Tol Trans Jawa : Jakarta-Surabaya Sepanjang 760 km

Bismillah,

Walaupun mudik masih lama, karena kami menunggu momen-momen libur panjang kaya Lebaran atau libur akhir tahun (**eh, yang ini mah sebentar lagi yaa...?), aku mau cerita sedikit pengalaman keluargaku waktu mudik kemarin, dari Bandung ke Surabaya.

Karena sekarang anak-anak sudah usia sekolah, jadi kami pede banget buat mudik menggunakan kendaraan pribadi. Walau mudik-mudik sebelumnya, kami masih mengandalkan kendaraan umum seperti pesawat atau kereta api.

Baca juga yuuk..


Kenapa?
Salah satunya karena anak-anak masih kecil, jadi kebayang aja gitu...remfongnya ajakin anak-anak naik kendaraan pribadi. Terus lagi, dulu kalo mudik tuh...sendiri-sendiri. Aku si anak mama (**aaelllah, semua anak mama keles, hahaha~), biasanya suka minta ijin ke suami buat mudik 3 minggu sebelum Lebaran. Demi apa?

Demi bisa berkumpul bersama Ibu, kakak, mertua dan keluarga besar lainnya di Surabaya dengan waktu yang lebih lamaaa... Kalo nunggu Abinya anak-anak, bisa-bisa cuma punya waktu seminggu di Surabaya. Yaah...seminggu doank mah yaa...



Oke,
Jadi tahun ini kami sepakat untuk sama-sama menurunkan standar. Aku gak terlalu lama di Surabaya dan Abi juga ambil cuti lebih lama (sedikit) dibanding tahun-tahun sebelumnya. Jadi kalau ditotal, kami di Surabaya sekitar 2 minggu.

Cukup?

Emm, gakkan pernah cukup kalau ketemu keluarga yaa...apalagi keluargaku tuh punya kebiasaan seru kalau Ramadan. Kami selalu bergantian open house untuk berbuka bersama. Ngabuburit ya...istilahnya?

Bukan nge-mall atau kemana...tapi bener-bener di rumah dan ngobrol intimate antar keluarga. Mau yang muda nge-gosip BTS kah..atau EXO...oke!
Mau yang para tetua curhat masalah kesehatan, oke!
Lalu kaya kami gini, para hot mommy and daddy, pasti ngobrolin masalah pertumbuhan anak-anak. Curhat masalah kegiatan anak-anak di sekolah, berbagi resep masakan sampai masalah gosip artis. Ahhaaii~
Pokoknya adaaa aja yang jadi bahan obrolan yaa..


Kisah keluarga Maskoer bisa dinikmati di sini :




Alhamdulillah.
Sejak tahun 2017, Tol Trans Jawa ini sudah membentang sejauh 760 km dari Jakarta hingga Surabaya, walau pada tahun segitu, jalan tol Trans Jawa ini belum sepenuhnya bisa digunakan. Jalan masih berpasir dan rest-area pun masih seadanya banget.


Dan saat itu, kami sudah mencoba jalur ini untuk mudik. 

Amazingly,
Jakarta - Semarang yang biasanya ditempuh dalam waktu 6-7 jam, saat menggunakan tol Trans Jawa, kami hanya menghabiskan 4 jam saja. Sungguh menjadi perjalanan yang tak terlupakan, saking cepetnya.

Dan di Semarang, kami keluar tol untuk bisa sejenak beristirahat menikmati kota Lunpia ini. Kami menginap di ibukota Jawa Tengah ini semalam. Untuk besok melanjutkan perjalanan kembali dalam keadaan fresh.

Sebenarnya,
alasan utama aku gak mau melewatkan Semarang ini karena aku belum pernah explore Semarang. Emm, kayanya pas aku kecil yaa.. Dan kenangan itu uda 30 tahun yang lalu (**eh, jadi ketauan umur donk yaa...haahha~ masih 17 kok...). Dan seperti biasa, berkunjung ke sebuah kota, gak asik kalo gak mengunjungi tempat-tempat iconic kota tersebut.

Terekam jejaknya di sini, guys...



Sudah puas menikmati kota Semarang, kami melanjutkan perjalanan menuju Surabaya. Dan dari Semarang menuju Surabaya, perjalanan sungguh lancar dan hanya ditempuh dalam waktu 5 jam.

MashaAllah~

Senang sekali rasanya mengetuk rumah Ibu di Surabaya yang penuh dengan kenangan. Di rumah yang baru kami tempati 15 tahun itu, ada kisah masa-masa sekolahku dari mulai SMA. Karena sebelum menempati rumah yang sekarang, keluargaku sering berpindah-pindah tempat tinggal. Kami mengikuti kemana pun Babe rahimahullah bertugas semasa masa kerja beliau di salah satu BUMN.

Saat Ibu memeluk anak-anak, ada rasa haru yang tak terbendung. Meskipun saat ini teknologi komunikasi sudah begitu maju, tentu bertemu fisik tetap menjadi pengalaman yang tak tergantikan. Apalagi Ibu sekarang tinggal hanya berdua dengan mas Tomi, kakakku yang ketiga.


Bersyukur dengan adanya Jalan Tol Trans Jawa selain mempersingkat waktu tempuh juga menghemat biaya selama perjalanan. Selain itu, pengalaman serta bonding kami menjadi semakin erat.


View this post on Instagram

#Repost @kemenpupr - Fokus pembangunan Kementerian PUPR pada 5 tahun ke depan adalah menghubungkan jalan tol dengan kawasan-kawasan strategis sehingga menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi kawasan dan menciptakan pusat-pusat ekonomi baru. . Tol Trans Jawa, misalnya, tidak hanya menjadi jalur penghubung transportasi antar kota, tetapi dapat diintegrasikan dengan kawasan-kawasan industri yang sekarang sudah muncul seperti di Ngawi dan Nganjuk serta mendukung akses ke destinasi pariwisata sesuai dengan visi Presiden Joko Widodo tahun 2019-2024. . Dari total 1.150 Km, sepanjang 533,3 Km tol Trans Jawa berada di Provinsi Jawa Timur dengan ruas yang telah beroperasi sepanjang 360,3 Km dan sisanya 173 Km dari Probolinggo hingga Banyuwangi masih dalam tahap pengerjaan yang ditargetkan selesai awal 2022. . #MenyambungNegeri #TolTransJawa #InfrastrukturUntukIndonesiaMaju #PUPRSigapMembangunNegeri
A post shared by Info BPJT (@bpjt_info) on


Berapa biaya Tol Trans Jawa sepanjang 760 km?

Jakarta - Surabaya : Rp 675.500,-

Dengan menggunakan metode pembayaran cashless, gak ada salahnya cek dulu saldo e-money yang akan digunakan, agar perjalanan lancaaarr...


Jadi,
Jangan ragu untuk mudik menggunakan kendaraan pribadi. Karena Pemerintah saat ini melalui Departemen Perhubungan sudah menyediakan berbagai fasilitas yang bisa kita nikmati. Berbagai fasilitas dari mulai transportasi darat, laut dan udara juga perbaikan angkutan massal di tiap daerah.

Bagiku yang tinggal di Bandung, aku cukup puas dengan berbagai kemajuan yang dibangun oleh Departemen Perhubungan. Ada bis dalam kota dengan jumlah armada yang memadai, lalu kereta api yang menghubungkan Bandung dengan berbagai kota di Jawa, dan lain-lain. Yang paling bahagia niih...kami siap menanti kereta cepat Bandung-Jakarta yang akan segera dibangun.

Keren kaan...
Bisa ngerasain Shinkansen-nya Indonesia.


Mari dukung terus pembangunan transportasi Indonesia oleh Departemen Perhubungan. Jangan lupa untuk follow sosial medianya agar update berita seputar pembangunan dan penyediaan alat transportasi Indonesia yang bikin bangga.

    Website :    
http://www.dephub.go.id/

    IG :   
https://www.instagram.com/kemenhub151/

    Twitter :    
https://twitter.com/kemenhub151



With love,

98 comments

  1. saya pernah dari jakarta ke surabaya 10 jaman...memang memangkas waktu banget

    ReplyDelete
  2. Waktu ke Jogja akhir bukan lalu saya lewat tol yang baru. Lumayan juga penghematan waktunya dan pastinya lancar jaya. Pengennya suatu saat bisa jalan-jalan sampai Surabaya lewat tol ini

    ReplyDelete
  3. Seruuu banget mudik rame2 ke Surabayaaaa ya Mak.
    Duh, aku blum pernah ngerasain tol Trans Jawa nih
    Moga2 next time ada kesempatan dah
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  4. Beberapa kali lebaran ke belakang banyak yg mengatakan mudik saat ini sudah lebih baik. Lebih cepat dan bebas macet. Alhamdulillah ya. Semoga daerah lain juga bisa lebih cepat perbaikan sarana dan prasarananya

    ReplyDelete
  5. Wah aku belum pernah ngerasain sampe Surabaya. Baru dari Merak ke Semarang aja. Alhamdulillah karena pas puncak arus mudik tetep ngerasain macet. Tapi, betul sih, adanya tol bikin jalur darat jadi pilihan.

    ReplyDelete
  6. Tol trans jawa ini memang membantu banget yaa. Udah kebayang bakal penuh banget pas suasana mudik tol bakal laris manis. Hehe. 😊 Memang luar biasa dulu kalau mau mudik sy ke trenggalek lamaaaa banget rasanya. Ini sekejap mata 10 jam udah bisa luar biasa!

    ReplyDelete
  7. temanku yang asli jatim bersyukur sekali dengan adanya tol ini teh, karena waktu mudik jadi lebih singkat :) infrastruktur kita semakin lama semakin keren ya

    ReplyDelete
  8. Aku kapan hari ke Madura dan lewat Tol Trans Jawa. Duh itu enak banget jalannya. Jadi kita bisa sangat hemat waktu dibanding dulu. Alhamdulillah pembangunan tol udah tersebar. Gak ada lagi deh cape2 di jalan

    ReplyDelete
  9. Wah seru banget udh menjajal tol trans jawa mba! Aku blm nih..penasaran bgt..waktu lebih hemat dan lebih cepat tiba di tujuan

    ReplyDelete
  10. Membantu sekali ya dengan adanya jalan tol ini. Aku juga memantikan shinkansen nya indonesia jadi ke bandung dari jkt akan hanya 30 menit ya

    ReplyDelete
  11. Aku bangga banget, tol kita makin banyak ya mba. N akses transportasi jd lbh mudah. Tp costnya msh mahal ya.

    Cuma enaknya kalau bawa mobil bisa rame2 n bawa banyak barang ya. Jd ttp worth sih. Ahhh jd kangen mudik juga hihihi.

    ReplyDelete
  12. Aku juga terbantu dengan adanya tol trans Jawa ini mbak. Alhamdulillah pulang ke Kebumen dari surabya cuma 7 jam. Hihi

    ReplyDelete
  13. Aku baru seseruan ke Semarang dari Jakarta 3 minggu lalu mba.. asli lancaaar! Cinta sama presidenku yang penuhi komitmennya membangun infrastructures di Indonesia

    ReplyDelete
  14. Asyik ya sekarang mah ada tol Trans Jawa ini. Bikin perjalanan jadi lebih cepet dan meminimalkan macet. Jadi gak mesti naik kapal udara kalo mau ke Surabaya tanpa macet.

    ReplyDelete
  15. Alhamdulilah ya teh ada Tol Trans JAwa memudahkan banget bisa mudik bertemu sanak saudara :)

    ReplyDelete
  16. Wah asyik nih bs mempersingkat wkt ya tanpa hrs naik pesawat ..

    ReplyDelete
  17. masyaAllah semoga transportasi Indonesia semakin unggul dan maju ya jadi memudahkan masyarakat

    ReplyDelete
  18. Mau nyobain sampai Surabaya ah nanti, skr baru sampai Semarang aja nyobain tolnya. Asyik ya bebas hambatan & memotong waktu perjalanan

    ReplyDelete
  19. Aku senang banget sih sama kemajuan infrastruktur Indonesia sekarang. Karena memudahkan bannget kalau ke daerah-daerah gitu. Kemarin juga ngerasain dampak postifnya pas mudik ke jawa lewat tol jadi lebiiiih cepat banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, bravo untuk KemenHub yg sudah menelurkan achievement luar biasa!

      Delete
  20. Aku sempat juga icip-icip jalan tol Jakarta ke Surabaya Maret 2019 lalu.
    Ini menolong banget untuk konektivitas tanpa batas, hempaskan disparitas!

    Namun, secara pribadi, untuk niat travelling, jalan tol bikin aku kurang menikmati greget travelling, hihihi, karena viewnya kurang variatif dibanding non tol.

    But, untuk alasan ekonomi dan konentivitas , aku support pembangunan jalan tol

    ReplyDelete
  21. Seru nih perjalanan mudiknya bareng keluarga apalagi rutenya melalui jalan Tol. Jadi lebih cepat ya Mbak dan tidak perlu memakan waktu lama di perjalanan.

    ReplyDelete
  22. Udah tiga tahun ini aku bersyukur dengan pembangunan jalan tol. JAdi kalo ke Bogor, Bekasi, untuk kerja, atau ke Malang untuk wisata enggak kelamaan di jalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akhir tahun ini kemana lagi Len, mampir dong kalo lewat Semarang. Ntar banyak tuh yang bakal ngajak kopdar.

      Eh tapi akhir tahun aku mau ke Bogor, rencananya sih. Semoga jalan tol nya nggak macet ya karena udah panjang juga tuh. Jaadi nggak barengan gitu di jalan

      Delete
  23. Waah sayangnya yaa mampir ke Semarang enggak colek-colek, kan bisa kopdaran ;)

    Pembangunan di sektor perhubungan ini emang luar biasa. Semua orang makin dimudahkan untuk melakukan perjalanan kemanapun dan menggunakan moda transportasi apapun.

    ReplyDelete
  24. Jakarta - Semarang sekarang cuma 4 jam ya? Wow. Padahal ke Garut aja yang dianggap dekat 5-7 jam juga. Keren ya ada jalan tol itu. Jadi dekat kalau mau ke Semarang.

    ReplyDelete
  25. Gimana rasanya lewat tol trans jawa mba? Pasti lancar bangets ya, apalagi sekarang naik mobil memang paling enak kalau jalanan lancar. Naik mobil macet bisa nangis darah di jalan huhu.. nggak sampai-sampai

    ReplyDelete
  26. Adanya jalan tol emang mempermudah dan menghemat waktu banget gak perlu macet macetan

    ReplyDelete
  27. rencana buat road trip sama suami dan anakku melalui Tol Trans Jawa : Jakarta-Surabaya Sepanjang 760 km belum kesampain nih teh

    ReplyDelete
  28. Akhirnyaaaa, yang LDR atau mau piknik tipis-tipis tipis jadi lebih mudah dengan adanya tol transjawa ya. Hebat memang pakde Jokowi 🤗

    ReplyDelete
  29. alhamdulillah ya teh sekarang jarak jadi lebih mudah ditempuh ga susah lagi deh, mudah2an makin maju transportasi Indonesia.

    ReplyDelete
  30. Jalan tol trans jawa jadi solusi banget ya, perjalanan jadi lebih cepat waktu tempuhnya, jadi pengen jalan-jalan nih ke Jawa

    ReplyDelete
  31. Tol trans Jawa sekarang jadi solusi bagi banyak kendaraan baik penumpang maupun pengangkut barang ya make lendy

    ReplyDelete
  32. Tol Trans Jawa bikin perjalanan jadi makin cepat dan nyaman. Kemarin keluar dari Jakarta jam 10 malam, eh sudah sampai Surabaya jam 5 pagi. Malah lanjut lagi sampai Bali kurang dari 24 jam. Jadi kebayang kalau yang jalur Banyuwangi tolnya jadi, bakal lebih cepat lagi tuh sampainya.

    ReplyDelete
  33. Seneng banget ada tol transjawa jadi di daerahku ga macet kasian soalnya tiap libur panjang atau mudik d daerahku bnyak yg kejebak macet berjam2

    ReplyDelete
  34. Aku uda nyobain juga deh nih kyknya si trans jawa pas pasca lebaran lalu. Secara biaya lbh murah drpd tiket pesawat ya. Tpnjarak tempuhnya lumayan sekali 😂

    ReplyDelete
  35. Adanya jalur jalan tol antar daerah di wilayah pulau Jawa itu memang sangat membantu sekali ya mba. aku belum pernah coba sih, karena aku ngga punya saudara di Surabaya. Tapi testimoni dari kakak ipar aku tuh katanya tol baru sekarang benar-benar pangkas waktu banget

    ReplyDelete
  36. ada tetangga yg pulang ke Jakarta - Sidoarjo ngetol. saya kira bercanda ternyata beneran. dan ternyata tarif tol masih terjangkau loh dibanding naik kendaraan umum sekeluarga

    ReplyDelete
  37. turut bersenang hati dengan kehadiran jalur transportasi yang sangat memadai sepert tol trans Jawa Jakarta Surabaya ini mba, jadi kalo mau mudik lebih nyaman tentunya

    ReplyDelete
  38. Sekarang kalau mudik ke jawa langsung joss lewat tol terus, ternyata panjang banget sampe 760km ya mba wooww

    ReplyDelete
  39. Belum seberani itu nyobain jalur darat tapi emang ikut seneng kmrn kyknya pas lebaran drama tolnya gak terlalu parah ya kak. Moga awet dan makin bagus nih sarana dan prasarana transportasi di.Indonesia aamiin

    ReplyDelete
  40. Kemenhub emang keren yakin Mba Lend
    Sekarang tol dimana2 akses ke daerah mana jadi nggak sejauh dahulu. Seru dan semoga transportasi Indonesia semakin membaik.

    ReplyDelete
  41. Aku ngerasain banget perbedaan waktu tempuh jakarta-solo dulu dan sekarang. rasanya happy karena gak gempor lama2 di jalan, dan iya biayanya juga gak sebanyak kalau jamnya lama, soalnya gak mampir2 jajan mulu. hahaha

    ReplyDelete
  42. Wah beruntung banget ada tol yang lebih cepat rutenya. Pengen nyobain lewat di tol itu nanti

    ReplyDelete
  43. Seru ya mbak, mudik via tol trans Jawa. Aku yang belum ngerasain, jadi pengen nyobain karena cerita mbak nih. Pembangunan luar biasa berkat kinerja kemenhub patut diacungi jempol, kerenlah

    ReplyDelete
  44. Mantap ya mba sekarang mudik lebih cepat dan gak macet parah seperti sebelum-sebelumnya.

    ReplyDelete
  45. Seneng aku sekarang kita punya tol ini.. Klo mesti keluar kota itu bisa diakalin lewat tol biar cepet. Misal kemarin aku ke Malang mb, via tol juga bisa mangkas waktu banget, jadi nggak banyak waktu terbuang di jalan

    ReplyDelete
  46. Dengan adanya tol trans Jawa, bener-beber memangkas jarak ya, eh bukan cuma jarak, waktu juga. Pernah saya merasakan mudik macet yg luar biasa. Di Cikampek itu 8 jam sendiri. 😢

    ReplyDelete
  47. Tol ini akan sangat mempercepat perjalanan, sehingga transportasi produk juga lebih efektif. Bahan makanan di Jakarta yang dulunya hanya bisa diambil dari dekat, sekarang bisa diambil di kota-kota penopang Surabaya.
    Kendaraan pribadi juga sangat diuntungkan, jadi Mbak Lendy dan keluarga bisa mudik dengan mobil sendiri dengan cepat.

    ReplyDelete
  48. Iya ya, dalam 3-4 tahun terakhir kerasa banget mudik tuh jadi lebih nyaman. Nggak terlalu banyak masalah karena transportasi dan srana prasarana pendukungnya juga terbangun baik. Jadi nyadar bahwa masalah trasnportasi kita selama ini tuh terletak pada tata kelolanya. Buktinya, waktu diurus dengan benar, bisa lancar tuh transportasi.

    ReplyDelete
  49. Kerasa banget ya teh mudik jadinya lebih nyaman yah, saya belum pernah sih rasain mudik jauh hehe tapi so far sekarang memang lebih nyaman, keren ya.

    ReplyDelete
  50. Jadi sekarang kalo dari surabaya ke Jakarta gak perlu lagi bikin badan pegal2 gak karuan ya mba., hemat waktu di jalan

    ReplyDelete
  51. Kalau di kota besar seperti Bandung, Jakarta, Surabaya memang konektivitas antarmoda udah oke, tinggal PRnya di kota-kota kecil ya, biar anak-anak piyik gak bawa motor sekolah artinya harus ada transportasi umum yg memadai

    ReplyDelete
  52. MashaAllah, solusi banget nih kalau nanti lebaran gak dapat tiket ker api, bisa naik mobil dengan jarak tempuh yang tidak terlalu lama dari biasanya

    ReplyDelete
  53. Hahaha.. di keluargaku yang muda ga ada yg bahas exo dan bts. Tapi klo yg tua dan hot mommy daddy bahasannya sama. Btw, itu murah ya 675rb jalan tol sepanjang itu. Kalau dibanding naik pesawat. Bocah kan dihitung juga. Jalan tol sepanjang itu apa sudah ada rest areanya? Bosen juga ya jalan lurus aja gitu ga istirahat2 acan.

    ReplyDelete
  54. Ternyata jakarta - surabaya via tol trans jawa itu sebentar ya, kirain bisa sampai belasan jam heuheu...

    ReplyDelete
  55. Bertemu keluarga jadi lebih mudah ya ka, pun jadi nggak ribet. Aku sendiri juga pengin nyoba kereta cepat JKT BDG nanti ka, bisa memangkas waktu beberapa jam kalau tak salah

    ReplyDelete
  56. Sekarang mudik ke Jawa Timur dari Jawa Barat makin asyik ya, Teh. Untuk bisa mencapai Surabaya, sekarang bisa ditempuh dalam waktu yang lebbih singkat

    ReplyDelete
  57. Lewat tol trans jawa ini tujuan semakin cepat ya mba,, semoga Juga nih jd perhatian tarif tolnya jangan terlalu Mahal jd bisa menikmati semua orang lewat tol ini

    ReplyDelete
  58. sekarang dari Salatiga ke Surabaya cuma 3 jam lho, mba lewat tol.
    Jadi kalau ada urusan lebih praktis naik mobil aja lewat tol, dan bisa PP
    membantu banget emang ini tol nya :)

    ReplyDelete
  59. meski bisa bersua setiap hari lewat komunikasi handphone tetap saja memeluk anak adalah hal yg membuat ibu bahagia sekaligus haru ya kak

    ReplyDelete
  60. Wah aku belum pernah nyicipin jalan tol trans Jawa. Bingung habisnya ga ada kerabat di daerah Jawa. Mungkin nanti kapan kapan kalau aku liburan ke daerah Semarang pengen deh lewat tol ini.

    ReplyDelete
  61. Tol Trans Jawa ini sangat membantu banget untuk transportasi barang dan orang di berbagai daerah di Pulau Jawa ya. Ongkos jadi lebih murah dan lebih cepat juga. Saya kapan itu juga udah coba road trip Jakarta-Bali, dan perjalanan lancar banget. Tak sampai 24 jam sudah tiba di Bali dengan biaya juga lebih murah dibandingkan kalau naik pesawat.

    ReplyDelete
  62. Mantap. Dengan adanya tol baru, maka sebagian arus bisa di alihkan, sehingga tingkat kemacetan bisa ditekan lebih signifikan lagi, sama-sama menguntungkan sih sebetulnya.

    ReplyDelete
  63. Wah keren banget sih pembangunan Tol Trans Jawa ini, membantu banget! Perjalanan pun jadi makin cepet.

    ReplyDelete
  64. Waw cepet atuh ya cuma 4 jam aja. Kayak perjalanan dari jakarta ke Bandung aja hihihi. Ngomong Teteh teh orang Surabaya ya. Baru tahu aku. Dengan tol trans Jawa ini memudahkan sekali dan mempercepat perjalanan ya Mba. Bikin hapy kalau mau mudik jadinya 😊

    ReplyDelete
  65. Biaya tol sejauh itu aku rasa masih sesuai lah, apalagi kalau satu mobil isinya 4-5 orang. Kalau naik kereta atau pesawat kan lebih mahal jatuh harga tiketnya.

    ReplyDelete
  66. pembangunan jalan tol ini emang memudahkan sekali warga yang ingin mudik ya mba. bisa benar-benar menghemat waktu

    ReplyDelete
  67. Libur akhir tahun nih mba,sebentar lagi.
    Pasti sudah punya rencana mau kemana kan ya, sama seperti saya dan suami.
    Sudah punya rencana menghabiskan waktu diakhir tahun nanti.
    Pastinya menggunakan jalur darat apapun harus selalu terencana,apalagi jika ada pembangunan jalan tol, bisa menghemat waktu saya dan suami nantinya

    ReplyDelete
  68. Sampai saat ini aku belum pernah lewat tol selama ini, naiknya kereta, tapi siapa tau kapan-kapan aku lewat sini ke surabaya. Makasih infonya mbak Lendy

    ReplyDelete
  69. Seriusan Jakarta-Semarang cuma 4 jam mbak?? aaah aku jadi pengen roadway ke Semarang lewat tol ini:)

    ReplyDelete
  70. jadi lebih cepat ya mba dengan adanya tol trans ini, semoga biayanya juga bisa dipangkas lagi hehe

    ReplyDelete
  71. Meskipun bukan pemusik tapi hadirnya tol transjawa Surabaya ini bikin aku bahagia hehe Karena banyak temabku yg harus mudik me daerah Surabaya dan terkendala tiket pesawat, dengan adanya too ini bakal memudahkan banget. Perjalanan jadi lebih lancar.

    ReplyDelete
  72. Tol nya panjang amat mbak dan makin cepat ini kemana-mana. Semoga sampai juga ke Sumatera Utara biar memudahkan kalau melakukan perjalanan jauh dan enggak kena macet berlebihan lagi.

    ReplyDelete
  73. Semenjak ada tol trans jawa ini membantu banget ya, apalagi untuk teman-teman yang tiap tahun mudik ke Jawa. Beberapa teman yang mudik pasti merasakan sekali perubahannya deh.

    ReplyDelete
  74. Keberadaan Tol Trans Jawa Jakarta - Surabaya begini, jadi memangkas waktu perjalanan, jadi bisa punya lebih banyak waktu menikmati liburan di kota tujuan ya. Keren kemenhub.

    ReplyDelete
  75. ASyiknya ya kebiasaan di keluarga Mbak Lendy yang ngobrol intim dengan keluarga besar itu pantesan pengennya lama-lama di Surabaya yah :)

    ReplyDelete
  76. adek iparku yg tinggal di JKT juga antusias mudik road trip, pakai tol!
    Wah, seruuu banget kalo infrastruktur dsb mantab jiwa kayak gini ye kan

    ReplyDelete
  77. Memang tol mempersingkat waktu perjalanan ya mba, kita yang di SUMUT juga seneng banget udah mulai dibuka jalur tol yang mempermudah dan mempersingkat waktu perjalanan ke kota tujuan.

    ReplyDelete
  78. Hebat banget ya keluarga besarmu sepanjang ramadan bisa ngobrol terus tanpa keabisan bahan.
    Tol trans jawa memang motong waktu banyak banget

    ReplyDelete
  79. Dari Indramayu ke Jombang sekarang hanya membutuhkan waktu 6-7 jam saja.. lebih cepat dari kereta api jadi lebih asyik pakai jalan tol...

    ReplyDelete
  80. ke Jakarta naik tol bukan impian lagi. mulus dr Surabaya. tetangga saya udah membuktikan sendiri. tinggal keluarga saya nih yg belum

    ReplyDelete
  81. Tol trans jawa ini memang membantu sekali ya Kak. Memang luar biasa perjalanan mudik saat ini jadi terasa lebih singkat dan juga nyaman berkat jalan tol ini

    ReplyDelete
  82. Banyak yg komplain tarif tol baru mahal, tapi klo untuk harak jauh dan mudik rame2, masih murah ngetol ya, daripada beli tiket pesawat

    Haha

    ReplyDelete
  83. Wah menghemat waktu ya, apalagi para perantau yang pulang pergi lebaran via jalan darat ya.

    ReplyDelete
  84. Senang ya semakin banyak alternatif transportasi, semakin memudahkan mobilitas

    ReplyDelete
  85. Belum pernah pakai tol ini. Semoga aja infrastruktur ini kokoh dan terus dijaga siapa pun kelak yang mimpin. Toh ini dibuat demi sebuah kebaikan

    ReplyDelete
  86. akuuu belum pernah jajal tol TRANS JAWA. Konon Jakarta SBY cuman 10 jam aja kalau hari biasa. Cocok banget emang buat yang pulang kampung, anti macet-macet dan lebih lancar di jalan.

    ReplyDelete
  87. jadi ngeerti udah sampai mana infrastruktur lanjutan negeri ini ya mbak.
    semoga makin maju ya
    warga kota lain ke kota satu jadi serba gampang

    ReplyDelete
  88. Semakin cepat dan mudah nih perjalanannya. Cuma harus jga kesehatan selama perjalanan panjang ini

    ReplyDelete
  89. Wah perjalanan jadi makin asyik karena pembangunan tol ini. Besok kalau pas liburan cobain ah reyen. Kan masih mulus2nua nih jalan. Hihi thank infonya mbak

    ReplyDelete
  90. Mau akhir tahun bawaannya pengen berlibur balik kampung ya Mba Lend ke Surabaya? wkwkwkw
    sekarang ada tol emang enak ya Mba, dimudahkan dan bisa cepet. Menyenangkan

    ReplyDelete
  91. 760 KM cuma 675rb? Kebayang gak rata2 cuma seribu rupiah per KM. Sangat beruntung dengan adanya tol ini

    ReplyDelete
  92. Kalo untuk kendaraan umum oke, kalo kendaraan pribadi boros juga blom bensinnya hehehe

    ReplyDelete
  93. Seneng nih kalau semisal mudik ada teman se-frekuensi, jadi Bisa ngomongin drakor terbaru sama endingnya drakor yang bikin geregetan hahaha... Kayak Vagabond yang endingnya ditaroh di depat 😏

    ReplyDelete
  94. Bagaimana kalau besok ngobrol EXO sama Suju sama aku, Lend? Hahaha..

    Seneng ya, kalau tol sepanjang itu kelar saat lebaran besok. Walhasil ntar, aku bakal mudah ketemu bulek yang lama stay di Bekaso krn beliau bilang bakal pulang tiap lebaran kalau tol udah jadi

    ReplyDelete
  95. Enaknya kalo liburan dengan kendaraan pribadi ya kan bisa sekalian singgah juga di kota lainnya sambil eksplor tipis-tipis. Aku sejak tahu ada tol trans Jawa ini langsung berkeinginan suatu saat bisa cobain juga, pastinya panjang banget tapi pengalaman juga bisa lalui jalur tersebut.

    ReplyDelete