Review Toyota CHR : Mobil SUV Hybrid

Bismillah,

Yo...yo...yo!
lendyagasshi kembali lagi bahas otomotif, guys... Ini karena aku suka banget ngikutin perkembangan otomotif di Indonesia yang sudah mulai sedikit demi sedikit beralih pada mobil ramah lingkungan, aka. hybrid.

Baca juga



Tahu doonk yaa... Indonesia sudah sepadat apa sekarang?
Kendaraan tiap berangkat anter sekolah anak-anak kalau pagi, uda gak terbendung lagi macetnya. Belum lagi kalau mau isi bensin tuuh...tiap waktu pom bensin gak pernah ada sepi-sepinya. Maka dari itu, terciptalah mobil hybrid yang memadukan antara tenaga listrik dan pembakaran di mesin. Efeknya, terjadi efisiensi konsumsi bahan bakar namun tetap memiliki performa yang luar biasa.



TOYOTA CHR adalah mobil jenis crossover yang hadir di awal 2017 silam, dan sudah menjadi mobil perdana dari Toyota Indonesia yang mengusung konsep desain Toyota New Global Architecture (TNGA). Platform baru TNGA ini membuat Toyota CHR memiliki daya tarik yang luar biasa.

Dengan sensasi berkendara yang sangat berbeda dibanding dengan model Toyota lainnya, maka tak heran bila Toyota CHR dibanderol dengan harga yang cukup mahal untuk sebuah tipe mobil crossover dibandingkan dengan mobil lain di kelasnya.


Siapa Pesaingnya Toyota CHR?

Beberapa model mobil crossover atau yang biasa disebut SUV kompak, Toyota CHR tentu memiliki pesaing di kelasnya. Ada beberapa mobil lain yang pakai platform TNGA juga, yaitu :
Toyota Prius
Corolla Auris terbaru yang belum dijual di Indonesia.


Singkatnya, ini yang menjadi alasan utama mengapa Toyota CHR tidak bisa disejajarkan langsung dengan Mazda CX-3, Honda HRV bahkan Chevrolet Trax, karena melihat dari basis platformnya yang dipakai satu level di atas basis platform pesaingnya itu.


Namun ternyata, ada loo... beberapa mobil yang idealnya bisa disejajarkan dengan Toyota CHR, baik itu dari platform dan kapasitas mesinnya. Bahkan punya harga lebih murah. Sebut saja, seperti Hyundai Tucson, lalu KIA Sportage, hingga Mitsubishi Outlander Sport. Namun dari segi harga, Toyota CHR ini justru lebih cenderung menantang mobil sekelas Nissan X-Trail, Honda CR-V, serta Mazda CX-5.

Kesimpulannya, siapa pesaing tangguh Toyota CHR?


Dari segi ukuran, sejatinya dibandingkan dengan Honda HR-V, Chevrolet Trax, dan Mazda CX-3. Untuk daya serta kapasitas mesin bisa dibandingkan dengan Honda HR-V 1.8 dan Chevrolet Trax 1.4 Turbo. Namun, dari segi harga bisa dikomparasi dengan Honda CR-V atau Nissan X-Trail.



Eksterior Toyota C-HR


Gak seru kalau bahas mobil tapi gak lihat design eksterior dan interiornya. Yaah...bayangannya kalau orang, lihat penampilannya dulu gitu yaa...
Di awal kemunculan Toyota CHR pada GIIAS 2017 silam, Toyota CHR dapat respon yang baik oleh para konsumen atau pengunjung pameran. Desain CHR yang eksotis dan unik, dengan tambahan baluran warna cat eksentrik, lalu velg besar berukuran 17 Inch dengan ukuran ban 215/60 R17.


Dilengkapi dengan lampu LED mewah, yang bisa mengundang decak kagum calon konsumennya.
Pada bagian depan, lampu utama Toyota CHR menggunakan projector. Namun, sayangnya, lampu tersebut masih halogen. Lalu di bagian DRL sudah adopsi LED. 
**Spesifikasi lampu yang otomatis ini tentu menambah kesan modern.


Untuk bagian bumper depan, ada fog lamp dengan lampu halogen yang terkesan elegan. Secara keseluruhan, tampilan depan Toyota CHR tampak cukup agresif.
Di balik spion juga ada lampu sein yang menambah keamanan mobil dari sisi samping serta memudahkan pengendara lain untuk melihat lampu sein.

Lanjut pada bagian bawah pintu, terdapat aksen warna hitam doff dan over fender, sehingga kesan yang didapat dari desain mobil Toyota CHR ini memiliki efek sporty dan futuristik.
Kalau kita lihat bagian belakang Toyota CHR, ada desain lampu belakang yang berbeda dibanding mobil kompetitornya. Ditambah lagi, pada bagian buritan ini terdapat spoiler untuk menguatkan karakter sporty-nya.



Interior Toyota CHR


Untuk merek Toyota, desain interior Toyota CHR termasuk sangat unik. Kesan unik pertama kali terlihat pada desain dashboard. Bentuk dari konsol tengah yang panjang, hingga masuk ke bagian dalam dashboard, serta head unit floating bergaris tegas.
Lalu bentuk setir yang unik dan jok berbahan kulit. Bentuk desain diamond dalam Toyota CHR ini juga bisa ditemukan di banyak bagian, seperti pada kursi atau jok, lalu pada sisi ventilasi hingga pada kontrol pendingin udara (AC).



Untuk kualitas, ada beberapa bagian dashboard termasuk golongan terbaik yang terdiri dari plastik, panel piano black, soft touch, sampai material metal. Lebih detail lagi, hampir semua tombol yang ada di mobil CHR ini telah dilengkapi dengan backlight.

Juga terdapat fitur:
On Board Computer
Ventilasi AC Belakang
Bottle Holder



Fitur Toyota C-HR


Selaiknya mobil harga mahal, Toyota CHR juga dibekali dengan fitur keamanan yang cukup melimpah. Seperti : 
rem cakram di empat roda
ABS (Anti-Lock Braking System)
EBD (Electronic Brake Force Distribution)
Brake Assist

Selain itu, ada juga dilengkapi Stability Control, Traction Control, kemudian yang patut di apresiasi adalah 7 buah air bag di masing-masing kursi.

Jok belakang terdapat titik ISOFIX untuk penumpang bayi, fitur Hill Start Assist, dan kamera untuk mundur yang garisnya tidak bisa belok-belok. Terakhir, ada empat sensor parkir di belakang yang terintegrasi serta empat titik di depan yang memiliki indikator langsung ke MID (Multi Information Display) yang sangat membantu dalam mengendalikan mobil luar biasa ini.



Performa Toyota CHR


Untuk soal performa, Toyota CHR ini memiliki mesin 1.800 cc. Mesin tersebut tentu tidak sama dengan yang beredar di pasar Amerika Serikat. Tidak ada embel-embel hybrid atau bahkan turbo. Uniknya, mesin Toyota CHR di Indonesia mirip dengan yang digunakan oleh Toyota Altis.

Bedanya ada kode B yang menunjukkan kode mesin Toyota di Thailand, dimana mesin ini artinya bisa menelan ethanol



Performa Toyota CHR dinilai punya respon sangat baik. 
Putaran bawahnya cukup responsif, meskipun agak terhambat karakter CVT yang tidak bisa menyentak seperti mobil transmisi manual. Di putaran atas, pada akselerasi tinggi, untuk bisa capai kecepatan yang lebih tinggi lagi, responnya patut diacungi jempol.

Toyota CHR membawa mesin dengan kapasitas 1.800 cc, 4 silinder., dengan tenaga 141 hp dengan torsi maksimal yang dapat diraih mencapai 17.4 Kgm. Mesin dengan kode 2ZR-FBE ini dikombinasikan dengan transmisi CVT 7 percepatan sequential shiftmatic. Diklaim bisa memberikan tenaga besar dengan karakter yang halus. 

Masih belum yakin kenyamanan Toyota CHR?
Coba ke dealer Toyota terdekat dan rasakan sensasi menggunakan mobil Hybrid dengan tenaga kuat namun tetap hemat bahan bakar.

Happy Driving...



With Love,



69 comments

  1. mobil keren tahan banting di segala medan ya mba, kapasitas mesinnya 1.800 cc, 4 silinder., dengan tenaga 141 hp dengan torsi maksimal yang dapat diraih mencapai 17.4 Kgm.

    ReplyDelete
  2. City car dengan kemampuan lebih di kelasnya ini mah ya.. dan pasti banyak sensor untuk depan kanan kiri belakang plus automatic bisa nelpon kaaaan dari setirnya?

    ReplyDelete
  3. Nyaman beud yahh Toyota CHR, ramah lingkungan lg, hmm... Mupeng buat ngajar hihi

    ReplyDelete
  4. Iiihhh maa syaa allah keren ya keluarga ternarunha yaa.
    Nyaman gtu d dalm nya pasti yang biasa mabok g mabok lgi deh naik ini heheh

    ReplyDelete
  5. yeayy keren amat mobilnya. kalo nyaman kayak gini bikin betah berkendara buat jalan2 jarak jauh

    ReplyDelete
  6. Waah, tampak mata saja, di foto-foto ini keren Toyota CHR. Mesinnya okeh, kloplah jadi model idaman

    ReplyDelete
  7. wih mantab toyota CHR aku belum pernah nyoba atau minimal naik...kayaknya memang asyik dipakai di medan yang berat. tempat duduknya juga lapang

    ReplyDelete
  8. Tjakeuuupp.. aku kalo ke Bandung mau diajak jalan2 pake mobil ini ya Lend... hehe...

    dianesuryaman dot com

    ReplyDelete
  9. Salah satu mobil kesukaan aku ini toyota CHR. Design dan body nya bagus. Kira-kira berapa duit ini ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini juga aku penasaran mba heheh, kan bisa tahu dulu harganya biar rajin nabung buat beli mobil idaman, uhhy

      Delete
  10. Aduhai, mupeng punya mobil bisa mudik ke Bengkulu dengan nyaman deh bawa keluarga. Makasih sharingnya ya Mbk. Ikutan kepo deh soal toyota.

    ReplyDelete
  11. Aku pengen punya mobil jadinya Mba Lend wkwkwk pengen bisa nyetir kayak kamu. Ini muat banyak banget ya pasti. Seru dan menyenangkan. Semoga kapan2 doaku terijabah punya mobel ginian aammin

    ReplyDelete
  12. Suamiku juga penggemar otomotif dari brand Toyota, seandainya dia tau nih performa dari Toyota CHR udah pasti dikejar banget deh

    ReplyDelete
  13. Jadi ingat dulu, waktu pertama kali lihat penampakan mobil sejenis, sudah mupeng, hehehe.
    Apalagi makin ke sini, ada terobosan teknologi dan sarat inovasi, semakin mupeng berat deh.

    Saat ini jadi penikmat dulu sajalah.
    Ciut, sama harganya, buahahaha.

    ReplyDelete
  14. Mobilnya gahar buangeeett!
    Mauuk dong bungkus satu :D
    Spesifikasinya juga cucok meong bangeeettt

    ReplyDelete
  15. Itu Toyota C-HR warnanya bagus banget. Maish jarang mobil yang warnanya seperti itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kenyamanan sih saya yakin. Mobil Toyota biasanya nyaman. Apalagoi kelas premium begini

      Delete
  16. Kalau nabung dari sekarang, gaji di bawa UMR kapan ya dapatnya,, hehehe

    ReplyDelete
  17. Yang pertama aku lihat sih desainnya teh. Mevvah banget. Performanya juga oke banget ya walau Hybrid gini. Nanti aku izin Oppa dulu boleh ga beli ini.. ��

    ReplyDelete
  18. mobilnya emang kece.. dipake dalan atau luar kota paling asik.. keliling Bandung pake ini seru pastinya ya Lend..

    dianesuryaman dot com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dipakai ke wilayah-wilayah pegunungan juga cocok mbak kalau yang seperti ini. Tangguh dan macho ya!

      Delete
  19. Saya roaming, kalau bahas spek mobi, Mbak. Bawaannya langsung ngliyeng. Enak langsung jalan-jalan saja, pasrahkan ke pak supir. Mungkin karena belum punya, jadi belum pernah diskusi dengan suami.

    Harganya berapa, Mbak?

    ReplyDelete
  20. Tak perlu aku ragukan deh TOYota mah udah terpercaya awet dan tahan lama. Selain itu juga harganya masih terjangkau dengan kenyaman yang diberikan

    ReplyDelete
  21. Keren amat mobilnya. Toyota CHR yang di foto itu, warnanya unik ya, jarang2 ada mobil dengan warna seperti itu. Desain interiornya juga bagus.

    ReplyDelete
  22. Aku pernah liat CHR ini di review oleh boy william. Udah naksir banget itu kemaren. Tapi harganya premium banget yak. Hihihi

    ReplyDelete
  23. Pasti nyaman banget ya Mbak Lend jika naik kendaraannya. Ramah lingkungan lagi! Wah tapi ku tak sanggup jika lihat harganya. Tak melipir dulu deh.

    ReplyDelete
  24. Toyota memang kereen! Suami saya juga senang dengan produk Toyota, spesifikasi dan desainnya oke banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau emak macam saya, taunya tampilan aja. Kalau penampilannya bagus,pasti dipilih. Beda dengan para bapak yang banyak pertimbangannya.

      Delete
  25. Wah saya baru tau nih ada toyota chr, kok anak saya enggak ribut ya hihihi... Tampilannya gagah banget ya...

    ReplyDelete
  26. Toyota CHR menarik yadengan sistem mobil hybrid. Apalagi desain interior dan eskterior juga keren.

    ReplyDelete
  27. wih, body nya gagah juga ya toyota CHR ini..
    keren toyota memang, selalu berinovasi dan desainnya juga oke punya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, euyyy
      mupeng buanget dgn mobil keluaran Toyota ini.
      Semogaaaaa bisa berjodooohhh

      Delete
  28. Walaaah yang Toyota seri lama aja belum kebeli udah muncul lagi Toyota CHR yang menggoda.

    ReplyDelete
  29. Saya saat ini nyetir CRV automatic. Jadi penasaran nyoba Toyota CHR yang berbasis hybrid, lebih ekonomis dan ramah lingkungan.

    ReplyDelete
  30. Wuah naksir body dan interiornya cakep hahha. Kyknya emak2 macam aku taunya itunya doank. Kalau soal mesin kalau aku baca fiturnya di postinganmu ini, hmmm, luar biasa ampai ada 7 air bag gtu tiap seat yaaa

    ReplyDelete
  31. Saya belajar naik mobil biar misua yang nabung, jadi kita bisa beli mobil terus jalan-jalan deh, yeaaay ����

    ReplyDelete
  32. Kece sekali mba CRV ini.. interior dalamnya mantul ka.. yg paling disuka ya ekonomis dan ramah lingkungan itu..

    ReplyDelete
  33. Boleh nih buat rekomendasi gnti Mobil ya teh,,, jadi kpingin punyaa Toyota C-HR keren Juga spek Dan performanya mau beli yg magic aja nuh

    ReplyDelete
  34. Wahh jujur aku baru tau loh toyota CHR ini, kalo toyota Prius aku tau.
    Padahal keluaran thn 2017 ya :D

    ReplyDelete
  35. Pingin punya hihihi, eh tapi aku udah pernah nyobain CHR di dealer waktu itu (gak beli cuma nyobain hahaha)

    ReplyDelete
  36. selain performa dan designnya yang juara, aku highlight untuk safety nya, pas baca ada airbag ditiap kursi aku makin yakin toyota CHR ini beneran dipersiapkan dengan matang, dan patut buat dicari.

    ReplyDelete
  37. wuih kapasitas 1800 cc. pasti nyaman banget tuh tumpakannya. uuuh pengen punya mobil baru kan jadinya

    ReplyDelete
  38. Dari penampilan luarnya sudah terlihat kelasnya, tampak mewah elegan dan pastinya tidak murah. Jangankan memiliki, nebeng naik mobilnya saja sudah menyenangkan

    ReplyDelete
  39. Wah cakep banget ya. Mobilku juga selalu Toyota. Sudah terpercaya baik kualitas maupun layanan purna jual. Harga jual lagi kalau bosen juga tetap tinggi.

    ReplyDelete
  40. Ciamik banget nih mobil dari Toyota CHR. Overall suka sama desain sama spesifikasinya nih mbak

    ReplyDelete
  41. Kalau yang namanya brand toyota semua design nya memang selalu bagus dan keren ya. Apalagi SUV ini meleleh hati

    ReplyDelete
  42. Penasaran deh, saya baru coba mengendarai Toyota Kijang. Toyota tuh selalu di hati, semua design yang ada selalu keren dan bikin kita setia

    ReplyDelete
  43. Kondisi jalanan apapun bisa di lewati dengan aman dan stabil. Toyota Honda memang memperhatikan kenyamanan penumpang terutama bayi

    ReplyDelete
  44. Toyota CHR ini bisa dibilang wish list aku pengen punya mobil yang menurut aku designnya cocok untuk mobil keluarga ditambah dengan performanya yang luar biasa

    ReplyDelete
  45. Wow Toyota CHR kereeeen banget. Interior dan eksterior nya gahar. Harganya juga mantap. Mobil ini pasti nyaman buat perjalanan jauh atau untuk traveling bareng keluarga ya mbak. Duuuh kalau lihat gambarnya bikin mupeng tapi apa daya hiks....hrs nabung bertahun-tahun hehehehe

    ReplyDelete
  46. bagus ya baik penampilan luarnya maupun interior di bagian dalamnya. lega pula. dan mesinnya oke punya.

    ReplyDelete
  47. Interiornya bagus ya cukup lengkap dan eksteriornya juga oke , agak gahar dan elgant menurutku sih cocok lah buat keluarga dengan 2 orang anak.

    ReplyDelete
  48. Simpel tapi mewah eh gimana hehe itu sih kesan yang aku lihat setelah membaca tulisan ini.. stylish juga, jadi bisa menambah rasa percaya diri pengguna ini sih, naik mobilnya aja udah pede turun mobil ini tambah pede deh..

    ReplyDelete
  49. Kalau lihat desain dan teknologinya memang oke bangeet ya mba.. boleh nih diadopsi satu

    ReplyDelete
  50. Canggih ya, tombol-tombol yang ada di dalam mobil hampir semuanya pake backlit. Jadi ga usah sibuk gelap-gelapan saat menekan tombol ketika penerangan minim. Tampilannya kece banget ih, duuuhh pasti asyik nih kalau bisa berkendara menggunakan mobil ini.

    ReplyDelete
  51. Ya Allah mupeng euuyy. Fiturnya keren euyy. Mana tampilannya cakep pulak.

    ReplyDelete
  52. Wuidiih! aku mupeng sangat sama mobil ini euy. Desain elegan, pilihan warna oke banget dan pastinya fiturnya keren.. semoga kesampaian ah bisa punya toyota CHR SUV ini

    ReplyDelete
  53. Mobilnya keren ya. Bikin mupeng, kapan saya bisa beli mobil Toyota CHR ini? Sekarang biar mimpi aja dulu deh semoga nanti jadi kenyataan. Hehe

    ReplyDelete
  54. Mobilnya keren ini, desainnya pun elegan gini jadi pengen ganti mobil, aamiin yaa Rabb.

    ReplyDelete
  55. Wow ngeces bacanya.
    Pingin satu ah 😊😊😊

    ReplyDelete
  56. Desainnya mewah ya..
    Ramah lingkungan juga
    Wajar harganya sesuai kualitasnya..

    ReplyDelete
  57. Akak nih paham banget soal otomotif yaa... Ngga cuma hobi nyetir aja ternyata (inget banget suka izin nyetir dulu, wkwkwk).

    Toyota CHR harganya setara sama Honda CRV dan Nissan X-Trail yaa.. Mayan yaaa... *tutup muka dulu. Tapi bodynya emang kelihatan mantep sih. Sik, tak mimpi dulu..

    ReplyDelete
  58. Ya Allah cakep banget sih itu design nya...baik interior maupun eksterior..mantap gila 1800cc buat city car mah udah lebih dari cukup...bakalan nyaman

    ReplyDelete
  59. Minat yang kereeennn
    Saya belajar otomotif ngga bisa bisa, jadi cuma duduk manis sebagai penumpang ^^

    ReplyDelete
  60. Setelah rumah, inginku juga mobil
    Apalagi pas baca lengkap spesifikasi Toyota keluaran baru ini, klepek klepek jadinya

    ReplyDelete
  61. Wah toyota idamanku bangett.. hampir semua jenis toyota kusuka.. heheh.. Semoga kebeli.. Aminnn

    ReplyDelete
  62. Haduh. Ni mobil bikin mupeng banget sih. Itu desainnya lumayan seksi yaa. Pingin banget punya kek gini 😂😂😂 apalagi jenisnya hybrid.

    ReplyDelete
  63. Luar biasa y mobilnya mesinnya 1.800 cc. Jadi pengen punya mobil deh

    ReplyDelete