feature,

Drama Misaeng : It's True Incomplete Life

Wednesday, February 20, 2019 lendyagasshi 86 Comments

Bismillah,


Yo!
Ketemu lagi di blog lendyagasshi, chingu~

Sekarang...
Kalau kamu sudah memiliki pekerjaan yang layak di kantor, apakah sudah terasa sempurna kehidupanmu?

Mestinya siih...iya yaa..
Kerja di sebuah kantor bertaraf Internasional dengan pangkat dan gaji serta tunjangan yang baik adalah impian semua orang. Namun apa yang terjadi kalau kamu di sana hanya sebagai pegawai sementara alias pegawai kontrak?
Mempengaruhi kinerjamu kah sebagai karyawan?


Judul : Misaeng / Incomplete Life / 미생
Penulis : Yoon Tae-Ho (manhwa version), 
Jung Yoon-Jung (script drama version)
Sutradara : Kim Won-Suk
Genre : drama, daily-life
Network : TvN
Episode : 20 episode (60 minutes)



Pemain dalam drama ini banyaakkk...chingu.
Tapi gak perlu dihapal, haahha...siapa juga yang mau ngapalin yaa... Intinya, kalau mantengin drama sebanyak 20 eps ini, bakalan ngeuh sendiri, karena masing-masing karakter memiliki kebiasaan uniknya masing-masing.


Ini Tim Penjualan 3
Tim yang selalu dianggap remeh di kantor One Internasional


Berawal dari perekrutan pegawai baru di salah satu perusahaan perdagangan Korea terbesar, One International. Dari kesepuluh pegawai yang magang, gak nyangka, Jang Geu-rae (diperankan oleh Im Siwan) adalah salah satu yang lolos seleksi ketat oleh perusahaan tersebut. Semua orang memandang rendah Geu-rae karena seleksi awal bukan dari tahapan yang sama dengan pelamar lain, melainkan dari koneksi salah satu petinggi One International.


Jang Geu-rae (aka. Im Siwan)
Ganteng yaa...wkkwkw~
Doi adalah salah satu personil boy-group ZE:A looh...


Bisa dibayangkan bagaimana kehidupan Geu-rae saat awal-awal berada di perusahaan tersebut?
Dari mulai di bully menggunakan kata-kata hingga perbuatan.
Heuu~

Sedih banget laah...
Apalagi Geu-rae bukan tipe orang yang melawan balik, ia cenderung menerima semua yang hadir dalam kehidupannya dengan lapang dada.


Tapi di balik diamnya, Geu-rae memiliki kemauan dan bakat yang luar biasa. Kemauan keras Geu-rae ini membuat Pak Kepala Bagian Tim Penjualan Tiga kagum, Oh Sang-sik (diperankan oleh Lee Sung-min). Tim Penjualan Tiga yang terkenal sering tidak beruntung dalam hal proyek, sedikit demi sedikit meraih kejayaan. Dengan cata yang benar, tentunya.


Keunikan drama Misaeng tidak hanya ada pada Geu-rae. Ketiga rekan pegawai baru Geu-rae pun unik dan diceritakan memiliki kisahnya masing-masing saat di kantor.

Kaya misalnya Ahn Young-yi (diperankan oleh Kang Sora) adalah satu-satunya pegawai perempuan yang diterima kerja di One International. Ia masuk Tim SDM yang terkenal dengan performa kinerjanya yang luar biasa bagus.


Ahn Young-yi adalah lulusan dari Universitas terbaik di Korea dan selama kuliah selalu menerima beasiswa.

Kerjanya sangat efisien dan segala bisa, namun ia tidak berada di tim yang menerima kemampuannya. Jadi Young-yi kerap menerima perlakuan diremehkan oleh atasannya karena ia perempuan. Awal-awal bekerja sebagai pegawai magang, Young-yi tidak pernah dilibatkan dalam satu rapat tim sekalipun. Ia hanya masuk ruangan dan keluar lagi dengan membawa pesanan seperti membawakan makanan atau minuman.

Menyakitkan yaah...?

Alasan para atasan Young-yi melakukan sikap demikian adalah karena saat kamu wanita dan bekerja, maka kekuatan fisik serta mentalnya tidak akan sama dengan lelaki. Ada kalanya, mereka ijin cuti sakit, cuti melahirkan dan itu sangat mengganggu performa kerja tim, dalih atasan tim SDM.


Adalagi, Jang Baek-ki (diperankan oleh Kang Ha-neul). Ia cerdas dan berpenampilan paling sempurna sebagai pegawai kantor One International. Ia ingin selalu terlihat "mencolok" dibanding dengan pegawai magang lainnya dari segi apapun. Penampilan, kecerdasan, kepiawaian daaann kecakapan. Namun apa yang diperoleh?

Ia ditempatkan di Tim Baja dalam perusahaan One International. Dimana, tim ini bekerja bukan untuk mendapatkan kontrak proyek yang baru, namun lebih ke maintenance. Misalnya, ada barang dagang yang akan dikirim ke China oleh Tim SDM, maka kerjasama yang dilakukan yaaa sama Tim Baja ini dalam hal transportasi.

Intinya,
Apa yang diharapkan Baek-ki untuk menjadi yang paling menonjol sama sekali tidak bisa selama ia berada di Tim Baja.




Kegantengan maksimal seorang Jang Baek-ki 😚

Jadi,
dengan kepribadian Baek-ki yang seperti ini, sudah bisa dipastikan, ia paliiing gak suka sama Geu-rae. Ada kejadian saat tim Baja sedang ada masalah, gak sengaja, Geu-rae mengutarakan pendapat. Melalui pendapat Geu-rae, masalah cepat terselesaikan dengan baik dan efisien. Jadi Geu-rae dipuji-puji terus sama atasan Baek-ki. Dan ini bikin Baek-ki stres lalu mabuk-mabukkan.

Citranya sebagai pegawai yang selalu rapi dan selalu datang awal, rusak.
Karena mabuk, ia bangun kesiangan bahkan berbohong yang ujungnya ketahuan sama atasannya. Hahhaha~

** Mungkin atasan Baek-ki juga pernah bohong pake cara ini yaa..
Jadi paham banget trik-triknya.


Pegawai magang yang terakhir adalah Han Seok-yul (diperankan oleh Byun Yo-han). Ini pegawai nyetrik banget. Awalnya, ia berharap diterima sebagai pekerja lapangan. Jadi lebih seringnya berada di pabrik daripada di kantor, gituu....  Karena ia lebih senang berkomunikasi dengan para buruh daripada pakai jas dan duduk rapi di kantor.



Namun,
setelah lolos kualifikasi, ia malah dimasukkan ke dalam Tim Produksi. Sebenernya gak jauh beda sama keinginannya siih....hanya saja, kerjanya di kantor, bukan di pabrik. Ini bikin Seok-yul blingsatan. Apalagi atasannya bener-bener nyebeliiin... ((aku juga jadi pingin ngumpat bolak-balik nonton betapa semena-menanya atasan Seok-yul ini....bdjfdbfkjzdsbxcx 😠))

Gimana si atasan Seok-yul semena-mena nyuruh buat lembur, namun saat pagi, malah atasannya ini yang dapat pujian karena kinerjanya sempurna dan teliti. Padahal kan yang begadang dan kesana kemari si Seok-yul.

Karena kepribadiannya yang bebas, ia gak bisa gitu aja diinjak oleh atasannya. Berbagai cara ia tempuh demi mendapatkan keadilan. Ia juga ingin dipuji atas kerja keras yang sudah ia lakukan. Lalu Seok-yul memposting ke forum kantor (via website gituu...) mengenai atasannya yang selalu santai, gak kerja tapi selalu dapet pujian. Sebagai maknae, ia merasa tertindas.

Lalu apa jawaban dari forum itu?

Semua malah menyalahkan Seok-yul karena tidak bisa menempatkan diri sebagai maknae yang baik. Oh iya, maknae ini artinya anggota baru.

"Sudah sepantasnya maknae bekerja paling keras, karena karir dimulai dari bawah..."

"Dasar maknae tidak tahu diri....
Aku rasa, akan sulit yang menjadi atasannya..."


Endesbre...endesbre...


Huwaaa~
Kenapa keadaannya malah kebalik gini siih...?

Akhirnya Seok-yul memilih berhenti untuk mencari cara menjatuhkan atasannya. Ia memilih diam dan melakukan semua yang diperintahkan, meskipun berkali-kali di zolimi. Eaaa~
Hingga pada suatu proyek, Seok-yul yakin akan intuisinya, bahwa ini proyek aneh. Pasti atasannya tersebut menerima suap, makanya kehidupannya berubah. Bahkan, bisa membeli mobil baru.

Berdasarkan intuisi inilah, Seok-yul beraksi bak Dispatch yang mau nangkep berita eksklusif kencannya para artis-artis. Yaahhaha~
Apa coba yang didapat?

Surpriseed.........

Seok-yul bahkan tidak mengira bahwa itulah yang terjadi.
Big News!

Bila berita itu tersebar, maka tamatlah karir si atasan tersebut.


Bagi yang penasaran wajah atasan Seok-yul yang nyebelin itu...
Ini foto BTS Misaeng mereka. Wkwkkw~



Endingnya,
drama ini bener-bener membuatku banyak tau mengenai kehidupan para pekerja kantoran. Dan aku rasa, ini gak hanya pekerja kantoran di Korea looh...mungkin di Indonesia juga begini.



Dan yang pasti, karena ini drama slice of life, banyaaak banget mengandung hikmah...

1. Pentingnya kerjasama tim
Dalam sebuah perusahaan, sukses atau tidaknya sebuah pekerjaan bukan ditentukan dari kerja keras seseorang. Namun kerjasama sebuah tim.


2. Tidak ada kata "hanya" dalam hidup
Seringkali kita meremehkan apa yang kita lakukan. "Hanya" bisa begini dan "hanya" begitu...

Dalam hidup, lakukanlah sesuatu dengan alasan yang baik.
Karena hanya dengan alasan terbaik itulah kamu memiliki tujuan hidup


3. Tingkat tanggung jawab seseorang tergantung dari tingginya jabatan
Memang menjadi atasan itu senang, bangga dan paling kerasa gaji dan tunjangannya pun besar. Namun sebenarnya, dibalik kebahagiaan itu, mereka juga harus menanggung bila ada kesalahan sebuah proyek. Diskors atau paling parah, dipecat.

Oh nooo~


4. Tidak ada pilihan yang akan memuaskan semua orang
Iya kan yaa....setiap pilihan yang kita ambil, pasti ada konsekuensinya. Dan yang pasti, selalu ada orang yang gak suka sama pilihan yang kita ambil.


5. Bertahanlah dan menanglah
Kata-kata ini bikin aku terharu banget. Betapa sayangnya Kepala Tim Penjualan Tiga, Pak Oh Sang-shik sama anak-anak (buah) nya, bahkan Geu-rae, yang merupakan karyawan kontrak, masih junior banget pulaa...




Kata Pak Oh :

Meskipun kamu merasa tidak akan berhasil,
Kamu harus tetap berjuang.

Dalam permainan hidup,
kita harus tetap maju, meskipun kita tahu bagaimana akhirnya




Intinya,
begitu kita masuk ke dunia kerja, segala hal seperti perfoma, koneksi dan kompetisi akan senantiasa ada. Karena perusahaan diibaratkan adalah medan perang. Kamu tidak akan pernah bisa keluar kecuali dengan mengakhirinya.



Jalan...
Bukan hanya tempat kita berjalan
Tapi,
tempat kita bergerak maju

Ada jalan dimana kita tidak bisa bergerak maju...
Maka,
itu bukanlah jalan yang sesungguhnya,

Jalan...
Terbuka bagi siapapun
Namun,
Tidak semua orang bisa melewatinya


Bagi yang lagi bosen sama drama Korea dengan scene-scene romance, drama ini bisa jadi pilihan. Karena jalan cerita keseharian kita banget laah...
Ada sedikit bumbu sayang-sayangan, tapi yaah...just a glance laah...

Rumornya,
drama ini bakalan ada lanjutannya, Misaeng 2. Yang menceritakan bagaimana kehidupan Geu-rae setelah lepas dari One International ((upps...spoiler, hahaha~ da drama lama kok...)). Berharap masih bareng geng temen magangnya siih...Young-yi, Baek-ki sama Seok-yul. Kan penasaran yaa...gimana kehidupan mereka...

Karena drama ini juga based on manhwa alias webtoon nya Korea, jadi penulisnya masih menuliskan lanjutannya. Pingin baca versi manhwa-nya, hihii...aku juga belum dapet linknya. Hiiks~

Terakhir niih...
Karena drama ini, banyak pemainnya banjir penghargaan looh... Kaya Im Siwan yang dapet penghargaan Excellent Actor (mini series), Jury Award, Best New Actor di Baeksang Award 2015. Lalu si Byun Yo-Han sebagai Best New Actor di APAN Star's Award, Pak Oh "Lee Sung-Min" dapat Best Actor dari TvN (aku asal lihat karakter Pak Oh di sini, jadi ingat karakternya pas jadi Mr. President bareng Lee Seung Gi di drama The King 2Heart, meskipun singkat, tapi masih terngiang-ngiang wibawanya...)


Oiaa...kata Geu-rae yang terakhir niih...




Buat yang pernah mengalami hecticnya dunia kerja, kurang lebih trailer dramanya pas banget yaa..



Gimana pendapat chingu-deul...?
Menarik yaa...
Karena drama Korea gak melulu soal romantisme kehidupan yang keknya sulit untuk diraih. Hhahaa~ delulu again, karena ngepoin IG Kang Sora sama Leeteuk niih...



Coba deeh....
Apa sahabat lendyagasshi juga punya rekomendasi drama Korea yang minim skinship dan bercerita tentang kehidupan sorang profesional?
Boleh doonk berbagi di kolom komentar...

κ³ λ§ˆμ™€, chingu . . .



Salam hangat,




You Might Also Like

86 comments:

  1. Mba kenapa Siwan itu ganteng banget sih hehe. Balada pekerja kantor ini mah kantorku banget dulu hihi *perlu kerjasama tim.

    ReplyDelete
  2. Wah ada session 2 nya ya? Baiklah.. ini harus masuk list juga! Setelah selesai Touch Your Heart sama Romance is a Bonus Book dulu, hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. by the way, kenapa ya Mbak itu si Kang Ha Neul di mana-mana perannya selalu dapat kebagian tokoh yang melas plus ngeselin? Di Moon Lovers iya, di The Heirs juga iya.

      Delete
  3. asyiknya bisa nonton drakoor. kayaknya aku juga harus nyempetin nonton, buat inspirasi menulis. memang dunia kerja itu keras, teh. pokonya mah dilarang cengeng weh lah

    ReplyDelete
  4. Belum nontn yang ini, Mbak. Namun saya suka drama yang berdasarkan keseharian nyata seperti konflik di tempat kerja itu. Dan yang pastri drama demikian bukan cuma untuk menghibur semata, bisa memberi tahu penonton tentang realitas di tempat kerja serta bagaimana cara menyiasatinya meski sangat tak terbayangkan oleh saya yang cuma ibu rumah tangga.
    Yah, saya juga merasakan bagaimana tak nyamannya suasana lingkungan kerja jika ada semaca klik ataun konflik dengan rekan atau atasan.
    Jadi, barangkali keunggulan drama Korea adalah selalu mengangkat hal yang umum dan keseharian selain fantasi dan romansa.
    Yang jelas, saya suka kalimat penyemangat, bahwa kita harus tetap berjuang, bukan demi keberhasilan semata melainkan beroleh inti dari perjuangan sendiri.

    ReplyDelete
  5. rajin banget sih mereview nyaa, super lengkap begini, jadi bikin pengen nonton deh

    ReplyDelete
  6. Drama Korea yang cocok nih untuk ditonton. Gambaran dunia kerja ternyata hampir semua sama ya mbak, sama2 mengalami permasalahan sprti itu.

    Bener2 lengkap nih ulasannya... Aku jadi tertarik ingin nonton drama Korea hehehe....

    ReplyDelete
  7. saya suka banget sama Misaeng ini, Mba. Tokoh Geu Rae awal-awal masuk ke perusahaan One International benar-benar membuatku teringat pada masa-masa awal bekerja beberapa tahun lalu :)

    ReplyDelete
  8. saking sukanya saya pada drama ini, langsung kurekomendasikan pada adikku (yang juga suka drakor), dan dia pun suka banget dengan drama ini :)

    Saking bagusnya, durasinya yang lama itu jadi gak berasa deh :)

    ReplyDelete
  9. Kerja yang layak identik dengan sempurna, tapi kadang orang selalu belum puas apa karena kurang bersyukur? hihihi gak tau juga kan itu gak masing-masing ya mungkin di balik itu ada satu masalah yang membuatnay begitu.
    Aku gak pernah hapal peainnya, paling tokoh utamanya aja sih selama ini kalau nonton.

    Jadi anak baru yang dianggap anak bawang tau serba ga bisa aku pernah tuh ngalamin dulu awal2 kerja, tapi gak lama malah mereka berbalik malah mendekat :-D

    Kirain aku aja yang suka kesel sendiri kalau lagi nonton ada tokohnya yang nyebelin.

    ReplyDelete
  10. Drama korea tu asyiknya bisa mengangkat tema yangsepertinya biasa aja, semisal kehidupan pekerja kantor, digarap jadi film yang apik dan berbobot ya mak. Nggak cuma cecintaan nggak jelas kaya sinetron indonesia hehe.

    ReplyDelete
  11. Aku teh pengen kerja di perusahaan internasional hehehe, naha pemainnya ganteng-ganteng gini yak

    ReplyDelete
  12. Entah kenapa aku hanya suka drakor yang ceritanya tentang kekaisaran aja ya, hihi. Aku belum nonton drakor ini, tapi kayaknya seru juga ceritanya

    ReplyDelete
  13. Hmmm... menariqueeee...
    semoga saya gak kegoda untuk nonton streaming hahaha.

    Bisa kacau hidup kalau saya nonton drakor, karna saya akan berhenti setelah selesai semua di tonton.

    Terlebih saya suka banget nonton film tentang dunia kerja kantoran :)

    ReplyDelete
  14. Wah dari drakor bisa menjadi motivator ya teh. Bener juga nih poin2nya. Seneng sama poin ke 4, tidak mungkin kita memuaskan semua orang.

    ReplyDelete
  15. Belum pernah nonton nih drakor ini, seru juga keknya nih jadi pengen nonton juga

    ReplyDelete
  16. Wah.. liku-liku dunia kerja profesional.. banyak yang suka ya kayaknya. Baca pelajaran yang bisa diambil, oke juga ya. Terutama yg bertahan dan mengalah. Hemm.. dalem banget tuh...

    ReplyDelete
  17. Aku banget tuh pernah ngalami. Yang kerja keras kami para junior, eh yang dapat pujian para senior. Makanya aku benci banget yang yang namanya senioritas, memang sih mereka duluan masuk, tapi belum tentu kinerja mereka lebih baik dari para junior.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cakeepp!
      Iya gini niih...yang dirasain Seok-yul.

      Atasannya malah gak tau apa-apa.
      Repot banget daah~

      Delete
  18. jadi inget kata2 you cannot pleased everybody cause you're not a chocolate, and even chocolate cannot pleased everyone hahahha. Kata2 ini selalu aku pake pas kerja dan dikehidupan #ealah karena selalu ada aja orang yg ngga suka sama kita, jadi woles aja yg penting kitanya mah baek sama setiap orang :D

    ReplyDelete
  19. Ini kayanya asik bngt, aku jd ingin nonton drakor

    ReplyDelete
  20. Aktor korea ini tampan tampan ya...aku ga sempet ngikutin drama korea nie..kayaknya seru yaaa..

    ReplyDelete
  21. Han Seu yang pemagang nyetrik itu main juga di familiar wife dan jadi anak muda yang agak ngeselin Tapi pas sih ama tampangnya. Hihihi. Aku belum sempat nonton drama yang ini mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya...?
      Kok aku ga sadar yaa, ka Lid...?

      Sadar pas nonton Sunshine siih...

      Delete
  22. aku udah nonton drama ini dan memang bagus...
    bahkan IU juga doyan banget sama drama ini.
    gak heran kalau doi mau jadi salah satu pemain drama my ahjussi, karena IU ngefans sama PDnim-nya

    ReplyDelete
  23. Sudah lama banget nih nggak nonton drakor, bava ulasan di atas sepertinya drama misaeng ini menarik yah apalagi bagi yang ingin tahu lebih jauh tentang dunia kerja.

    ReplyDelete
  24. Referensi drakor baru lagi, asyiiiik. Gemas deh sama rekan pegawai baru Geu-rae yg unik itu. Saya gak tau kok bisa yaa Geu-rae sesabar itu. Wkwkw

    ReplyDelete
  25. Wah drakor..ku tergoda pengen nonton drakor dgn tema office lyfe..tfs teh lendy..kl ga smpt nonton ku tnggl bw ke blognya teh lendy. Kayaknya lengkap banget nih review soal drakornya

    ReplyDelete
  26. betul banget mba, di dunia pekerjaan itu hal-hal yang terjadi dalam dram misaeng kejadian semua. tahun pertama mencoba untuk kuat dan menghadapi semuanya, tahun kedua mencoba buat berinovasi, lagi semangat-semangatnya kan ya, tahun ketiga semangat udah mulai kendor tapi kadung cicilan dan tagihan menggunung mau-mau kudu semangat ngantor, tahun ke-empat yasudahlah saatnya buat cari kerjaan baru hahahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaahh~
      Analisis sempurnaaa!

      Kece banget, kak Andiyani.

      Delete
  27. Ya ampun drama ini pertama kalinya aku kenal tvn. Pas nonton langsung berasa relate banget sama dunia kerja sehari-hari

    ReplyDelete
  28. Jadi atasan itu emang kalau dilihat sehari-hari enak, tinggal tunjuk sana sini, petitah petitih, tapi sebenernya tanggung jawabnya gede banget yaa.. anak buah yang salah, dia yang harus tanggung jawab :)

    ReplyDelete
  29. Akupun suka drakor mba.. bisa jadi refrensi nih.. emang paling cocok bangey nonton dan bisa ngambil pelajaran di dalammya.

    Saya jadi kangen kerja pas banget bagian SDM dan perempuan.. haha

    ReplyDelete
  30. Lendyyy... Analisannya dalem banget, hebat euy. filmnya hatus nonton ini mah. Yang pentingvudah tamat dramanya, biar ga galau di tenngah jalan. Nontonnya bisa marathon, hehehee...

    ReplyDelete
  31. Seru ya, menarik banget... Jd pingin nonton, asyik kayanya buat nostalgia jaman masih ngantor hihihi...

    ReplyDelete
  32. Meski magang, gemes juga ya kalo tidak dianggap punya kemampuan di dunia kerja. Pemain nya banyak juga ya, seru kayaknya kalo baca review nya

    ReplyDelete
  33. Aku dulu nonton Misaeng nggak samlai beres, baru 3 eps kalau nggak salah, gemes sama Si Wan yang diem aja digituin, tapi baca artikel ini jadi pengen nonton lagi deh

    ReplyDelete
  34. Huhuhu kalau pemainnya banyak gini saya suka pusing bedain wajahnya wkwkwk

    Seperti K-Pop yang bakalan susah aku hapal.

    ReplyDelete
  35. Aku ga bisa bilang diriku gak kepo sama review2 nya teh.
    kadang sdh nonton 5episode tp ga kelar itu sedih. hahaha curhat

    ReplyDelete
  36. Kalo lihat drama korea or jepang yang setting nya kerja kantoran, akutuh suka memperhatikan baju-baju yang mereka pakai.. stylist dan enak banget di lihat, baik pakaian laki-lakinya maupun perempuan hehe.. dunia kerja kantoran memang menarik untuk dibahas ya.. bully pernah tuh dialami teman saya saat masih jadi anak baru.. duh jadi kangen kerja kantoran hehe.. btw, lanjut review drakornya.. aku selalu tunggu lho

    ReplyDelete
  37. Suka banget klo ada creita drama terbaru dr Korea ini mbaku satu ini bikin list ku tambah utk nonton smp akhir ...

    ReplyDelete
  38. Mba Lend aku belum nonton Misaeng, aduh pengen juga nonton tapi ntaran kelarin yang udah didownload aja dulu hahaha. Ini jadi list buat aku download.

    ReplyDelete
  39. Aku belum pernah nontkn ini kak kayaknya seru ya menceritakan tentang kerja kantoran gitu terus oppa oppa nya ganteng2 hehe.

    ReplyDelete
  40. Huhuhuuu...emang bener begitu mah kalau dunia kerja. Sependek 20 tahun kerja dulu, emang isinya kalau lo ga survive dan do your best, udaaahh... lewat deh. Bahkan ketika kita melakukan hal terbaik pun, bisa jadi hasilnya enggak tampak baik. Ya itu tadi, prestasi kerja kita diaku-aku oleh atasan. Udah kenyang dibegituin. Cuma jadi upik abu aja kesannya *lah malah curcol :))

    Alhamdulillah sudah melewati fase itu. Jadi bisa ngerasain feel drama yang diceritain ini.

    ReplyDelete
  41. saya gak pernah bekerja, tapi, mungkin juga adalah yang begitu di komunitas atau organisaasi. kadang di kelas juga tentu saja ada orang-orang demikian, direndahakan, gak didengar meskipun berprestasi dll

    btw, saya suka sama ulasannya mbak, terutaam bagian hikmahnya. thanks

    ReplyDelete
  42. Kadang drama kantoran beginian bikin kangen lagi ngantor mba Lend, hahahah
    tapi ya itu memang banget kudu kuat, karena banyak yang ada tidak suka, meremehkan ada juga yang bisa diajak kerja bareng. Campur aduk, sekarang alhamdulillah nyaman di dunia blog. Pengen nonton ini aku.

    ReplyDelete
  43. Kerja kantoran mauoun kerja di rumahan sama saja kwerja.. aku suka sama hikmah yang mbak tuliskan.

    ReplyDelete
  44. Wah, belum pernah dengar drama korea yang ini. Kemana saja diriku, hahahaha. Tapi semenjak nonton Sky Castle agak males nonton drama lagi seh aku mbak, etapi udah nonton Kingdom 6 episode seh dan makin males nyari drama lain lagi, hiks. Kayaknya boleh neh intip intip misaeng, tapi aku kurang suka sama Kang Bo Ra, jadi bingung, hmm

    ReplyDelete
  45. Drama nya beda nih kak. Seru bangett kayanya yaaa.

    ReplyDelete
  46. kalau gak ada kerjasama pasti bakalan hancur tuh sebuah tim, makanya penting banget ya saling dukung dan kerjasama antar tim :)

    iisshh, saya koq jadi ikutan gemes juga baca cerita si pak Boss yg suka cari muka itu, karyawannya yg sibuk ngelembur koq malah dia yg dipuji2, huhuhh, gak terimaaa..

    ReplyDelete
  47. Huaaaa.. sepertinya drakor ini menarik juga untuk disaksikan. Aktornya banyak, membuat kita tertarik mendalami satu persatu. Ada life lesson juga lagi yang bisa diambil. Menarik.

    ReplyDelete
  48. kayaknya rumit banget ya jadi pegawai baru di sana..

    ReplyDelete
  49. Aku lihat tokoh Im Siwan kok jadi inget sama pemeran utama terlalu tamvan ya mbak
    Boleh deh nih untuk rekomendasi tontonan di weekend, ulalaa hhee
    TFS Mbak Lendy ^_^

    ReplyDelete
  50. thank you reviewnya mba jadi nambah referensi nih hehe. btw coba mengulas film korea genre action dan komedi dong mba :D saya pernah nonton yang the man who sell the river itu kocaak.. ama beberapa judul lain tapi lupa hehe

    ReplyDelete
  51. Duh Lend..kutakpunya rekomendasi apa2 untuk drakor. hahah nontonnya dimana pun aku masih bingung. duh piye iki...

    ReplyDelete
  52. wah drama korea sudah lama ku tidak nonton

    ReplyDelete
  53. Ini lengkap banget jadi enggak perlu nonton akutuuuu kwkw
    Suka dengan pesan moral yang penuh kebaikan di dalamnya
    Terutama Tingkat tanggung jawab seseorang tergantung dari tingginya jabatan. Karena seringkali orang ngelihat ..enak bener dah tinggi jabatan cuma ongkang-ongkang..Padahal tanggung jawabnya yang besar menyertainya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung situasi perusahaan dan faktor luck si atasan tadi sih mba. Ada memang yang hanya mengandalkan kemampuan anak buahnya dan dia enak-enakan mengakui hasil kerja itu sebagai buah pemikirannya. Padahal dia ga kerja apa-apa. Itu beneran ada di dunia nyata. ;)

      Delete
  54. Setuju abis sama poin nomor duaa, jangan hanya aja tapi juga bermakna alasannya! Temanya di kantor gitu yaa, aku harus nonton demi, biar, bisa liat gambaran kerja hahaa

    ReplyDelete
  55. huahh, udah lama ga nonton drakor xD abis sekalinya nonton bisa bikin ketagihan sih, haha..
    baca review drama korea satu ini jadi inget masa-masa jadi pegawai kantoran *tsah
    padahal cuma kantor biasa, wkwkwk.. konsultan IT yang lebih banyak pegawai cwo nya daripada pegawai cwe nya :D

    ReplyDelete
  56. Yup, aku rasa memang yang terjadi di sana kayaknya ga bakalan jauh beda dengan yang terjadi dengan kita di sini

    ReplyDelete
  57. emang mba lendy jaognya bikin review drakor deh hahaha. detail banget

    ReplyDelete
  58. Reviewnya asli kompliiit banget yaaa mba.. aku cukup menikmati reviewmubaja hehehehe

    ReplyDelete
  59. Wah kayaknya bagus nih temanya ga melulu tema percintaan yg bikin baper yg biasa banyak di drakor ..hehe..

    ReplyDelete
  60. Wah seru ya banyak konflik di dalam pekerjaan seperti diambil dari kisah nyata mbak. Jadi pengen nonton deh hehe

    ReplyDelete
  61. Antimainstream nih dramanya, mengangkat cerita karyawan kantoran. Yang ngantor, pasti merasa gue banget deh. Kalo aku sukanya cerita tentang ibu rumah tangga wkw

    ReplyDelete
  62. Bahkan di Korea Selatan saja meskipun dalam film, masih saja ada yang beranggapan remeh terhadap perempuan seperti perlakuan rekan² kerja terhadap Young Yi. Berarti memang terjadi juga di kehiduoan nyata.

    ReplyDelete
  63. Gawat nih racun Korea dimana-mana, hahahaaaa... Dirumah adikku juga meracuni Korea, apalagi sekarang banyak banget dramanya.

    ReplyDelete
  64. Pemainnya banyak, mpe bolak balik baca juga gghafal
    Mending nonton ajah ya biar lebih mudeng, udah lama gg nonton drakor... Hehehe

    ReplyDelete
  65. Dirimu ini, kalau mengulaa drama emang enak kok dibaca, Lend. Pantesan ajah banyak yg betah mampir di sini kalau mau kepoin drama

    ReplyDelete
  66. Uwaaaaah karakternya kuat2 ya... Unik2 juga kepribadiannya. Apalagi masalah masing2 juga bikin mereka awkward.
    Aiiiih pengen kutontoooon

    ReplyDelete
  67. "Kerja di sebuah kantor bertaraf Internasional dengan pangkat dan gaji serta tunjangan yang baik adalah impian semua orang."

    Bukan impian akuuuu hwahaha aku maunya bikin lapangan kerja sendiri biarpun ketjil.

    Btw, aku fokus ke ceritanya Young-yi. Sebel bangeeeet! Diskriminasi terhadap perempuan ada di mana-mana ih. Padahal, secara kualitas bisa sama dengan atau bahkan lebih baik. Hft.

    ReplyDelete
  68. Keren ya, drama ini banyak penghargaannya. Meski kutak tahu apa-apa tentang drama Korea, kecuali makanannya :D

    ReplyDelete
  69. Daku sampai dua kali nonton drama ini, hahahaha, lagi nggak terlalu suka drama romance. Itu Siwan bisa diair kerasin nggak ya ��

    ReplyDelete
  70. Pantesan kok pernah tau judulnya MISAENG. Aku belum pernah nonton yang ini tapi aku nonton versi Jepangnya mbak. endingnya juga mengejutkan tapi adil buat semua pihak hehe :D

    ReplyDelete
  71. Tau Drakor dan kisahnya..cuma baca di blog teman-teman blogger.., karena belum pernahenikmati Drakor secara khusu'

    Asal lewat..jadi ga ngerasain dihari..

    ReplyDelete
  72. wah suamiku kalo aku rekomendasiin drama ini kayaknya bakalan suka deh, soalnya related banget sama kehidupan dia sehari-hari soal kerjaannya hehe.. Dia nonton what's wrong with secretary kim aja suka banget wkwk

    ReplyDelete
  73. Pemeran nya banyak juga ya Mbak. Anyway di kantor memang Rata2 ada aja yang bikin keki. Harus benar2 tahan banting lah

    ReplyDelete
  74. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  75. Dambaan banyak orang ya pekerja di ka gpr bertaraf internasional dengan posisi iyesss, tapi sering kebahagiqn tidak sekedar karir yang sukses, dan ini real banget ya

    ReplyDelete
  76. cerita kerja2 kantoran kayak di jekardah ini memang kadang pengen sesekali naik KRL ke Sudirman haha.. tapi ngga deh jam 4 sudah bangn dan jam 5 sudah berjibaku naik kereta dair bogor.. pulang jam 4 sampe rumah jam 7 malam ga bs ngapa2ain selain mandi, makan, tidur...

    ReplyDelete
  77. Saya pun suka drakor ini hehehe. Boleh nih masuk ke list dulu untuk sesion 2 nya. Masih ngikutin yang lain soalnya 😁

    ReplyDelete
  78. Wah,lengkap banget ulasannya. BTW, chingu itu apa ya,Mbak? Jadi inget Chingu Cafe. Hehehe...

    ReplyDelete
  79. Hay gays buat kalian khususnya pecinta drama Korea pastinya kalian ingin menonton film kesukaan kalian tapi kalian males untuk pergi ke bioskop tenang saya punya solusinya saya ingin ingin memperkenalkan sebuah aplikasi yang pastinya cocok buat kalian khususnya pecinta drama Korea nama aplikasinya adalah "MYDRAKOR" jadi kalian gak perlu susah-susah lagi untuk pergi ke bioskop tinggal buka HP kalian dan tinggal tonton film apa yang ingin kalian tonton
    Saya akan memberikan link untuk menginstal aplikasi MYDRAKOR

    >>>https://play.google.com/store/
    apps/details?id=id.mydrakor
    >>>https://www.inflixer.com

    ReplyDelete
  80. Drakor misaeng ini emg bagus bgt, banyak pelajaran yg bisa kita ambil dan realistis bgt no halu2 wkwk, ditambah jang geu rae yg imut2 di drama ini,suka bgt kalo dia udh digangguin sama seok yul. Semua nya berperan dengan baik. Suka bgt sama dramanya!

    ReplyDelete