Pertamina Fastron : Oli Mobil Terbaik

Bismillah,


Sebagai perempuan yang kegiatan sehari-harinya anter-jemput anak dan suami, aku ini pernah banget mengalami kegenggesan saat bersama si manis, Honda City. Mulai dari doi gak mau di stater sampai yaa..ditabrak mobil (yang lebih besar) dari belakang. Dan aku gak sedikit pun berpaling darinya...
**hahha...ini antara udah biasa make atau belum diberi rejeki ganti mobil sport kekinian, hahaha...saaee kamu, Jhoon!

Baca juga 



Oli Mobil terbaik Pertamina Fastron

Sedikit demi sedikit, aku belajar tentang mobil dan kebutuhannya. Mulai dari sering nonton video otomotif sama Abi sampai kadang Abi mendelegasikan untuk ke bengkel, servis si cantik.



  Kenapa harus rutin servis?  


Agar tau jika ada mesin atau spare-part yang gak beres


Misalnya: kondisi mesin atau shock braker yang uda aus.
Kalau laki yang make, biasanya langsung peka bila ada yang gak beres di mobilnya. Tapi kalau perempuan?

Jadi daripada terjadi hal-hal yang gak diinginkan, ada baiknya untuk rutin servis ke bengkel keshayangan. 


Agar pos keuangan lebih aman


Haa...? 
Kok rutin servis malah menghemat pengeluaran?
Iya loo...ternyata kalau kita abai sedari awal mengenai servis ini, kerusakan yang terjadi malah merambat ke spare-part yang lain.

Contohnya aja niih..
Saat waktunya ganti oli.

Maksud hati ingin menghemat pengeluaran dengan gak ganti oli saat jarak tempuh sudah lebih dari 5000 km. Walau hanya dipakai di dalam kota atau jarang dipakai sekalipun, mesin mobil tetap bekerja. Dan bagaimana mesin ini bisa bekerja adalah dengan dilumasi oleh oli mobil terbaik.

Oli Mobil terbaik Pertamina Fastron


Apakah Oli Mobil Terbaik di Indonesia?


Masalah oli mobil terbaik, jangan lupa untuk tetap menyesuaikan jenis kendaraan. Jangan sampai menggunakan oli yang terlalu kental sehingga membuat kerja mesin menjadi lebih berat.
**Si Honda City menggunakan Pertamina Fastron Techno 15W-50 Oli Pelumas untuk Mobil sebanyak 4 liter. 

Honda city kami menggunakan oli mobil terbaik dari Pertamina Fastron Techno 15W-50
Yang artinya oli pelumas Fastron memiliki kekentalan 50 SAE (SAE : Society of Automotive Engineers ; sebuah ukuran tingkat viskosits/kekentalan oli pada suhu tertentu).

Oli Mobil terbaik Pertamina Fastron

Keunggulan oli pelumas mobil Pertamina Fastron :


  Menggunakan teknologi nano-guard  

Teknologi nano-guard ini adalah teknologi pada zat aditif pada oli pelumas mesin yang berukuran nano dan berfungsi untuk melindungi mesin bahkan hingga ke celah yang sempit sekalipun. Perlindungan (guard) pada oli pelumas Pertamina Fastron, partikelnya berukuran jauh lebih kecil dari molekul pada oli pelumas merk lain, sehingga menembus celah sempit pada mesin dan mencegah gesekan mesin, sehingga mampu mengurangi keausan akibat gesekan.

Oli mobil terbaik Pertamina Fastron memiliki banyak jenis viskositas sesuai dengan kebutuhan mesin mobil.
Diantaranya :
Fastron Gold SAE 5W30 API SN
Fastron Techno SAE 10W-40 API SN
Fastron Techno SAE 15W-50 API SL 
Fastron Diesel 15W-40 API CI-4

Oli Mobil Terbaik Pertamina Fastron


  Terbuat dari 90% oli pelumas sintetis  


Yang dimaksud dengan oli sintetis adalah oli yang terbuat dari senyawa kimia artificial atau buatan sebagai bahan utama.

Mengapa 90 %?
Karena 10 %  nya masih mengandung mineral minyak bumi.

Dan proses pembuatan pelumas sintetis ini adalah dengan cara tetap menggunakan komponen yang berasal dari dalam bumi (minyak) kemudian diproses dan dimodifikasi secara kimiawi, bukan langsung dari minyak mentah yang ditambang dari perut bumi.

Oli Mobil Terbaik Pertamina Fastron

  Dapat menghemat bahan bakar  


Salah satu fungsi penggantian oli secara berkala adalah agar kinerja oli tetap baik dalam melumasi mesin. Semakin baik kinerjanya, maka akan semakin memperkecil gesekan pada mesin, sehingga akan semakin memperkecil penggunaan bahan bakar.


  Telah diekspor dan diterima oleh 21 negara  


Pasti bangsa Indonesia bangga banget jika produk hasil karya anak-anak bangsa bisa merambah pasar dunia. Dan pada tahun 2019, Pertamina Lubricant mendapat penghargaan The Champion of Indonesia Original Brand kategori Car Lubricant Oil oleh Majalah Swa.

Oli pelumas Pertamina Fastron telah memiliki standar SNI dan standar Internasional, sehingga negara-negara seperti Yaman, Malaysia, Australia,  Afrika Selatan, Nigeria, Bangladesh, Nigeria dan Eropa hingga Amerika menjadi daerah pemasaran oli mobil terbaik Pertamina Fastron.


  Mesin dalam keadaan stabil bahkan di saat suhu tinggi  


Kebaikan kinerja oli sebagai pelumas dapat dilihat saat mesin dalam keadaan suhu ruang lalu tetap stabil mendinginkan mesin meskipun mesin mendadak berkecepatan tinggi. Mesin tidak drop dan tetap berjalan dengan baik. 

Friksi yang terjadi pada mesin menjadi lebih sedikit dan secara konsisten tetap terasa di setiap rpm.❞ papar pembalap ternama Indonesia, Rifat Sungkar.




Kemudian manfaat terakhir dari servis secara berkala tentulah faktor keamanan dan kenyaman. Apalagi untuk kendaraan-kendaraan yang menempuh jarak tempuh jauh. Namun,  jangan abai juga dengan kendaraan yang penggunaannya dalam kota. Tetap yang namanya servis ini harus rutin berdasarkan waktu (misal kendaraan jarang dipakai, waktu untuk servis harus di agendakan minimal setahun 3 kali) atau bisa berdasarkan jarak tempuh.

Untuk kendaraan yang penggunaannya dalam kota saja, juga tetap membutuhkan perhatian. Karena rutinitas di kota besar yang trafficnya padat membuat kerja mesin harus tetap stabil meski suhu mesin panas.

Sudahkah sahabat lendyagasshi rutin menjaga kendaraan keshayangan menggunakan produk dalam negeri, Oli mobil terbaik dari Pertamina Fastron?

Happy Driving...



With Luv,


109 comments

  1. Saya setuju kalau kendaraan juga harus dirawat dengan baik, dalam arti rutin diperiksa semua suku cadang dan termasuk ganti olinya.

    Si Dukun sepeda motor kami juga selalu tepat waktu mendapat perawatan ke bengkel Ahas hehehe

    ReplyDelete
  2. Pinter banget nih tau seluk-beluk oli. Jadi ga gengges lagi kalau waktunya perawatan mobil, ya

    ReplyDelete
  3. Perawatan mobil biasanya aku suamiku mbak, aku sebagai pendamping yg nganterin sambil makan gorengan aja. Ahaha

    ReplyDelete
  4. Wah..memilih oli tuh emang urusan penting bangettt ya Lend...selain kualitas..harga juga harus bersahabat...

    dianesuryaman dot com

    ReplyDelete
  5. aku juga pilih Fastron untuk mobilku mba, karena bagiku Fastron oli terbaik dan cocok untuk didaerah tropis seperti di Indonesia

    ReplyDelete
  6. Saya belum pernah coba pakai Fastron untuk mobil di rumah. Nanti coba tanya suami deh siapa tau dia mau ganti. Setuju kalau ganti oli memang harus rutin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu masih nyetir ke mana-mana, saya juga suka ngecek oli. Minimal itu deh yang saya tau. Pakai oli terbaik dan jangan sampai terlambat diganti

      Delete
  7. Duh, akutuh ya kalau udah pakai kendaraan suka males banget servis gitu, pas udah rusak baru deh merasa sedih. Apalagi oli juga penting untuk kendaraan, jadi emang harus selektif dalam memilih oli yang bagus buat kendaraan kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus selektif ya dan emak-emak juga kudu belajar merawat mesin kendaraan, ya

      Delete
  8. Kalau perempuan makai aja soal mobil lelaki yang lebih peka. Duh jangan sampai lupa deh ganti oli fastron akibatnya fatal ke mobil

    ReplyDelete
  9. Aku nih kalau urusan mobil taunya beres aja, gak pernah tau menau tapi sekarang ini harus tau juga dong. Biar gak selalu ketergantungan terus dengan pak suami kalau urusan mobil.

    ReplyDelete
  10. setuju banget nih buat yang punya kendaraan harud dan wajib banget dirawat dengan baik, termasuk dengan rutin mengganti olinya yaaa, biar awet

    ReplyDelete
  11. bakal saya rekomendasikan ke Mama biar kalau ke bengkel bisa gahti oli dg merek ini. jangan yg abal2 ntar mobilnya sakit lagi

    ReplyDelete
  12. Yes bener bgt. Kendaraan hrs diservis berkala ya biar performanya bgs. N pilihan oli tentunya jg hrs jd prhatian.

    ReplyDelete
  13. Sepakat banget Teh. Cewe pun harus paham lah sikit soal otomotif. Biar ga sekedar bisa make doang, pas rusak ga kebingungan hihiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... Intan jleb banget sih perkataannya. Jadi kerasa selama ini ya bisanya pake doang, ga paham sama sekali gimana ngerawatnya. TApi kalau ganti oli masih bisa kok. Kan tinggal ke bengkel yaaa ;)

      Delete
  14. ternyata pilih oli gak bs sembarangan ya... apalagi kalau yg dipilih terlalu kental bs ganggu kerja kendaraan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya Tha.
      Dan ternyata perlindungan (guard) pada oli pelumas Pertamina Fastron tuh partikelnya berukuran jauh lebih kecil dari molekul pada oli pelumas merk lain makanya lebih andal.

      Delete
  15. Sebagai perempuan, meskipun nggak paham urusan mesin seutuhnya, minimal tahu ya salah satu faktor yang harus diperhatikan untuk menjaga usia mesin itu apa. Oli ini salah satunya. Kadang aku pun suka cuek gitu, sih. Ah, urusan mesin kendaraan, serahkan pada dunia perbengkelan aja, deh.

    Wah, keren ini ya, produk dalam negeri yang sudah dapat penghargaan dan diakui dunia juga. Masa kita yang di Indonesia nggak mau pakai juga?

    ReplyDelete
  16. Pilih2 oli emang penting ya Lend.. biar kendaraan kita selalu nyaman.. aman.. dan awet...

    ReplyDelete
  17. FAstron ini memang andalan mbaa. Kayaknya mobil suamiku juga pakai fastron mba :) Dan emang bisa menghemat kendaraan

    ReplyDelete
  18. Betul sekali ka' ganti oli pada kendaraan bermotor itu wajib banget
    Untuk menjaga perfoma kendaraan juga. Dan semakin bagus kualitas oli yang digunakan, maka semakin bagus pula performa mesin yang dihasilkan

    ReplyDelete
  19. Oli fastron memang cocok buat perawatan kendaraan. Karena oli setiap 2000 meter harus diganti supaya ga turun mesin

    ReplyDelete
  20. Mesin kendaraan yang terawat baik memang membuat mesin jadi awet dan akhirnya bikin hemat juga

    ReplyDelete
  21. Dirumah sih sudah pakai oli pelumas dari pertamina, enduro. Tapi yg buat motor.. Xixixi.. berhubung ga punya mobil. Jadi belum pernah ngerasain pakai fastron.

    ReplyDelete
  22. Keunggulan Fastron ternyata pada ini ya:

    Teknologi nano-guard - teknologi pada zat aditif pada oli pelumas mesin yang berukuran nano dan berfungsi untuk melindungi mesin bahkan hingga ke celah yang sempit sekalipun.

    Celah sempit bisa tak terperhatikan ya makanya butuh yang bisa menjangkaunya.

    ReplyDelete
  23. Produk Pertamina emang paling OK ya.
    Saya pun pake. Tapi untuk urusan mobilku ganti oli, servis dan sebagainya, masih suamiku yang lakukan, hehe...

    ReplyDelete
  24. Emang deh soal oli mobil tuh emang udah paling bener pilih Fastron dari Pertamina ya teh. Aku jadi pengen ngecek biasanya mobilku pakai oli apa, karena biasanya yang bawa ke bengkel suamiku.

    ReplyDelete
  25. Punya kendaraan memang harus rutin di rawat ya teh..
    Dan memilih oli yg tepat sangat penting,
    Apalagi klo sudah yg teruji kualitasnya seperti fastron ini

    ReplyDelete
  26. SAma aku juga pemakaian dalam kota & gak jauh2 amat tetap oli harus diganti secara teratur ya supaya performanya gak menurun. Sip lah pakai fastron ya nanti kalau ganti oli

    ReplyDelete
  27. Setuju mba, perawatan rutin malah lebih hemat karena kalau sudah rusak banyak yang harus diganti, jatuhnya lebih mahal.
    Motorku saja, walau hanya di sekitaran tempat tinggal saja rutin service.

    ReplyDelete
  28. aku baru tahu nih mbak pertamina ngeluarin oili fastron gini ntar aku racunin deh babe sama kakak jadi penasaran

    ReplyDelete
  29. Pakai oli berkualitas malah bikin hemat dan mesin mobil awet ya, jadi nggak boleh datang duit beli oli bagus..

    ReplyDelete
  30. aku kurang paham lho kak soal oli.. selama ini naik mobil aja ga begitu paham soal mesin dan oli.. tapi sekarang jd merasa harus ngerti soal oli, supaya ga sembarangan milih produk oli yg asal2an..

    ReplyDelete
  31. Penting banget ya merawat mobil dan menggunakan oli berkualitas, supaya dipakainya aman dan nyaman :)

    ReplyDelete
  32. Wuih,banyak kelebihannya ya teh kalau pakai Oli Pelumas Pertamina Fastron ini. Aku setuju sih kendaraan itu kalau gak rutin diservis nanti malah keluar biaya yang lebih besar. Kerusakannya suka merembet-rembet

    ReplyDelete
  33. Kalau oki pelumas yang dipakai tidak bagus, mobil yang merasakan akibatnya dan jadi cepat rusak

    ReplyDelete
  34. Wow kualitas Fastron sampe udah diakuo hingga ke 21 negara. Nggak main main bener nih ama kualitasnya. Mgirit pula yaa

    ReplyDelete
  35. Iya, kalau ga diservis sekalinya rusak bisa langsung ngeluarin banyak biaya mbak. Ku pernah itu dahhh

    ReplyDelete
  36. Langsung setuju pas di bagian ini:

    "... rutin servis malah menghemat pengeluaran?"

    Iya loo... ternyata kalau kita abai sedari awal mengenai servis ini, kerusakan yang terjadi malah merambat ke spare-part yang lain.

    Sadis ya.
    Jatuhnya jadi lebih mahal, malah

    ReplyDelete
  37. Penting banget untuk service mobil dan ganti oli, pantesan paksuami suka bawel kalau belum service, kalau saya karena nggak ngerti suka cuek aja, hehe makasih ya infonya, Lendy

    ReplyDelete
  38. Betul banget, kita perempuan juga mesti belajar tentang pretelan2 tentang service kendaraan, salah satunya oli mesin. Karena kalau mobil olinya gak diganti udah masanya ganti, bisa bikin ngadat mesin. Kan malah nanti jadi keluar biaya lebih. Karena akan ada part lain yg kena imbasnya. Malah jadi nyesek.

    ReplyDelete
  39. Untuk ukuran cewek Mbak Lendy keren jg. Tahu banyak masalah daleman mobil. Aku cuma tahu pakai aja, sisanya diurus suami. Haha

    ReplyDelete
  40. kalau masalah oli emang penting banget diperhatikan. Ada kilometer tertentu yang mengharuskan kendaraan mengganti oli. Oli yang baik dan berkualitas akan mempengaruhi performa mesin dan perawatan rutin bulanan juga penting baget sih ya

    ReplyDelete
  41. Aku itu sedih ga pernh liatin pakai oli apa saat ganti oli. Coba klau udah tau kudu oli apa, pasti aku minta fastron aja

    ReplyDelete
  42. Aku udah punya catatan di kartu yang dikasih bengkel andalan kami. Jadinya misal mundur paling gak lebih dari seminggu untuk servis oli. Kami sering dalam hubungan LDM, jadi emang kudu mandiri sih ngurus oli mesin

    ReplyDelete
  43. Bener menurutku rutin servis wajib walau kenadaaannya gak bermasalah khususnya mobil ya mbak jd kita gak ngalamin tu masalah mogok tiba2 dll
    Oli juga sangat mmepengaruhi kinerja mesin ya makanya sebaiknya pakai oli yang bagus

    ReplyDelete
  44. oooh ini bagus yaa, biasanya sih aku pakai merk sebelah. AKu coba diskusikan merk ini sama montirku aah

    ReplyDelete
  45. setuju sih, servis rutinan bisa bikin pengeluaran tetap stabil dan mobil pun jadi tetap terjaga. dan tentunya, kualitas olinya juga harus yang terbaik ya kak :)

    ReplyDelete
  46. Membaca tulisan ini saya sekalian belajar seputar otomotif secara garis besar. Soalnya bener - bener awam tentang dunia ini :)

    ReplyDelete
  47. Jadi belajar merawat mobil melalui artikel ini :)
    Saya terbiasa pakai, soal merawat kendaraan pasti langsung serahkan kepada suami soalnya

    ReplyDelete
  48. Aku jujur ga ngerti tuh milih oli 😁 selama ini yang urud biasanya pak suami. Tapi penting juga ga buat gau, supata bisa pilih oli terbaik

    ReplyDelete
  49. Saat naik kendaraan, saya pakai 'feel' atau rasa. Sebenarnya ketika mesin atau sparepart ada yg tidak normal, pengendara/penumpang yang aware akan tahu.
    Nah, kalau sudah gitu, opsinya hanya 2, berhenti di jalan lalu cek sendiri, atau jalan menuju bengkel agar dicek ahlinya.
    Safety riding itu nomor 1, agar safe pengendaranya, save mereka yang dilalui kendaraan kita.

    ReplyDelete
  50. Setuju, rajin servis atau merawat mobil itu malah menghemat pengeluaran yang nanti tau-tau meledak sangat besar. Terjadi jika mobil ngambek atau sudah lelah menjalani hidup. Haha.

    ReplyDelete
  51. Kendaraan yg wajib dikontrol itu dri Oli nya. Klw oli sudah hitam pekat biasanya peforma kendaraan akan berkurang.

    Dan seandainya hbis total bisa merusak mesin, tpi terima kasih kak nanti saya rekomendasikan pakai oli pelumas mobil Pertamina Fastron..

    ReplyDelete
  52. Suamiku pakai oli ini juga untuk mobilnya. Bikin mesin jadi awet katanya

    ReplyDelete
  53. Oli membuat kinerja mesin jadi lebih stabil dan mesin tidak haus akibat gesekan.

    Fastron oil produksi dalam negri tapi kualitas nya ok punya

    ReplyDelete
  54. Kalo mau mesin mobil awet memang perlu dipilih2 oli yang bagus apalagi kalo mau pulang mudik biar gk cepet panas

    ReplyDelete
  55. Setuju. Memang sebaiknya jangan sampai malas perawatan. Bikin mobil cepat rusak. Nanti malah biayanya lebih besar

    ReplyDelete
  56. Sepakat mb, rutin merawat itu selain hemat biaya, karena tidak harus mengganti risiko ada komponen yang rusak karena telat servis juga menenangkan diri sendiri ketika harus bawa motor atau mobil sendiri. Karena meminimalisir kendaraan mogok dan rewel di jalan..

    ReplyDelete
  57. sering denger tentang oli Fastron, aku baru tau ternyata keluaran Pertamina yaah.. nanti kalau punya mobil, aku mau coba pakai oli ini juga hihii ^^

    ReplyDelete
  58. biasanya yang bawel urusan oli kendaran itu suami hihihi aku kurang paham tapi memang ganti oli secara rutin itu harus banget sih yaa

    ReplyDelete
  59. Fastron dan enduro memang juara banget nih untuk oli mobil dan oli motor. Pertamina lubricants memang top banget

    ReplyDelete
  60. Hebat teteh bisa ngerti oli yang bagus buat mobil sendiri. Masalah kayak gini aku serahkan aja sama suami. Dia bagian ngurus mobil. Hihi

    ReplyDelete
  61. Emang kudu rutin deh ya kalau perawatan mesin mobil gini. Hal ini menentukan awetnya kinerja mesin bertahun-tahun kemudian.

    ReplyDelete
  62. Emang tuh ya petempuan taunya cuma make aja giliran ngadat ga tau masalahnya apa hahaha

    Dulu aku juga gitu, jangankan oli,bensin habis aja sampe ga ngeh. Distarter koq ga mau mau hahaha

    ReplyDelete
  63. Aku ga terlalu ngerti sih tentang oli tapi aku pernah denger dari Ayahku kalo oli yang paling bagus itu yaa Pertamina Fastron ini

    ReplyDelete
  64. Mobil itu kalau ngerawatnya nggak bener pasti cepet rusak ya kak Lendy, termasuk soal oli mobil. Salah pilih oli mungkin efek jangka panjangnya akan dirasakan si pengendara mobil. Pas banget nih mobil di rumah udah waktunya ganti oli, mau cobain Fastron juga ah.

    ReplyDelete
  65. MObil memang harus dirawat ya mba, karena biaya perawatannya jauh lebih terjangkau dibandingkan kalau rusak, pas banget aku mau ganti oli

    ReplyDelete
  66. wah bagus ya kualitasnya, bisa aku rekomendasiin kekeluargaku ni oli karena kualitasnya, pas banget kemarin katanya mau ganti oli

    ReplyDelete
  67. kece banget paham soal oli. aku biasanya cuma nemenin ke bengkel aja, enggak paham sama yang begituan haha. tapi kayaknya harus belajar ya biar paham dan bisa ke bengkel sendiri

    ReplyDelete
  68. Mbak keren banget tahu masalah permesinan apalagi masalah oli. Oli Fastron emang terkenal bagus ya.

    ReplyDelete
  69. Papaku selalu pakai oli ini kak soalnya emang bikin mesin langsung josss gitu. Mantep deh pokoknya

    ReplyDelete
  70. Mobilku pakai fastron techno, karena memang selain bagus pun harganya terjangkau. Oli produk lokal indonesia

    ReplyDelete
  71. Penting banget perawatan kendaraan jadi lebih awet dan nyaman pakainya 😍

    ReplyDelete
  72. hebat banget ngerti masalah oli sampai bisa otak-atik. kalau aku cuma bisa duduk manis trus disetirin. bagus ya fastron, banyak yang pakai nih olinya.

    ReplyDelete
  73. Oli fastron ini memang andalan banyak masyarakat Indonesia dalam merawat sebuah mobil ya.. kalo inget oli mobil ya inget oli fastron.. harganya juga masih sangat terjangkau dengan kualitas yang sangat baik.. kondisi mesin juga ngga gampang rusak dengan oli terbaik

    ReplyDelete
  74. aduhh keren ngerti soal per oli-an, aku bisanya cuma duduk manis nungguin di bengkel. taunya cuma "service ya mas, ganti yg perlu di ganti" wkwkwk

    ReplyDelete
  75. Pilih oli itu memang gak bisa sembarangan ya salah2 bisa ada yang salah sama kendaraannya dan jadinya gak awet, oil fastron pertamina bisa jadi referensi buat suami saya nih dalam merawat mobil

    ReplyDelete
  76. Saya termasuk yang hanya bisa pakai aja, tanpa tahu kapan kendaraan tersebut harus diservis..hihihi. Semua diserahin ke suami
    Tapi memang sebaiknya kita juga tahu hal-hal seperti perawatan ini ya, menjaga jika ada sesuatu yang tidak diinginkan.

    ReplyDelete
  77. Keren ya Fastron ini, oli yang benar0benar mumpuni nih, sering banget banyak mobil yang jadinya panas banget mesinnya karena suhunya tinggi.
    Tapi dengan oli ini jadi stabil ya.

    Pas banget nih kalau dibuat traveling biar mesin kendaraan selalu fit selama perjalanan :)

    ReplyDelete
  78. Kalau boleh zuzur aku gak ngerti namanya mesin mobil atau sebagainya tapi emang penting banget memilih oli yang terbaik ya..buat mobil

    ReplyDelete
  79. Setauku servis rutin pasti cek oli juga. Nah kalo masalah milih oli urusannya montirnya bengkel sih.
    Ini bisa jadi pertimbangan milih oli terbaik

    Syarifani mulyana

    ReplyDelete
  80. Iya setuju banget kalau rutin servis malah jd lebih ngotot dan menjaga kendaraan lbh tahan lama..kalu jarang2 sinergis sekali nya servis lgs mahal deh banyak yg hrs ganti..huhu

    ReplyDelete
  81. Bener jangan lupa buat servis biar gak turun mesin, selain itu biar menjaga performa mesin kendaraan agar lebih panjang umurnya

    ReplyDelete
  82. Ternyata sesama supir kita ya :-D
    Perempuan juag perlu tahu lah urusan oli kaya ini supaya ngerti ya, gak cuma pakai aja.
    Aku mah kadang jadi driver kadang jadi biker hehehe

    ReplyDelete
  83. Huwahaha mbak Lendy macan ternak ya mbaakk. Semangat. Emang kudu tahu oli yang pas ya buat kendaraan kita jgn sampai gak aware minimal sering rajin bawa bengkel dan tau jenis oli dan sparepart mobil kita

    ReplyDelete
  84. Mobilku juga aku pakeian fastron. Berasa bgt dong mesinnya lebih alus pas dipake jalan.. Recomended pokoknya mbak

    ReplyDelete
  85. Setuju Mbak dengan service kendaraan secara teratur justru meringankan masalah. Setidaknya kami mengalami dengan motor di rumah yang jarang di servis

    ReplyDelete
  86. Wah keren banget ini olinya sampai dikirim ke luar negeri dan terbukti bagus ya mbak Lendy.
    Menurutku justru yang dalam kota yang dibawa kyk antar jemput ank tapi tiap hari itu jg butuh perawatan ekstra gtu hehe

    ReplyDelete
  87. Di musim mudik, kalau ada mobil mogok sepertinya karena kurang perawatan sebelum dibawa melaju ke jarak tempuh jauh, masih banyak pemilik mobil yang harus diedukasi karena perawatan mesin dengan oli yang tepat tidak bisa diremehkan.

    ReplyDelete
  88. Sama seperti manusia yang perlu perawatan, mobil juga perlu perawatan rutin. Kebetulan papaku bengkel mobil di Banjarmasin dan dari kecil udah terbiasa banget denger papa cerewet setengah mati kalau terkait perawatan mobil dan pemilihan oli mesin.

    ReplyDelete
  89. Ternyata kualitas Oli mempengaruhi kinerja kendaran yah Mbak. Yang harganya terjangkau ngga mesti ngga berkualitas, pun sebaliknya. Btw meskipun perempuan teteup harus paham otomatif yaa at least basicnya :D

    ReplyDelete
  90. rajin servis emang jaid hemat pengeluaran ya Mbk, mobil jadi makin keren ini kalau olinya cocok dan bagus. Kalau oli sembarangan, mobilnya akan merasakan akibatnya.

    ReplyDelete
  91. Merawat mobil memang penting banget ya, lebih baik rutin buat merawat daripada rewel di setiap perjalanan

    ReplyDelete
  92. Ak belum punya mobil mba, nanti kalo sudah punya ini jadi cacatan aku kalo utk perawatan mesinya pakai oli ini biar makin cetar

    ReplyDelete
  93. Milih oli juga ga bisa smembarangan yaaa. Produk Pertamina ini udah terpercaya juga. Mobil aku dan ortu juga pakai ini :D

    ReplyDelete
  94. waaah keren mbaak perempuan bisa nyetir mobil. Semoga nanti aku juga bisa jadi istri mandiri yang bisa nyetir mobil sendiri haha.

    Bener banget, biasanya kalau laki laki yang nyetir.. misal ada yang nggak beres dia langsung ngedumel. Sementara yang duduk sebagai penumpang ini ngerasa baik baik aja. Hahaha

    ReplyDelete
  95. Berhubung kendaraan di rumah cuma ada motornya pak suami, ia pake merk oli adiknya Fastron, mbak....
    Bikin mesin motor jadi awet

    ReplyDelete
  96. Kalau buat kendaraan, maunya memberikan oli yg terbaik ya mbak. Fastron mau saya rekomendasiin ke saudara yg punya mobil

    ReplyDelete
  97. Fastron oli yang bagus dan bikin mesin kendaraan awet ya mbak. Setelah ngobrol sama suami juga ia bilang pakai oli fastron untuk kendaraannya.

    ReplyDelete
  98. oli fastron ini rekomen ya mbak... aku sih gak kenal mesin yaaa jadi tiapkali pada ngobrolin mobil aku gak ngeh sih alias kudet hehe

    ReplyDelete
  99. Mbak Lendy, lagi ikutan lomba ya? Semoga menang yaa :)

    ReplyDelete
  100. Kalo produknya Pertamina sih udah ngga perlu diragukan lagi yaa. Btw seneng sama tulisannya, enak banget dibacanya mbaak...

    ReplyDelete
  101. Wah Keren banget, product Pertamina ini mendapat Award

    Saya setuju banget, merawat kendaraan harus seperti merawat tubuh kita sendiri

    ReplyDelete
  102. Untuk kendaraan meskipun punyaku kalau masalah perawatan ganti oli, ganti ban sama rem wes aku serahkan suami hahaha

    ReplyDelete
  103. Saya ngga bisa nyetir mba tapi cita-cita pengen jadi macan ternak juga pake mobil bagus hihi menarik sekali, seperti rumah kendaraan juga harus dirawat yah

    ReplyDelete
  104. Aku jadi ngefans sama Macan Ajep-ajep, maksudnya Mama Cantik Antar Jemput, anter-jemput (hahaha kan ga sekali aja ya anter jemputnya). Lah aku taunya cuma jadi penumpang aja. Dan jadi pengendara emang harus tahu daleman (((daleman))) mobil atau motor ya. Emansipasi wanita merambah dunia otomotif gini yang bikin aku terpesona (cipok basah Lendy). Ajarin aku dong biar berani bawa kendaraan sendiri hahaha Ku masih takutan atau gugupan soalnya

    ReplyDelete
  105. Pengin banget punya mobil saya, Teh. Tapi nggak ngerti ngurusnya hehe. Pada intinya kendaraan mah harus rajin servis ya. Oli juga mesti mantap kayak Fastron :)

    ReplyDelete