Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mengenal Apa Itu Penyakit Addison, Gejala, Serta Cara Pengobatannya

Bismillah,



Hola sahabat lendyagasshi.
Semoga kita semua senantiasa diberi kemudahan dan kesehatan yaa.. Memang nikmat yang paling berharga di masa pandemi begini adalah kesehatan. Kalau sehat, semua in syaa Allah bisa dikerjakan dengan baik.

"Hal yang paling menyenangkan di tengah masa sulit adalah kesehatan yang baik dan tidur yang cukup.

- Knute Nelson


Mengenal Apa Itu Penyakit Addison, Gejala, Serta Cara Pengobatannya



 

Pernahkah sahabat lendyagasshi mendengar mengenai penyakit Addison?
Ya mungkin nama penyakit ini masih jarang terdengar dan diketahui oleh banyak orang di luar sana. Namun, penyakit Addison ini merupakan penyakit yang membuat penderitanya mengidap kelainan langka yang diakibatkan karena tubuhnya kekurangan hormone yang seharusnya di produksi oleh kelenjar adrenal dalam tubuh.

Biasanya penyakit Addison ini seringkali menyerang wanita yang berusia di kisaran 30 – 50 tahun. Namun tidak menutup kemungkinan juga penyakit ini bisa menyerang laki – laki atau siapapun diluar usia yang disebutkan. 

Lantas sebenarnya apa yang menyebabkan penyakit Addison ini terjadi?
Berikut penjelasan mengenai penyakit Addison, gejala serta cara terbaik untuk mengobatinya.


Apa Itu Penyakit Addison?

Penyakit Addison sendiri terjadi karena kelenjar adrenal pada seseorang biasanya mengalami kerusakan. Karena hal tersebut akhirnya tubuh tidak dapat menghasilkan hormon steroid yang di dalamnya terdapat hormon kortisol dan hormon aldosterone yang sangat berguna bagi tubuh kita karena memegang peranan penting.


Hormon kortisol yang ada di dalam tubuh sendiri berfungsi untuk menjaga tekanan darah, sistem kekebalan tubuh, fungsi jantung, dan juga kadar gula dalam darah. Sedangkan fungsi dari hormone aldosterone sendiri berfungsi untuk membantu ginjal mengatur jumlah garam dan air yang masuk kedalam tubuh.

Mengenal Apa Itu Penyakit Addison, Gejala, Serta Cara Pengobatannya


Jika kelenjar adrenal di dalam tubuh terganggu dan tidak dapat memproduksi hormon steroid ini tentu tubuh juga akan otomatis kekurangan hormon kortisol dan hormon aldosterone. Bisa dibayangkan berapa banyak komplikasi yang terjadi pada tubuh kita jika penyakit ini tidak segera ditangani dengan serius.


Penyebab terjadinya penyakit ini biasanya terjadi karena kelenjar adrenal di dalam tubuh mengalami kerusakan. Beberapa kondisi yang bisa memicu terjadinya kerusakan kelnejar adrenal adalah sebagai berikut :

Penyakit autoimun
Operasi pada kelenjar adrenal
Kelainan genetic
Cedera atau pendarahan pada kelenjar adrenal
Kanker yang menyebar ke bagian kelenjar adrenal
Amiloidosis


Gejala Penyakit Addison

Biasanya orang yang terkena penyakit Addison ini juga akan menimbulkan beberapa gejala, pada tahap awal penyakit ini berikut gejala yang biasa dirasakan :

Mudah lelah dan lesu
Nyeri di bagian perut
Rasa ingin selalu mengkonsumsi makanan yang asin
Mengantuk
Mual dan muntah
Diare hebat
Nafsu makan yang menurun sampai membuat turun berat badan yang cukup drastis
Gula darah rendah
Sakit kepala
Pusing setiap kali berdiri
Hiperpigmentasi atau terdapat bagian lipatan tubuh yang menggelap
Nyeri dan juga kram otot
Sering haus dan sering buang air kecil
Sulit berkonsentrasi
Rambut rontok
Datang bulan tidak teratur
Lambatnya proses pubertas pada anak
Depresi


Jika mengalami gejala – gejala berikut maka sebaiknya segera melakukan konsultasi dengan dokter terkait. Jika diketahui bahwa sahabat mengidap penyakit Addison ini maka segera lakukan pengobatan yang disarankan oleh dokter. Biasanya orang yang mengidap penyakit Addison akan diberikan pengobatan berikut.

 

Pengobatan Penyakit Addison :

Diberikan kortikosteroid tablet

Untuk menggantikan produksi hormone yang kurang maka akan diberikan obat ini untuk menggantikan hormon steroid dalam tubuh. Biasanya untuk mengganti hormon kortisol diberikan prednisone dan hormon aldosterone diberikan fludrokortison.

 

Diberikan kortikosteroid suntik

Selanjutnya untuk pasien penyakit Addison yang sudah tahap lanjut akan diberikan obat kortikosteroid dalam bentuk suntik ini karena biasanya orang tersebut akan kesulitan setiap kali mengkonsumsi obat- obatan yang diminum.


Semoga kita semua senantiasa diberi kesehatan dan bila sakit dengan gejala di atas, semoga segera mengetahui dan bisa diobati dengan langkah-langkah yang tepat.

 

딴딴하고 건강하군

Stay Healthy~


With love,



43 comments for "Mengenal Apa Itu Penyakit Addison, Gejala, Serta Cara Pengobatannya"

  1. Wah, ternyata gelaja penyakit addison ini banyak sekali ya teh Lendy. Aku pun kayaknya baru ngeh dengan penyakit ini :) Daripada bingung lebih baik langsung saja konsultasikan ke dokter sehingga bisa terdeteksi dengan alat medis yang canggih. Obatnya kortikosteroid tabelt dan ada juga yang suntik. Mesti dipelajari mendalam nih. TFS yach.

    ReplyDelete
  2. Hmm..penyakit yang bikin komplikasi ya Lend.. sumbernya dari gangguan hormon.. Gejalanya samar juga nih Lend sama penyakit lain ya.. Pemeriksaannya harus bener-bener teliti..

    ReplyDelete
  3. Ya Allah penyakit jaman sekarang banyak ragamnya ya mak.

    Bersyukur diberi kesehatan sampai detik ini, kesehatan memang mahal jadi teringat ketika kasus delta meledak RS penuh orang berduit tidak bisa menggunakan uangnya untuk minta perlakuan khusus.

    ReplyDelete
  4. Aku baru tahu lho mbak Lendy ada penyakit yang namanya Addison ini, dan setelah aku baca ternyata gejalanya nyaris mirip dengan penyakit lainnya sehingga untuk yang usianya di atas 35 atau 40 tahun dan mengalami penyakit lainnya sangat sulit dikenali ya. Butuh observasi cermat dari dokter atau rumah sakit jika mengalami gejala ini, serta yang tidak kalah pentingnya edukasi dan informasi tentang penyakit ini harus lebih masif. Semoga kita selalu diberikan kesehatan.

    ReplyDelete
  5. Baca nama Addison jadi inget Adison Montgomeri di serial Grey's Anatomy. Hehe. Penyakit Adison ini memang jarang dibahas sih ya. Artikel ini lengkap penjelasannya juga mudah dipahami

    ReplyDelete
  6. Dari gejalanya penyakit addison ini sangat berbahaya sekali. Tentu akan sangat tidak enak menderita penyakit kompleks seperti ini. Ya Allah,s ehatkan lah kami semua dan hindarkan dari segala macam penyakit.

    ReplyDelete
  7. Duh, penyakit jaman now nih aneh-aneh dan ngeriii dah.

    Trus ngga kudu nunggu jadi manula, utk kena penyakit.
    umur 30an aja udah banyak temenku yg sakit cem macem
    Semogaaaa kita semua senantiasa sehaaattt ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mbak. sekarang kayaknya penyakit nggak pandang umur ya menyerang orang-orang. ada yang umur 30 sudah kena stroke ada yang ginjal bahkan ada juga anak-anak yang kena diabetes. memang menjaga kesehatan itu penting banget yaa akhirnya

      Delete
  8. Baru tauu ada penyakit addison. Namanya unik, tapi sakitnya gak unik. Jangan sampe menunggu parah dulu baru diobati

    ReplyDelete
  9. Aku kok yaa nggak Addison tapi kok pengen makan seblak terus, ahahah.
    Penyakit yang baru tahu namanya ini ternyata cukup serius, mending segera konsul aja kalau memang ada gejalanya ya.

    ReplyDelete
  10. Beneran baru tau tentang penyakit Addison ini. Ternyata gejalanya banyak banget ya.. Mulai sekarang emang kudu makin aware sama kesehatan diri dan keluarga ya. Moga kita selalu disehatkan, aamiin..

    ReplyDelete
  11. Aku baru denger tentang penyakit addison ini teh. Pas baca ini masyAllan hebat banget ya Allah itu nyiptain kita termasuk kelenjar di dalam tubuh kita. Cuma karena ada satu kelenjar yang rusak langsung bisa mempengaruhi hormon kita ya dan merembet ke yang lain jadinya.

    ReplyDelete
  12. Wah, aku baru dengar tentang penyakit Addison ini teh
    Baru baca juga secara lengkap disini
    Makasih infonya ya teh
    Semoga kita semua sehat selalu

    ReplyDelete
  13. kayak pernah dengar nama penyakit ini tapi lupa di mana. gejalanya banyak juga ya yang mungkin kita tidak menyadarinya dan menganggap sebagai penyakit biasa. tapi ini penyakitnya berbahaya aoa nggak ya?

    ReplyDelete
  14. Gejalanya banyak dan tampak kayak bukan penyakit Addison ya, kadang nggak ngeh dikira B aja ternyata parah 😔 harus selalu aware sama kesehatan diri sendiri dan keluarga, jangan anggep sepele kalo tubuh udah nunjukin gejala yang ngadi-ngadi..

    ReplyDelete
  15. aamiin semoga kita semua diberikan kesehatan lahir dan batin ya, ini first time aku dengar penyakit addison loh ternyata gejalanya dari kecil juga ya dari lambatnya pubertas. terima kasih artikelnya mbak lendy.

    ReplyDelete
  16. Ngeriiiii, apapun penyakitnya. Semoga kita aemua selalu diberikan kesehatan. Aamiin.

    ReplyDelete
  17. Aamiin yaa rabbal alamin..

    Baru tau tentang penyakit Addison ini Mbak. Sekompleks itu gejalanya dan kalau sudah terjangkit apa rutin pengobatan ya Mbak, untuk gantikan produksi hormon yang berkurang?

    ReplyDelete
  18. saya baru tahu ada penyakit bernama addison ini, dan gejalanya banyak banget ya. Jadi untuk memastikan keluhan yang dialami tubuh itu karena sakit addison atau bukan, emang harus periksa pada ahlinya, dokter

    ReplyDelete
  19. Namanya sih bagus Addison, tapi kok mbebayani gitu ya efeknya untuk tubuh. Ada-ada aja ya penyakit manusia yang disebabkan berbagai hal. Semoga kita semua diparingi sehat dan kondisi prima selalu.

    ReplyDelete
  20. Masih banyak ya yang belum tahu tentang Penyakit Addison ini apalagi gejalanya nyaris mirip dengan penyakit lainnya dan susah dikenali apalagi jika dialami usia 35 tahun di mana banyak orang yang sudah mengalami berbagai penyakit tertentu. Duh aku jadi penasaran ingin tahu lebih lanjut tentang penyakit ini.

    ReplyDelete
  21. aku tuh biasanya baca informasi terkait kesehatan di portal kesehatan yang kadang bahasanya terlalu medis, tapi sekarang baca di blog nya teteh eh malah lebih ngerti karena bahasa yang digunakan lebih ringan

    ReplyDelete
  22. Kayaknya penyakit zaman sekarang itu macam-macam jenisnya ya. aku kayaknya pernah mendengar penyakit Addison ini entah dimana ya 🤔
    Di drama apa ya ❓

    ReplyDelete
  23. terima kasih ulasannya mak, aku jadi tahu informasinya tapi yah itu penyakit sekarang makin ada aja, komplek bahkan ada yang spesifik ke nama organ, hormon dll tertentu yah

    ReplyDelete
  24. Ya Allah, ada saja penyakit zaman sekarang semoga kita diberikan kesehatan ya, gejalanya agak terlalu umum jadi agak sulit kayaknya diagnosisnya ya Lendy

    ReplyDelete
  25. Baru tahu nih ada penyakit Addison. Ternyata gejalanya banyak banget dengan penyakit lainnya. Harus bener-bener cek ke doktet nih, buat memastikannya.

    ReplyDelete
  26. Nah informasi ini yang dibutuhkan biar orang juga ngeh kalau gejala gejala penyakit langka seperti apa saja. Dan bagaimana treatmentnya. Makasih mba Lendy sudah berbagi

    ReplyDelete
  27. Baru tau ada penyakit seperti ini, Kak.. Dan dari tulisan Kak Lendy, berarti perempuan lebih rentan terserang penyakit Addison ini ya? Kok serem, yaa, selain bisa menimbulkan komplikasi yang cukup parah, gejalanya juga bikin ngga nyaman banget pasti. Semoga kita diberi kesehatan selalu ya, Kak, aamiin YRA.

    ReplyDelete
  28. Wah ternyata penyakit Addison ini lebih rentan untuk perempuan ya teh
    Harus awarebya KLO ada gejalanya
    Harus segera Konsul ke dokter ya

    ReplyDelete
  29. Kurang atau kelebihan hormon jadi penyakit yang bisa membahayakan ya. Mana itu gejalanya banyak lagi. Jadi bingung

    Semoga sih kita selalu diberikan kesehatan dan jauh-jauh dari penyakit

    ReplyDelete
  30. Wah informatif banget, aku baru tau soal penyakit addison ini. Tapi dari tanda tandanya beberapa aku udah ngerasain hiks. Kudu segera check up kayanya deh untuk tau kondisi kesehatan lebih detaiil ya

    ReplyDelete
  31. Ya Allah.. Ternyata segitu besarnya efek penyakit ini ya.. Dan bisa menyerang di usia berapapun ini lho, yg bikin deg2an. Kalau ke anak-anak dan remaja, pertumbuhannya jadi terganggu..

    ReplyDelete
  32. Aamiin Ya Allah, semoga sehat-sehat ya Mbak Lendy
    Baru tahu penyakit Addison ini. Rawan terjadi pada perempuan usia 30+ pula yah. Semoga terhindar dari penyakit ini.

    ReplyDelete
  33. Ngeri banget kalau kena penyakit addison karena ga hanya serang fisik manusia tapi juga mental, bisa bikin depresi. Sehat-sehat ya mbaaak

    ReplyDelete
  34. Baru tahu ada nama penyakit Addison. Kukira nama orang ternyata namanya itu. Yang paling ngeri tu ciri-ciri nya bisa jadi dari semuanya ada salah satu. Semoga terhindar dari penyakit ini yaa. Makasih mbak Len nambah wawasan plus hati-hati dalam memilih pola hidup.

    ReplyDelete
  35. noted nih gejala penyakit Addison, kita harus tanggap dan tidak boleh abai jika mengalami gangguan sesuatu tapi gak boleh overthinking juga sih ya.
    semoga kita semua selalu dalam lindungannya, dijauhkan dari penyakit yang saya aja baru tahu sekarang lho Mbak :(

    ReplyDelete
  36. Wahhh aku baru tau banget soal penyakit ini, beberapa gejalanya pernah ngalamin sih.. Tapi syukurlah baik-baik aja..

    ReplyDelete
  37. Saya baru tahu perihal penyakit addison, dan ternyata gejala-gejalanya juga banyak banget lagi ya, alhamdulillah selama ini sehat selalu. Mungkin banyak masyarakat awam yang belum tahu soal penyakit addison ini, kementerian kesehatan perlu bgt untuk melakukan sosialisasi terkait dengan penyakit addison ini

    ReplyDelete
  38. Duh langsung buru² cek gejalanya dan ternyata banyak banget, kayak penyakit yang sehari-hari yang sering diderita orang tapi ini borongan. Baru ngerti saya malah nih kak soal Addison ini, thanks ya semoga kita semua lebih bisa menjaga kesehatan

    ReplyDelete
  39. Jadi penyakit addison ini hanya menyerang wanita yaa, Mba? Duh, makin banyak aja nih penyakit yang mengintai kita, para wanita. Dan gejalanya pun banyak, mirip-mirip pula dengan gejala penyakit lain

    ReplyDelete
  40. Penyakit addison ini, mengerikan juga ya. Gejalanya oey banyak banget dan mirip-mirip dengan penyakit lainnya. Mesti bener-bener cek ke dokter nih.

    ReplyDelete
  41. Saya baru dengar soal penyakit ini mbak, tapi kalau daro ciri dan gejalanya kok beberapa mengalami ya. Kalau cek musti ke dokter umum atau gimana mbak? Usia udah berumur musti benar-benar jaga kesehatan nih

    ReplyDelete
  42. my new youtube channel! - videoodl.cc
    "The greatest sports betting channel! The greatest sports betting channel! The greatest sports betting channel! The greatest youtube converter to mp3 sports betting channel!

    ReplyDelete