Ramadan Day 4 : Resep Soto Betawi

Thursday, May 09, 2019 lendyagasshi 33 Comments

Bismillah,

Sebenarnya,
kalau boleh jujur...aku paling gak bisa masak menu makanan utama. Sehari-hari. aku dibantu sama khadimat yang aku panggil "Bude". Hanya saja, sejak pindah rumah ke Arcamanik, Bude ke rumahku hanya seminggu dua kali, hari Selasa dan Jum'at. 

Jadilah,
kemarin pas Bude dateng, aku nodong Bude buat masakin Soto Betawi.
Hahha...
Jadi ini ceritanya resep Soto Betawi ala Bude yaa...

Bahan :


300 gram daging
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
1 ruas lengkuas geprek
1 batang serai
2 buah tomat
Daun bawang
Air secukupnya
Garam secukupnya
Kaldu sapi 
Santan

6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 ruas jahe
1/2 sdt ketumbar


Cara membuat :


1. Rebus daging dengan air hingga mendidih. 
Buang airnya, kemudian rebus lagi sampai empuk dengan air yang baru untuk menghasilkan kuah bening dan tidak berlemak.

2. Tumis bumbu (bawang merah, bawang putih jahe dan ketumbar) yang sudah dihaluskan dengan serai, kemudian masukkan daun salam dan lengkuas.

3. Panaskan kembali kaldu daging, kemudian masukkan tumisan bumbu. 

4. Masukkan daging dan masak hingga mendidih. 

5. Beri garam secukupnya dan kaldu, lalu beri daun jeruk.

6. Begitu mendidih, tuangkan sedikit demi sedikit santan (aku pakai santan praktis, karena babang sayur gak lewat, hiiks~) sambil diaduk perlahan.

7. Siap disajikan dengan pelengkap daun bawang, emping dan kicritan jeruk nipis.


Karena resep aslinya, Soto Betawi mengandung beberapa jeroan, seperti paru, babat dan usus, sedangkan di keluarga kami tidak ada yang suka makan jeroan, jadi...jeroannya ditiadakan yaa... Aku modifikasi ama telur godog, hihii~


Soto Betawi Ala Bude
Soto Betawi ala Bude
Monmaap yaa...yang kefoto ini Soto Betawinya anak-anak. Mereka gak mau di taburi daun bawang, bawang goreng, apalagi emping. Huhuu~

Tapi beneran niih...
Meskipun masakan Mama Bude hanya begini simplenya, tapi Ai dan Hana makannya lahap. Mungkin kalau sahur lebih enak menu berkuah yaa...agar gak seret pas nasinya masuk ke tenggorokan,

Ditemenin sama teh hanget...
Yuumm~

Kalau pas masih tinggal di Cisitu, Dago dulu... Kami langganan beli Soto Betawi di Warung Cobek. Selain harganya ramah di kantong (karena yang beli pada mahasiswa kan...) juga bisa minta Bapaknya yang jualan buat banyakin kuahnya. Hehehe...😁😁

Bapaknya mah uda bolo ama aku...
Jadi suka dipenuhin aja gitu plastik setengah kilo ama kuah.
**rejeki...rejeki...Alhamdulillah~


Kalau sahabat lendyagasshi punya resep mantap apa niih untuk menu sahur dan berbuka bersama keluarga yang simple, anti-gagal dan pasti semua suka?

Berbagi di kolom komentar yuuk....
Haturnuhun.

Happy Fasting Day, 친ꡬ...


Salam hangat,



You Might Also Like

33 comments:

  1. Ga kepikiran kalau bisa diganti dengan telur rebus Mba. Aku biasanya kepikirannya diganti daging aja gitu jeroannya.bisa lebih sehat ya. Recookacble resepnya nih :)

    ReplyDelete
  2. Mantap banget nih resepnya. Kalau soto itu yg penting bumbunya. Kata Bundaku, ga boleh kurang dari 10 macem hihihi...

    ReplyDelete
  3. wah wah, boleh dicontek nih resep sotonya. Anak-anak kebetulan suka juga makanan berkuah kayak soto ini.

    ReplyDelete
  4. Menu andalan saya SOP, praktis dan cepat bikinnya, dan yang pasti kuahnya dibanyakin. Soalnya kalau bulan puasa, suami sukanya makanan sayur yang berkuah.

    Bisa juga nih resepnya di coba, dan pastinya dibanyakin kuahnya nanti hehehe....

    ReplyDelete
  5. Aduuuuh langsung dibintangi ini. Secara gitu punya suami Betawi dan istrinya ga pernah jauh jauh dari masak sayur bayam dan sayur SOP hahhaaa

    ReplyDelete
  6. Kaget deh sama foto akhirnya pakai telor plastik ternyata punya anak-anak. Wkwkwkwk Alhamdulillah gak jadi ngiler baca siang-siang

    ReplyDelete
  7. Dan aku baru ngeh kalau soto juga bisa dikasih telur gitu ya.

    Soto Betawi memang mengandung jeroan yang kadang enggak cocok juga buat yang makan.

    ReplyDelete
  8. Mirip masakan gule ya mba...
    Aku baru tau, klo soto betawi itu bersantan.

    Klo di jogja dan sekitarnya, soto kuahnya agak kuning juga, tp tanpa santan.

    ReplyDelete
  9. wahh salah satu soto favoritku nihh. harus dicatat resepnya biar nanti bisa buat sendiri. emang bener..makan berkuah gini paling cocok u sahur

    ReplyDelete
  10. Soto betawi memang segeer ya mba.. tapi aku sukanya yg ngg begitu kental santannya

    ReplyDelete
  11. Soto Betawi ini favorit aku banget, dulu sering banget makan ini tapi gak pernah bikin sendiri sih. Gak jago masak jadi resep andalannya cuma tumis2 aja

    ReplyDelete
  12. Sy suka banget soto betawi ...pernah nyobain bikin sekali trus rasanya beda sm soto betawi yg biasa sy beli, ga berasa soto betawi, setelah itu ga pernah nyoba lagi hehe

    ReplyDelete
  13. Soto Betawi my favorite! Tapi Ku velum pernah memberanikan diri buat bikin sendiri mak di rumah. Takut hasilnya bhay! Hahahah tapi resep dari mak boleh lah ya aku save dulu

    ReplyDelete
  14. Akutu suka banget soto kecuali soto betawi, karena SANTANnya hahahah
    Terbiasa sama soto Banjar & Jawa (madura, lamongan dll) yang bening2

    ReplyDelete
  15. Untuk menu sahur biasanya memang sayur jadi favoritnya keluarga. Saya paling sering buat sayur bayam, oyong, sup jagung dan sejenisnya yang masaknya gak pake lama. Sedikit saja masaknya tapi langsung habis jadi tidak mubadzir.

    ReplyDelete
  16. Wah menu soto betawi, kapan-kapan mau coba eksekusi ah... Makasi sharingnya mba:)

    ReplyDelete
  17. Wah soto Betawi memang enak apalagi pas dimakan saat berbuka. Pakai emping dan acar makin yahood

    ReplyDelete
  18. Aku paling suka soto betawi yang isinya babat, hmmmm enak banget. Tapi samapai sekarang belum pernah masak sendiri hihihi, hebatan Lendy masak

    ReplyDelete
  19. Ternyata siyo betawi kuahnya pakai santan ya mirip sama soto Medan. Ini bumbunya pakai bumbu pempek ya mbk alias bumbu komplit.. Rasanya pasti maknyuss

    ReplyDelete
  20. Kalo tetanggaku dulu bikin Soto Betawi kuahnya pakai susu. Enak sih, dan aku belum pernah recook resepnya. Udah lama pengen nyoba, tapi nggak pede aja, hahaha.

    ReplyDelete
  21. Suka banget sama soto betawi, saya kenalnya waktu kuliah di Jakarta mbak. Di depan kosan ada yang jual jadi selalu pesan dan kalau lihat kuah santannya itu aduh maknyess...

    ReplyDelete
  22. Beneran deh aku senang banget dari tadi bewe ke blog teman-teman banyak resep bertebaran haha..thanks resepnya mbak ntar aku mau nyobain masak sendiri.

    ReplyDelete
  23. Waah soto betawii.. aku baru pernah sekali makan soto betawi mba dan kesan yg aku dapat cukup baik. Aku abis baca jadi keinget udah luama ga makan soto betawi lagi :))

    ReplyDelete
  24. Seger banget itu, soto betawi aku jarang banget makan, seringnya soto ayam or soto daging.. beda kan ya dengan soto betawi? khas banget ya pakai kentang.. yang jadi lebih menarik menurut aku dari kuah sotonya ya.. seger banget!

    ReplyDelete
  25. Akunsuka soto betawi tp.krn di keluarga anak2 ga suka jd beli aja sesskali kalau lg pengen hehe...tp yaotu pke jeroan..heu..sesekali makan nikmat ga sehat gpp kah..xixixi

    ReplyDelete
  26. aku dulu ga suka soto. Gara-gara suami yang doyan soto jadi ikut suka. Eh anakku juga suka deh

    ReplyDelete
  27. Soto Betawi tuh kayaknya pake susu ya masaknya? Ini ga pake ya Len?
    Aku suka banget sih rasa soto betawi kalau pas beli2 gitu, apalagi ditaburi emping banyak2 hmm... syedaaappp

    ReplyDelete
  28. Aku malah kalau makan soto, bawang gorengnya harus banyak. Di kuah soto ditaburi. Di nasi juga ditaburi. Hihi.

    ReplyDelete
  29. Aku kemarin buka puasa pake soto betawi juga tapi.. beli wkwk... soalnya ga ada yang jual dagingnya euy. Harus ke supermarket.

    ReplyDelete
  30. Aku pecinta aneka soto tapi belum pernah bikin sendiri yg soto Betawi ini. Save resepnya ah.

    ReplyDelete
  31. Jadi kepengen makan soto betawi ala anak anak yang tanpa daun bawang, tanpa emping, hehehe. Aku suka makan soto.betawi di Pekalongan ada yang jual. Rasanya jauh beda dengan soto khas Pekalongan

    ReplyDelete
  32. Pewe-ku seneng banget makan Soto Betawi, tapi biasanya beli. Pas baca resepnya Mbak Lendy, sepertinya bisa deh bikin sendiri. Ntar aku coba bikin ah.

    ReplyDelete
  33. Aku laper loh ini. Baca soto betawi, duuuhh ena ena ena

    Kapan2 bikin sendiri asik kali ya

    ReplyDelete