article,

Tips Memilih AC Sesuai dengan Luas Ruangan

Thursday, June 27, 2019 lendyagasshi 61 Comments

Bismillah,

Tips Memilih AC


Indonesia yang dikenal sebagai negara tropis, tentu memiliki hawa yang bisa dibilang panas dan lembab. Hal ini terasa sekali ketika sahabat lendyagasshi berada di beberapa kota besar di Indonesia. Karena selain dari pengaruh iklim di Indonesia, juga dipengaruhi beberapa hal seperti pemanasan global, efek rumah kaca, yang menyebabkan makin tipisnya lapisan ozon di bumi.

Biasanya, masyarakat di Indonesia mengatasinya dengan memasang AC (Air Conditioner) di ruangan-ruangan yang membutuhkan udara sejuk. Maka, untuk memasang AC, sebelumnya pasti kita membandingkan dahulu harga dari masing-masing AC. Dengan membandingkan harga iklan jual AC Daikin ½ PK, maka diharapkan kita bisa memenuhi kebutuhan suhu ruangan yang diinginkan. Tidak berlebihan (terlalu dingin) atau malah suhu sejuknya tidak terasa sama sekali, karena ruangannya terlalu luas, misalnya.

Seringkali kita bingung dengan istilah PK pada pendingin ruangan yaa...
PK singkatan dari Paard Kracht yang berarti daya kuda. Ukuran PK berpengaruh pada hawa dingin yang diharapkan dihasilkan dari pengoperasian AC.


Tips Memilih AC


Faktor-Faktor Penting Ketika Membeli AC

Untuk memenuhi kebutuhan sebuah ruangan, maka hendaknya menyesuaikan besarnya PK dengan luas ruangan agar hawa dingin yang dihasilkan oleh AC (pendingin ruangan) dapat maksimal. Dalam perhitungan random, memilih PK AC berdasarkan pada perhitungan berikut :

Besaran PK yang sesuai ditentukan dengan rumus:
Luas Ruangan Dalam m² x 500 = Lebar x Panjang x 500

Asumsinya tinggi ruangan berkisar 2,5 – 3 meter. Rumus tersebut dihitung dalam satuan Btu/h yang biasa tercantum dalam setiap unit AC. Jika dikonversikan dalam PK kurang lebih patokannya adalah sebagai berikut :

● ½ PK = 5000 Btu/h (untuk ukuran ruangan 10 m² )
● ¾ PK = 7000 Btu/h (untuk ukuran ruangan 14 m² )
● 1 PK = 9000 Btu/h (untuk ukuran ruangan 18 m² )
● 1 ½ PK = 12000 Btu/h (untuk ukuran ruangan 24 m² )
● 2 PK = 18000 Btu/h (untuk ukuran ruangan 36 m² )


**Patokan tersebut adalah pedoman rata-rata untuk mendinginkan ruangan dalam hitungan waktu kurang lebih satu jam.



Selain mempertimbangkan besarnya PK ketika membandingkan harga dari toko-toko yang jual AC Daikin 1/2 PK, sebaiknya juga perlu memperhatikan faktor-faktor penting lainnya dalam membeli AC :

1. Pilih AC hemat energi
Jenis AC low watt inverter adalah jenis AC yang dibutuhkan untuk membantu menghemat konsumsi listrik. Akan lebih optimal jika AC jenis low watt ini dilengkapi fitur auto. Fitur auto membantu mengatur kinerja AC agar bisa diatur mati secara otomatis ketika suhu ruangan sudah mencapai kesejukan yang diinginkan dan kembali nyala ketika suhu dalam ruang mulai naik atau panas.


2. Pahami manfaat fitur-fitur
Jangan termakan iklan dan heboh dengan kecanggihan. Pilih AC sesuai kebutuhan. Pahami benar fitur-fitur yang ditawarkan dalam sebuah unit AC agar tidak menjadi fitur sia-sia belaka sebab semakin banyak fitur tambahan akan berpengaruh pada semakin mahal harga AC.


3. Lebih baik memilih AC desain sederhana
Jika AC digunakan di rumah, pertimbangkan untuk memilih desain sederhana agar lebih mudah dibersihkan. AC yang terlalu rumit sulit untuk dibersihkan secara swadaya. Membersihkan AC secara swadaya bisa membantu menghemat pengeluaran.



Tips Membeli AC dari Toko Resmi

Dimana sebaiknya membeli AC jika tertarik iklan jual AC Daikin ½ PK ? 
Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli AC Daikin:

1. Pilih dari toko terpercaya
Beli AC hendaknya dari toko terpercaya agar mendapatkan garansi resmi dan mudah ketika hendak melakukan klaim apabila dibutuhkan.

2. Bandingkan berbagai penawaran
Tidak perlu buru-buru menjatuhkan pilihan. Bandingkan harga dari berbagai penawaran toko elektronik terkemuka agar bisa mendapatkan penawaran terbaik.

3. Pelajari perjanjian garansi
Pahami benar tata cara mengajukan garansi. Dan merawat AC dengan baik.

Related Post :



Bukalapak juga jual AC Daikin ½ PK . Aktivitas membandingkan harga ketika akan membeli AC sangat terbantu jika membeli produk secara online melalui Bukalapak.



Karena di Bukalapak, web dan appsnya dimodifikasi sedemikian rupa dengan bantuan fitur pencarian yang mudah digunakan sehingga calon konsumen dapat mudah menemukan barang idaman dan mendapatkan penawaran terbaik.

Sahabat lendyagasshi pernah punya pengalaman berbelanja nyaman dan mudah di Bukalapak juga?
Yuuk...sharing di kolom komentar.


Semoga bermanfaat.


Salam hangat,


You Might Also Like

61 comments:

  1. Di Malang dingin mbak, jadi sampai saat ini massih belum membutuhkan AC.
    Tetap terimakasih tipsnya, kali aja suatu saat pindah ke daerah bercuaca panas

    ReplyDelete
  2. KEbetulan banget nih teh di rumah mamah Ac nya rusak mau nyari ac baru nih, makasih nih tips nya kadang suka ga tau harus milih ac gimana buat luas kamar atau ruang tamu.

    ReplyDelete
  3. Keren bgt nih tipsnya. Membantu sekali buat yg mau beli ac. Desain pun perlu dipertimbangkan yang gampang dibersihin, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. AC bakal jadi produk yang banyak dicari orang di negeri tropis begini. Dengan memperhatikan luas ruangan, maka kita ga bisa langsung komplen ya kalau ac ga berasa. Kali aja emang pk-nya kekecilan.

      Delete
    2. Mempelajari ketentuan garansi tuh penting banget, ya. Lumayanlah kalau ada apa2 masih bisa dapat servis atau spare part gratis.

      Delete
  4. Aku juga pakai AC padahal dulu Ungaran dingin banget, hutannya hilang berganti perumahan, harus cari produk AC yang hemat energi dan ramah lingkungan ya

    ReplyDelete
  5. aku tuh pernah salah beli AC, mba. Ruangan kegedean eh AC yang dibeli PK kekecilan. Akhirnya ya nggak terlalu kerasa ademnya. Skarang sih baru tahu kalau memang harus pilih yang sesuai. Nggak asal beli. Rekomendasi beli di Bukalapak ini emang yang terbaik deh :)

    ReplyDelete
  6. Yup, betul, pilih AC yang sesuai kebutuhan. Terlalu banyak fitur malah bikin percuma kalau ga bisa gunain nya secara maksimal.
    Aku langganan belanja di bukalapak terus nih, seneng karena sekarang lagi ada fitur nego nya, jd bisa belanja hemat.

    ReplyDelete
  7. Memang harusnyaa memperhatikan luas ruangan ya biar gak kedinginan atau kepanasan karena salah milih AC

    ReplyDelete
  8. Betul, menanyakan detail garansi ini penting banget karena penyusutan barang elektronik kan cepat yaaa, Mbak.

    ReplyDelete
  9. Iya bener mba. Kalau beli AC harus sesuai kebutuhan kita dan lingkungan juga ya. Aku juga baru hampir tahun pakai AC sejak pindah ke Tangerang Selatan. Soalnya di sini panas banget sampai Erysha biang keringat parah. Soalnya di bandung dingin pas pindah ke sini panas. Kaget dia jadi aku beli AC yang hemat energi juga ��

    ReplyDelete
  10. Kamar kami kecil dan pakai AC 1/2 PK, itu aja udah bikin saya menggigil di dalam selimut, anehnya anak-anak saya malah anteng aja tuh hahaha.

    Terus sekarang ACnya rusak, pengen ganti ah, boleh juga nih cari di bukalapak :)

    ReplyDelete
  11. Pertama, aku ga tau AC kamarku berapa PK. Jadi kepo abis ini nyari tau hehe
    Kedua, soal fitur auto AC itu mati ketika sudah sejuk dan nyala kembali apa ga bikin tagihan listrik tinggi ya mbak?

    ReplyDelete
  12. Nah kalau kamar saya karena kecil berarti setengah PK Jung udah cukup ya. Selama ini kami gak pakai AC. Soalnya tinggal di daerah kebun teh, udaranya udah cukup dingin. Hehehe

    ReplyDelete
  13. Solo panas, Kak.. Tapi belum berani beli AC karena takut listriknya mahal, hihi...

    Tapi nanti kalau dimampukan beli AC, suami maunya merek Daikin ini sih. Doakan ya, Kak.. :D

    ReplyDelete
  14. Bandung udah butuh AC ya teh,, panasnya gila2an kalau siang tapi menjelang subuh dingin banget hahahaa

    ReplyDelete
  15. Zaman dulu keliling supermarket atau toko dulu untuk membandingkan dan membeli AC. Kalau zaman sekarang cukup lihat dan beli secara online di BukaLapak ya.

    ReplyDelete
  16. Kamar 12m2 baiknya pakai yg 1/2PK atau 3/4PK y mba? Wah..akhir2 ini puanaaas ya,jadi merasa butuh AC deh

    ReplyDelete
  17. Wah mnarik juga nih info nya. Aku bru tau ac itu ada pk pk nya loh.. makasih yah info nya. Membantu banget..

    ReplyDelete
  18. Aku selalu pakai merk yg sudah jaminan dan beli di tempat resmi untuk garansi.. Jakarta musti bener-bener dingin hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan biasanya biar pasti dingin aku pakai yg PKnya besar hehehe. Makanya cari yg hemat listrik jugaaa

      Delete
  19. duh... kudu banget dipelajari ukuran PK ama luas ruangan. kalau salah beli bisa jadi ngga berasa AC nya atau malah kelewat dingin dan boros listrik. Tapi tetep belinya dong dibuka lapak hehe

    ReplyDelete
  20. Baca ini tengah malam dan kedinginan, sudah dari sejak sore dingin sampai subuh esok harinya. Soalnya rumah kami di lembah. Pengen juga punya AC kalau tengah hari bolong panas banget cuma daya lisytrik kami tidak cukup. Tah nyimak saja dan bisa tambah ilmu mengenai AC.Kalau Bandung dinginnya di Riung Bandung yang kompleks perumahan itu, jika di sekitarnya banyak pohon. Tapi saya pernah tinggal di Kiaracondong yang panas. Hem, tempat itu kayaknya bisa jadi pasar AC.

    ReplyDelete
  21. Waah setelah baca tulisannya aku jadi banyak tau pertimbangan-pertimbangan apa aja yang harus kita pikirkan sebelum membeli AC
    Thanks for sharing infonya

    ReplyDelete
  22. D rmh sy pake ac 1/2 pk biar hemat listrik. 1/2 pk juga cukup klo untuk kamar

    ReplyDelete
  23. Dulu waktu pertama kali beli AC juga saya bingung soal ukuran PK ini. Tapi kalau untuk kamar tidur disarankan pakai yang 1/2 PK aja udah dingin.

    ReplyDelete
  24. Beli AC hemat energi penting nih, biar ga bayar listrik mahal ya mba. Apalagi kalau setiap hari dipake.

    ReplyDelete
  25. Kudu nyatet nih besaran AC yg diperlukan sesuai kebutuhan ruangan biar tepat guna. Paling penting juga beli AC yg hemat energi ya biar ga boros bayar listrik.

    ReplyDelete
  26. Kayaknya AC dirumahku juga setengah PK juga deh mbak lumayan dingin jadinyaa

    ReplyDelete
  27. Oooh iya juga ya. Kupikir luas ruangan gak jadi pertimbangan. Ya selow2 aja sih. Berarti maksudnya supaya rasa dinginnya terjangkau ke pengguna ac gitu ya

    ReplyDelete
  28. Wah gitu yah ternyata cara hitung keperluan ac buat dituangkan, ilmu baru nih kak �� mau coba hitung buat rumah Eny ah

    ReplyDelete
  29. Nah ini penting banget pedomannya bagi orang awam kayak aku. Dulu sempat mimir kalau mau pake ac ya udah pilih aja. Taunya harus sesuaikan dengan luas ruangan ya

    ReplyDelete
  30. Aku pakai AC Daikin 1PK untuk rumahku yang 4L. AC ditaro di kamar dinginnya bisa sampai ruang tamu hehehehe.

    ReplyDelete
  31. Kami sempat galau tuh mau beli Daikin 1 PK atau 1,5 PK aja ya xD Tapi akhirnya kami memutuskan beli yang 1,5 PK :D memilih pakai Daikin tuh biar kya di kantor2 gitu, hhihi..

    ReplyDelete
  32. Penting banget ini infonya buat saya yang di Surabayaaaaa.... Wkwkwkwk, panas banget bok. Jemuran digantung pagi, siang uda kering cobak. Kalau nggak pakai AC umuuuubbb kepala saya Mbak. Selama ini tahunya ya tinggal pakai. Suami yang mikirin beginiannya. Tapi seneng juga si, jadi tambah pengetahuan dan bisa ikut nimbrung kasih wawasan kalau pas rembugan sama suami ya. Thanks Mbak!

    ReplyDelete
  33. berguna bgt ini tipsnya buat beli ac mba, ak jg ga mudeng itu apa PK PK haha trnyra bisa jd salah satu patokan buat beli ac sesuai luas ruangan bahkan ada rumusnya jg haha

    ReplyDelete
  34. Wah makasih tipsnya ya..aku mah tinggal di tpt dingin jd ga perlu AC ..tp bs SJ suatu saat perlu sih..hehe

    ReplyDelete
  35. Senangnya beberapa hari ini baca blog teman-teman pada bahas AC karena aku memang pas mau cari AC buat masukan mana yang cocok untuk ditaruh di kamar, pengennya yang hemat listrik sih. Langsung meluncur ah ke Bukalapak nginti AC Daikin :)

    ReplyDelete
  36. Praktis ya sekarang bisa belanja AC secara online, AC sudah jadi peralatan rumah tangga yabg wajib ada karena udara udah nggak sesejuk dulu ya

    ReplyDelete
  37. Kalau ruangannya besar tapi PKnya kecil kasihan juga kan daya kerja ACnya harus kerja keras bagai Quda hihihi. Tapi kalau ruangannya kecil PKNya gede bisa menggigil ya selain itu wattnya juga lebih besar. Bener banget harus pilih PK AC sesuai luasnya ruangan.

    ReplyDelete
  38. aq baru ngerti deh untuk beli ac yang sesuai dengan ukuran kamar harus berapa pk, selama ini cuma tahunya pake aja, btw mbak daikin ini merk adalah banget yah dari zaman dulu, cepet dingin dan awet acnya.

    aq baru aja transaksi di buka lapak beli tiket main untuk anak yang murah banget dan cuma ada di bukalapak sama baru upgrade juga jadi pembeli prioritas biar bisa dpat lebih banyak promo-promo menarik

    ReplyDelete
  39. Sekarang AC low watt emang jadi pilihan ya secara harga listrik wes naik hehe, Btw aku belum pernah sih beli alat elektronik di BL biasanya paling sembako dan fashion aja.

    ReplyDelete
  40. Bagus nih artikel post nya mbak aku jadi tahu pasti untuk berapa aja ukuran kamar buat pk nya ac, di kamar daikin 1 pk uda dingin banget

    ReplyDelete
  41. aku baru tahu ketentuan ukuran yang 1/2 PK untuk berapa luas ruangannya teh hahahaha sekarang sih Cimahi tiris ga tau deh ntar siang suka panase poll jadi butuh juga AC

    ReplyDelete
  42. Sumpah baru tahu kepanjangan PK itu apa. AC aku di rumah dan di kantor juga pakai Daikin mbak dan emang awet nih. Kalau ukuran PK yang di rumah aku nggak tahu deh berapa ya. Kayanya sih 1, kalau yang di kantor aku tahu 2PK.

    ReplyDelete
  43. Dapat tips juga dari para pencuci AC yang biasanya tuh tukang service AC, lebih baik memang memilih AC denan design sederhana dan tidak neka neko. Soalnya pas pencuciannya kan, mereka harus melepas bagian-bagian luarnya untuk mencuci bagian dalamnya. nah, kadang tidak semua tukang cuci AC paham dengan design AC yang terlalu rumit

    ReplyDelete
  44. Tipsnya berguna banget ya karena kita juga harus memikirkan luas ruangan agar AC yang kita pilih sesuai dengan luas ruangan yang tidak mubazir ya

    ReplyDelete
  45. aku pakai AC yg 1/2 PK dan itu kebeli sewaktu udahan aku resepsian mbaaaaa wkwk, karena kasian penganten baru kepanasan (mamahku bilang gini). Dan bener banget ngeliat kebutuhan itu buat bayar listriknya juga ya

    ReplyDelete
  46. aku baru tau ada rumus ini hehe tapi sepengalaman ku sih semuanya sesuai kebutuhan aja, kayak di kotaku kan khatulistiwa ya disini panasnya puooool jadi ruangan kecil juga kadang pake AC 1 atau 1,5 PK hehe

    ReplyDelete
  47. Penggunaan Ac sebagai pendingin ruangan jadi salah satu kebutuhan juga nih di rumahku. Nggak kuat kalau siang di rumah rasanya panas banget. Kemarin waktu beli disaranin yang invester sih karena suka pake dalam waktu lama. Katanya lebih hemat. Memang ya ternyata beli AC pun mesti disesuaikan dengan kondisi rumah juga. Makasi tipsnya, Kak

    ReplyDelete
  48. ah ini tips nya mantul banget apalagi buat keluarga muda yang lagi bingung nih mau beli AC, tapi gak tau pilih ya mana ya kak. Kalo aku pasti pertimbangannya dengan luas ruangan sih hehehe

    ReplyDelete
  49. Waahh, noted nih hitung-hitungan PKnya, baru tahu lho saya, beneran.
    Selama ini cuma tahu pakai doang, tu juga di kantor, di rumah belum punya, hehehh

    ReplyDelete
  50. Kalau aku gampangnya, kamar2 pakainya yg 1/2 pk aja, karena kamarnya juga nggak gede2 semua, ya standar lah buat kamar2 kita yang isinya cuma muat kasur, lemari, sama meja rias, udah. :D Nah kalau ruang tamu baru deh pakai yang 1 pk. Kan mayan gede tuh.

    ReplyDelete
  51. semarang kalo ga ada ac ya wasalam panasnya ampun deh. Makanya suamiku juga kudu banet pake AC. Itung2an PK ac juga dia yang paham

    ReplyDelete
  52. pengen pasang AC di rumah tapi daya rumah musti gede ya? selain itu musti disesuaikan dengan ruangan ya, apalagi rumah saya kalau siang karena menghadap ke barat.

    ReplyDelete
  53. ohh baru ngerti nih saya, soal ac per ac an, makasi mb leny sharingnya berguna banget saya langsung sharing ke temen yang mau beli ac dalam waktu dekat ini

    ReplyDelete
  54. wah sebagai pengguna AC sejati, aku bersukur banget tau informasi ini. soalnya aku engga ngerti berapa ukuran yang pas untuk sebuah ruangan gitu. bermanfaat bgt mba!

    ReplyDelete
  55. kamarku pakai AC Daikin 1/2 PK udah dingin banget

    ReplyDelete
  56. wahahahahaha 3/4 PK 2 kamar udah kayak freezerrr :v

    ReplyDelete
  57. Aku pernah salah beli AC yang nggak sesuai dengan ukuran kamar. Jadinya, ruangan nggak dingin euy. Dan ini tentunya nggak nyaman banget. Makasih tipsnya ya mba

    ReplyDelete
  58. Wah, noted deh tipsnya. Walopun sekarang belom perlu AC, siapa tahu nanti aku pindah rumah ke tempat bersuhu tinggi.

    ReplyDelete