Blogger Perempuan Network,

Ramadan Day 9 : Gigi Sehat Mulut Rumahku

Tuesday, May 14, 2019 lendyagasshi 74 Comments

Bismillah,

Gigi Sehat

Pasti pada auto-nyanyi deeh...kalau baca judul di atas.
Iya, 
Gigi sehat adalah idaman banyak orang. 


Dulu waktu baru memiliki anak pertama, aku sama sekali gak kepikiran untuk merawat gigi sejak bayi. Yang aku tau, gigi anak-anak mah...gak akan rusak. Atau kalau rusak, akan berganti kaan... 
Jadi aman laah...

Ternyata,
kejadian bener.

Gigi kaka Ai setelah usia 3 tahun ke atas, tenyataaa.... heemm...banyak yang karies, bahkan lubang. Sehingga, kaka kadang gak pede mau senyum. Tipenya bukan rusak yang gigis (kaya aku waktu kecil siih...), tapi tipe gigi yang kuning-kuning gitu loo... 
**keropos?

Kaka usia 5 tahun, giginya sudah ada beberapa yang goyang
Bahkan,
kata dokter gigi, ada gigi kaka yang seharusnya belum berganti, tapi sudah goyang. Jadi saran dokter, pertahankan selama mungkin yaa, Bu...

Huhu...tau kan...kalau gigi uda goyang dan di pakai ngunyah makanan rasanya gimana?

Iyaa...
Kaka Ai sering mengeluh sakit, gak enak, gak nyaman.

Ujung-ujungnya apa?
Ia selalu makan permen S*G*S. Karena dulu pernah kejadian, makan permen tersebut, lalu gigi goyangnya bisa lepas sendiri. Ia sepertinya trauma dengan peralatan cabut gigi dokter atau dicabut paksa sama aku.
Hhahaa...horror si mamak...

Lalu,
Sejak kejadian itu, aku belajar lagi...
Pas anak kedua, aku gak lagi mengulangi kesalahan yang sama.


Hana giginya sampai sekarang masih bagus, hanya beberapa karies.


Jadi, Tips Merawat Gigi Anak gimana?


   Sebelum tumbuh gigi, sejak bayi sudah di kenalkan dengan aktivitas membersihkan gusi   
Jadi, jangan di kira anak bayi yang belum punya gigi, lalu tidak di rawat. Ini perlu banget karena bayi juga memiliki bekas ASI yang masih menempel di gusi-gusi dan lidahnya. Jika menumpuk, itu bisa bikin bayi gak nyaman.


   Membiasakan anak minum air mineral   
Karena kaka dulu sukanya minum yang manis-manis (seleranya ganti-ganti, kadang pingin susu, kadang teh hangat) dan bahkan sempat tidak bisa minum air mineral sama sekali. Jadi kemana-mana harus sedia minuman berasa.


   Mengatur pola makan dan asupan gizi anak   
Selain mengenalkan rasa manis, kenalkan juga anak-anak dengan berbagai rasa makanan. Dan jangan biarkan anak-anak mengemut makanan terlalu lama di dalam mulut.

Makan makanan yang banyak mengandung zat besi, agar gigi tumbuh kuat.


   Mengenalkan anak untuk menyikat gigi yang benar   
Sejak tumbuh gigi, jangan lelah untuk mengenalkan anak untuk sikat gigi. 

Mampir juga yuuk..


   Periksa gigi rutin   
Kebiasaan ini yang masih belum ajeg siih...padahal dokter giginya hanya selemparan kolor dari rumahku, huhuuu~

Minimal 6 bulan sekali, biasakan anak memeriksakan giginya dengan rutin. Jadi anak gak takut sama yang namanya dokter gigi.



Nah..
Kalau semua itu sudah dilakukan, in syaa Allah gigi susu anak akan tumbuh baik. Karena terus dipantau dan dirawat. Gigi adalah investasi loo...
Jadi,
Jangan biarkan gigi rusak sebelum waktunya yaa...



Kalau sahabat lendyagasshi, punya tips apa niih..
Agar gigi sehat dan kuat hingga kini dan nanti...
**ini kenapa kaya kalimat iklan siih? wkkwkw...

Berbagi di kolom komentar yuukk...
Haturnuhun.

Happy Fasting, 친ꡬ...



Salam hangat,




You Might Also Like

74 comments:

  1. Sering sikat gigi dan minum air putih itu Mba
    Aku udah ngurangin maem permen. Karena aku dulu sering maem permen gitu,terus kejadian sakit gigi, kapok udah hheee.
    Jadi kalau skrg mau makan permen, bisa jangka waktunya lama banget. Kalau nggak pengen, ngga maem permen hehee

    Maacih Tipsnya Mbak Lendy. Kebetulan ponakan aku juga gini sih. Udah keropos heheee. Apalagi gigi depan hehheee

    ReplyDelete
  2. Tips nya ... Apa yaaa.. udah semua di atas hahahahha... Paling saya sering negur anak anak aja sih, kalau kebanyakan makanan yang mengandung karbohidrat harus langsung sikat gigi

    ReplyDelete
  3. Pernah kejadian juga sama anak pertama aku dan waktu ke dokter gigi karena belum 7 tahun jadi gak dicabut anak laki-laki ini entah lah harus gimana caranya agar mereka bisa ikhlas sikat gigi duh

    ReplyDelete
  4. Thanks mba tips merawat gigi anak, aku izin bookmark ya biar dikasih tau papa nya juga, biar bisa sama sama rawat gigi anak, bukan cuma kenceng ngasih coklat nya aja hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw gemesh banget dek hana, cantik.. giginya bagus. Sejak dari umur berapa mba sudah dikenalkan ke dokter gigi?

      Delete
  5. "Makan makanan yang banyak mengandung zat besi, agar gigi tumbuh kuat."

    Ah, baru tau. Fokusnya masih seputar kalsium, fosfor, sama vitamin D aja nih aku, Mbak. Zat besi kdg takut juga kurang, krn anak susah makan. Jd pake suplemen :(

    Tipsnya sejauh ini, Gosok gigi teratur, ga ngenalin permen ke anak (tapi coklat tetep. Wkk), trus suka lihatin video2 soal kesehatan mulut & gigi biar tambah ilmu.

    ReplyDelete
  6. sama teh, anakku juga mulai umur 5 pada goyang giginya, sekarnag udah tanggal 4, dan mulai tumbuh gigi tetap yang baru :)

    ReplyDelete
  7. Paling susah nyuruh bocah sikat gigi, apalagi anak Lanang kudu dikejar-kejar dulu hiks hiks

    ReplyDelete
  8. kalo anak kecil itu kendalanya adalah susah banget diatur untuk sikat gigi mereka malahan cenderung malas padahal bahaya banget kalo misalkan kta tidak membersihkan gigi sehabis makan apapun gitu

    ReplyDelete
  9. Duhh.. Reminder banget. Aku juga mau menerapkan periksa rutin itu kok ya gak berangkat2. Soalnya dokter gigi rata2 antri aja dimana2. Ngebayangin itu malah gak periksa2 gigi

    ReplyDelete
  10. Bagi saya urusan gigi anak-anak memang PR banget, terus terang biasanya ayahnya yang lebih banyak mengambil alih untuk urusan ke dokter gigi karena terus terang saya trauma berat ke dokter gigi, soalnya waktu kecil pernah ngalami hal yang ngak enak. Jadi solusinya saya pilih lebih baik mencegah...biar emaknya ngak harus berurusan dengan dokter gigi hihihi.

    ReplyDelete
  11. Rajin sikat gigi pastinya hehe, tp tuh aq jujur yah kadang males sikat gigi klu udh malam, nah pas scalling gigi kmrn tuh aq tobat ��

    ReplyDelete
  12. Aku termasuk yg males bersihin gigi anak. Akhirnya anak kelima kecolongan eh giginya rusak

    ReplyDelete
  13. Seringkali orang dewasa itu mengeluh giginya ngilu jika dipakai makan makanan dingin atau makanan manis. Ini sebetulnya karena lapisan giginya sudah terkikis, sehingga ketika makanan menyentuh gigi, bukannya menyentuh gigi melainkan malah menyentuh saraf. Tentu saja rasanya sakit.

    Penyebab gigi terkikis ini ternyata karena pola menggosok gigi yang salah. Mereka menggosok giginya seperti mengamplas. Padahal seharusnya gigi digosok dari dalam ke luar. Dan pola ini adalah kebiasaan yang sudah tertanam di benak orangnya semenjak orang ini masih balita kecil.

    Makanya penting banget mengajari anak kecil itu menyikat gigi dengan benar. Karena ini bertujuan untuk membentuk perilaku yang betul ketika ia dewasa nanti. Biaya perawatan gigi ketika besar itu sangat besar, dan bisa dihemat banyak jika dia belajar tentang cara menyikat gigi yang betul sejak masih balita.

    ReplyDelete
  14. Alhamdullillah waktu kecil putriku Yasmin, sudah mulai aku ajari kiat-kiat di atas dan itu perlu usaha juga, hahaha...

    Jadi secara umum giginya tak pernah ada masalah, Insya Allah.

    Hanya...
    Nah ada 'hanya' nya ne, dulu doi suka minum dari tempat yang ada gagangnya, terus kebiasaan doi yang suka menggunakan lidahnya untuk mendorong-dorong gigi, sehingga perlahan satu gigi depannya agak maju, sehingga sampai sekarang.

    Oleh dokter disarankan pakai kawat gigi untuk alasan estetika sih, and it will costs us a lot.
    Jadi, hmmm, nabung dulu deh...

    ReplyDelete
  15. Alhamdukillah anaku termasuk yabg senang sikat gigi.. malah setiap ke kamar mandi minta sikat gigi.. haha tapi untuk periksa gigi ke dokter bekum nih.. masih takut.. mudah2an next segera bisa periksa rutin

    ReplyDelete
  16. bocah dirumah juga malas sikat gigi. susah bangt diomonginnya :(

    ReplyDelete
  17. Seneng klo lihat anak-anak giginya bagus terawat. Terbayang perjuangan orang tuanya pasti harus konsisten ngajarin membersihkan gigi sebelum tidur dan kebiasaan baik lainnya.

    ReplyDelete
  18. Emang harus konsisten sih yah untuk mengajarkan pentingnya membersihkan kesehatan area gigi dan mulut pada anak

    ReplyDelete
  19. aku sendiri jg bukan yg perhatian sama gigi. akibatnya waktu MCU dari kantor ketemulah 3 lubang dalam dan didiagnosa karies sama dokter. harus meluangkan waktu ke dokter gigi kalau begini ceritanya.

    ReplyDelete
  20. Gigi anakku yang bungsu juga carries and ada yang berlubang gitu. Duh, jadi sedih liatnya. Makanya aku agak keras melarang anak-anak makan permen. Sesekali boleh lah, tapi jangan keseringan

    ReplyDelete
  21. aku nggak bisa kasih tips, karena aku sendiri juga butuh tips ahahha. Emang ya gigi itu wajib banget dirawat sejak dini, karena kalau sudah sakit... uww tak terikra rasanya :D

    ReplyDelete
  22. Terima kasih ya sudah mengingatkan pentingnya membiasakan gosok gigi sejak awal pada anak

    ReplyDelete
  23. Saya baru tahu kalaupun belum punya gigi, dedek bayi juga perlu dirawat gusinya.. Nice inpoh mbak..

    ReplyDelete
  24. Menjaga kesehatan gigi anak memang perlu usaha banget dari orang tua. Soalnya kadang anaknya yang gak bisa diarahin. Seneng minum dan makanan yang manis, tapi susah kalau disuruh sikat gigi sebelum tidur. Walhasil giginya udah ada yang bolong :(

    ReplyDelete
  25. Saya tahu bagaimana rasanya gigi udah goyang tapi gak boleh dicabut. Buat makan susah, dicabut rasanya juga sakit. Terus ada gemes-gemes itu pengen nyabut tapi gak boleh sama dokter, katanya bahaya. Gigi saya juga termasuk kurang baik karena dari kecil terlalu suka makan permen.

    ReplyDelete
  26. That's right. Kudu sedari kecil dibelajarin ngerawat gigi, ngerasain sendiri umur 22 giginya dicabut 3 itu gaenak bingit:( really ga cukup kalau rajin gosok gigi doang

    ReplyDelete
  27. Orang tua harus lebih aware dalam merawat kesehatan Gigi dan mulut anaknya. Ada baiknya lebih memperhatikan makanan yang dikonsumsi kalau bisa batasi kandungan gula yang tinggi untuk anak-anak seperti Permen, cokelat dan karamel

    ReplyDelete
  28. Anakku dua2nya gak ada yang bener giginya. Yang supusu harus dipasang jaket di gigi depan. Sementara yang bungsu, giginya dibracket selama 1,5 tahun. Gigi mereka nurun dari orangtuanya, hahahaa

    ReplyDelete
  29. Masih peer nih membiasakan gosok gigi pada anak, huhu emaknya masih suka kalah kalau anak nggak mau gosok gigi

    ReplyDelete
  30. Hiks aku merasa bersalah sama si sulung yang gigi atas empat keropos karena ga jaga makanan dan kebersihan gigi . nah di adeknya dirubah total dengan sering nyemil buah dan minum air putih Alhamdulillah giginya bersih

    ReplyDelete
  31. anak ku lagi belajar gosok gigi juga, meski kadang bolos-bolos tapi gapapa deh yang penting akrab dulu sama sikat dan pasta gigi.

    ReplyDelete
  32. Aku inget ponakanku juga dulu sering dibersihin gusinya. Tapi pas agak gedhean males sikat gigi. Jadinya sekarang pada gripis gitu. Tapi belum ada yg ganti sih. Gak tau deh kalau ngunyah rasanya gimana

    ReplyDelete
  33. Bener mba klo rutin diajak k dokter gigi anak2 jd ga takut sm dokter gigi, anak2 d rmh pada seneng klo giliran diajak k dokter gigi buat scaling, biasanya kita k dokter gigi akhir tahun sekalian ngabisin asuransi dr kantor

    ReplyDelete
  34. Penting banget merawat kesehatan gigi anak sejak dini ya. Walaupun nanti akan tumbuh gigi lagi, tapi suka gemes liat anak2 yg giginya udah pada keropos >.<

    ReplyDelete
  35. iya nih kbnyakan gigi keponakan ku pada karies ato gigis bahas jawa nya ���� emg dr kecil emg harus dilatih buat sikat gigi ya ���� nice info btw

    ReplyDelete
  36. Hwaah ternyata sejak gigi anak belum tumbuh juga udah mesti dirawat ya mulai dari bersihin asi di gusi. Mesti detail bgt ya memang kalo udah jadi orangtua.

    ReplyDelete
  37. sikat gigi yang benar emang wajib ya teh, aku menyesal Neyna giginya caries huhuhu mau dicabut sama dokter ga boleh sebelum usia 6 tahun jadi ya dia kalau senyum ompong giginya :(

    ReplyDelete
  38. Tips lainnya, jangan bosan negur dan mengingatkan anak buat gosok gigi sebelum tidur. Ini pengalaman saya sih..

    ReplyDelete
  39. aku rajin sikat gigi, tapiiii mungkin karena terburu2 waktu sikat gigi. jadi masih ada sisa2 nya yah. sampai aku harus scalling, astaga ngiluuu banget. dan itu pertama kalinya scalling gigi >.<

    ReplyDelete
  40. jadi ingat sikat gigi silikon Fahmi, yang setelah bis apakah sikat gigi sendiri, saya hibahkan ke saudara lain. Eh ternyata oleh suara dikasih juga lagi ke saudara lain. Itu sikat gigi silikon bayi udah ganti berapa puluh telunjuk yang pakai kayanya hehehe
    Saya sejak Fahmi bayi memang sudah "mengikat giginya" waktu belum dapat sikat gigi silikon telunjuk, saya pakai kain kasa aja. Swmuaitu ilmunya saya dapat saat kerja sama majikan di luar negeri

    ReplyDelete
  41. aku sempat kesulitan mengajarkan anak-anak untuk bersihkan lidah saat menggosok gigi mbak. Kita yang dewasa aja sering skip bagian ini dari rutinitas sikat gigi karena anggap bersihkan lidah itu kurang penting padahal bagus untuk kesehatan mulut.

    Alhamdulillah skrg udah mulai terbiasa meski awalnya agak dipaksa

    ReplyDelete
  42. anakku yang pertama giginya kurang terawat, makanya PR banget di anak kedua dan ketiga giginya tetep oke dan bagus. Gak saya kenalin permen dan coklat, dan rajin sikat gigi adalah koentji. Alhamdulillah smpe skrg giginya masih oke.

    ReplyDelete
  43. Baguuus tipsnyaaa, suka mba, jadi inget aku dari kecil udah dibiasain sikat gigi sama papa, jadi dulu ga pernah ngalamin gigi ompong keropos atau kupisan sama sekali

    ReplyDelete
  44. Aku tuh paling takut sakit gigi dan aku juga reminder ke anak terus untuk jaga kebersihan gigi. Alhamdulillah anakku tuh ga takut ke dokter gigi dan bisa jaga kesehatan giginya

    ReplyDelete
  45. Wah sugus memang dunia permen . Rasa manis mengoda sekali bagi anak anak.

    Merawat gigi penting agar tidak cepat rusak karena sering makan permen

    ReplyDelete
  46. Alhamdulillah aku nerapin apa yang kak Lendy tulis nih dan gigi anak2 baik2 aja. Ya ada sih yang bolong satu tapi masih wajar kalau kata dokter giginya. Apalagi masih gigi susu. Tapi memang harus dibiasakan dari kecil yaa.

    ReplyDelete
  47. emang penting banget tuh, aku ngakuin banget waktu kecil ga dapet banyak pengetahuan soal gigi, jdi nya pas gedenya ga pede deh huhu

    ReplyDelete
  48. Aku termasuk yang kurang memperhatikan perawatan gigi anak, hasilnya gigi anak-anak banyak yang berlubang. Si sulung waktu kls 6 SD dulu sakit gigi sampai nangis-nangis krn gigi berlubang. Akhirnya ke dokter gigi dan ditambal.

    ReplyDelete
  49. Alhamdulillah sejauh ini gigi anakku baik2 krn udah kukenalin sikat gigi sejak bayi
    Berhubung gigiku juga bolong n g sehat jd aku g mau anakku gitu
    Penginny kyk gigi suamiku yg masih utuh huhuhu
    Gak bayangin anak2 sakit gigi sedangkan aku yg dewasa sakit gigi aj semua kayak sakit gitu
    Huhuhu
    Semoga giginu kakak nanti kalau dah gak gigi susu lagi bisa sehat yaaa
    Aamiin

    ReplyDelete
  50. penyakitku banget ini dari kecil, gak suka sikat gigi! kayaknya nanti kalo udah punya anak mesti ngajak anak buat rajin sikat gigi yaah :D

    ReplyDelete
  51. Mbak aku kok jadi fokus ke permen S*G*S haha..kangen udah lama nggak makan permen kesukaan. Padahal lengket2 bikin sakit gigi juga ya :)

    ReplyDelete
  52. Untuk saat ini sih biasa aja ya tipsnya kaya sikat gigi secara teratur dan kalau habis makan permen langsung minum air putih yang banyak dan ga lupa sebelum tidur sikat gigi. Kalau untuk ke dokter gigi biasanya aku dan anak-anak minimal 6 bulan sekali kontrol.

    ReplyDelete
  53. Anakku ga suka makan manis, ga suka makan permen, tapi giginya infeksi, hiks... Katanya sih karena susu. Tapi sebenarnya perawatannya hentikan susu kalau sdh menjelang tidur, karena sisa susu tertinggal semalaman, itu yang menyebabkan plak pada gigi. Padahal banyak yg bilang minum susu malam sebelum tidur bisa buat lebih nyrnyak dan gendut, solusinya akhirnya rajin sikat gigi sblm tidur��

    ReplyDelete
  54. Si kakak giginya bagus
    Si adek yang giginya geripis ahahaha pdhl belum 2 thn tp mamanya udh kecolongan

    ReplyDelete
  55. Bener banget Mbak, kata dokter gigiku juga gitu. Ajari anak tuk sikat gigi sejak dini, ketika giginya udah tumbuh mulai perkenalkan dgn kebiasaan menggosok gigi, karena klo udah besar baru diajarkan malah repot jadinya, anak bisa saja menolak, fufuuhh. Tapi si Adek nih belum mulai sikat, hikss, diajak tapi belum ngerti sih. PR Mamaakk iniih

    ReplyDelete
  56. setuju banget nih kalo anak hrs diajari sejak kecil yaa, ponakanku juga nih sampe sekatang gigi masih bagus krma jarang makan permen

    ReplyDelete
  57. Dulu Palung mudah diajari dan dibiasakan sikat gigi secara teratur dan enjoi saja. Lalu setelah serumah lagi dengan neneknya, malah dilarang-larang sikat gigi dan sikatnya raib entah ke mana, akibatnya pola tertib anak itu hilang.
    Sekarang alhamdulillah sudah tak ada lagi yang ikut campur nyuruh hal tak benar yang memengaruhi Palung. PR-nya saya harus berjuang keras mengingatkan dan menyuruh sikat gigi secara rutin dengan ngasih contoh ada teman mamah yang harus keluar ongkos mahal ke dokter gigi dan hal lainnya.
    Di puskesmas saja ongkosnya bergantung gimana kasus gigi. Ada yang di bawah 250 ribu, ada yang sampai di atasnya.Saya termasuk ortu yang kecolongan, gigi susu Palung habis sebelum waktunya. Pengaruh jajanan dan ogah sikat gigi secara rutin.
    Sekarang saya pakai pasta gigi Sasha siwak dan sirih untuk keluarga. Syukurnya Palung tak masalah da tak terlalu pedas.
    Sepertinya saya juga harus rebus daun sirih dari pekarangan samping untuk kumur-kumur sehat agar kuman bisa dibasmi.

    ReplyDelete
  58. Kalo aku sih perhatian dengan perawatan gigi anak-anak, Len. Alasannya agar gigi mereka tidak sepereti gigi kami, orang tuanya yang nggak beraturan. Apalagi ada tantenya anak-anak yang sesekali mengingatkan kami untuk menjaga kebersihan gigi mereka sejak baby.

    ReplyDelete
  59. Nah kalau aku dari bayi udah parnoan sama gigi anak-anak. Jadi walaupun belum ada giginya pasti aku bersihkan lidah & gusinya. Sampai-sampai pas ada giginya mau tidur siang aja harus sikat gigi hihihi. Gigi susu pertamanya tanggal waktu kelas 1 SD dokter giginya sampai kaget jarang yang begini katanya.
    Duh lihat foto lagi bersihun gusi jadi inget masa lalu.
    Kalau tipsnya sekarang sih tetap rajn sikat gigi & minum atau makan yang manis-manis jangan lupa juga lgs minum biar gak bolong giginya itu pesan aku sama anak-anak

    ReplyDelete
  60. Wah kalau inget masa anak2 kecil aku kurang telaten ngurusinnya mungkin pengaruh anak2 yg terlalu banyak hahaha...tp alhamdulillah sih anak2 giginya rapih cuman hrs trs diingetin gosok gigi walau udah gede huhu

    ReplyDelete
  61. gara gara baca artikel ini aku langsung bikin instastory cari referensi dokter gigi anak di kotaku 🀣🀣

    ReplyDelete
  62. Kalau ngomongin dokter gigi suka takut duluan mbak, padahal cuma diperiksa doang kan ya.... Anakku memang salah didikan dr awal, kurang diajarkan cara menggosok gigi dengan baik dan suka minum yang manis-manis....tp bersyukurnya menginjak dewasa dia sedikit mulai mengerti meski kadang harus diomelin dulu....dan bener banget anak harus dibiasakan minum air putih jangan yang manis-manis.....

    ReplyDelete
  63. Mba Lendy nyindir banget ini wkaakak
    aku masih takut ke dokter gigi kalo bukan yang langganan di Kendal Boja
    tapi mau ke sana belum sempat melulu hiks.
    Sesekali kumat gitu mba hiks.

    ReplyDelete
  64. Lihat sikat gigi bayi itu jadi ingat saat pertama mengajari sikat gigi/gusi ke bayi. Aiihh pake acara jari digigit sama anak lhooo :)) Kalau ingat itu jadi geli deh. Tapi memang dengan latihan seperti itu, anak jadi mudah diajak gosok gigi ketika sudah agak besar dikit.

    ReplyDelete
  65. Aaww Ade Hana bagus banget giginya. Sebagai dokter gigi, merawat gigi anak itu mmg challenging. Banyak yg takut duluan akhirnya penuh drama deh. Bagusnya mmg rajin2 aja kontrol, walopun gak ada masalah. Jadi anak familiar dgn suasana ruangan dokter gigi. Begitu perlu diperiksa, si anak udah terbiasa deh.

    ReplyDelete
  66. anakku banyak gigisnya karena telat ngajarin gosok gigi. memang ga mudah ya tapi kudu telaten sangat

    ReplyDelete
  67. Dulu watu masih umur 3 tahunan, anakku rajin banget sikat gigi, sekarang dia jadi malas sikat gigi, apalagi kalo uda ngantuk, duh susah banget diajak sikat gigi, akibatnya sering tidur tanpa sikat gigi deh, huhuhu :(

    ReplyDelete
  68. baru kemaren aku kepikiran tbtb gimana cara bersihin mulut bayi, ternyata ada caranya dan aku baru tau caranya begitu. makasih mba, informatif sekali

    ReplyDelete
  69. Wah perlu banget emang ya menjaga kebersihan gigi agar puasa kita makin segar dan bikin orang nyaman ya.

    ReplyDelete
  70. waahh baca ini kayaknya udh telaaatt, usiaku sekarang dan saat gigiku sakit, menyesal dulu2 ga ngrawat.

    ReplyDelete
  71. Aku dulu waktu kecil juga sukaaaa banget sama permen S*G*S, dan efeknya ya karies gigi lah. 4 gigi seri atas jadi hitam, gigi geraham bolong-bolong. Hiyeeek... Alhamdulillah anak-anakku giginya bersih-bersih, ngga kayak emaknya dulu, wkwkwk..

    ReplyDelete
  72. Periksa gigi setiap 6 bulan sekali, ini yang sering aku lupakan. Kalau nggak ada apa-apa, jarang periksa. Padahal periksa gigi secara teratur ternyata penting, ya. Baiklah ^^

    ReplyDelete
  73. Terimakasih untuk infonya, sukses terus..

    ReplyDelete