Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar SEO Untuk Blogger

Bismillah,

Happy Monday...sahabat lendyagasshi.

Apa yang sahabat lendyagasshi bayangkan jika mendengar kata SEO?
Langsung alergi gak?
**hihii~

Belajar SEO

Aku awalnya juga sama seperti blogger pemula lainnya, gak tahu apa-apa mengenai SEO dan gak pingin tahu. Karena buat aku, menulis adalah sesuatu yang buat aku senang. Lalu perlahan, dipercaya beberapa brand untuk menulis. Rasanya...mashaAllah~ luar bisa senang doonk... Ternyata, ada juga yang mau bekerjasama dengan rumah kecilku ini.

Related Post :

Dan pada suatu hari, karena keperluan menulis itu adalah untuk mengangkat nama sebuah brand, maka teknik SEO ini perlu dipelajari. Dari sini, jiwaku mempelajari dan mengenal SEO juga belum maju-maju. Hanya untuk sebatas kebutuhan klien. Tapi semakin hari, banyak kelas yang membuka untuk mempelajari SEO lebih dalam. Terbersitlah perasaan iri. Iri yang positif yaa...

Karena ilmu gak turun dari langit, maka aku mulai mempelajari tulisan sahabat lendyagasshi mengenai SEO ini dengan seksama. Memperhatikan apa saja yang mesti aku lakukan agar tulisan blog dicintai google. Dan kali ini, aku merasakan nikmatnya mempelajari SEO dari kak Priangga, blogger yang kini berdomisili di Cilacap, Jawa Tengah. Beliau berbagi di kelas Webinar "Ngeblog Bareng IM3 Ooredo bareng IIDN" (Ibu-Ibu Doyan Nulis).

Belajar SEO

Apa itu SEO?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Yang mana, SEO diperlukan agar blog yang kita rawat ini tumbuh dengan baik dan dicintai oleh algoritma google, bing atau yahoo, atau apapun mesin pencari yang digunakan saat seseorang memasukkan kata kunci untuk mencari sesuatu yang mereka butuhkan.

Harapannya, jika dicintai oleh mesin pencari (search engine) maka akan mendatangkan page view yang banyak karena masuk page one

Manfaat menerapkan SEO untuk blog :

Investasi jangka panjang
Mendatangkan kepercayaan dari sebuah brand
Mendapat banyak traffic
Menentukan audiens berkualitas
Dapat digunakan menjual berbagai jasa
Menjadi nilai tambah

Belajar SEO

SEO dibagi menjadi 2 :

SEO on page
SEO off page

Mari kita bahas satu per-satu yaa...


SEO on Page

SEO ini dimainkan di dalam blog sendiri. Kita cek blog kita dan optimasi dengan cara :

Riset kata kunci
Bisa dilakukan di 3 web : Google Trends, Google Suggest dan Ubbersuggest.
Jangan lupa untuk mengganti negara (Indonesia) dan pencarian terpopuler minimal 7 hari terakhir.

Jangan lupa, pemberian kata kunci ini harus selalu ditaruh di judul sebagai H1 dan apabila menggunakan keyword berekor panjang (long-tail) pilih yang kata kunci disarankan dari ketiga web di atas adalah kata kunci yang tidak terlalu ramai alias yang tengah-tengah. Karena persaingan di mesin pencarian google akan semakin sengit bila kita menggunakan keyword teratas.


Menggunakan theme blog yang SEO-friendly
Bisa dilihat salah satunya di https://search.google.com/test/mobile-friendly apakah sudah nyaman digunakan dalam mobile version.


Kecepatan loading website
Cek di https://developers.google.com/. Di web ini lengkap memberikan pendapatnya, apa yang harus diperbaiki untuk performa blog agar page-speed insight lebih baik. Tolak ukurnya, bila nilai yang diberikan web ini dibawah 75, maka segera lakukan perbaikan.


Sitemap
Berupa meta-data yaitu kata-kata yang keluar sebagai kata kunci yang mudah di crawl oleh mesin pencari. Tidak perlu terlalu sering menuliskan kata kunci utama, asalkan sebarannya rata dan looks normally, bukan robot atau dibuat-buat.
**google ini pinter banget loo...


Kalau yang diatas sudah dilakukan semua, naik peringkat untuk melakukan hal ini saat menulis :
πŸ–‰ Menulis blogpost minimal 1000 kata (atau lebih banyak dari kompetitor, saat lomba blog)
πŸ–‰ Buat permalink sama dengan keyword utama
πŸ–‰ Beri internal link yanh sesuai (bisa ke brand atau tulisan lama kita sendiri)
πŸ–‰ Optimasi gambar (beri nama sesuai keyword di teks judul dan alt teks)
πŸ–‰ Sub-judul (perhatikan benar H1, H2, H3,....)

Belajar SEO
source : pinterest

Setelah mengoptimasi SEO on page, mari kita jalankan SEO off page nya yaa...sahabat lendyagasshi.


SEO off page

SEO yang dilakukan dengan cara link building atau membangun backlink dari website orang lain. Yang perlu dipahami saat bertukar link ini adalah reputasi website, keaktifan website, niche yang sama, kalimat yang sama dan dilakukan do-follow/ no-follow.

Ada beberapa jenis-jenis backlink :

Backlink profile
Bisa ditanamkan di penyedia website orang lain.
Misal : Sribulancer.

Menurut kak Priangga saat menyampaikan materi ini, tidak perlu menanam backlink profil di website luar negeri. Karena kita tidak tahu reputasi pastinya web tersebut.


Backlink komentar
Hal ini bisa didapat ketika kita bersilaturahm ke blog sahabat blogger lainnya. Isitlahnya BW alias blogwalking. Dan di sinilah kita bisa menanamkan link kita saat sedang berkomentar, apabila disediakan oleh sang pemilik blog.
**tapi link seperti ini, tidak berpengaruh besar untuk SEO off page


Social bookmark
Link blog yang kita miliki bisa dicantumkan di beberapa social media yang menyediakan kolom keterangan.
Misal : Pinterest, Twitter, LinkedIn, Instagram


Kontekstual backlink
Backlink yang sulit didapatkan karena backlink ini akan dipasang di blog yang memiliki reputasi DA/PA yang baik serta DR yang bisa di cek di tools ahrefs (berbayar).

Cara mendapatkan Kontekstual Backlink :
πŸ’Œ Menulis di website orang lain (sebagai guest-post)
πŸ’Œ Meminta teman lain menulis referensi link yang mengarah ke blog kita
πŸ’Œ Membuat konten yang baik, agar orang lain tertarik memberikan link yang mengarah ke blog kita dengan sukarela
πŸ’Œ Menggunakan agency (atau pihak ketiga) yang tentu membutuhkan biaya yang tidak murah


Tips mendapatkan Kontekstual Backlink :

Silaturahm (yang baik) antar blogger
Mengajak teman untuk barter link
**ini harus dengan beberapa blog yang berbeda.
Misal : Link blog A🠞mengarah ke blog B🠞mengarah ke blog C🠞mengarah ke blog A
Bertemanlah dengan baik ke siapa saja dan saling berbagi


Pesan kak Priangga :

Jangan pernah berpikir bahwa semakin banyak backlink, akan semakin bagus.


Kembali lagi, yang perlu dilihat adalah kualitas dari blog yang memberikan kita backlink bagaimana di mata mesin pencari google. Sederhananya bisa di cek di gambar berikut :

Belajar SEO
source : pinterest

Sekali lagi, membangun SEO yang baik ini tidak bisa instan. Membutuhkan konsistensi menulis. Google tentu tahu mana artikel yang bagus atau jelek. Sehingga tetap "Content is the King" and "SEO is the queen".

Ciri artikel yang baik adalah pembaca merasa mendapat informasi yang baik dengan berlama-lama di blog kita (perhatikan angka bounce rate blog), penampilan yang user-friendly, tidak lambat dan responsif.


Bagaimana sahabat lendyagasshi?
Apakah sudah dilakukan beberapa langkah optimasi di atas agar dicintai google atau mesin pencari lainnya? Kalau belum, yuukk...dicoba sedikit demi sedikit. Karena ini efeknya bisa jangka panjang dan ketika blog kita sudah dicintai oleh mesin pencari, maka in syaa Allah bisa di monetize dan akan mendatangkan pundi-pundi berlian untuk sang empunya blog, tentunya.


Tentang IIDN

IIDN adalah sebuah komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis yang didirikan pertama kali oleh Indari Mastuti, seorang inspiring woman yang produktif menulis buku. Saat ini IIDN juga memiliki program yang seru untuk diikuti oleh para penulis perempuan, diantaranya :

πŸ’– Program rutin yang dilakukan di facebook.
 #SeninSemangat, #SelasaBlog. #RabuBuku, #KamisKuis, #JumatFIKSI dan #SabtuPUEBI

πŸ’– Bekerjasama dengan pihak di luar IIDN dalam penulisan buku, kampanye digital atau hal-hal lain yang terkait penulisan.

πŸ’– Membantu menjembatani penerbitan buku anggota IIDN dengan penerbit mayor ataupun penerbitan buku antologi menggunakan penerbit indie.

Dalam rangka kolaborasi IIDN dengan IM3 Ooredoo, maka selama satu bulan ini, mulai dari tanggal 29 Agustus hingga 3 Oktober 2020 akan menghadirkan webinar series yang bertemakan “Mengoptimalkan Peluang Dunia Blog”. Event ini bisa diikuti oleh siapa saja dengan cara berbagi tulisan berupa cerita, pengalaman, ilmu, tips dan trik blogging yang didapatkan setelah mengikuti webinar bersama IIDN dan IM3 Ooredoo.


Tentang IM3 Ooredoo

Sudah gak asing tentu dengan provider IM3 Ooredoo ini, karena aku sebagai pengguna IM3 sejak 2004 hingga kini merasakan sekali bagaimana IM3 termasuk provider yang stabil untuk urusan sinyal dan produk-produknya merupakan layanan terbaik.

Kali ini, IM3 Ooredo mengeluarkan produk terbaru yang keren banget. Kenapa aku bilang begitu? Karena seolah menjawab kegalauan para orangtua saat semuanya harus dilakukan dari rumah. Ya belajar untuk anak-anak, ya bekerja bagi orangtua, juga tetap harus menjalin silaturahm dengan keluarga doonk...meski tidak bisa berkunjung.

Kini hadir paket IMPreneur.
Paket khusus yang diciptakan untuk para pelanggan IM3 Ooredoo saat akan melakukan segala aktivitas mobilenya, karena kuota yang ada bisa di share ke beberapa nomer hingga 20 orang. 

Untuk paketnya sendiri terdiri dari 3 paket :
Paket Max (320 GB) dengan 300 GB kuota utama - 20 GB kuota aplikasi
Paket Pro (130 GB) dengan 120 GB kuota utama - 10 GB kuota aplikasi
Paket Fit (65 GB) dengan 60 GB kuota utama - 5 GB kuota aplikasi

Seru banget kaan...bisa berbagi kuota. Dan dapatka privilege ini hanya di gerai IM3 Ooredoo.  Kuota IM3Preneur ini bisa dibagikan meski nomer induk berbeda kota dengan nomer IM3 Ooredoo anggota loo..

Untuk lebih lengkapnya, bisa instal aplikasi My IM3 atau kunjungi website https://indosatooredoo.com.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog IM3 Ooredoo X IIDN  “Mengoptimalkan Peluang Dunia Blogging”

Belajar SEO
 http://bit.ly/im3ooredoxiidn

Happy Blogging~


With love,


52 comments for "Belajar SEO Untuk Blogger"

  1. Mbak Lendy.. kemarin aku nggak nyimak yang bagian optimasi gambar. Meuni keenakan ngobrol sendiri di grup drakor waktu itu, pfft.. pengen ngakak tapi kok ya anu. Udah tahu lagi ikut kelas, malah ngobrol sendiri dalam kelas. Zzzz...

    ReplyDelete
  2. Belajar SEO tu ternyata asyik juga ya. Aku pun lagi ikut kelas SEO. Ternyata menarik sekali ilmunya. Kesimpulanku, mereka yang merhatiin SEO sehingga performance blognya bagus, paatilah orang yang rajin (dan tidak sombong). Abis printilannya banyak banget. Ha...ha...

    ReplyDelete
  3. Mantap,,, uda nulis aja...
    Bener bgt ya teh, blogger juga harus paham teknik seo

    ReplyDelete
  4. Aku juga minimal praktekin SEO on Page, Kak. Alhamdulillah senang kalau tulisan bisa muncul di Page One Google dan nyumbang trafik juga bermanfaat buat pembaca. Biasanya artikel yang evergreen yg disukai Google. Aku salut sama IIDN, kegiatannya banyak banget dan bikin buibu produktif ga cuma diajari nulis tapi teknik ngeblog yang ramah SEO pun diakrabkan. Untuk paket IMpreneur aku malah baru tahu nih, mau kulik ah di website Indosat. Kebetulan aku pake IM3 :)

    ReplyDelete
  5. IIDN Reborn mantaaabbb nian
    banyak workshop menarik yg bisa kita ikuti ya
    Duh, kece amat nih pelatihan SEO online
    NTAB!!!

    ReplyDelete
  6. diriku sudah menerapkannya beberapa tapi sayangnya tidak konsisten. Jika diterapkan terus menerus pasti akan memberikan efek bagus untuk blog. Duhhh harus buat ceklist nih biar rutin

    ReplyDelete
  7. Aku dulu nulis ya nulis aja. SEO kayanya bikin pusing. Lalu ikut kelas dan aduh, kudu banyak berjuang. Akhirnya sekarang agak terbiasa buat tulisan SEO. Bagaimanapun, Content is the King and SEO is the queen

    ReplyDelete
  8. Keren! Komplit banget Mba dan ini mudah banget dipahami...^^

    ReplyDelete
  9. keren teh :) thanks udah sharing dengan bahasa yang mudah dipahami ya teh, karena selama ini bahasa pembahasan SEO tuh membingungkan buat aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mulai terapkan sedikit sedikit nih teh di blog aku makasih ya teh ilmunya

      Delete
  10. Sampai saat ini, saya masih awam sekali dengan SEO. dari dulu sampai sekarang, belum mengerti juga cara kerjanya gimana, bagaimana mengolahnya, dan sebagainya.

    Untuk masalah SEO, sepertinya saya harus lebih banyak membaca dan belajar lagi pada yang lebih paham soal SEO.

    Membaca tulisan ini, saya jadi sadar bahwa sebatas menulis Di blog saja masih belum lengkap tanpa dilengkapi dengan penerapan SEO yang baik dan benar.

    ReplyDelete
  11. Dari semua blog yg bahas seo, punya mbak lendy siput ini yang mudah aku pahami, aku bookmark utk aku baca terus di lain hari

    ReplyDelete
  12. Waaaa kalo mumet soal SEO, aku bakal mampir ke artikel ini aahh
    Kece ulasan kamuuh

    ReplyDelete
  13. Aku seneng nulis, bikin blog udh lama tapi baru-baru ini doang belajar SEO dasar. Telat banget ya. Padahal penting bgt buat bikin DA PA jadi tinggi.

    ReplyDelete
  14. Hihii.. huhuy ini pekerjaanku tahun 2010 an ngurusin toko onlen klien, dunia perseoan beserta teknik2nya emang seru banget.

    Belajar seo tuh seni, pinter2 kita.
    Kuy ahh praktekaan.
    Sekarang aku malah udah jarang pake onpage offpage nya, rasanya bosaan , jenuh , eneek , wakakkakak

    ReplyDelete
  15. Lagi belajar basic SEO, lumayan bikin pegel otak yah hehe, tapi seru sih, biar tambah sukses hehe

    ReplyDelete
  16. Menjadi seorang blogger itu memang penuh perjuangan ya mba, harus belajar ini itu buat blog yang keren dan bisa terus eksis:)

    ReplyDelete
  17. Aku juga lagi belajar SEO nih mbak, kalau yang off page kayanya udah sering dilakukan deh tukeran backlink dan BW. Aku justru mau memperdalam yang on page nih biar mantep.

    ReplyDelete
  18. Iya mba... Pemahaman dasar tentag SEO memang butuh banget ya buat kita. Agar performa blog menjadi lebih baik. Tapi menurut saya ada yang jauh lebih penting dari itu dan otomatis akan mendongkrak seo. Menulis dengan baik, bukan dengan benar. Karena menulis benar cukuplah urusan KBBI dan ahli bahasa. Sedang menulis dengan baik berarti kita menulis untuk manusia. Menggunakan kalimat efektif sehingga mudah dibaca dan dicrowling google. Secara tak langsung artikel kita akan lebih mudah muncul di indeks google dan performanya menjadi baik. Bukankah inti dari SEO itu adalah bagaimana kita bisa ditemukan mesin pencari? Hup hupp... Semangat...

    ReplyDelete
  19. Kwkkwk pusing ya kalo denger kata seo gini �� anw baru tau klo im3ooredoo ada paket kuota yg bisa dishare ������

    ReplyDelete
  20. Wah, makasih banyak sharing ilmunya mba. Kebetulan masih minim banget praktek seo ke blog, huhu

    ReplyDelete
  21. Saya aja kali ya sama sekali tidak tertarik dengan SEO. Sering sih ikut pelatihannya dapat hadiah bukunya, tapi sama sekali ga saya perhatikan. Saya menulis published, mengalir saja. Karena dengan menulis saya bisa dapatkan self healing, itu udah bersyukur banget. Dan saya ga mau dibebani macam macam pikiran, termasuk SEO ini.

    ReplyDelete
  22. Kereeen tulisannya, Mbak Len. Saya gak ikut materi pertamanya Mas Angga, baru ikut yang kedua. Alhamdulillah nemu materinya di sini. Makasih banget lho sudah ditulis.

    Terus, ttg BW memang gak ngaruh karena kan kolom komentar itu kebanyakan nofollow, Mbak Len. Kayak kita yang pake Blogspot, kolom komentarnya itu default-nya nofollow jadi gak ngaruh sebenarnya. BW itu buat silaturahmi dan nambah PV.

    ReplyDelete
  23. aku pun udh bbrp minggu belajar SEO dengan satu komunitas...belajar SEO hrs pake praktik soalnya istilah2nya susah..

    ReplyDelete
  24. Ahey teh lendy, bacaan baru nih dari blognya selain drakor, mmm.. ternyata masih banyak ilmu seo yang aku belum terapkan nih.. dan mau ah terapin juga apa yang teh lendy tulis.. harus semangat belajar nih untuk para blogger yang mau tulisannya masuk page one google yak

    ReplyDelete
  25. Kontekstual backling memang agak ribet, ya. Di satu sisi salah satu caranya adalah dengan bersilaturahmi. Tetapi, tentunya kita pengennya dapat yang bagus backlinknya. Jadi semacam dilema hehehe. Meskipun begitu, tetap semangat menulis aja kalau buat saya ^_^

    ReplyDelete
  26. Keren nih..ulasannya kumpliit.. Semoga sukses di lomba ini ya Teh..

    ReplyDelete
  27. waa terima kasih infonyaa hihhi, wajib baca beberapa kali sih kalo udah menyangkut SEO nih biar nempel di kepala ehhehe

    ReplyDelete
  28. Tulisan tentang belajar SEO ini lengkap banget dan sistematis pula penulisannya, jadi gampang mengertinya. Terima kasih sudah berbagi ya, Mbak Lendy. Dan memang penting sih sekarang blogger mempelajari SEO biar tulisannya juga bisa sampai ke pembaca dengan baik

    ReplyDelete
  29. Seru ngulik SEO apalagi kalau punya target tulisan ada dipejwan. Blogger harus berkembang & ikut belajar supaya tau perkembangan ya

    ReplyDelete
  30. Aih serunya yang bisa nyimak materi dari Kak Priangga. Jago banget mah dia itu soal SEO, ga heran pengunjung blognya tinggi terus. Bahkan meski blognya baru dia buat.

    ReplyDelete
  31. oh aku baru tahu teh nulisnya 1000 kata yah aduh aku kalau selain curcol paling 500an wkwkwk makasih teh sudah berbagi banyak

    ReplyDelete
  32. Aku senang banget mbak bisa belajar SEO dan bersyukurnya jadi bisa mendukung pekerjaan sebagai blogger dan sebagainya.

    ReplyDelete
  33. Keren banget ini Mbak Terima kasih ya tulisannya detail dan lengkap jadi banyak informasi terbaru tentang SEO

    ReplyDelete
  34. Materinya ndaging banget nih dari mas Priangga. Tapi yang terkait backlink aku masih belum ngerti tuh, misal saling memberi link A ke B itu nilainya nol tuh gimana ya.

    ReplyDelete
  35. Paketannya mantap semua.. Gemuk banget kuotanya. Aku belajar seo masih yang dasar

    ReplyDelete
  36. Thank you kak jabarannya huhu jujur aja aku baru sebagian kecil nih tau SEO dan aku baru tau ya kalau sekarang minimal 1000 kata ya, soale dulu pernah denger minimal 500 kata aja.

    ReplyDelete
  37. Mantap banget ilmunya. Penting untuk para blogger. Aku baru menerapkan beberapa aja. Semoga bisa mencoba cara lainnya

    ReplyDelete
  38. awalnya aku tertekan banget kalo mau nulis mikirin seo, sekarang ... masih tertekan.
    tapi sama aja kayak kerja offline, tertekan sekalipun namanya kebutuhan ya dinikmati sebisanya aja. toh org lain bisa, kenapa harus aku. eh, aku juga pasti bisa!

    ReplyDelete
  39. Langsung bintangiinnnn, kmrn ga s4 nyimak nih hiks.. Makasih ya mba Lendy, kapan2 praktekin teknik SEOnya.

    ReplyDelete
  40. Insight baru buat saya ttg SEO, selama ini berpikir bahwa backlink itu pas bagus apalagi dari web DA besar, tapi ternyata banyak juga faktor yang mempengaruhi ya

    ReplyDelete
  41. Pas banget saya juga lagi belajar SEO dan sedang nyut nyutan karena susah paham
    Harus perlahan satu persatu dan langsung praktik πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

    ReplyDelete
  42. Mbaknya keren ya nulisnya rinciii sekali,
    Sangat Bermanfaat untuk yang serius Belajar dan terus mengasah kemampuan SEO πŸ€—

    ReplyDelete
  43. Aku smapai sekarang nulis ya nulis aja belum mempraktikkan jurus SEO..masih harus banyak belajar nih....thank you sharing ilmunya ya mbak..

    ReplyDelete
  44. Aku sih sudah paham bangat, tapi selalu diabaikan. Itu lah, tpikal sya kurang serius. Hanya fokus nulis aja, sebagai arsip perjalanan hidup. Smg aku lebih cepat sadr. Ilmu CEO memng penting

    ReplyDelete
  45. Makasih tulisannya yaaa, masih belajar banyak nih tentang SEO yang memang masih misterius untuk dipraktekkan, hahahaha. Pengen bisa mengoptimasi postingan, kudu belajar lagi.

    ReplyDelete
  46. Aku kadang pakai seo, kadang gak. Duh, gak disiplin banget ya padahal pengen artikel blog di page one terus hehehe

    ReplyDelete
  47. Keren banget pokoknya ini kelasnya ya Eoni. Sayangnya aku pas banyak urusan ga bisa ikutan. Tapi alhamdulillah bisa dapet ilmunya dari postinganmu. Gomawo Eoni.

    ReplyDelete
  48. Wah, aku ketinggalan nih webinar yang ini. Untung aja Lendy nulisinnya lengkap. Aku save dulu ah. Kudu baca pelan-pelan. Biar nanti bisa dipraktikkan.

    ReplyDelete
  49. Akhirnya bisa kelar baca juga blogpostnya kak. Makasi udah berbagi tentang SEO.. yang sering terabaikan karena kesadaran buat 'naik kelas nge-blog' itu masih on-off hehee Semoga bisa istiqomah buat lebih lanjut belajar dan praktekin ilmu per-SEO-an, kita- hehee :)

    ReplyDelete
  50. Thanks kakak ulasannya tentang SEO nya mudah di pahami, mudah mudahan di berikan kemudahan dalam penerapan nya, maaf aku newbie

    ReplyDelete
  51. Sangat bermanfaat, tapi sulit untukbdi apkikasikan, butuhbkesabaran yang ekstra

    ReplyDelete

Berlangganan via Email