen banget punya

    ReplyDelete
  25. Kain ulos dan batik Medan cakep banget yaaa. Orang umumnya kalo ke Medan taunya cuman bawa bolu doang. Hahaha.

    ReplyDelete
  26. kaos yang digunakan sebagai cinderamata banyak digunakan di beberapa daerah wisata, hanya berbeda kualitas dan muatan lokal yang digunakan sebagai labelnya

    ReplyDelete
  27. Selama ini belinya bika Ambon sama bolu Meranti. Ternyata masih banyak yang lain. Terima kasih infonya

    ReplyDelete
  28. Ngomongin Medan aku paling suka sama bolu Meranti yang keju. Bener2 nggak ada duanya. Sayangnya jauh bangettt dari Malang. Pernah pesen sih tapi nggak fresh gitu kalau order online dg jarak sejauh itu.

    ReplyDelete
  29. Kalau dengar kata Medan, yang aku ingat adalah Danau Toba. Hehee.. Duhh pengen banget berwisata kesana. Oleh-olehnya cukup foto-foto kece aja deh banyak-banyak. Hahaa.. Tapi aku suka dengan kain tenunnya. Cakep dan unik.. 😍

    ReplyDelete
  30. Aku dulu bolak balik ke Medan buat Lebaran pas nenek-kakek masih hidup. Kalau perihal oleh-oleh kepikirannya selalu makanan haha

    ReplyDelete
  31. paling sering aku dapetnya oleh-oleh bolu meranti ahahhah, aku punya beberapa kain tenun dari timur, sabi nih yaa beli yg kain ulos

    ReplyDelete
  32. Awalnya udah insecure pas ngetok pintu rumah mbak.. seperti biasa, aku mati gaya kalo mbak bahas perdrakoran, wkwk

    Eh alhamdulilah bahas yang baru nih buat saya.. alhamdulilah dapet Insight baru dong syaahh.. makasiii

    ReplyDelete
  33. Kok lucuuu kaos Ucok-Butetnyaaa... aku cuma tahunya bolu meranti dan kain ulos, uuhh kupernyaa

    ReplyDelete
  34. Aku punya temen nih orang medan tapi belum pernah main ke sana. Medan tuh khas banget. Apalagi produk umkm nya itu keren keren banget. Unik dan tradisional.

    ReplyDelete