Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Kenali Ketika Gejala BIM dan Cara Melepaskannya

Bismillah,


Kenali Ketika Gejala BIM dan Cara Melepaskannya.
Hola sahabat lendyagasshi.


Sebagai Kpopers dan SM Stan, aku merasakan sekali bagaimana lika-liku dalam menyukai (dan mendukung) boyband Kpop kesukaanku. Di fase saat ini, aku sedang suka (PAKE BANGET, monmaap...capslock uncontrolled) dengan boygroup NCT.

Kayanya hidupku setiap hari diwarnai dengan konten-konten dan lagu NCT. Paling seneng pas sambil setir, dengerin NCT, pas dirumah sambil BW juga dengerin NCT. Kala lelah, akupun dengerin NCT. Wah.. NCT it's ma lyfe banget lah...

 

Baca juga
5 Moodbooster Song From NCT Dream
Makanan Favorit Member NCT Dream

 

Kalau Kata Shyntako di artikelnya yang berjudul Alasan EXO-L Bucin sama KAI salah satunya karena kharisma KAI saat di atas panggung, ini aku setuju banget. Dari pengamatanku saat menyukai idol, mereka memang sama-sama menyanyi, sama-sama menari dalam satu grup yang sama, namun ciri khas masing-masing ini yang gak bisa diabaikan.

Seperti gerakan tarian Jeno yang powerful, tentu berbeda sekali dengan Jisung yang serba popping atau Mark yang suara rap-nya khas banget karena kualitas dan penekanan nada di kalimat tertentu, akan sangat berbeda sekali ketika part yang sama dibawakan oleh member lain, Jaemin misalnya.

Jadi ciri khas masing-masing idol ini yang membawa kita sebagai fans bisa mengidolakan satu idol dari sekian banyak boygroup atau girlgroup Korea Selatan.

Lalu bagaimana kalau sudah jatuhnya ke BIM?
Apa itu BIM?
Dan kalau sudah terjerumus ke BIM bagaimana cara menyembuhkannya?

 

Kuy, simak di artikel berikut ini.
**disclaimer, tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi penulis, sehingga efeknya di masing-masing orang bisa berbeda banget. Aku hanya memberikan insight dari sisi seorang BIM pemula.

BIM singkatan dari apa




Apa Itu BIM?

Awalnya, aku gak tau yang namanya BIM ini apa dan batasannya segimana. Jadi, BIM ini artinya Bias Is Mine. Yang makna lebih mendalamnya adalah "Bias Punyaku", halaah~

Intinya mah.. fans berhak controlling their lyfe.

Padahal kan kalau mau berpikir jernih nih ya.. sebagai fans, kita mengenal kehidupan mereka hanya di depan kamera. Kalau kehidupan sebenarnya yang mereka jalani, senang makan apa, senang melakukan apa bahkan senang dengan siapa, kita gak berhak memutuskan.

Kalau ada yang bilang,"Ya itu risiko jadi artis!"

Hey!

Terlepas dari kehidupan pribadi mereka, I always support them no matter what happen. Dan kita kudu tetap tenang jika mereka sedang terserang berita tak sedap. Ibarat pohon, semakin tinggi maka angin pun semakin kencang menerpa, right?


Jadi loe mau cerita apaan, Len?

Hahha...mian, mian. Ini semua bermula ketika NCT Dream akan melakukan konser solo mereka pada tanggal 9 September 2022 kemarin. Lalu, salah satu bias keshayanganku terkena badai gosip mengenai dating dengan seseorang yang ditandai dengan doi follow si cewek ini dimana hanya cewek inilah satu-satunya idol yang ia follow.

FYI,
Aku suka Jeno NCT yaa... Dan badai ini terjadi di tanggal 28 Agustus 2022 dimana langsung jadi trending tuh pada saat itu. Rasanya pusing, gak bisa berpikir jernih dan berniat mau ninggalin Jeno aja gitu.. Huhuu~

Segitu cemennya aku sih..

Jeno skandal 2022
 

Terus setelah curhat sana-sini, ke Rohmah dan Ria, hatiku sedikit merasa lega. Meskipun ada perasaan mengganjal karena NCT Dream mau konser kok Jeno malah kena skandal begini?

Dan gak ada tanggapan apapun dari pihak Jeno mengenai hal ini.

 

Kok bisa ketahuan Jeno follow bukannya langsung unfollow?

Kejadian idol mendadak follow lalu sadar kalau itu adalah akun asli mereka dan sedetik kemudian unfollow ini bukan hanya Jeno yang pernah mengalami. Sebelumnya V BTS yang gak sengaja follow akun IG Jennie Blackpink dan kemudian sadar lalu buru-buru unfollow.

Berkaca dari kasus V-Jennie ini, fans Jeno yang disebut Jenozen langsung reaktif dan berkata bahwa Jeno pasti ada apa-apanya dengan si idol cewek ini. Terbukti baru unfollow setelah 30 menit kemudian. Apakah Jeno sebenernya sedang tipsy kala itu? Karena kejadiannya pas di jam 3 pagi dan baru unfollow jam 3.30.

Benarkah Jeno NCT dan Mina TWICE

Menurut penyelidikan szennie yang maha teliti, saat kejadian memang sepertinya 7DREAM lagi makan malam bersama di sebuah restoran Chinese berdasarkan IG Story Haechan. Jadi mungkin, Jeno sedang dalam keadaan lelah dan tipsy sehingga gak sadar sudah follow idol cewek tersebut.

Baca juga:
Kebiasaan Member NCT yang Bisa Ditiru

Kenapa suka Jeno NCT
 

Dan dari sini kekecewaanku dimulai...
Perjalanan patah hati yang tak berujung dan menyebabkan aku kudu ada sahabat yang diajakin ngobrol dan akhirnya konsultasi sama Ria. Karena cuma doi yang selalu netral dengerin ceritaku dan memberikan pendapat. Dari mulai mengorek akar masalah sampai akhirnya ia menemukan bahwa aku BIM.


Salahkah Menjadi BIM?

Di sini aku mulai merasa bersalah sudah menjadi fans yang protective, gak bisa netral dan yang paling parah, aku jadi gak doyan makan, gak bisa tidur, malas ngapa-ngapain, gak bisa konsen nonton drakor, gak bisa konsen dengan konser NCT Dream yang saat itu mereka sedang sebar konten 'Walk You Home' Cheering Guide

Dahlaa, fixed!
Kaya beneran orang patah hati. Sediiih yang teramat sedih, tau gasiii..sahabat lendyagasshi rasanya orang patah hati tuh?

Tapi menurut Ria, aku boleh-boleh aja BIM asal gak hate speech di sosial media dan ikutan benci sang idol. Karena kita beneran gak pernah tau kehidupan asli mereka.

Intinya mah, BIM buat diri sendiri mah..memang merusak diri sendiri, dan kudu diobati. Tapi, hal tersebut masih dalam kategori wajar karena gak menyebarkan kebencian dengan ajak-ajak orang lain untuk melakukan hal yang sama.


Setelah googling dan akhirnya aku menemukan tips yang bagus untuk bisa keluar dari jerat BIM ini, guys.. Tapi jangan salah, ultimate bias aku di NCT tetap Jeno, no matter what they say yaah~

Cara Menghilangkan BIM, Bias On Mine


Cara Menghilangkan Sindrom BIM atau 'Bias is Mine'

Ingat satu point penting yakni Our job as a fan is to support them, not control their life. Jadi begitu merasakan ada gejala "berat" karena seseorang, inget-inget lagi kalau kita suka sosok idol ini karena kita suka dengan sifatnya, pekerjaannya dan kerja kerasnya.

 

Yang bisa menjadi bahan renungan adalah

Fansgirling is not a job, so don't take too deep 

Your bias don't know that you exist

Don't think that you'll be mine as a husband

Just remind that you falling love with you bias as an idol, you just appreciate him because of his work, his talents and not because you want him as yours

Just remember that your future and your happiness in the future is more important than everything

Everyone has a privacy.
Just remember that an idol is belonging to their fans if they're on stage. But, if it's done, we must realize that we has own privacy.

Love is giving without expecting something in return.

Let's we spread loves not hate~


Kalau perenungan ini sudah mendalam sampai ke tulang rusukmu, coba inget-inget juga kata-kata Sehun EXO.

Kalian boleh menyebut namaku sebagai pacar kalian, tapi yang terpenting dari itu semua, kalian tetap harus memiliki kehidupan pribadi kalian sendiri dan membuka hati untuk orang-orang yang menyayangi kalian.

Cara Menghilangkan Sindrom BIM

Yang membuatku beruntung saat menderita karena BIM ini adalah aku mendadak dapat konten-konten positif dari circle-ku, hehhe.. kaya dari EXO seonbae-nim dan dari sahabat-sahabat sesama Jenozen di twitter. Kita tetap sayang Jeno dan mendukung Jeno dengan karya-karyanya tanpa judgement kehidupan pribadinya.


Cara Mengurangi OVT Terhadap Idol

  • Alihkan dengan membaca AU (alternative universe) atau fanfiction.

Dan cari cerita fiksi penggemar yang tokohnya adalah idol dengan genre fluffy or sweet story with sweet ending.

**gimana cari AU yang sweet?
Biasanya bisa dicari di kolom search twitter yaa ges yaa..

Why Jeno NCT Dream?
Jeno really suit in blue

  • Mencoba mencari kegiatan yang bermanfaat.
    Seperti menulis, chat with your friends, pokoknya aktivitas yang bisa bikin kamu lupa dengan keegoisanmu sebagai fans saat itu.

    Kalau misalnya masih kepikiran terus, bisa mencoba sejenak ke bias wrecker. Yah, paling gak.. ada konten dari biasmu yang lain yang mewarnai dan bisa menjadi sudut pandang baru sebagai fans.

  • Jangan melihat idol sebagai sosok 'pria' atau 'wanita', cukup sebagai idola.


  • Kesimpulan

    Pasti berat banget banget banget melewati masa-masa ini, gengs.
    Gimana pun, aku juga pernah melewatinya dan ada rasa putus asa yang luar biasa ketika ovt terhadap my ultimate bias. 

    Semoga dengan menerapkan tips di atas, sahabat lendyagasshi bisa melewati masa-masa berat ini dengan melihat pelangi, setelahnya.


    From now on, we will walk together, laugh and cry together.

    - Na Jaemin's quote



    With love,



    4 comments for "Kenali Ketika Gejala BIM dan Cara Melepaskannya"

    1. Hmm..mengidolakan seseorang itu memang punya liku2 tersendiri yaa.. Aku sendiri tumben2an nih lagi ngikutin pasangan seleb lokal..hihi..entah kenapa lagi tersihir dg mereka pdhl seumur-umuf gak pernah segininya suka dg artis/tokoh publik.. Tapi yo tak nikmati saja..naik turunnya kisah mereka.. dg ttp ingat bhw fans sekalipun tak ada hak utk mencampuri urusan pribadi idolanya. Dan yg lebih penting juga menurutku adalah : tetap fokus ke real life kita 😊

      ReplyDelete
    2. Wiih ternyata kalo fans K-Pop pada gitu ya sampai bilang bias is mine. Posesif?
      Ga kebayang kalo jadi idol lalu fansnya malah caci-maki gara2 dia follow akun ignya cewek. Ngeri banget.

      Kalo fans yg di Korea mungkin udh nguber2 idol yg asli ya?

      ReplyDelete
    3. Aku baru tahu istilahnya disebut BIM. Tapi sering juga mengamati fans/netizen Indonesia yang juga kelakuannya sama. Lebih senang ngatur hidup idolanya, sampai jodoh-jodohin segala. Bahkan kalau ada artis lain yang lagi deket sama couple 'idaman' mereka, pasti ada yang kena hujat.

      Duh, yuk budayakan dukung karya bukan personal kehidupan para artisnya.

      ReplyDelete
    4. Ahhh aku pernah banget dulu merasakan ini, walaupun sampai sekarang masih sedikit-sedikit sih.. Kalau diriku biasnya jessica jung ex SNSD. Hha kadang gatau kenapa bisa gitu, rasanya kalau mengingat mereka bahagia aja gitu, apalagi kalau disetiap konser onlinenya atau kita berkomentar di media sosialnya di notice itu aja bisa berbunga-bunga banget.. Kadang juga sering OVT karena issue issue yang terjadi, tapi tetap percaya dan support terus lah terkait apa yang bias lakukan dan putuskan :D

      ReplyDelete