Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tes Minat Bakat Menentukan Masa Depan

Bismillah,

 

Hola sahabat lendyagasshi.

 

Sering donk..  mendengarkan istilah tes minat bakat?

Tes minat bakat ini biasanya sering banget didengungkan bagi sahabat lendyagasshi yang akan menempuh Pendidikan ke jenjang Sekolah Menengah Pertama maupun Sekolah Menengah Atas. Biasanya nih yaa..pihak sekolah akan menyarankan para murid-muridnya untuk mengikuti tes minat bakat, atau bahkan sekolah tersebut akan menyelenggarakannya secara mandiri.

Apakah sahabat lendyagasshi pernah mengikutinya?
Apakah Tes Minat Bakat Menentukan Masa Depan?

Apakah Tes Minat Bakat Menentukan Masa Depan?




Apakah yang Tes Minat Bakat?

Tes Minat Bakat ialah serangkaian tes dan analisa yang yang dilakukan oleh suatu Lembaga untuk menggambarkan kemampuan kognitif, karakteristik minat serta kepribadian seseorang terhadap suatu bidang atau keahlian tertentu.

Tes Minat Bakat


Tes ini cukuplah penting, karena dapat menentukan keahlian dan bidang apa yang sahabat kuasai serta membuat jalan karir masa depan akan semakin mudah, sebab telah memahami kemampuan diri yang mungkin tidak diketahui sebelumnya.


Karena itu, kenapa tes minat bakat ini perlu dilakukan dimasa–masa remaja, yaitu pada saat jenjang SMP dan SMA. Dimasa SMP dan SMA itulah seseorang sudah dianggap mampu menentukan jalan tujuan hidup untuk ke Pendidikan selanjutnya serta berkarir dibidang apa nantinya.


 

Apakah tes minat bakat ini wajib?

Memang tes minat bakat bukanlah suatu kewajiban, namun tes ini akan sangat membantu dan berpengaruh pada setiap individu yang melaksanakannya.


Karena tes ini sangat menetukan, maka bukan sembarang orang bisa mengadakan tes minat bakat ini. Banyaknya hal yang harus dipertimbangkan dan diperhitungkan. Tes ini harus diselenggarakan oleh orang yang benar – benar ahli dibidangnya karena tes ini melakukan pendekatan secara psikologis agar hasilnya benar dan terpercaya.


Tes ini juga bisa menghindarkan para siswa dari yang namanya salah jurusan di dunia perkuliahan. Penting sekali memilih jurusan yang tepat agar masa depan bisa dijalani sesuai passion. Selain itu juga menghindari kesulitan yang berlebih saat menempuh pendidikan lanjutan.


Walaupun hasil yang dikeluarkan bisa dibilang akurat, namun setiap individu yang telah melakukan tes ini tidak diwajibkan untuk memilih karir atau jurusan sesuai hasil yang keluar pada tes minat bakat mereka. Kembali ke diri sendiri yang menentukan jalan hidup masing – masing orang. 

Yang terpenting adalah keyakinan akan diri sendiri mampu menangani segala sesuai yang menjadi keputusan dan usaha keras untuk mempelajarinya.


Dimana bisa mengikuti tes minat bakat?

Sahabat lendyagasshi tak perlu bingung bila ingin mengikuti tes minat bakat, karena tes minat bakat bisa dilakukan dengan cara mendaftar di berbagai instansi atau situs – situs terpercaya yang telah menyelenggarakan tes minat bakat secara mandiri, dari mulai yang gratis hingga berbayar pun juga ada.


Atau melalui sekolah secara langsung. Beberapa sekolah mengadakan tes minat bakat dengan cara berkolaborasi dengan instansi yang bergerak di bidang psikologis dan pendidikan. Tak jarang juga mereka melakukan lebih dari sekali tes minat bakat. Karena terkadang anak – anak sekolah juga masih bimbang dengan pendirian dan bisa berubah setiap saat. Maka dari itulah butuh dilakukan tes minat bakat ulang dan konsultasi dengan psikolog.

Seperti saat anak-anak masih usia Sekolah dasar, diperlukan tes untuk mengenali gaya belajar anak melalui serangkaian tes. Hal ini bisa menjadi panduan bagi orangtua agar bisa mengarahkan ke pemahaman anak terhadap apa yang dipelajari dengan menyenangkan.


 

Melihat meningkatnya tingkat stres pekerja dan maraknya kejadian salah jurusan pada jenjang pendidikan menjadikan tes minat bakat ini menjadi semakin penting. Maka dari itu banyak instansi yang memberikan tes ini dengan cuma – cuma alias gratis. Demi membantu mengurang kejadian – kejadian seperti bekerja dengan beban dan salah jurusan diatas.


Contoh beberapa instansi yang menyelenggarakan tes minat bakat adalah campus.quipper.com, tes minat bakat, temu bakat, topkarir, dan lain-lain. Beberapa ada yang menyelenggarakn secara gratis dan ada juga yang berbayar. Tentu saja benefit yang didapatkan akan berbeda.


Jadi bagaimana?
Jangan ragu untuk mengikuti tes minat bakat yaa..


Semoga sukses.


With love,





32 comments for "Tes Minat Bakat Menentukan Masa Depan"

  1. Nah ini yg dibutuhkan ortu jaman now yak.
    Supaya bisa memahami gimana potensi anak
    juga bisa mengarahkan anak utk ambil keputusan

    ReplyDelete
  2. Kayaknya rutin ya setiap kenaikan jenjang pendidikan, baik SD, SMp dan SMA anak anak saya ikutan tes minat di sekolah. Karena wajib. Cuma sayangnya tidak dibarengin dengan eksyen dari sekolah. Anak anak tetep aja dikasih pelajaran yang sama semua, ga mengacu pada hasil tes minat dan bakat hihi jadi perlu ikhtisar dari ortu juga. Ortu yang harus bisa mengarahkan anak untuk masa depannya.

    ReplyDelete
  3. Di sekolah anakku sebelum pandemi ada tes minat bakat gini untuk kelas 5 kalo gak salah. Nah pas pandemi ini belum ada lagi.
    Emang penting ya tes kayak gini. Apalagi kalo ortu masih belum tau juga apa minat bakat anaknya padahal udah agak gedhe (kayak aku nih, hehe..).

    ReplyDelete
  4. Anak jaman skrg bisa dengan mudah mengenali minat dan bakatnya apalagi tersedia tes di situs situs secara gratis yah, in bisa meminimalisir kesalahan dlm memilih jurusan.

    ReplyDelete
  5. Iya banget, minat dan bakat ini sangat menentukan masa depan. Soalnya bikin kita enjoy. Jadinya lebih mudah untuk memperalam dan eksplor. Untuk di luar itu bisa aja, tapinya jadi terpaksa. Dan tak selamanya kita bisa fokus. Ada kalanya malas dan jenuh. Nah kalo minat dan bakat, kita lebih sering enjoynya. Ya kayak aku. Haha, sekolah eksak, tapi kerjaan malah sebaliknya. Tapi ya aku memang minat dan bakatnya di sini. Pernah kerja sesuai sekolah, tapi terpaksa. Gak enjoy. Keluar deh. Dan akhirnya enjoy di nulis. :D

    ReplyDelete
  6. Aku dulu juga pake tes minat bakat untuk masuk PTN. Tapi ya sebenarnya ga sesuai keinginan juga sih jurusan ekonomi wkwk

    ReplyDelete
  7. Aku ingat waktu itu ikut tes bakat minat saat SMP. Memang arahnya termasuk ke jurusan yang berhubungan dengan menulis. Tapi karena saat itu Fakultas Ekonomi yang moncer ya akhirnya ke Manajemen lah haha..waktu itu boro-boro berharap dari nulis bisa dapat penghidupan yekan?
    Setuju, tes semacam ini perlu, meski ga harus diikuti paling tidak bisa jadi acuan gaya belajar anak atau pertimbangan pilih jurusan

    ReplyDelete
  8. Belum pernah kayaknya ikutan tes begini. Dulu mungkin difasilitasi sekolah ya. Tapi nggak tau juga di mana itu tesnya. Hehe. Mungkin butuh nih someday buat memetakan minat bakat anak kicik..

    ReplyDelete
  9. Perlu sih menurutku. Sebagai pribadi, aku jadi tidak penasaran lagi kalau sudah mengikuti tes minat bakat. Sebagai orang luar, tes minat bakat untuk anak dapat menjadi bekal yang dapat mengarahkan kemana mereka harus melangkah sesuai minat dan bakat yang mereka miliki.

    ReplyDelete
  10. Pas kemarin di RA, anakku baru ikut tes sidik jari itu. Haduh naon eta namanya!!? Buat mempelajari gaya belajar yang cocok dan tentu saja aku shock dengna bakat terpendam anak yang aku selama ini tebak begini ternyata begitu.

    Baik, noted. Besok SMP mau aku cobain buat ikut tes bakat minat biar bisa diarahkan sejak awal.

    ReplyDelete
  11. Setuju Teh dulu saat saya kelas 1 atau 2 SMU pun ikut tes ini. Hasil tesnya ternyata kemampuan berbahasa saya cukup bagus tapi saat kelas 3, saya masuk IPA soalnya engga ada kelas Bahasa. Saat mau kuliah pun ikut tes lagi dan tetep sih dianjurkannya kuliah Bahasa tapi saya pilih kesehatan yang jadi alternatif pilihan lainnya. Sekarang saya baru ngeh emang ternyata passion saya di nulis malah dan melepas kerjaan sebagai tenaga kesehatan.

    ReplyDelete
  12. Menarik nih tes minat bakat nya. Jujur saja saya belum mengetahui ini. Paling tes saat penjurusan waktu sekolah saja. Cocok ke mana IPA, IPS atau bahasa. Hehehe ...
    Anak jaman sekarang pastinya sangat dianjurkan ya secara anak sekarang kan pola hidup dan kemampuannya jelas beda dengan anak jaman dulu. Kepentingan dan tuntutan jamannya lain lagi

    ReplyDelete
  13. Kalau pas sekolah dulu tes minat bakat ini diselenggarakan oleh guru BK ya, Mbak len?

    Seingatku pas kelas 3 SMP dan 3 SMA ada tes seperti itu.

    Apalagi di era sekarang ini semakin banyak profesi kreatif yang bisa dilakoni, anak jaman now butuh tes minat dan bakat

    ReplyDelete
  14. Hmm anakku masih 5 tahun, bisa gak ya ikut tes minat bakat ini? Mungkin bisa bantu mengarahkan kita dlm edukasinya

    ReplyDelete
  15. Huhuhuu kak Lendy aku nyeseeel deh dulu ngga mengikuti dengan baik tes minat bakat di SMA. Alhasil aku gabisa masuk jurusan yang aku sukai, karena nggatau arah bakat dan kesukaanku saat itu dimana :(( saking lagi galaunya menemukan jati diri

    ReplyDelete
  16. Tes minat bakat cuma pas penjurusan pas SMA sama pas mau kuliah haha. Tapi kalau sekarang ikut lagi hasilnya relevan ga ya?

    ReplyDelete
  17. Anakku belum pernah ikutan kak, baru tahun depan masuk SD ehehe. Nah kalau Saya nih merasa yang jd korban salah pilih jurusan karena nggak memetakan bakat minat, sma ipa, kuliah pertama akuntansi lalu lanjut manajemen pendidikan, kerja pun macem² dari akunting, guru tk, pustakawan sampai karyawati bank dan sekarang jadi emak² rumahan momong anak. random banget uripku ��

    ReplyDelete
  18. Iya, ikutan tes minat dan bakat itu penting ya teh
    agar nanti kita bisa memilih pendidikan maupun pekerjaan sesuai dengan minat dan bakat kita

    ReplyDelete
  19. Dulu pas SMA ikutan tes minat bakat gini. Udah ketahuan kalau bakatnya memang di bidang sosial humaniora. Alhamdulillah pas banget ngelanjutin sekolah ya tetap minatnya di bidang tersebut. Saat bekerja pun kebanyakan menggunakan ilmu yang didapat dari pengalaman kuliah.

    ReplyDelete
  20. Aku pernah ikutan sih sama tes minat bakat begini pas SMP atau SMK gitu lah ya. Cuma balik lagi, kadang minat yang sudah kuat bisa kalah oleh takdir kehidupan. Banyak orang yang akhirnya kerja atau kuliah diluar dari minatnya, sebab oleh nasib hidup. (Seperti saya salah satunya)

    ReplyDelete
  21. Test minat bakat Dan bakat ini memang penting banget ya mbak agar anak-anak Kita tidak salah jurusan, salah minat juga

    ReplyDelete
  22. Molly pas smp sama sma dulu tes minat bakat.. barengan amaa tes iq dulu. susah2 gampang sihh tapi pas smp gak ada tes cita-cita nah pas sma ketahuan minatnya jadi blogger wkwk.. disuruh masuk komunikasi penyiaran :)

    ReplyDelete
  23. Jadi ingat dulu pas sekolah kayaknya pernah juga ikutan tes minat bakat ini tapi lupa eh hasilnya apa. Kalau sekarang kayaknya tes minat bakat juga diperlukan buat menentukan jurusan saat masuk sma ya

    ReplyDelete
  24. Tes minat bakat ini dulu pernah pas SMA, diselenggarakan langsung di sekolah. Ntah ini, nanti kalau anak mau sekolah, dites apa ya...

    ReplyDelete
  25. Jadi ingat waktu SMA dulu ikut tes bakat minat di sekolah dan disarankan masuk IPS dan saya mengikutinya meski ibu saya maunya saya masuk IPA hehehe. Alhamdulillah memang sesuai. Minggu depan giliran anak saya yang sulung untuk ikut tes bakat minat di sekolah. Semoga apapun hasilnya saya bisa mendukung keputusannya untuk masuk di jurusann yang dia mau.

    ReplyDelete
  26. bgs bgt nih tesnya buat ank2. dulu sy tes ini pas SMA doang

    ReplyDelete
  27. wah saya baru tahu nih ada aplikasi keren kayak campus quipper. mau saya rekomendasikan ah buat keponakan saya yang tahun depan mau masuk kuliah. mudah2an dengan ikut tes minat bakat dia punya bayangan pengen pilih jurusan apa

    ReplyDelete
  28. sebelum masuk SD anakku ikut tes mengenali gaya belajar lalu tahun lalu tes lagi deh biar tahu potensinya hahaha..

    ReplyDelete
  29. Penting banget ini teh, tes bakat itu. Salah satu kegunaannya untuk mengetahui minat dan kemampuan kita sendiri. Sehingga bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki ke depannya.

    Dulu pas sekolah kayaknya saya cuma 2x test bakat dari sekolah. Pertama pas SMP untuk kebutuhan audisi lomba siswa teladan tingkat kota. Kedua pas SMA untuk masuk kelas akselerasi.

    ReplyDelete
  30. dulu waktu mau lulus jenjang menengah atas, saya sering banget melakukan tes minat bakat kesana kemari, tapi nggak nyari alamat. emang sangat penting sih hal satu ini. selain untuk mengetahui kemampuan dan interest kita, kita juga bisa menelisik bidang yang sesuai

    ReplyDelete
  31. Wah bagus banget diadakan tes minat bakat ini untuk murid menengah pertama hingga sekolah menengah atas. Pada masa itu kan banyak murid yang mungkin masih bingung dengan dirinya sendiri terkait minat atau bakat apa aja sih yang dimilikinya, hasil dari tes ini bisa digunakan sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan selanjutnya supaya tidak menyesal dan sesuai dengan apa yang mereka pilih. Sehingga bisa lulus tepat waktu, dan sukses dimasa depan

    ReplyDelete
  32. Aku suka nih kalo temanya bukan Korea, aku mati gaya soalnya kalo dah bahas Korea, wkwkw.

    Btw aku pengen nih nyoba Tes Bakat buat anakku, tapi dia masih dua tahun. Ini bisa buat anak minimal umur brp ya?

    ReplyDelete