Mobil Matic : Kendaraan Ternyaman Untuk Pemula

Bismillah,


Menembus padatnya jalanan di kota besar, kadang membuat kita stres duluan yaa...apalagi dikejar-kejar waktu. Yang suami berangkat kerja, yang anak-anak berangkat sekolah...semua seakan-akan membayangi hecticnya kehidupan di pagi hari.

Demi bisa melayani semua anggota keluarga, mama sholiha harus bisa berbagai jenis kendaraan, kecuali truk tronton kali yaa...wkkwkk...

Jadilah, saya les mengemudi mobil beberapa tahun yang lalu. Dan dengan hanya bermodalkan 10 jam belajar (mobil manual), saya memberanikan diri membawa mobil matic. Memang kata orang, mobil matic ini mobil orang yang males mikir. Ahh...saya mah...demi keselamatan dan kenyamanan, matic itu istimewa di hati. Ehhee...


Real Men Use Three Pedals, Rich Men Use Two Pedals
Meme yang sempat beredar ramai di sosmed mengenai perang bahwa laki-laki sejati menggunakan mobil manual, daripada matic.
(( tapi saya kaan....perempuan, emak-emak pulaaa ๐Ÿ˜… ))




Kelebihan menggunakan kendaraan matic bagi seorang Ibu (seperti saya) :


1. Karena praktis, tidak perlu memindahkan transmisi atau gigi.
Yaa,
pada mobil matic, mainannya cuma gigi maju (D, S atau L) dan mundur (R). Kalau sudah parkir, tinggal di pindah ke huruf P dan saat macet, menggunakan gigi netral (N) agar tidak terlalu lama menekan rem (kan cape yaa, kalau kelamaan menekan rem...hiihii...).


2. Mesin mobil matic otomatis terkini memiliki sistem jenis CVT (Continous Variable Transmission) dan dilengkapi dengan tombol O/D (Over Drive).
Jadi, karena di Indonesia ini beredarnya 2 jenis sistem matic, yaitu Sistem AT (Torque Converters) dan sistem CVT (Continuously Variable Transmission), maka kita harus mengenali kedua sistem kerja mobil matic ini. Mobil keluaran terbaru, biasanya menggunakan sistem CVT.


3. Beberapa mobil matic memiliki sistem pengoperasian ekonomis.
Naah...hal ini kaitannya dengan sistem pembakaran yang ekonomis, sehingga hemat bahan bakar.


4. Mobil matic dapat diperoleh dengan harga murah hingga paling mahal.
Dulu...mobil matic terkenal lebih mahal dari sistem manual. Namun seiring permintaan konsumen, mobil matic kini hadir dengan harga yang terjangkau. Bahkan sudah menggunakan sistem matic terbaru, CVT - yang terkenal sangat halus dalam pengoperasiannya.
Mau mobil matic seharga 100 jutaan?
Ada.


5. Berhati-hati saat menggunakan matic.
Apapun yang kita lakukan memang tidak terlepas dari doa. Sebaiknya memulai perjalanan dengan berdoa dan berdzikir dimana pun saat sedang berkendara di jalan.

Karena mobil matic ini sangat nyaman, bisa jadi saat di jalan macet, sahabat lendyagasshi merasa mengantuk atau salah menekan transmisi, yang meskipun sederhana dalam pengoperasiannya, bisa saja membuat pengemudinya khilaf.


MashaAllah...cantik yaa... (( mobil impian ๐Ÿ˜ ))


Berdasarkan pengalaman menggunakan mobil matic, maka beberapa langkah penggunaannya bisa dibaca terlebih dulu niih...

1. Memastikan posisi tuas P (Parkir) atau N (Normal) pada tempatnya.

2. Saat menghidupkan mobil, memastikan kembali (selama beberapa menit) hingga suhu mesin dan transmisi tercapai secara optimal.

3. Saat menjalankan mobil, pastikan sudah menekan rem dan ketika akan menggerakkan tuas pastikan juga menekan rem untuk menghindari kerusakan mesin mobil.

4. Ketika mobil sudah jalan, pastikan lagi tuas dalam posisi benar, posisi D (Drive, maju) atau R (Reverse, mundur).


Setelah langkah-langkah tersebut dijalankan, siap menjalani aktivitas dengan semangat yaa, mams...


Kalau sahabat lendyagasshi, suka mobil jenis apa?
Matic atau manual?

Boleh cerita di kolom komentar yaa...
Haturnuhun.


Salam hangat,




Gaungkan Semangat Literasimu Melalui Aplikasi Bukubicara

Bismillah,



Semenjak kaka masuk Sekolah Dasar dan sudah mulai bisa membaca, tugas saya sebagai seorang Ibu tentu menjadi lebih ringan. Karena kaka yang sangat mencintai buku, tidak perlu meminta dibacakan buku oleh Mama lagi...

Lantas apakah saya berpuas diri dengan hal tersebut?
Oh...inginnya, di manapun kaka, hiburan terbaiknya adalah BUKU.




Ya,
Karena ketika jaman saya kecil dulu, saat-saat yang terbaik adalah menunggu.
Yang kata orang, menunggu itu adalah membosankan, namun bagi saya, menunggu menyenangkan. Karena saya gak perlu banyak berbasa-basi dengan orang di sekitar saya. Tinggal buka buku dan larut di dalamnya.

Kemampuan membaca saya kemudian menurun drastis semenjak mengenal gadget (khususnya) handphone. Ada banyak hal yang dengan mudah diperoleh dengan hanya menjentikkan jari. Baca artikel, buku elektronik, dan sharing dari berbagai grup yang saya ikuti, membuat saya merasa cukup mendapatkan banyak ilmu.

Masalahnya....
Jadi makin malas membaca buku versi hardbook kan yaa...?

Teknologi semakin canggih, dan sedikit demi sedikit pun kebiasaan mulai berubah. Namun kebiasaan baik, sudah sepatutnya kita pertahankan. Membaca buku dengan memegang bentuk buku aslinya.

Melalui survey kecil-kecilan yang dilakukan oleh teman-teman dari komunitas Save The Children, Bandung sendiri menempati posisi darurat literasi. Karena beberapa pertanyaan berikut :

* Berapa jumlah buku yang dimiliki di rumah ❓ 
* Buku apa yang sering dibaca ❓
* Berapa banyak buku yang dibeli dalam sebulan ❓
* Pernahkah orangtua membacakan buku untuk anak-anak ❓


Jawabannya mencengangkan.
Dari survey tersebut, rata-rata anak-anak yang tinggal di Kabupaten Bandung hanya memiliki buku pelajaran di rumahnya. Maka dari itu, buku yang sering dibaca adalah buku pelajaran. Dan untuk membeli buku?
Jangankan membeli buku, minat membacanya saja rendah, sehingga anak-anak lebih senang menggunakan uangnya untuk jajan atau bermain game online.

Bagaimana merubahnya?

Melalui obrolan sederhana, para pemuda dari Forum Pemuda Jawa Barat dan Yayasan Kalyana Mandira pada bulan April 2016 lalu, maka dijejakkanlah langkah kecil ingin menggaungkan kembali semangat literasi pada generasi Z ini.


Bagaimana caranya?



Dengan mengunduh dan ikut berkontribusi di dalamnya melalui aplikasi yang bisa diunduh di playstore, atau diakses melalui web berikut :

Web :


Aplikasi 

(download di Playstore, tanpa spasi) :
bukubicara




Karena ini adalah aplikasi yang dimiliki bersama, artinya, bukan aplikasi statis yang hanya bisa diperbarui oleh admin, namun semua orang bisa ikut merasakan manfaatnya dan menyumbangkan ceritanya melalui suara. Dan setelah disetujui oleh admin, maka ceritamu bisa tayang dan dinikmati oleh pengguna bukubicara yang mengakses lainnya.


Bagaimana kalau mau ikut berkontribusi?


1. Unduh aplikasi bukubicara atau buka via web.

Tampilan aplikasi bukubicara via googleplay

Tampilan bukubicara via web


2. Klik bagian kanan - atas (tulisan : daftar) untuk menjadi narator.

Form mendaftar sebagai narator di bukubicara.com


3. Setelah mengisi dengan lengkap form tersebut, maka sahabat lendyagasshi sudah bisa meng-upload buku yang akan dibacakan.



Mudah sekali kan?
Bila kesulitan mendaftar, ada caranya yang bisa diikuti langkahnya...buka link berikut :







Bagi kita yang tinggal di lingkungan kondusif, mungkin cara ini tidak begitu berarti bagi kita. Namun untuk saudara, teman dan anak-anak yang tinggal di daerah yang serba terbatas, maka kontribusi kecil kita ini bisa menjadi besar bagi mereka.


Bayangkan,
Suara kita, cerita dan kisah kita, bisa bermanfaat buat orang lain.
Senang sekali bukan?

Oh yaa...
Untuk mengunduh cerita, perlu keterangan lengkap dari buku tersebut yaa...
Jadi buat emak-emak yang pingin curhat ๐Ÿ˜…(( yakalii...ada yang iseng menjadikan kisah kehidupannya sebagai cerita fiksi)), gak bisa tuuh,,,merekam suaranya di bukubicara. Karena sebelum tayang di web resminya, pasti ada yang menyaring dahulu, yaitu tim dari Forum Pemuda Jawa Barat, yang anggotanya terdiri dari pelajar, mahasiswa dan bookworm di Bandung.

Disaring dari segi kelayakan buku, content cerita dan kejernihan suara.
Yang perlu dipastikan, isi cerita memang layak untuk tayang siih yaa...tidak mengandung unsur SARA, pornografi dan kekerasan.

Contoh buku cerita yang dibacakan di aplikasi bukubicara

Karena aplikasi ini membidik anak-anak, jadi kalau mau mengirimkan suara anaknya juga boleh banget tuuh...

Ini salah satu contoh narator cilik di bukubicara

Tapi tetep yang mendaftar orangtuanya yaa...karena sistem di google tidak mengijinkan anak di bawah umur untuk mendaftar aplikasi, minimal usia anak 12 tahun.


Mari kita tebarkan semangat literasi ke seluruh pelosok negeri ini. Agar tidak ada lagi orang yang tuna informasi apalagi tuna aksara.


Percaya yaa...
Sebenarnya gak ada orang yang gak sempat baca. Karena yang kita butuhkan butuhkan hanya 5 menit untuk meluangkan waktu membuka buku. Sedangkan untuk membiasakan membaca anak-anak, cukup bacakan dengan nyaring apa yang kita baca. In syaa Allah anak-anak akan dengan sendirinya tertarik dengan buku.


Adakah sahabat lendyagasshi yang tertarik menjadi kontributor di bukubicara?
Let's join us yaa..


Salam hangat,





Di Balik Kesuksesan Seorang Pemimpin Terkuak Dalam Drama Korea Jugglers

Bismillah,


Tulisan kali ini murni tjoerhat deh...tapi pake tameng drama Korea.
Wkkwkk...

Barusan beres nonton ini niih...


Judul : Jugglers (Jeogeulreosu / ์ €๊ธ€๋Ÿฌ์Šค )
Penulis : Jo Yong-Hae 
Sutradara : Kim Jung-Hyun
Genre : Drama, Comedy, Romantic
Network : KBS2
Episode : 16 eps (60 minutes)


Drama yang mengisahkan jungkir baliknya seorang sekretaris bernama Jwa Yoon-Yi (Baek Jin-Hee) di sebuah perusahaan besar, kantor YB. Ternyata usahanya dalam melayani bos nya, Pak Bong dari mulai kehidupan Pak Bong di kantor hingga menutupi kisah cinta (gelapnya) dari istrinya yang super galak, dilakukan oleh sekretaris Yon-Yi ini menjadi sia-sia karena Pak Bong mengkhianatinya.

Mendadak Pak Bong mengunduh foto-foto sekretaris Yoon Yi saat melayani ia (dengan pose mesra tentunya, karena foto tersebut diambil dari angle yang seolah-olah Yoon-Yi sedang menggoda).

Kenapa Pak Bong melakukan itu?

Karena ia ingin naik pangkat, dan salah satu cara termudahnya adalah dengan membuat skandal. Dengan dengan skandal tersebut, sekretarisnya di mutasi di bagian lain, dan ia pun naik pangkat dengan cepat.

Malang nasib Yoon-Yi, ia lamaaaa...mendapat panggilan (kembali) untuk menjadi sekretaris di kantor besar tersebut. Setelah menunggu 3 purnama (( waakss๐Ÿ˜… )) akhirnya Yoon-Yi dipanggil untuk menjadi sekretaris Nam Chi Won (Choi Daniel). Pak Nam ini direnktur YB ads (bagian bikin berita internal kantor YB di berbagai divisi).


ๅฅฝๅƒๅคชๅฟซๆŠŠ้€™้ƒจ็ตฆ็œ‹ๅฎŒไบ† ๅฏ’ๅ‡ๆ‰ๅ‰›้–‹ๅง‹่€Œๅทฒ๐Ÿ˜ ้€™้ƒจCPๆ„Ÿ่ถ…ๅผท,ๅธธๅ‹™่ถŠ็œ‹่ถŠๆœ‰้ญ…ๅŠ›❤️❤️❤️ ้‚„ๅ”ฑไบ†ๆˆ‘ๅ•Šๆˆ‘๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ ๅŒ้ƒจ้–€ๅŒไบ‹ๅ€‘ๆœฌไพ†ไปฅ็‚บไป–ๅ€‘ๅพˆ้ฒ้ˆไฝ†ๅ…ถๅฏฆๆ˜ฏ็„กๆ•ตๆบซๆš–(ๅพŒ้ขๅนพ้›†ๆบซๆš–่ˆ‡ๆž็ฌ‘ๅคง็ˆ†็™ผ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚) ้€™ๅคงๆฆ‚ๆ˜ฏ็นผ้ƒฝๅฅ‰้ †ไน‹ๅพŒ่ƒฝ็œ‹ๅ…ฉ้็š„้Ÿ“ๅŠ‡ๆƒน #jugglers #์ตœ๋‹ค๋‹ˆ์—˜
A post shared by YCL (@ylsj0109) on


And you know whaaat??
Pak Nam terkenal sebagai bos yang gak pernah mau punya sekretaris, karena ia bisa melakukan semuuuaanya sendiri.
(( mandiri banget yaak?? ))

Pribadinya yang nyebelin (( tapi ganteng...wkkwkk...teteup! )) membuat sekretaris Yoon-Yi merasa tertantang. Ia bersumpah bahwa

"Bila Pak Nam itu adalah tembok, aku akan melekat bagaikan lem."


(( eerrgg... ))
Jadilah petualangan demi petualangan dialami sampai akhirnya Pak Nam gak bisa lepas (beneran) dari sekretarisnya ini.

Yap, yap!

Singkatnya mereka menjadi pasangan. Bahkan mereka tinggal di lingkungan yang sama. Pak Nam menyewa rumah Yoon-Yi karena ternyata rumah tersebut memiliki kenangan yang mendalam bagi Pak Nam.

Ada kenangan apakah?
Dan bagaimana akhirnya hubungan Bos-Sekretaris ini bisa berjalan mulus, padahal sebelumnya Yoon Yi pernah kena kasus skandal dengan bosnya terdahulu?


Aiihh...
Nonton drama Jugglers sepanjang 16 episode memang gak selamanya plot cerita naik...ada kalanya jenuh, standart dan bahkan (menurutku) cara si penulis mengakhiri masalahnya terkesan dipaksakan. Tapi untuk chemistry lead-male sama lead-femalenya, oke bangeett (( lumayan banyak skinshipnya siih... tapi kalau yang nyiarin KBS, skinshipnya suka diserahkan kepada penonton, alias sensooored. Wkkkwk ))

Lagu yang menghiasi drama ini gak semuanya sesuai seleraku. Dari 7 lagu, aku hanya suka 2 lagu yang judulnya Baby-baby (U-Kwon (Block B), Rothy) dan Angels In The City (Lucia). Selain karena easy listening, soundtrack ini mengingatkanku sama adegan di Jugglers.




Yang menarik dari drama ini apaaa?


1. Seorang sekretaris harus bisa bekerjasama dan berkomunikasi yang baik kepada atasannya.
Dalam hal ini, aku menganalogikan kehidupan suami-istri. Ada kalanya, istri adalah sekretaris bagi suaminya. Yang mengingatkan segala kebutuhan suami dari bangun hingga tidur lagi.


2. Buat yang suaminya benar-benar memiliki sekretaris di kantor, WASPADA.
Karena para sekretaris ini mengetahui segalanya tentang bosnya (yang mungkin itu adalah suami kita). Jadi jangan mau kalah menarik yaa...sama wangi dan cantiknya sekretaris di kantor.


3. Seseorang harus bisa membedakan antara tertarik dengan ikut campur.
Tertarik itu adalah perasaan ingin mengetahui informasi yang dibutuhkan, tidak perlu bertanya banyak hal, namun dirasakan menggunakan hati.
Kalau ikut campur adalah seseorang yang bertanya secara intensif pada banyak hal (alias kepo, kali yaa??)


4. Seseorang bisa sembuh dari trauma, asalkan menemukan orang yang dipercaya.
Ini terbukti pas Pak Nam saat melihat hal yang menjadi trigger traumanya, ia tak lagi takut (akhirnya). Karena ada Yoon Yi yang menyayanginya dengan tulus.

Seperti pada dialog terakhir yang sangat berkesan buatku.

Pak Nam : "Kenapa kamu menyukai seseorang yang memiliki banyak luka sepertiku?
Padahal ada banyak orang normal di sekitarmu."

Yoon Yi : "Tidak ada orang yang 'normal'. Mereka hanya pura-pura begitu.
sang-munim adalah orang istimewa. Kamu amat spesial buatku."  

Pak Nam : "Terima kasih karena sudah menyayangi orang seperti aku."


5. Percaya pada kekuatan sendiri, karena sebenarnya manusia memiliki kekuatan yang lebih daripada yang kita sadari.

Promise me you’ll always remember, you are braver than you believe, and stronger than you seem, and smarter than you think” - Winnie the Pooh


Tentu kata-kata ini bagi umat muslim berarti percaya diri setelah menyerahkan segala urusan pada Allah subhanahu wa ta'ala.


Sebenarnya ada kisah persahabatan yang indah juga siih...tapi kok aku gak seberapa nangkep pesannya yaa? Apa karena aku gak meng-highlight bagian ini?

Mianhae, chingu...

Aku terlalu fokus sama kisah cinta Nam Sang-munim dengan si imut Yoon Yi. Karena sejujurnya, aku baru lihat akting mereka berdua di drama ini. Ternyata Choi Daniel keren juga yaak...hiihii...kirain uda oppa, ternyata tahun kelahirannya sama kaya aku looh...upps!

Mari kita nantikan karya Choi Daniel oppa~ (( teteeep dipanggil oppa, karena orang ganteng selalu jadi oppa di hati ciwi-ciwi, wkkwkk...)) dalam drama berikutnyaaa yaa, chingu...

Ada yang sudah nonton Jugglers juga gak?
Bisa doonk berbagi kesan setelah nonton drama ini...



Annyeong, chingu-ya... 

Salam hangat,


Taman Pelangi dan Lampion Jurug, Tujuan Baru Wisata Malam Solo

Bismillah,




Malam-malam di Solo enaknya ngapain yaa...?
Eiits, kalau nongkrong di cafe maah...sudah biasa yaa... Ini ada tempat wisata baru looh...

Taman Pelangi dan Taman Lampion Jurug


Wisata malam ini harus masuk dalam jadwal itinery sahabat lendyagasshi saat cari tiket pesawat ke Solo. Wisata yang di resmikan pada tanggal 22 Desember 2017 lalu memiliki dua taman yang menawarkan tempat untuk bersantai, bermain, dan menikmati panorama serta dekorasi unik bersama keluarga atau orang terkasih.

A post shared by Official Taman Pelangi Jurug (@tamanpelangijurug) on



Baca juga ...


Apa beberapa pengalaman yang bikin Taman Pelangi dan Tanan Lampion Jurug, Solo ini begitu istimewa :


1. Taman Unik hasil Investasi Besar
Taman Pelangi dan Taman Lampion Jurug adalah proyek  kerjasama antara pengelola Taman Satwa Taru Jurug dengan PT. Cikal Bintang Bangsa. Kedua taman ini merupakan investasi untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke Taman Satwa Taru Jurug, sekaligus menjadi destinasi wisata baru untuk warga Solo dan wisatawan, terutama wisata pada malam hari. Jumlah investasi untuk kedua taman ini mencapai 45 milyar Rupiah.

Taman Pelangi dan Taman Lampion menawarkan hiasan seperti patung, lampion, dan air mancur yang menjadi latar belakang pertunjukan lampu hias. Fasilitas yang dihadirkan sangat unik, sehingga cocok untuk pengunjung yang ingin mendapat latar belakang foto keren. Berbagai patung karakter, lampu hias, gapura, kolam air mancur, dan berbagai permainan keluarga menjadi daya tarik utama Taman Pelangi dan Taman Lampion.


Lokasi kedua taman ini juga strategis, tidak jauh dari Taman Satwa Taru Jurug, yaitu di Jalan Ir. Sutami, di area selatan Solo, tidak jauh dari Universitas Sebelas Maret. Sahabat lendyagasshi bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa dan menyusuri jalur Solo-Surabaya maka akan mencapai tempat ini. Jika naik bis, sahabat dapat berangkat ke Terminal Tirtonadi, lalu naik bis jurusan Karanganyar atau Palur untuk menemukan taman satwa tersebut.



2. Kegiatan di Taman Pelangi dan Taman Lampion
Taman Pelangi dan Taman Lampion memiliki karakteristik yang mencerminkan nama mereka. 
Taman pertama memiliki pelangi di pintu masuknya, sedangkan yang kedua memiliki ratusan lampion hias. Kedua taman ini memiliki berbagai fitur untuk kegiatan menyenangkan, seperti:

Berswa-foto dengan latar belakang unik
Mengunggah foto dengan latar belakang unik menjadi salah satu “kewajiban” liburan. Taman Pelangi dan Taman Lampion memiliki dekorasi unik dengan lampu hias, lampion, kolam air mancur, robot raksasa, dan sebagainya. Ada juga dekorasi lampu LED unik yang dibentuk menjadi beragam hal, seperti pohon dan ikan.




Bersenang-senang di fasilitas permainan
Tempat wisata malam ini memiliki berbagai permainan yang ramah untuk semua umur. Sahabat lendyagasshi bisa menikmati bom-bom car, kereta mini, dan komedi putar dengan harga sangat terjangkau.


Menonton atraksi air mancur
Terdapat “air mancur menari” yang menjadi salah satu fasilitas unggulan Taman Pelangi. Di bawah air mancur tersebut terdapat kolam besar dengan cipratan air yang di desain seolah menari-nari. Karena taman ini merupakan tempat wisata malam, pengelola menyalakan lampu hias yang membuat air mancur terlihat menyala.




Menikmati kuliner malam
Taman Pelangi dan Lampion Jurug memiliki tempat kuliner malam yang menyajikan hidangan khas Solo. Ada juga kedai kopi dengan berbagai suguhan minuman hangat dan dingin. Cocok untuk penggemar wisata malam yang ingin bersantap di destinasi wisata keluarga.


Harga Tiket Masuk (HTMTaman Pelangi dan Lampion Jurug :
Rp 20.000,- (hari Senin - Kamis)
Rp 25.000,- (Jum'at - Minggu atau hari libur Nasional)


Buka :
Senin - Kamis : pukul 17.00 - 22.00
Jum'at - Minggu : pukul 17.00 - 23.00



Taman Pelangi dan Lampion Jurug menambah panjang wish list tempat wisata malam potensial di Solo. Tentu tempat ini juga sangat instagramable banget, sehingga bisa menambah koleksi di IG strory doonk yaa.... 

Jadi, segera pesan tiket maskapai pesawat Lion Air ke Solo di Airy, dan jadikan Solo sebagai tujuan liburanmu berikutnya.



Salam hangat,