feature,

5 Ide Liburan Seru Di Bandung Tanpa Biaya Bersama Anak-Anak

Thursday, December 29, 2016 Lendy Kurnia Reny 32 Comments

Assalamu'alaykum, 
hai para mamah muda yang bahagia...
Anak-anak sudah mulai liburan dari sejak semingguan yang lalu kan yaa...? Pada mati gaya gak siih...kalo liburannya gak kemana-mana?



Buat yang di Bandung seperti saya, ada beberapa tempat yang bisa saya rekomendasikan untuk berpetualang bahagia bersama krucils. Kenapa bahagia? Haaha...karena gak mengeluarkan uang sama sekali. Jadi, anak-anak senang, emak pun bahagia, isn't it?

1. Perpustakaan
*Jl. Kawaluyaan (Bapusipda, Bandung)
Anak-anak saya suka banget nagih "Kapan maa...kita ke perpustakaan lagi?"
Karena perpustakaan ini, selain ramah anak (ada ruang baca khusus anak) juga ruangannya dingin. Jadi pada betah berlama-lama. Gak hanya buku, ada properti lain yang disediakan. Seperti gambar (kreasi dari sekolah-sekolah), perosotan (sebenarnya rak buku, tapi ada seluncurannya. Kereen deh!)

Fasilitas : Wi-fi, ruang baca anak dan dewasa yang terpisah baik, dan koleksi buku yang beragam.
Keunggulan :
* Koleksi buku banyak dan lengkap
* Terklasifikasi dengan baik
dari segi usia dan pemisahan ruangan
* Buku boleh dipinjam selama 2 minggu
(asal uda jadi anggota perpustakaan, free kok...tinggal dateng ke lantai 2, terus isi data sama kasih fotocopy KTP 2 lembar. Terus nanti di foto sama bapak perpus nya...gak perlu nunggu lama, langsung di print daaan....voillaa...! Kamu resmi jadi member perpus. Kereeen kan...?!?)
* Jam operasional yang panjang
dari jam 8 pagi sampai 8 malem. Kalau untuk ruang baca anak, dari jam 8 pagi - 4 sore.
Puass laah yaa...?

Kekurangan :
* Jauh dari rumah kami
(letaknya di Bandung selatan, daerah macet dan panas)

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung

Sebenarnya ada alternatif lain bagi yang tinggal d Bandung Utara. Ada perpustakaan mungil baru di Gasibu. Parkirnya memang di jalan raya yaa...tapi kalau uda masuk tamannya, anak-anak suka. Ada lap lari berwarna biru segar dan lapangan luas untuk lelarian di rumput ^^. Kamar mandi dan mushollanya pun nyaman.

Perpustakaan Gasibu
Fasilitas : Wi-fi, komputer, koleksi buku dari mulai dewasa sampai anak-anak.
Keunggulan :
* Koleksi buku novelnya up to date.
Masih baru, rapih dan bagus.

Kekurangan :
* Buku gak boleh dipinjam untuk di bawa pulang.
Jadi bacanya mesti di sana aja gitu...
* Koleksi buku anaknya kurang terklasifikasi dengan baik.
Enak untuk anak usia 2 atau 3 tahun ke atas.


2. Taman
Alhamdulillah, ada banyak taman yang bisa di-explore di Bandung.

Taman Lansia, Jl. Cisangkuy, Bandung

Taman Cibeunying, Jl. Cibeunying Selatan - Cihapit, Bandung
Di taman ini, kita bisa naik bandros biru. Tapi mesti dateng pagi jam 7 yaa...biar dapet free ticket.

Alun-alun, Jl. Asia-Afrika, Balonggede, Bandung
Taman dengan rumput sintetis ini luas banget. Dekat masjid, jadi makin nyaman.

Taman Musik, Jl. Merdeka-Sumur Bandung

Taman film, Jl. Layang Pasupati-Tamansari, Bandung
Nah...kalau ke sini dan sedang beruntung, bakal bisa nobar. Tapi sayangnya, taman ini gak punya toilet.


Pet Park, Jl. Ciliwung no. 14 - Cihapit, Bandung
Surganya yang punya hewan peliharaan niih...^^


Taman Jomblo, Jl. Taman Sari no. 66-Siliwangi, Bandung
Haha...ini mah buat kamu para jones! Upps, im sorry..^^ Asiik juga kok buat duduk-duduk manis.

3. Museum Geologi
Jl. Diponegoro No. 57, Cihaurgeulis, Bandung

Museum Geologi
Sebenarnya ke sini gak bener-bener gratis kaya ke 2 tempat sebelumnya.
Biaya masuk Rp 2000,-/orang.

Dan kita sudah bisa menikmati seluruh koleksi yang disimpan di museum ini. Ada ruang dinosaurus, planet dan hasil bumi (di lantai atas). Anak-anak senang karena ini termasuk edu-trip dan mama pun jadi belajar (lagi). Siap-siap dengan pertanyaan si kecil yaaa, mama...


4. Kampus ITB
Kalau ke sini dijamin free yaa...Main-main ke kampus ITB adalah hobi kami. Selain dekat dan banyak rumput-rumput hijau (meskipun gak boleh diinjak), tapi selalu seneng jalan-jalan ke sini. Ada banyak yang bisa dilihat. Dari mulai gedung Student Center, kolam Indonesia tenggelam, lapangan olahraga (ngliatin orang-orang main basket sambil menikmati jajanan yang dibawa dari rumah ^^) terus ke (ex) jurusan Abinya anak-anak, Arsitektur. Ada banyak tempat nongkrong (baca : duduk-duduk) dan menikmati karya seni anak Seni Rupa dan Arsitek yang dipajang di luar sambil selfie-selfie dikit. Ehhe...

Kolam Indonesia Tenggelam
Dikelilingi oleh nama jurusan yang ada di kampus ini.



5. Masjid
Naah...ini kenapa ditaruh di akhir, karena kami (saya dan anak-anak) sudah mengagendakan sejak lama perihal wisata Masjid ini. Tapi lagi-lagi, hanya ke masjid yang kami sudah kenal betul.

Masjid Salman.

Masjid Salman dan selasar masjid yang luas beserta lapangan rumput yang luas

Masjid lain yang bisa jadi alternatif adalah Masjid Habiburrahman.
Namun sayangnya, saya belum pernah ke masjid tersebut. Semoga diberi kesempatan di lain waktu yaa....Aamiin.


Tips lain agar jalan-jalannya bener-bener hemat adalah bawa makanan dan minuman sendiri dari rumah. Selain gak repot cari-cari kantin atau tempat makan yang cocok dengan selera anak, ini juga jadi ide seru buat rekreasi. Assikk kaan?


Sekian pengalaman kami nge-bolang selama liburan di Bandung. Semoga bisa menjadi inspirasi buat para mama yang tetap ingin jalan-jalan, tapi tetap ramah di kantong. Kalau ada ide lain yang belum saya tuliskan, boleh berbagi di kolom komentar yaa...
Terima kasih.


Salam hangat,







You Might Also Like

32 comments:

  1. Wah ini bener2 liburan minimalis banget dan menyenangkan.
    Yang penting quuality time bareng anak2 yaa dan kebersamannya itu loh

    Hayu atuh liburan ahh sambil botram di Taman yuuk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuukkk teh Nchie...
      Aku bagian bawak diri yaa..

      *enak banget ^^

      Delete
  2. Pengen mengeksplor taman-taman yang ada di Bandung, belum kekunjungi semua nih soalnya anak-anakku pada suka aktivitas outdoor ^^

    ReplyDelete
  3. wih itu yg perpus yg di kawaluyaan deket banget sama rumahku

    ReplyDelete
  4. Suka baanyak yang gelar tiker depan Mesjid Salman yes. Cocok nih cuaca sekarang lagi berawan terang, engga hujan.

    ReplyDelete
  5. Mau nyoba ke perpustakaannya. Padahal tinggal di Bandung selatan tapi belum pernah ke sana.

    ReplyDelete
  6. Aku baru aja besok rencana mau ke perpustakaan gazibu teh hihi.. Itu kawaluyaan deket rumah kok nggak ngeuh ya aku #NesaAnaknyaakudet

    ReplyDelete
  7. Murmer tapi oke ya mak...

    ReplyDelete
  8. Belum pernah semua berkunjung hahaha padahal deket ti Cimahi teh ngan sok males papanasan :p

    ReplyDelete
  9. Semuanya udah gak asing, tapi beberapa ada yang belum sempat dikunjungi, kayak perpustakaan yg di Jl. Kawaluyaan....
    Kapan-kapan ke sana ah...

    ReplyDelete
  10. Baru ngunjungin taman jomblo. Taman lansia, alun-alun sama lewat depan museum geologi aja T_T eh ITB juga cuma lewat depannya aja. Nggak berani masuk #anaknyaisinan hihi. pengen nyobain ke perpus yang di gasibu ,apalagi ada keterangan novelnya up to date gitu :). Catet ah. Makasih infonya teteh :)

    ReplyDelete
  11. Mau nyoba liburan ke main ke kampus ITB ah biar terlihat punya liburan yang berkualitas. Hehe. kapan-kapan kita kopdaran ya, kak. :D

    ReplyDelete
  12. ide sangat bagus banget , saya ingin tahun baruan di bandung apa ada yang tempat bagus lagi engga gan ?

    ReplyDelete
  13. waa bandung makin keren aja. kapan yaa bisa ke bandung lagi

    ReplyDelete
  14. Liburan yang banyak ilmunyaaa...

    Ah Bandung tetap dalam list kota impian...

    ReplyDelete
  15. Iyaa... bandung punya banyak banget taman yang kece-kece dan enak buat nongkrong. Duh, jadi kepengen ke bandung lagi, tapi suka gimana gitu sama macetnya hehehe

    ReplyDelete
  16. Mupeng k taman lansia tp belum kesampean juga. penasaran sama micro librarynya

    ReplyDelete
  17. Gasibu sekarang udah bagus yaa.. Blm pernah main2 lagi ke gasibu kl ke Bandung.. Masjid alun2 juga bagus, tapi aseli kayak cendol kalau wiken :(

    ReplyDelete
  18. Ada ya Taman Lansia. Belum pernah ke sana smuaaaa. Wong ke Bandung aja bentar doang

    ReplyDelete
  19. Pas baca Tampa biaya, langsung semangat. Setelah baca, oooo... udah lama nggak ke Bandung, jadi pengen juga main-main ke situ. Aaahhh, kapan yahh..

    ReplyDelete
  20. kalo di perpus apa nggak apa2 bawa anak kecil mbak? takutnya menangis, merengek dan lain sebagainya.

    kalau taman sih memang paling pas, secara di bandung udah banyak tamannya.
    taman jomblo masih ada, Mbak?

    ReplyDelete
  21. Bandung emang tempatt wisata asoy. Banyak titik di sulap jadi taman dan nyaman untuk dikunjungi keluarga. Makanannya juga banyak yang enak enak. Asooooyyy daaahhh

    ReplyDelete
  22. Sekarang di Bandung banyak tempat asik yaa.. Anakku belum pernah kuajak ke Bandung nih. Semoga tahun ini kesampaian jalan-jalan ke Bandung.

    ReplyDelete
  23. Penasaran sama Taman Lansia.
    Sama Bandung nya juga. Soalnya belum pernah ke Bandung.
    Semoga tahun ini bisa diberikan kesampatan berkunjung dan liburan di Bandung.

    ReplyDelete
  24. Baru tahu di Gasibu ada perpustakaan. Boleh juga nih main-main ke sini kalo pas mudik.

    ReplyDelete
  25. Bandung juara! Tapi kemacetan gimana mbak? Pengen liburan kesana kapan2.

    ReplyDelete
  26. Wah bookmark ini. Semoga bisa kukunjungi kalau liburan nanti. Kebetulan Bandung mmg jd destinasi rencana travelling aku dan keluarga yg akan datang.

    ReplyDelete
  27. Wah sekarang taman lansia jadi bagus banget, jaman aku kuliah dulu belum begini hehe

    ReplyDelete
  28. Sisi lain Bandung selain FO FO , jadi tau nih sekarang ^^

    ReplyDelete
  29. Murah meriah keliling Bnadung. Aku jg suka gtu mbak, kalau mengunjungi kota tertentu yg kukunjungi icon2nya, jd lumayan berkesan :D
    TFS

    ReplyDelete
  30. di bandung banyak alternatif liburan gratis ya mbak. palingan bayar parkir aja kali ya. atau parkir gratis juga kah di tempat-tempat yang mbak sebutkan tadi?!

    ReplyDelete