Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Rumah Zakat Luncurkan Aplikasi Digital Islamic Style

Bismillah,


23 Maret 2021, Rumah Zakat Luncurkan Aplikasi Digital Islamic Style.

Hola sahabat lendyagasshi.
Semoga semuanya dalam lindungan Allah subhanahu wa ta'ala yaa..

Menyambut kehadiran bulan penuh keberkahan yakni Bulan Ramadan yang akan kita jumpai 21 hari lagi, maka perlu banget persiapan yang matang baik dari segi fisik dan mental. Salah satunya adalah dengan meyakini bahwa hati ini siap, tidak perlu menunggu untuk berbuat kebaikan, karena sesuai dengan firman Allah subhanahu wa ta'ala :

Dan bertolong-tolonganlah kalian dalam melakukan kebaikan dan 
taqwa.

QS. al-Maidah [5]: 2



Senang sekali, pagi hari ini tadi, aku bersama beberapa sahabat blogger menghadiri acara Peluncuran Aplikasi Digital Islamic Style dari Rumah Zakat. Aplikasi yang sangat membantu bagi ummat Muslim di manapun berada dengan fiturnya yang lengkap.

Sebelumnya,
Kita kenalan dulu sama Rumah Zakat yuuk...

Rumah Zakat Luncurkan Aplikasi Digital Islamic Style


Rumah Zakat

Bagi yang tinggal di kota-kota besar, tentu sudah tidak asing lagi dengan Rumah Zakat. Rumah Zakat adalah lembaga filantropi yang mengelola zakat, infak, sedekah, serta dana sosial lainnya melalui program-program pemberdayaan masyarakat. 

Program pemberdayaan direalisasikan melalui empat rumpun utama yaitu Senyum Juara (pendidikan), Senyum Sehat (kesehatan), Senyum Mandiri (pemberdayaan ekonomi), serta Senyum Lestari (inisiatif kelestarian lingkungan).


Target Rumah Zakat Pada Bulan Ramadan

Rumah Zakat mempersiapkan banyak program, diantaranya meluncurkan Gerakan #BahagiaBersamaRamadhan yakni upaya untuk mengajak masyarakat membahagiakan sesama lewat kegiatan berbagi. Program Rumah Zakat ini hadir di bulan Ramadhan dengan menargetkan untuk membantu 1 juta penerima manfaat yang terdampak pandemi, khususnya yang berada di 1.686 Desa Berdaya. 

Rumah Zakat meluncurkan Gerakan #BahagiaBersamaRamadhan



“Sesuai fatwa MUI No. 23 tahun 2020 yakni pemanfaatan harta ZIS dapat digunakan untuk penanggulangan wabah Covid-19 dan dampaknya, maka Rumah Zakat akan terus berupaya membantu masyarakat yang terdampak pandemi,” ungkap CEO Rumah Zakat Nur Efendi.

Program Istimewa Rumah Zakat di Bulan Ramadan

Berikut ini adalah program yang direncanakan akan berjalan selama bulan Ramadan dan rutin dilakukan di beberapa desa yang sudah di survey oleh tim relawan Rumah Zakat dan memenuhi syarat untuk menerima program yang sesuai dengan misi dan visi Rumah Zakat. Beberapa program tersebut adalah 

Berbagi Buka Puasa 
Kado Lebaran Yatim
Bingkisan Lebaran Keluarga
Syiar Qur’an
Ramadhan Bebas Hutang
Janda Berdaya


Selain program di atas, ada pula program lumbung pangan yang bertujuan untuk menjaga ketersediaan pangan masyarakat Indonesia. Saat ini telah ada 19 lumbung pangan yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.


Launching Aplikasi  Digital Islamic Style (DIS)

Selain program di atas, Rumah Zakat hari ini juga resmi launching sebuah aplikasi yang dikembangkan untuk umat muslim dalam mempersiapkan Ramadan agar lebih baik. Digital Islamic Style atau DIS yang bisa diunduh di playstore bagi pengguna android.

Aplikasi  Digital Islamic Style (DIS) dari Rumah Zakat


Fitur Aplikasi Digital Islamic Style :

Dalam aplikasi yang hanya sebesar 32.03 MB terdapat beberapa fitur yang pasti bisa dimanfaatkan oleh seluruh umat Muslim di manapun berada. Fitur yang ada, di antaranya adalah

Dzikir & doa
Al Qur’an digital
Waktu sholat
Arah kiblat
Kajian Ramadhan
Donasi ZISWAF


“Semoga dengan hadirnya DIS dapat menjadi teman ibadah kita semua di bulan Ramadhan. DIS akan membantu mengingatkan kita untuk melakukan rangkaian ibadah di bulan Ramadhan mulai dari jadwal imsakiyah, berzikir, sholat, hingga berbagi kepada sesama,”
Strategic Partnership Division Head Rumah Zakat, Didi Sabir.


Aplikasi Digital Islamic Style diharapkan menjadi salah satu kemudahan untuk meningkatkan amal ibadah, terutama di Bulan Ramadan dan tentunya dilengkapi juga dengan kemudahan dalam berdonasi bagi masyarakat karena terdapat fitur untuk memunaikan ZISWAF hingga laporan perkembangan donasi masyarakat. 

Jangan ragu untuk bersedekah karena seperti di shahihkan dalam sebuah hadits bahwasanya 

“Sedekah tidak mengurangi harta.”
- HR. Muslim
Aplikasi Digital Islamic Style Rumah Zakat

Manfaat Zakat dan Sedekah

Selain zakat fitrah yang wajib kita keluarkan setiap tahun di akhir bulan Ramadan, ada juga harta yang wajib kita keluarkan dan ini namanya sedekah. Manfaat sedekah ada banyak sekali, diantaranya adalah 

Membuat hati tenang
Membersihkan hati dan diri
Menghindarkan diri dan keluarga dari bencana

Dari Ali bin Abi Thalib ra. berkata: Rasulullah Saw. bersabda: 
“Bersegeralah membayar zakat, sebab bala’ bencana tidak akan melangkahinya”
- HR. al-Thabarani

Menghapus dosa, merendahkan hati, mencegah kriminalitas, membersihkan harta, meningkatkan keberkahan rejeki, menjadi pelindung di hari akhir, dan masih banyak manfaat lain yang tidak hanya bisa dirasakan secara harfiah tapi juga batiniah.

“Sedekah itu bisa memadamkan dosa sebagaimana air bisa memadamkan api.”

Pengalaman luar biasa adalah ketika pandemi, semua langkah serasa terhenti dan kita semua tetap bisa berbagi kepada sesama. Kemudahan inilah yang ditawarkan oleh Rumah Zakat melalui aplikasi Digital Islamic Style (DIS).

Dan program Rumah Zakat ini diharapkan tidak berhenti hanya di Bulan Ramadan saja, tetap terus berlanjut di bulan-bulan berikutnya. Oh ya, bagi para donatur, di aplikasi Digital Islamic Style juga tersedia laporan keuangan secara detil dan akuntabel dari tahun 2017 hingga tahun 2019 yang bisa diunduh.

#BahagiaBersama Ramadhan Rumah Zakat


Donasi Melalui Aplikasi DIS

Jangan khawatir untuk berzakat atau bersedekah secara online, karena akad dan aturannya sudah dilampirkan oleh pihak Rumah Zakat dan disahkan oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia). In syaa Allah berkah dan sesuai dengan syariat.

Dan yang paling penting lagi mengapa kita perlu bersedekah melalui lembaga terpercaya seperti Rumah Zakat?

Karena pentingnya menjaga niat.
Dengan memberikan zakat atau sedekah melalui lembaga amil zakat, memungkinkan kita untuk tidak merasa superior karena apa yang kita sudah serahkan akan didistribusikan oleh Rumah Zakat ke beberapa titik bantuan.

Dan karena lembaga amil zakat seperti Rumah Zakat sudah memiliki data yang valid mengenai lokasi tempat penerima bantuan (muzakki) yang sesuai dengan yang dibutuhkan. Misalnya, desa yang membutuhkan modal, maka bantuan pun akan berupa modal usaha, bukan sembako. 

Kira-kira begitu gambaran zakat dan sedekah di Rumah Zakat.

Jadi,
Yuk...berlomba-lomba dalam kebaikan. Dan in syaa Allah amalan kebaikan yang dilakukan selama bulan Ramadan akan dilipatgandakan.

“Setiap amal anak adam dilipatgandakan pahalanya. Tiap satu kebaikan, dilipatkan 10 kali lipat hingga 700 kali lipat.”
- HR Bukhari Muslim

Marhaban ya Ramadan.


With love,



56 comments for "Rumah Zakat Luncurkan Aplikasi Digital Islamic Style "

  1. Ah masya Allah .... keren Rumah Zakat, meluncurkan aplikasi Digital Islamic Style. Semakin menambah kekayaan khazanah Islam. Ikut bangga.

    ReplyDelete
  2. Berlomba-lomba dalam kebaikan jaman sekarang dipermudah padahal ya mbak. Dengan aplikasi DIS rumah zakat yang bahkan sudah disahkan MUI

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah untungnya pandemi ini datang di saat teknologi sudah canggih ya mbak :) jadi semua bisa di lakukan secara online, ga ada alasan untuk tidak berbuat kebaikan lagi

      Delete
  3. Dengan aplikasi dari rumah zakat ini sangat membantu umat muslim untuk terus berbuat kebaikan dan dapat berbagi kepada sesama. Keren sekali

    ReplyDelete
  4. Seneng deh menjelang ramadan ada banyak kegiatan bagus gini. Ntar instal aplikasinya, deh

    ReplyDelete
  5. Setuju sekali Teh. Sedekah tidak mengurangi harta.
    Pantas saya baru tahu ini lembaga rumah zakat, batu sadar kalau saya kan tinggal di kampung banget. Hehehe...
    Di sini adanya paling BAZ yg udah melegenda karena sejak saya lahir emang sudah ada

    ReplyDelete
  6. alhamdullilah semoga target rumah zakat bisa tercapai dan dengan adanya aplikasi yang diluncurukan yaitu DIS dapat membantu kita untuk mempermudah menjalani ibadah ramadhan dengan lebih baik lagi

    ReplyDelete
  7. wah memudahkan banget buat jaman pandemi ya teh, ga usah kemana2 bisa langsung dari hape aja :)

    ReplyDelete
  8. Wah sekarang untuk berbuat kebaikan makin dipermudah ya contohnya ini bisa beramal Lansung hanya dari aplikasi.

    ReplyDelete
  9. Sekarang tuh, keren banget! Mau sedekah udah bisa di aplikasi, apalagi lagi pandemi begini jadi bisa sedekah dari rumah aja. Hihi.

    ReplyDelete
  10. masya Allah semakin memudahkan saja untuk beramal ya mbak, semoga aplikasi yang kayak gini makin terdepan dan bisa banyak membantu sesama

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. programnya Rumah Zakat ternyata banyak juga ya di bulan Ramadhan, semoga saya bisa ikut berkontribusi buat acara ini aamiin. dan wah ada aplikasi baru ya yang diluncurkan oleh Rumah Zakat, semoga aplikasi ini bermanfaat bagi banyak orang

    ReplyDelete
  13. Wajib instal nih aplikasi DIS, membantu banget ya, apalagi udah mau mendekati Ramadan

    Masha Allah, semoga Allah masih beri kita kesempatan bertemu bulan baik tersebut, aamiin.

    Keren banget ya kiprah rumah zakat ini, membantu banget dalam meraih keberkahan-Nya :)

    ReplyDelete
  14. Dengan adanya aplikasi DIS ini sedekah sebelum subuh bisa banget dilakukan secara rutin selama bulan Ramadhan ya. Semoga kesempatan mudah beramal melalui Rumah Zakat ini bisa kita manfaatkan dengan semaksimal mungkin ya.

    ReplyDelete
  15. Sekarang udah era aplikasi, ya. Bagus juga Rumah Zakat membuat aplikasi DIS. Jadi lebih memudahkan bila ingin beramal

    ReplyDelete
  16. Keren banget nih rumah zakat ada aplikasi Dis, bantu temenin pas ramadhan, btw sangat memudahkan juga ya aplikasinya

    ReplyDelete
  17. Masya Allah, era digital memudahkan segala kegiatan. Termasuk juga zakat dan sedekah. Mudah-mudahan target satu juga penerima manfaat tercapai di bulan Ramadan nanti. Aamiin.

    ReplyDelete
  18. Momennya pas di bulan Ramadhan tapi satu sisi bermanfaat dan penuh berkah aplikasi ini digunakan sepanjang tahun

    ReplyDelete
  19. Dengan bersedekat melalui lembaga gini bisa membuat bantuan jadi lebih tersebar rata ya Mba. Aplikasinya bisa didownload di iphone ga ya?

    ReplyDelete
  20. Barokallah jawaban dari orang-orang yang mau sedekah bingung ke mana ya Uni. Udah ada aplikasi ini yang bikin gampang. Sedekah barokah kita.

    ReplyDelete
  21. Masya Allah inovasinya rumah zakat bagus ini, jadi tertarik buat mengunduhnya sekalian belajar dari info yang disampaikan di aplikasi

    ReplyDelete
  22. Aku sudah download mbak, buat persiapa ramadan juga ya? Apalagi udah dilengkapi dengan fitur doa dan dzikir serta Al Quran digital. Tinggal bawa itu aja ke mana2 kalau pas bepergian saat puasa

    ReplyDelete
  23. Auto langsung download juga ah aplikasi ini di handphone mba. Dan senangnya jika sangat bermanfaat di ramadhan juga

    ReplyDelete
  24. Penasaran nih sama aplikasinya.. Kayaknya urusan ibadah jadi makin mudah ya..Kebantu banget dengan aplikasi ini

    ReplyDelete
  25. Digital Islamic Style ini apps menarik. Mau jelajah fitur-fiturnya buat mendampingi aku selama Ramadhan.

    Btw, ngomongin Ramadhan apa Mbak Len bakal mudik setelahnya? *Tetep yaaa nanya lebaran

    ReplyDelete
  26. Wah keren ya ini aplikasinya sesuai dengan rukun Islam deh. Wajib download nih apalagi bentar lagi Ramadan.

    ReplyDelete
  27. Era digital ya jadi memang harus mengikuti tuntutan jaman supaya makin mudah dan simpel. Semoga Rumah Zakat dimudahkan urusannya ya

    ReplyDelete
  28. Jadi lebih mudah ya kalau untuk berbagi lewat aplikasi ini bisa kapan pun dan dimana pun. Btw jadi penasaran sama programnya Janda berdaya.

    ReplyDelete
  29. Masyaallah ga kerasa 21 hari lagi ya Ramadhan. Selamat buat rumah zakat atas diluncurkan ya DIS. Saya yakin sangat bermanfaat buat umat. Biar makin rajin dzikir, doa, denger kajian, dan berzakat tentunya. Aamiin

    ReplyDelete
  30. maasyaallah teknologi digital yang canggih saat ini benar-benar memudahkan siapapun untuk menyebarkan kebaikan, terutama di bulan Ramadan nanti

    ReplyDelete
  31. aplikasi ini akan sangat membantu mengingatkan kita untuk selalu beribadah dan beramal soleh ya teh. Apalagi di bulan suci Ramadan. Aku mau instal juga.

    ReplyDelete
  32. Aplikasi DIS ini patut diikuti/install karena menjadi salah satu 0engingat kita beribadah terutama beramal saleh. Rumah Zakat baik sekali kiprahnya. Membantu masyarakat yng butuh bantuan bahkan yg terkena covid pun dibantu. Semoga berkesinambungan semua program yg sedang dijalankan aamiin.

    ReplyDelete
  33. Siap-siap sambut Ramadhan dengan aplikasi kece DIS ini...!
    Memang utk isi bulan suci dgn ibadah yg optimal, kita butuh app yg keren.
    Tengkyuuu Rumah Zakat!

    ReplyDelete
  34. Dengan adanya aplikasi DIS maka bisa meraih pahala lebih banyak lagi dan tahu arah kiblat.

    Ramadan jadi meriah dengan adanya aplikasi DIS dari rumah zakat

    ReplyDelete
  35. Sedekah tidak mengurangi harta, senang jika caranya pun sepraktis ini lewat aplikasi DIS dari Rumah Zakat yang Insya Allah amanah dan menyalurkan pada yang berhak menerima termasuk sesiapa yang terdampak pandemi

    ReplyDelete
  36. Marhaban ya ramadhan.. ya Allah bahagia bentar lagi..
    Ini programnya bagus ya teh.. jadi tepat sasaran.. mdh2an bisa selalu sehat dan bisa berbagi

    ReplyDelete
  37. Semoga target Rumah Zakat untuk menjangkau 1 juta masyarakat yang terdampak pandemi bisa tercapai ya.

    ReplyDelete
  38. Memang era digital semua harus menyesuaikan ya teh, moga dengan diluncurkanny aini memudahkan rumah zakat dan juga orang yang mau berpartisipasi

    ReplyDelete
  39. Insya Allah kita dimudahkan dalam menyalurkan zakat ya melalui Rumah Zakat ini. Kebermanfaatannya biar bisa diterima oleh banyak pihak yang membutuhkan.

    ReplyDelete
  40. Sekarang zamannya semua dipermudah ya teh, termasuk untuk urusan zakat. Semoga ramadhan kali ini dimudahkan, aamin

    Habis ini auto instal aplikasi DIS, buat bekal ramadhan nanti

    ReplyDelete
  41. Lengkap banget ya fitur di aplikasi digital islamic style dari rumah zakat... Harus punya nih... Apalagi sebentar lagi masuk bulan Ramadan...

    ReplyDelete
  42. Program yang akan dilaksanakan pada bulan Ramadan ini keren banget, ya. Apalagi yang membebaskan hutang dan janda berdaya. Selama ini kita kurang perhatian ke mereka, padahal ya mereka butuh uluran tangan dari kita.

    Semoga dengan adanya program dari Rumah Zakat, mampu meringankan bebannya.

    Rumah Zakat emang keren, dari dulu amal dan zakat dari setiap orang selalu dikelola dengan baik. Semoga amanah terus.

    Dan yes, sudah ada aplikasi yang kece untuk memudahkan kita untuk beribadah. Semoga menjadi ladang pahala bagi kita semua. Aamiin.

    ReplyDelete
  43. Senangnya ada aplikasi DIS dimana fiturnya insyaAllah sangat mamfaat ya teh ada arah kiblat kadang aku juga suka bingung kalau pas lg pergi dan ga ada arah kiblatnya

    ReplyDelete
  44. Wah lengkap banget ya aplikasi DIS dari Rumah Zakat iniiii.. bisa sekali buat infaq juga yaaa.. langsung cuss mau donlod aaaah

    ReplyDelete
  45. Menarik nih aplikasi DIS ini. Bisa menjadi rujukan panduan gaya hidup Islami. Dan memudahkan penggunanya untuk melakukan kebaikan dengan berinfak dan berdonasi melalui aplikasi ini...kereen...

    ReplyDelete
  46. Wah keren nih aplikasi Digital Islamic Style-nya ya. Banyak pula fiturnya. Jadi kepengen install deh. Banyak manfaatnya nih buat sehari-hari ya.

    ReplyDelete
  47. Rumah Zakat pernah aku ikuti seminarnya juga
    Makin besar alhamdulillah
    Dan sekarang sudah ada aplikasi
    Keren
    Memudahkan ummat

    ReplyDelete
  48. Aku udah download aplikasi DIS juga mbak, insyaAllah akan bermanfaat utk aktivitas saat ramadan nanti ya. Terutama memudahkan kita kalau mau infak, zakat, dan sedekah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau ikutan juga dong. Insya Allah makin mudah ya ketika kita ingin menyalurkan zakat, infaq maupun sedekah.

      Delete
  49. Inovasi Rumah Zakat dengan aplikasi DIS nya Masya Allah keren. Fiturnya lengkap, dari doa, dzIkir, bahkan kajian juga. Pas untuk menyambut ramadhan sebentar lagi

    ReplyDelete
  50. Wahh mantap banget ya teh inovasi dari Rumah Zakat ini
    Dengan aplikasi ZIS, jadi makin mudah dan semangat berbuat kebaikan di bulan yang baik nanti

    ReplyDelete
  51. Mau mamfaatin fitur DIS supaya ibadah selama puasa nanti makin khusuk.

    Salut sama inovasinya Rumah Zakat yang terus inovatif untuk kebermanfaatan sesama.

    ReplyDelete
  52. Bagus nih ada aplikasinya jadi memudahkan kita untuk bersedekah, infak dan berzakat nih yaaa mba, lebih praktis juga jadinya

    ReplyDelete
  53. Langsung ingat lirik lagu Bimbo:

    "Berbuat baik janganlah ditunda-tunda"

    Kreatif banget nih tim Rumah Zakat, meluncurkan DIS jelang Ramadan.

    Aku juga baru tahu lho aplikasi ini, karena BW di sini.



    ReplyDelete
  54. Wah abru tahu nih aplikasi Digital Islamic Style. Lengkap juga ya bisa buat donasi segala. Perlu diinstal kayaknya mumpung mau Ramadan.

    ReplyDelete

Berlangganan via Email