Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Jaga Kelestarian Laut Indonesia Melalui Program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’

Bismillah,

 

Program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’.
Hola sahabat lendyagasshi.


Suka merasa bersalah gak sih, kalau barang yang habis kita gunakan justru wadahnya menjadi limbah dan akhirnya membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk bisa terurai kembali ke alam?

Nah, itupun kalau beneran terurai, kalau mengotori lingkungan, malah menjadi berbahaya bagi hewan dan tumbuhan lain yang hidup di lingkungan tempat mereka tinggal.

Jadi, ancaman bagi kelestarian dan keberlangsungan hidup makhluk hidup ini bukan hanya dari kondisi alam yang mengalami climate change, kebakaran hutan namun juga bahaya sampah anorganik yang sulit didaur ulang dalam waktu yang singkat oleh alam. Bagaimana jadinya jika alam ini terlalu banyak sampah plastiknya?

Baca juga:
Climate Change, Apa yang Bisa Kita Lakukan?

Kebakaran Hutan, Tanggungjawab Siapa?


Bolehkah sampah plastik dibakar agar habis dan tidak mengotori alam?
Apa yang bisa kita lakukan untuk alam agar tetap terjaga kelestariannya dan semua hidup bahagia dalam waktu yang lama?


Yuk, kita simak pemaparan upaya yang bisa kita lakukan untuk bisa mengurangi kebiasaan menggunakan sampah plastik yang meresahkan di artikel berikut ini.

Program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’


 

Plastik

Plastik bukanlah hal yang asing lagi di telinga kita. Karena semua aktivitas harian kita, pasti ada plastik. Dari mulai belanja di mang sayur, belanja di mall, sampai kalau pesan makanan atau minuman via ojek online, sudah bisa dipastikan menggunakan plastik sebagai pembungkusnya.

Rasanya plastik ini memang menjadi penyelamat banget apalagi meski ia tipis, tapi kuat sehingga dinilai sangat bermanfaat untuk membantu kemudahan hidup manusia.
 


Asal Mula Plastik

Plastik pertama kali dibuat pada tahun 1862 oleh Alexander Parkes. Jangan dibayangkan plastik pertama ini secantik plastik saat ini yaa.. Karena dibuat dari bahan alam yakni selulosa, maka plastik ini diberi nama Parkesine, sesuai nama penemunya.

Tapi karena sesuatu yang berasal dari bahan alami biasanya membutuhkan bahan baku yang tidak sedikit, maka harga Parkesine ini terbilang mahal sehingga kurang diminati. Perkembangan ilmu pengetahuan terus memperbarui riset mengenai plastik ini sehingga pada tahun 1907, seorang ilmuwan yang bernama Leo Hendrik Baekeland berhasil membuat plastik pertama hasil sintesis dari minyak bumi, sehingga produk hasil ciptaannya diberi nama Bakelite.

Dari plastik pertama Bakelite ini maka produksi plastik kian diminati. Lantas kenapa diganti bernama plastik?

Program Blackmores Peduli

Ya, nama plastik berasal dari Bahasa Yunani yang bermakna Plastikos yang memiliki arti lentur dan mudah dibentuk. Karena sifat plastik yang demikian berasal dari bijih plastik yang dicampur dengan zat aditif lainnya agar semakin baik pemanfaatannya.

Dan kemudian pemakaian kantong plastik ini semakin meluas akibat revolusi besar-besaran untuk mengganti bahan kantong kertas yang menghabiskan banyak pohon menjadi kantong plastik.


Masalah Sampah Plastik

Semakin canggih dan praktis kemajuan zaman, semakin banyak juga plastik ini digunakan. Tidak hanya tas kresek, tetapi juga perabot rumah tangga yang terbuat dari plastik ini modelnya cantik, warnanya sungguh menawan, awet, tahan lama, ringan ditambah lagi dengan harganya yang sangat terjangkau.

Namun masalah yang ditimbulkan dari limbah plastik ini gak sedikit, gengs..

Masalah dari pemanfaatan plastik secara besar-besaran untuk kehidupan manusia seperti sulit terurai di tanah hingga ribuan tahun ke depan, pencemaran air tanah yang disebabkan oleh melarutnya zat kimia plastik dan ini bisa membahayakan ketika dikonsumsi manusia, seperti menjadi penyebab utama kanker dan bila zat mikroplastik terhirup dari udara dan masuk ke dalam tubuh manusia dalam jumlah di ambang batas maksimum, ini juga bisa menyebabkan kanker.

Selain bahaya bagi kesehatan manusia, sampah plastik yang terlampau banyak dan memenuhi sebagian besar permukaan bumi dan tidak bisa diselesaikan hanya dengan dibakar. Membakar sampah plastik akan menimbulkan masalah baru yakni pencemaran udara serta asapnya berbahaya jika terhirup manusia. Plastik yang mengotori lingkungan ini tersebar dimana-mana dari mulai hutan sampai lautan dan ada kemungkinan termakan oleh hewan, apalagi sampah tersebut mengendap di dasar lautan atau mengotori sebagian laut. 

Bahaya Sampah Plastik



Tips Mengurangi Sampah Plastik

Kurangi Penggunaan Plastik

Cara yang paling mudah memang beralih ke eco-lifestyle atau gaya hidup ramah lingkungan dengan cara menggunakan bahan-bahan yang tidak sekali pakai seperti plastik. Misal memakai sendok, garpu dan sedotan yang terbuat dari bahan stainless, membawa tas belanja sendiri sampai mengisi ulang bahan-bahan kebutuhan keluarga, seperti sabun, shampoo dan peralatan rumah tangga lain.

Cara Menanggulangi Sampah Plastik

Dan beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga bumi. Meski terkesan sepele, tapi bila dilakukan dengan konsisten dan mengajarkan kepada anak-anak, maka akan menjadi sebuah habit yang baik untuk terus menjaga apa yang kita gunakan dan tanggungjawab dengan hal tersebut.


Tips Mengurangi Sampah Plastik


Pilih Barang Dengan Kemasan Ramah Lingkungan

Ini bisa menjadi pilihan ketika berbelanja. Dengan membeli barang-barang yang dikemas menggunakan kemasan ramah lingkungan, tentu sedikit membantu mengurangi sampah plastik yang sudah terlanjur mengotori lingkungan.


Bawa Bekal Makanan Sendiri dan Habiskan

Ini penting banget karena ternyata selain boros, sering beli makanan di luar juga menyebabkan menumpuknya sampah kemasan. Jika ingin membeli makanan, bisa dengan cara membawa kotak bekal makanan sendiri atau makan dine-in.


Kurangi Makan Permen Karet

Ini fakta yang unik, mennurutku. Karena permen karet ternyata juga bisa menjadi sumber masalah karena permen karet masa kini terbuat dari karet sintetis, polietilen dan polivinil asetat untuk menggantikan karet alam di sebagian besar produksi permen karet.

Resiko mengunyah permen karet sintetus secara berkala adalah mengunyah plastik beracun. Bahan permen karet sintetis polivinil asetat dibuat menggunakan vinil asetat, yang merupakan bahan kimia penyebab tumor setelah dilakukan percobaan di laboratorium dan diuji cobakan pada spesimen tikus percobaan.


Memisahkan Sampah

Hal lain yang bisa sahabat lendyagasshi lakukan tentu adalah memisahkan sampah organik dan anorganik yang digunakan sehari-hari. Agar ketika sampah berada di TPA, mereka bisa diolah sebagaimana seharusnya.


Seperti yang dilakukan oleh Blackmores Indonesia yang terus berkomitmen menjaga kelestarian laut Indonesia melalui program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’. Program yang sudah berlangsung sejak 1 September hingga 30 November 2022 dan merupakan salah satu bentuk wujud komitmen kepedulian Blackmores Indonesia terhadap kebersihan lingkungan, khususnya ekosistem laut.



Program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’

Pada tanggal 1 September 2022 yang lalu, Blackmores resmi mengumumkan sebuah program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’. Sejalan dengan target pemerintah dalam menurunkan sampah plastik di laut hingga 70% pada tahun 2025, PT. Kalbe Blackmores Nutrition (“Blackmores Indonesia”) mengajak masyarakat untuk ikut bertanggung jawab atas sampah plastik dengan mengumpulkan sebanyak-banyaknya sampah botol plastik bekas vitamin dari merek apapun agar bisa dikelola atau di daur ulang dengan baik sehingga tidak menambah angka sampah plastik yang mengotori laut.

Program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’

Head of Marketing Kalbe Blackmores Nutrition, Astrid Prasetyo mengatakan, “Secara global, selama lebih dari 90 tahun Blackmores terus berkomitmen untuk memberikan nutrisi terbaik dari alam dan juga pada kualitas dan keberlanjutan lingkungan. Untuk itu, sebagai produk suplemen yang bersumber dari minyak ikan laut dengan manfaat untuk membantu menjaga kesehatan harian tubuh, Blackmores Odourless Fish Oil terus berkomitmen menjaga kualitas produk dan lingkungan secara beriringan mulai dari memastikan kualitas sumber minyak ikan terpilih, pengemasan yang modern hingga permasalahan sampah produk yang juga harus diperhatikan. Hal inilah yang mendasari kami untuk terus mendukung segala upaya dalam menurunkan sampah plastik di laut dengan kembali menghadirkan program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’. ”

Program Peduli Blacmores Tukar Botol ini merupakan salah satu inisiatif yang dilakukan Blackmores Indonesia untuk mendukung pemerintah dan mengajak masyarakat Indonesia peduli menjaga kebersihan lingkungan laut, karena menjaga kelestarian dan kesehatan lingkungan laut merupakan hal yang penting untuk dilakukan bersama demi terciptanya ekosistem laut yang bersih sebagai awal dari kesehatan.

 

 

Bagaimana Cara Tukar Botol Plastik dalam Program Blackmores Peduli?

Cara penukaran botol plastik dalam program Blackmores Peduli sangat mudah. Konsumen yang memiliki botol plastik bekas vitamin merek apapun dapat mengumpulkan dan membawanya ke apotek independent yang tersedia dropbox Blackmores dan juga Blackmores Pop Up Store yang berada di beberapa titik mall di Indonesia. 

Blackmores juga telah menyiapkan bentuk apresiasi bagi masyarakat untuk setiap keikutsertaannya pada kegiatan ini, yakni setiap botol plastik dapat ditukarkan dengan voucher belanja. Selain itu, untuk membantu proses pendauran ulang botol plastik yang telah terkumpul, pihak PT. Kalbe Blackmores Nutrition juga menggandeng organisasi pengelolaan daur ulang sampah plastik eRecycle.

 

Bagaimana Cara Tukar Botol Plastik dalam Program Blackmores Peduli?

Program Blackmores Peduli menjadi komitmen berkelanjutan jangka panjang untuk selalu peduli dan akan terus melakukan lebih demi menjaga laut tetap bersih untuk sekarang dan masa depan. 

Melalui program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’ menjadi komitmen dan harapan Blackmores untuk semua pihak ikut berpartisipasi menjaga lingkungan. Jika semakin banyak orang yang peduli untuk menjaga lingkungan, terutama lingkungan laut, maka kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat Indonesia akan dapat terjaga.

 

Testimoni yang telah Mengikuti Program Blackmores Peduli

Seorang konsumen bernama Diana Agustina berusia 36 tahun telah ikut berpartisipasi dalam program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’ serta menyambut baik adanya program ini. Beliau mengaku bahwa selaku konsumen sangat senang ada program seperti yang dilakukan Blackmores ini. Dengan partisipasi dalam program Blackmores Peduli, Ibu Diana bisa ikut menjaga kelestarian lingkungan, khususnya kebersihan ekosistem laut dari sampah botol plastik. Karena beliau menyadari kalau banyak sumber alami dari laut yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti minyak ikan yang sering saya gunakan.

 

Serta Pemerhati Lingkungan, Tasya Kamila mengatakan, “Sampah plastik telah menjadi permasalahan yang harus dituntaskan bersama, karena lingkungan yang bersih tanpa sampah plastik merupakan keinginan semua makhluk hidup. Maka dari itu, sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga dan melestarikan lingkungan. Saya sangat mengapresiasi dan menyambut baik inisiatif dari Blackmores yang peduli terhadap kebersihan lingkungan dan masalah sampah plastik, dengan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bisa ikut berpartisipasi dalam program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’. 

Misi dari penukaran botol plastik vitamin ini jelas, yaitu mengurangi sampah botol plastik bekas vitamin, dengan mengurangi sampah, berarti memberi kontribusi pada kelestarian lingkungan. Mari bersama-sama kita agen menjadi agen perubahan dengan mengumpulkan sampah botol plastik bekas vitamin untuk menjaga laut tetap bersih.”


Kesimpulan

Yuk, hidup sehat dengan konsumsi produk dari KALBE Blackmores Nutrition, yang merupakan produk suplemen premium di Indonesia. Bersama KALBE Blackmores Nutrition yang selalu berkomitmen dalam menyediakan produk kesehatan berbahan dasar alami serta layanan yang berkualitas tinggi dan menyediakan suplemen kesehatan yang aman dan efektif. Ditunjang oleh distribusi yang kuat, kami melengkapi layanan konsumen yang terpadu seperti customer care dan home delivery, untuk membantu kesehatan sehari-hari, juga tetap memiliki komitmen yang selaras dengan menjaga kebersihan lingkungan terutama lingkungan laut dari sampah plastik melalui program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’.

 

Yuk, bersama Blackmores, kita hidup sehat dan terus berdampingan dengan alam.


With love,



88 comments for "Jaga Kelestarian Laut Indonesia Melalui Program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’"

  1. Two thumbs UP!
    Program yg sarat faedah bangeetttt
    Semoga bs diikuti brand² lainnya ya.

    Makin menebar manfaat 👌

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, sangat bermanfaat ya. Pastinya bisa mengurangi sampah plastik deh ini. Aku jadi kepengen ikutan juga. Hayuk kemon ngumpulin botol bekas vitamin. Bisa dari merk apa saja ya.

      Delete
  2. Bagus banget programnya tukar botol, kalau di lingkunganku ada bank sampah. Tapi, jadwalnya tidak menentu membuat aku kesulitan datang. Keren deh programnya blackmores

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di tempat saya juga ada bank sampah mbak, biasanya dua minggu sekali dikoordinir oleh ibu-ibu PKK. Semua memang harus berupaya untuk mengurangi menumpuknya limbah plastik ya.

      Delete
    2. Setuju kak Nanik, harus bergerak semua dalam pengelolaan sampah ini.
      Dengan begitu bisa meminimalisir penumpukan sampah

      Delete
  3. Sekarang banyak perusahaan mulai terbuka untuk go green dengan membuat program tukar botol kosong dapat poin untuk bisa ditular produk. Supaya bisa mengendalikan dan mengurangi sampah untuk dimanfaatkan dan direcycle

    ReplyDelete
  4. wah keren Blackmores, semoga semakin banyak perusahaan yang mengikuti jejaknya ya?
    Karena udah jelas banget, menurut UU pengelolaan sampah, produsen harus bertanggungjawab terhadap sampah yang dihasilkan

    ReplyDelete
  5. Setuju sekali kak lendy, Saya juga sudah berusaha keras Untuk sedikit repot asal tidak menggunakan plastik. Awalnya susah ya, tapi kalau nggak dipaksa akan terus begitu, kapan berubahnya

    ReplyDelete
  6. Wow bagus banget ini program Blackmores. Perusahaan lain patut mengikuti jejaknya nih. Ya, saya pun suka kepikiran, ini hujan gak ada musim, banjir dan longsor selalu datang, limbah mencemari air, pasti ada yg tidak beres. Masalah sampah memang tidak ada habisnya ya

    ReplyDelete
  7. Pilah-pilih sampah biar pengelolaannya tepat ya Teh.
    Apalagi ini asiknya ada program Blackmores, tinggal cari penukarannya sesuai domisili

    ReplyDelete
  8. Salut dengan Kalbe dengan program blackmores peduli tukar botol, yang ternyata nggak cuma botol bekas produk blackmores aja yang diterima, tapi botol bekas multivitamin merk apa pun.

    ReplyDelete
  9. Keren banget ini program Blackmores Peduli Tukar Botol, mana botol vitamin merk apapun bisa. Wah bisa diteladani banyak pihak ini idenya Blackmores. Salut!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadinya turut berkontribusi untuk meminimalisir sampah dan pengelolaannya juga ya kak.
      Hayuuk kita pun bisa, untuk sekaligus melestarikan lingkungan

      Delete
  10. Wah.. Bagus banget nih programnya jadi secara gak langsung kita ikut jaga bumi ini ya..
    Simple dgn hanya menukarkan botol aja loh.. Pasti aku ikut ah program ini

    ReplyDelete
  11. Plastik itu ibarat benci-benci sayang, merusak lingkungan tapi tetap dibutuhkan. Semoga program Blackmores peduli ini bisa menopang upaya menjaga kebersihan lingkungan.

    ReplyDelete
  12. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk ikut berperan dalan kelestarian lingkungan. Salut buat Blackmores dengan komitmennya menjaga ekosistem laut lewat program peduli tukar botol ini.

    ReplyDelete
  13. ya ampuuun....ngunyah permen karet itu ternyata beracun ya Len. Untung ga doyan.
    serem euy tau dampaknya :(

    Keren sekali Blackmores programnya, semoga berjalan lancar, demi bumi yang sehat dari sampah plastik. Setiap langkah kecil yang dilakukan, akan berdampak besar bila terus dilakukan.

    Semangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kak Rien..
      Jadi inget dosa-dosa kasih permen karet yang bola-bola pas anak-anak kecil.
      Itu udah dibuang sembarangan (kan belinya di toples) dan bahannya entahlaaah..
      huhuu~

      Delete
  14. Wah bagus banget ya programnya. Terkadang botol dibuang begitu saja dan menjadi sampah. Semoga diikuti oleh perusahaan-perusahaan lain.

    ReplyDelete
  15. Program Blackmores ini jadi bisa menjaga lingkungan - dan membuat kita ga waste botol plastik ya Len, semoga ke depan bisa makin menyadarkan sekitar

    ReplyDelete
  16. keren nih program Blackmores. Sampah plastik memang jadi peer kita semua yaa. Semoga saja dengan adanya program ini bisa mengurangi jumlah sampah plastik, amiiin

    ReplyDelete
  17. Lengkap ya, beriringan antara memastikan sumber minyak ikan terbaik, masalah pengemasan produk secara modern dan masalah sampahnya, maka program Blackmores terbaik dan menunjukkan komitmennya bagi kelestarian lingkungan

    ReplyDelete
  18. Keren ya program Blackmores ini. Secara ukuran botol kemasannya yang digunakan terbilang cukup besar hehe dan kualitas plastiknya memang yang baik jadi. Pas banget kalau di daur ulang.

    Saya sendiri mulai berusaha diet plastik sejak beberapa tahun terakhir mbak yang simple aja No more kresek dan bawa air Minum atau kotak bekal sendiri

    ReplyDelete
  19. Keren. Dengan adanya program tukar botol ini menguntungkan kedua belah pihak.

    ReplyDelete
  20. Bagus juga programnya Blackmore ya Teh. Bisa jadi langkah awal buat Jaga kelestarian alam. Memang sudah saatnya mengurangi sampah atau limbah plastik dengan suistinable lifestyle

    ReplyDelete
  21. Wah untung udah enggak pernah beli dan makan permen karet lagi. Terakhir doyan itu paa SD.

    Bagus ya makin banyak yang partisipasi lingkungan seperti Blackmores ini . Jadinya konsumen ikut diedukasi lingkungan juga.

    ReplyDelete
  22. dengan program ini kia bisa memberikan kontribusi yang nyata bagi lingkungan ya mba.. memang banyak cara untuk menjaga alam ini

    ReplyDelete
  23. Produk Blackmore andalan memang buat kesehatan tubuh. Wah udah bermanfaat produknya, perusahaannya bikin program yang oke juga yakni tukar botol. Dukung deh yukk

    ReplyDelete
  24. Produk Blackmores belum pernah saya cobain Mbak tapi beberapa teman sempat mengupload produk ini untuk dikonsumsi sendiri. Saya jadi kepo manfaatnya apa aja ya produk ini, sepertinya ada beberapa varian dari produk ini ya

    ReplyDelete
  25. Wah keren banget nih program Blackmores tukar botol dengan voucher belanja bisa banget memberikan solusi yang lebih ramah lingkungan. Agak miris juga kan kalau tahu berapa banyak sampah plastik yang mengendap di lautan. Duh emang kita harus lebih bijak yah membantu memberi kontribusi pada lingkungan dengan mengurangi penggunaan platik atau mendaur ulangnya.

    ReplyDelete
  26. Makin banyak perusahaan global yang melek untuk menjaga bumi ya. Seneng banget deh.

    ReplyDelete
  27. Wah aku baru tahu kalau Blackmores ada program keren ini, padahal aku konsumsi vitamin ini, juga buat anak-anakku, harus ikutan nih soalnya ada beberapa botol kosong di rumah dan ngak tahu mau diapain, biasanya dibuat mainan sama anak-anak. Semoga program ini diikuti brand lainnya agar alam tetap terjaga kelestariannya hingga anak cucu.

    ReplyDelete
  28. Makin banyak yg peduli dg sampah plastik ya. Alhamdulillah. Kelestarian lingkungan benar-benar harus dijaga sejak dini.
    Mbak aku salfok sama ilustrasi buatannya.. Pengen bisa buat juga. Ini pakai aplikasi apa

    ReplyDelete
  29. bagus banget programnya, benar-benar membantu mengatasi masalah kemasan bekas, saya pribadi baru sebagian melakukan pengurangan pemakaian limbah plastik, semoga konsisten dan bertambah lagi tindakan untuk mengurangi sampah plastik

    ReplyDelete
  30. Keindahan laut jadi tanggung jawab kita bersama ya teh
    Makanya penting untuk selalu dijaga
    Banyak cara menjaga keindahan laut, salah satunya ya dengan ikut program tukar botol dari Blackmores ini

    ReplyDelete
  31. Hai Teh Lendy,
    Aku dirumah stock fish oil 1000 1000, ada sisa dikit. Bisa deh aku tukarkan, semoga kimia farma bekerja sama ya. Sepertinya 1 grup deh Kimia Farma dengan Kalbe Farma. Beberapa botol vitamin di rumah juga masih banyak, sip teteh

    ReplyDelete
  32. keren banget Blackmores, gak hanya menyediakan suplemen
    juga mengajak masyarakat mengubah gaya hidup
    karena perubahan gaya hidup berkelanjutan emang gak bisa sendirian
    harus dilakukan banyak orang agar hasilnya maksimal

    ReplyDelete
  33. Waktu hamil dulu minum Blackmore yang khusus bumil. Sayang ya waktu itu belum ada program ini. Keren sekali padahal programnya

    ReplyDelete
  34. Saya juga nih mulai bawa kantongan sendiri kalau ke pasar. bawa botol minum dan bawa sedotan kemana2.
    Gpp rada repot yang penting kegiatan sederhana bisa membantu menyelamatkan bumi ya.
    Keren blackmores actionnya nyata!

    ReplyDelete
  35. Kece bener nih program Blackmores tukar botol dengan voucher untuk mengurangi sampah :D Konsumen jadi semangat dong ya dan mendukung sekali. Perusahaannya begitu concern terhadap masalah alam dan lingkungan hidup dan sudah banyak terpapar sampah botol baik itu kaca maupun plastik. Semoga dapat berkesinambungan dilaksanakan. Patut diapresiasi dan ditiru oleh brand lain.

    ReplyDelete
  36. Keren nih program yang diluncurkan Blackmores dengan peduli tukar botol bekas suplemen atau obat. Aku selama ini bingung kalo mau buang botol bekas suplemen gitu. Kalo ukurannya agak besar, aku gunakan untuk tempat tanaman cutting dengan diisi air. Tapi yang ukuran kecil tuh yang akhirnya dibuang di tempat sampah. Aku mau deh nyari apotek yang tersedia dropbox Blackmores untuk titip buang botol bekas suplemen

    ReplyDelete
  37. Setelah tempo hari tahu ttg program tukar kemasan dr Organic Lombok, kini tambah tahu program serupa dari Blackmores. Siiiip....kereeeen.Semoga bisa diikuti oleh brand-brand lain, terutama yg banyak menghasilkan sampah plastik.

    Kubayangkan kalau botol2 abis pakai spt ini dihargai cukup mahal (pemerintah kasih subsidi harga belinya). Pasti nggak cuma pemulung yg semangat mengumpulkan sampah. Ngimpi boleh kan ..hejeje

    ReplyDelete
  38. Wah di rumah ada vitamin Blackmores nih, ntar kalau habis bisa nih ditukerin.
    Memang masalah plastik sekarang PR sekali yaa. Makanya emang sebaiknya kalau bisa bawa tas atau wadah yang bisa dipakai berulang lbh baik. Langkah kecil yang keliatan sederhana tapi sebenarnya sangat bermanfaat buat bumi yaa.

    ReplyDelete
  39. Anakku konsumsi produk Blackmores yang Kids. Aku juga gunakan karena memang bagus. Dukung banget kampanye ini dan kayaknya harus ikutan tukar botol :)

    ReplyDelete
  40. Bagus banget sih program beginian. Beneran deh kalau ngeliat sampah plastik ada dimna-mana tuh suka ngerasa ngenes sendiri. Apalagi yang buang sampah sembarangan. Aku sendiri sih pernah konsumsi Blackmores waktu hamil. Jadi tertarik pengen konsumsi lagi nih. Sekalian menggalakkan kampanye ini.

    ReplyDelete
  41. Program yang bagus ni dari blackmores. Apalagi blackmores kan botolnya terbuat dari kaca. Jadi lebih mudah untuk didaur ulang dan dipakai lagi guna mengurangi limbah sampah. Moga banyak yang melakukan gerakan baik seperti blackmores. Dan tentunya berawal dari kita sendiri selaku konsumen.

    ReplyDelete
  42. Wah, aku punya banyak lho botol bekas blackmores. Secara seluruh keluargaku rajin konsumsi supplement produksi blackmores, terutama sejak pandemi. Makasih kak infonya...

    ReplyDelete
  43. Blackmores ini punya banyak konsumen
    Tentu akan sangat berdampak kalau semua konsumen ikut serta dalam program tukar botol ini ya teh

    ReplyDelete
  44. Suka merasa bersalah juga sih Mak klo habis minum yang ada botolnya itu. Makanya kalo di rumah kukumpulin itu botolnya. Kalo ngeliat ada satu aja di tong sampah yang bercampur ngan sampah dapur gitu merasa berdosa banget.

    Sekarang kalau belanja juga mula berusaha membiasakan diri membaa wadah dari rumah. Tapi masih sering kelupaan juga.

    ReplyDelete
  45. Ortu juga konsumsi nih vitamin Blackmore memang bagus kualitasnya ya bagus banget programnya mengurangi sampah plastik dan konsumen dapat vocer belanja jadi pada berminat ikut ya

    ReplyDelete
  46. Program yang keren, bisa merk apa pun ya. Semoga banyak yang ikutan nih. Lumayan banget ya ini bisa ngurangin sampah botol plastik. Aku mau ngumpulin ah di rumah, kepengen ikutan juga.

    ReplyDelete
  47. Berarti dulu penggunaan plastik makin marak itu diawali dengan dampak dari penggunaan pembungkus kertas yang memangkas banyak pohon. Nah sekarang karena terlalu banyak, jadi menimbulkan masalah limbah yang baru. Bagus nih gebrakan yang dilakukan sama Blackmores.

    ReplyDelete
  48. Program dari blackmores kereen patut ditiru yg lain. Jujur saya juga bingung dengan sampah botol kaca seperti sirup buangnya kemana ya?

    ReplyDelete
  49. harusnya semua perusahaan skincare dan farmasi mewadahi nih ide tukar botol kayak Blackmores ini. Kadang bingung melihat botol2 sisa pakai yang bingung mau diapain

    ReplyDelete
  50. Kita semua bisa menjaga kebersihan laut dengan cara yang sederhana ya teh.
    Misalnya ikut gerakan tukar botol dari Blackmores ini

    ReplyDelete
  51. Bagus programnya Blackmores ya mbak, dengan menukar botol bekas, ini memudahkan user membuang limbah botol yang dipergunakan.

    ReplyDelete
  52. Sampah masih menjadi masalah yang belum terselesaikan dengan baik. Saya sering memisahkan sampah plastik dan selalu berakhir ditangan tukang loak karena bingunv mau diapain.

    ReplyDelete
  53. Wah.. bahagia deh kalau semakin banyak perusahaan yang peduli lingkungan gini. Blackmores salah satu yang berusaha jaga lingkungan khususnya jaga kelestarian laut, ya. Keren.

    ReplyDelete
  54. masalah plastik ini jadi PR bersama yang harus kita realisasikan, salah satunya dengan ikut serta pada program Blackmores peduli tukar botol vitamin ini ya Teh, biar bekas botol vitamin tidak langsung menjadi sampah dan menumpuk :-(

    ReplyDelete
  55. Ya masyarakat harus ounya kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan apalagi sampah plastik yang dibuang ke laut dapat mencemari ekosistem laut dan ujung2nya dampaknya juga akan dirasakab oleh manusia. So bagus nih ada aksi positif yang diadakan Blackmores untuk menjaga kelestarian laut lewat program Blackmores Peduli "Tukar Botol" ini

    ReplyDelete
  56. Program black mores ini keren ya...
    Aku termasuk orang yang suka merasa bersalah kalau ada botol2 di rumah, makanya aku sama suamiku suka ngumpulin botol2 tersebut lalu diberikan ke pengumpul buat di daur ulang

    ReplyDelete
  57. Bagus sekali program yang dilakukan oleh Blackmores ini ya, Mbak. Dengan begitu, akan mengurangi sampah botol juga.
    Tapi tetap, menjaga kelestarian lingkungan, harus tanggung jawab dan peran serta kita semua. Apalagi kalau ampah plastik masuk ke laut. Selain pencemaran laut, juga bisa termakan oleh hewan laut.

    ReplyDelete
  58. Seneng banget kalau ada perusahaan yang perduli dengan kondisi alam kita, yang mau melestarikan dan tidak meninggalkan jejak limbahnya atau sampahnya. Produk Blackmores juga sangat bagus, aku dan anak-anak cocok

    ReplyDelete
  59. masalah sampah kita itu memang banyak banget ya teh, jadi mesti diurai dengan baik salah satunya dengan mengumpulkan sampah botol plastik ini. Program dari Blackmores ini mendukung banget dan bisa menjadi solusi atas masalah sampah botol plastik yang menumpuk. Kita bisa ikut berpartisipasi dalam program blackmores ini ya teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ternyata kita sebagai user juga bisa kontribusi dalam program Blackmores ini yah, jadi bisa lebih bermanfaat. Apalagi produk2 Blackmores ini bagus banget manfaatnya.

      Delete
  60. salut banget pada blackmores yang peduli pada lingkungan kita. semoga semakin banyak yang mengikuti jejak blackmores ini

    ReplyDelete
  61. Semoga saja dengan berbagai campaign dari Blackmores ini bisa mengurangi penggunaan plastik ya. Semakin banyak orang juga yang sadar akan lingkungan.

    ReplyDelete
  62. Keren banget program dari Blackmores ini ya mbak. Walaupun ini masih langkah kecil tapi efeknya pasti terasa banget untuk kelestarian laut kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, dari langkah kecil ini kita akan menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan. Semua bisa dimulai dari diri kita sendiri melalui hal-hal kecil seperti ini, asalkan serentak dan dilakukan banyak pihak, Insya Allah ke depannya bakalan memupuk kepedulian lingkungan yang baik.

      Delete
  63. Keren banget nih programnya Blackmores. Ada banyak cara ya untuk ikut melindungi bumi. Tinggal kita mau pakai cara yang mana.

    ReplyDelete
  64. Program Blackmores ini menurut aku bagus bgt, semogaya banyak brand lain yg juga gini. Karena jujur, soal sampah ini enggak bisa diabaikan.

    ReplyDelete
  65. Sampah plastik di Indonesia memang memperihatinkan ya teh.
    Bisa merusak laut, nggak hanya mengancam keindahan laut, tapi juga biota yang ada di dalamnya
    Laut juga sumber kehidupan, makanya wajib dijaga bersama
    Salah satunya ya ikutan program tukar botol bersama Blackmores ini ya

    ReplyDelete
  66. Seneng banget ada lagi program ini dari Blackmores, awal tahun lalu aku juga ikut program tuker botol ini dan kebetulan juga kami sekeluarga mengkonsumsi produk dari blackmores kaya Calcimag dan Fish oilnya.

    ReplyDelete
  67. Akuu tuh sedih kalau baca ini karena aku dirumah menyumbang botol sirup.pasti.numpuk kan... Setiap minggu pak suami beli.

    ReplyDelete
  68. persoalanan lingkungan emang jadi tanggung jawab semua orang ya mba, kita pun harus kontribusi aktif meminimalisir dampak kerusakan lingkungan nih. aku pun pelan-pelan udh mulai jalanin gaya hidup go green. menarik nih, aku lagi nyari2 vitamin sama minyak ikan blackmores juga

    ReplyDelete
  69. Bagus banget programnya Blackmores ini ya mbak, sampah botol memang sering bikin galau mau dibuang kayak.gimana. Adanya kegiatan ,masyarakat juga akan semakin terbantu ya,karena ada solusi yg juga bisa dilakukan ersama-sama

    ReplyDelete
  70. Sampah botol juga banyak ditemui di pembuangan ya mbak, karena bingung juga mau dibuang kayak gimaana. Bagus progmnya blackmores nih

    ReplyDelete
  71. wah bisa dituker sama voucher belanja, inovatif banget ya blackmores. bisa memantik buat peduli lingkungan juga jadinya

    ReplyDelete
  72. wah sayang aku juga konsumen blackmores yang minyak ikan tapi belum ada program serupa di sini..tapi botolnya juga bagus sih biasanya aku reuse buat simpan simpan sesuatu hehehe

    ReplyDelete
  73. aku punya beberapa botol blackmores di rumah tapi kayaknya belum ada di kotaku nih dropbox dari blackmores ini. senang deh semakin banyak brand yang menyediakan wadah untuk botol plastik ini

    ReplyDelete
  74. Program Blackmores Kalbe ini unik banget, ya mbak.
    Boleh tahu harus berapa botol ya mbak, minimal dapat voucher 50 rb?

    ReplyDelete
  75. Huaa ternyata Leo Hendrik pelakunya pembuat plastik. Kadang mikir andai plastik tidak tercipta, pasti bumi lebih bersih. Kita bisa kok hidup pakai rantang, tas kain bahkan keranjang dari anyaman bambu yang lebih ramah lingkungan. Moga makin banyak brand kayak Balckmores yang peduli tentang sampah

    ReplyDelete
  76. Menarik juga ya program Blackmores ini. Adekku salah satu penggunanya buat melancarkan asi. Semoga bisa ditiru produsen lain buat mengurangi sampah plastik deh.

    ReplyDelete
  77. Dilematis juga yaaa... dulu barang-barang berbahan baku plastik dibuat untuk mengurangi penggunaan kertas yang berasal dari kulit pohon. Ternyata malah efeknya lebih banyak negatifnya bagi lingkungan. Memang butuh kebijakan manusia untuk mengendalikan penggunaan plastik ini. Udah tepat banget jika Blackmores menggaungkan kampanye peduli lingkungan dengan menyediakan kotak-kotak penukaran botol kemasannya.

    ReplyDelete
  78. Bagus bangeett program inii... tuker botol drpd numpuk di rumah kan yaa... apalagi banyak yang konsumsi Blackmores buat pelancar asi dan setiap user pasti punya lebih dari 1 botol.

    ReplyDelete
  79. Nah ide bagus ini ada program tutup botol jadi nya mengurangi limbah plastik juga kan ya keren nih programnya Balckmores

    ReplyDelete