review product

5 Aksesoris Kamera Yang Wajib Kamu Punya

Wednesday, November 16, 2016 Lendy Kurnia Reny 21 Comments



Kamera DSLR.
Agaknya kamera dengan resolusi tinggi ini sedang naik daun yaa...Hemm, semua orang rasanya ingin bisa membuat masterpiece atas foto yang diambilnya. Yap, memang rasanya sayang sekali kalau moment dalam hidup kita terlewat begitu saja. Bisa jadi, kenangan itu diceritakan kembali ke anak-cucu kita nanti. Karena zaman sudah serba digital, jadi gak ada ceritanya kita mencetak foto lalu menaruhnya di album. Hal ini tentu sudah jarang terjadi.

Semua hal sudah sangat mudah dilakukan. Bahkan untuk mengoptimalkan hasil bidikan kamera DSLR. Selain kita bisa belajar melalui kelas-kelas online, kita juga bisa belajar dari kelas offline. Dari mulai kelas berbayar jutaan, hingga yang belajarnya berkala atau per-sesi. Semua bisa dilakukan demi hasil foto yang menawan.

Selain memikirkan skill, kita juga tak boleh melupakan perawatan terhadap kamera DSLR yang kita miliki. Mengutip dari salah satu quote yang pernah saya baca :

The Best Camera is The One You Have With You



Aksesoris tertentu akan melindungi kualitas kamera dan bisa juga mengoptimalkan hasil bidikan supaya semakin terlihat profesional. Untuk tahu lebih banyak tentang aksesoris kamera.


Karena beberapa aksesoris kamera ini terbilang tidak murah di kantong, jadi ada baiknya untuk memilih jenis pelengkap utama dan pertama yang wajib dimiliki, seperti :


1. Tas kamera
Di pasaran kita akan menjumpai beragam jenis tas kamera dan dengan ukuran yang sama dan beragam. Intinya aksesoris ini perlu diprioritaskan. Bila perlu menjadi aksesoris yang kali pertama dibeli dan bisa menyesuaikan dengan budget
Fungsi tas kamera cukup vital yakni sebagai tempat merapikan dan menyimpan kamera DSLR. Tas ini sekaligus melindungi kamera dari kemungkinan benturan, goresan, sampai terkena air. 

source : bukalapak


2. Menyediakan kit pembersih 
Membersihkan kamera kesayangan sebaiknya tidak menggunakan lap sembarangan, diperlukan lap microfiber dan cairan pembersih yang sifatnya khusus. Hal ini penting diperhatikan sebab bagian tertentu cukup sensitif.
Misal bagian lensa supaya tidak tergores perlu aksesoris kamera satu ini. Kit pembersih bisa dengan mudah didapatkan di toko penjual kamera dan kelengkapannya. Namun, bagian tertentu sebaiknya tidak dibersihkan sendiri dan perlu diserahkan pada ahlinya, seperti bagian interior kamera.


3. Penyangga kamera atau tripod
Tripod menjadi penyangga kamera yang sering dijadikan pilihan dibandingkan jenis monopod, gorillapod, dan lain sebagainya. Sebab tripod memang paling handal untuk menopang kamera supaya menghasilkan bidikan yang lebih jelas dan tajam.
Dalam memilih tripod sebaiknya cukup teliti, misal memilih yang kekuatan kaki-kakinya bagus. Kemudian kaki-kaki tersebut juga cukup mudah untuk disesuaikan ukurannya dengan kebutuhan, seperti dapat dipanjangkan atau dipendekan. Aksesoris satu ini akan membantu mencegah mengambil obyek kabur karena tangan kurang konsisten bergerak.


4. Mempertimbangkan flash eksternal
Semua kamera digital termasuk DSLR memang biasanya sudah dilengkapi dengan flash bawaan dari produsen kamera tersebut. Sayangnya kadang kala flash internal ini memberikan hasil yang kurang natural dengan pencahayaan yang tidak seimbang. Supaya hasil bidikan menjadi lebih baik dan hidup pertimbangkan menambahkan flash eksternal. Penambahnya akan membantu menghasilkan foto yang lebih cerah, pencahayaan terlihat lebih lembut, dan tidak terlihat pecah.

flash kamera eksternal


5. Memasang filter pada lensa kamera
Filter juga menjadi aksesoris kamera yang wajib untuk dimiliki sebagai pelindung sekaligus penyempurnaan hasil bidikan lensa kamera. 
Filter ini terbagi ke dalam 3 jenis dengan fungsi yang berbeda-beda, yaitu :
Pertama : filter proteksi yang akan melindungi lensa dari debu, air, dan kotoran lainnya. 
Kedua : filter polarisasi yang membantu meningkatkan kualitas obyek yang diambil.
(misal foto langit lebih dalam, daun terlihat lebih hijau, dan lain-lain) 
Ketiga : filter ND yang membantu mengatur cahaya yang masuk ke foto supaya tidak berlebihan. 


Nah...bagaimana dengan sahabat-sahabat bloger?
Apakah kamera DSLR merupakan benda wajib yang tak boleh tertinggal?
Dan apakah kelengkapannya sudah pada dipunyai?


Share yukk...

Salam hangat,


You Might Also Like

21 comments:

  1. Barusan beli tripod onlinw buat kamera smartphone tp sesikit kecewa ga ada cara pakainya trus kayanya ga pas sama smartphonenya jd aja blm dipake :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aah..sayang sekali yaa mba Kania.
      Apa mungkin bisa di tukarkan yaa...?

      Delete
  2. Duuh, ngenceees pokoknya kalau ada yang bahas kamera. Semoga bisa memilikinya suatu saat. Selama ini gencar ikut lomba yang berhadiah kamera, cuma belum ada yang nyangkut :p.

    Eh, baca komen Mba Kania, lagi kepikiran juga buat beli tripod buat hp. Mba Kania belinya online kali ya? Padahal aku ya mau beli online, udah ngider2 Palopo belum nemu. Nanti coba cari du bukalapak ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang kalau belanja tinggal nentuin budget yaa, Nyak...ga pake ribet.

      ^^

      Delete
  3. baru tau ada filter yg dipasang pada kamera mbak, mmg pastinya butuh ini spy kualitas foto makin kece.. Tripod bagiku juga penting buat ngebantu supaya gak gemeteran hihi

    ReplyDelete
  4. Aaah mupeng liatnya, apalah aku ini yg masih pakai kamera henpon, cekrek, upload,.,😁,.,

    ReplyDelete
  5. Aku beli kamera duluu deh Mbak lagi nabung nih heheheh

    ReplyDelete
  6. Pernah pegang kamera ini meski titipan sering ketinggalan tutup kameranya apalagi talinya udah hilang, yah, otomatis sering kelupaan bawa tutup kamera padahal itu penting ya

    ReplyDelete
  7. Daku belum beli filter sama leather case kamera, padahal perlu banget huhuhu... Sering kepake alokasi dananya utk hal lain. Baca postnya Mbak jadi keinget lagi hehehe

    ReplyDelete
  8. Belum punya pembersih kamera sama flashnya. Beberapa hari ini kehilangan chargernya pula huhu. Semalam bulan cakep banget pas mengarahkan kamera terus mati. Huhu nangis.

    ReplyDelete
  9. Pengeeee bgt punya dlsr tapi budget selalu dialugkan, ihiks ihiks

    ReplyDelete
  10. Bener banget nih Mbak, filter proteksi nih yang masih jadi PR, kelupaan terus belum beli, padahal penting ya...

    ReplyDelete
  11. Tripod dan flash penting banget mba ;)

    ReplyDelete
  12. Wah saya lagi seneng tulisan yang berbau kamera DSLR...makasih tips nya
    btw di folbek ya blognya :D

    ReplyDelete
  13. Saya punyanya kamera sama tas aja. Heuheuheu. Itu juga kameranya sepertinya pengen ganti dulu. Dulu belinya gak mikir soalnya..jadi beneran asal beli aja. Hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya awal beli kamera suka gak pikir panjang yaa, mbak...
      Kalau masalah banding-membanding, biasanya laki-laki lebih jagoan.

      Delete
  14. aduh wajib pula, ada berapa tuh yang saya nggak punya Len. Sampai sekarang lho nggak punya tripod, padahal tahu penting banget. Soalnya nggak punya fotografer sih apalagi kalau mau foto diri sendiri

    ReplyDelete
  15. DSLR oh DSLR kapan kau datang padaku :D


    Banyak yaa aksesorisnya. Apalagi kalo mau jadi pro, aksesorisnya kudu lengkap pastinya ><

    ReplyDelete
  16. Makasih mbak informasinya .. betul banget harus punya yg beginian... masih nabung nih hehehe ... :)

    ReplyDelete
  17. DSLR kapan ya bisa punya DSLR mimpi mulu tapi ga punya".. hihiii thank infonya :)

    ReplyDelete
  18. Aaak aku sedih belom pasang filter dan screen protector. Harus pinter-pinter ngatur duit nih biar kebeli hiksss

    ReplyDelete