Ramadan Day 19 : Amalan Ketika Tamu Bulanan Hadir

Bismillah,

Hola sahabat lendyagasshi...
Masih semangat shaum yaa...di hari ke 19 Ramadan?
Sudah ada yang bolong belum?

Rasanya kalau perempuan, gak mungkin gak ada yang bolong deh...kecuali pas sedang hamil.
Inget banget saat hamil anak pertama delapan tahun yang lalu, lalu masuk masa menyusui dan tak lama ternyata hamil lagi. Jadi, sempat 4 kali Ramadan gak ikut shaum.


Hamil pertamaku yang terbilang manja dapat kulewati tanpa punya hutang puasa Ramadan. Meskipun asal dikasih makan, selalu keluar lagi, tapi begitu sahur dan berbuka, langsung nutrisi yang bisa masuk, aku kejar ketinggalannya. Semua susu hamil, aku minum. Dan yang paling happy, bumil itu pantang di tolak. Hehehee...

Kalau buka puasa, suka banget minta sama suami buat jalan ke mall. Soalnya kalau masak nasi di rumah, wangi nasi itu bikin aku eneg.
**wkkwk...alesan biar gak masak, yeeaay~

Related Post :
Tips Menjaga Kehangatan Suami Istri


Terus hamil kedua, aku lebih badak lagi... Mungkin karena sudah pernah mengalami hamil anak pertama, jadi uda gak ada isitlah morning sickness lagi. Namun, saat Ramadan dan hamil kedua ini bersamaan dengan masih masa menyusui kaka Ai. Jadi lemesnya di sini, saat menyusui.

Alhamdulillah,
kaka Ai bukan termasuk anak yang rewel. Jadi pas disusuin saat aku hamil muda pun, ia tetap mau nempel, meskipun gak lama seperti biasa. 

Beres anak kedua lahir, aku sampai sekarang belum hamil lagi.

Related Post :
Bongkar - Pasang (Kembali) IUD. Bolehkah?


Alhamdulillah jadwal menstruasi kembali rutin tiap bulannya. Meskipun terasa sedikit pegal dan menyakitkan di bagian perut. Jadi apa yang harus dilakukan saat sedang menstrusi kala sedang Ramadan ?

Tenang gengs, ini ada beberapa hal yang bisa muslimah lakukan agar tetap mengalir pahalamu, in syaa Allah :


    Membaca buku agama    

Kalau sedang ada waktu luang, seperti menunggui anak-anak sekolah atau saat di rumah, semua pekerjaan rumah tangga sudah beres, biasanya aku cari lagi tuuh..buku yang mau aku baca. Kalau baca buku agama ngantuk, cepet-cepet ganti sama novel. Hihii....

Related Web :
bacaan-lendyagasshi


    Mendengarkan murottal    

Malu banget looh...akutu sama anakku yang pertama. Kaka yang masih kelas 1 SD saja kalau diberi potongan ayat juz 30, bisa langsung meneruskan, sedangkan Mamanya..?

Huhuu~

Related Post :
Bandung Islamic School - Mengusung Nilai-Nilai Sunnah Rosul


    Membaca Al-Qur'an    

Ini pendapat khilafiyah yaa...
Ada yang bilang, kalau memegang mushaf Al-Qur'an saat sedang haid/manstruasi itu tidak boleh. Namun, zaman sudah maju seperti sekarang ini, Al-Qur'an tidak hanya dalam bentuk mushaf, tapi juga dalam bentuk aplikasi di handphone. Aku rasa, kita tinggal memilih saja, aplikasi Al-Qur'an yang seperti apa yang user friendly.

Related Post :
Aplikasi Al-Qur'an Terbaik : Qur'anBest


    Berdzikir    

Ini adalah salah satu amalan yang ringan, namun pahalanya besar. Di manapun, kapanpun, ingatlah selalu pada Allah subhanahu wata'ala...



    Menghindari perbuatan yang sia-sia    

Ini masih aku banget siih...kalau sedang gak sholat, suka lupa diri dalam memanfaatkan waktu. Dengan dalih me time yaaa... Ngepoin berita-berita artis yang sedang happening, lalu aku komentarin di depan suami. Padahal doi mah...jaraaang banget nanggepin berita hosipan artis. Mungkin antara gak minat sama gak mau ghibah. Wkkwkw...



    Menghadiri majelis ilmu    

Ini aku terasa banget deeh...sejak pindah rumah, aku jadi males mau kemana-mana. Alasannya, karena rumahku jauh. Hiiks~

Padahal majelis ilmu di Bandung itu gak kurang-kurang banyaknya. Dari mulai yang berbayar hingga yang gratisan.


    Memperbanyak istighfar    

Setelah ingat Allah dengan berdzikir, maka selanjutnya adalah ingat bahwa masa lalu yang pernah dilewati itu tidaklah lepas dari dosa. Untuk memperbaikinya, selalulah beristighfar, agar Allah mudahkan dan ringankan dosanya.



    Bersedekah   

Ada yang bilang bahwa sedekah yang paling ringan adalah tersenyum kepada saudaranya. Memang benar adanya...Namun tunjukkan pula langkah kongkritnya. Semoga dengan bersedekah, mampu menghapus dosa-dosa kita terdahulu.



Jadi,
Jangan kecewa dengan ketetapan Allah yaa, wahai wanita sholihaaa...
karena ada tuh...wanita yang kecewa saat menstruasi datang dan tak sedikit pula yang meminum obat hormon agar mens jangan datang saat bulan Ramadan, terlebih di 10 hari terakhir Ramadan. Jangan yaa... karena bagaimanapun, Allah-lah yang Maha Mengetahui apa yang terbaik pada hambaNya.



Mari banyak bersyukur untuk apa yang terjadi hari ini dan banyak berdoa untuk masa depan.
Semoga tulisan ini bermanfaat.

Happy Fasting, 친구...



Salam hangat,

26 comments

  1. Sedang haid memang bukan halangan untuk menjalankan ibadah lainnya. Terimakasih sudah mengingatkan ragam ibadah yang bisa dijalankan saat sedang berhalangan untuk sholat.

    ReplyDelete
  2. Aku termasuk yang tetap baca Al Quran walaupun lagi haid tapi biasanya dari gadget sih biar gak harus pegang lgs mushafnya

    ReplyDelete
  3. Makasih tipsnya. Haid memang tidak seharusnya diterjemahkan dengan nggak bisa ibadah apa2. Buat catatanku kalau insya Allah ketemu Ramadhan tahun depan.

    ReplyDelete
  4. Sebenarnya masih banyak yang bisa dilakukan perempuan haid ketika Ramadan ya, tinggal kitanya saja mau atau enggak.

    ReplyDelete
  5. Ah, iyaaaaa. Masih banyak ibadah dan amalan yg bisa kita lakukan walaupun lagi haid ya.
    Duh, baca artikel ini, jadi kangen bulan Ramadan lagi, euyyyy
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  6. Makasi tipsnya mak Lendy, masih berlaku juga nih walaupun udah bukan bulan ramadan lagi.. hehe. InsyaaAllah walaupun lagi berhalangan, tapi kita masih bisa mendapatkan pahala dan manfaat dari amalan-amalan diatas yaaa

    ReplyDelete
  7. mantul banget nih ka sarannya, bisa juga di lakukan meski udah ga bulan ramadhan ya ,, kadang suka bingung kalo lagi haid tuh mau ngapain

    ReplyDelete
  8. wah ternyata datang bulan bukan jadi halangan buat beribadah ya sekarang tu, infonya keren teh :)

    ReplyDelete
  9. Haid tidak menjadi halangan bagi wanita tuk tetap bisa peroleh pahala Ramadhan ya Mak.

    Sewaktu masih gadis dulu, sering, ramadhan masih bisa puasa full, soalnya kadang gak mens, gak teratur mensnya.

    ReplyDelete
  10. Pas puasa dapat menstruasi itu kadang bikin baper karena target ngaji skarang digantikan baca di hape dan kadang sih pengen pegang al quran langsung. Tapi dzikir juga minimal harus selalu dilakukan kapanpun ya mba

    ReplyDelete
  11. Thank u sharingnya mba...haid memang jgn smp membuat lalai ya atau beralasan ga melalukan apapun untuk mndekatkan diri pada Allah swt

    ReplyDelete
  12. Alhamdulilah ya teh ada aplikasi Quran di hape, aku lebih suka baca Quran di hape apalagi kalau di kantor hehehe :p

    ReplyDelete
  13. Terima kasih remindernya agasshi, paling suka dengan kalau lelah berfikir ya dzikir aja, suka lupa dengan quote ini. Kalau leah mikir biasanya tidur, huft...

    ReplyDelete
  14. Yes yes kadang tuh suka sedih kalau tiba2 tamu bulanan datang, padahal itu sunnatullah ya ga perlu berlebihan sedihnya. Makasih ya tips amalan2nya sangat berguna loh.

    ReplyDelete
  15. kalo aku biasanya pas dtg bulan di bulan puasa ak lebih banyakin ke dzikir dan istigfar, klo baca al quran di aplikasi ak blum yakin sama hukum nya

    ReplyDelete
  16. Suami mah makhluk yang doyan ghibah deh, mereka lebih mengedepankan akal sehat. Dibanding perempuan yang baca berita pakai hati, hihiii...

    Aku kalo dulu lagi halangan gitu, baca Quran tetep kok tapi yang ada terjemahannya. Katanya nggak apa-apa karena itu buka mushaf. Eh dulu belum ada aplikasi Quran di hape, sekarang enak ya bisa buka hape jadi nggak ragu lagi baca quran dengan alasan belajar

    ReplyDelete
  17. Berarti gpp ya baca alquran kalau dr aplikasi gt? Wah aman dong berarti ya bisa di praktekin nanti nih

    ReplyDelete
  18. Saya juga pernah mbak 2 tahun berturut turut nggak puasa. Tahun pertama karena kelahiran anak pertama, tahun kedua karena kelahiran anak kedua.

    Kalau sekarang alhamdulillah puasa selalu sebulan penuh, nggak terhalang haid

    ReplyDelete
  19. Y allah jadi pengingat banget mbak. Makasih ya. Tentang ghibah baru tahu kalo kita seharusnya mendoakan atau memohon ampun org yang kita ghibahkan

    ReplyDelete
  20. betul kak kadang kalau tamu bulanan sedang datang hal tersebut yang membuatku sedih karena tidak bisa beribadah dengan maksimal

    ReplyDelete
  21. Wah iya, dengan adanya aplikasi di handphone kita tetap bisa membaca alquran saat haid. Jadi nggak ada alasan buat males beribadah

    ReplyDelete
  22. Makanya mba aku jarang ikutan kumpul arisan untuk menghindari Gibah. Jado suka nya Kajian saja hadir. Walau kadang ya suka juga sih ikutan terpancing. Tapi paling tdk mencegah lebih baik ehehe

    ReplyDelete
  23. Wah mbaaa mantap nih semua amalannya karena masih berjuang buat ga melakukan hal yg sia-sia seperti d atas tadi. Dan berusaha ga merutuki tentang qodar kita sebagai perempuan yg mengalami hadi setiap bulannya, karena ada kebarokahan dan kebaikan d dalamnya. Tengkyu buat reminder nya nih mba

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah masih bisa melakukan Amalan yang berbuah pahala meskipun masih halangan ya

    ReplyDelete
  25. mbaaa makasih ilmunya, bermanfaat banget buatkuuu yg ilmu agamanya masih kurang. aku mau coba nanti semua tipsnya pas datang bulan ah :)

    ReplyDelete
  26. aq tahun ini karena hamil dan kebetulan tidak mampu berpuasa memilih untuk lebih banyak ibadah sunah, alhamdullilah bisa tetap ikutan tarawih dan meruntinkan shalat tahajud dan duha, tadarus juga alhamdullilah bisa 3o juz sebelum akhir ramadhan. berasa rugi yah mbak selama ramadhan tidak memperbanyak amalan karena pahalanya itu loh menggiurkan sekali untuk bisa kita raih, semoga kita dipertemukan dengan ramadhan berikutnya yah mbak. amiin

    ReplyDelete