Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan Raw Wild Honey : Sumber Pangan Dari Hutan

Bismillah,

Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Rabbmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Rabb) bagi orang-orang yang memikirkan.

QS. An-Nahl : 69




Siapa yang suka madu?

Madu di rumahku harus selalu ada. Madu yang diminum sehari-hari untuk menjaga daya tahan tubuh dan madu batuk yang diminum ketika flu atau tenggorokan mulai gak nyaman. 


Kenapa percaya banget sama madu?

Karena selain sumber makanan yang sangat dianjurkan dalam Al-Qur'an dan hadits, madu juga mengandung banyak sekali zat yang diperlukan oleh tubuh, diantaranya :

   Mengandung Vitamin, Mineral dan Enzim yang diperlukan tubuh   
Karena berasal dari perut lebah (genus apis), maka madu ini berasal dari sekresi lebah tergantung oleh nektar bunga dimakan sang lebah melalui proses regurgitasi (pencernaan serangga). Di sini terdapat aktivitas enzimatik, dan penguapan air. 



   Rasanya manis   
Bagi yang suka banget sama minuman atau makanan manis, jangan khawatir. Ada pengganti manisnya gula, yaitu madu. Kadar manisnya lebih tinggi dari gula, namun tidak menyebabkan efek yang buruk bagi tubuh.


   Mengandung mikro-nutrisi   
Kompleksitas penyusun tubuh manusia ini luar biasa yaa... Manusia membutuhkan zat-zat makro nutrien dan mikro nutrien. Jumlah yang dibutuhkan memang gak banyak, tapi tubuh tetap butuh zat-zat seperti kalium, sodium, sulfur, magnesium, potasium, klorin, fosfat dan besi. Zat-zat ini sempurna terkandung dalam madu loo...


   Mengandung Anti-Oksidan   
Karena zaman sekarang, udara yang kita hirup, sesuatu yang kita pegang apalagi kemudian masuk ke mulut, tak lepas dari kontaminan yang berbahaya. Tubuh manusia yang senantiasa menghadapi paparan radikal babas, perlu zat yang disebut fenolik. Zat ini terkandung di dalam madu yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas.


   Mengandung Anti-Jamur dan Anti-Bakteri   
Setelah anti-oksidan, kelebihan lain mengkonsumsi madu yang merupakan sumber pangan dari hutan adalah karena madu mengandung anti-jamur dan anti-bakteri. Hal ini di dalam ilmu medis digunakan sebagai anti-septik alami tanpa efek samping.


   Meningkatkan imunitas tubuh   
Sudah bukan rahasia lagi kalau madu adalah salah satu cara memperkuat imun tubuh. Karena kemampuannya merangsang terbentuknya sel-sel kekebalan tubuh.




Tentu manfaat lain dari mengonsumsi madu banyak sekali di samping yang aku sebutin di atas. Seperti mampu membantu mengatasi gangguan insomnia (susah tidur), mencegah penyakit kanker dan jantung, mampu mengatur gula darah, mengatasi alergi, mengontrol berat badan, dan beberapa efek bila di konsumsi di luar tubuh. Seperti untuk kecantikan (menutrisi kulit), mengatasi ketombe, menyembuhkan luka bakar, dan masih banyak lagi. Ajaib yaa...
**mashaAllah~


Lalu, apa bedanya Madu Hutan dan Madu Ternak?

Madu dibagi 2 jenis, yaitu madu hutan dan madu ternak. Perbedaannya yang paling mencolok adalah bila madu hutan diambil dari lebah yang membuat sarang di hutan sedangkan madu ternak adalah madu yang dihasilkan oleh lebah yang dipelihara (ditangkar).

Ada banyak kelebihan dan kekurangan masing-masing madu. Kekurangan di sini bukan dari segi kualitas madu itu sendiri, namun jumlah yang dihasilkan. Kalau madu hutan, yang disebut juga madu organik, biasanya memiliki hasil yang lebih sedikit, karena sarangnya diambil langsung dari hutan. Sedangkan madu ternak, bisa dibiakkan sesuai kebutuhan. Hal ini tentu menguntungkan bagi petani madu dalam memperoleh hasil panen madu yang lebih melimpah.

Kelebihan Madu Hutan :
Karena madu hutan ini merupakan madu organik yang tidak mengalami proses pemanasan, pasteurisasi, dan pengolahan lainnya, maka kandungan alaminya masih masih terjaga dengan baik, seperti enzim yang berasal dari lebah hutan.

Dan, untuk membedakan secara lebih mudahnya, madu hutan memiliki tekstur lebih cair daripada madu ternak. Dikarenakan makanan lebah yang dikonsumsinya dan kontur tempat tinggal lebah yang lebih basah daripada kontur lebah ternak.



Sumber Pangan Berasal Dari Hutan

Madu adalah salah satu makanan yang berasal dari hutan. Dan seperti yang kita tahu, banyaknya penduduk di Indonesia menyebabkan terganggunya ekosistem alami alam, termasuk hutan. Dimana-mana, hutan sudah dirusak oleh tangan-tangan manusia yang mementingkan kepentingan mereka. Tidak hanya tanaman yang berfungsi besar untuk kelestarian lingkungan, hewan-hewan yang tinggal di dalamnya pun menjadi terancam punah karena hilangnya hutan dari bumi. Maka, untuk menjaga itu semua, mari bersama-sama kita melestarikan hutan dengan langkah kecil yang nyata, seperti :

Membuang sampah pada tempatnya
Menggunakan bahan-bahan 3R (Reduce, Reuse, Recycle)
Peka terhadap lingkungan
Bijak menggunakan kendaraan
Reboisasi (penanaman kembali)
Menerapkan tebang-pilih
Bijak menggunakan kertas
Mulailah menanamkan kebiasaan yang baik terhadap lingkungan sejak dini


Ya,
Langkah-langkah sederhana di atas bisa banget membantu kelestarian lingkungan dan hutan. Dan peran orangtua juga sekolah dalam menumbuhkan bibit-bibit kasih sayang terhadap lingkungan terhadap anak-anak sangat besar. Karena kebiasaan itu dimulai sejak kecil.

Salah satu hutan yang dijadikan tempat wisata hiking di Cikole, Lembang, Bandung.

Bersama Walhi, mari wujudkan Indonesia yang lestari.


Apa Itu Walhi?

Walhi - Wahana Lingkungan Hidup Indonesia adalah sebuah organisasi gerakan lingkungan hidup terbesar di Indonesia dan merupakan organisasi non pemerintah serta organisasi pencinta alam. Saat ini sudah memiliki anggota sebanyak 487 organisasi dari berbagai unsur serta 203 anggota individu yang tersebar di 28 propinsi di Indonesia. Didirikan sejak tahun 1980 hingga saat ini, WALHI secara aktif mendorong upaya-upaya penyelamatan dan pemulihan lingkungan hidup di Indonesia. WALHI bekerja untuk terus mendorong terwujudnya pengakuan hak atas lingkungan hidup, dilindungi serta dipenuhinya hak asasi manusia sebagai bentuk tanggung jawab Negara atas pemenuhan kebutuhan sumber-sumber kehidupan rakyat.

Gerakan-gerakan yang dilakukan tentu tidak akan terlaksana dengan baik bila tidak disambut baik dan didukung oleh masyarakat. Karena keadaan hutan Indonesia yang sudah semakin memburuk, membuat banyak dampak yang dirasakan manusia. Seperti banjir, tanah longsor, perubahan cuaca yang drastis, hingga pemanasan global yang bisa kita rasakan sehari-hari. Mari, ikut melestarikan hutan di Indonesia, karena apa yang kita lakukan, hutan pun akan membalasnya.

IG : 

@walhi.indonesia

FB :

https://www.facebook.com/WALHI/

Web :

https://walhi.or.id/

Youtube :

WALHI Nasional



Cek video di bawah ini yaa...


Selamatkan bumi, selamatkan generasi penerus bangsa.


What we do to the earth, we do to ourselves.


With love,


94 comments for "Kelebihan Raw Wild Honey : Sumber Pangan Dari Hutan"

  1. wah iya ya madu juga sumber pangan dari hutan ya, semoga menang ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Semoga bisa menarik hati juri ya tulisannya. Duh, aku beresin draft kok gak beres-beres. Ihiks... takut gak keburu :(

      Delete
  2. Aku pun penggemar maduuu banget bangeeett
    Karena madu yg bersumber dari hutan itu berkualitas yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya baru2 ajah suka madu. dulu sering dibawakan yg pahit jd yg terlintas di otak saya madu itu pahit, wkwk

      sekarang dibelikan madu manis sama suami. dicampur teh hangat

      Delete
  3. di rumah juga stock madu teh kalau untuk papah di Serang lebih suka madu hutan dibanding yang madu ternak :) karena emang kualitasnya lebih baik ya teh

    ReplyDelete
  4. Kami penyuka madu apalagi madu hutan. Memang hutan penuh dengan sumber pangan yang bisa manusia manfaatkan ya mbak. Makanya memang sudah selayaknya kita jaga.

    ReplyDelete
  5. Sipp jadi tau bedanya raw wild honey dg madu ternak ya... Tfs Cinggu Lendy :*

    ReplyDelete
  6. Waktu kecil saya selalu konsumsi madu asli dari hutan Mba, cuman memang beda banget dengan madu ternak, seingat saya madu hutan itu kayak ada gas or something gitu, makanya ga bisa dibawa pakai pesawat, soalnya kalau keguncang bisa pecah botolnya.

    Sekarang udah jarang banget bisa dapetin madu hutan asli, yang ada selalu udah dicampur macam-macam :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya baru tau juga nih kalau gak bisa dibawa lewat pesawat. Berarti harus dikomunikasikan juga dengan pihak maskapai kali, ya

      Delete
    2. Iya Mba, tapi kalau madu yang bener-bener asli hutan sih, kalau madu ternak atau madu hutan udah dicampur sesuatu, kayaknya udah nggak ada gasnya deh Mba .

      Dan ciri-cirinya, madu hutan asli harusnya ga bisa ditaruh di botol plastik biasa, kalau keguncang botolnya kaya melepuh gitu :D

      Delete
  7. Bagi umat Islam, madu ini mendapat tempat istimewa ya. Ternyata memang kandungannya warbiayasak. Sekarang banyak yang menjual madu hutan ini. Nama madu hutan menjadikannya branding yang dicari orang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita bisa percaya berdasarkan dalil yang ada. In syaa Allah berkah. Nah, secara penelitian juga banyak manfaatnya. Ah, masya Allah ....


      Sudahkah minum madu hari ini? :D

      Delete
  8. DI rumah alhamdulillah selalu aku sediakan madu mba. Bagus juga buat kesehatan tubuh keluarga. Dan aku jadi tahu infor lebih dari sini. Walhi tuh beneran terbukti bagus kualitasnya menjaga lingkungan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dong kita mbak, aku juga selalu menyediakan madu di rumah dan membiasakan juga minum setiap hari.

      Delete
  9. Madu juga selalu tersedia di rumah kami Teh. Apalagi kalau mau mendaki gunung, secara madu selalu jadi camilan wajib bagi para pendaki.

    Madu hutan saat ini sudah jarang. Kami di Cianjur Selatan juga sudah sulit mencarinya. Padahal waktu kecil mudah ditemukan lho.

    ReplyDelete
  10. Madu emang banyak manfaatnya, tapi jujur aku pake madu kalau lagi pas sakit aja, huhuhu, karena kentalnya itu aku malah kurang suka, hehehe.....

    ReplyDelete
  11. di rumah saya juga selalu ada madu. Anak-anak pun suka minum madu, jadi harus disimpan di tempat tinggi. Kalau sampai mereka bisa ambil, bisa habis sebotol dalam sehari. Di buat minuman, dioleskan roti, dan juga diminum langsung

    ReplyDelete
  12. Wah, bapak juga suka banget bawa pulang madu hutan mba lendy, rasanya lebih asam dibanding madu ternak, tapi kami suka karena organik.

    ReplyDelete
  13. Aku nggak gitu kenal jenis2 madu, tapi yang orang banyak bilang, madu asli itu rasa manisnya enak, jangan masukin kulkas.madu hutan kayanya termasuk madu favorit ya

    ReplyDelete
  14. raw wild honey aku percaya sih teh manfaatnya buat kesehatan tubuh, karena ini salah satu sunah rasulullah juga

    ReplyDelete
  15. Pingin nyicipin madu hutan. Pasti lebih enak rasanya, ya.

    Kalau madu saya jarang beli. Soalnya takut ketipu. Bilangnya asli ternyata aspal.

    ReplyDelete
  16. Madu juga suka saya stok di rumah. Anak perempuan saya yang suka dengan madu. Kalau saya biasanya dicampur dengan makanan atau minuman

    ReplyDelete
  17. madu hutan itu rasanya alami banget, enaknya itu bedaaaa, aku sukaaa, apalagi masih ada sarang2nya itu lho, tambah nikmat gtu makannya

    ReplyDelete
  18. Saya suka madu, tapi gak suka dimadu. Hehehe.

    Madu biasa saya gunakan disaat lagi serak, dicampur ama jeruk nipis kemudian diminum rutin. Suara saya jadi gak serak lagi deh

    ReplyDelete
  19. Aku juga di rumah kebetulan konsumsi madu yang raw gini mbak. Selain memang madu ini bagus untuk kesehatan, kita biasa pakai untuk toping makanan.

    ReplyDelete
  20. Di hutan memang banyak sekali ya sumber nutrisi yang bagus. Dari mikronutrisi hingga makronutrisi. Jadinya sayang sekali jika hutan semakin sedikit. Sumber pangan kita nantinya akan jadi semakin sedikit juga.

    ReplyDelete
  21. madu aku suka banget. kalo balik dari tugas di kalimantan, suami suka bawa madu hutan yg lengkap dengan sarangnya. sedap!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, saya penasaran dengan sarang madu hutan, Na. Gimana rasanya ya? Apakah manis seperti madu?

      Delete
  22. Saya penggemar madu juga mba. Paling sering dicampur yoghurt homemade dan roti. Dan aku selalu memilih madu hutan karena suka yg organik

    ReplyDelete
  23. aku dan keluarga juga selalu minum madu, teh.
    Soalnya untuk menjaga kesehatan juga. Terus aku belinya sama teman yang ternak, jadi madunya enak :)

    ReplyDelete
  24. Aku belum pernah ambil sendiri madu dari hutan, tapi pernah lihat di acara TV. Kita harus banget menjaga hutan. Kalau bukan kita, siapa lagi coba?

    ReplyDelete
  25. Madu dari hutan tentunya punya rasa khas ya, tergantung dari jenis pohon yang ada di sana juga katanya. Nah kalo WALHI, aku udah pernah jadi bagian organisasi ini waktu jadi mahasiswa dulu. Di kampusku ada nih kegiatannya biasanya ke gunung ntar kalo turun mungutin sampah plastik. Aduh itu masa silam yang menyenangkan, hihii

    ReplyDelete
  26. Hutan Indonesia memang sangat kaya. Selain kayu, hutan Indonesia juga menyediakan berbagai sumber pangan untuk manusia. Mulai dari aneka buah, umbi-umbian, juga madu hutan ini. Jadi sudah sepantasnya hutan harus dijaga

    ReplyDelete
  27. Tetapi, sepertinya tidak semua madu rasanya manis, ya. Saya pernah juga mengkonsumsi madu hutan yang rasanya pahit. Meskipun begitu, khasiat madu memang banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah bener mbak, aku pun pernah deh ngerasain madu dan gak manis seperti madu pada umumnya.

      Delete
    2. Iya Mbak, gak semua rasa madu itu manis. Ada jenis madu tertentu yang rasanya pahit. Katanya bagus untuk kesehatan

      Delete
  28. Aku sebenarnya baru tahu kalo raw honey itu beda dengan madu ternak. Ya kandungannya, ya khasiatnya. Aku selama ini kalo konsumsi madu, pasti madu yang diproduksi. Jadi kepengen nyoba deh madu alami dari hutan gitu.

    ReplyDelete
  29. Saya juga selalu sedia madu di rumah, dulu sih cuek madu apa aja, sekarang lebih suka mengkonsumsi madu hutan...

    ReplyDelete
  30. Keluarga kami juga mengandalkan madu untuk menjaga kesehatan semua, Teh. Kalau madu hutan pastinya lebih aman ya...

    ReplyDelete
  31. Aku selalu nyetok madu juga di rumah kami. Andalan banget nih madu sebagai suplemen kesehatan.

    ReplyDelete
  32. Suka banget sm madu. Apalagi madu hutan asli. Bedaaaa banget rasanya sm yg dijual di pasaran. Belakangan ini lg nyari madu asli dan selalu nemu yg hmm.. Gitu deh.

    ReplyDelete
  33. Semoga masyarakat Indonesia makin sadar lingkungan ya, memelihara hutan yang ada hingga kebutuhan pangan kita terjamin dengan kekayaan hutan, ngga ada lagi kelaparan

    ReplyDelete
  34. Madu merupakan minuman sekaligus makanan terbaik manusia. Kenapa? Karena Allah SWt yang memerintahkan langsung kepada lebah untuk mengambil saripati dari bumi yaitu dari tanaman-tanaman terbaik yang tumbuh dari bumi.

    ReplyDelete
  35. Baca postingan ini jadi ingat salah satu temen FB mbak Siti Maryamah yang sukses jualan madu hutan. Pelanggannya dari mana mana.

    ReplyDelete
  36. Sebenarnya Madu Hutan punya warna yang lebih pekat dibandingkan dengan Madu Ternak, sepengetahuanku. Sebab sedari kecil, Papa sering bawa madu dan memang selalu ada stoknya di rumah. Pun rasa madu, tergantung dari bunga apa nih si lebahnya mampir. Nah, Madu Ternak kadang ada yang iseng menambahkan air dan gula untuk membuatnya lebih manis, jadi perlu dites dengan diteteskan ke dalam gelas. Kalau madunya bertahan di bawah, berarti madunya murni. Ini untuk Madu Ternak tapi ya.

    ReplyDelete
  37. Madu pun direkomendasiin dalam islam ya, Mba. Untuk obat dan untuk apa aja. Bahkan, bisa buat obat jerawat. Dahsyat emang kemampuan madu ini

    ReplyDelete
  38. Saya suka banget minum madu, sebisa mungkin punya stock madu Di rumah. Biasanya Kalau pagi minum madu Sama air hangar.

    ReplyDelete
  39. Waktu kecil aku tuh wajib banget minum madu. Madunya madu hutan yg dibawain oleh kakek aku dari kampung. Sepertinya sekarang agak susah ya cari madu hutan yg asli

    ReplyDelete
  40. Madu emang bagus bgt buat tubuh..
    Makanya selalu ada dan selalu di konsumsi tiap hri

    ReplyDelete
  41. Madu adalah minuman sekaligus sarapan pagi saya sehari-hari. Madu apapun itu, saya suka

    ReplyDelete
  42. Di rumah juga sekarang udah beralih gula diganti dengan madu. Tiap pagi anak anak dikasih madu satu sendok untuk cemilannya. Madu itu ga terlalu manis, manfaatnya juga banyak banget untuk kesehatan tubuh. 🙂

    ReplyDelete
  43. Aku dan anak2 pke madu campur jeruk nipis peres tiap pagi campur air anget juga..seger..

    ReplyDelete
  44. Aku penggemar berat madu hutan kak. Kalo udah nyoba itu, madu lainnya gak bakal sama lagi rasanya. Karena khasiatnya lebih nampol

    ReplyDelete
  45. aku penggemar raw honey dari hutan asli... jadi seringnya beli langsung sama sodara yang emang suka berburu madu hutan

    ReplyDelete
  46. Melestarikan hutan ini memang bukan kerja satu dua pihak tapi semua pihak punya tanggungjawab yang sama. Dan ini harus disosialisasikan sejak dini :)

    ReplyDelete
  47. Daku pernah dibawakan sama Abang Tua madu asli gitu, rasanya memang beda dan terasa legit. Dan Kuy tetap jaga kelestarian hutan, agar pangan dari hutan tetap bisa kita olah dengan baik

    ReplyDelete
  48. Al tuh yg sering kucekokin madu wkwkwk. Dia juga suka dan bilangnya itu vitamin. Membantu menguatkan daya tahan tubuh di musim hujan gini

    ReplyDelete
  49. Aku suka banget sama madu gak cuma buat dikonsumsi tapi dijadikan masker juga bagus.

    ReplyDelete
  50. Aku baru tau nih madu Hutan punya tekstur cair. Kukira malah kental. Memang madu itu makanan yang sangat bermanfaat yah.

    ReplyDelete
  51. Tadinya aku ga begitu suka madu karena manisnya gimana gitu. Tapi sejak kenal madu yang murni dari hutan aku mulai suka madu. Ngga manis, lebih Ringan gitu.

    ReplyDelete
  52. Madu memiliki segudang manfaat ya Mba Lend
    aku juga suka konsumsi, dibuat anget biar enak minumnya
    hutan emang sumber pangen banget

    ReplyDelete
  53. Keluargaku pengkonsumsi Madu, buat vitamin agar menunjang aktivitas seharian .
    Beneran deh manfaatnya woow bangeeet ya Leen.

    Aku lagi suka madu yang pahit hihi

    ReplyDelete
  54. Madu hutan merupakan aset berharga yang banyak di cari orang. Jaga hutan agar madu bisa dirasakan oleh kita.

    ReplyDelete
  55. madu hutan memang memiliki banyak kelebihan dan lebih sehat ya mba. Aku juga banyak mengkonsumsi madu dan suka beli yang organik, tanpa gula!

    ReplyDelete
  56. Yah apapun yang organik seperti raw wild honey lebih bagus dari yang non organik. Saya suka madu pun seering menggunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuulll!
      Madu emang super duper ajiiib untuk boosting energi

      Delete
  57. di rumah saya juga selalu sedia madu, karena memang manfaatnya banyak banget

    ReplyDelete
  58. Madu asli rasanya enak yaaa. Saya suka

    ReplyDelete
  59. Madu buatku selain diminum, makan, juga buat masker. Biar makin cantik. Hutan emang kaya banget ya, Mbak

    ReplyDelete
  60. Sejak jaman aku kecil, mama pasti nyetok madu hutan di rumah. Kebiasaan ini berlanjut sampe sekarang. Jadi nurun juga ke aku.. Gak cuma enak, tapi manfaatnya juga banyak

    ReplyDelete
  61. Madu terbukti banyak manfaat untuk kesehatan yah kak, aku juga ada stok madu dirumah. Tapi madu kemasan biasa gitu. Entah asli apa enggak hehehe.. aku pun pakainya kalau dah merasa ga enak badan. Soale rada kurang suka. Terlalu manis gitu sih menirut lidah aku. Apalagi kentalnya terasa di tenggorokan. Btw kalau Madu hutan lebih baik yah mba.

    ReplyDelete
  62. Sejak Pewe pernah sakit dulu, sekarang di rumah kami punya kebiasaan minum satu sendok makan madu setiap pagi lho dan ini bikin tubuh jadi tak gampang sakit. Cuma aku belum pernah nih coba yang raw wild honey ini. Madu hutan asli hutan berarti ya ini. Kapan-kapan boleh nih dicoba juga

    ReplyDelete
  63. Benda wajib yang selalu Dewi punya nih. Khasiatnya banyak, dan sellu buat stamina terjaga. Dari kecil suka minum madu, tapi untuk raw wild honey belum pernah cobain, next mau coba ah��

    ReplyDelete
  64. Aku juga suka banget madu, apalagi madu dari pedalaman badui. enak banget. Dicampur cuka apel, beuh. Asem manis bersatu padu. Suka!

    ReplyDelete
  65. Suka madu dan selalu ada di rumah. Dan senang karena emang menyehatkan ya mba :)

    ReplyDelete
  66. Ah jd inget madu di rumah udh mau habis. Kudu cepet2 pesan nih. Soalnya susah dapetnya madu hutan ini. Antrinya lamaaaaa. Aku berharap banget, hutan2 di negeri ini tetap terjaga, lestari, jauh dr penebangan liar, pembukaan lahan, dan sebagainya. Semangat Walhi, dan utk kita, yuk dukung walhi dan turut serta dlm menjaga hutan.

    ReplyDelete
  67. Dirumahku selalu madu. Tapi aku nggak tau kalau ada bedanya begitu. Yang penting madu aja, beli di supermarket wkwkwkw. Sekarang jadi tau bedanya. Terima kasih infonya lengkap sekali.

    ReplyDelete
  68. Aku selalu nyetok madu di rumah karena emang banyak sekali manfaatnya. Kalo gak enak badan atau mau flu, langsung minum madu campur jeruk nipis deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga Teh, suka nyetok di rumah. Sayangnya hari ini sudah habis baru minta belikan sama suami.

      Delete
  69. Oh iya kalo beli madu hutan memang lebih cair ya Len, dulu aku sempat ragu waktu ditawari temanku. Katanya madu ngambil dari hutan. Semoga hutan kita selalu dijaga oleh masyarakat sekitar yang tinggal di hutan

    ReplyDelete
  70. Aku di rumah jg konsumsi madu teh... Tiap pagi sebelum makan minim madu campur jeniper n air hangat hehe

    ReplyDelete
  71. Terus terang kyknya jarang punya sediaan madu asli hutan. Tapi katanya emang denegr2 bagus banget buat obat dan juga kyk buat vitamin stamina gtu. Kalau yang dijual sama suku Baduy yang biasanya ketemu di stasiun2 gtu kira2 apa dari hytan jg gak ya?

    ReplyDelete
  72. Madu hutan sekarang sudah sangat sulit ditemukan. Kalaupun ada harganya mahal. Dengan menjaga kelestarian hutan, semoga persediaan madu hutan akan melimpah.

    ReplyDelete
  73. Berbicara soal madu, biasanya aku gunain buat dijadikan scrub bibir. Jadi aku campurin dengan gula pasir buat mengangkat sel kulit mati di bibir. Tapi kadang juga suka jadiin madu buat masker wajah buat ngeringin jerawat hehehe

    ReplyDelete
  74. Masyaalloh Tabarakalloh ����

    Madu hutan dalam pandangan saya, madu pahit mbak. Karena 3x dibawain madu hutan sama tetangga, selalu pahit. Karena liar yaa, jadi tanaman sbg bakal madu, bermacam2. Tapi manfaatnya untuk kesehatan sungguh luar biasaa. Harus punya dirumah ini

    ReplyDelete
  75. SAya rutin konsumsi madu, alhamdulillah badan lebih fresh loh, berkah memang ya madu ini.

    ReplyDelete
  76. di rumah juga sedia madu, selain diminum biasanya saya buat campuran masakan. nah kalau madu hutan belum pernah nyobain rasanya kek gimana hehe

    ReplyDelete
  77. Saya juga nih lebih suka minum madu hutan karena lebih original ya Mbak khasiatnya juga tidak diragukan lagi. Btw hutan memiliki kekayaan alam yang melimpah termasuk madu ini tapi sayangnya masih banyak oknum yang tidak bertanggung jawab ya. Ini patut jadi perhatian , syukur ada organisasi yang peduli lingkungan seperti WALHI ini.

    ReplyDelete
  78. Katanya memang madu hutan lebih enak ya tapi banyak yang bilang agak pahit gt hehe aku sendiri sih belum coba madu hutan soale biasa sering beli madu Pramuka.

    ReplyDelete
  79. Alhamdulillah Aku sering minum madu Karena dari dulu udah dibiasakan minum madu jadi sampe skg minum madu terus

    ReplyDelete
  80. Banyak banget ya manfaat yang didapatkan dari makanan yang dihasilkan oleh lebah ini. Sungguh besar kuasa Allah menjadikan madu sebagai makanan sekaligus obat buat manusia.

    ReplyDelete
  81. keren review nya mba... madu juga bisa mengobati banyak penyakit

    ReplyDelete

Berlangganan via Email