article,

Alasan Terbaik Menulis Di Blog

Tuesday, November 20, 2018 Lendy Kurnia Reny 56 Comments

Bismillah,

Menarik niih...sahabat, tema hari pertama menulis dari Komunitas Blogger Perempuan, yaitu "Kenapa Menulis Blog".



Beberapa tahun silam, aku adalah seorang Ibu yang sangat giat mengikuti seminar parenting. Dimanapun ada seminar, pasti aku uda daftar dan termasuk peserta yang paling awal dalam mendaftar. Seolah gak ingin ketinggalan informasi mengenai ilmu pengasuhan anak ini, aku selalu bercerita di beranda facebook dan instagram.

Banyak yang meminta resume seminar saat mereka tau aku ikut seminar berbayar (mahal) sekalipun. Tergeraklah aku untuk menuliskan di blog. Inget banget awal-awal dulu di semangatin sama teh Shanty Dewi Arifin (https://www.ceritashanty.com) dan Dessy Natalia (http://www.ibujerapah.com). Uda pada kenal blognya doonk yaa...


Dan beginilah kira-kira pertama kali aku menulis :



Menulis apa adanya, sesuai dengan catatan yang aku punya saat itu. Tanpa ada kepentingan apapun kecuali berbagi ilmu.
Perjalanan berikutnya dilalui dengan menulis tugas karena aku bergabung di salah satu komunitas yang bernama Ibu Profesional. Ada beberapa tugas yang harus dijabarkan menggunakan media blog. Jadilah blog pertamaku niche nya parenting.



Makin lama, makin banyak komunitas yang aku ikuti.

Bersama Ibu Profesional, aku bertumbuh bersama Ibu-Ibu yang memiliki passion yang sama di bidang kepenulisan dan literasi. Mulai mengkonsistenkan menulis dan terbentuklah grup One Day One Post. Dimana tiap hari kita berlatih untuk menulis dengan tema yang tidak ditentukan alias bebas.

Dari sini,
aku mengenal idealisme.

Mulai menulis yang aku suka di blog dan menjauhi tema-tema unfaedah. Hihii~
Jadi kalau temanya hanya haha-hihi, aku cenderung menggunakan note di facebook.

Tapi idealisme ini terbentur ketika mulai mengenal komunitas blogger di Bandung.
Ya, aku bergabung di Blogger BDG.


Bertemu dengan para blogger profesional. Rasanya makin deg-degan saat mendaftar even. Selalu yang terbayang "Da aku mah apa ateuh... Pasti gak akan kepilih."

Beruntung, saat ada even besar yang hanya menampung 50 blogger Bandung untuk meliput, aku termasuk salah satunya. Dan ini yang menjadikanku makin PeDe menyematkan B L O G E R sebagai profesi. Belum lagi, memenangkan giveaway dan beberapa kompetisi menulis. Makin terbang ke awang-awang.

Meskipun penulisan namaku salah...hehee~ dimaklumi...

Dan pada satu titik tertentu, aku pun mantap untuk mengubah domain gratisanku dengan domain berbayar,

Pucuk dicinta ulam tiba.
Ada promosi di Blogger Perempuan yang kala itu hanya aku ikuti melalui grup facebook. Kalau menggunakan Dewaweb sebagai pelayanan hosting, bakalan dapat diskon. Mantap.

Setelah berlabuh di Dewaweb, masalah bukan berarti selesai. Namanya juga cewek yaa...kalau gak ribet, gak cewek. Hhaha~

Jadi mulailah cari-cari template yang cucok buat si lendyagasshi.
Intinya mah...si lendy ini adalah perempuan, yang nge-pink banget. Kayanya gak ada warna lain di dunia ini yang se-eksis pink. Eww~ dan suka nonton drama Korea.

Bolak-balik ganti template, lalu diingatkan sama mba Susan (yang design blog lendyagasshi saat ini), kalau jangan ganti lagi yaa...selain bisa ngefek ke statistik blog juga hoream ngubah-ngubah codingannya. Huahhaha~




Manfaat Menulis Blog buatku :


1. Nge-blog mengajarkanku untuk tepat waktu
Gimana yaa...karena sekarang hubungannya bukan hanya untuk kesenangan menulis semata, tapi ada kepentingan lain yang juga mewarnai blog lendyagasshi, maka tepat waktu ini penting banget. Kalau perlu, bikin note yang bisa ditempel di meja kerja, di badan laptop atau di buku planning.

Detil.
Seperti apa yang harus dikerjakan, main idea hingga waktu deadline yang diberikan klien.



2. Nge-blog bukan hanya sekedar menulis
Memberi informasi yang benar, bisa berdasarkan true story. Seperti pengalaman menggunakan kosmetik brand tertentu. Terlepas dari review berbayar atau bukan, namun membuat nyaman pembaca dengan pendapat pribadi kita, itu sangat dibutuhkan. Istilahnya, mengedukasi yaa...

Salah satu tulisan seminar lendyagasshi

Makna seksualitas yang harus dikenalkan pada anak sejak dini


3. Nge-blog memperbesar lingkaran pertemanan
Setuju yaa...
Dari yang jamannya sekolah, kuliah lalu bekerja. Teman pasti tidaklah pernah sama. Kecuali kalau yang tempat tinggalnya gak pindah-pindah. Tapi kalau seperti aku gini, selalu tinggal di kota yang berbeda di setiap fase kehidupan, jadi kerasa banget kalau gak nge-blog...mungkin aku bakalan berteman dengan kucing yang sering mampir ke rumah aja tuuh...πŸ˜…πŸ˜†



4. Nge-blog membuka kesempatan belajar
Ada banyak hal yang bisa dipelajari saat blogmu ingin cantik. Tidak hanya dari segi visualnya saja, tapi juga kontennya juga menarik. Sah-sah aja kok menuliskan banyak hal yang dialami sehari-hari, dari mulai milestone anak hingga sudah selesai membaca buku apa?

Kalau di blog lendyagasshi..."Beres nonton drama apa?" 😁
Selain itu juga foto-foto yang menunjang tulisan.
Aku pribadi lebih senang membaca blog yang kaya akan visual. Apalagi dilengkapi dengan video, waa...aku bisa berlama-lama di blog tersebut.


5. Nge-blog menghasilkan!
Bukan main bahagia aku ketika ada klien yang menghubungi untuk bekerjasama. Biasanya mereka sudah punya harga yang ditawarkan ketika meminang blog lendyagasshi. Dan aku memang tidak selalu meng-iya kan karena ada beberapa standar yang aku pegang teguh.

Misalnya,
kalau brand nya memintaku untuk menuliskan tentang hal-hal yang mengandung SARA atau hal-hal sensitif, mendingan di tolak aja deeh... Atau memintaku buat nulis yang aku masih abu-abu mengenai hal tersebut. 


6. Nge-blog membuatku berkenalan dengan dunia buzzer influencer
Apa bedanya buzzer dan influencer?
Kalau Buzzer tujuannya menginformasikan seluas-luasnya brand yang sedang kita usung, sedangkan Influencer lebih ke menuliskan dengan jujur apa yang dirasakan saat menggunakan produk tersebut.

Sama-sama bertujuan untuk menunjukkan sesuatu ke khalayak luas siih...tapi kalau jadi buzzer, belum tentu kita sudah menggunakan produk tersebut. Bisa jadi hanya menyebarkan iklan agar orang tertarik dan mencoba.

Biasanya yang diminta adalah share ke beberapa sosial media yang blogger miliki.

FB :

IG : 

Twitter :

Youtube :

#eh jadi share sosial media akuh yaa...hihii....
Yang belum follow, cuus follow, nanti aku folbek, kaka...


7. Nge-blog membuat hidupku lebih berwarna
Ini karena aku merasa bahwa menulis adalah salah satu cara aku mengeluarkan segala keluh kesah. Walaupun saat ini keluh kesahku hanya sebatas "Kalau ending drama kesukaan aku gak sesuai" atau pas baca buku tenyata "Yaah....kok gini siih isinya? Nyesel uda beli.

Uneg-uneg kaya gini yang mempertemukan aku dengan jutaan bahkan ribuan orang di luar sana. Karena itulah, hal yang paling berharga dari seorang blogger adalah komentar di kolom komentar. Bahkan karena seringnya aku nulis drama Korea, sampai ada yang kirim bunga eh, email ke moetz.chayang@gmail.com hanya untuk tanya-tanya atau curhat drama apa yang lagi happening atau biasanya nonton dimana.


Baca juga :


Wkkwkwk....seru banget kaan??


8. Nge-blog membuatku eksis
Sebenarnya, akhir-akhir ini aku jarang sekali update status di FB. Karena aku merasa, FB bukan ruang menulis yang nyaman karena terlalu terbuka. Ada kesan yang tidak ingin di salah artikan oleh temen-temen jagad facebook.

Jadi untuk mengunggah foto, aku lebih nyaman bercerita di IG. Juga untuk menunjukkan siapa jati diriku, aku memasuki planet twitter.

Dan untuk bercerita dengan nyaman, im back home.... blog lendyagasshi.


9. Nge-blog adalah media berbagi
Sebenarnya aku malu mengakui bahwa aku juga menulis blog kajian, buku dan family stories. Emm, lebih karena aku belum dalam menekuni ilmu agama, sehingga beberapa kajian, ada yang aku tulis kembali. Meskipun aku belum sempurna, tolong dilihat dari ketulusan aku berbagi yaa...😭

Blog Kajian :

Blog Buku :

Family Stories :


Terakhir...

10. Nge-blog membuatku jatuh cinta
Bagaimana aku gak jatuh cinta?
Menulis, berteman dan mengeluarkan segala yang aku ingin sampaikan...bisa tersalurkan dengan menulis blog.

Ada kerinduan ketika blog mulai terabaikan.
Yhaa..namanya juga aku seorang Ibu yang memiliki kehidupan di dunia nyata. 

Tapi aku gak bisa bohong, kalau aku rindu menulis, rindu membaca tulisan sahabat-sahabat blogger di manapun berada. Aku selalu yakin bahwa isi kepala masing-masing orang berbeda dan unik. Melalui tulisan di blog mereka, aku bisa mengetahui bagaimana "wajah" sahabat-sahabatku.


Tentu,
Kita ingin mengukir yang terbaik dalam kehidupan ini. Jadi pernah doonk...aku merasa ragu untuk menuliskan tema tertentu. Karena aku yakin, tulisan ini akan abadi meskipun setelah aku tiada.

Jadi gimana?
Yaa, menulislah kebaikan. Serta samakan standar kebaikan dengan landasan agama. Jadi tidak menjadi kegiatan yang sia-sia.

Kalau menurut sahabat lendyagasshi gimana niih?
Sharing di kolom komentar yaaa...

Semoga bermanfaat.



Salam hangat,


You Might Also Like

56 comments:

  1. Kalau baca tulisan lama saya di blog suka ketawa sendiri. Tulisannya berantakan karena banyak typo dan lain sebagainya hehehe. Sekarang juga masih terus belajar. Makanya saya tetap semangat ngeblog karena selalu dapat ilmu

    ReplyDelete
  2. Ngeblog memang memberikan banyak hal, aku juga merasa demikian. Apalagi sebelum ngeblog aku bener-bener ibu rumah tangga yang tiap hari berkutat sama sumur, kasur dan dapur hehehe

    ReplyDelete
  3. berawal dari berbagi yah mba, kita jadi lebih bermanfaat lewat blog ini..

    Salam kenal mba, salam ibu profesional..

    ReplyDelete
  4. Aku juga sama mba, aku jadi banyak belajar lagi making sering blogging. Terus kenalan sama temen-temen baru juga di komunitas blogger. Semangat ngeblog terus mba...

    ReplyDelete
  5. sama mba...makin sering nulis, makin sering ketemu sesama blogger makin banyak pengetahuan yg di dapat

    ReplyDelete
  6. bener teh memperbesar lingkaran pertemanan yak :) aku juga bisa kenal teteh ^^

    ReplyDelete
  7. Ngeblog juga membuatku tambah pintar karena ada banyak sekali ilmu baru yang didapat. Dan rezeki pertemanan yang sangaaat menyenangkan!

    ReplyDelete
  8. Kalau aku bikin blog pertama kali pas waktu masih SMK tahun 2011 karena dapat tugas bikin blog pada pelajaran KKPI. Baru akhir-akhir ini aktif ngeblog dan karena ngeblog aku bisa bertemu dengan blogger-blogger yang keren banget.

    ReplyDelete
  9. Kalau aku bikin blog pertama kali pas waktu masih SMK tahun 2011 karena dapat tugas bikin blog pada pelajaran KKPI. Baru akhir-akhir ini aktif ngeblog dan karena ngeblog aku bisa bertemu dengan blogger-blogger yang keren banget.

    ReplyDelete
  10. Iya banget mba. Banyak nikmatnya kalau sudah jumpa teman yang sama2 suka menulis. Makanya alu senang banget bahkan sekarang bisa mejeng di blog kece ini

    ReplyDelete
  11. Setuju, apalagi klo rajin blogwalking

    ReplyDelete
  12. Ngeblog mengajarkan tepat waktu bener banget. Misalnya ada DL tulisan harus diselesaikan dengan baik biar gak ada hutuang tulisan juga

    ReplyDelete
  13. Wah banyak kesamaan ide nih kita πŸ˜…
    Betul menulis di blog itu sangat menyenangkan. Apalagi kalo udah bisa profesional, makin menyenangkan πŸ˜…

    ReplyDelete
  14. Jadi inget awal saya ngeblog buat curcol aja hehe, kalau dilihat postingan 9 tahun lalu tulisan alay hihihi. Enggak dihapus sama saya jadi kenang-kenangan. Ngeblog itu bikin saya jadi semangat dan happy apalagi klo nambah cring makin happy deh. Btw kita sama di bandung ya mba hihi.

    ReplyDelete
  15. Dulu awal nulis blog itu cuma curhat alay alay gitu kak tapi sekarang udah macam etalase dan organiknya dikit huhu ��

    ReplyDelete
  16. Iya, betul banget blogging bisa menambahkan nuansa baru dlm kehidupan kita. Punya blog rasanya punya anak aduh yg harus disayang, ya. For me blogging is one of the important things in life.

    ReplyDelete
  17. Teh aku juga baru pertama kali menulis di blog, biasanya menulis di buku diary, hihihi.
    Tapi saat menulis membuat aku ketagihan dan makin jatuh cinta dalam menulis :)
    semoga kita bisa melewati tantangan ini ya, teh :)

    ReplyDelete
  18. Ih Mbak Lendy mah gitu.. Ada aja cara buat promosi sosmed ya πŸ˜œπŸ˜πŸ˜›

    ReplyDelete
  19. Aku juga mendapatkan banyak hal yang membahagiakan setelah ngeblog

    ReplyDelete
  20. Karena jadi blogger aku bisa kenal banyak orang, salah satunya mba Lendy yg kasih aku insight lengkap soal drakor, pengetahuan dan wawasanku nambah banget, hahaha.

    ReplyDelete
  21. Setuju ngeblog membuat hidupku lebih berwarna, apa jadinya gak ada blog gak ada IG duh jenuh aku jadi emak2 dirumah :D

    ReplyDelete
  22. ngeblog bikin kita jadi dapat temen dari luar lingkaran pertemanan sekarang.
    dari situ jadi bisa berjejaring dan membantu orang lain. =D

    ReplyDelete
  23. Banyak manfaat karena niat awalnya mulia banget

    ReplyDelete
  24. Banyak berkah ya dari kegiatan ngeblog, yang penting selalu bahagia saat melakukannya

    ReplyDelete
  25. Aku pun setuju nih mba Lendi dengan ngeblog, aku bisa punya banyak teman. Seperti mengenal mba LEndy yang sering ngasih rekomendasi drakor apik buat aku nonton. Hehhee

    ReplyDelete
  26. Setuju banget sama semua poinnya, Mbak.. blogging bikin banyak ilmu karena dengan blog walking seperti ini kita jadi banyak membaca. blogging juga menambah teman, seperti kita jadi kenal karena berada di satu grup. dan blogging menambah penghasilan, itu jelas sih..hihi..

    ReplyDelete
  27. Lengkap banget Mbak alasannya ;)
    Bener banget ya Mbak, ngeblog saat ini bukan cuma sekedar untuk curhat semata. Tapi punya segudang manfaat. Nyesell dehh klo gak ngeblog #eehh

    Ternyata Mbak punya banyak blog juga, sama doong dengan saya. Tapi yaaaa, cuma diahalsa aja yang update terus 😁

    ReplyDelete
  28. Ngeblog menghasilkan! Aah, di bagian ini aku jd ikut nostalgia saat dpt tawaran laid post pertama kaliiii. Hoho

    ReplyDelete
  29. ngeblog itu mengasyikan banget ya, Mbak. Bisa menambah banyak hal, mulai dari ilmu, teman sampai ke materi.

    ReplyDelete
  30. Wis pokoke ngeblog itu mengasyikkan ya mba.. Setuju banget deh alasan2nya... Semangat selalu ya..

    ReplyDelete
  31. Alhamdulillah ya, Mbk. Ada banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari aktivitas satu ini. Aku pun demikian. Oleh sebab itu, meskipun rasanya ingin rehat dari dunia blogging karena sdg sibuk di dunia nyata tp nggak tau gimana rasanya berat. Bawaannya selalu pgn ngblog, lagi, lagi dan lagi.

    ReplyDelete
  32. Saking seringnya mengulas drakor, dirimu jadi yg kuingat ya blogger drakor. Padahal awalnya suka nulis parenting ya wkwk

    ReplyDelete
  33. Ngeblog nambah ilmu, nambah wawasan, nambah teman dan nambah rezeki :)

    ReplyDelete
  34. Dikau emang keren, udah bikin mind map untuk ide2nya. Bikin di buku atau agenda, tempelin sticky note bikin semangat kali ya

    ReplyDelete
  35. Banyak ya yg didapatkan dari nge-blog.
    Gak cuma uang to wawasan juga :)

    ReplyDelete
  36. Memang banyak banget ya hal yang bisa didapat dari ngeblog, Teh :)

    ReplyDelete
  37. Cieee jadi sudah menghasilkan berapa banyak nih dari blog? Hehe... #kepoyak

    ReplyDelete
  38. Jadi blog yang ini udah hosting berbayar mba Lend? keren barokallah ya
    wuaa ternyata masih ada 3 blog yang lain, keren mba Lend. Total 4 blog dan bisa mengurus semuanya.

    ReplyDelete
  39. Branding blognya mb Lendy adalah review drakor heheehehe. Aku kalo nyari apa gitu ttg drakor eh nyangkutnya di blog ini.

    ReplyDelete
  40. ngeblog kayaknya emang bpenuh manfaat ya mbak drpd unfaedahnya. smg kita istiqomah semua yaaa

    ReplyDelete
  41. Semoga makin konsisten nulisnya ya, Seus Lendy :*

    ReplyDelete
  42. Wuaah banyak manfaatnya ya mbak Lendy dan semuanya positif :D
    Jadi makin semangat ya buat ngeblog, aplagi udah dapat banyak apresiasi dan penghargaan dr ngeblog :D

    ReplyDelete
  43. Dengan begitu banyaknya manfaat yg kita dapat dari ngeblog, jadi pengin makin konsisten yaaa... Biar makin banyak kebaikan yg bisa kita sebarkan.

    ReplyDelete
  44. Setujuuu semua sama poin-poinnya Lendy. Eh, jadi dulu kita pertama kenal di mana ya Len? Di ODOP apa di Geng Ijoek? Hahahaha, kok aku lupa.
    Yang masih susah di aku adalah tepat waktuuuu, huhuuu *self toyor. Masih susah banget disiplin nih, dan masih sering nunda-nunda. Abis baca poctingan Lendy berasa diingatkan. Semoga bisa jadi blogger yang lebih baik dan profesional ke depannya. Aamiin Ya Allah.

    ReplyDelete
  45. Awalnya akupun begitu mba.. cuma blm fokus nih utk menulis setiap hari malas nya blm hilang karena masih moodyan

    ReplyDelete
  46. Ngeblog juga bisa melatih kedislipinan personal ya mba. Bisa utk melatih diri utk tepat waktu

    ReplyDelete
  47. Keren mbak, ternyata mbak menulis parenting juga ya. Kirain memang blog khusus review Drakor hehe maafkan keawamanku

    ReplyDelete
  48. wah... baru kali ini aku akhirnya berlabuh di tulisan seorang Lendy yang bukan review drama korea... hehehehe

    ReplyDelete
  49. aku setuju dengan 10 point mu di atas. aku ngalamin juga soalnya.

    ReplyDelete
  50. Keren banget semoga yah aku yang bark - baru ini visa konsiten

    ReplyDelete
  51. Ngeblog emang udah bikin kita jatuh cinta. Dan bikin ketagihan hehe. Setuju banget dengan ungkapan'menulislah untuk kebaikan'��

    ReplyDelete
  52. Jadi inget zaman hamil anak pertama dulu rajin amat ikut seminar..kemana mana dikejar deh..hehe tp wkt itu blm mengenal blog jd ga bs berbagi deh..

    ReplyDelete
  53. Gara-gara blog akj jadi kenL Ten Lendy deh

    ReplyDelete
  54. wouww,, mba banyak bangeett blognya yah, saluuut. Ng-blog membuatku juga jatuh cinta. hihi

    ReplyDelete
  55. Memang banyak manfaatnya ngeblog itu ya, Teh :)

    ReplyDelete
  56. Banyak alasan utk ngeblog ya Teh. Dapat byk manfaat juga :)

    ReplyDelete