article,

Test Pack Movie (2012)

Monday, December 31, 2018 lendyagasshi 58 Comments

Bismillah,

Eiits...tumben, kali ini aku muncul dan pingin ngomongin Film Indonesia.
Heemm, iyaaaa....karena abis nonton di VIU. Film yang diadaptasi dari novel kesukaanku jaman aku kuliah dulu.



Judul : Test Pack
Sutradara : Monty Tiwa
Genre : Romance
Durasi : 106 menit


Bercerita tentang sepasang suami-istri yang sudah menikah 7 tahun, namun masih juga harus berjuang untuk memiliki seorang anak. Suaminya bernama Rahmat (diperankan oleh Reza Rahadian) dan istrinya, Tata (diperankan si cantik, Acha Septriasa). Mereka hidup layaknya pasangan di kota-kota besar, yang bekerja setiap hari.

Rahmat sebagai kepala keluarga memiliki karir yang bagus karena memiliki Biro Konsultasi Psikologi sendiri, sedangkan Tata, hanya mengikuti hobi, bekerja di sebuah Biro Iklan. Dari segi karir, bisa dilihat donk...rumah mereka besar dan segalanya mapan.



Namun rumah terasa sepi tanpa kehadiran seorang buah hati yaa...
Maka dari itu, Tata berusaha mati-matian untuk mendapatkan anak. Dari mulai ikhtiar begini dan begitu. Namun ternyata, keinginan ini tidak sepenuhnya di amini oleh suaminya.

Aku di samping kamu itu gak akan pernah sia-sia. Kan kita nikah tujuannya bukan buat punya anak aja... Tapi karena saya sayang kamu.



Tidak sepenuhnya diamini, bukan berarti tidak mendukung. Suaminya selalu stand-by kapanpun jadwal kontrol ke dokter spesialis kandungan. Lucunya, yang jadi dokter spesialis adalah Oon 'Project-pop'. Masih inget doonk wajahnya...yang kayanya gak bisa serius?
(and recently, i just found out that Oon was passed away. I'm sorry to hear that with the big condolence)

Testpack, saat Tata dan Rahmat konsultasi ke dokter spesialis kandungan


Dari dokter kandungan, Tata mendapat banyak sekali pemeriksaan dan konklusinya, ia harus rutin menyuntikkan Hormon IVF (In Vitro fertilisation) yaitu memasukkan hormon yang akan memicu kesuburan. Hormon ini tentu memiliki efek setelah dimasukkan ke dalam tubuh Tata.

Ia menjadi mudah sekali emosi dan sangat sensitif.

Saat kejadian seperti ini, suaminya, kang Rahmat selalu mendukung dan meringankan beban Tata. Sehingga, Tata selalu bisa calm down.

Testpack pun kerap dilakukan setelah berhubungan suami-istri, namuun.....

Tata frustasi karena setelah rutin mengonsumsi obat dari dokter, namun tetap tak kunjung hamil juga...

Di pemeriksaan yang kesekian kalinya, Pak Dokter Kandungan meminta agar suaminya juga ikut di cek kesuburan spermanya. Karena bagi dokter, kalau hanya melihat dari satu pihak, maka belum sah rasanya.

Dan hal ini yang sebenarnya ditakutkan oleh Rahmat. Ia takut bahwa karena dirinyalah yang menyebabkan Tata tak kunjung hamil hingga kini. 

Setelah dipaksa oleh Pak Dokter, maka Rahmat pun melakukan cek kesuburan pria dengan mengambil sampling sperma. Dan saat adegan ini, muncul beberapa pemeran figuran yang menambah semarak suasana film Testpack.

Lalu apa hasilnya?



Apapun hasilnya, kisah Testpack ini adalah realita yang banyak dialami oleh pasangan muda di Indonesia. Dimana kalau belum nikah, orang pasti nanyanya "Kapan nikah?"
Setelah selesai menikah "Kapan punya anak?", Setelah punya anak "Kapan punya adik?"

Gemaash yaa...pertanyaan hidup seakan gak ada habisnya.

Mau gak diladenin, kalau yang nanya orang yang lebih tua kan yaa...gak sopan namanya. Jadi gimana doonk..."Doakan saja, Bu...Pak." Mungkin itu jawaban yang enak.




Learning Point Film Testpack ini apa?


1. Aku suka banget sama kata-kata Rahmat saat memberi konseling pada pasangan Pak Sutoyo dan Ibu (yang diperankan oleh Jaja Miharja dan Meriam Bellina) bahwa


Pikirkanlah kembali apa tujuan anda menikah.
Jika ingin hidup menua bersama dan bahagia, maka ingat-ingatlah kembali, 
Bagaimana dulu bisa jatuh cinta?❝



2. Jangan banyak tanya hal-hal yang tidak penting kepada orang lain.
Mau dia udah kawin kek...belum kek...biarin aja.

Kecuali bila dia yang konsultasi untuk minta bantuan.
Misal ingin dikenalkan dengan seseorang.

Sama halnya kaya nanya "Kapan punya anak..."

Semua orang yang menikah, tentu menginginkan kehadiran sang buah hati. 
Jadi, useless kalau nanya-nanya begitu...yang ada, itu adalah kata-kata interogasi atau menyudutkan alias nyinyiers.



3. Jadilah pasangan yang jujur - terbuka di saat senang ataupun sedih
Kelihatan banget saat Rahmat terpuruk, ia berusaha untuk lari dari masalah. Tidak ingin melibatkan Tata sama sekali. Padahal dalam hal ini, Tata adalah istri, tempat untuk berbagi segala resah gelisah suami.

Begitu juga istri.
Jika ada masalah, sebaiknya sebelum masalah itu menjadi besar ke mana-mana, ada baiknya untuk keep on secret. Karena hanya kepada pasangan lah suami - istri bisa berbagi.




Ada yang sudah baca novelnya?
Actually, aku sedikit hi-expectation sama film ini. Karena dulu saat baca novelnya, aku pinjem sahabatku dan aku baca 2 kali, saking serunya. Bahasanya ngalir....dan Ninit menceritakan dengan emosi khas wanita yang kadang happy-nya kebangetan, lalu mendadak sediih banget, kaya orang yang paling menderita sedunia...

Ada bahasa-bahasa dalam batin Tata yang tak bisa diungkapkan kata-kata bahkan ekspresi oleh Acha Septriasa. Dia baguuss siih...meranin tokoh Tata, hingga dapat piala Citra di tahun yang sama karena meranin tokoh ini. Tapi tidak cukup bagus untuk mengekspresikan tokoh Tata dalam novel.
(Sorry, it's just my humble opinion yaa, gess...)

Aah...pokonyaaa,
Ninit ini memang penulis fave kuuuh...

Menurutku, lebih seru baca novelnya ketimbang setelah diangkat ke layar lebar.




Buat yang belum berumah tangga, aku saranin jangan nonton ini deeh...
Hahha...karena ada beberapa adegan yang emm...
Kalau dari perspektif aku yang sudah nikah, bagusnya ini ditonton para newlyweed gittuu...biar siap lahir batin kalau-kalau ada para nyinyiers di luar sanaah...

Kibasin jilbab aje yeee...
Don't take it too deep.


Semoga review singkat ini bisa bermanfaat.


Salam hangat,


58 comments:

feature,

Keseruan Berlibur Ke Disneyland Tokyo

Wednesday, December 26, 2018 lendyagasshi 53 Comments

Bismillah,



Siapa yang masih memiliki inner-child?
Emm, aku rasa...di dalam setiap diri orang dewasa selalu terdapat jiwa anak-anak yaaa...yang playfull, ceria, dan suka berpetualang.

Itu yang aku alami ketika beberapa tahun yang lalu sempat berlibur ke Negeri Sakura, Jepang.

Bersama mas yang kala itu masih berstatus mahasiswa, tentu kami tetap ingin berlibur namun dengan budget yang seminimal mungkin. Bisakah?

Bisa banget....

Di Jepang yang terkenal ramah dengan wisatawan muslim, kami merasa sangat terbantu sekali. Harga untuk masing-masing moda transportasi saja dibedakan antara mahasiswa, umum, anak-anak dan orangtua. Sehingga, begitu menunjukkan kartu sakti (mahasiswa) mas, maka otomatis harga akan dipotong beberapa persen.

Lumayan banget kaan...?


Perjalanan Menuju Disneyland, Tokyo...


Ini adalah kenangan beberapa tahun silam sebenarnya, saat aku belum kenal dunia blogger, sehingga mohon maaf kalau informasi yang saat ini tidak update. Saya bercerita pengalaman saya ketika bermain ke Disneyland tahun 2004, dimana saat itu musim dingin hampir berakhir. Sekitar bulan Februari awal.

Karena rumah mas berada di Yokohoma, izumi-ku, kamiida-cho.  Jadi, kami berangkat dari jam 6 pagi menuju stasiun agar tidak kesiangan sesampainya di Disneyland, Tokyo.

source : pinterest

Jepang yang terkenal dengan ketepatan waktunya, tentu tidak menyurutkan niat kami untuk berangkat pagi. Sekalinya berbarengan dengan orang berangkat kerja, tentu naik kereta di Jepang pun menjadi tidak nyaman.


By the way,
Selain kagum sama kedisiplinan, aku juga kagum sama budaya orang Jepang mengenai kerapihan, kebersihan dan ketertibannya. Bayangkan saja, selama aku naik kereta Jepang, tak banyak terlihat pemandangan orang mengobrol apalagi berisik. Mereka tenang, kalau tidak membaca buku, ya....melihat-lihat handphone yang mereka pegang. Dan untuk masalah telekomunikasi, Jepang ini cukup idealis. Mereka tidak menggunakan produk dari luar. Seperti yang saat aku ke sana, Nokia sama Samsung kan sedang booming-booming nya yaa...

Kira-kira begini penampakan handphone Jepang. Modelnya memang kuno, tapi fiturnya sudah lengkap.
Source : pinterest

Namun kenyataannya, sesampainya di sana...aku dibelikan mas satu handphone khusus, yang hanya bisa digunakan di Jepang saja. Kalau sekarang, istilahnya beli paket bundling. Yang dijual adalah jasa telekomunikasinya, handphone nya mah...hanya dihargai ¥ 1.

Percaya tidak?




Sesampainya di Disneyland, Tokyo


Antrian yang sudah mengular menanti kami. Kurang lebih sama halnya ketika kita ke TMII atau Dufan, Jakarta. Loket pembelian tiket belum dibuka pun, sudah banyak orang yang mengantri.

Jam buka :
08.00 pagi dan tutup jam 10.00 malam



Sembari menunggu pintu tiket dibuka, kami pun sarapan (karena kami membawa bento/bekal dari rumah). Layaknya orang Indonesia pada umumnya, kami juga membawa beberapa camilan berat yang dapat dinikmati ketika kami sudah masuk ke dalam Disneyland. Yaah...berusaha berhemat gituu...

Harga 1-day Passport bermain dari pagi sampai malam di Disneyland Tokyo

Dan kabar baiknya, harga tiket masuk tidaklah sama ketika sahabat lendyagasshi masuk di jam siang atau sore. Pun ketika ingin masuk untuk keesokan harinya, karena tidak sanggup menuntaskan permainan dalam 1 hari.

Ada booking tiket untuk 2 hari, 3 hari bahkan disediakan resort untuk menginap.
Sungguh menyenangkan sekali... Tapi sekaligus penting memperhitungkan budget yang ada yaa...
Hihii~
Karena sudah pasti, harga menginap di Disneyland Resort tidaklah murah.


Disambut dengan ikon kartun Disney, yaitu karakter Mickey Mouse

Beres menyelesaikan semua proses administrasi, kami pun dipersilahkan masuk dengan menunjukkan tiket.
Yeeay~

Disneyland maps of the adventures
Disambut oleh sebuah bola dunia super besar yang (ceritanya) terangkat oleh pancuran air. Bola dunia ini berputar...dan kita bisa melihat, ada di mana negara kamu?

Dari awal masuk saja, aku sudah dibuat terpana.
Dan otomatis, jiwa inner-child ku terpanggil.


Karena masing-masing pengunjung diberikan maps panduan bermain di Disneyland, maka kami tinggal mengurutkan dari yang posisinya paling dekat dengan kami. Dan jangan lupa bahwa setiap hari Disneyland selalu mengadakan parade dan show yang berbeda. Jadi, untuk bisa melihat show yang spektakuler, bisa dipilih hari yang sesuai.

Atraksi dan parade tokoh-tokoh kartun Disney, yang biasanya diadakan sore jam 3 dan malam sebagai penutup, jam 9 malam.


Sebenarnya tidak hanya Mickey dan Minnie yang diunggulkan kalau ke Disneyland, semua dapat porsi yang sama, mengingat fans karakter Disney yang lain juga banyak. Seperti Winnie the Pooh, Donal Bebek, Monster inc, Toy Story, Snow White, 101 Dalmatian, Beauty and the Beast, Cinderella, Lion King, Aladdin, dan masih banyaaak lagi.

Apa tokoh Disney favoritmu, sahabat?


Berkeliling ke Disneyland Tokyo membuat semua orang berasa menjadi anak-anak kembali. Menemukan berbagai macam benda unik sebagai souvenir, dari mulai hal yang sederhana, misalnya baju, topi hingga biskuit yang kita makan, semua berkarakter kartun Disney favoritmu.

Seperti saat aku pingin makan pop-corn kaya gini kemasannya...
Cantik betul kan yaa....

Persis seperti yang aku beli beberapa tahun silam, kotaknya masih awet hingga kini.
source : pinterest

Jangan ditanya bagaimana effortnya membuat dunia Disneyland menjadi sangat menyenangkan... Karena menurutku, saat berada di sini, seperti kata Buzz Lighyear "To Infinity and beyond".

Pasti pada semangat yaa...pingin liburan ke Disneyland Tokyo...?
Biar tambah semangat, coba lihat video cuplikan berikut . . .





Makin mupeng ke Jepang?
Pastinya doonk...karena Disneyland Tokyo merupakan salah satu wahana bermain terbesar dengan tema fairytale, meskipun Disneyland ada di beberapa negara lain seperti Amerika, Hong Kong dan Perancis. 

Merencakan berlibur ke Jepang, tentu bisa dimulai dari sekarang, karena beberapa harga diskon, siap menanti. Salah satu aplikasi yang menyediakan tiket pesawat terpercaya adalah pegipegi.com.


Lelahnya bermain di Disneyland tentu terbayarkan dengan pengalaman yang didapat. Sepulang dari Disneyland, kami naik kereta bawah tanah dengan menempuh waktu yang sama untuk sampai di rumah mas di Yokohama. 
Dan malam itu....aku yakin tertidur pulas sambil bermimpi bermain bersama Mickey, Minnie dan teman-teman Disney lainnya.



Ayoo...
Tunggu apalagi...

Menikmati liburan seru yang tak terlupakan di Disneyland Tokyo, Jepang yuuk....



Salam hangat,




53 comments:

article,

Bongkar - Pasang (Kembali) IUD. Bolehkah?

Thursday, December 20, 2018 lendyagasshi 53 Comments

Bismillah,



Membahas masalah KB ini susah-susah gampang kalau di keluarga kami. Susahnya, karena suami sebenarnya banyak pertimbangan (yang tidak diceritakan dengan saya sekalipun. Tebakan saya, ini kaitannya dengan akidah - yang menjadi pertanggung jawaban di akhirat kelak). Mudahnya, alhamdulillah....saya cocok dengan KB IUD 5 tahunan.

Sebenarnya maksud hati ingin mencari IUD yang masanya lebih lama lagi. Mengingat saya hanya menginginkan 2 anak saja. Namun qodarulloh, bidan tempat kami konsultasi hanya menyediakan KB IUD 5 tahun.

Cerita sedikit yaa...masalah memansang KB IUD ini.
Awalnya saya mantap tidak memasang KB karena percaya bahwa banyaknya anak, tidak akan membuat kami kewalahan. Kami akan selalu riang - gembira menemani kebersamaan bersama ananda.

Qodarulloh,
Allah menguji kami dengan kelahiran berjarak dekat.

Saat saya masih menikmati memberi ASI untuk si kaka yang saat itu berusia 16 bulan, saya dinyatakan positif hamil lagi oleh 2 tanda garis merah pada test-pack.



Di saat itu yang saya pikirkan hanyalah berbagai kekahawatiran. Dari mulai...

"Bagaimana nanti mengurus rumah tanpa art dengan 2 batita di rumah?"
"Kapan masaknya? Kapan beberesnya?"
Pasti cape banget deeh....

Gitu aja yang berputar-putar di kepala saya. Saya lupa bahwa


1. Percaya Allah




“Jika Allah menginginkan kebaikan pada hamba, Dia akan segerakan hukumannya di dunia. Jika Allah menghendaki kejelekan padanya, Dia akan mengakhirkan balasan atas dosa yang ia perbuat hingga akan ditunaikan pada hari kiamat kelak.” _HR. Tirmidzi no. 2396, hasan shahih kata Syaikh Al Albani_ . Nah, bagi temen2 yg sedang merasakan pahit dan beratnya ujian hidup, coba baca 2 hadits di atas, pasti langsung ge-er dan bahagia lagiiiiii ๐Ÿ˜†❤ Ge-er boleh lah ya, kita dikasih ujian sama Allaah ya karena Allaah sayang banget sama kita ❤❤ . Bagi mereka yg beriman, apapun yg dikasih Allaah ke kita itulah yg terbaik bagi kita, dan insyaaAllaah kita kuat menjalani seberapa beratnya ujian yg kita rasakan ๐Ÿ’ช๐Ÿ˜† . Makanya udah sedih2nya lah, nggak usah dramaaaaa, kita happy2 aja saaay ๐Ÿ˜‚✌ . . SILAKAN SIMPAN GAMBAR kalo mau ๐Ÿ˜Š, tapi TOLONG JANGAN HAPUS WATERMARK dan atau JANGAN DICETAK DAN DIPERJUALBELIKAN TANPA IZIN ya gaes, terimakasih banyaaak ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜๐Ÿ™ (maapkeun capslock jebol ๐Ÿ˜…) . . . . . #artwork #visualart #kidsbooks #design #handpainting #handdrawing #childrenillustration #graphicdesign #dailydaawah #kidsfashion #pastelscolors #like4like #illustration #illustrator #likeforlike #illustagram #scriptlettering #kidspose #design #love #typography #cute #children #thegoodtype #moderncalligraphy #brushscript #styling #handletteringpractice #brushlettering #handlettering
A post shared by Hindi C. Soedarno (@hindipendent) on



2. Percaya Suami
Bahwa ada doa suami di setiap kehamilan. 
Dan tidak perlu mengkhawatirkan rejeki sama sekali, karena rejeki masing-masing makhluk Allah sudah ditentukan bahkan 50.000 tahun sebelum diciptakan.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ูƒَุชَุจَ ุงู„ู„َّู‡ُ ู…َู‚َุงุฏِูŠุฑَ ุงู„ْุฎَู„ุงَุฆِู‚ِ ู‚َุจْู„َ ุฃَู†ْ ูŠَุฎْู„ُู‚َ ุงู„ุณَّู…َูˆَุงุชِ ูˆَุงู„ุฃَุฑْุถَ ุจِุฎَู…ْุณِูŠู†َ ุฃَู„ْูَ ุณَู†َุฉٍ

Allah telah mencatat takdir setiap makhluk sebelum 50.000 tahun sebelum penciptaan langit dan bumi.” 
(HR. Muslim)

Karena kalkulasi manusia tentu berbeda dengan kalkulasi Allah. Yang perlu ditekankan di sini adalah akidah terhadap prasangka kepada Allah. Sudah sesuaikah?


3. Supporting System
Alhamdulillah, saya kalau melahirkan suka pulang kampung, alias ke rumah orangtua di Surabaya. Jadi, semua keluarga membantu saya recovery lebih cepat daripada jika saya sendiri. Masih teringat jelas pengalaman lahiran anak pertama, dimana saya tidak punya pengalaman sama sekali dalam mengurus bayi.

Saya terlahir sebagai anak bungsu dari 4 bersaudara. Jadi rasanya momong anak kecil ya...baru setelah benar-benar mempunyai anak seperti saat ini.

Terharuuu sekali rasanya ketika Ibu, Babe, Mama, Papa, kakak hingga adik-adik (dari suami) bahu membahu membuat saya gembira lagi. Dari mulai mengirimi saya berbagai masakan homemade, kado untuk beibi Ai dan segala perintilan-perintilan njelimet new parent.


Ketiga alasan di atas yang membuat saya kuat dan membulatkan tekad untuk memasang alat kontrasepsi agar kelahiran berikutnya terencana dengan baik.


Macam - macam alat kontrasepsi :

Alami :
Menyusui aktif (hingga 2 tahun)
KB Kalender

Hormonal :

Pil KB - diminum setiap hari, menyesuaikan siklus menstruasi
Suntik - ada yang dilakukan tiap 3 bulan sekali ataupun sebulan sekali (tergantung kecocokan)
KB Susuk / patch / Implan - dipasang per-3 tahun sekali

Non-Hormonal :
IUD (Intra-Uterine Device) - ada masa pemakaiannya, yaitu selama 5 tahun

Penghalang Fisik :
Kondom - tersedia kondom pria dan kondom wanita
Spermisida 
Diafragma
Cincin vagina
Koyo Ortho-Evra
Cervical cap
Dikeluarkan di luar


Ternyata banyak jalan menuju Roma kan yaa, sahabat.
Jadi,

Kenapa saya mantap ber-KB IUD?

1. Karena masa pasangnya yang lama
Jaman dulu, KB IUD ada pilihan masa pasangnya, yaitu : 5 tahunan, 8 tahunan, bahkan ada yang seumur hidup. Tapi sekarang, KB IUD hanya diperbolehkan 5 tahun oleh para tenaga medis. Tentu dengan alasan yang baik, agar leher rahim kembali seperti semula.

2. Karena tidak perlu mengingat-ingat
Kalau KB pil kan, saya harus ingat setiap hari minum pil di jam yang sama.
Jika lupa, resikonya minum 2 sekaligus di keesokan harinya. Jika lupa lagi, minum sejumlah hutang yang terlupa. Bayangkan kalau saya lupa berhari-hari?

Hiiks~
Saya bukan tipe wanita yang punctual.

3. Karena non-hormonal
Saya adalah tipe perempuan yang mudah banget gemuk. Kalau orang-orang gemuknya karena makan, saya karena napas aja, langsung gemuk. Wkkwk~ lebbaii yaaa, cyiin...?

Maka dari itu, saya menghindari KB Hormonal, yang mana kata kebanyakan orang, salah satu efeknya adalah gemuk. Efek lainnya, kulit jadi mudah jerawatan atau menjadi lebih gelap.

Ada yang pernah mengalami jugakah?

4. Kalau tidak cocok, bisa segera dilepas
Bayangkan kalau KB suntik... Jika tidak cocok dengan tubuh, maka perlu menunggu sampai dosis obatnya habis dulu, selama 1 atau 3 bulan, tergantung pemilihan suntiknya. 

5. Karena ridlo suami
Ini penting yaa, sahabat. Dimana saya sekarang tidak menentukan apapun on my own. Saya punya suami tempat saya bersandar. Jadi, apapu keputusan yang saya ambil, saya pastikan untuk memberi tahu beliau dahulu.



Mulailah kami mencari-cari referensi memasang IUD yang nyaman. Bagi saya, dokter kandungan wajib perempuan. Karena saya berada di kota besar, yang in syaa Allah tidak sulit mencari dokter spesialis kandungan.

Pilihan saya jatuh pada
RS Sariningsih
Jalan R.E. Martadinata No.9, Citarum, Bandung

Bersama Dr. Surjati Gartini SPOG.


Alasannya simple siih....karena itu Rumah Sakit yang paling dekat dengan rumah kami saat itu. Dengan waktu tunggu yang tidak begitu lama, dan tempat yang nyaman, memungkinkan saya tetap bermain bersama anak-anak. Dokternya juga tidak banyak berbicara dan tenang, sehingga membuat pasien merasa tenang juga.

Alasan lain adalah masalah biaya.
Pemasangan IUD di RS. Sariningsih tergolong murah. Waktu itu, tahun 2013, hanya dikenakan biaya sekitar Rp 300.000,- an, sudah termasuk resep.

Obatnya untuk apa?
Hanya diminum jika merasa sakit atau nyeri.

Yang dirasakan pertama kali ketika memasang IUD adalah nyeri di bagian perut. Tapi bagi perempuan yang pernah melewati masa-masa nyeri haid atau melahirkan, saya rasa, nyeri saat habis dipasang IUD tidak begitu mengganggu. Hanya mungkin ada perasaan takut yaa...saat ke toilet.

Tenang saja, Bunda...

Bunda tidak akan merasakan apa-apa, apalagi bila dokter kandungannya memotong habis benang yang ada di IUD. Seperti ini niih...penampakan si KB IUD Nova-T.



Waktu pemasangan KB IUD ini pun tidak begitu lama kok..Bunda.
Kurang dari 5 menit.
Yang bikin lama biasanya adalah pengkondisian Bunda saat mau memasang dan observasi.

Lalu setelah pasang KB IUD disarankan untuk rajin kontrol.
Seminggu setelah pemasangan, lalu sebulan kemudian, lalu 3 bulan kemudian dan terakhir, tiap 6 bulan sekali diperiksa. Apakah si KB IUD masih berada di tempat yang tepat?

Efek dari pemakaian KB IUD :
Menstruasi melimpah pada awal-awal

Setelah pemakaian 5 tahun, maka saya berniat untuk melepas, kemudian memasangnya kembali. Hehehe~ Alasannya, karena saya merasa cocok menggunakan KB IUD ini.


5 tahun kemudian sejak tahun 2013....
Ya, tahun ini, 2018.


Waktunya saya kembali melepas KB IUD yang sudah dipasang. Karena saya baru saja pindahan, jadi suami menyarankan untuk mencari klinik atau Rumah Sakit dekat rumah saja agar waktunya bisa desuaikan dengan aktivitas saya.

Alhamdulillah,
Dekat rumah ada klinik yang bidannya ramah, sehingga saya merasa nyaman dan dengan mantap, saya akan melepas KB IUD.



Bagaimana perasaan saya saat KB IUD dilepas . . . ?


Sejujurnya, rada sedikit nyeri.
Tapi tidak se-sakit seperti yang dibayangkan. Padahal kasus saya, benang KB IUD sebelumnya, dipotong habis oleh Dokter tempat saya memasang KB. Alasannya, tentu agar membuat pasangan lebih nyaman saat berhubungan. Namun efek negatifnya adalah menambah waktu pelepasan KB IUD.

Teteh bidannya (karena masih muda banget, tapi alhamdulillah sudah sangat berpengalaman) dengan tenang meminta saya menarik napas panjang ketika tangannya menekan perut bagian bawah. Dan...gak lebih 2 menit, KB IUD yang lama terangkat. Saya ditunjukkan sama teteh bidan, tapi sudah terlanjur pusing duluan. Hahhah~

Lalu,
Dilihat keadaan rahim saya, dan sepertinya memungkinkan untuk dipasang KB IUD kembali.


Harus menunggu berapa lama . . . ?


Bisa langsung dipasang saat itu juga. 
Jadi begitu dilepas, teteh Bidan mengambil KB IUD yang baru dengan masa pemakaian selama 5 tahun, seperti sebelumnya.

Berikut beberapa keuntungan dan kekurangan menggunakan KB IUD.
Source : sekata.id


Waktu pemasangan tidak sampai 5 menit, alhamdulillah lancar.
Total pelepasan dan pemasangan kembali KB IUD plus konsultasinya, kira-kira 20 menit.

Cepet yaa...

Begitu saya selesai, anak-anak yang tengah menunggu saya masih asyik bermain bersama kucing. Tak terasa kalau sedang ditinggal mamaknya periksa. Hihii~


Biaya nya berapa ?

Masalah biaya ini sepertinya tergantung pihak rumah sakit atau kliniknya yaa...
Karena pas ada temen blogger yang curhat, habis lahiran anak ketiga, ia memutuskan untuk pasang KB, mengingat jarak usia anak pertama hingga ketiganya sangat dekat.

Dengan bantuan dokter spesialis kandungan ditambah lagi dilakukan di Rumah Sakit yang memiliki "nama besar" sehingga harga pemasangan KB IUD mencapai Rp 800.000 - 900.000,-

Sedangkan saya, yang hanya dilakukan oleh Bidan dan di klinik, maka biaya pelepasan sekaligus pemasangan kembali plus obat (hanya diminum jika saya merasa mual atau pusing, dan ini terjadi karena adaptasi yang kira-kira membutuhkan waktu kurang lebih 4-5 hari paling lama) sebesar 
Rp 300.000,-


Cukup murah bukan?
inexpencive dan semoga menjadi salah satu cara untuk mengatur jarak kelahiran.

Agar Ibu dan anak-anak juga merasa tercukupi segala kebutuhan lahir batinnya. Tidak melulu mengurus bayi.
Maaf bagi yang tidak sependapat. Karena ini khilafiyah...

Kalau saya pribadi, mengambil keputusan atas dasar ketaatan kepada suami. Semoga Allah mudahkan, lancarkan dan lindungi selalu keluarga kecil kami.



Ada yang punya pengalaman yang samakah mengenai pemasangan kembali KB IUD yang tidak berjarak?
Boleh berbagi di kolom komentar yaa...


Oia,
1 lagi tips dari saya... Selama pemasangan KB IUD, tidak ada pantangan, seperti tidak boleh mengangkat berat, karena sejatinya, perempuan itu sudah dibri fitrah. Fitrah ini yang harus dijaga. 
Boleh mengangkat berat asalkan bukan yang di luar kemampuan. Kalau galon bagaimana? 

Angkat galon juga saya lakukan, tapi setinggi apa yang harus diangkat. Kalau terlalu tinggi, saran saya lebih baik minta bantuan. Dan...jangan terlalu kelelahan.
Karena ini urusannya sama perut, sesuatu yang tidak terlihat (ghaib).

Selain itu,
Rutin periksa posisi KB IUD paling tidak, seminggu setelah pemasangan dan setelah dipakai berhubungan dengan suami. Karena ini menentukan, apakah KB IUD terpasang sempurna atau bergeser.

Setelah seminggu pemeriksaan, sebulan kemudian. Lalu setelah itu 6 bulan kemudian...

Kalau saya pribadi,
Hihii...beres sebulan pemeriksaan, 6 bulan kemudian saya absen, tidak periksa. Emm, jangan ditiru yaa...sahabats.


Sekian dulu tips dari pengalaman saya selama ini memakai KB IUD.
Sejatinya :

ูˆَุนِู†ุฏَู‡ُ ู…َูَุงุชِุญُ ุงู„ْุบَูŠْุจِ ู„َุง ูŠَุนْู„َู…ُู‡َุง ุฅِู„َّุง ู‡ُูˆَ ูˆَูŠَุนْู„َู…ُ ู…َุง ูِูŠ ุงู„ْุจَุฑِّ ูˆَุงู„ْุจَุญْุฑِ ูˆَู…َุง ุชَุณْู‚ُุทُ ู…ِู† ูˆَุฑَู‚َุฉٍ ุฅِู„َّุง ูŠَุนْู„َู…ُู‡َุง ูˆَู„َุง ุญَุจَّุฉٍ ูِูŠ ุธُู„ُู…َุงุชِ ุงู„ْุฃَุฑْุถِ ูˆَู„َุง ุฑَุทْุจٍ ูˆَู„َุง ูŠَุงุจِุณٍ ุฅِู„َّุง ูِูŠ ูƒِุชَุงุจٍ ู…ُّุจِูŠู†ٍ



Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz)
(QS. Al-An'am : 59)



Semoga bermanfaat.

Salam hangat,



53 comments:

article,

8 Kecerdasan Majemuk Anak. Dominan Yang Manakah?

Monday, December 17, 2018 lendyagasshi 76 Comments

Bismillah,



Mendampingi tumbuh kembang anak bagi orangtua adalah sesuatu yang sangat berharga. Bisa melihat mereka tumbuh, tidak hanya dari segi fisik, tapi juga berbagai kecerdasannya, tentu merupakan kepuasan tersendiri. Memantau tumbuh kembang ini bisa membuat orangtua lebih aware bila ada sesuatu yang tidak pada tempatnya.

Karena itu, saya selalu membaca tabel pertumbuhan dengan seksama. Dari yang general hingga yang detil seperti di bawah ini.

Stimulasi yang diberikan 

Misal :
Saat usia anak baru lahir, tentu yang bisa dilakukan hanya berkomunikasi melalui suara. Karena matanya belum jelas melihat lingkungan. Jadi, perbanyak berbicara, bercerita dan berkata yang baik. Sama saat ketika sedang hamil.

Anak dalam rahim bisa membedakan antara suara Bunda dan Ayah, saat gelap dan terang, dan mengenali perasaan Ibu saat mengandungnya.

Setelah lahir, yang perlu dipantau dari pertumbuhan fisiknya adalah 


Memasuki anak usia pra-sekolah, tentu makin banyak checklist Bunda mengenai perkembangan motorik kasar dan halus anak. Begini stimulasi 8 kecerdasan menurut Howard Gardner :


Word Smart (kecerdasan linguistik)
Bisa di stimulasi melalui seringnya orangtua mengajak berbicara, menanyakan pendapat dan memecahkan solusi yang paling mudah.

Karena memberikan anak-anak berpikir saat mengambil keputusan adalah sebuah learning skill yang harus diasah sejak dini.


Termasuk saat ada pertengkaran kecil dengan saudaranya. Bunda tidak perlu buru-buru langsung menengahi, karena sebenarnya anak-anak bisa menyelesaikan dengan cara mereka sendiri. Yang Bunda lakukan hanyalah mengapresiasi kehebatan anak saat masalah telah diselesaikan dengan baik.


Number Smart (kecerdasan logika / matematik
Bisa di stimulasi dengan cara yang sangat sederhana. 
Misalnya, saat sedang jalan-jalan, anak diminta untuk menghitung jumlah kendaraan yang lewat. Atau menghitung jumlah kue yang dibeli dan setelah dimakan.


Self Smart  (kecerdasan intrapersonal)
Kecerdasan untuk memahami dirinya sendiri. 
Ini tidak mudah bila orangtuanya tidak paham bagaimana menanyakan perasaan anak dan senantiasa terburu-buru dalam berkomunikasi.

Layaknya orangtua di kota besar, yang selalu dikejar oleh waktu, deadline dan macet. Kecenderungan anak-anak berjiwa kosong, bagaikan ber-orangtua, namun tak ber-Ibu dan ber-Ayah.


Jadi untuk melatihnya, Bunda dan Ayah harus lebih banyak mendengar serta menanyakan “Apa yang kamu rasakan saat ini?

Sehingga anak bisa menamakan jenis emosi yang sedang dirasakan. Seperti “Aku sedang sedih.



People smart (kecerdasan interpersonal)
Kebalikan dari Self Smart, yaitu orang yang pandai bergaul di masyarakat. Ia akan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, mudah bekerjasama dan berempati.


Cara mengasahnya adalah dengan role-play (atau bermain peran).
Bisa menggunakan boneka atau memainkan peran tertentu. 
Misalnya, menjadi orangtua yang perlu banyak dibantu atau memerankan penjual - pembeli.


Music Smart (kecerdasan musikal), 
Tentu ini berkaitan dengan kepintaran anak mengenali sebuah nada dalam lagu yang didengar kemudian dinyanyikan.

Bentuk menirukannya tidak harus melalui dinyanyikan dengan suara, namun bisa juga melalui gerakan yang sesuai atau ketukan alat musik lain yang seirama.



Picture Smart (kecerdasan spasial), 
Siapa sih yang gak suka menggambar?
Terutama anak-anak niih...pasti saat usia 12 bulan, yang diajarkan adalah motorik halusnya dengan cara memegangkan alat tulis.

Namun,
anak yang cerdas menggambar, tahapan awal saat mulai dikenalkan alat tulis adalah mampu mempertemukan kedua garis dengan cara melingkar (membuat lingkaran sempurna bertemunya dua titik awal dan akhir). Terlepas dari bentuk lingkarannya sempurna atau tidak.


Cara melatih kecerdasan ini adalah pada awalnya bisa diminta anak untuk memperkuat otot tangan dengan cara meremas kertas, merobek-robeknya hingga meremas benda lembut seperti busa (squishy).

Setelah makin terlatih, pelan-pelan dikenalkan dengan alat tulis seperti pensil, spidol, krayon dan lain-lain. 


Body Smart (kecerdasan kinetik),
Ini juga termasuk kecerdasan alami anak. Anak yang tidak bisa diam, senantiasa berlari dan melakukan aktivitas fisik, seperti memanjat, bergantung, dan lain-lain.


Orangtua harus senantiasa sabar mengawasi dan mengingatkan bahaya atau tidaknya lingkungan tempat bermain anak. Tidak perlu melarangnya yaa, Bunda…

Karena membatasi ruang gerak anak kinestetik sama dengan mematikan bakatnya.

Justru dengan kita memberikan fasilitas seperti halaman bermain yang luas (taman bermain) atau pasir, bisa memudahkan mereka bereksplorasi. Makin banyak kecerdasan ini diasah, maka semakin baik untuk daya tahan tubuhnya.


Nature Smart (kecerdasan naturalis)
Kecerdasan anak-anak yang sering diajak bermain di luar rumah. Anak-anak seperti ini mudah beradaptasi dengan alam. Melihat binatang, tidak takut kotor dan bebas berlari ke sana-kemari mengejar hewan kesukaannya.



Semua kecerdasan tentu dimiliki oleh masing-masing anak. Namun ada beberapa anak yang menunjukkan kecenderungan terhadap sesuatu. Ini bisa dilihat ketika sudah memasuki usia pra-sekolah, antara usia 4-6 tahun.

Tentu jika kita mendampingi anak-anak sejak kecil akan tahu, dimana kelebihan anak tersebut. Ia tidak akan berhenti bermain sepanjang masih memiliki energi.

Naah...di sinilah peran orangtua.
Memberikan dan menyediakan energi yang cukup untuk aktivitas harian anak. Semakin besar, anak tentu semakin membutuhkan banyak asupan pendamping selain makanan pokok.




Sejak kecil, kaka dan Hana (yang kini berusia 4 tahun) sangat antusias bila dibacakan buku cerita dan menggambar. Jika saya ajak ke sebuah acara, yang mereka bawa adalah kertas, buku dan alat gambar. Kedua anak saya kompak terlihat berbinar ketika melakukan kegiatan tersebut.

Maka untuk menumbuhkan bakatnya itu, saya makin rajin membelikan buku-buku edukasi yang sesuai dengan usianya. Jika dirasa masih kurang, saat sekolahnya tidak masuk full day, maka saya ajak menghabiskan waktu di perpusataan.

Mereka betah sekali.
Tentu sesekali bermain lari-larian dan perosotan yang disediakan pihak perpustakaan, dan karena serunya bermain, mereka tidak sekalipun mencari gadget.



Anugerah ketika memiliki anak dengan jarak usia dekat adalah mereka bisa saling menularkan kebiasaan baik. Kaka selalu membacakan Hana buku cerita. Sedangkan Hana setelah dibacakan, biasanya diceritakan kembali kepada Abinya sepulang bekerja.



Karena didukung oleh nutrisi Fish Oil (minyak ikan 0,32%), Asam ฮฑ-linolenat (Omega 3) dan Asam linoleat (Omega 6), maka anak tercukupi nutrisi hariannya saat melakukan segala aktivitas padatnya sehari-hari. 

Bebelac Gold juga mengandung :

13 Vitamin dan 7 Mineral
Tinggi serat pangan. 
Karena dibuat dengan FOS : GOS 1 : 9 dan pati jagung (corn starch) 1,07%.


Terpenuhinya nutrisi ini membuat anak tumbuh dengan tanggap lengkap.


Ayo, Bunda…
Dukung si kecil Grow Them Great bersama Bebelac Gold 3 rasa madu yang lezat. Dengan mengkonsumsi 3 kali sehari.

Cara membuatnya sangat mudah :



Gak sampai 3 menit, taraaa
Susu Bebelac Gold siap dinikmati adik Hana.

Sstt...rasa susunya yang tidak terlalu manis, mambuat Hana senang dan cepat menghabiskan susu Bebelac Gold.


Bagaimana Bunda?
Apakah Bunda punya pengalaman yang sama dalam menumbuhkan kecerdasan ananda?
Berbagi di kolom komentar yuk…



Semoga bermanfaat.


76 comments:

article,

Rambut Bermasalah? Lakukan Rosemary Hair Treatment

Monday, December 03, 2018 lendyagasshi 73 Comments

Bismillah,

Coba.....coba....ada yang bisa menyebutkan apa saja masalah rambut?
๐Ÿ’‡ Rambut rontok
๐Ÿ’‡ Berketombe
๐Ÿ’‡ Berkutu
๐Ÿ’‡ Beruban
๐Ÿ’‡ Mudah patah/rapuh
๐Ÿ’‡ Ujung rambut bercabang

Ada yang mengalami masalah tersebut lebih dari satu?



Sejujurnya, aku termasuk perempuan yang memiliki masalah rambut lebih dari satu, sahabat.
Sejak menikah dan memiliki anak, aku sama sekali melupakan perawatan bagian tubuh yang katanya adalah mahkota bagi wanita ini. Hiiks~
Sedih pasti lah...ketika kian hari, kian banyak rambut yang menyerah di kepalaku. Rasanya tiap mau nyisir rambut, bawaannya cirambai aja gituu...

Sampai pada titik nadhir niih...aku abis keramas, gak pakai sisir lagi untuk menyisir rambut. Aku pakai apa, guys...??

Yup,
Pakai tangan.

Cukupkah?
Ya engga laah....yang ada, rambut malah makin kusut dan sulit diatur. Makin ditarik, makin banyak yang berguguran. Huhuuu~


Berkenalan dengan Lineation Centre


Bertemu dengan kakak blogger, Nchie Hanie di hari yang penuh berkah, karena sedang hujan pada hari itu. Dan beliau menuntun (hihi...menuntun yaak?) untuk perawatan rambut di Lineation Salon by Lineation Centre.


Jadi yaa...
Yang aku kira Lineation Aesthetic Centre itu hanyalah tempat merawat kecantikan wajah dan perawatannya, aku salah, guys...

Lineation juga punya salon, bedah plastik dan rekonstruksi aesthetic, perawatan gigi dan orthodontis, fisio-therapy, akupunktur, hingga psiko genologi dan biometrik.

Menarik yaa...?
Dan sebenarnya aku gak baru kenal sama Lineation loo...Pernah sekali dulu ikutan seminarnya. Dan memang selain menyediakan jasa di bidang estetika, juga seminar mengenai kesehatan yang seru banget untuk diikuti. Karena kesehatan erat kaitannya dengan pola hidup, kedisiplinan hingga karakter seseorang. Unik yaa...




A post shared by Lineation Aesthetic Centre (@lineation.id) on



Lineation Salon

Letaknya bersebelahan dengan Lineation Centre, sangat mudah ditemukan bila sudah berada di Jalan Lemah Nendeut no. 10, Bandung.




Keistimewaan Lineation Salon :

๐Ÿ’“ Tempat Private; Tertutup
Cocok buat muslimah berhijab bahkan yang pakai niqab.



๐Ÿ’“ Treatment by Appointment
Kalau mau nyaman menjalani treatment di Lineation Salon, disarankan untuk bikin janji dulu sama therapist di sana. Karena menghindari kemungkinan menunggu dalam waktu yang lama.

๐Ÿ’“ Ditangani oleh Tenaga Profesional
Semua yang berada di Lineation ditangani oleh tenaga profesional. Dari mulai para dokter hingga terapistnya. Seperti aku yang menjalani Rosemary Treatment yaitu perawatan untuk mengatasi rambut rontok, kering, dan mudah patah ditangani oleh teteh yang baik hati dan ramah.



๐Ÿ’“ Pelayanan Ramah
Begitu masuk ke dalam Salon, kamu akan disambut oleh teteh-teteh yang siap membantu mendengarkan apa kebutuhan dan keluhanmu. Dan tentu, disesuaikan dengan budget yang dimiliki.




Pengalaman Pertama Perawatan Rosemary Hair-Treatment


Pertama kali masuk Lineation Salon, tentu tetehnya sudah tahu masalah aku dimana. Rambut rontok dan super tipis ini, jadi penyebabnya. Dan langsung ditawarkan perawatan Rosemary. Karena apa?

Karena menggunakan produk terbaik racikan para ahli di Lineation Salon yang bermafaat untuk :

✔ Menguatkan akar rambut
✔ Menebalkan batang rambut
✔ Mempercepat pertumbuhan rambut baru
✔ Membersihkan sekaligus mencegah ketombe datang lagi

source : https://lineation.id/

Pertama :
Keramas menggunakan shampoo Rosemary.



Wangi:
Shampo nya memiliki wangi gak berlebihan. Kalem dan menenangkan.
Ternyata filosofi Rosemary adalah bunga yang memiliki wewangian sederhana namun tidak terlupakan. Bikin kamu baper kaaan....

Setelah keramas....didiamkan dulu selama kurang lebih 10-15 menit.
Karena di shampo Rosemary tersebut ada kandungan yang ditambahkan untuk membuat rambut tidak mudah rontok.

Sembari menunggu, di Lineation bisa sambil bersantai dan sekali lagi, ke sininya jangan bawa-bawa masa lalu yaak...hahaha...karena yang diputar lagu-lagu 90an, macam Westlife, N'Sync, Back Street Boys, Blue, Savage Garden. Nah looo....


Kedua :
Teh Euis akan bantu kita membilas shampo yang didiamkan tadi dengan air hangat.
Duuh...ini bagian yang paling saya suka...karena sembari dipijat-pijat ringan yang sebenarnya persis seperti diusuk-usuk siih...

Hahha...
Bahasa Indonesia diusuk-usuk teh...diusap lembut.

Lalu dipasang handuk dan diikat ke belakang. Nyaman bangeett....


Ketiga :
Aku diajakin pindah ruangan sama teh Euis. Ke ruangan yang lebih private. Yang tadi keramas juga uda cukup private looh...
Dan sekarang, masuk lagi ke dalam Lineation Salon. Ada kaca di depan yang membuat kita tahu sedang diapain niih...


Disisir menggunakan Sisir High Frequency, yang ternyata memiliki banyak manfaat :
⛅ Menghentikan kerontokan rambut dan mampu merangsang pertumbuhan rambut baru
⛅ Mempercepat metabolisme jaringan serat yang menyebabkan kulit bisa bernapas
⛅ Membantu menenangkan saraf-saraf rambut
⛅ Sebagai alat pemijat



Gak berasa seperti dipijat yang sebenarnya siih...tapi bener-bener nyaman saat disisir karena sebenarnya penggunaannya hanya di tempel-tempel ke kulit kepala.


Keempat :
Pemberian serum.


Istimewanya perawatan di Lineation Salon ya ini...ada bahan-bahan rahasia yang gak akan ditemukan di luar. Serum ini hanya diberikan saat perawatan di Lineation Salon lhoo...

Lalu kembali ditutup dengan handuk sembari di steam.
Proses ini sekitar 10 menit.


Kelima :
Beres di steam, akunya yang diminta berganti baju. Karena akan dilakukan pijat. Dan pijatnya unik loo...karena gak sambil tiduran. Cukup duduk di kursi pijat yang nyaman dan teh Euis bakalan bantu kita untuk relax sejenak... Dari tangan kanan-kiri lalu punggung dan pundak.

Bisa sampai ketiduran gak?

Hahhah~
Aku engga...mungkin karena aku sangat menikmati pijatan teh Euis yaa...

Biasanya teteh sambil ngajakin ngobrol...
Seru aja gitu...

Berapa lama dipijatnya?
Sekitar 25-30 menitan. Lumayan lama kan yaa...


Terakhir....
Dikeramas lagi untuk membersihkan sisa serum tadi dan dikeringkan menggunakan hair-dyer.



Beres perawatan...
Rambut jadi supeer lembuutt, wangi dan jatuh banget. Pas sampai di rumah, anak-anak sama suami happy banget, lihat emaknya bahagia goyang-goyangin kepala.
Hhahaa~

Akutu se-norak itu memang, guys...


Kamu pingin ikutan perawatan Rosemary Hair-Treatment jugaa...?
Yuuk aah~


Lineation Salon


Alamat :
Jl. Lemah Nendeut No. 10
Setrasari, Bandung 40164
Jawa Barat






Lineation Centre Care :
0812 2190 6850
(022) 2010 593


IG :

@lineation.salon
https://www.instagram.com/lineation.salon/



Harga Perawatan Rosemary Salon :
Rp 295.000,-/treatment 

atau 

Rp 1.580.000,-/paket
Perawatan selama sebulan dengan kehadiran seminggu sekali on appointment.

Plus mendapat 1 botol shampo Rosemary beserta 2 botol hair tonic Rosemary untuk perawatan di rumah.



Say bye for hair-fall....๐Ÿ‘‹



Salam hangat,


73 comments: