Heart Warming Drama : One Spring Night (2019)

Bismillah,

Hidup itu adalah masalah nilai, norma atau adab.
Masalah benar dan salah.

Dan dalam drama yang baru aja aku tonton, aku jadi melihat pergeseran nilai-nilai "benar" di mata masyarakat. Benar itu...di mata yang melihatnya "benar".

...ini bingung yaa...ngomong apa.

One Spring Night

Judul : One Spring Night ( 봄밤 )

Actors :
Han Ji-Min as Lee Jeong-In
Jung Hae-In as Yoo Ji-Ho

Genre : Romance, Family, Friendship
Rundate : May - July 11, 2019
Runtime : 60 minutes
Episode : 16 eps

Rating : ⭐⭐⭐/5


Aigo-yaa...
Awalnya tertarik nonton drama ini karena melihat chemistry Han Ji-min sama Jung Hae-in saat main Jenga di channel youtube nya The Swoon. Ini kayanya channel khusus dari Netflix yaa... emm, semacam kasih spoiler buat nonton drama-drama yang tayang di Netflix.

Cuteee~

FYI,
Aku kapok nonton aktingnya Hae-in pas di Pretty Noona Who Buys Me Food. Ini serius, termasuk drama yang paling aku benci. Tipe-tipe cewe yang gampang banget suka sama cowo dan buanyaaakk sekali skinship hingga bed scenenya. Aku sampe nutup mata pas nonton (hahhaa...boong ini mah, tangannya di buka dikit-dikit kok...buat ngintip 😂😂)

Aku mandeg nonton drama ini di eps 9. Kayaknya uda gak tau, apalagi yang mau dilihat gitu... Jalan ceritanya gampang ketebak.

Tapi...
Tapi yaa...

Di drama ini enggak looh... Hae-In tetap setia siih...dengan karakter cowo yang ngalah, gak percaya diri dan jadi kekasih gelap. 
**sama kan...di drama sebelumnya, ia juga jadi kekasih gelap karena pacaran sama temen kakaknya..😆 

Tapi bedanya...
Di sini skinshipnya jarang banget. Ini mungkin efek lawan mainnya kali ya... Han Ji-min.
Beberapa drama Ji-min eonni yang aku uda lihat, memang minim banget skinship. Dan intinya, image perempuan itu gak gampangan.


Han Ji-min as Lee Jeong-in
Seorang pustakawan yang bekerja di salah satu perpustakaan besar di wilayah Seoul. Ia cewe mandiri, tegas sekaligus tidak suka mencari masalah. Sehingga, kehidupan percintaannya bersama sang pacar, Kwon Gi-Seok selama 4 tahun yaa...datar-datar aja.

Mendadak menjadi berubah sejak bertemu dengan Yoo Ji-ho.



Jung Hae-in as Yoo Ji-ho
Seorang apoteker dan single parent alias ayah tunggal. Anaknya diasuh oleh Bapak Ibunya karena ia harus bekerja di tempat yang jauh dari rumah. Kepribadian sebagai seorang cowo, selalu merasa minder, rendah diri, dan tidak pernah bisa membuka hati pada sebuah hubungan baru. Karena ia sangat takut dikecewakan seperti hubungan sebelumnya.

Namun,
Bertemu dengan Jeong-in, cewe yang sudah memiliki pacar yang ternyata adalah kekasih kakak kelasnya di kampus dulu, membuat jiwa kompetitif seorang lelaki timbul. Dan....gayung pun bersambut. Jeong-in yang sedang mengalami masa-masa jenuh dalam hubungan, juga menyukai Ji-ho. Pria yang sejak awal jujur bahwa ia seorang ayah tunggal.




Dari awal perkenalan mereka yang tak di sengaja di Apotek tempat Ji-ho bekerja, baik Ji-ho maupun Jeong-in gak ada niatan untuk saling berbohong. Mereka sama-sama punya keinginan untuk saling kenal satu sama lain.

"Maukah kau menjadi temanku?" pinta Jeong-in.

Dan Ji-ho yang waktu itu tahu betul apa yang di inginkan, tentu gak bisa langsung meng-iya-kan. Karena Ji-ho inginnya lebih dari sekedar "teman", hanya keadaan mereka untuk saat ini, gak bisa. Jeong-in masih menjalin hubungan dengan kekasihnya sedangkan Ji-ho memiliki anak usia 5 tahun.



Dan itulah kejadian kontemplatif hubungan mereka berdua di awal-awal episode.

Aku memutuskan untuk terus menonton karena drama ini menyajikan adegan tarik-ulur cinta Jeong-in dan Ji-ho, hubungan persaudaraan antara Jeong-in dan kaka serta adiknya yang kompak untuk saling melindungi juga persahabatan Ji-ho dengan kedua teman ajaibnya....ini sangat alami.



Pernah doonk...
Ngalamin kebosanan saat pacaran dulu? Apalagi usia pacarannya sudah lebih dari 3 tahun.

Lalu ketika ada orang baru yang ditemui, kehidupan serasa berubah drastis. Menjadi penuh bunga-bunga, harapan...dan cinta. Namun, orang yang di temui ini gak sesempurna pasanganmu, sebenarnya.


Akankah sahabat lendyagasshi tetap bersama sang kekasih?
Atau mencoba membuka hati kembali pada sesuatu yang baru?

Mungkin bagi yang nonton sekilas, ini drama tentang perselingkuhan.
Yhaa..
Masih pacaran, apapun alasannya, kalau suka sama orang lain, selingkuh juga namanya.
**berarti kamu masuk #timGiSeok oppa yaa.. Akusii...#timJiHo laa..hahhaa~

Persis kaya drama 
Kisah Cinta Tak Biasa Ala On The Way To The Airport


Tapi, menurut pandanganku, memang pasangan kita itu adalah takdir.
Bagaimana diri kita?
Berkacalah pada pasanganmu.

Enggak nyesel nonton drama One Spring Night sebanyak 16 episode ini (bahkan aku re-run beberapa kali, hahahaaa~). Di drama ini, karakter utamanya justru dibuat penuh cela. Gak yang lead female atau lead malenya. Semuanya penuh dengan ketidak sempurnaan. Dan...itulah realita kehidupan.


Scene apa yang paling epic dalam drama One Spring Night ?

Saat pertama kali Ji-ho menemui Jeong-in di perpustakaan, tempat Jeong-in bekerja
Adegan Ji-ho melewati rak-rak buku sambil melihat Jeong-in bekerja menata buku, bikin hatiku gak karuan penuh cinta. Ini saat mereka belum jadian, baru Ji-ho yang penasaran sama Jeong-in.



Saat Jeong-in dan Ji-ho jalan malam bersama
Sejujurnya, ini aku banget. Emm, kaya de javu nonton scene ini. Mereka berdua menghabiskan malam berdua dengan jalan-jalan keliling daerah tempat Ji-ho tinggal. Gak ada yang lain, hanya jalan bersama, ngobrol sambil bercanda. Berhenti sebentar di taman dan duduk-duduk sambil menikmati kopi hangat.

**sesimple itu hubungan Jeong-in dan Ji-ho yang bikin aku berbunga-bunga


Saat mereka marahan lalu baikan
Ini juga bikin aku gak karuan deg-degan, ketika Ji-ho bilang,

"Aku memutuskan untuk berhenti memikirkan "Apakah aku pantas memintamu bersamaku."
Tak peduli kau mau ikut bersamaku atau bahkan tidak mau bersamaku,
Aku hanya ingin mencintaimu."




Mengalami kecemasan yang gak penting
Pernah doonk...ngalamin masa-masa gak jelas. Tiba-tiba pengin senyum-senyum sendiri, tapi mendadak uring-uringan kalau si doi gak bales pesan padahal udah di read.

Yaaa..
Nikmati adegan manis seperti itu di drama ini.


Dia selalu ada di saat kita butuh
Scene favorit aku juga niih...saat sumpitnya Jeong-in jatuh pas makan bersama rekan tim basket. Tanpa diminta, Ji-ho ngasih sumpit baru yang bersih dari meja sebelah.

Uuwuwuw~
Melting banget akutu...



Sejujurnya,
Aku paling gak suka fakta bahwa drama ini berkisah tentang perselingkuhan. Dan yang main lagi-lagi Jung Hae-in!
Ditambah lagi dengan ia adalah seorang Ayah tunggal. Bener-bener gak bagus sama sekali imej Hae-in di sini. Rasanya, se-kiyut Hae-in, masa siih...bisa berbuat di luar batas???

Aaaakkk~

Tapi yaa...sudahlah.
Ini drama. Dan sutradaranya sama seperti Pretty Noona Who Buys Me Food. Dan beberapa pemain juga main di drama itu juga... Jadi pak gamdog-nim yang gak bisa move-on dari drama-drama model begini. OST nya juga doonk... kaya lagu-lagu lawas gitu loo...



What's the learning point?


1. Jodoh tidak ditentukan dari lamanya pacaran
Sudah terbukti, berlama-lama menjalin hubungan tidak menjamin akan menikah di kemudian hari. Yang ada, justru bosan dan jenuh.


2. Menikah berarti menerima segala yang ada pada diri pasangan
Dari mulai segala kebaikannya juga keburukannya. Termasuk keluarga serta segala masa lalunya. Kebayang gak sih...jadi Jeong-in yang mendadak mencintai seorang ayah tunggal?

Seperti dalam drama 


3. Jangan pernah menilai seseorang dari masa lalunya
Mungkin memang benar, masa lalunya tidak baik sehingga menyebabkan ia memiliki seorang anak. Tapi selalu ada kesempatan untuk berubah. Dan lingkungan tidak membuatnya mengingat-ingat kembali kesalahan yang sudah berlalu.


4. Jangan pernah meremehkan orang lain
Orang sombong, meremehkan orang lain, merendahkan orang lain, itu memang perbuatan-perbuatan yang sering tidak kita sadari. Seperti merasa bahwa dari kalangan berada dan tanpa cela, lalu seenaknya menghina orang yang tidak bernasih sebaik dia. No.....no yaaa...


5. Tidak berharap banyak pada anak apalagi sampai memaksa
Ini gak akan kerasa kalau belum jadi orangtua deeh... Yang pasti anak-anak memiliki pertimbangan dari sudut pandang sendiri mengenai masa depan.


6. Orangtua tidak boleh menyimpulkan situasi anak
Dengan membiarkan anak memiliki masalah, ia akan sedikit demi sedikit belajar mencari jalan keluar.



Aku rasanya baru pertama kali lihat profesi Apoteker dalam sebuah drama. ((Iya ga siiih...?))
Dan ini drama yang cukup realistis mengenai sebuah hubungan cinta dan pernikahan.


Kalau sahabat lendyagasshi, suka juga ga sama drama plot cerita begini?
Atau ada yang pernah ngalamin?
Hehhee....siapa tauu...

Ditunggu sharingnya di kolom komentar yaa...


Salam hangat,

88 comments

  1. Suka gregetan yah kalau nemu cerita selingkuh2 gini. Aku mendingan cerita tentang bunuh2an deh sekalian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, sama. Geregetan ah cerita selingkuh mah. Aku lebih suka detektif, hantu, atau zombie. :)))

      Delete
  2. Hehe, memang klo datar datar saja bikin bosen..

    Bener, blm tentu pacar jadi jodoh kita..

    Dan pasti klo sudah menikah yang diterima apa adanya..

    Keren juga pesan moral dari k drama ini y

    ReplyDelete
  3. Hehehe kok aku malah jadi pengen nonton pretty noona who buys me food yaa. Sambil nutup mata ngintip dikita (becanda). Aku juga belum nonton drakor yang ini one spring night. Ketinggalan banget sih aku tuh. Ulasannya bikin penasaran pengen nonton.

    ReplyDelete
  4. Kalau mba Lendu review drakor selaluuuu bikin penisilin dan jadi pengen nonton, save dulu ahh

    ReplyDelete
  5. Drama ini karena pemeran utamanya si Hae In makanya selingkuh jadi dimaklumi hahahaha soalnya yang jadi selingkuhan justru lebih cakep daripada yang diselingkuhi. Begitulah kata teman-teman yang sudah menonton drama ini. Padahal tetap saja nggak boleh secakep apapun si Hae In. However begitulah relationship, kadang memang too complicated :D

    ReplyDelete
  6. Ka, tolong rekomend nya drama korea yang ada lee min ho nya dong hehehhe

    ReplyDelete
  7. Aku suka sama nilai moralnya mba. Cocok nih dijadikan film romantics yg ditonton bareng pasangan yaa

    ReplyDelete
  8. dulu jaman smp aku seneng banget nonton drama korea dan gak sebooming sekarang, eeh sekarang udah gak ngikutin jadi gak tau perkembangannya deh. kalau ini kayaknya rekomen ya mbaa

    ReplyDelete
  9. aku baru tahu ih kalo ada drama ini. udah lama ga apdet drakor karena kok ya banyak amaatt. hahaha
    selain itu aku juga team nonton yg udah tamat aja biar ga gregetan nungguinnya. LOL

    walau aku tak suka drama perselingkuhan, tp gpp deh mau liat inih

    ReplyDelete
  10. Drama percintaan memang ga bosenin untuk diangkat ya..aku ga pernah ngikuti drakor. Tapi baca ini kok pengen nonton ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi fenomena persingkuhan memang nyata sih ..paling tidak meskipun tidak membenarkan ada hikmah lain yang bisa kita ambil.. Hihi..

      Delete
  11. Gregeettt banget jalan ceritanya yaaa
    Akting para pemain DraKor udah pasti top markotop!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  12. Apoteker kesannya pemikir, ya. Jadi kalau pun pernah bikin kesalahan, wajar aja bakal dipikirin banget sampe ga berani membuka diri.

    ReplyDelete
  13. Aku udah lama nih gak nonton drama korea. Tapi drama ini kayanya seru juga ya, aku suka drama tentang tarik ulur dunia percintaan.. hahaha

    ReplyDelete
  14. Wah kok sama mba. Aku juga ilfil pas nonton Pretty Nunna itu haha. Sampe-sampe aku males kalo ada drama lead actornya si cowok ini. Tapi kalo yang ini belum sempet nonton, keburu banyak Detlen. Coba ah kalo udah senggang nonton.. hihihi makasih reviewnya ya

    ReplyDelete
  15. Penonton kaya kami ini tinggal di pelosok sehingga waktu untuk ini itu lebih bnyak diperlukan. Tapi senangnya kalau pas main pas rezeki Datang. Alhamdulillah ya

    ReplyDelete
  16. Duh.. aku suka sama pemain nya iiih.. jd pen nonton liat nya..sekalian cuci mata loat aktor cowo nya haha

    ReplyDelete
  17. Daku udah lama gak lihat drakor, soalnya pas jam drakor tayang di tivi lagi perjalanan pulang ngajar 🙈

    ReplyDelete
  18. Wah, seneng banget ketemu blog ini. Ngebahas kdrama soalnya. Hihi ... Ini bisa jadi rekomendasi film yang ditonton tahun ini. Cuman bingung kapan nontonnya, masih rempong sama balita. Hehe

    ReplyDelete
  19. Wah ini cerita ttg jodoh kalau kelamaan disamber org yak wkwkwwkk :D
    Nah bener pasangan itu takdir, wong yang bsok mau akad udah sebar undangan aja mungkin msh bisa batal, ya kaaaan :D

    ReplyDelete
  20. Penasaran dengan dramanya kalau ditonton langsung, cuma ya sejak mulai jarang nonton drakor saya gak terlalu suka dengan yang genre romantis kayak gini. Bikin mellow eh tapi kalau nonton tetap saja pasti bakal kecanduan juga hehe.

    ReplyDelete
  21. Horeee... kudapat referensi lagi nih. Abis Hotel Del Luna mau nonton ini ah. Kuseneng deh, nafsu ngedrama ku sudah sembuh lagi :D

    ReplyDelete
  22. Aku suka drakor, selain memang ceritanya bagus, juga selalu ada budaya yang diangkat, critanya jadi punya karakter kuat. Misal ditunjukkan bagaimana menjaga adab ketika interaksi dengan yang lebih tua.

    ReplyDelete
  23. Kalau ada karakter cowok yg cakep, setia, baik, sayang keluarga seperti di drama-drama Korea, bahagia bangeet hidup ini

    ReplyDelete
  24. aku juga ga suka nonton Hae-in pas di Pretty Noona Who Buys Me Food teh, terlalu banyak skinship :( aku kurang suka sama drama model begini teh, bisa emosi pas nontonnya wkwkwk

    ReplyDelete
  25. Fix endingnya gimana dong mbak, wkwkwk
    Penasaran kan jadinya
    Huhuu... jadi ambil pelajaran deh sama drakor ini,
    Itu yg sampingnya Lee Jeong-in yg di foto trakhir kayak yg main di Voice 3 ya mbak
    TFS yah Mba

    ReplyDelete
  26. Aku bukan penggemar film/drama korea. Tapi suka aja dengan sensasi gemes-gemes-gedeug kalau nonton korea. Wkwk. Ini boleh deh aku masukin list nonton.

    ReplyDelete
  27. DraKor banyak cerita yg unpredictable ya Mak.
    Stories yg relatable banget
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  28. Sumpah nggak suka drakor drakor hahaha, kalau yang drama action bolehlah film. Enjoy kak

    ReplyDelete
  29. Aku nonton juga sampai tamat one night spring ini, menurutku bukan selingkuh, tetapi kan putus. Cuma pacar lamanya gak mau putus, dulu kan bapak pacarnya itu gak setuju, setelah liat jadi suka. Jodoh juga memang gak bisa ditebak, memang jalannya beda. Aku aja ngalamin dulu kenal cowok sebelum suamiku, dan sempat tunangan, cuma latar belakang keluarga dan aku kuliah lagi aku putusin. Dan cewek emang nyari yang bikin nyaman, bukan yang hanya gombal tapi lama dinikahin. Mending yang diajak curhat nyaman, belum mapan uang bisa dicari, tapi dia berani melamar. Ya begitulah hidup kadang skenario Tuhan emang gak bisa ditebak. Cuma di drama korea ada di kisah nyata, tetapi tidak termasuk adegan vulgarnya seperti kiss dan bed scanenya heu. Aku juga sama suamiku sama-sama Apoteker heuheu..

    ReplyDelete
  30. Aku juga termasuk agak gregetan kalau lihat fim yang banyak skinship nya. Gimana coba, itu kan kalau dah ngikutin dari awal penasaran tapi kalau lihat skinship kebanyakan jadi rasa-rasa tuh film ga benar gitu lho

    ReplyDelete
  31. Aku akhirnya nonton ini, baru eps awal tapi belum nemu gregetnya. Hiks..
    Masih galau mau diterusin apa nggak

    ReplyDelete
  32. Kadang suka gregetan nonton hubungan yang rumit. Tapi kalau udah penasaran dengan kelanjutannya, tetep sabar ngikutin episode demi episode sih hihihi
    Kecuali kalau banyak adegan yang kurang sreg, seperti skinship itu, biasanya langsung bhay ajaa! :))

    ReplyDelete
  33. Agak antimainstream nih ya...profesi apoteker yang dipake.. biasanya kan dokter atau perawat gitu ya.. hehe

    ReplyDelete
  34. Jadi berasa muda kembali, saat baru menjalin hubungan. Cinta itu tak bisa ditebak, apalagi jodoh. Bertahun-tahun menjalin hubungan belum tentu endingnya jadi pasangan. Justru yang baru kenal, lalu dekat, bisa jadian bahkan langgeng sampe ending. Ah, Drakor selalu penuh cerita....

    ReplyDelete
  35. teh lendy beneran movie freaks haha kalau aku jujur belum tentu betah nonton film sampai 16 episode

    ReplyDelete
  36. Seneng kalau nyantol ke blog ini, baca banyak referensi drakor. Jadi nggak perlu nonton sudah dapat nilai kehidupan dari drakornya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menanti cerita drakor yang lain ya teh, seneng baca nilai moralnya.

      Delete
  37. Membaca poin2 dari drama ini di akhir post, malah jadi makin penasaran nih dg drama satu ini.. pengen nonton juga ah..

    ReplyDelete
  38. Aku jadi pengin banget nonton drama Korea, setelah membaca tulisanmu mba

    ReplyDelete
  39. Aku jadi salah fokus Mba, jadi lihatin tone fotonya yang bagus banget haha. Btw thanks rekomendasinya Mba. Aku ga gitu suka genre ini, tapi adek sepupuku suka banget :D

    ReplyDelete
  40. So sweet banget ceritanya. Jadi pengen langsung download, ceritanya drama keluarga banget mbak. Apalagi ayah tunggal, jadi teringat sepupu. Setuju dengan poin jangan pernah menilai seseorang dari masa lalunya. Ada waktu ga ya nonton ini, pengen tau sampai habis euy...

    ReplyDelete
  41. waaah kayanya seru niih, aku pengen nonton aaah kalo udah agak senggang dedlen hihi, udah lama ga nonton drakor hihi

    ReplyDelete
  42. Iya mbak, saat ini pun sedang terjadi di negeri zamrud khatulistiwa, yang benar jadi salah, yang salah jadi benar. Jadi seperti hidup di dunia terbalik

    ReplyDelete
  43. Learning point yang diperoleh dari drama ini pas banget, mba. Kadang kita memang jangan sampai menghina masa lalu orang karena kita tak tahu kan kehidupannya seprti apa :)

    ReplyDelete
  44. Hmmm kalau di kehidupan nyata sih seringnya ya pasti sama pasangan lawas mbak Lendy, namuuunn di drama2 yg sering kutonton dan mungkin jg drama ini, paling yo akhirnya beralih ke lain hati hahaha

    ReplyDelete
  45. Ini semua ada di Netflix teh Len? Seriusan deh efek sering main ke blogmu aku suka cerita nih sama beberapa teman tentang banyaknya film drama korea. Suka aku kasih linknya juga sih, buat referensi mereka.

    ReplyDelete
  46. 3 taun pacaran dan gitu-gitu dalam artian ga naik ke pelaminan emang bosen. ya maklum ya cyin namanya juga manusia. Kudu terus ada kejutan biar ga bosen dan berbunga-bunga. Nikah juga gitu ding. Biar ga kelain hati si doi

    ReplyDelete
  47. Entah kenapa ya aku langsung menghubungkannya ke hubungan pernikahan. Rentan banget bosen ya kan, namanya hidup serumah setiap hari sama orang yang sama. Kalau nggak pinter2 ngerawatnya, nggak pinter2 bikin letupan dan kejutan (dalam hal baik ya) maka bisa banget kita tergoda pada orang lain. Huhuuu, jadi merenung pagi-pagi.

    ReplyDelete
  48. Minta temenan dulu, ntar lama-lama jadi TTM, hahahaaa... aku baru nonton drakor dan suka dg ceritanya. Kalo yang ini aku belum nonton, dan jadi penasaran dengan tokoh utama malah punya kelemahan ya. Review Lendy sama Jiah nih yang bikin aku akhirnya nyoba nonton drakor

    ReplyDelete
  49. ini kata rang orang bagus, cuma aku kebanyakan mikir kalo mau nntn drama romance karena gak suka romantis wkwkkw maju mundur mau nntn karena drama dokter sama crime lg banyak bgt

    ReplyDelete
  50. saya setuju dengan konsep skinship seminimal mungkin, karena terkadang drama tidak hanya ditonton dewasa, tapi juga remaja dan anak-anak, oke, dewasa bisa memilah, tapi remaja dan anak-anak? mereka mencontoh apa yang ditonton.

    ReplyDelete
  51. Yap sepakat juga bahwa orangtua harus biarkan anak juga menghadapi masalah biar dia kuat dan mandiri juga ya menghadapi kehidupan

    ReplyDelete
  52. Aduh kebetulan tidak pernah mengalami. Kami tidak pernah berpacaran hehehe
    Kenal saat sekolah biasa saja. Ketemu saat saya cuti balik lagi. Udah saya pulang langsung menikah. Jadi pacarannya sudah menikah hehehe ...

    Apoteker memang jarang diulas publik ya. Nonton drama ini jadi tahu lebih banyak terkait profesinya ya

    ReplyDelete
  53. Suka dengan hikmah yang tersemat di setiap reviewmu. Bener banget tuh, jangan suka meremehkan kondisi orang lain. Belum tentu loh orang yang kita remehkan sekarang ntar nya bakalan selalu begitu. Siapa tau suatu saat hidup kita jadi tergantung pada orang yang kita remehkan dulu.

    ReplyDelete
  54. Nah ini aku kalo nonton suka baper, baru selesain semalem episode terakhirnya. Kirain Jeong-in gak jadian sama Ji-Ho :) cuma masih gantung ya bapaknya belum restuin banget ya hihihi, cuma Gi-Sweok udah move on lah ya, aku sebel lihat dia hahaha film bu film ini

    ReplyDelete
  55. Huaa kayaknya seru ya filmnya duhh harus nonton nih pasti ada baper2 gimana gitu. Btw thank banget kakkk berkat kamuu aku punya list drakor kece hehe.

    ReplyDelete
  56. wahhh saya belom donlot dramanya nih, nanti pas masuk kantor pasca cuti langsung donlot dan nonton ahhh :)

    ReplyDelete
  57. Dan ... aku googling skinship itu apaan karena ga ada bayangan. Eh kok nemunya malah sesama cowok Korsel pelukan ya? apa ada arti lain?

    ReplyDelete
  58. Aku belum nonton drakor ini. Lagi ngak nonton drakor dulu. Tapi baca dari post ini kayaknya menarik sekali. Tapi aku kuatir candu ,hahaha

    ReplyDelete
  59. Aku jarang nonton Drakor yang cinta-cintaan banget tapi kayaknya ini menarik ya, suka akting Hae ini di drama Prison Playbook bareng Ji Sing, cakep benerrr

    ReplyDelete
  60. Yang kematinan direview Mak Jiah belum selese nonton ini udah ada lagi yaa Allah 😂😂😂

    ReplyDelete
  61. Aku jadi penasaran sama endingnya bagaiman, walau kyknya dah ketebak si cewek maunya ma siapa hahha, cuma penasaran bumbu2nya :D
    Tapi bolehlah kapan2 aku kepoin ini dramanya :D

    ReplyDelete
  62. Ah mereka berdua lagi, si imut dan si manis. Ini baru banget ya rundate nya. Jadi penasaran juga

    ReplyDelete
  63. Poin pertama bener banget. Temen aku pacarannya tiga tahun lebih eh nikahnya ma yang baru seminggu kenal trus dilamar.. Huwaaa. Kadang jodoh suka gitu yaa.
    Aku pengin bisa nonton drakor gini tapi waktunya itu lhooo, hiks.

    ReplyDelete
  64. baperrr :(

    jodoh itu ajaib...

    tapi jangan sampe selingkuh2 gitu ah yaa....

    ReplyDelete
  65. Pasangan kita itu adalah takdir.
    Bagaimana diri kita?
    Berkacalah pada pasanganmu.
    Jleebb..drama yang nilai moralnya bisa bikin berkaca pada diri sendiri.
    Save dulu..ditonton nanti;)

    ReplyDelete
  66. setuju point 1 jodoh bukan ditentukan lama pacaran wong aku ketemu suami langsung serius sementara pacaran lam ga diseriusin halah malah curhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. teteh ih bnyak sekali tontonan Koreanya aku jadi tahu meski ga pernah nonton juga hahaha

      Delete
  67. Waaah baper parah kalau saya nonton ini. Soalnya dulu sebelum ketemu suami, saya pacaran lamaaaa banget sampai kredit motor lunas dan bisa kredit lagi. Iyah, jd jenuh. Hiks

    ReplyDelete
  68. Masa lalu adalah bagian hidup yang tak akan bisa diubah. Jadi memang benar ya hikmah dari film ini. Jangan menilai orang lain dari masa lalunya. Belum tentu juga kan kita yang punya masa lalu bersih bisa jadi orang yang lebih baik dari dia.

    ReplyDelete
  69. Parah nih emang Kdramaland lagi dilanda virus perselingkuhan hahaha.
    Kelar nonton perselingkuhan mas apoteker dan mbak pustakawan, cus buruan nonton Love Affairs in the Afternoon Len! Perselingkuhan ala guru biologi hahaha

    ReplyDelete
  70. Wah ini ceritanya heboh dan seruuu ya mba. Aku belum pernah nonton sih mba.. baca reviewnya ajaa

    ReplyDelete
  71. Reviewnya lengkap sekali mba Lendy.. selalu suka deh review drakor mba Lendy ini.. gak nonton tapi ttp tau garis besar dar drama2 terutama pesan2 moralnya

    ReplyDelete
  72. Ceritanya kayak digantung gitu ya, pacaran tapi tanpa kejelasan. Dan tiba-tiba ada orang baru yang membuat berbunga-bunga. Aw aw aw... Kalau sayaa.. Mmm, harus minta kejelasan dulu sama yang pertama, mau gimana? Gak jelas ya udah tinggalin dan membuka hati untuk yang baru.


    Dan ya bener, karena lama pacaran gak menentukan itu jadi jodohnya. Aku pun mengalaminya. Wkwkwkw malah curhat.

    ReplyDelete
  73. Aku belum nonton ini. KAyaknya seru nih, ntar ah cari waktu buat nontonnya.

    ReplyDelete
  74. Belum nonton
    Ah entah kenapa aku belum pernah mood menulis soal drakor
    Aku khawatir kudu di LPJkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suka banget sama drakor ini. Udah beberapa kali stalking tapi belum ada moment yang tepat utk nonton

      Delete
  75. Tema selingkuh kayaknya lagi in ya di drakor. Ada drama baru lee sang yoeb juga tentang selingkuh dan sering dibahas di akun drama korea gitu. Aku pengen nonton ini sebenarnya tapi lagi nonton drama yang lain jadi belum sempat donlot

    ReplyDelete
  76. Sarat nilai pembelajaran hidup, bagaimana menghargai hubungan dengan anak, orang lain dan bagaimana menjadi orang tua yg lebih bijaksana.

    Kadang-kadang, tanpa sadar kita mneilai orang lain (siapa pun dia) berdasarkan masa lalunya.

    ReplyDelete
  77. Menarik banget nih kisahnya. Aku jarang banget nonton drakor, sekalinya nonton suka langsung marathon 3 hari beres. Haha. Ntar aku intip ah drakornya..

    ReplyDelete
  78. tentang profesi apoteker dan pustakawan sering dibahas di filmnya apa ga? menarik nih apalagi dengan background single parent.

    ReplyDelete
  79. Bumbu2 selingkuh memang selalu berhasil memancing rasa penasaran... Apalagi utk drakor yg riset naskahnya keren banget.

    ReplyDelete
  80. Udah lama bamget gal pernah nonton drakor nih si bunda. Biasanya kalo udah mulai nonton jadi addicted, pengen lagi, pengen lago nonton, hihiii...

    ReplyDelete
  81. Aku belum pernah nonton drama Korea. Tapi kek nya ini bakalan jadi drama Korea pertama yang aku tonton. Penasaran soalnya :D

    ReplyDelete
  82. Asyikkk.. Nambah lagi referensi drakornya. Nonton ahh...

    ReplyDelete
  83. Ih aku juga ragu-ragu, tapi ternyataaaa.....bagus banget

    realistis banget, dan saya suka persahabatan 3 saudara perempuan yang ngegemesin ^^

    ReplyDelete