Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Infak.in : Memaksimalkan Manfaat Sedekah

Bismillah,

Infak.in : Memaksimalkan Manfaat Sedekah.

Hola sahabat lendyagasshi.
Selamat menjalankan ibadah shaum Ramadan bagi yang menjalankannya yaa.. Aku senang sekali, mashaAllah tabarakallahu, kemarin Selasa, 13 April 2021 diajakin kak Nurul Rahma untuk hadir ke launching web infak.in.

Serangkaian acara sederhana karena semua masih dilakukan secara online, namun bermakna yang mendalam karena sasarannya tentu bukan hanya emak-emak macam aku aja, tapi juga anak muda millenial yang melek teknologi dan semua lini masyarakat.

Jadi, apa sih Infak.in itu?
Ikutin blogpost aku yaa...

Manfaat Sedekah Bagi Umat Muslim

Sejujurnya yaa, sedekah ini telah banyak sekali manfaatnya kalau dirasakan oleh manusia. Bukti yang paling nyata adalah ketika kita lapang, belum tentu juga kita ingin menyumbangkan sebagian dari harta kita, namun terasa sekali bila semakin banyak dipikirkan, semakin susah manusia melepaskan.

Jadi, ketika akan bersedekah, agar mudah, maka apa yan dilepaskan oleh tangan kanan, jangan sampai diketahui tangan kiri. Sehingga berapapun sedekah yang kita keluarkan, semoga bisa bermanfaat dan menjadi wasilah untuk diri sendiri.

Nabi Muhammad  bersabda: “Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, maka ia menyembunyikan amalnya itu sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya“. 

(HR. Bukhari)


Apakah Sedekah Harus Berupa Uang?

Tentu saja, sedekah bisa berupa apa saja. Senyum terhadap saudaramu pun itu sedekah bila dilakukan dengan tulus. Betapa Allah menilai kebaikan dan niat seseorang lebih dari apapun. 

Allâh Subhanahu wa Ta’ala berfirman, 

’Jika hamba-Ku berniat mengerjakan kebaikan, maka Aku menuliskan baginya satu kebaikan selagi ia tidak mengerjakannya. Jika ia sudah mengerjakannya, Aku menuliskan baginya sepuluh kali kebaikannya itu. Jika ia berniat mengerjakan kesalahan, maka Aku mengampuninya selagi ia tidak mengerjakannya. Jika ia sudah mengerjakan kesalahan tersebut, maka Aku menulisnya sebagai satu kesalahan yang sama.’

”Rasulullah  bersabda, ”Para malaikat berkata, ’Wahai Rabb-ku, itu hamba-Mu ingin mengerjakan kesalahan –Dia lebih tahu tentang hamba-Nya-.’ Allâh berfirman, ’Pantaulah dia. Jika ia mengerjakan kesalahan tersebut, tulislah sebagai satu kesalahan  yang sama untuknya. Jika ia meninggalkan kesalahan tersebut, tulislah sebagai kebaikan untuknya, karena ia meninggalkan kesalahan tersebut karena takut kepada-Ku.’

”Rasulullah  bersabda, ”Jika salah seorang dari kalian memperbaiki keislamannya, maka setiap kebaikan yang dikerjakannya ditulis dengan sepuluh kebaikan yang sama hingga tujuh ratus kali lipat dan setiap kesalahan yang dikerjakannya ditulis dengan satu kesalahan  yang sama hingga ia bertemu Allâh.”


Maka dari itu, jangan lupa untuk lakukan niat yang baik setiap akan melakukan apapun, karena dari niat saja, Allah sudah mencatatkannya sebagai sebuah amalan kebaikan.


Manfaat Sedekah

Dengan sedekah, in syaa Allah menjadi penghapus dosa-dosa kekhilafan yang pernah dilakukan.

Allah Lipatgandakan Pahala Orang-orang yang Bersedekah

Dengan Bersedekah, Allah Mudahkan urusan

Akan Mendapat Naungan di Hari Akhir

Yang paling penting adalah mendawamkan (membiasakan) sedekah di pagi hari. Karena ketika pagi hari, pegantian malaikat terjadi, sehingga malaikat akan mencatat amalan kebaikan sekaligus mendoakan hambaNya yang melakukan kebaikan di waktu-waktu tersebut.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu. sesungguhnya Nabi Muhammad   bersabda: “Tidak ada satu Shubuh-pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa: “Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfaq”, sedangkan yang satu lagi berdo’a “Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan (hartanya)” 

(HR Bukhari 5/270)


Alhamdulillah,

Pas Ramadan hari pertama, kami berkesempatan menghadiri acara launching web Infak.in dengan serangkaian acara dan pengisi acara :

Agung Wijayanto (Presdir LMI)
Hamas Syahid (Aktor dan Penghafal Al Quran)
Ustadz Nashiruddin (Dewan Pengawas Syariah)

Sedekah mudah menggunakan infak.in

Banyak sekali tausiyah yang disampaikan, terutama mengajak kita semua untuk bersedekah terutama di pagi hari. Dan bersedekah saat ini, ketika pandemi memang tidaklah mudah. Kita semua yang berada di rumah saja, pasti mengalami keterbatasan. Namun, ada inovasi keren dan mudah sekali digunakan bagi kita semua untuk bersedekah secara online, yakni melalui website infak.in.

Sedekah mudah menggunakan website infak.in

Mudah diingat yaah...


Sedekah Melalui Infak.in

Selain mudah diingat, infak.in juga mudah sekali menggunakannya. Tampilannya pun ringan dan tentu tidak memakan memori HP, karena tidak perlu instal aplikasi. Amazing yaah..

Dan web infak.in ini dikembangkan oleh LMI Zakat (Lembaga Manejemen Infak) yang sudah berdiri selama 25 tahun di Indonesia. 

Web lmizakat.org
e-mail: info@lmizakat.org

Alamat: Jl. Barata Jaya XXII No.20, Kota Surabaya

Telp: (031) 5053883


In syaa Allah semua sedekah yang dilakukan umat, akan disalurkan ke lokasi-lokasi yang sudah di survey pantas untuk menerima bantuan sedekah. Contohnya untuk bantuan belajar, anak yatim dan masih banyak lagi.


Bagaimana Cara Sedekah Melalui Infak.in?

1. Buka web infak.in melalui browser desktop atau handphone.

2. Isi kelengkapan yang di ada di kolom berwarna ungu.

Bagaimana Cara Sedekah Melalui Infak.in?

3. Lalu transfer melalui :

ATM/ Bank Transfer (BNI, Mandiri, BRI, Permata, Bank lainnya...)
atau menggunakan e-wallet (OVO, Gopay) 

Bagaimana Cara Sedekah Melalui Infak.in
Karena kebiasaanku mengisi saldo e-wallet, sehingga aku memilih untuk transfer menggunakan OVO. Hanya tinggal di scan melalui aplikasi OVO, lalu masukkan pin dan beres. Alhamdulillah~
Prosesnya gak sampai 5 menit.
Sangat cepat dan in syaa Allah bisa banget dijadikan habit bersedekah setiap pagi.


Jadi,
Masih ragu untuk bersedekah?

No...no...
Karena sedekah di infak.in, tidak harus bernominal besar. Bahkan ya....bisa Rp 500,- saja loo.. MashaAllah, mudah dan memudahkan bagi para pemberi sedekah. Semoga berapapun nominalnya, asalkan istiqomah dan dilakukan setiap hari tanpa terputus, Allah beri kemudahan-kemudahan dalam hidup.

Aamiin~


Keajaiban Sedekah :

Telah menceritakan kepada kami [Abu Bakar bin Abi Syaibah] bahwa [Abu Usamah] dari [Syu’bah] dari [Sa’id bin Abu Burdah] dari [bapaknya] dari [kakeknya] dari Nabi  , beliau bersabda: “Setiap orang mukmin wajib bersedekah.” 

Lalu ditanyakanlah kepada beliau, “Bagaimana kalau dia tidak sanggup?” 

Beliau menjawab: “Hendaknya ia bekerja untuk dapat memberi manfaat kepada dirinya sendiri dan supaya ia dapat bersedekah.” 

Ditanyakan lagi pada beliau, “Bagaimana kalau dia tidak sanggup.” 

Beliau menjawab: “Hendaknya ia membantu orang yang dalam kesulitan.” 

Ditanyakan lagi pada beliau, “Bagaimana kalau dia tidak sanggup.” 

Beliau menjawab, “Hendaknya ia menyuruh kepada yang ma’ruf atau kebaikan.” 

Orang itu bertanya lagi, “Bagaimana kalau dia tidak sanggup juga?” 

Beliau menjawab: “Hendaklah ia mencegah diri dari perbuatan buruk, sebab itu juga merupakan sedekah.”



Dalam QS. Al Baqarah : 268 

“Syaitan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir) sedang Allah menjadikan untukmu ampunan daripadaNya dan karunia, dan Allah maha luas (karuniaNya) lagi maha mengetahui”.

Terakhir,
Investasi dan perniagaan yang terbaik adalah bertransaksi dengan Allah. Karena dijamin, tidak akan merugi.

Wallahu'alam bishowab.

Sedekah mudah secara online melalui infak.in

Semoga, Allah mudahkan niat dan kebaikan yang kita lakukan dan dilipatgandakan pahala di Bulan Suci Ramadan ini.


Selamat Menjalankan Ibadah Shaum Ramadan.


With love,



37 comments for "Infak.in : Memaksimalkan Manfaat Sedekah"

  1. Hamdalah....senaangg ada platform donasi berbasis web gini

    Anti ribet ribet club.
    Yihaaa mau rutin infak ahh
    Enjoy bgt pake infak.in

    ReplyDelete
  2. MasyaAllah bisa dimulai dari 500 ya teh :) insyaAllah ini memudahkan banget untuk bersedekah yah infak-in

    ReplyDelete
  3. Wah aku seneng kalo bisa infaq lewat saldo ewallet.. hehe. Dengan infak.in sedekah jadi lebih mudah dan lebih praktis yaaaa

    ReplyDelete
  4. maasyaaaallah seneng banget ya melakukan kebaikan semudah itu dengan adanya teknologi canggih, termasuk dalam hal bersedekah bisa lewat infak-in

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi ya di bulan Ramadan seperti sekarang ini bersedekah menjadi hal yang wajib agar bisa dapat pahala yang berlimpah

      Delete
  5. Wow, makin dimudahkan aja kita jika ingin berinfak. Kini bisa dilakukan secara online dan pembayarannya juga mudah. Ga perlu keluar rumah mencari2 orang yang akan diberi.

    ReplyDelete
  6. Setuju banget Leen..
    ketika kita bersedekah akan lebih baik secara diam2, tangan kanan yang bersedekah tangan kiri ga perlu tahu yaa. Suka banget sama platform infak.in ini apalagi berseddekah mulai dari 500, haduuh makin dipermudah aja.
    Semoga saja banyak yang terketuk untuk bersedekah apalagi di bulan yang penuh berkah ini, semoga berkah buat kita semua yaa

    ReplyDelete
  7. Subhanallah, manfaat sedekah luar biasa ya. Sekarang ini ditambah dengan cara yang sangat dipermudah pula. Semoga menjadi amal ladang pahala bagi kita semua ya.

    ReplyDelete
  8. Aamiin. Senengnya ada solusi mudah untuk sedekah seperti infakin ini. Jadi nggak repot buka-buka m-banking atau jalan ke mesjid ya, Mbak. Udah gitu nominalnya juga bisa mulai 500 rupiah ini bisa buat ngajarin anak-anak memanfaatkan gadget untuk sedekah dari uang saku mereka tuh.

    ReplyDelete
  9. alhamdulillah senangnya sekarang bisa berinfak lebih mudah. ada web infak.in jadi gampang ya. apalagi namanya mudah diingat. jadi ga perlu repot keluar rumah untuk berinfak

    ReplyDelete
  10. wah, aku terkesan dg kata mendawamkan beserta artinya :)

    mendawamkan berbagi itu memang harus banget ya. Terlebih sekarang banyak banget cara untuk berbagi.
    Inovasi seperti infak.in ini mudah2an makin mendorong orang untuk berbagi karena memang praktis banget

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah. Semakin dimudahkan ya cara untuk bersedekah. Semoga aja jadi semakin banyak yang semangat.

    ReplyDelete
  12. Thanks buat encerahan seputar infak dan sedekah yang begitu banyak manfaatnya ini. Pengingat diri untuk lebih rajin bersedekah mengingat keutamaannya. Mana dipermudah pula dengan adanya infakin...tambah praktis aja mau bersedekah ya

    ReplyDelete
  13. Masya Allah. . Islam memang memudahkan banget ya. Jalan selalu ada. Dan kalau sedekah senyum aja udah sedekah. Apalagi infak di infakin yaa teh, selain gampang nggak perlu download.. di mana aja bisa ini mah yg penting saldo cukup 😍 smoga kita selalu dimudahkan utk hal yg baik

    ReplyDelete
  14. Kalo udah punya e-wallet juga m-banking, saldonya juga ada, siap deh untuk donasi melalui infak in. Teknologi udah makin mantap membantu kita untuk berdonasi.

    ReplyDelete
  15. Asik nih klo pake INFAK.In
    bisa infak dgn rutin setiap hari, gapapa nominal kecil, lama2 jadi banyak jugaa

    ReplyDelete
  16. Sedekah adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan di bulan Ramadan ini. Asyik ya kalau bisa dijalankan dengan praktis pakai infak.in

    ReplyDelete
  17. Sedekah jadi makin mudah dengan infak.in ya. Bisa dilakukan di mana saja dengan nominal berapapun, dengan cara pembayaran yg beragam juga, pakai ovo/gopay juga bisa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jaman sekarang semua serba di mudahkan ya :) bahkan untuk infak pun semua serba online, jadi semakin banyak pahala yang bisa kita dapat

      Delete
  18. Manfaat sedekah ini memang banyak banget ya. Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang senang bersedekah, bukan yang menahan hartanya. Terlebih saat ini sedekah bisa melalui aplikasi, dengan e-money pun bisa.

    Kapan saja dan di mana saja.

    ReplyDelete
  19. MasyaAllah sedekah di pagi hari manfaatya benar2 besar ya? tapi emang kyk secara logis aja kalau kita pagi2 dah berbuat baik rasanya memang bikin bahagia gak sih dan mempengaruhi mood kita jg sepanjang pagi :D
    Apalagi ini janjinya pahala gede hehe

    ReplyDelete
  20. wah, semakin semangat ya bersedekah dan makin seru kalau ada aplikasinya, aman dan nyaman praktis banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gampang banget. Abis sholat subuh tinggal buka browser dan sedekah pakai ewallet kek gopay dah deh sedekah onlinenya insyaAllah penolak bala

      Delete
  21. Semakin mudah ya mbak sekarang kalau mau sedekah. Memang kalau nggak dimulai, sedekah itu rasanya berat, pengalaman diri sendiri hehe.. kebanyakan bisikan setan nih hahaha

    ReplyDelete
  22. Alhamdulillah makin mudah juga untuk sedekah dengan aplikasi infaq.in ya. Iya sih niat baik harus dibiasakan agar terbiasa juga melakukan hal baik untuk orang sekitar. Senyum di pagi hari aja ibadah ya kalo ketemu tetangga. Apalagi kebaikan lain seperti sedekah

    ReplyDelete
  23. Bahkan dengan sedekah bisa mencegah datangnya bahaya atau celaka yang akan menimpa seseorang. Maka teramat beruntunglah orang-orang yang senantiasa mendawamkan sedekah.

    ReplyDelete
  24. aku dah nyoab pakai infakin mudah juga ya gampang
    tinggal pilih bayar pakai apa udah deh trasnfer selesai
    yang penting pahala nambah

    ReplyDelete
  25. Mudah ya sedekah lewat infakin.id �� Lebih praktis juga. Tinggal klak klik, selesai. Nggak pakai ribet pokoknya ��

    ReplyDelete
  26. Waah keren nih, sekarang udah praktis kalo mau sedekah tinggal ke Infak.in aja yaa Bener-bener membantu sekali yaa Teh

    ReplyDelete
  27. Sekarang kalo mau sedekah jadi makin gampang ya. Jadi enak sih bisa sedekah dari mana aja.

    ReplyDelete
  28. Teknologi memang memudahkan segalanya ya. Sekarang untuk berinfak pun bisa kita lakukan secara digital. Semoga terus bisa mengembangkan kebajikan.

    ReplyDelete
  29. Keren banget ini kalau mau sedekah tinggal ke infak.in aja. Aku infokan ke teman-temanku yang muslim ya Kak

    ReplyDelete
  30. Sekarang makin mudah mau sedekah, fitur pembayarannya juga makin banyak.

    Cocok buat yang ingin rutin belajar sedekah subuh

    ReplyDelete
  31. Bersedekah sekarang sudah sangat dimudahkan ya, jadi gak ada alasan lagi buat kita utk saling membantu sesama.

    ReplyDelete
  32. Skrn sedekah udh di permudah banget ya. Bisa pake ovo sgala ga perlu pergi pergi lagi. Semoga kita makin rajin sedekahnya ya

    ReplyDelete
  33. dengan adanya infak.in ini, kita dapat bersedakah dari mana saja dan kapanpun ya. sedekah jadi lebih mudah

    ReplyDelete
  34. Barakallah Eoniii, infakin memudahkan kita banget ya. Sedekah emang bikin berkah, aku sendiri sudah merasakan manfaatnya. semoga kita selalu dimampukan. Aamiin

    ReplyDelete

Berlangganan via Email