Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Jitu Tembus UTBK SNBT

Bismillah,


Tips Jitu Tembus UTBK SNBT 2024.
Hola sahabat lendyagasshi.



Buat kami, saat memasukkan anak ke jenjang sekolah bukan hanya sekedar memilih sekolah yang bikin anak nyaman dan betah belajar. Tetapi juga melihat kurikulum, lingkungan dan tenaga pengajar. Melihat bagaimana misi dan visi sekolah tersebut juga penting karena bakalan seiring sejalan dengan misi dan visi keluarga kami.

Seperti saat mantap memilih pesantren sunnah di Depok untuk kakak melanjutkan studinya selepas Sekolah Dasar. 

Berat gak melepas anak sekolah pesantren?
Aku yakin 1000 persen, gak ada orangtua yang gak berat pisah sama anak. Tapi kami mantap memilih karena kakak juga uda merasa yakin dengan pilihan sekolahnya dan ditambah lagi setelah survey lalu membaca banyak ulasan mengenai "Pesantren dengan tingkat kelulusan siswa UTBK SNBT terbaik", pesantren pilihan kami ini ada di peringkat ketiga.

Jadi bismillah yaa..
Dengan ikhtiar yang kami lakukan ini, semoga kakak nyaman berada di pesantren, plus bisa menggapai cita-citanya.

Karena saat ini kakak masih kelas VII, maka perjalanan menempuh UTBK SNBT pun masih panjang. Namun, tetap yang namanya persiapan menggapai impian itu gak sekedipan mata. Pasti butuh kebiasaan dan persiapan sejak awal. 

Apa saja yang bisa dilakukan untuk bisa lulus UTBK SNBT 2024?

tips lulus UTBK SNBT 2024





Tips Jitu Tembus UTBK SNBT 2024

UTBK-SNBT sendiri adalah salah satu jalur masuk perguruan tinggi negeri berbasis tes yang diselenggarakan oleh Kemdikbud dan Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3).

Perbedaan UTBK-SNBT dengan SBMPTN adalah terletak pada materi ujian dan mekanisme pelaksanaan. Pada SBMPTN, materi yang diujikan terdiri dari TKA, TPS, dan Bahasa Inggris. Sedangkan pada UTBK-SNBT, materi yang diujikan berupa Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Literasi. 

Kemendikbud Ristek sudah resmi mengganti nama SBMPTN menjadi UTBK-SNBT mulai tahun 2023. Perbedaan terbesar dari SNBT dibandingkan dengan UTBK tahun sebelumnya adalah jenis tes yang diujikan. Ada dua jenis tipe tes yang akan diujikan pada UTBK-SNBT 2023, yaitu TPS dan Tes Skolastik.



Maka dari itu, siswa harus mempersiapkan tes UTBK SNBT dengan cara:

Memahami Materi UTBK-SNBT

Untuk lebih memahami materinya, ada baiknya sahabat lendyagasshi membaca materi UTBK-SNBT pada tahun sebelumnya, 2023 yang berisi materi ujian yang diberikan yakni TPS dan Tes Literasi dengan subtes:

Tes Potensi Skolastik (TPS)

Kemampuan Penalaran Umum
Pengetahuan dan Pemahaman Umum
Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis
Pengetahuan Kuantitatif


Tes Literasi

Literasi Bahasa Indonesia
Literasi Bahasa Inggris
Penalaran Matematika


Latihan Mengerjakan Soal

Tidak ada hasil yang instan. Sehingga semakin sering siswa berlatih soal, maka semakin terbiasa dan terlatih jika ada soal-soal dengan modifikasi penggunaan rumus, misalnya.

Atau ketika ada narasi yang panjang, maka dengan terbiasa berlatih soal, langsung bisa menemukan point-point yang mudah dipahami dalam menjawab soal.


Menjaga Kondisi Fisik dan Mental yang Baik

Ini yang paling penting. 

Sepintar apapun, kalau kondisi fisik dan mental tidak dalam keadaan optimal, bisa jadi kalah dulu sebelum berperang.

Amunisi terbaik adalah tetap makan makanan bergizi dan terus berada di lingkungan yang mendukungmu untuk berhasil menggapai cita-cita dengan masuk jurusan yang tepat.


Mengikuti Try Out UTBK-SNBT

Pentingnya berlatih soal, maka harus banget untuk mengikuti try-out. Harapannya agar terbayang simulasi soal ujian dan keadaan ujian UTBK SNBT 2024. Jangan gugup dan terus evaluasi hasil yang diperoleh. Agar nilai yang dicapai bisa masuk ke kampus impian.


Ikut Program Les Privat Khusus UTBK di Ruang Guru

Tidak perlu meragukan Ruang Guru sebagai tempat bimbingan belajar untuk persiapan UTBK SNBT 2024. Karena Ruang Guru memiliki pengajar les privat yang mendapatkan akses mengajar lolos dari serangkaian rekrutmen ketat dan terverifikasi yang dilakukan oleh tim pengajar Ruang Guru.

Ruang Guru memiliki banyak konten pendidikan berbasis teknologi yang dapat diakses mudah oleh siswa di seluruh Indonesia untuk belajar secara mandiri ataupun dibimbing guru dari Ruang Guru. 

Dan apabila membutuhkan layanan Les Privat Biologi Khusus UTBK, Ruang Guru juga menyediakan dengan fasilitas lengkap dan harga terjangkau.



Bagaimana Cara Mendaftar Les Privat Khusus UTBK

Lengkapi formulir pemesanan di website ruangguru.com

Pemesanan diproses

Tim Ruang Guru mencari pengajar Terbaik

Konfirmasi pengajar melalui Whatsapp

Pembayaran
Silakan lakukan pembayaran sesuai tagihan dari tim Ruangguru Privat

Sesi belajar dimulai
Tim kami akan memberikanmu kontak pengajar terpilih

Cara lulus UTBK SNBT 2024


Bagaimana sahabat lendyagasshi?
Siap untuk hadapi UTBK SNBT?

Siap doonk... 
Kan uda belajar bareng Ruang Guru. 


Selamat Belajar.



With love,



53 comments for "Tips Jitu Tembus UTBK SNBT"

  1. Wah, Ruang Guru lengkap sekali ya Mbak. Ada buat UTBK SNBT juga. Mulai dari sekolah, kuliah, bahkan untuk kerja., full support nih. Btw, anakku juga masuk pesantren. Tahun pertama jangan ditanya beratnya rindu. Baper terus emaknya ini 😁.

    ReplyDelete
  2. ya ampun, ternyata skr istilahnya ini ya xD jaman aku dulu masih SPMB sebutannya :)) dulu aku ikut bimbel tatap muka untuk mencoba peruntungan tembus ptn.. semangat ya calon2 mahasiswa \^^/

    ReplyDelete
  3. Dari tahun ke tahun tes masuk sekolah itu banyak banget ya istilahnya. Setiap ganti menteri ganti istilah.
    Tapi apapun istilahnya tetap belajar supaya lolos dengan nilai terbaik ya... apalagi belajarnya bersama ruangguru. Pasti terlihat hasilnya

    ReplyDelete
  4. saya ngalamin jaman UMPTN sih sebelum SBMPTN yang gak jauh beda dengan UMPTN mungkin. nah sistem UTBK SNBT nampaknya agak baru bagi saya. nanti anak saya kebagian sistem ini juga mungkin ya meski masih jauh banget, sekitar 12 tahun lagi, hehehe. well noted nit tips persiapannya buat anak saya kalau mau ikut UTBK SNBT

    ReplyDelete
  5. Ini berita baik sih bagi orang tua dan murid yang pengen ikut UTBK, soalnya kalau ada dukungan bisa lebih mudah aja persiapannya ya kak.

    ReplyDelete
  6. untuk sekarang belajar online lebih menjamin dan mudah tidak perlu lagi bolak balik ke tempat les kita cukup duduk di rumah

    ReplyDelete
  7. ruang guru ini memang bagus deh, anakku jg udh mulai les di ruang guru dari mulai sd gini, apalagi yg pd mau utbk snbt, semangat yaaa

    ReplyDelete
  8. Saya baru tahu, namanya sudah diubah jadi UTBK SNBT, Mbak. Tapi walau begitu, kuncinya tetap sama ya, Mbak. kalau mau lulus, harus persiapan yang matang. Dan memang bimbingan belajar itu jurus paling jitu. karena salah satunya diajarkan cara menyelesaikan soal dengan ringkas dan tepat.

    ReplyDelete
  9. Emang lho buat tembus UTBK butuh persiapan yang ngga main2. Ooo namanya udha ganti? Sekarang UTBK-SNBT yaaa, dan jenis tesnya juga beda yaa. Wajib banget nih sering Latihan soal biar ada gambaran apa aja yang bakal keluar. Cocok banget ikutan les privat khusus di Ruang Guru biar hasilnya maksimal.

    ReplyDelete
  10. MasyaAllah mba keren ya anaknya milih ke pondok pesantren sendiri. Memang persiapan UTBK SNBT itu sangat susah dulu saya merasakan gimana perjuangannya. Semoga sukses ya teh Lendy anaknya

    ReplyDelete
  11. sekarang mempersiapkan ujian seperti UTBK & SNBT ini sudah mudah soalnya banyak bimbil online, jadi tinggal membekali diri dengan latihan2 soal dan tentunya bimbingan dari mentor yg kompeten

    ReplyDelete
  12. masyaallah ini ruang guru ternyata lengkap banget ya dan membantu orangtua juga anak-anak agar lulus ujian UTBK & SNBT

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget ya Mbak. Bisa dibilang sebagai support sistem juga nih Ruang Guru. Jadi gak worry lagi buat mendukung lulus UTBK nantinya.

      Delete
  13. Masyaallah baru tau ternyata Ruang Guru lengkap banget sangat membantu orang tua untuk menyiapkan anak-anak ke jenjang perguruan tinggi, bimbingan mentor nya juga baik dan kompeten yaa..

    ReplyDelete
  14. Buat orangtua jadi terbantu nih dengan ini, sehingga bisa memotivasi anaknya agar bisa sukses lolos ujiannya. Jadinya kan udah punya persiapan dengan belajar yang giat di sini

    ReplyDelete
  15. Masuk ke perguruan tinggi favorit caranya itu luar biasa ya. Apalagi kini testnya berubah. Nampak jelas bedanya dengan SBMPTN. Sekarang malah ada materi literasi.

    Kalau enggak ada peesiapan sejak dini, anak akan kaget pas waktunya tiba. Latihan lebih awal, lebih bagus karena anak kana lebih siap.

    ReplyDelete
  16. Jadi penasaran kalau zaman anak2 nanti kira2 10 tahunan yang akan datang istilahnya apa. Meskipun persiapan pastinya sama ya kak. Latihan, belajar

    ReplyDelete
  17. Persiapan yang optimal memang harus dilakukan ya, Teh Lendy. Apalagi untuk UTBK SNBT. Semoga segala ikhtiar sang buah hati bisa berbuah manis juga dan bisa diterima di perguruan tinggi yang diimpikan juga. Semangat

    ReplyDelete
  18. masuk universitas macam ikut tes CPNS aja ya sekarang, poin-poinnya mayan ribet tapi emang harus dipersiapkan sedari dini biar bisa lulus UTBK-SNBT dengan nilai maksimal dan bisa masuk ke PTN pilihan dong ya.

    ReplyDelete
  19. Jadi ingat dulu ikut tryout di berbagai tempat. Dan itu bayar loh. Blm lagi hrs nyiapin ongkos transportasi ke lokasi tryout. Syukurlah dulu ga sampe banyak2 ikut tryout krn udh keterima di jalur mandiri.

    Sbnrnya msh penasaran jg sih mau ngetes sbrp jauh potensiku utk bs lolos jalur SMBTN. Tp krn udh ketrima di jalur mandiri, ya udh aku berhenti deh ikut2 tryout. Tp seru sih ikut tryout gt.

    Untung aja skrg bs ikut tryout di rumah via RuangGuru. Jd ga usah capek2 dan panas2 ke dana kemari ikut test.

    ReplyDelete
  20. Lengkap banget ya layanan yang diberikan sama Ruang Guru buat para siswa di tanah air demi mencapai impian melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi yang disasar. Kalau dulu harus les tatap muka, kalau sekarang bisalah pakai Ruang Guru saja.

    ReplyDelete
  21. UTBK SNBT memang harus dipersiapkan dengan betul-betul jauh-jauh hari. Apalagi saat ini persaingan sangat tinggi. Passing grade masuk PTN juga tinggi

    ReplyDelete
  22. Memamg boleh ruangguru selemgkao ini programnya? Hehe.. Baru tau juga kalo ada tes UTBK - SNBT ini loh. Jaid praktis ya bisa belajar yg getol dulu sebelum ujian.

    ReplyDelete
  23. Ruangguru solusi banget nih apalagi untuk anak-anak yang bakalan lulus SMA dan masuk ke perguruan tinggi, adik-adikku juga pada ambil kelas di Ruangguru nih, baik itu online maupun offline.

    ReplyDelete
  24. PR banget buatku nih. Karena 2 tahun kedepan anak lanang akan berburu univertas dan tentunya akan mengalami yang namanya UTBK-SNBT seperti emaknya kalo jaman dulu UMPTN. Hih, jadul amat yak. Dulu aku juga rajin latihan soal-soal dan bersyukur bisa tembus UGM meskipun masuk fakultas pilihan kedua hehe..

    ReplyDelete
  25. Wah iya
    UTBK sebentar lagi
    Harus dipersiapkan dengan baik ya teh
    Rajin belajar dan menjaga kesehatan fisik dan mental

    ReplyDelete
  26. Baru tahu ruang guru punya program se keren ini..jadi pingin daftarin anak disini

    ReplyDelete
  27. UTBK memang sangat menantang
    Makanya harus dipersiapkan dengan serius
    Misalnya dengan belajar privat seperti ini

    ReplyDelete
  28. Utbk jangan dibuat pusing. Udah ada ruang guru solusi belajar buat lolos utbk.

    ReplyDelete
  29. Doa terbaik untuk si Kakak, semoga berkah ilmunya di pesantren saat ini.
    Btw, Ruang Guru kasih solusi nih dengan program jitu tembus UTBK SNBT. Bisa jadi amunisi buat persiapan yang akan mengikuti tes nanti

    ReplyDelete
  30. oalah baru tahu aku sekarang namanya bukanlagi SMPTN, UTBK ini jenis soalnya lebih variatif ya. aku pernah liat contoh soalnya lebih ke nalar gitu. Sekarang udah ada les ruang guru jadi membantu banget

    ReplyDelete
  31. Gak ada orang tua yang gak berat. Artinya ...
    Mbak lendy bisa aja. Tapi iya sih. Eh aku suka deh ruang guru membantu adhekku yg gapyear buat belajar dan ia sudah kuliah alhamdulillah

    ReplyDelete
  32. Jadi inget saat UMPTN jaman dahulu, penting banget terus menyemangati diri dan jangan bosan bosan buat latihan soal. Kalau ikut les privat malah lebih bagus lagi...

    ReplyDelete
  33. Pas banget kebetulan ak lagi galau ingin cari les atau gak untuk anak sulung. Walau belum akan melewati masa-masa UTBK-SNBT, tapi rasanya persiapan ini harus segera dilakukan. Karena kalau tidak, bisa saja ia jadi tertinggal dari yang lain. Sekarang jadi kenal dengan opsi Ruangguru untuk jadi salah satu partner belajar anak ya nampaknya.

    ReplyDelete
  34. Pas nih buat anakku baca supaya dari sekarang rajin belajar
    Jangan sampai berleha-leha dan gagap saat jelang UTBK

    ReplyDelete
  35. Semester ini udah mulai persiapan UTBK ya, nanti awakntahun udah pendaftaran. Ruang guru emang solutif sih

    ReplyDelete
  36. Aku setuju mba kalau dengan latihan soal buat sisw ajadi terlatih untuk menjawab pertanyaan. Makasih informasi cara mendaftar latihan privatnya mba Lendy :)

    ReplyDelete
  37. Ruang guru emang keren ya kak, banyak alumninya yang berprestasi dan lolos utbk snbt. Bisa jadi pilihan tepat buqt anak-anak nih yaaa

    ReplyDelete
  38. Udah banyak nih penawaran untuk ikut persiapan UTBK, padahal si Kakak baru kelas XI tapi emang banyak yang udah mulai sejak kelas XI karena kelas XII itu kayak udah ga dihitung persiapan udah fokus pelaksanaan

    ReplyDelete
  39. Aku pengen coba deh nanti yg private ini sama tryout nya buat melatih anakku yg SMP ini buat persiapan masuk SMA, namanya juga ikhtiar ya kan mbak, thanks for sharing

    ReplyDelete
  40. Baru tadi ngobrol sama teman-teman soal tambahan belajar anak-anak mereka yang mau UTBK. Karena anak mereka akan beranjak ke SMP jadi harus siap-siap cari bimbingan belajar juga.

    ReplyDelete
  41. Namanya berubah lagi ya, baru tahu saya, ruang guru semakin keren deh, banyak pilihan kelasnya, sepertinya salah satu program favorit ya yang utbksnbt ini, karena banyak yang ingin masuk PTN

    ReplyDelete
  42. Perlu persiapan UTBK untuk ananda yang sudah kelas akhir ya Mbak? Ruang Guru menjadi salah satu alternatif untuk belajar ananda dalam mempersiapkan UTBK.

    ReplyDelete
  43. Pas banget ini. Anak sulungku tahun depan pingin kuliah dan mau ikut UTBK. Makasih sharing tipsnya MakLen...Ruang Guru bisa jadi referensi juga nih untuk persiapan UTBK

    ReplyDelete
  44. Ruang Guru emang udah nggak diragukan lagi, udah banyak cerita yang sukses dan lulus ujian karena belajar di Ruang Guru. Buat ngehadapin UTBK, rekomended nih kalau belajar di Ruang Guru

    ReplyDelete
  45. Jadi keinget zaman2 mau masuk PTN dulu, emang kudu kerja ekstra belajarnya. Banyak2 berlatih soal supaya terbiasa dan kaget saat ujian. Ruang Guru bisa jadi alternatif buat belajar dan berlatih soal2 ya. Penasaran kalau les privat gtu belajarnya via aplikasi aja atau ada tatap muka online/ offline dengan guru ya?

    ReplyDelete
  46. Buat anak-anak yang mau melanjutkan kuliah dg jalur UTBK SNBT, bisa belajar dan mempersiapkannya bersama Ruangguru. Cara belajarnya juga menyenangkan dan efektif.

    ReplyDelete
  47. Saya juga ada rencana memasukkan anak ke pondok pesantren selepas SD. Tapi ... Tega gak ya? Pengennya tetap bisa di sampingnya semasa tumbuh kembangnya, khawatirnya pendidikannya yg kurang maksimal karena kan di pondok pesantren jauh lebih bagus lingkungan dan pendidikan agamanya. Bismillah, moga dikasih gambaran yg terbaik

    ReplyDelete
  48. UTBK-SNBT ini kalau di zaman aku dulu kayaknya UMPTN/SPMB ya namanya yang tesnya tertulis gitu cuma bedanya sekarang pakai komputer tesnya. memang sih kalau mau lulus di PTN favorit harus benar-benar belajar karena saingannya seluruh Indonesia euy

    ReplyDelete
  49. aku belum pernah ikutan utbk, dulu namanya smptn soale keburu dapat pmdk dulu. Tapi beneran emang temen-temen yang ikutan utbk itu bener-bener belajar giat. kalau pakai gini jadi dipermudah ya enak jadinya

    ReplyDelete
  50. Wah, yang begini nih yang aku cari beberapa waktu lalu. Saat anak sulung dan anak kedua lulus SMA. Cara jitu lolos SNBT UTBK. Si teteh gak ikut apa-apa, gak lolos deh. Akhirnya masuk PTS. Nah adiknya, si aa, alhamdulillah lolos. Padahal gak ikut les atau bimbel ini itu. Mungkin kebetulan juga. Untuk para ortu yang ingin anaknya lolos PTN Favorit, sangat disarankan deh ikut les dan bimbel intensif kayak di Ruang Guru. Biar gak untung-untungan, tapi pasti bisa lolos.

    ReplyDelete
  51. MasyaAllah pasti ini bermanfaat banget Eoni tipsnya untuk yang lagi mau nembus UTBK ya

    ReplyDelete
  52. Pas banget tahun ini si tengah akan lulus SMA , lagi bingung. Pas baca ini dapet insight

    ReplyDelete