Resep Dokter Jika Mengalami Infeksi Saluran Kemih

Bismillah,

Holaaa sahabat lendyagasshi...
Akutu di postingan kali ini mau curhat soal kebiasaan buruk aku niih... Semoga sahabat lendyagasshi gak ada yang kaya aku yaaa...

Jadi,
akutu termasuk orang yang males minum. Kalau uda kebelet pipis, suka pilih-pilih toilet. Kalau gak nyaman, aku lebih milih nahan pipis. Ada aja alasan aku untuk gak ke kamar mandi. Padahal mah...kalau ngasih nasihat ke anak-anak,

๐Ÿ™ทJangan suka nahan pipis (atau pup) nanti sakit looh...
Dimana aja, kalau sudah terasa, segera ke toilet yaa...๐Ÿ™ธ


Laah...
Nasihat tinggal nasihat kalau itu balik lagi ke diriku sendiri.



Pernah kena penyakit anyang-anyangan gak ?


Pertama kali yang terasa (sangat) menyakitkan adalah pas hamil pertama anak pertama. Ya Allah... tiap pipis ototnya kaya yang kerja keras banget....tapi keluarnya sedikit. Udahannya, si otot pipis gak bisa otomatis relaks, masih aja tegang. Jadi bikin sakit....

Karena sakit ini terjadi di trimester ketiga, aku semakin berat kalau diajak bepergian. Selain perutku yang sudah semakin membuncit (aku kalau hamil gak pernah kecil, selalu naik 20 kg), juga karena kebiasaanku yang pilah-pilih kamar mandi ini.

Waktu itu, aku inget banget pas konsultasi ke dokter kandungan. Beliau gak memberi resep apapun kecuali,

๐Ÿ™ทBanyak minum
dan pipisnya jangan ditahan yaa, Bu...๐Ÿ™ธ


Antara sebal (karena tidak diberi resep obat) sama lega, karena dokternya tidak asal memberi obat. Hahhaha~ ambigu yaa...

Gitu deeh...



Dan 2018 lalu....
Terjadi lagi, sahabat...๐Ÿ˜ญ



Aku mulai terasa tidak nyaman lagi dengan kondisi kandung kemihku ini. Anyang-anyangan, istilah Jawanya. Tapi istilah medisnya, ISK atau Infeksi Saluran Kemih.

ISK adalah infeksi bakteri yang menyerang daerah saluran kemih. 

Kebanyakan terjadi pada wanita, karena saluran uretra wanita lebih pendek dibanding laki-laki. sehingga bila ada bakteri yang menempel, bakalan cepet banget transfernya ke kandung kemih.




Karena ikhtiar dipijat dan segala macam sudah dilakukan, akhirnya aku menyerah...
Aku diantar suami ke Rumah Sakit Hermina, Arcamanik dan mengantri di unit Gawat Darurat. Karena kondisi saat itu, hari sedang libur tanggal merah, sehingga tidak ada pilihan lain.

Dan tahu yaa...pelayanan kesehatan saat hari libur justru lebih ramai. Sehingga antrian pun panjang, membuat aku kurang nyaman (gak bisa sambil lesehan, bobok-bobokan, gitttuu...heehhe~ )


Saat diperiksa . . .
Dokter jaganya sedikit mengetuk bagian belakang pinggangku, dan ditanya "Sakit..?"

Aku jawab, "Engga, dok..."

Lalu dokternya pun langsung bisa menyimpulkan "Oke, Ibu engga ada apa-apa. Saya kasih resep, nanti antibiotiknya dihabiskan yaa... Dan satu lagi obat saya kasih bila nyeri saja saat pipis. Kalau nyerinya sudah hilang, tidak perlu diminum."


Ternyata kata dokter Laura (yang memeriksaku saat itu), jika bagian belakang pinggulku dipukul terasa sakit, maka ada yang terjadi dengan ginjal dan membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut.


Gejala lain yang dapat dilihat biasanya air seni menjadi berwarna keruh, gelap, bahkan saat pipis berdarah, atau berbau aneh. 

Penderita ISK juga cepat merasa lelah, demam, hingga menggigil
Jika sampai menggigil berarti infeksi bakteri telah menyebar hingga ke ginjal.


Serem yaa...


Jadi ini resep yang diberikan dokter Laura untukku :

1 kaplet (isi 10 tablet)   : BAQUINOR FORTE 500 mg

Kategori : Obat Antibiotik (harus dengan resep dokter)
Kandungan : Ciprofloxacin 500 mg
Diminum sesudah makan 2 x sehari 1 tablet dan dihabiskan

Harga : Rp 173. 250


1 kaplet (isi 10 kapsul) : UROGETIX KAPSUL 1000 mg

Kategori : Obat keras (harus dengan resep dokter)
Kandungan : Phenazopyridine HCl
Diminum sesudah makan 2 x sehari 1 kapsul, jika nyeri

Harga : Rp 32.000




Kenapa aku menulis ini?

Karena hari ini, sepertinya aku mulai merasa tidak nyaman lagi saat buang air kecil (lagi). Jadi sekalian mengingatkan, bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati.


Pencegahan terbaik :

* Minum air putih, minimal 8 gelas sehari
* Jangan males ke toilet
* Membersihkan area kewanitaan dari depan ke belakang
* Membersihkan dahulu toilet yang akan digunakan
* Menghindari produk kewanitaan yang mengandung bahan kimia
* Selalu mejaga kebersihan area kewanitaan (dengan mencuci bersih pasca berhubungan dan pasca buang air kecil ataupun buang air besar)


Apakah sahabat lendyagasshi ada yang pernah mengalami kejadian yang sama seperti aku?
Gimana....gimana...kasih tipsnya doonk...biar gak kambuh-kambuh lagi.


Semoga gak perlu minum obat lagi yaa..
Dan bisa sehat selalu.

Dan jangan lupa, jika sakit...itu berarti Allah sayang dengan hambaNya.
Karena ingin lebih dekat dengan hambaNya.
MashaAllah~



๐Ÿ‘ฉ‍⚕️Pengobatan ala Rosululloh Bismillah, ู‚َุฏَّุฑَ ุงู„ู„َّู‡ُ ูˆَู…َุง ุดَุงุกَ ูَุนَู„َ Qaddarallahu Wamaa Syaa-a Fa’ala Badan mendadak tidak fit menjelang malam. Sambil mengolesi balsem ke titik-titik yang dirasa sakit dan melakukan berbagai aktivitas agar rasa sakit di kepala ini tidak terasa... Sembari istighfar juga... Karena sakitnya orang mukmin (semoga) menjadi penggugur dosa. Aamiin. Merasa sudah diambang batas kemampuan, saya pun meminum habbats 2 butir sekaligus. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda. “Sesungguhnya di dalam habbatus sawda’ (jintan hitam) terdapat penyembuh bagi segala macam penyakit kecuali kematian”. Memang tidak langsung sehat seperti minum obat, tapi saya percaya...atas izin Allah, semoga dimudahkan. Akhirnya, Saya pun terlelap. ๐ŸŒ„Hingga pagi menjelang... . ุงู„ْุญَู…ْุฏُ ู„ِู„َّู‡ِ ุนَู„َู‰ ูƒُู„ِّ ุญَุงู„ٍ . . Alhamdulillah ala kulli hal.. Masih terasa sedikit sakit... Minta tolong suami untuk bekam, karena teringat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya sebaik-baik apa yang kalian lakukan untuk mengobati penyakit adalah dengan melakukan bekam” Barakallahu fiikum. Kisah hari ini @30haribercerita #30HBC1906 #30haribercerita
A post shared by bacaan-lendyagasshi (@bacaanlendyagasshi) on


Semoga tulisan ini bermanfaat.


Salam hangat,






Referensi :
https://tirto.id/perempuan-harus-lebih-waspada-infeksi-saluran-kemih-cCV1




81 comments

  1. Aku suka nahan pipis kalau malam2 pengen pipis tadi si adek msh minta kelonin aja. Tapi memang nggak bagus efeknya jadi harus kuat2in bangun tgh malam u pipis ke belakang

    ReplyDelete
  2. Wah bahaya infeksi saluran kemih bisa sampai ginjal menjadi rusak ya.

    Berat tuh permasalahan kalau mengenai ginjal. Bisa cuci darah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berawal dari kebiasaaan terjadinya penyakit .

      Tahan pipis saat di ruangan outdoor bikin kita tidak mau pipis karena khawatir kurang bersih toilet

      Delete
  3. Lendy, kayaknya duluuu aku pernah deh anyang2an waktu belum punya anak, udah lama banget. Basa sundanya jeungjeriheun !

    Dan emang gak nyamaaaan banget! Semoga cepet sehat kembali yaaah! Makasih udah diingatkan, harus banyakin minum air putih nih!

    ReplyDelete
  4. Aku tuh paling gak bisa nahan pipis. Tapi emang sih kalo kondisi toilet umum gak bersih, aku juga gak bisa pipis. Otomatis aja jadi gak kebelet, hihii

    ReplyDelete
  5. semoga cepat sembuh ya mba. ISK ini memang rentan terkena pada wanita, harus bisa jaga kebersihan dan minum yang banyak.

    ReplyDelete
  6. Huaaa ISK itu memang menyiksa Mbak. Waktu hamil pertama juga kena gejala ISK, Alhamdulillah cepat ketahuan dan gak berlanjut. Eehh pas hamil kedua mendadak ISK lagi, demam, menggigil dan tetiba betis kiri bengkak banget sampe susah jalan bahkan Shalat pun waktu itu harus duduk, seminggu bed rest di rumah, huhuhuh. Semoga hamil kali ini gak pake ISK lagi, kapok dah.

    Moga yg Mbak rasakan sekarang bukan ISK yaahh Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, kak Diah.
      Ya Allah...semoga kehamilan kak Diah diberi kemudahan dan kelancaran.

      Delete
  7. Aku sebisa mungkin ga nahan pipis sih. Karena emang sejak kecil dididik begitu. Biar ga sakit katanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kata bundaku, susah pipis itu sakit banget. Udah sering liat sih gmn menderitanya bunda waktu itu. Jadi ya ga mau mengalami.

      Delete
  8. Kapok lah saya kena anyang-anyangan. Sampai nangis-nangis kayak anak kecil. Makanya sekarang berusaha gak malas minum lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain sakit, kalau anyang-anyangan juga memngganggu aktivitas banget. Gak mau lagi-lagi

      Delete
  9. Nahan pipis ini memang kadang2 kulakukan juga, terutama jika ada di luar rumah. Terima kasih tips nya mba..semoga bisa kuterapkan juga..

    ReplyDelete
  10. Swmoga lekas sembuuuh mba.. penting banget untuk minum air putih yang banyak dan jangan nahan pipis. Get well soon yaaa

    ReplyDelete
  11. Waduh aku banget nih. Ngomong nasehatin ke anak suruh jangan nahan2 pipis, tp malah diri sendiri ngelakuin. Alhamdulillahnya sih blm pernah dab jangan sampe deh kena anyang2an ya pe parah. Palinng pas hamil tuh, sering anyang2an yg jadi bikin ga nyaman.

    ReplyDelete
  12. Masalah infeksi saluran kemih memang ngga bisa didiamkan, anak pertama aku pernah mengalami infeksi saluran kemih pada usia 2 tahun dan akhirnya harus di sirkumsisi.. kenapa kami pilih sirkumsisi.. alasan medis dan jika tidak ditindak maka akan mengganggu kesehatan lebih buruk

    ReplyDelete
  13. Aku pernah anyang2an waktu masih kuliah, karena perjalan depok-bekasi yg bisa 3-4 jam atau lebih kalo macet, akhirnya sering nahan pipis :( sejak itu kalau dijalan, tiap ketemu toilet bersish aku usahain pipis teratur meskipun belum kepingin.

    ReplyDelete
  14. Saya paling rajin pipis. Kalau mau pergi, pasti pipis dulu di rumah. Nanti kalau di jalan atau di luar ada toilet yang bersih,pasti pipis lagi. Meskipun belum kebelet hihihi...
    Soalnya pernah ngerasain anyang-anyangan,dan gak enak banget. Jadi, sebisa mungkin gak nahan pipis ��

    ReplyDelete
  15. Ih serem juga ya kalo ISK nya udah menjalar hingga ke ginjal, sampe pipis kek darah dan demam menggigil gitu. Saya juga kadang suka nahan pipis Mba kalo gak nyaman ama toiletnya. Duh, gak gak lagi deh. Ngeri X(

    ReplyDelete
  16. Kalo aku biasa setiap pipis itu CD nya dilepas dulu, lalu bersihkan sisa air pakai handuk supaya miss V gak lembap. Alhamdulillah belum pernah kena ISK.

    ReplyDelete
  17. Aku nih suka ngempet pipis mbaaakk. Apalgi kalau gak nemu toilet umum yg oke.
    Pernah juga anyang2an tapi enggak sampai yg sakit sampai ke RS gtu. Alhamdulillah ya mbak bisa tertangani dengan cepat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blm pernah kena ISK parah sampai ke dokter gtu mbak, tapi pernah anyang2an dan rasanya sakit emang ya. Waspada banget buat kaum Hawa buat gak nahan2 pipis dan selalu jaga miss V, sehat2 ya mbak

      Delete
  18. Alhamudlillah belum pernah kena ISK kak, dan semoga gak akan pernah. Makasih banget sharingnya, ajdi semakin aware dengan kesehtan Miss V

    ReplyDelete
  19. aku dulu pas hamil khawatir kalo kena ISK ini. Makanya kalau mau pipis diusahain harus pipis langsung. Ga mau ditahan-tahan. Rajin bersih2 area kewanitaan juga.

    ReplyDelete
  20. Aku pikir ujung2nya mau ngiklan obat anyang anyang yang sudah biasa.hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ternyata cerita pengalaman yaaa :D
      Btw kalau Mbak Lendy pernah juga minum obat anyang2an yg biasa itu gak sih?

      Delete
  21. Untuk anyang anyangan aku pernah mba dan ga nyaman banget makanya kalau dirasa pengen pipis langsung deh ke toilet buat ngeluarin.

    ReplyDelete
  22. Memang suka males ke toilet apalag kalau kotor ya jadi milih nahan aja gak buang air kecil. Semoga lekas sembuh ya teh Lendy makasih juga udah diingetin sama tips2nya

    ReplyDelete
  23. Thanks sudah diingatkan ya, Lendy. Aku jarang nahan pipis sih, hanya saja sepertinya konsumsi air putihnya kurang banyak.

    ReplyDelete
  24. Iya mba aku pernsh ngalamin anyang2an Dan gk nyaman bngt krn nahan pipis PP Jakarta Bogor,,dkarang DH tahu Cara mncegah nya

    ReplyDelete
  25. semoga cepet sembuh yam mbak.. kalau aku juga sering anyang2an ini, karena sering ngempet pipis :(

    ReplyDelete
  26. Aku peenah anyang-anyangan nggak enak banget dan sakit banget, akibat salah sendiri sih kurang peduli..suka nahan pipis dan kurang minum jadi pelajaran banget deh pokoknya jangan sampai terulang lagi.

    ReplyDelete
  27. MasyaAllah makasih mba Lend, sudah diingatkan kembali untuk jaga badan. Nah ini air aku kurang banget, kadang masih sering ngempet karena kalo malam takut ke belakang heheheh

    ReplyDelete
  28. Aku pernah mengalami pipisnya sakit mbak, karena sering nahan pipis. Habis itu dikasih obat sama dokter setelah periksa kan. Bener banget mendingan mencegah daripada mengobati. Sampe sekarang aku jadi nggak berani nahan² pipis lagi daripada kenapa-kenapa

    ReplyDelete
  29. Alhamdulillah belum pernah ngalamin yang namanya anyang2an. Aku paling gak bisa nahan pipis. Kalo ditahan2 bawaannya malah emosi �� Jadi kalau malam2 pengen pipis, ya tetep bangun walaupun jalannya kayak setengah tidur.

    ReplyDelete
  30. Malas ke toilet bisa mengakibatkan ISK atau anyang2an ya dari yang awalnya sedikit lama-lama bisa menganggu. Aku nahan kl lagi males bangun tidur malam hihihi

    ReplyDelete
  31. biasanya kalau lagi di kantor trus kerjaan lagi hectic tuh sering nahan pipis..
    tapi aku sekarang ngga mau nahan-nahan lagi, soalnya ga enak banget kan kalo anyang-anyangan..

    ReplyDelete
  32. Aku pun pernah ngalamin anyang-anyangan teh, gara-gara nahan pipis sih ini. Sumpah horor banget. Dari situ deh mulai concern buat nggak nahan pipis dan minum air putih yang banyak :)

    ReplyDelete
  33. Pernah banget. Tapi bukan karena nahan pipis. Karena kurang minum kalau gak salah, padahal banyak duduk. Nah setelah itu saya rajin minum air putih. Takut sakit lagi. Hiks. Eh saya minun dulu yaaaa. Mumpung inget. Hehe

    ReplyDelete
  34. Aku biasanya kalo lagi mens malas pipis lend. hahaha. .jadi nahan2 sampe udah kebelet banget. Minum itu Uri*ran juga bagus Lend. Cepet sembuh yaaa dan jauh2 dari ISK.

    ReplyDelete
  35. Aku juga tipe orang yang pilih2 toilet mba. Apalagi kalau di mall, jadinya sering di tahan. Dan memang gak enak juga rasanya. Setuku, mencegah lebih bail daripada mengobati. Minum air putih secara rutin memang harus dilakukan.

    ReplyDelete
  36. Dulu kena isk waktu hamil, itu hampir membahayakan bayi saya mbak. Baru tau pas pecah ketuban, ketubannya infeksi. Udah bukaan 9 ga boleh ngedan dan harus di operasi.

    ReplyDelete
  37. Duh saya suka nahan pipis nih apalagi kalau pas haid, males kalau mau buang air kecil tuh huhuhuh, nuhun teh Lendy informasinya

    ReplyDelete
  38. Infeksi salurah kemih sangat tidak nyaman dan cukup berbahaya ya, mba. Dan ini tidak hanya menyerang orang dewasa, anak temanku balita juga kena karena suka menahan pipis dan kalau cebok tidak bersih kataya. Aku pun suka malas nahan pipis, duh jangan sampai kena. Makasih sudah diingatkan mba dengan artikel ini

    ReplyDelete
  39. Betu itu mbak, mencegah lebih baik daripada mengobati, gak apa-apa lah repot sedikit, tapi demi kesehatan yang lebih lama. worth it :D.

    ReplyDelete
  40. Semoga cepat sembuh ya mba dan nggak kambuh2 lagi.
    Aku pernah nggak bisa pipis waktu mau lahirin anak pertama. Udah diguyur air dingin, minum air banyak tetep nggak bisa keluar. Sakitnya ampun deh, udah perut sakit, kaki kayak kram. Akhirnya dikateter sama dokter kandungan, setelah air seni keluar duh rasanya legaaa, jadi enteng kaki.

    ReplyDelete
  41. Cepat sembuh ya mbak, dan terimakasih sudah berbagi tips. Insyaallah bermanfaat

    ReplyDelete
  42. Wah makasih ya informasi yang berguna sebagai referensi untuk keluarga saya.

    ReplyDelete
  43. Anyang-anyangan tub emang dah ngeselin. Apalagi kalo terjadinya di tengah malem, mau pipis tapi ngantuk. Mau tidur tapi pengen pipis terus. Serba salah ��

    ReplyDelete
  44. Benci banget akutu sama anyang-anyangan, serba salah dibuatnya, kalo ayang-ayangan aku suka hehehe

    ReplyDelete
  45. bener banget kak. kita harus beneran bisa mencegah anyang anyangan. mungkin karena kebiasaan kita yang sedikit minum air putih dan menunda ketoilet kali ya. kalau sudah sakit jadi harus berobat dan mahal

    ReplyDelete
  46. Jika memang sudah ada sinyal kurang baik dari bagian tubuh kita, harus segera melakukan pengecekan ke dokter ya untuk mendapatkan pertolongan pertama.. bagaimanapun juga tubuh punya sinyal untuk memberitahu kita bagaimana kondisi tubuh dan memang kita harus aware dengan sinyal tersebut.. thanks for sharing mbak

    ReplyDelete
  47. Semoga cepat sembuh mbak lendy. Resepnya mungkin akan berbeda utk stiap org itu ya.

    ReplyDelete
  48. Semoga cepat sembuh ya Mak. N sehat2 utk kehamilannya. Aq tipe org yg suka nahan pipis klo toiletnya jorok bgt. Tp klo msh bisa ditolerir dan aq gak kuat lg.. Paling, aq lama di dlm toilet. Bersihin dl toiletnya..tempat duduknya maksudnya. Br bisa pipis :)

    ReplyDelete
  49. Mba, aku kalau nggak enak badan milihnya ya bekam. badan berasa lebih enteng. Jadi ingat udah lama nggak minum habbatussaudah. Makasih yaa

    ReplyDelete
  50. 8 gelas ini volume gelasnya brrapa ml? Aku sih minimal 2 liter. Ya jadinya pipis terus sih. Tapi memang aku butuh air. Yaaa supaya metabolisme tubuhku lancar sih

    Juga... Aku gak nunda2 untuk pipis.
    Karena ya... tau dampaknya

    ReplyDelete
  51. Aku biasanya nahan pipis kalau datang bulan. Kadang kan malas gitu. Tapi sekarang gak kubiasain karena hawatir kena ISK. Tetep ya minum dan jaga area kewanitaan juga

    ReplyDelete
  52. Mbak, alhamdulillah aku termasuk yang jarang banget kena anyang-anyangan. Dulu pas masih ABG malah sering. Setelah kuliah, jarang banget. Mungkin ini karena kebiasaanku bak galon berjalan. Ke mana-mana bawa botol minum. Ini kalau ngajar bisa habis satu liter air.

    ReplyDelete
  53. Sakitnya kaya apa ya kena SIK itu, anyang-anyangan saja sakitnya kaya gitu
    Udah nggak berani nahan pipis aku

    ReplyDelete
  54. Jadi bekam mbak? Obat dari dokternya sudah habis kah yang antibiotik? Kalau sudah habis dan belum sembuh juga ke dokter lagi mbak biar pemeriksaan lebih lanjut kayak kultur urin, ct scan saluran kemih, dll untuk cari penyebabnya. Anyway isk yg kronik atau sering kambuh penanganannya memang berbeda. Aku share bahan bacaan ya https://www.healthline.com/health/chronic-urinary-tract-infection#treatment dan https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/cystitis/expert-answers/bladder-infection/faq-20057833 semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  55. Jangan sampai deh kena isk, kapok rasanya ingin bolak-balik kamar mandi karena bak yg nggak tuntas,

    ReplyDelete
  56. Huhu kadang yang suka males itu saat ke toilet umum ya males bersihinnya tapi kalau saya biasanya di toilet duduk di lapisi tisu dulu kak atasnya baru deh kita pakai itu toilet.




























    ReplyDelete
  57. Duh aku ngebayanginnya ngilu,...huhuhu semoga dijauhkan dari penyakit ISK. Besok2 gak lagi2 ah nahan pipis

    ReplyDelete
  58. Pokoknya intinya mah gak boleh nahan pipis.
    Klo udah berasa yaaa dikeluarin aja. Daripada ditahan jadi sakit. Huhuhuh.
    Semoga sehat2 ya Mbak :)

    ReplyDelete
  59. aku sih belum pernah mengalami infeksi ini yaa. Tapi, kalo nahan pipis sering. Bakal lebih waspada sih setelah baca artikel ini*

    ReplyDelete
  60. Alhamdulillah blm pernah kena nyang2 jangan sampai deh ah...btw resepnya noted nih..

    ReplyDelete
  61. kadang2 kalau lagi di seminar atau training, kudu nahan buang air kecil. haha
    semoga gak kenapa-kenapa. aamiin...

    resepnya noted!

    ReplyDelete
  62. Anyang-anyangan nggak enak banget, deh. Apa lagi kalau sampai harus ke dokter gitu. Jangan malah ke kamar mandi itu juga resep banget, sih.

    ReplyDelete
  63. Aku pernah anyang anyangan, serba salah banget rasanya. Antara mau pipis tp kluarnya dikit dikit trus sakit dan perih banget.

    ReplyDelete
  64. Ada tuh mba temanku yang malas banget ke toilet dia kadang nahan klu mau buang air kecil, akibatnya dia kena penyakit ap tuh yah namanya, lupa yg jls dy merasakan sakit saat buang air kecil

    ReplyDelete
  65. Alhamdulillah belum pernah ngalamin mba. Pas hamil pernah kya anyang2an lgsg gempur minum air putih yg bnyak. Tp otot pipis pernah kerasa ga bner sih pas hmil kdua kmaren. Mdh2an ga da papa huhuhu kbyang ga enaknya dr cerita mba. Smoga mba jg sembuh2 aja ya .. bnyakin mnum air putih aja mba ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜

    ReplyDelete
  66. Kalau mau pergi bawaan pingin bolak balik ke otilet aja itu termasuk anyang-anyangan gak ya? enaknya sih lgs konsultasi sama dokter ya buat menentukan. Apa mungkin parno di jalan takut mau pipis ya jadi di alam bawah sadar maunay bolak balik aja sebelum bener2 pergi

    ReplyDelete
  67. Subhanallah, mba Lendy kebayang banget sakit dan ga nyaman ya kena daerah kewanitaan. ISK klo ga segera ditangani bahaya. Aku baru tahu loh klo bagian pinggul diketok sakit itu bisa mengarah ke ginjal.

    Makasih sharingnya ya. Ditanganu sama dokter Laura ya, aku tau beliau juga. Hehe

    ReplyDelete
  68. ku sering anyang2an mba. Alhamdulillah ternyata masalahnya adalah kurang bersih. Hehe

    ReplyDelete
  69. Semoga diberikan kesembuhan ya mbak ga balik2 lagi ISK nya, soal membersihkan area kewanitaan ini yang sering lupa harus dari depan kebelakang atau belakang kedepan. Terimakasih sudah berbagi mba

    ReplyDelete
  70. Aku jg suka nahan pipis krena pilih2 toilet mba, pdhl minumku banyak. Wah tyta buruk buat kesehatan y

    ReplyDelete
  71. Aduhh aku pernah ngalamin mba ngga enak banget, BT kalo ke kamar mandi yang keluar sedikit.. Ini akibat malas ke kamar mandi kalo malam

    ReplyDelete
  72. aduuuuh Mba aku kebayaaang ngga esak banget pasti rasanya...semoga kita bisa terhindar dari penyakit ini

    ReplyDelete
  73. huhuhu... kambuh lagi ya mbak ISK-nya. Iya nih kadang asyik ngetik jadi males ke toilet padahal udah kebelet banget. Okee diingat deh supaya ga boleh nahan pipis terlalu lama.

    ReplyDelete
  74. Bermanfaat banget mbak, saya termasuk yang suka minum air putih tapi sering juga nunda pipis. Apalagi kalau lagi seru nonton/baca dan lagi ngantuk. Tapi efeknya bsa parah ya kalau abai dengan sinyal ingin pipis. Makasih juga resep dokternya mbak.

    ReplyDelete