Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cafe Bernuansa Belanda di Bandung : Keukeun Van Elsje

Bismillah,

Hola sahabat lendyagasshi...
Hari ini lagi pingin nulis salah satu cafe bernuansa jadul, khas zaman Belanda yang ada di dekat sekolah anakku di Jalan Van de Venter, Bandung.

Mampir juga ke sini



Cafenya dari luar sungguh tampak sederhana, karena memang awalnya sebuah rumah bergaya Belanda yang tampak beratap rendah namun terdapat jendela-jendela kayu yang lebar dan bisa dibuka, nampak asri berbaur dengan alam. Sirkulasi udaranya pun segar, karena ditanami tanaman perdu yang terawat baik.

Pertama kali ke sini, sambutannya sungguh hangat, walau penampilanku yang tentu bagi sebagian orang tampak kurang familiar yaa... Tapi mungkin warga sekitar Jalan Buton sudah biasa, karena ada sekolah salaf yang berdiri di sekitaran Jalan ini.

Cafe Keukeun Van Elsje sendiri adalah sebuah restaurant keluarga yang dijalankan secara turun-temurun sejak tahun 2016 oleh Elsje bersaudara. Dengan mengandalkan menu keluarga dari generasi ke generasi, keaunthentican rasanya bisa dirasakan melalui menu-menu khas Belanda seperti aligot, huzarensla, rissole, biefstuk, macaroni schotel dan tak ketinggalan bitterballen. Semua tersaji dalam bahasa Belanda (namun ada keterangannya berbahasa Inggris dan ada tanda menu paling favorit dari koki dan menu favorit pengunjung). Jadi kalau bingung mau pesan apa (karena gak bisa baca tulisannya), cukup pandangi menu bertanda khusus itu. Hehhe... Dan bisa juga siih..tanya pelayannya yang super ramah, "Apa menu yang paling recomended untuk makan siang ini?"







First in Bandung, Aligot! This is not only cheese, this is Aligot! Aligot is a dish made from 4 different types of cheese blended into mashed potatoes. Aligot is traditional dishes made in L'Aubrac (Aveyron, Cantal, Lozère, Midi-Pyrénées) region in southern Massif Central of France. For those of you who haven't tried Aligot and been craving for this, we waiting for you here. Zie je, een mooie dag verder! • Keuken van Elsje • Authentic Dutch Food, Indonesian and Western cuisine based on Elita & Tip Top Restaurant 1920 recipes. Jln. Buton No.11, Bandung For reservation please call : 022 20528782 #aligot#firstinbandung#keukenvanelsje#potato#dutch#holland#france#dish#authentic#elsje#cafe#family#familyrestaurant#bandung#visit#visitbandung#explore#explorebandung#food#foodyid#instafood#kuliner#jajan#melted#cheese#4cheese#truffles#mozzarella#chewy#teamaligot
Sebuah kiriman dibagikan oleh Keuken van Elsje (@keukenvanelsje) pada


Karena kemarin aku nongkrong sendiri, jadi pesen makanan favoritkuuu...salad. Kemana pun aku pergi, aku gak lupa pesen makanan yang terdiri dari sayur, buah dan protein dilengkapi dengan saus mayo. Awalnya aku skeptis. Bakalan seenak apa siih salad di sini? Karena beberapa kali makan salad, lidahku agaknya membutuhkan penyesuaian. Dan taraaaa~
Kira-kira 10-15 menit menunggu, si huzarensla (aka. salad sayurku) dateng. Rasanya, mashaAllah...enak pake banget. Saus si saladnya bukan saus pada umumnya. Tapi dari blending buah nanas dan ((apa yaa..?)), pokonya terasa di lidah tuh...sour, tapi enak. Penyajiannya juga luar biasa cantik. Kaya di kontes-kontes memasak di tipi itu loo...






Bismillah,⁣ ⁣ Cafe @keukenvanelsje yang aku datangi kali ini terletak di ᴊᴀʟᴀɴ ʙᴜᴛᴏɴ ɴᴏ. 11 ʙᴀɴᴅᴜɴɢ.⁣ ⁣ ⁣ Lokasinya enak banget buat yang ingin menyendiri kaya aku kemarin. Hahaha..bukan, bukan karena sedang ada yang dipikirin, cuma sambil nunggu ke jadwal aktivitasku berikutnya. Ga memungkinkan pulang, guys..⁣ ⁣ Deket banget sama sekolah anak-anak BISc di Jalan Van De Venter.⁣ Dan ada Wi-Fi, absolutely.⁣ ⁣ ⁣ Suasananya bikin kaya terlempar kembali ke zaman Belanda ga siih?⁣ Hitam-putih - didukung dengan perabot dan interior yang sama-sama zadulnya.⁣ Uuuww~⁣ Jadi inget nenek, yang saban ke rumahnya, selalu dinyanyiin lagu Belanda (dan aku gapaham artinya 🤔😅)⁣ ⁣ 𝘚𝘦𝘳𝘪𝘰𝘶𝘴𝘭𝘺,⁣ Di sini pun sama. Di radio antique yang ada di fotoku itu sungguhan masih bisa nyala doonk...dan lagunya berbahasa Belanda.⁣ ⁣ ⁣ Aku ulas lengkap di blog :⁣ 𝚑𝚝𝚝𝚙𝚜://𝚠𝚠𝚠.𝚕𝚎𝚗𝚍𝚢𝚊𝚐𝚊𝚜𝚜𝚑𝚒.𝚌𝚘𝚖⁣ ⁣ ⁣ Tapi kalau dateng sendiri aja nyaman, apalagi dateng bareng sahabat atau keluarga loo..⁣ ⁣ Skuuy...⁣ And feel the #weekendvibes .⁣ ⁣ #kuliner #kulinerbandung #cafebandung #cafenyaman #cafejadul #goodvibes
Sebuah kiriman dibagikan oleh lendy_mut (@lendymut) pada
slide ke 9

Dan minumnya, aku paling suka minum mojito leci. Awalnya mau minum kopi, tapi kok yaa...godaan di siang yang terik hari itu menggugurkan niat minum kopiku. Sayang si mojito gak kefoto. Tapi kurang lebih, tampilannya kaya gini, gengs...



Karena aku laper mata, jadi si aligot, yang ternyata adalah menu andalan dari cafe Keukeun Van Elsje, aku jadikan menu take away. Aku uda kebayang bakalan makan bareng Ai sama Hana. Mereka kan penggemar keju garis keras.

Overall,
Aku suka banget sama pelayanan dan ambience cafe Keukeun Van Elsje ini. Meski suasana dan lagu-lagunya pada oldies, tapi wifinya lancar banget. Kalau ada waktu lebih panjang, aku mau deeh...nongki di sini lama-lama, hehehe...
**maklum, para pengabdi wifi cepet.

Selain menu-menu khas Belanda, di sini juga ada menu Indonesia kok, kaya rawon, tongseng, bistik hingga nasi goreng kampung. Hmmm, ini pas banget di lidah orang Jawa niih...



Cafe and Resto Keukeun Van Elsje

Alamat :

Jalan Buton No.11, Bandung

Jam Operasional :

Senin - Ahad : 8 am - 10 pm
For Breakfast : 8 am - 11 am


Pioneer Dutch Food in Bandung
Heerlijke Smaak Uit Nederland
Authentieke Recepten Uit 1920






Gimana?
Tertarik makan di sini doonk... Suasana homey yang ada di cafe ini memang sejak tahun 1920. Jadi begitu masuk, berasaaa suasana Belanda-nya.

Dan quote menarik dari pemilik cafe Keukeun Van Elsje, Kevin Christian :
Food isn't just a thing, it's about memories, feelings, and emotions.


With love,

59 comments for "Cafe Bernuansa Belanda di Bandung : Keukeun Van Elsje"

  1. Bandung banyak banget tempat keren siihh. Tadi hotel, sekarang cafe. Uwuww sekalii. Mbak, aligot rasanya gimana? Penasaran liat pictnya, haha

    ReplyDelete
  2. Bisa nongki lama-lama sambil ngeblog sembari nungguin anak sekolah ya di sini? Dekat sekolah anak-anak kan, ya. Ngiler euy sama salad sayurnya. 😍

    ReplyDelete
  3. Mbaaa..Aligot tuh seperti apa siih?? Aku penasaran deh. Sedangkan Mojitonya bikin pengen langsung gleg3 deeh..hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oya, quote dr pemiliknya itu pas bener ya... Memang dari sekedar makanan bisa muncul banyak rasa bahkan kenangan..

      Delete
    2. Gambarnya bikin ngiler. Asli kalau baca menu saya tuh gak ba, bayangannya selalu ke gambar ajah dah gampang milihnya. Sama, saya jg bakal pesan salad, sehat

      Delete
  4. Aligotnya menggoda banget. Rasa kejunya seperti sampai ke kerongkonganku lho, hahaha ...

    Aku belum pernah deh datang ke resto bernuansa Belanda. Seperti kembali ke masa lalu gitu kali, yaaa. By the way aku setuju lho dengan quote dari Kevin Christian. Kita akan lebih mengingat emosi, perasaan, dan kenangan sewaktu menikmati makanan dibandingkan makanan itu sendiri. Tjakeeep.

    ReplyDelete
  5. BANDUNG ini kenapa menggoda sekaliiiii yaaa :)
    Aku ga pernah puas, karena rasanya belum tuntas explore kota ini
    Puingiiinn main ke BDG lagiiii

    ReplyDelete
  6. Mba Lendy pakabar? aligot nya menggoda banget. Saya juga pecinta keju, kadang suka dicemilin kejunya

    ReplyDelete
  7. Bacanya gimana ya? Keken? Suasananya holland banget ya. Tinggal ditambah kincir sama tulip ajah

    ReplyDelete
  8. Tetep ya, nasi goreng adalah menu Indonesia andalan.

    Resto dekat sekolahnya anak? Waduh gawattt, bisa nongki di sana melulu nih. Hahaha...

    ReplyDelete
  9. Paling happy saya kalau ke cafe yang seperti ini, suasananya benar-benar beda dan cozy pastinya. Next time harus mampir kesini kalau lagi ke Bandung

    ReplyDelete
  10. Deuh Teteh, kenapa nongkrong sendirian, kan bisa telpon daku biar kita makan salad bareng, lah hahah. Sukak sama suasana cafe nya, adem euy

    ReplyDelete
  11. Wow...cafe yang homey bikin pelanggan betah. Kalau aku ke cafe Belanda sprti ini pasti cuma membelalak aja karena gak ngerti bahasa Belanda hahaha...tapi paling suka minum mojito leci yang meletup-letup... Kalau disediakan juga menu Indonesia inilah yang kucari mbak...kepo sama piringnya yang keren....secara Bandung memang gudangnya kuliner....

    ReplyDelete
  12. Ambience kafenya nyaman banget yaa mba, homey juga. Bakal betah sih kalau nongkrong lama-lama disini (apalagi aku juga Tim pengabdi wifi cepet wkwk). Menu nya juga looks yummy sekali 😍 semoga ada rejeki main ke Bandung trus nongkrong disini deh Aamiin

    ReplyDelete
  13. Bandung tuh tempat jajannya banyak banget, tapi yang ini aku belum nyobain sih. Menu makanannya gak ada yang berbau belanda teh? Nanti kalau ke Bandung lagi kita cobain makan disini ah.

    ReplyDelete
  14. Wo sausnya beneran menggoda iman banget Mbak. Berharapnsuatu hari nanti busa kesana buat nyicipin salad andalannya

    ReplyDelete
  15. Bandung emang juaranya kuliner istimewa ini.
    Aku yg jg ngaku pecinta salad jadi pengen nyicipin salad dan minimun mojito lecinya. Etapi, nasi goreng kampungnya juga menggoda. Bisa2 ga kuat milah2 selera kalau ke tempat ini nih.

    ReplyDelete
  16. Tempatnya asyik banget sihhhh.. Btw ngomongin makanan Belanda, saya suka banget dengan bitterballen alias kroket belanda :D

    ReplyDelete
  17. Iya emnag enakeun, ku pernah nunggu kk olive yg lagi pkl di sini, deketan kan tuh sembari onlen menyendiri ditemani sunyi dan suasana jadul.
    Btw bener banget ya quotesnya Food isn't just a thing, it's about memories, feelings, and emotions. Kalo minum kopi sama lihat emping jadi inget sahabat yang doyan banget.

    ReplyDelete
  18. Aduh jadi kangen pengen pulang kampung nih. Udah lama nggak kulineran di Bandung. Kalau pas pulang, pengen nyobain ah, kayaknya enak-enak tuh menunya.

    ReplyDelete
  19. karena duluuuuu jaman Belanda masih jauh aku pacaran dengan orang Belanda, jadi .. kayaknya semua makanan di sini aku familier deh Len,

    yang penting jangan "Lekker eten zonder betalen" yaaaa

    ReplyDelete
  20. Aku bayangin duduk di caffe-caffe dengan nuansa Belanda jadi byangin nonik nonik Belanda, ahahaa.
    Eh kapan ya aku bisa duduk di sana, mesti diagendakan nih kayanya

    ReplyDelete
  21. Wah kafenya ini bukan ala vintage tapi memang Oldies beneran ya, suasana, bangunannya, dekorasi sampai makanannya pun jadul pisan. Aku penasaran 4 jenis kejunya kok endeuuus...

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. Food is about memories, feelings, and emotions itu bener banget. Kadang dengan makan makanan favorit ingatan melayang pada suatu masa di mana saat itu masa yang sangat bahagia dan seneng banget mengenangnya kembali :)

    ReplyDelete
  24. Waah, baru nemuin cafe unik bergaya Belanda di Bandung. Tempatnya keliatan nyaman ya, Teh. Makanannya juga keliatan enak-enak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terutama Aligot-nya, kayaknya enak banget, ya..
      Lain kali kalau mau nongkrong koling-koling aja Teh Lend..nanti saya nyusul ke sana hihihi

      Delete
  25. suka nih sama yang nuansanya klasik gini, jadi berasa di belanda ala-ala ya kak hihi. aku ngiler deh sama mojito leci dan aligotnya, baru pernah liat makanan aligot, sebagai pecinta keju aku mauuuu

    ReplyDelete
  26. Cakeep tempatnya. Semarang juga banyak cafe nuansa bangunan belanda. Dulunya terlantar, sekarang udah diperbaiki tanpa mengubah bntuk aslinya.

    ReplyDelete
  27. Tentu saja kak tertarik banget dong buat nyobain. Aku tu seneng banget perhatiin rumah belanda gitu, kelihatannya gagah, tapi pasti hangat dan homey buanget ya ini restonya

    ReplyDelete
  28. Huaa tempat dan makanannya menggoda sekali itu, duh cocok nih buat nongkrong sama keluarga.

    ReplyDelete
  29. Teh, pilihan menu makanan kamu sehat banget sih hehe.. diawali dengan salad itu pilihan paling tepat lho, karena memang harus makan sayur dan buah dulu sebelum makan kabohidrat ya.. ini tempat emang endeus dan cocok banget untuk yang ingin menikmati ala ala eropa jaman dulu ya teh

    ReplyDelete
  30. Bandung gak akan habis cerita, tempat wisata, dan kulinernya, ya. Apalagi cafe-cafenya. Bikin betah dan berlama-lama menghabiskan waktu di situ. Ah, jadi pingin ke Bandung lagi...

    ReplyDelete
  31. Nasi goreng kampungnya bikin ngilerrr mba, gimana nggak ketagihan coba kalau disuguhkan dengan makanan yang enak plus nuansa ala Belanda gitu ya.
    Bandung emang selalu memiliki konsep cafe yang bagus dan epik

    ReplyDelete
  32. Bandung gak pernah kehabisan ide buat bisnis kuliner ya, makanan khas Belanda sepeti Aligot (eh bener gak ya) sukses bikin saya ngiler, duh!

    ReplyDelete
  33. Bandung ini bangyak banget tempat" keren dan unik ya. Kemaren waktu ke Bandung blm sempet explore nih karena cuma 2 hari huhuhu. Next kudu mampir ke cafe ini nih

    ReplyDelete
  34. Aku malah suka dengan bangunan sederhana model lama. Bikin suasana adem. Apalagi kalau betul-betul bangunan lama yang dipertahankan.

    ReplyDelete
  35. Hadeeh, gemes banget lihat penampakan cafe Keukeun Van Elsje ini, jadi pengen terbang ke Bandung :)
    Kalau kangen makanan Belanda bisa ke sini ya.

    ReplyDelete
  36. Namanya keren ya. Keukeun van Elsje. Nuansa Belanda yang ditampilkan di sana juga bagus banget. Ke sana kalau ada acara pasti memorable banget di sana.

    ReplyDelete
  37. Ya ampun, itu aligotnya udah kebayang enaknya sampe tumpah-tumpah...

    ReplyDelete
  38. Wah pasti di sini kece banget buat hunting foto, ga cuma foto menu tp juga ambiencenya

    ReplyDelete
  39. Banduuuunggg juara banget masalah kuliner yaaakk!! duh aku kemecer liat mojito lecinya, seger deh itu pasti diminum siang-siang, huhuhu pengeeenn

    ReplyDelete
  40. Aku suka konsep tempat makan ala rumahan gini, meskipun menunya bukan rumahan indonesia, mungkin itu menu rumahan di eropa sono yak. Hihihi

    ReplyDelete
  41. Mak, bacanya gimana itu nama cafenya?

    Pas pertama ke Bandung, saya heran lihat rumah-rumah biasa dijadikan toko : sepatu, roti, buku. Soalnya biasa lihat di Malang, pasti bangunan ruko yang dipakai

    ReplyDelete
  42. keukeun itu artinya apa ya ka ? soalnya baru denger seperti bahasa sunda, tapi belom tahu deh artinya..

    ReplyDelete
  43. Telur mata sapi di nasi gorengnya deuh itu kuning telurnya bisa banget bikinnya. Mantap ini menu nasi goreng di resto nya Teh, soalnya daku penyuka nasi goreng

    ReplyDelete
  44. Homey banget emang tempatnya ya, nuansa jadul yang nyaman buat tempat ngerumpi bareng teman. Aku salfok lihat telur ceploknya yang meler, bikin lapeeerrr

    ReplyDelete
  45. tempatnya nyaman ya, mba..
    apalagi ditambah dengan makanan dan minuman yang enak..
    makin tergoda deh untuk mampir

    ReplyDelete
  46. Masya Allah... Aligot-nya itu... pengen dimaem, deh. Hihihi. Kayaknya enak banget tuh.. cheese yang enakkk diblend sama kentang, jadi kayak gitu penampilannya. Menggoda lidah bangettt..
    Tempatnya juga asyik ya kayaknya. Kalau deket mungkin aku akan mampir juga :D

    ReplyDelete
  47. Wah, enak banget, nih.... Terutama aligot-nya. Tapi rasanya sih, itu menu Perancis, bukan Belanda. Apa saya salah, ya?
    Oh iya, kalau bicara menu Belanda, saya selalu ingat bitterballen dan rijsttaffel, nih.

    ReplyDelete
  48. Tadinya aku pikir restoran sejak zaman duluuuu ternyata sejak tahun 2016 termasuk baru ya ukurannya namun resepnya turun menurun dr keluarganya ya mbak :D
    Penasaran nih kafe berbau Belanda makanannya seperti apaan. Kalau ke Bandung ajakin donk ke sana Mbak Lendy hehehhe

    ReplyDelete
  49. Mau akh mampir kalau ke mudik Bandung k cafe ini

    ReplyDelete
  50. Wuiih dah lama ya cafenya dr th 1920. Btw toss kita mba. Saya juga menu fav nya salad. Apalagi kalau dressingnya roasted sasame.. yummy

    ReplyDelete
  51. Yahilah ka, kafe udah kece begitu kenapa makannya salad sih hahaha aku kepengen kulineran di Bandung deh, temenin dong ka hehehe

    ReplyDelete
  52. Cuma baca deskripsi saus saladnya saja bikin saya ngiler :) dahsyat habis baca artikel ini perut auto kerucutkan. Kepingin coba semua menu yang ada di sini deh

    ReplyDelete
  53. wah kalau mudik mesti banget sempatkan kesini, gila ini sih cafe ku banget

    ReplyDelete
  54. Suka dengan quotenya, Food isn't just a thing, it's about memories, feelings, and emotions.
    Dan nasi goreng kampungnya sungguh menggoda. Homey bakal betah makan di sini

    ReplyDelete
  55. Suasananya hoomy, makanannya enak enak..
    Instagramable lagi..
    Pas bgt buat nongki nongki cantik ya teh

    ReplyDelete
  56. wah aku termasuk yang suka nih sama menu Belanda kayak bitterballen dan makaroni schotel gitu. jadi ingat di sini ada juga kafe yang ada nuansa Belandanya tapi masakannya malah nggak ada bau Belanda. heu

    ReplyDelete

Berlangganan via Email