Blogger Perempuan Network,

Ramadan Day 1 : Nikmatnya Menanti Berbuka Bersama

Monday, May 06, 2019 lendyagasshi 47 Comments

Bismillah,

Marhaban yaa...Ramadan


Selamat datang kembali, bulan mulia yang penuh berkah
Semoga kehadiranmu ini, membawa kami kembali ke fitrah
Alhamdulillah,
di hari pertama menyambut Ramadan ini, anak-anak mulai berlatih tarawih dan dini harinya sahur untuk melaksanakan shaum Ramadan di hari pertama. Karena anak saya dua, kakak tentu sudah lebih paham makna shaum Ramadan. Sedangkan adik yang saat ini menginjak usia 6 tahun, masih ada kebingungan mengapa kita harus shaum sebulan penuh (padahal tiap tahun juga ikut shaum...tapi karena belum paham, selalu minta dijelaskan kembali, kenapa ummat Muslim melakukan ibadah shaum).


Persiapan apa yang kami lakukan untuk menyambut shaum hari pertama Ramadan ini?


1. Memberi kekuatan pada anak-anak, bahwa mereka bisa menjalani shaum
Salah satunya adalah memberi kesempatan Ai dan Hana untuk memilih sendiri makanan, kue dan jajanan favorit mereka.

Tentu ada batasan yang diberikan agar belanja tidak berlebihan.


2. Mengajak ke masjid untuk sholat berjamaah, karena lingkungan akan membentuk kepribadian dan kepercayaan diri sang anak


3. Menempel target harian.
Biasanya ini saya sesuaikan dengan usia anak, tapi karena Hana selalu melihat kakak, jadi target harian mereka berdua jadi sama.

Download target harian Ramadan bisa ke sini yaa..

Atau lihat ide-ide di Pinterest, ini sangat membantu sekali.



4. Saling mengingatkan
Kami tidak menuntut kebiasaan yang instan. Tapi paling tidak sebagai orangtua memberi contoh dahulu bahwa ada jam-jam produktif dimana kita bisa beribadah, agar tidak lemas dan mudah mengantuk.

Kegiatan Ramadan yang sia-sia



Ya..

Karena kenikmatan orang-orang yang berpuasa adalah menanti waktu berbuka





Untuk menu berbuka nanti, saya sudah siapkan camilan favorit Ai dan Hana akhir-akhir ini.

Pancake~

Kue ini sederhana sekali bikinnya, karena kemarin beli adonan yang sudah jadi. Hahahaa...

Tinggal tambahin telur lalu air perlahan dan dikocok lepas.
Siapkan teflon panas yang sudah diolesi butter (aku pake mentega siih...)
Lalu cetak, tuang pakai sendok sayur di tengah-tengah teflon panas
(tunggu sampai adonan membantuk lubang-lubang kecil, lalu balik dan sesuaikan selera untuk memasaknya)


Tarraa~
Tadi sahur uda nyobain bikin siih...tapi karena foto di waktu sahur, jadi gak oke. Gambarnya ambil dari pinterest aja yaa...
Tapi kurang lebih, bentukan pancake mah...gitu-gitu kan...

**maafkan mama yang gak bisa masak, nak...
Hiiks~
Tapi melihat mereka makan dengan lahap saat sahur, saya yakin...pancakenya enak. Hehehe...dan bisa diulang untuk menu berbuka puasa bersama nanti.


Yuuk,
Sembari menanti berbuka, kita siapkan menu berbuka yang special untuk keluarga tercinta.

Menu andalan berbuka puasa bersama di rumah sahabat lendyagasshi apa?
Boleh berbagi di kolom komen yaa...
Siapa tahu bisa saya ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi).


Haturnuhun.

Happy Fasting Day 1 Ramadan, μΉœκ΅¬...


Tulisan ini diikutkan dalam Challenge 30 Hari Kebaikan Bersama BPN.


Salam hangat,




You Might Also Like

47 comments:

  1. saya juga kalau masak pancake pake tepung instan, gak pake ribet hehehe. selamat menjalankan ibadah puasa yaa

    ReplyDelete
  2. Jadi buka puasa kali ini sudah punya menu andalan nih ya ... Bisa dicontek nih, tapi belum siap bahannya.

    ReplyDelete
  3. Wah,sahur pakai pancake boljug nih. Thank you for the idea, Kak.

    ReplyDelete
  4. Wah kalo saya ga bisa sahur pake pancake. Saya sahur kudu makan berat dan kenyang, pas berbuka malah ga perlu makan berat lagi, hihi.

    ReplyDelete
  5. Waaahhh pancake!
    Ini mah sarapa kesukaan anak-anak saya, sayang emaknya malas bikin, padahal cuman cemplang cemplung doang ya :D

    Anak saya juga kemaren request sahur dengan pancake, baca ini jadi semangat lagi mau bikin pancake :D

    ReplyDelete
  6. Aku lebih suka pancake Coklat mba, kasih sedikit serbuk kayu manis makanya pakai selai strauberi aduhh jadi pengen bikin juga

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah, nikmat buka puasa hari pertama sudah bisa dirasakan. Semoga di hari kedua dan seterusnya juga ya. :)

    ReplyDelete
  8. Saat menanti buka puasa ramadhan memang sangat nikmat ya, apalagi sambil mengerjakan kegiatan yang kita suka dan mendapat banyak pahala.. tambah semangat lagi deh.. bulan yang sangat dinanti nanti oleh umat muslim.. harus di maksimalkan dengan baik

    ReplyDelete
  9. Bener nie.. Nikmat sekali ya menanti buka bersama... Bulan puasa ini bener2 banyak ibadah

    ReplyDelete
  10. pancake memamg camilan yang paling mudah banget dibuat. Selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadan yaaa, Mbak.

    ReplyDelete
  11. Bahagia banget rasanya masih dipertemukan dengan ramadhan tahun ini yaa, Mba :)

    Di hari pertama kemarin saya berbuka dengan yang manis-manis yaitu bubur kacang ijo, hehehe

    ReplyDelete
  12. aku menu buka puasanya mulai gorengan dulu atau bakso2 an hahahahaha
    es buah dan syrup itu bukan yang utama.
    tim asin aku mah sekeluarga hihihihihi..
    malah kadang aku makan langsung nasi dan lauk mbak :D

    ReplyDelete
  13. Waah ide menarik juga nih sahur bikin pancake biar anak semangat puasanya, soalnya Fathan juga lagi belajar puasa, nih

    ReplyDelete
  14. Wah...pancake.. lembut dan yummy... Kalo pas sarapan di hotel kadang2 cari pancake juga..secara buat sendiri suka males...hihi.. Selamat berpuasa dan ibadah Ramadan lainnya ya mba...

    ReplyDelete
  15. Untung bukanya pas subuh ya jadi makanannya ga terlalu menggodo hihi selamat menunaikan ibadah puasa ya mba.folback blog aku ya xoxo

    ReplyDelete
  16. Ini mah kalau si bungsu lg muncul isengnya suka bikin ini sendiri, gampang sih ya...

    ReplyDelete
  17. Aku blm ngrasain puasa nih huhuhu, tapi anakku udah, walau puasanya buka siang haha.
    Ini kalau anakku aku bikinin tabel2 gtu buat nandain puasanya haha :D

    ReplyDelete
  18. Menu wajib di rumah kurma dulu pastinya ya buat mengembalikan energi lagi. Targetnya semoga bisa tarawih full di masjid (tantangannya kalau ada acara di luar rumah) terpaksa sholat tarawih sendiri.

    ReplyDelete
  19. Love banget sama mba Lend
    Sangat keibuan sekali. Aku mau pancakenya tar buat buka ya hahahha

    ReplyDelete
  20. oh jadi yang benar minum dan makan kurma barulah baca doa? makasih infonya Mbak Len!

    ReplyDelete
  21. Kalau saya boro boro mau masak atau bikin kue sendiri hehe biasanya beli aja kalau takjil tuh

    ReplyDelete
  22. Aah suasana ramadhan dimana2.. senangnyaa. Tahun ini juga menjadi tahun pertama anakku shalat terawih di masjid mba hihi dia excited dan nggak sabar pengem teraweh lagii

    ReplyDelete
  23. Di sekitar rumah banyak sih penjual camilan berbuka. jadinya ya beli aja sih kalau di rumahku. Palingan tinggal nambahin bikin es buah, es timun serut, kolak, dsb.

    ReplyDelete
  24. Buka puasa pertama, aku kejar untuk pulang ke rumah, Alhamdulillah mama masak kari ayam dan bihun. Nikmatnya mantab sekaliii

    ReplyDelete
  25. Seru banget ya Mbk buka puasanya ikutan challenge juga yah semoga lancar sampai finish ya mbk

    ReplyDelete
  26. Buka puasa bersama Alhamdulillaaaah bisa bareng-bareng keluarga. Tapi masaknya yang sederhana aja karena pulang kantor

    ReplyDelete
  27. Selamat menjalankan ibadah Ramadan ya mba
    Semoga ALLAH memudahkan dan menerima semua amal baik kita
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  28. Alhamdulillah kita Islamn, jadi bisa menikmati indahnya bulan Ramadhan, nikmat yang tak selalu kelihatan, namun selalu membawa berkah.

    ReplyDelete
  29. Alhamdulillah ya kita bisa menjalani ibadah puasa di ramadhan tahun ini. Ide bikin pancake untuk sahur boleh juga nih dicoba. Kalau untuk berbuka lebih mudah ya karena sambil menunggu buka sambil siapin menu buka puasa maka waktu tak akan berasa lama.

    ReplyDelete
  30. senengnya ih yang sudah bisa ngajak anak-anak puasa mbak, aku kapan ya
    pengen juga ketemu suasana romantis kayak gitu

    ReplyDelete
  31. tahun ini pertama kalinya anak sulungku puasa full dan anak bungsuku mulai belajar puasa, MasyaAllah nikmatnya liat mereka heboh nunggu waktu berbuka :)

    ReplyDelete
  32. Bulan puasa ini rasanya yang emang aku sendiri tunggu2 adalah adzan magrib atau buka puasa.. Hehe

    ReplyDelete
  33. Ayooo Kakak dan Adek semangat ya puasanya, InsyaAllah berkah yah :)
    Kemarin anakku jg udah disounding tuk ikut sahur dan puasa eetaapi pas dibangunkan sahur malah geleng2, heheh.

    ReplyDelete
  34. Kalo keluarga ku kayanya agak susah kalo musti sahur pake pancake kak, palingan juga buat buka, hehehe

    ReplyDelete
  35. Zaman dulu ibu selalu menerapkan buka puasa bersama dirumah. Nah aku terapin juga kalau nggak ada yang penting banget buka dirumah. Karena nikmat banget. Apalagi nyiapin bukaan yang by request. Akh suka buat juga aku pancake ini. Gampil ya hahaha

    ReplyDelete
  36. Alhamdulillah ya mba ...anak2 bikin kita JD semangat , apalagi jika apa yg kita siapkan d mkn . Bahagia bngt

    ReplyDelete
  37. Teh Lendy ikut tantangan BPN dari hati pertama, saya mah belum da sempat ada masalah sulit masuk yang ternyata saya tak ganti sandi bawaan jadinya tak ingat kala pengen masuk pakai peramban Chrome. Dasar pikun, hi hi.
    Alhamdulillah, kemarin sudah coba atasi masalah di warnet dan semoga nanti bisa ikutan pakai ponsel Android baru ini.
    Anak-anak memang harus disenangkan agar bisa saum dengan ikhlas.
    Selamat menunaikan ibadah shaum Ramadhan, mohon maaf lahir batin jika saya pernah khilaf.
    Nuhun.

    ReplyDelete
  38. Yg paling aku sukai dr buka puasa adalah berdoa, kan katanya waktu buka adalah salah satu waktu yang paling diijabah utk dikabulkan doanya...

    ReplyDelete
  39. Kalau berbuka dan sahur bersama keluarga itu rasanya gak tergantikan nikmatnya meski setahun sekali

    ReplyDelete
  40. Wahhh... selamattt, Aku hari pertama puasa kok lemes ya mba', tapi alhamdulillah nutup juga.. Kalau menu aku biasanya kumat kumatan, kadang bikin yang enak-enak, kadang beli di warung hehehehe

    ReplyDelete
  41. Berbuka puasa bersama keluarga lebih nikmat mba daripada sering diluar

    ReplyDelete
  42. Kenikmatan saat berbuka puasa itu memang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata ya mbak

    ReplyDelete
  43. alhamdulillah selama beberapa tahun ini kalau sahur harus selalu ada sayur bening. bisa oyong atau bayam aja. perut jadi adem mba dan ga gampang haus. insha allah kalo hal sepele ini udah terpenuhi puasa seharian ga terasa heheh

    ReplyDelete
  44. Aha! Jadi keidean mau bikin pancake buat berbuka nanti hehee.. .
    Makasih mbak

    ReplyDelete
  45. Menu andalan di rumahku sayur bening, sambal ikan penyet yang pedeeeessss banget, plus kemangi dan jeruk purut. Mantab surantab deh ya pokoknya. Duh, nulis ini pas bedug ashar, dan tiba-tiba perut berdendang. Hahaha.

    ReplyDelete
  46. Mbak Lend, ada resepnya gak? Kapan-kapan mau praktek juga ah, bikin pancake.. Dadi dulu beli mulu, gak pernah bikin. Hehehe

    ReplyDelete
  47. Menjalankan puasa dengan anak-anak memang butuh trik-trik khusus ya. Alhamdulillah si sulungku dah mulai terbiasa. Ngga seperti 2 tahun lalu hehehe

    ReplyDelete