Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kakafukaka (2019) : Like That?!

Bismillah,

Minna-san...ohayou!
Genki?

Hola sahabat lendyagasshi...
Biasanya aku bahas drama dan film Korea, kali ini aku mau bahas drama Jepang yaa.. Kangen, terus kebetulan di web nonton drama online, drama Jepang ini masuk chart tontonan terbanyak di antara 3 judul drama Korea lainnya loo (pasti pada bisa nebak yaa..?!?) Aku suka penasaran kalau ada yang masih nonton drama Jepang, secara... drama Korea heiits banget yaak...

Review Kakafukaka
Judul : Kakafukaka / 
Kakafukaka Kojirase Otona no Share House
カカフカカ-こじらせ大人のシェアハウス-

   Actors :   
Morikawa Aoi as Terada Aki
Nakao Masaki as Hongyo Tomoya

Genre : Romance, Drama, Life, Mature
Rundate : Apr 25 - Jun 27, 2019
Runtime : 25 minutes
Episode : 10 eps

Rating : ⭐⭐/5


Agak kaget dengan tema yang diangkat di drama ini. Tapi, gak bisa ninggalin 😬 karena durasinya singkat juga, jadi langsung ke inti masalahnya. Plot line-storynya tergolong cepat di awal dan dalam mengeksplorasi psikologi masing-masing karakter juga kuat. Kangennya sama drama Jepang tuh...mereka menunjukkan sisi unik khas orang Jepang. Yang komikal, walau di kehidupan nyatanya, orang Jepang mah...berdedikasi tinggi terhadap hidup.

Yak, betul... ((padahal gak ada yang nebak juga yaak?!?!))
Drama Kakafukaka ini diangkat dari sebuah manga yang berjudul sama, Kakafukaka/ Kojirase Otona no Share House. Ditulis oleh Takumi Ishida dan diterbitkan di Majalah KISS milik Kodansha Comic. Mungkin untuk cerita komik, kisahnya seru banget yaa.. Karena sejak terbit pada tahun 2013 hingga kini, 2020, serialnya masih berlanjut dan belum tamat loo...
**apa penulisnya kesulitan menuliskan endingnya, hihii...just an assume

Morikawa Aoi as Terada Aki

Terada Aki adalah seorang perempuan yang tidak bersinar sama sekali. Di usianya kini (27 tahun) ia hanya bekerja paruh waktu di sebuah Toserba (mirip kaya C*rcle K, Ind*mart atau Alf*mart), tanpa memiliki kemampuan, keinginan dan impian. Kehidupannya terasa stuck di titik ini. Dan pada suatu hari saat pulang ke rumah, ia mendapati pacarnya yang sudah bersama selama 7 tahun malah bersama wanita lain.

Sakit hati meradang...
Terada keukeuh pengen pindah rumah, tapi ia tidak punya uang untuk deposit apalagi tabungan. Jadi, saat curhat sama BFF-nya, ada yang kasih saran untuk tinggal di share-house aja, gimana?

Share-house.
Rumah bersama.
Pihak penyewa boleh menggunakan dapur, kamar mandi, ruang keluarga dan ruangan lainnya yang ada di rumah itu. Privasi mereka hanya kamar.


Di share-house ini, Terada gak perlu bayar apapun kecuali uang sewa yang sangat murah. Tapi ya, konsekuensinya...jadi minim privasi plus harus bekerjasama dengan penghuni lain untuk membersihkan rumah, berbagi tempat di kulkas dan berbagi hal lain seperti mesin cuci.

Ah...gak masalah bagi Terada, karena toh ia sendiri gak punya pilihan lain. Terada sungguh sulit membayangkan tidur di tempat tidur yang sama dengan mantannya yang berselingkuh itu.

Pas sampai share-house yang disarankan sahabatnya, kagetlah si Terada. Karena apa?
Share-house nya bagus banget. Khas rumah Jepang, tapi juga ada design modern-nya. Keren pissaan laah...pokona mah... Tapi yang bikin totally shock adalah Terada bertemu kembali dengan mantan pacarnya saat masih SMP dulu, Tomoya Hongyo.

Tomoya Hongyo pun gak kalah kagetnya... Namun, ia masih bisa bercerita bagaimana hubungan mereka dulu saat SMP. Dan segera Terada menutup mulut Hongyo, karena ia gak mau sahabatnya mendengar kisah yang sudah lalu dan jadi berpikir yang aneh-aneh.

Setelah perkenalan singkat mengenai share-house yang ternyata ada 2 penghuni lain, Terada mulai merasa nyaman sekaligus heran. Karena sudah 2 hari ia tinggal di share-house tapi belum pernah bertemu selain dengan Hongyo. Apakah benar ada penghuni lain di share-house tersebut?

Ada si pemilik share-house, Taichi Hase yang sibuk banget. Ia bekerja di sebuah kantor percetakan besar di Jepang dan hampir gak pernah pulang ke rumah. Pulang, hanya duduk sebentar, terus balik lagi.
**heran yaa...segitunya ama kerjaan?!? Pantes kalau gajinya gedeii...

Dan satu lagi, Kuritani Akari. Perempuan yang nantinya jadi atasan Terada, karena Terada pindah kerja di kantor percetakan yang sama dengan Hase dan Akari.

Hubungan mereka jadi rudet sejak Hongyo meminta bantuan Terada untuk membantu penyembuhannya. Hongyo selama ini punya kelainan, emm...disfungsi seksual. Sejak beberapa tahun yang lalu, ia gak pernah berhasil saat berhubugan dengan cewek. Tapi, harapannya muncul lagi ketika melihat Terada.

**nah...di sini aku agak bingung gess...
Aku pikir, Hongyo jatuh cinta lagi sama Terada (istilahnya CLBK yaak?), tapi ternyata...Hongyo hanya murni minta tolong, awalnya... Minta tolong apa?
Minta tolong buat menemani Hongyo bobok.

Rasanya agak gak masuk akal yaa...?
Iyaa...hanya buat nemenin Hongyo dan udahannya, mereka biasa aja. Tapi...perempuan mana yang bisa digituin? Asal ada skinship, pasti lama-lama timbul percikan-percikan cinta, ya...kan?

Dan hubungan bobok bareng ini diketahui juga oleh Hase, sang pemilik share-house yang jarang pulang ke rumah. Anehnya, Hase malah melamar Terada untuk menikah dengannya.

Hwaatt??
Oo....god! Apalagi ini??


Ada motif apa Hase melamar Terada?
Apakah kelainan Hongyo bisa sembuh setelah bertemu dengan Terada?
Dan bagaimanakah ending kisah cinta mereka?


Selama 10 episode, penonton sungguhan diajak masuk ke dunia psikologis Terada, Hongyo, Hase dan Akari. Masing-masing karakter saling mengisi dan mewarnai. Terada dengan karakter tidak percaya dirinya dan selalu memandang rendah dirinya. Hongyo yang flat, gak bisa merasakan emosi. Hase yang penuh misteri, karena ternyata ia memiliki masa lalu yang kelam mengenai pengasuhan dan Akari, fans Hongyo banget.
**pekerjaan Hongyo adalah seorang penulis. Novelnya sudah 3 jilid dan memiliki fanbase sendiri.

Drama ini diperuntukkan untuk usia 18+ karena mengandung konten dewasa. Gak diperlihatkan secara eksplisit siih... Tapi, tetap gak aman kalau untuk anak remaja, heuheuu~

Aku tertarik nonton drama ini karena jalan ceritanya yang unik dan masalah yang disajikan juga unik. Aneh pun...malahan yaa...?!?


Learning Point drama Kakafukaka :


"Jikalau memiliki harga diri yang rendah, simpanlah untuk dirimu sendiri. Kau tak harus menunjukkannya pada orang lain."
-Akari

Iya siih...Akari ini meskipun rivalnya Terada, tapi kepribadiannya yang riang dan tidak mudah terpengaruh justru bagus sekali untuk pengembangan karakter tokoh Terada yang cenderung tidak percaya diri saat menghadapi hidup.

Padahal, Terada saat SMP adalah gadis populer dan luwes. Entah kenapa, makin dewasa malah semakin mengalami kemunduran dalam bersosialisasi. Ia selalu merasa dirinya rendah. Sampai-sampai. Terada pernah menganggap bahwa dirinya "Separuh harga" seperti barang di toserba yang mendekati masa expired.


"Orang tidak peduli dengan label harga jika mereka tidak membeli. Namun, jangan kau sengaja menunjukkan harga dirimu yang rendah di hadapan orang lain. Toh, kebanyakan orang tidak akan melihatnya.
Ingat, bahwa kau juga bisa menawar hargamu pada mereka yang tertarik padamu."
-Akari

Teringat kisah zaman dulu yaa...bahwa manusia ada kasta-kastanya. Saat ini, sungguh manusia semua sama, yang membedakan adalah sikap dan perilakunya saat bermasyarakat. Apakah ia mengikuti norma-norma yang ada atau tidak.

Hubungan pertemanan yang unik. Walau saling cemburu, tapi tetap saling menguatkan dan memberi saran saat sedang lemah. Salut untuk karakter Akari yang easy-going.

Lead female-nya di sini memang diciptakan sangat tidak sempurna. Ia membutuhkan waktu yang panjang untuk kembali menemukan dirinya. Permasalahan utama drama Kakafukaka ini adalah mengenai self-worth atau cara menghargai diri sendiri dan percaya diri. Ini erat kaitannya dengan pengasuhan yang dilakukan orangtua untuk anak-anaknya.

"Jika kau pikir itu tidak benar, kau harus berani mengatakan tidak."
-Hongyo


Dan setiap keputusan yang kamu ambil, selalu ada konsekuensi yang mengikutinya.


"Bukannya kamu hanya memikirkan skenario terburuk saja?
Coba kamu pikirkan juga skenario terbaiknya. Kalau tidak, perkataan dan perbuatanmu akan selalu mengarah ke hal-hal negatif juga."
-Akari


As you know, sahabat lendyagasshi...
Drama Jepang selalu jagoan kalau masalah OST.
Dan ini niih... OST yang kusuka banget saat nonton drama Kakafukaka.

lol-エルオーエル
like that!! pt.2 feat.さなり

Dan OST saat adegan sedih diisi sama BoA - スキだよ (My Love).
Kenal doonk...penyanyi Korea mantannya Jo Won, hiihi...dibawa-bawaaaa terus yaa... Uda mantan, ma meen~

Related Post :

Kisah di buku ke-4 Hongyo :

"Ini adalah kisah protagonis 'Aku', dan 'dia' yang abadi."

Bahkan, jika hanya ada satu sel yang tersisa, dia masih bisa bangkit sepenuhnya. Di depannya, yang merasakan sakitnya kehancuran dan suka cita terlahir kembali, aku tak bisa melakukan apapun. Jadi, aku menggigit lehernya.

Aku tidak tahu apakah itu hanya aku yang posesif. Tapi, aku takut pada diriku sendiri dan aku mulai khawatir. Lalu, dia memilih untuk meninggalkanku.

Setelah dia pergi, aku menyadarinya untuk pertama kalinya...
Dengan menyakitinya...
Aku ingin terhubung dengannya.

Namun,
Aku tidak akan pernah melihatnya lagi. Selama sisa hidupku.


ジャ, また..
アりがとう~
(sampai jumpa lagi.. terimakasih)



With love,

47 comments for "Kakafukaka (2019) : Like That?!"

  1. Aku gak begitu suka nonton kak, tapi untuk tontonan yg bermutu pengecualian. Dulu drama Jepang Oshin saya tonton berkali-kali. Kayaknya KAKAFUKAKA ini bakalan deh setelah baca refensi di sini

    ReplyDelete
  2. Unik. Terasa ya permainan psilologis dari para tokohnya? Tapi gak ada yang punya kelainan jiwa kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelainan persepsi.
      Ini jiwa juga gak, kak Niar?

      Delete

  3. "Jikalau memiliki harga diri yang rendah, simpanlah untuk dirimu sendiri. Kau tak harus menunjukkannya pada orang lain."
    -Akari

    Quote ini hakjleebb banget.
    Ceritanya seruuu ini ya

    ReplyDelete
  4. Wahh lihat aktornya kok lucu lucu..
    Ini bisa dilihat dimana teh? Mayan episodenya singkat juga

    ReplyDelete
  5. Tarada knp ngerasa value diri teh seperti 1/2 hrg atuh kan udah ada quote dari Akari yg bisa dijadiin landasa hidup, kan?

    ReplyDelete
  6. Jadi kepikiran jauh saya soal share house nya itu. Konsepnya unik ya. Kaya anak kost gitu ya. Tapi jalan cerita emang unik dan ga biasa ini Teh. Seru

    ReplyDelete
  7. Judulnya unik ya.. apa artinya, Teh? Nah..beri bocoran dong endingnya, hehe..jadi penasaran nih..

    ReplyDelete
  8. Sudah lama gak nonton Teh..baca review film ini malah lebih males lagi xixixi meski kita ambil positifnya tetep aja film ini mengajarkan kebebasan pergaulan yg sangat2 bertentangan dengan moral yak hihi...

    ReplyDelete
  9. Belum pernah nonton drama Jepang sama sekali. Tapi ceritanya teman-teman sih katanya lebih bagus dari drama Korea. hmmm..kapankapan deh pas lowong saya nonton~

    ReplyDelete
  10. aku jug abingung kok minta tolongnya ditemenin bobo :-D halah malah bahas ini. Itu aku pensaran kenapa Hase melamar Terada? bisikin atuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk kok minta ditemenin bobo yaa..coba minta temenin makan mie ayam apa bakso gitu yaa mbak~

      Delete
  11. Belum nonton nih mba. Dan jujur lagi agak jarang nonton drama. Tapi bisalah untuk jadi pilihan nonton :)

    ReplyDelete
  12. Eoni racun lagi hahaha, pengen nonton tapi masih banyak PR hiks
    gemes tapinya ih, sama ceritanya lho.

    ReplyDelete
  13. Aku gak terlalu suka drama dan film Jepang karena kok kelihatannya aktingnya Kaku wkwk.

    ReplyDelete
  14. Aku sakjane suka Dorama waktu nontob kisah Chef yang dipecat dari sebuah resto
    Lali aku judule
    Mungkin ada di sini selain aku simak review di atas

    ReplyDelete
  15. Kelainannya unik, minta ditemenin bobok, wkwkwkwk. Di Iflix tuh ada film Jepang juga kan ya? Aku kok tertarik melirik ini juga, Mbak. Weekend nanti ah mau coba berburu film ini.

    ReplyDelete
  16. waaaah seri baru nih ya mbaa... aku belum pernah nonton pastinyaaa hehehhe. Tapi kalau baca sinopsisnya seruuu ya

    ReplyDelete
  17. Baca sinopsis dan detail di sini kok macam seru! Ada sisi permainan psikologis! Udah gitu gak panjang2 .. 25 menit per episode ya total 20 eps. Mau ahhh cari dan nonton!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hadeh maap typo.. 10 eps! Asik ni sehari bisa kelar ��

      Delete
  18. pas lagi asik bacain ceritanya terputus yaa, jadi penasatan deh nonton kakafukaka ini, bayangin sakitnya saat udah 7 tahun putus apalagi putusnya dikhianatin gitu, duuuh, naudzubillah jangan sampai ngalamin. jadi menebak-nebak juga apa motif Hase mau melamar terada, langsung ah abis ini nyari-nyari filmnya hehehe, meski aku kalau nonton dicepet-cepetin sih hehehe

    ReplyDelete
  19. Seru banget ceritanya, sampe ke persoaalan disfungsi sexual segala, hahaha...
    Etapi itu yang bikin saya penasaran pengen nonton lho! Hhihii

    ReplyDelete
  20. Kayaknya menarik nih ceritanya, sayangnya aku ga terlalu suka nonton drama yang berseri-seri karena gada waktu buat nontonnya. Kalo film yg langsung selesai biasanya masih bisa diusahakan waktunya, hihi

    ReplyDelete
  21. Kalo sepuluh episode amanlah ya eheheh buatku Eoni.
    Siap-siap cari linknya wkkwk untuk didownload.

    ReplyDelete
  22. Aku gagal fokus dgn share housenya. Kalau share house trs rumahnya bersih dan org2nya tertib asikkkk jg ya. Aku jd inget temenku yg share house di US tp penghuni lain jorok. Eh dia kesel hahaha.

    ReplyDelete
  23. Cerita dan konfliknya lumayan seru
    Berpadu akting yg menawan.
    Ini cucok nih ditonton pas weekend

    ReplyDelete
  24. Plotnya menarik ya. Aku udah lama absen nonton dorama. Nanti coba deh. Btw, share house lumayan sering dijadiin tema drama. Ini aku lagi nonton Drakor tema ini

    ReplyDelete
  25. Share house teh kalo di Indonesia semacam ngekos bareng temen2 di rumah kontrakan ya, hehe. Selama ini cuma kecantol sama drakor aja. Kayaknya drama jepang menarik jugaa :D

    ReplyDelete
  26. Jadi agak2 ngerti dikit soal drama2 korea maupun jepang itu karena baca blog teh lendy hihihi. Ini kompleks ya ceritanya. Banyak spoiler (tp saya bukan golongan pembaca yang bakalan bete kalo dikasih spoiler hahaha). Cumaaaaan, jadi pinisirin kumaha atuh endingnya????

    ReplyDelete
  27. Apaaa minta temenin bobok tapi nggak ada prasaan apa2 😅 syebeeel 😆
    Kayaknya dulu drama Jepun yaa pas kecil. Skrg aku udah jarang nonton

    ReplyDelete
  28. Wah kayanya seru nih film filmnyaaa, nanti mau coba cari ah.. Makasi sharingnya ya maaaak

    ReplyDelete
  29. Layak banget ditonton nih. Secara aku pun kadang kurang percaya diri dan cenderung minder yang bisa kambuh sewaktu-waktu nih. Mau belajar sama Akari yang easy going :)

    ReplyDelete
  30. ceritanya beda ya dari kisah biasanya, jadi penasaran, tapi mengingat anak masih belum baligh, waduh harus nyari me time yang tepat nih hihi

    ReplyDelete
  31. wah ini lebih banyak menceritakan kehidupan anak muda yang penuh dengan mencari jati diri ya.. banyak banget value yang bisa diambil dari drama ini.. and yess menjadi hidup itu jangan tanpa tujuan ya.. mencari jati diri boleh asal jangan kelamaan larut apalagi merendahkan diri sendiri.. jangan

    ReplyDelete
  32. Wah drama ya ini? Mau nonton juga ahh.. Ceritanya kayaknya beda dari yg biasa ya. Duh me time mana me time... :))))

    ReplyDelete
  33. Wew, emang disfungsi seksual bisa sembuh dg bobo bareng mantan y? Jadi curiga itu hanya modus. Wkkkka. Kalo ntn drama Jepang download dimana mba

    ReplyDelete
  34. Mbak Len ... sisi lain orang Jepang yang komikal ... yang bagaimana maksudnya ya? Saya gak kebayang ....

    ReplyDelete
  35. Apa iya..sakit disfungsi..m,.modus nih...bisa balik lagi kalo kawin sama mantan..hahahaha, tapi seru nih kalo di ikutin...wali keliatan rumit..

    ReplyDelete
  36. Kaya sering denger kata dalam judul drama ini, kakafukaka, tapi di mana ya, hehe...

    ReplyDelete
  37. Heeehh cewek apaan mau aja dimanfaatin Hongyo hahaha :p
    Wah satu lagi drama dari manga ya? Biasanya ada konyol2nya gtu gak sih tp juga ada pesannya? Penasaran endingnya :D

    ReplyDelete
  38. Selalu menggemaskan kalau tontonan begini, pengen jadi muda lagi diriku Eoni wkakak
    hapi aja bawaannya kalau nonton kisah manis begini

    ReplyDelete
  39. Learning point-nya bagus-bagus juga, ya. Yes, kadang kita (aku aja kali, haha..) ingin menunjukkan harga diri yang rendah, sekadar untuk pengakuan. Eh apalah namanya.. ya gitu deh. Hihi. Padahal seharusnya itu gak perlu dilakukan :)

    ReplyDelete
  40. Duh pa smuncul percikan cinta tuh bener-bener jleb jleb serrr deeh. Hahhaha. Aku belum nonton nih mba. Tapi terbantu dengan tulisan mba Jiah :) Makasih mba

    ReplyDelete
  41. Belum nonton nih, duh banyak sekali rekomendasi dan review keren disini, jadinya ingin nonton semuanya deh.

    ReplyDelete
  42. dah lama nih gak nonton drajep. jadi kangenn.. kalo molly sih paling nonton drama remajanya yang seruu abis dan cowok-cowoknya ituu loh ikemen

    ReplyDelete
  43. Masih ongoing ya dramanya? Lah aku jd penasaran sama endingnya. Langsung kwbawa dan komen "dih ni cowo bisa-bisanya B aja setelah bobo bareng". Cewe kan pasti lgsg masuk ke hati. Hahahaha

    ReplyDelete
  44. Lanjutan sampek ensingnya sonk Mak sekalian diulas. Begini bikin penasaran. Mau nonton sensiri maaih ada PR Drakor yang belum kelar.

    ReplyDelete

Berlangganan via Email