Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Rincian Modal Usaha Laundry Beserta Keuntungannya

Bismillah,


Rincian Modal Usaha Laundry Beserta Keuntungannya.
Hola sahabat lendyagasshi.

 

Kini, yang namanya usaha bisa menjadi salah satu jalan rejeki. Selain tidak membutuhkan penantian, membuka usaha juga membuka peluang menyerap tenaga kerja. Salah satu usaha yang bisa dilakukan apabila sahabat lendyagasshi menemukan lokasi yang bagus (dekat kampus atau pusat kota, misalnya), maka jenis usaha berikut ini bisa dicoba.

Laundry, salah satu jenis usaha yang bisa dicoba peruntungannya, karena memang bisa jadi salah satu usaha yang sangat menjanjikan. Pasalnya, ditengah kesibukan yang padat banyak orang tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian. Apalagi kalau lokasinya strategis seperti di dekat kampus, perumahan, area perkantoran dan tempat ramai lainnya, potensi usaha ini tentu akan makin besar. Jika sahabat tertarik untuk menggeluti usaha ini, maka perhitungan modal usaha laundry sangat penting untuk diketahui.

Yuk, kita mencoba mencari tahu berapa modal dan keuntungan bersih yang diperoleh ketika membuka usaha Laundry.

KTA online Danamon syarat dan ketentuan





Perhitungan Modal Usaha Laundry

Sebelum memulai usaha laundry, sahabat harus membuat perhitungan dulu berapa perkiraan modalnya. Sahabat lendyagasshi bisa membuat perhitungan modal untuk usaha laundry seperti contoh berikut:

Perhitungan Modal Usaha Laundry


Angka nominal maupun jumlah unit serta keperluan seperti tabel di atas hanyalah contoh saja. Nantinya, sahabat bisa menyesuaikannya dengan menambahkan atau mengurangi beberapa komponen perhitungannya. Misalnya, jika tidak perlu memperbaiki kios, maka biaya renovasi bisa dihilangkan. Atau tidak perlu ada karyawan sehingga keperluan gaji karyawan tidak usah dimasukkan.


 

Biaya Perhitungan Keuntungan Laundry

Setelah membuat perhitungan modal usaha laundry, sekarang Anda buat juga estimasi keuntungannya. Karena pada perhitungan modal di atas Anda membuatnya per bulan, maka hitungan keuntungan juga sama. Sebagai contoh Anda bisa melihat perhitungan keuntungan usaha laundry berikut ini:

Menghitung Biaya Perhitungan Keuntungan Laundry

Keuntungan yang Anda dapatkan dalam sebulan adalah asumsi omzet per bulan dikurangi dengan biaya operasional bulanan. Dengan demikian jika mengacu pada contoh perhitungan di atas, Anda bisa mengembalikan total modal usaha dalam waktu 8-9 bulan saja. Selanjutnya setidaknya setiap bulan Anda mendapatkan keuntungan sekitar 30% per bulan.




Tips Memulai Usaha Laundry

Agar bisa menjalankan usaha laundry dengan baik dan lancar ada beberapa tips yang bisa sahabat perhatikan, yaitu:

Cari Lokasi Strategis

Usaha apapun membutuhkan tempat strategis supaya mudah dijangkau konsumen termasuk laundry. Jenis laundry kiloan biasanya disukai oleh para mahasiswa, pekerja kantoran dan ibu-ibu rumah tangga. Oleh sebab itu, carilah tempat yang dekat dengan konsumen tersebut seperti di dekat area kampus, area perkantoran, atau tempat ramai lainnya. 

 

Hitung Modal Usahanya

Sebelum memulai usaha, sahabat harus menghitung dulu biaya modal yang dibutuhkan untuk buka laundry. Setelah itu pikirkan sumber modalnya dari mana. Apakah sahabat akan menggunakan tabungan, menjual aset atau mengajukan pinjaman sebagai modalnya.

 

Utamakan Kualitas Layanan

Bisnis laundry makin banyak saja jumlahnya dan bersaing dari segi harga maupun kualitas. Jadi supaya Anda bisa memenangkan persaingan dan meraih konsumen yang banyak, hal penting yang harus dilakukan adalah buat pelanggan menjadi puas. Salah satunya adalah dengan selalu menjaga kualitas dan laundry selesai tepat waktu.

 

Itulah contoh perhitungan modal usaha laundry berikut estimasi keuntungan dan tips-tipsnya. Jika membutuhkan tambahan modal, Anda bisa memanfaatkan fasilitas KTA online, yaitu program Kredit Tanpa Agunan dari bank. Contohnya seperti Dana Instan dari Bank Danamon yang dapat Anda gunakan sebagai modal membuka usaha laundry. 

Dengan persyaratan yang mudah dan proses yang simple, dana bisa masuk ke rekening dengan cepat. Apalagi limit pinjaman juga mencapai Rp 200.000.000 dengan suku bunga tetap dan kompetitif. Tersedia juga pilihan jangka waktu pinjaman yang beragam sehingga bisa disesuaikan dengan kemampuan bayar. 


Selamat Mencoba.
Semoga bermanfaat.


With love,






Sumber :
https://lifepal.co.id/media/usaha-laundry-kiloan-modal-rp-6-juta/
https://gobiz.co.id/pusat-pengetahuan/usaha-laundry/

19 comments for "Rincian Modal Usaha Laundry Beserta Keuntungannya"

  1. di Jember dan SOlo harga laundrynya masih 3000/kg wkwk
    Baru kali ini aku baca rincian modal laundry. Berarti kira-kira 30 kg/hari yaaa yang biasa didapat orang-orang

    ReplyDelete
  2. Tapi beneran deh mbak, usaha laundry di dekat rumah saya itu selalu ramai. Apalagi misal ada momen hari raya gitu makin ramai usaha laundry. Saya pun ada kepikiran buka usaha laundry cuma masih mikir daya listriknya. Kayaknya harus di up sampai 4400 watt ya

    ReplyDelete
  3. Selalu menjaga kualitas dan utamakan layanan laundry tepat waktu, memang penting itu. Jadi pelanggan akan terus mempercayakan laundry ke kita. Menarik ini rincian modal usaha laundry-nya. Menguntungkan apalagi kini oran sudah banyak yang pilih laundry daripada mencuci sendiri

    ReplyDelete
  4. setuju banget Teh Lendy, khususnya lokasi
    kebetulan sekarang saya tinggal di kampung, sehingga daya beli penduduknya rendah
    UMKM laundry jadi kerepotan, mereka harus keluar masuk kampung untuk menjajakan layanannya

    ReplyDelete
  5. Hai teh Lendy,
    Aku sudah beberapa tahun ini memakai jasa laundry untuk mencuci pakaian + setrika dengan hitungan perkilo 6 ribu rupiah. Ternyata kalau di kalkulasi mengikuti hitungan teteh,lumayan ya untungnya usaha laundry. Semoga suatu hari kelak aku bisa punya usaha laundry ya

    ReplyDelete
  6. Nilai laba nya lumayan ya Len. Mungkin karena itu di tempatku menjamur usaha laundry. Dalam 1 kilometer ada 5 jasa laundry wkwkw. Tapi baguslah, jadi banyak pilihan. Yang pasti bikin kami mama-mama yang ga mau capek nyuci jemur setrika jadi ringan dan terbantu sekali. Apalagi udah gak pakai ART, praktis pakai laundry.

    Tapi masih mikir-mikir kalau punya usaha laundry. Masih lebih milih usaha sewain rumah, apartemen, ruko, toko aja :D

    ReplyDelete
  7. usaha laundry ini memang cukup menjanjikan yaa. Saya tipikal orang yang gak suka nyuci, jadi pakaian kotor lumayan sering saya bawa ke laundry. tapi sejak gak ldr-an lagi, pakaian kotor dicuci oleh pak suami, hehehe

    ReplyDelete
  8. Jasa laundry masih terbilang banyak dibutuhkan, karena adakalanya kesibukan bikin gak sempat nyuci. Maka pasti butuh jasa ini. Dan jadi peluang buat yang ingin terjun usaha

    ReplyDelete
  9. Jasa laundry merupakan usaha yang lagi di gandrungi masyarakat, memang harus inisiatif dalam mengelola usaha, karena persaingan banyak, namun kita harus semangat dengan metode yang kita punya untuk pasaran jasa laundry

    ReplyDelete
  10. Wah makasih infonya ya mom. Jadi ada bayangan kalau nanti mau buka bisnis laundry
    Tapi susah gak ya nyampai target 30kg sehari? Banyak banget kalau sehari bisa sampai 30 kg ya?

    ReplyDelete
  11. Mantul nih Teh. Ini sangat menginspirasi. Sepulangnya dari rantau, dulu ada teman yg ajak buka usaha laundry. Tapi saya ga ikutan, soalnya modal keluar besar tapi prospek gak terlihat. Nah kalau seperti yg dijabarkan Teteh ini, beneran masuk akal ya
    Terimakasih informasinya ya

    ReplyDelete
  12. biaya bulanan nya hampir 3 juta untuk orderan laundry sebesar 30 kg ya Mba.. lumayan juga ya untuk tambahan penghasilan Mba. ada beberapa laundry g tumbuh pesat sy liat hingga yg awalnya 1 ruko kini makin melebar jd 2 ruko, masya Allah

    ReplyDelete
  13. Di dekat kami banyak yang usaha laundry. Kayaknya emang jenis usaha yang cukup menjanjikan apalagi emang deket lingkungan kampus. Ternyata melihat perhitungan mbak diatas, modal 14jutaan udah bisa bikin usaha ini ya

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wenak bener ya, aku jadi kepikiran orang yang buka usaha laundry mayan keuntungannya. Belum lagi jika untuk laundry ada harga sendiri-sendiri , harga untuk selimut, sprei, karpet.
      Belum lagi cuci basah, cuci kering, cuci mamel , cuci setrika, udah berapa keuntungannya itu. Hehe.

      Delete
  15. Adekku ada usaha laundry nih. Dan emang lumayan ya kak keuntungannya. Bahkan kalo kita nggak bisa ngerjain, kita suruh orang aja yang bekerja. Kita modalkan alat trus nanti keuntungan dibagi. Cukup menjanjikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bener nih mbaa. saudaraku juga begitu emang usaha laundry ini minim di lirik padahal keuntungannya lumayan banget.

      Delete
  16. Modalnya hampir menyentuh angka 15jt ya Kak. Bisnis laundry jika tempatnya strategis kayak dekat kos-kosan hingga apartemen pasti laris manis sih.

    ReplyDelete
  17. Mamaku pun pengen juga memulai usaha laundry, mumpung ada bagian rumah yang kosong, bisa dirombak jadi tempat usaha laundry agaknya

    ReplyDelete