event Blogger,

Sumbangsih Danone Indonesia Untuk Negeri

Sunday, April 09, 2017 Lendy Kurnia Reny 27 Comments




Assalamu`alaykum sahabat,

Kalau aku sebut Danone....yang terpikir pertama kali di benak sobat semua apa?
Pasti AQUA yaa...Air Mineral Dalam Kemasan (AMDK) yang biasanya kita minum sehari-hari di rumah. Dan AQUA ini praktis banget di bawa bepergian karena tersedia dalam beragam kemasan plastik. Dari mulai kemasan gelas 240 ml, botol 330 ml, 600 ml, 750 ml dan 1500 ml serta kemasan galon 19 L untuk menunjang kegiatanmu yang dinamis agar terhindar dari dehidrasi. 


Praktis dan mudah dibawa ke mana-mana. Tapi tahu gak, sobat...kalau AQUA dulu sempet dicemooh sama orang-orang yang selalu minum dengan air yang dimasak. Katanya, cuma pemborosan kalau air aja mesti beli.

Seiring berjalannya waktu, hidup dan bumi ini makin tidak seimbang. Dengan pertumbuhan manusia yang semakin cepat dan bumi yang semakin menua disertai dengan tingkat kesadaran manusia yang menurun untuk menjaga lingkungan, maka air di bumi kita ini sudah tidak bersih lagi. Banyak pencemaran terjadi, apalagi di kota-kota besar. Air banyak mengandung zat-zat berbahaya yang terlarut di dalamnya dalam jumlah yang intoleran jika sengaja di konsumsi terus-menerus. Sebut saja Zn (Zinc), Cu (tembaga), Fe (besi), Mg (magnesium), dan masih banyak kation bebas lainnya yang terlarut di dalam air. Dan tentunya, kation-kation ini berikatan dengan anion. 

Jadi kebayang yaa...kalau kita minum air yang dimasak dari sumber air keran yang penjernihannya pakai tawas atau kaporit?
*hiiih....serrem!


Solusinya?
Yaa...beralih ke AMDK yang aku sebut di atas. Kenapa milih AQUA?

1. Karena AQUA mudah didapat dan pendistribusiannya lancar
2. Diambil dari mata air yang sudah diteliti selama lebih dari 2 tahun untuk mengetahui kelayakannya.
3. Di proses di pabrik secara higienis.
4. Dan sudah dipastikan limbah pengolahan air AQUA tidak mencemari lingkungan.
5. Banyak program AQUA yang melibatkan masyarakat sekitar.





Nah...
Dalam hal ini, AQUA di bawah payung Danone Indonesia giat melaksanakan program, baik dari sisi pelestarian lingkungan hingga ke meningkatkan Sumber Daya Manusia di Indonesia, karena misinya adalah selalu ingin melakukan program untuk menyehatkan konsumen Indonesia. Program yang sudah berjalan diantaranya AKSI (AQUA untuk Keluarga Sehat Indonesia), AuAI (AQUA untuk Anak Indonesia), WASH (Water Access, Sanitation and Hygiene),  dan berkomitmen untuk menanam 10.000 pohon dalam setahun.


source : twitter @aqua_lestari


Pemakaian plastik pada botol AQUA juga menjadi sorotan publik. Bagaimana menghadapi limbah yang satu ini. Maka dari itu, dikampanyekan untuk selalu meremas kemasan AQUA yang telah dipakai, agar memudahkan untuk proses selanjutnya, daur ulang. 


Boleh diisi (ulang) kembali dengan air minum AQUA gak siih...kalau untuk botol plastik?
Kalau untuk air dengan suhu normal (tidak dipanaskan), botol AQUA masih bisa digunakan kembali. Dan tidak untuk disimpan dalam waktu yang lama. Ini juga salah satu langkah kita untuk mengurangi limbah. Memanfaatkan kemasan AQUA untuk hal yang berguna.


source : pinterest



DIY kreasi dari botol bekas

Ide kreasi dari botol bekas



Karena AQUA berdiri di atas 4 pilar untuk lingkungan, yaitu :

1. Melestarikan air dan lingkungan
2. Praktik perusahaan ramah lingkungan
3. Pengelolaan distribusi produk
4. Melibatkan pemberdayaan masyarakat


Terbukti dengan pengelolaan limbah yang baik sehingga saat kembali ke lingkungan pun tidak mencemari. Dan setelah diadakan program penanaman 10.000 pohon per-tahun, dapat dilihat penurunan kadar karbondioksida di sekitar pabrik AQUA sebesar 23 % sejak program ini berjalan di tahun 2008.


Danone Indonesia adalah perusahaan besar yang bertujuan untuk memberikan kebaikan ke masyarakat luas. Maka produknya pun mulai beragam dan kesemuanya adalah produk kesehatan. Seperti produk-produk dari Sari Husada (susu Lactamil dan SGM) dan Nutricia (Bebelac, NutrilonNeocate dan Nutrini Drink). Produk ini disebut produk Early Life Nutrition.

Produk Danone Indonesia yang lain adalah yoghurt Activia 


Dengan begitu banyak produk dari Danone Indonesia, hendaklah kita menjadi konsumen yang bijak dalam memilih. Setelah itu, bijak dalam mengelola limbah. Karena semua yang kita lakukan saat ini akan dipetik oleh anak-cucu kita nantinya.


Sekian hikmah dari acara Gathering Danone Indonesia bersama rekan media dan blogger. Semoga bermanfaat.


Sesi foto bersama pejabat Danone Indonesia, sahabat media dan blogger Bandung



Salam hangat,









You Might Also Like

27 comments:

  1. Danone banyak juga ya produknya. Yang kuingat mah cuma biskuat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah...biskuat sudah bukan produk Danone, mas.

      Sudah diakuisisi sama Kraft.

      Delete
  2. hehehe aku kerja di pabrik yang support Aqua pembuat gallon, tutup gallonnya hahaha so menurut aku AMDK memang sekarang merajai y mba akupun salah satu customer setia Aqua :p

    ReplyDelete
  3. Aku juga minum aqua kebeneran di rumah. Hehehehe program CSR, concern terhadap lingkungan dan sosial ini memang jadi sumbangsih positif untuk negeri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah..
      Banyak perusahaan besar sekarang memperhatikan lingkungan.

      Semoga perusahaan lain juga tergerak dan bersama menjaga kelestarian alam.

      Delete
  4. Aku minum Aqua daribAqua galon harga 4000rb sampai sekarang 16rb...ga bisa pindah ke lain hati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyayaa...dulu harganya 4 rb yaa..

      Sekarang 16.500 kalo di tempatku.

      Dan aku pun hanya bisa minum AQUA.
      Kalo airnya beda, tenggorokan langsung sensitif.

      Heu....

      Delete
  5. Dr merk air mineral yg ad cuma ini yg jd lngganan tetap d rmh... slin jlas pbrikny jg kmasanny yg rmh lingkungan

    ReplyDelete
  6. Mbak aku baru tau kalau susu-susu yang mbak sebut tadi masih satu perusahaan dengan Aqua. Baru tahu juga kalau inovasi aqua pd jaman dahulu dicemooh, nyatanya skrng di setiap rmh tangga selalu ada Aqua. Emang lbh percaya Aqua sih ketimbang merk lain atau rebus air sendiri buat minum sehari2.
    TFS

    ReplyDelete
  7. betul juga itu daripada botol aqua menjadi sampah dan menumpuk menjadi limbah yang bisa membuat banjir atau hal buruk lainnya. Alangkah baiknya di olah kembali menjadi bahan kerajinan tangan yang bisa di jual kembali lagi.

    ReplyDelete
  8. eh saya kira danone ini cuma aqua saja. hehe aqua mah sudah merajai bahkan di suatu daerah yang tidak jual aqua sering kita sebut ada aqua .

    ReplyDelete
  9. keliatannya sekarang merk apapun kalau bentuknya air kemasan mesti disebut aqua hehe.. padahal merknya mgkn bukan aqua, tapi orang mesti bilang "tolong donk beliin aqua"

    Danone setau saya banyak memberikan sumbangsih untuk daerah yang kurang air. Trus ada kompetisi bola juga yg disponsori danone

    ReplyDelete
  10. Nah kamu ya ... Ternyata yang jarang banget ikut discussion di Pojok.. Pan jadinya aku ga ngeh pas ketemu itu kamu.. Wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini ngomongin aku, mak Yul...?

      Aku gak pernah muncuk karenaaaa...

      Hiihhii...malu.
      Aku kan pemalu, mak.

      Delete
  11. Botol-botol aqua yang di gambar atas, yang ada princess nya aku baru lihat, dan sebelahnya sepertinya kemasan khusus yah? Aku sih sukanya Aqua, lebih terjamin kwalitasnya

    ReplyDelete
  12. Yang penting jangan sampai sakit gara-gara pengen irit. Hehe... Seperti beberapa hari lalu, saya nguping ibu-ibu di tempat kursus. Yang satu pilih Aqua, yang satu pilih air isi ulang tapi direbus lagi. Wkwk..
    Bagus tuh, wadah Aqua bisa dimanfaatkan buat jadi pot atau kalau dikumpulkan bisa disalurkan ke pemulung.

    ReplyDelete
  13. Danone mmg terkenal sbg brang yg peduli lingkungan. Salut deh

    ReplyDelete
  14. aku jg di rumah konsumsinya aqua yang kemasan galon, karena lebih praktis aja dibanding harus ngerebus air dulu hehe.. ternyata danone udah banyak bikin program bagus untuk lingkungan ya teh, aku kalo lagi pulang ke sukabumi sering tuh lewat pabrik aqua :D

    ReplyDelete
  15. Aku selalu salut sama Danone karena begitu peduli sama lingkungan. Semoga bakal banyak perusahaan-perusahaan yang peduli seperti Danone peduli pada alam dan penduduk Indonesia, ya.

    ReplyDelete
  16. Wah hasil kreasi botol aqua bagussss, bisa memanfaatkan barang bekas jadi hal yang berguna.
    Btw, rasa segar Aqua memang beda dibanding yang lain

    ReplyDelete
  17. perjalanan pjg ternyata ya untuk aqua bs eksis smpe skrng dan tetep jadi no.1

    ReplyDelete
  18. aku di kost konsumsi aqua, sampe botolnya tumpeh-tumpeh menuhin kamar hahahah
    udah cocok sih sama aqua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yaa, Nyi.
      Gampang didapat juga jadi alasan utama aku milih Aqua.

      Delete
  19. Wah kreasi dari botol bekasnya keren2... Kalau ada tutorial bikinnya mau juga dong :)

    ReplyDelete
  20. wiiihh kreasi botol aquanya lucuuukkkk. Musti kreatif sih ya biar ga jadi limbah

    ReplyDelete
  21. Aku minum aqua dari segalon cuma 4000 xixi, meski sekarang harganya berlipat..ga niat pindah mineral brand lain

    ReplyDelete