Ramadan Day 16 : Serba-Serbi Zakat Fitri

Bismillah,

Zakat


Mendadak teringat kajian mengenai zakat saat mengaji di Salman kelas Bulughul Maram. Ini sebuah kitab yang memuat hadits tematik mengenai rukun islam, seperti cara berwudhu dalam bab bersuci, bab sholat, puasa, zakat, dan lain-lain yang bersumber dari berbagai hukum fikih mazhab (jalan pemikiran).

Ada 4 mazhab ahli fikih :

* Mazhab Hambali
* Mazhab Maliki
* Mazhab Hanafi
* Mazhab Syafi’i


Di sinilah pentingnya mengaji dan mengkaji. Karena ummat muslim tidak boleh taklid terhadap 1 mazhab saja dan menganggap mazhab lainnya salah. Sesungguhnya, Islam itu berpegang teguh pada 2 hal yakni Al Qur’an dan As Sunnah.



يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الْأَمْرِ مِنْكُمْ فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآَخِرِ

Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian” 
(QS. An Nisa’: 59)


    Pengertian Zakat fitrah   

Maksud kalimat “zakat fitrah” adalah zakat untuk badan, jiwa. Karena itu disebut zakat fitrah yang artinya zakat untuk asal penciptaan. (Al-Majmu’ karya An-Nawawi, 6/103).

Zakat Fitrah terdiri dari dua kata : zakat dan fitrah
Secara bahasa : zakat berarti an-namaa’ (tumbuh), az-ziyadah (bertambah), ash-sholah (perbaikan), dan At-Thaharah (mensucikan). 

Istilah yang lebih tepat, dan yang disebutkan dalam hadis adalah zakat fitri
Karena, zakat ini dikeluarkan di waktu fitri, dimana umat muslim tidak berpuasa lagi.
Zakat fitrah secara istilah adalah zakat yang wajib ditunaikan setelah menyelesaikan Ramadan, sebagai pembersih bagi orang yang puasa dari segala perbuatan sia-sia dan ucapan jorok.

Kegiatan mengeluarkan sebagian harta dinamakan zakat, karena dapat menambah harta dengan keberkahan dan membersihkan diri pemiliknya dengan ampunan.



Hukum Zakat Fitri


Zakat fitri hukumnya wajib bagi setiap muslim dan dikeluarkan sebanyak satu sha’ atau sekitar 3 kg bahan makanan.

Dari Ibn Umar radliallahu ‘anhuma, beliau mengatakan,

فَرَضَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ زَكَاةَ الفِطْرِ صَاعًا مِنْ تَمْرٍ، أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيرٍ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewajibkan zakat fitr dengan satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum… (HR. Bukhari)


Dari Abu said al khudri radliallahu ‘anhu, beliau mengatakan,

كُنَّا نُخْرِجُ يَوْمَ الفِطْرِ صَاعًا مِنْ طَعَامٍ

Kami mengeluarkan zakat fitr pada hari raya dengan satu sha’ makanan, 
(HR. Bukhari & Muslim)


Fact :
Tidak boleh mengeluarkan zakat fitri dalam bentuk uang. Karena hal ini bertolak belakang dengan ajaran nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.



Waktu Membayar Zakat Fitrah


1. Diperbolehkan membayar zakat fitri sehari atau dua hari sebelum hari raya.
2. Dianjurkan mengeluarkan zakat fitri pada pagi hari raya sebelum shalat Ied.
3. Tidak boleh menunda pembayaran zakat fitrah sampai setelah shalat.


Fact :
Zakat fitri tidak boleh ditunaikan sebelum Ramadan.
Karena akat fitri adalah zakat yang terkait waktu. Sehingga, waktu melakukannya pun setelah waktu dhuhur sebelum Hari Raya hingga pagi sebelum sholat Ied.


Zakat fitri dilaksanakan di tempat kita berhari raya. 
Hanya saja, diperbolehkan menunaikan zakat fitri di luar tempat orang tersebut berdomisili, di daerah asal misalnya.


Puasa tetap diterima bila tidak berzakat.
Namun, menghilangkan keutamaan dari berzakat yaitu menyempurnakan dan mensucikan orang-orang yang telah berpuasa di bulan Ramadan.



Niat Zakat Fitrah


Niat adalah suatu amalan yang berada di dalam hati. 
Karena itu, ulama sepakat tidak boleh melafalkan niat. Melafalkan niat, sama sekali tidak pernah diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam maupun para sahabat.

Inti niat adalah keinginan untuk melakukan ibadah karena Allah. Seseorang dianggap telah memiliki niat zakat fitrah, ketika dia sudah memiliki keinginan untuk menyerahkan sejumlah beras sebagai zakat fitrah, ikhlas karena Allah.



  Syarat wajib zakat fitrah   ada tiga :


Islam

Zakat ini wajib bagi setiap kaum muslimin : 
orang merdeka maupun budak, 
laki-laki maupun wanita, 
anak maupun dewasa. 


Memiliki bahan makanan lebih dari satu sha’ untuk kebutuhan dirinya dan keluarganya, selama sehari semalam ketika hari raya



Telah masuk waktu wajib membayar zakat, yaitu ketika terbenamnya matahari di hari puasa terakhir, menjelang tanggal satu syawal


Berdasarkan hadis Ibn Umar,

أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَرَضَ زَكَاةَ الْفِطْرِ مِنْ رَمَضَانَ

bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mewajibkan zakat fitri setelah ramadhan 
(HR. Bukhari)


Makna:
“…fitri setelah Ramadan…” waktu fitrah Ramadan terjadi ketika matahari terbenam di hari terakhir bulan Ramadan. Barangsiapa yang menjumpai waktu ini maka dia wajib membayar zakat fitrah. Sehingga orang yang meninggal sebelum terbenamnya matahari di hari terakhir Ramadan, dia tidak wajib zakat. Demikian pula bayi yang dilahirkan setelah terbenamnya matahari di hari terakhir Ramadan, juga tidak wajib zakat.


  Siapa yang wajib membayar zakat fitri ?  

Zakat fitri wajib untuk semua kaum muslimin, budak maupun orang merdeka, laki-laki maupun wanita, anak maupun dewasa.

Berdasarkan hadis Ibn Umar :

فَرَضَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ زَكَاةَ الفِطْرِ صَاعًا مِنْ تَمْرٍ، أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيرٍ عَلَى العَبْدِ وَالحُرِّ، وَالذَّكَرِ وَالأُنْثَى، وَالصَّغِيرِ وَالكَبِيرِ مِنَ المُسْلِمِينَ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewajibkan zakat fitrah…. kepada setiap budak atau orang merdeka, laki-laki atau wanita, anak maupun dewasa, dari kalangan kaum muslimin… 
(HR. Bukhari)


Fact :
Orang miskin dan orang yang memiliki hutang, tetap wajib membayar zakat.


Jika aku perintahkan sesuatu maka amalkanlah semampu kalian.” 
(HR. Bukhari & Muslim)


Bayi pun wajib membayar zakat, bila lahirnya 5 menit setelah matahari terbenam (sudah masuk akhir Ramadan dan awal bulan Syawal)


  Siapa yang berhak menerima zakat fitri ?  

Ada 8 golongan yang berhak menerima zakat (mustahiq) yang telah ditegaskan dalam ayat berikut,


إِنَّمَا الصَّدَقَاتُ لِلْفُقَرَاءِ وَالْمَسَاكِينِ وَالْعَامِلِينَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوبُهُمْ وَفِي الرِّقَابِ وَالْغَارِمِينَ وَفِي سَبِيلِ اللَّهِ وَابْنِ السَّبِيلِ فَرِيضَةً مِنَ اللَّهِ وَاللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ

Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk [1] orang-orang fakir, [2] orang-orang miskin, [3] amil zakat, [4] para mu’allaf yang dibujuk hatinya, [5] untuk (memerdekakan) budak, [6] orang-orang yang terlilit utang, [7] untuk jalan Allah dan [8] untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana” 
(QS. At Taubah: 60)




Wallahu'alam bishowab.
Semoga tulisan ini bisa bermanfaat.

Happy Fasting, 친구...


Salam hangat,



35 comments

  1. Zakat fitrah sebagai penyempurna ibadah kita selama bulan ramadan ya teh, bismillah.. InshaAllah kita semua mendapat predikat taqwa dan kembali ke fitri melalui zakat fitrah.. biasanya aku melalui masjid dekat rumah untuk zakat fitrah

    ReplyDelete
  2. Oh, jadi zakat fitrah dibayarkan menjelang lebaran ya mba. Nice. Jd bisa berbagi kebahagiaan dan bantuan kepada sesama yg berhak dan jg membutuhkan ya.

    ReplyDelete
  3. Makasih Teh udah diingetin. Seperti tahun-tahun sebelumnya, saya zakatnya di Tegal, kebetulan mudik ke Tegal, dan biasanya pakai beras terbaik, yang biasa dikonsumsi di rumah, beratnya pun dilebihkan, jadi 3kg/ kepala.

    ReplyDelete
  4. Nah, sekarang sudah hitungan hari untuk Idul Fitri. Siap-siap Zakat Fitrah di masjid terdekat nih. Walau ada online juga ternyata Jaman Now tapi aku masih suka ke masjid dekat rumah karena pasti ngasihnya ke yg membutuhkan yang dekat juga.

    ReplyDelete
  5. Zakat fitrah hukumnya wajib ya mbak, dari kecik sampai setua ini aku selalu diingatkan mama untuk zakat pas dekat2 ke lebaran karena kalau sampai terlewat bisa bahaya. thanks mbak infonya tentang zakat lengkap dan bermanfaat, inshallah.

    ReplyDelete
  6. MasyaAllah, terimakasih reminderny mba. Pas banget nih untuk tambahan referensi tentang zakat fitrahnya. InsyaAllah berkah dan pahalanya mengalir selalu ke mbak dan keluarga yaa

    ReplyDelete
  7. Uwaaaa, aku yang non muslim jadi belajar juga nih tentang maksud dan artinya zakat. Selamat berzakat ya mbak nanti di Hari Raya! :D

    ReplyDelete
  8. aku jadi belajar juga tentang arti dan maksudnya zakat dalam islam, selamat ber-zakat di hari raya ya teh :)

    ReplyDelete
  9. Wah nambah ilmu banget ini. Bayar zakat itu wajib, alhamdulillah orang tua aku selalu ngajarin bayar zakat secepatnya di bulan Ramadan ini, jangan ditunda2, bahaya banget kalau sampai ketunda/lupa. Naudzubillahimindzalik. Jangan sampai.

    ReplyDelete
  10. Makasi teh udah di ingetin buat zakat fitrah.. Jd ngerti pentingnya zakat

    ReplyDelete
  11. Oooh dianjurkan ngasih pas mepet2 solat ied ya.
    Wuah aku ngasihnya pas hari ke-10an gituuuu. Soalnya gak mau kepikiran zakat saat menjelang hari raya, hehe

    ReplyDelete
  12. Tidak boleh menggunakan uang, namun bagaimana dgpenyaluran di sekolah2 yang pakai uang kak? Biasanya opsinya dua, uang atau beras

    ReplyDelete
  13. lebaran sebentar lg , jd reminder klo sebentar lgi saatnya kita menjalankan kewajiban untuk mengeluarkan zakat fitrah ya mbak. hehe

    ReplyDelete
  14. Aku kalau zakat saat malam takbiran, gak sempat ya kalau habis subuh saat idul fitri. Kalau pas sekolah biasanya sebelum libur kita takjil gitu

    ReplyDelete
  15. Semoga semakin banyak orang yang sadar betapa pentingnya Zakat Fitrah, dan penyalurannya yang tepat, dan semoga amil zakat juga istiqomah, aammiinnn

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah, aku merasa beruntung karena suamiku sudah membayarkan zakat keluarga kami tahun ini sebelum kami pergi mudik besok

    ReplyDelete
  17. Sekarang sudah mendekati hari-hari terakhir Ramadhan, jangan sampai terlewat membayar zakat. Karena dengan membayar zakat, bisa membersihkan diri dan harta kita ya..

    ReplyDelete
  18. Wah keren mbak Lendy lengkap banget nih penjelas ilmunya, alhamdulillah tiap tahun selalu memastikan untuk mengeluarkan zakat fitrah sebelum salat ied

    ReplyDelete
  19. Wah barusan aja aku ngobrol soal zakat fitrah, trs mampir di postingan ini. Alhamdulillah dapat tambahan pencerahan soal xakat.

    ReplyDelete
  20. Uniek Kaswarganti6/02/2019 10:01:00 AM

    Penjelasan yang lengkap sekali. Selama ini dari kecil ya hanya ngikut kebiasaan yang berjalan di kampung halaman saja. Bayar zakat fitrah pake beras 2.5 kg.

    ReplyDelete
  21. Lengkap banget mba penjelasannya, aku jadi tau banyak soal zakat setelah baca post ini. Thanks for sharing ya mba, sering2 dong post ilmu2 islam gini. Bermanfaat banget:)

    ReplyDelete
  22. Uniek Kaswarganti6/02/2019 10:01:00 AM

    Penjelasan yang lengkap sekali. Selama ini dari kecil ya hanya ngikut kebiasaan yang berjalan di kampung halaman saja. Bayar zakat fitrah pake beras 2.5 kg.

    ReplyDelete
  23. alhamdulilah bisa bacaan bernutrisi begini, kadang ya ada beberapa poin yang suka lupa saat zakat fitrah ini karena dilakukan setahun sekali. Aku belum pernah sih zakat fitrah sebelum shalat ied takut kebablasan gitu mba, padahal sangat dianjurkan ya.

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah sudah menunaikan zakat untuk diri sendiri dan keluarga, baca artikel ini jadi lebih tahu detailnya zakat fitrah

    ReplyDelete
  25. terima kasih infonya ka, jadi tahu lebih banyak tentang zakat :D

    ReplyDelete
  26. Alhamdulillah aku sekeluarga sudah bayar zakat fitrah. Memang sih baiknya mendekati hari raya ya, tapi takut kelupaan dan ngantri juga. Anyway kalau mbak lendy zakatnya dengan uang apa beras?

    ReplyDelete
  27. Yang penting disegerakan dan siapa yang berhak yang mendapatkan zakatnya

    ReplyDelete
  28. Berarti sebelum sholat ied juga boleh ya mbak. Terima kasih ilmu barunya. Insya Allah bermanfaat bagi yang baca :)

    ReplyDelete
  29. Alhamdulillah, nambah lagi ilmunya tentang zakat dari Mba Lendy. Jazakillahu Khairan Katsiraan mba

    ReplyDelete
  30. Alhamdulillah kami sekeluarga sudah membayarkan zakat fitrah, Semoga Allah menerima semua ibadah kita ya mbak

    ReplyDelete
  31. Berfaedah banget kak informasi tentang zakat fitrinya.
    Cuma pas Ramadan tahun ini tuh, aku lagi cari banyak informasi tentang zakat mal gitu*

    ReplyDelete
  32. Lengkap banget mbak Lendy penjelasan ttg zakatnya. Semoga saja ibadah zakat yang kmrn sudah kita lakukan diterina oleh Allah dan bermanfaat buat umat yaa.. Aamiin

    ReplyDelete
  33. wah alhamdulillah ada penjelasan lengkap tentang zakat yang mudah dicerna nih. Aku jadi lebih paham lagiii. Makasi mba ilmunyaa

    ReplyDelete
  34. Alhamdulillah komplit ya mba ulasan menyoal zakat fitrah
    dan aku suka banget kamu diselingi gambar-gambar gini heheeh
    ambil dipinterest yo mba Lend? apik

    ReplyDelete