article,

5 Jajanan Khas Sunda Untuk Bekal Sekolah

Tuesday, April 23, 2019 lendyagasshi 70 Comments

Bismillah,

Hola sahabat lendyagasshi…apakabar?
Ada yang hobi makan jajanan Sunda gak? Aku doonk suka kangen sama beberapa kue khas Sunda. Biasanya, Hana selalu bekal beberapa jajanan khas Sunda untuk sekolah, ya...karena tugas tapi juga karena suka. Tau doonk kalau tiap Rabu, di Bandung ada program Rabu Nyunda.



Nah…
Intipin yuuk….5 jajanan Sunda yang kami suka.

Dadar Gulung

Jajanan khas Sunda ini sebenarnya bisa warna-warni tergantung kulitnya, namun biasanya yang sering kita jumpai kulitnya berwarna hijau cerah. Isiannya kelapa manis, yang sebenarnya adalah parutan kelapa yang dicampur dengan gula merah.

Mungkin sahabat lendyagasshi pernah juga memakannya?


Putu Ayu

Kue dengan parutan kelapa di atasnya ini dijamin gak bikin eneg. Rasanya gurih dan gak bikin kenyang. Cocok untuk bekal anak-anak ke sekolah.

Klepon
Kue berbahan dasar tepung beras ini rasanya manis. Bentuknya bulet-bulet mungil dengan balutan kelapa parut yang menambah nikmat kue berwarna hijau ini. Kelapa yang gurih menyeimbangkan rasa manis dari isian gula merah di dalamnya.

Sewaktu aku kecil, suka benget tuuh...sama sensasi meletus dan melelehnya si gula merah di dalam mulut.

Yummm…



Putri Noong

Kue ini lucu yaa...namanya. Sama seperti bentuknya dan warnanya yang warna-warni. Menyenangkan sekali… Arti dari noong sendiri adalah mengintip. Jadi Putri noong adalah putri yang sedang mengintip.

Bahan dasar kue ini adalah singkong dan di tengahnya terdapat pisang.



Cilok, Cireng

Pada kenal doonk, aci dicolok aka. cilok dan aci digoreng aka. cireng?
Humm...aku yakin anak-anak pada suka sama gorengan ini. Bahan dasarnya hanya tepung kanji dan diberi penyedap rasa, lalu digoreng dan tiriskan. Bisa diberi bumbu tambahan atau dimakan bareng cocolan sambel.
Lezzaat~


Masih banyak lagi jajanan khas Sunda yang bikin kangen…
Ada seblak, basreng, peyeum, jalabria, kue gemblong, bandros, ali agrem, burayot, katimus, colenak, misro, combro, daaaannn….batagor.

Enak semuaaa~

Dan kalau Hana sedang bekal jajanan khas Sunda-nya itu, aku suka banget masukin ke wadah plastik PP Wayang. Plastiknya kuat dan tebal. In syaa Allah gak akan tumpah mengotori tas Hana. Tau yaa...aktivitas anak-anak itu seperti apa… Kalau sudah bawa tas, kadang gak sengaja ketimpa tas teman lainnya. Kebayang kalau bekal klepon…




Kenapa selalu sedia plastik PP Wayang?


1. Karena plastiknya bening dan berkualitas
Plastik PP Wayang ini adalah jenis plastik transparan, yang aman digunakan untuk membungkus makanan. Dengan permukaannya yang mengkilap, tentu akan memudahkan melihat isi makanan yang kita bungkus.


2. Terbuat dari bahan bijih plastik grade A
Jenis plastik ini ada banyak macamnya. Dari mulai PET, HDPE, PVC, LDPE, PP dan PS. Dan plastik PP Wayang, masuk dalam PP atau Polypropylene, yang mana jenis ini adalah jenis plastik yang kuat.


3. Sudah food grades
Food grades atau aman untuk membungkus makanan. Jadi, gak khawatir lagi kalau makanan bersentuhan dengan plastik PP Wayang.


4. Bersertifikat
Plastik PP Wayang sudah mengantongi 3 sertifikat yang itu berarti merupakan produk kepercayaan masyarakat.
Sertifikasi ISO 9001 : Sertifikasi dalam hal manajemen produksi & penjaminan mutu produk
Sertifikasi Halal MUI
Indonesia Best Brand Award (2011 – 2018) : Penghargaan untuk produk pilihan masyarakat


5. Mudah di dapat
Saat belanja di pasar tradisional atau di toko plastik dekat rumah sahabat, in syaa Allah ada yang menjual plastik PP Wayang.


Dengan tampilan baru dari plastik PP Wayang, membuat kepercayaan masyarakat terhadap brand ini bertambah.

Plastik PP Wayang dengan tampilan baru


Apa bedanya dengan tampilan lama?



Sebagai masyarakat Indonesia yang baik dan cerdas, hendaknya penggunaan plastik ini dilakukan dengan bijak. Sehingga bisa mengurangi sampah yang sulit untuk didaur ulang (non-biodegrable). Ada baiknya jika selain membatasi, juga menggunakan kembali plastik yang telah digunakan, misalnya, untuk media tanam atau jenis aktivitas berkebun yang asik lainnya, seperti membungkus buah yang belum masak pohon, agar tidak digigit oleh hewan malam.






Dan jangan lupa untuk senantiasa membuang sampah pada tempatnya yaa...sahabat.
Selain karena membuang sampah sembarangan bisa menyebabkan aliran air tidak lancar, sehingga menyebabkan banjir, juga bisa membuat lingkungan menjadi tidak sedap dipandang mata.

Yuuk...disiplin dari rumah.


Cerita doonk...kalau sahabat lendyagasshi punya jajanan khas apa di kota masing-masing?
Berbagi di kolom komentar yaa…

Haturnuhun.


Salam hangat,



You Might Also Like

70 comments:

  1. Mpo belum pernah coba makan Oong . Penasaran kaya apa ya. Bekal buat sekolah mama yang buat berarti Tante ada kesempatan nih bungkus yang banyak pakai plastik wayang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngikut mpo ah, pingin juga icip jajanan pasarnya dong Mpo, jangan dihabisin ya

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dadar gulung dan putu ayu cemilan favorit aku banget mbak. Wah, sekarang keren ada khusus plastik yang sudah bersertifikat seperti wayang ini. Apalagi bahannya bening dan berkualitas. Nah, biasa kalau di gereja ada acara bagi-bagi snack, sepertinya plastik ini cocok untuk wadahnya.

      Delete
  3. Jajanan memang praktisnya dibungkus plastik ya, pastinya pilih plastik yang baik dan berkualitas

    ReplyDelete
  4. Enyak enyaaakkk semua.
    Yap, kita kudu bgt berkontribusi untuk melestarikan kuliner nusantara
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  5. jajanannya bikin mupeng semua hehheeee.. btw kenapa ga coba plastik yang berbahan dasar singkong itu? lebih ramah lingkungan dan green banget

    ReplyDelete
  6. Mbak, penampakan Putri Noong kek gimana? aku penasaran sama jajanan ini. Banyak juga ya jajanan khas dari Sunda, duh untung bukan pas bulan puasa. Alhamdulillah banyak keragaman jajannya.

    ReplyDelete
  7. Huah eta putri noong jajanan aku pas SD di Cimahi mah asa jarang liat jadi pengen deh teh..

    btw plastik wayang emang keren yah aku suka banget tebalnya beda sama plastik yang biasa :)

    ReplyDelete
  8. Plastik Wayang baru tau nih. Jadi ga perlu khawatir tumpah, robek karena tipis. Makasih infonya teh

    ReplyDelete
  9. aku pilih putu ayu
    iyes
    ga pernah bosan makan nih jajajan,d ari kecil ampe sekarang

    ReplyDelete
  10. semuanya saya suka teh, paling suka sih cilok hihihi. Plastik ini bagus ya teh, saya kadang pakai plastik untuk membungkus bekal suami. Mau coba pakai plastik wayang ini deh.

    ReplyDelete
  11. Wah, baru tahu ada pplastik yang food grade bermerk wayang. Eco friendly banget ya mbak

    ReplyDelete
  12. Diaini juga ada dadar gulung sama putu ayu mbaaak.. anakku juga sukaa .

    ReplyDelete
  13. saya suka banget dengan dadar gulung, Mba. Enak banget dijadikan teman ngeteh :)

    Btw, saya baru tahu loh kalo ternyata dadar gulung itu janjanan khas sunda :)

    ReplyDelete
  14. dulu sering denger, kalo plastik milihnya yg wayang aja. udah bening, kualitasnya bagus. n udah foodgrade pulak ya Mba

    ReplyDelete
  15. Yang paling familiar cilok ama cireng deh mbaa hihi kadamg2 aku bikin sendiri juga di rumah cilok isi daging. Kalo cireng belom pernah coba bikin sendiri :D

    ReplyDelete
  16. Saya baru tahu loh teh, ada plastik cap PP Wayang. Hehehee, beberapa kali beli belum lihat yang gambar wayang begini. Coba besok aku cari di pasar ya, sepertinya memang harus stock plastik di rumah, untuk membungkus beberapa produk makanan gitu y

    ReplyDelete
  17. Besar di Sunda tapi aku baru tahu itu namanya putri noong hehehe. Btw baru tahu ternyata plastik juga bisa bersertifikat ya...hmm jadi lebih yakin ya..apalagi dg isu lingkungan yg skrg lagi gencar2nya..

    ReplyDelete
  18. Wah, itu sih makanan favorit aku semua tuh. Dan paling belom ada seblak aja. Sekarang mah gak was-was ya pake plastik bening kayak gini. Ada yg foodgrade. Aman ke makanannya. Hanya perlu lebih bijak aja makenya. :)

    ReplyDelete
  19. Udah mah food grade, bersertifikat pula. Kerem ya pp wayang

    ReplyDelete
  20. Toss bangetlah, aku juga suka banget jajanan sunda, putri noong dkk, kalau dibungkus pakai plastik gini lebih praktis ya, sudah foodgrade juga jadi aman

    ReplyDelete
  21. Jajanan khas, Cenil kayanya
    Bandung tuh jajannya macem2 dan dibawa juga kan ke lain kota. Rasanya endeus! Aaa mau ke Bandung deh!

    ReplyDelete
  22. Wah blm pernah nih nyoba plastik wayang ini...jd mau nyoba ah buat prepare di rmh ..

    ReplyDelete
  23. Cilok sama cireeeeeeeng! Cemilan khas Sunda favorit saya hihihi.... Kalau batagor dari SUnda juga bukan si Teh?

    ReplyDelete
  24. SEBLAK mba Lend, idolaku banget ak suka makan seblak
    dan yang lain juga suka. Jajanan bandung to enak-eak semua og
    kapan2 kalo ke Bandung traktir lai ya mba Lend hahaha

    ReplyDelete
  25. Eh 1-4 aku baru tahu kalau khas sunda. Soalnya di jawa juga kan banyak bgt tuh. Hahaha..

    Ini semua emang enak yaa jadi bekal, tapi kalau cilok/cireng terlalu berminyak. Enaknya buat pas jam pulang gitu makannya, hahaha..

    ReplyDelete
  26. Jajanan andalanku rica-rica belalang kayu, Mbak. Endeus banget. Jajanan ini termasuk musiman. Ngikutin musim belalangnya. Gurih rasanya, melebihi udang malah.

    ReplyDelete
  27. plastiknya sudah biodegradable ngga mba? Aman juga untuk lingkungan dan mudah terurai ya? Anak-anak belum terlalu tau jajanan sunda tapi suda coba cireng sebelumnya.

    ReplyDelete
  28. Wah wah wah kesukaan aku semua he he, termasuk cilok and cireng
    Paling suka cireng siy apalagi yang crispy and bumbu rujak

    ReplyDelete
  29. aku paling suka dadar gulung mba, duh kayaknya bekelin anak jajanan khas sunda buat di sekolah gini enak banget ya mbak, apalagi udah di plastikin pake Wayang, tetap higienis walau ga dimakan langsung ya

    ReplyDelete
  30. Itu jajanan aku semuaaa, lope banget sama jajanan pasar.
    Jadi kapan adik manis ini bekelin aku kaya gini?

    ReplyDelete
  31. Saya sudah jarang pakai plastik, karena sedang menerapkan zero waste. Tapi kadang nggak bisa terhindar juga misalnya diberi makanan oleh teman yang sudah dibungkus plastik. Plastik juga memang harus jelas kualitasnya ya, karena langsung bersentuhan dengan makanan.

    ReplyDelete
  32. Aduh mba kok berasa pengen puasa yaa, itu makanan arisan dan takjil saat ramadhan, sudah menghitung hari untuk masuk ke bulan suci Ramadhan

    ReplyDelete
  33. ini mah makanan enak semua. aku juga sering jajan yg kaya ginian. selain bikin kenyang tapi bikin mulut pengen ngunyah terus.

    ReplyDelete
  34. Aku belom pernah liat plastik ini di jual di toko langganan ku beli jajan nih, apa mungkin karena masih baru ya. Anakku paling suka bekal jajan dadar gulung mbak

    ReplyDelete
  35. Waaaaa, enaaa semuaaaaaa~
    Jajanan kayak gini tuh gampang dijumpai di mana-mana ya, mbak. Apalagi putu ayu sama cilok. Duh, jadi laper deh kepengen beli juga.

    ReplyDelete
  36. Aku mau cilok sama cirengnya. Favorit banget! Iya sih memang suka khawatir sama plastik kemasan yang digunakan, takutnya berbahaya klo dipakai buat makanan. Untungnya sekarang udah ada plastik Wayang ya..

    ReplyDelete
  37. Aq suka cireng, klo cilok gak begitu suka. Batagor mah favorit banget sama seblak. Yummy.

    ReplyDelete
  38. wah,, kesukaan aku adalah kue putu ayu.
    pengennya sih makan putu ayu tiap hari tapi rada susah nyari yang enak dan sesuai dengan kenangan masa lalu.

    ReplyDelete
  39. udah pernah coba jajanan nya smua kecuali yg putri noong , paling fav si klepon sama cilok nya kalo ak ���� eh baru tau klo klepon itu jajanan asal sunda ya

    ReplyDelete
  40. Baru pernah dengar jajanan bernama Putri Noong. Secara komposisi mirip mata roda, Mbak. :D

    ReplyDelete
  41. Dari semua makanan khas Sunda yang baru saya dengar dan belum pernah makan, yaitu Putri Noong. Unik memang namanya. Lucu gitu..


    Plastik cap wayang memang cocok untuk membungkus makanan gitu. Terlebih sudah mengantongi 3 sertifikat. Masyarakat tentunya akan lebih percaya.

    ReplyDelete
  42. Plastik daei brand wayang emang juoz ya mba. Aku mau pake wajang jyga ah

    ReplyDelete
  43. waah dadar gulung favorit aku nih, soalnya dalemnya ada yang manis manisnya kan yaa, sama cilok dan cireng itu enak banget, <3

    ReplyDelete
  44. Enak enak tu semua jajanan pasarnya, kayaknya udh pernah nyobain semua deh, soalnya emang kadang pagi pagi beli itu buat cemilan di kelas waktu kuliah hehe

    ReplyDelete
  45. Putu Ayu sdh lama juga ya aku tidak menjamah makanan ini. Aku juga sekarang jado tahu kalo ada plastik bungkus makanan yg sdh bersertifikasi. Cari di pasar atau Supermarket ada kali ya mba

    ReplyDelete
  46. Aku juga suka bawa bekal makanan nih, putu ayu dan kue soes nya itu salah satu kesukaan aku banget aku suka makanan yang manis-manis ya

    ReplyDelete
  47. Semua jajanannya kesukaan aku! Gak bisa kalau cuma pilih satu nih hehe. Bakal jajanan Sunda ituvl menarik ya buat anak2 jd lebih semangat sekolah.

    ReplyDelete
  48. Putu ayu itu yang paling aku suka . Tapi aku doyan semuanya sih mbak hehe .bekal kayak ini jangankan anak sekolah . Aku aja suka wkwk

    ReplyDelete
  49. Favorite saha mah cilok dan cireng dong.. haha perminyakan semua.. tp yang lainnya jg suka.. emang jajanan Bandung itu gak ada habisnya ya mba ��

    ReplyDelete
  50. Klepon dan putu ayu ada juga lho di Semarang. Berarti jajanan segala umat ya hehehe...
    Anakku jarang bawa bekal jajanan, seringnya nasi dan lauk. Dia masih laper kalau bawanya jajanan doank.

    ReplyDelete
  51. Kalo d Jakarta mAh,, namanya jajanan pasar enak ini jadi kangen dah lama Putu mayang sama dadar gulung nggak makan,, iyap dibungkus plastkpp wayang bikin makanan ttp Aman ya

    ReplyDelete
  52. Seru amat ya Rabu Nyunda, anak jadi ngga lupa budayanya..aku suka klepoon..ah jadi kangen, cuzz ke pasar..

    ReplyDelete
  53. Wah aku baru tau ada plastik yang bersertifikat juga.. bagus ya untuk digunakan, apalagi kalau untuk makanan. Karena sudah Food Grade jadi aman dan perlu khawatir lagi makanannya akan tercemar, good news beb

    ReplyDelete
  54. daah lama gak ketemu putri noong hahahaha...
    waaah plastik juga bersertifikat halal yaa...
    yang paling penting sih food grade ya biar aman dipake

    ReplyDelete
  55. Wah saya baru tau kalau pas di Rebo Nyunda ini juga harus bawa makanan khas Sunda ya. Keren, anak2 jadi nggak lupa dengan kuliner khas daerah ya. Dibungkusnya pun juga mesti dengan plastik yang aman untuk makanan ya :)

    ReplyDelete
  56. Jadi keingetan lagi kalau aku udah lama banget nggak makan Putri Noong hehe. Jadi kangen makan itu.

    ReplyDelete
  57. Kalo putu ayu sama deh dengan jajanan di Semarang, tapi kalo cireng nih yang bukan jajanan khas tapi udah kayak kayaak jajanan asli sini. Karena banyak juga penjualnya di Semarang

    Nah plastik wayang ini kok belum ada ya di Semarang, apa aku yang jarang beli plastik jadi nggak tahu?

    ReplyDelete
  58. Eh klepon khas sunda toh? Soalnya banyak dijual loh di daerah saya, kabupaten pasuruan, di pintu masuk wilayahnya. Kalau plastik wayang mah udah terkenal. Coba bilang beli plastik yg bagus, pasti dikasih merek wayang

    ReplyDelete
  59. Wah..semuanya kue favorit keluarga saya, Teh. Kalau jajan kue basah, piihannya memang gak jauh dari dadar gulung, putri noong, cireng, cilok atau putu ayu. Cemilan yang mengenyangkan ya...

    ReplyDelete
  60. Kayaknya aku belom pernah makan Putri Noong deh..
    Kalau anakku bawa bekel makan, Mbak..jarang jajanan..secara sudah sampai siang sekolahnya. Tapi kalau ada biada bukan kue basah, kalau bikin sendiri, paling muffin, cake..brownies gitu. Kalau kue basah jam berapa bikinnya..keculai pas ketemu yang jualan :D

    ReplyDelete
  61. I should then introduce them to my kids. So far they like fruits

    ReplyDelete
  62. Kalau di Jatim, putu ayu bentuknya yg silinder diisi gula merah. Ya kan, Lend?

    ReplyDelete
  63. Gak semua plastik food grade sih emang ya. Ini kyknya kudu dipakai sama penjual2 makanan ya yg dibungkus ma plastik, biar aman jg buat pembelinya.

    ReplyDelete
  64. hahaha plastik wayang tuh legend banger menurutku, karna selain di pakai buat kue kue daridulu aku kalau buat prakarya untuk dijual macem gelang rajut dkk gitu pasti aku pakai plastiknya merk wayang ini

    ReplyDelete
  65. Aku baru tahu kelepon dan dadar gulung itu makanan khas sunda mbak. Hahahaha. Itu salah satu makanan favorit aku banget soalnya dna dulu jaman aku kecil ibuku pun sering buat di rumah. Kirain makanan khas di daerah aku keduanya :D

    ReplyDelete
  66. kalau urusan jajanan sunda aku pasti kalap, semuanya enak-enak. makanya kalau di bandung adanya cuma kulineran aja, udah ngga tertarik masuk FO, pokoknya ngunyah teruuuus :))

    ReplyDelete
  67. Dulu pas tinggal di bandung nggak pernah jajan cireng, nggak suka.
    Eh, sekarang nggak tinggal di bandung, anak-anak suka jajanan cireng frozen

    ReplyDelete
  68. klepon itu sbnrnya dari mana sih? soalnya di tiap daerah kayaknya selalu ada :D...

    dadar gulung itu aku sukaaa, tapiiiii tiap kali diisi kelapa, pasti kelapanya aku buang dulu mba hahahaha... ga doyan kelapa.. jd aku cuma makan dadarnya thok hihihihi...

    pada dasarnya aku seneng icip2 aneka cemilan daerah gini... apalagi kalo rasanya cendrung gurih :D

    ReplyDelete