Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Temu Kangen FST Unair Angkatan 1982-2019

Bismillah,

Hola sahabat lendyagasshi...
Apakabarnya weekend kemarin? Aku happy banget deeh...karena di weekend kemarin ada kegiatan yang sudah lama aku nanti-nantikan. Reuni rekan-rekan satu kampus Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Airlangga dari mulai angkatan 1982- 2019.

Dulu,
saat aku masih menimba ilmu di kampus ini, nama fakultasnya masih FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam). Namun seiring berjalannya waktu, ada beberapa Departemen yang bertambah program studinya. Seperti S1 dan S2 Teknik Biomedis, S1 Teknik Lingkungan dan S1 Statistika. Zamanku hanya ada S1 Kimia, Fisika, Matematika, Biologi, dan SI (Sistem Informasi), juga program S2 dan S3.

Reuni FST Unair
Kampus FST Unair kini...

Unair dengan mengusung slogan HEBAT
H : Humble-Honestly (Rendah hati dan Jujur)
E : Excellent (Memiliki kemampuan yang mumpuni di bidangnya)
B : Brave (Berani)
A : Agile (Lincah)
T : Transcendents (Melampaui pemikiran yang biasa)

Diharapkan mampu membawa nama baik almamater di manapun berada dan menjadi kebanggaan bagi orangtua, agama dan negara. Untuk slogan FST sendiri yaitu The Best Science with Morality; yang artinya menjadi pemandu dalam pengembangan Sains dan Teknologi, serta berperan dalam membina kualitas sumber daya manusia, untuk mendukung dan berperan dalam perkembangan masyarakat ilmiah, yang beradab, bermoral agama dan berwawasan lingkungan.

Sejujurnya,
Saat reuni kali ini yang dilaksanakan via zoom meeting, ada kekhawatiran yang aku rasakan. Ragu antara hadir atau gak hadir. Tapi karena Abinya anak-anak mengijinkan, aku memberanikan diri untuk hadir. Dan alhamdulillah, berkah dari menghadiri acara Temu Kangen FST Unair kemarin sangat membekas di hatiku. Dan semoga bermanfaat juga bagi pembaca blog lendyagasshi yaa...


Manfaat Reuni Akbar dari angkatan 1982-2019 :


 Ajang bertemu kembali dengan Bapak dan Ibu Dosen 
Setelah sekian purnama aku lulus kuliah, aku sama sekali belum pernah main lagi ke kampus tempatku menimba ilmu selama 4 tahun. Aku sempat merasakan manisnya dunia kerja selama 1 tahun, lalu setelah itu menikah dan ikut suami hijrah ke Bandung. Jadi, rindu sekali dengan Bapak dan Ibu Dosen yang dulu sangat berjasa dalam perjalanan hidupku.

Reuni FST Unair
Atas : Prof. Hery (Ketua Alumni FST Unair) dan Dr. Nanik (Wadek III, dosen Kimia Organik FST Unair)
Tengah : Dr. Hartati (Wadek I, dosen Kimia Anorganik FST Unair) dan Dr. Miratul Khasanah (Dosen Kimia Analitik FST Unair)
Bawah : Dr. Imam (dosen Kimia Fisik FST Unair) dan Dr. Muji Harsini (dosen Kimia Analitik FST Unair)



 Bertemu dengan teman-teman satu angkatan 
Walau kami ada wa grup yang bisa menghubungkan kami kapan saja, tapi tetap beda suasananya kalau bertemu di Reuni Akbar. Hanya saja, karena via zoom, aku prefer mematikan video dan suara karena mengkondisikan anak-anak juga. Tapi beberapa teman, aku lihat menyalakan video dan bisa jumpa kembali.


 Belajar banyak hal dari kaka dan adik kelas 
Karena ini Reuni Akbar yang dihadiri dari kaka angkatan pertama hingga yang terbaru, tahun 2019 kemarin, tentu ada masalah mengenai komunikasi. Bayangkan saja, ada 3 generasi di sana. Generasi X (kelahiran tahun 1965-1980), Generasi Y (atau disebut juga generasi millenials, kelahiran tahun 1981-1994) dan Generasi Z (kelahiran tahun 1995-2010). Dan hal ini bisa dilihat dari jenis pekerjaan yang digeluti. Beberapa alumnus memberikan sharing pengalaman dalam hal pekerjaan, karir dan apa saja yang wajib dipelajari serta masukan untuk FST ke depannya.

Reuni FST Unair

Dan beberapa point yang aku catat yaitu 


Belajar
Setelah lulus kuliah dan memasuki dunia bekerja, ada beberapa ilmu yang tentu tidak dipelajari saat  di bangku pekuliahan. Misalnya saja, ada alumnus yang berbagi mengenai pengalaman bekerja di bidang keuangan. Maka, hal yang perlu dipelajari selain bidang keilmuan saat kuliah adalah akuntansi.

Berbeda lagi dengan salah satu alumnus yang bekerja di bidang Industri. Beliau menyarankan bidang keilmuan yang harus dikuasai adalah bahasa. Minimal Bahasa Inggris dan Mandarin.


Inovasi
Di saat sharing session alumni, beberapa hal yang dibagikan adalah pengalaman, baik di masa bekerja ataupun saat berbaur dengan masyarakat. Alangkah baiknya untuk tetap berkontribusi di masyarakat melalui lembaga LSM dan bisa jadi hal ini berkaitan dengan bidang keilmuan saat kuliah.

Misalnya, Bapak Himawan, Biologi 84. Mendirikan LSM pengurangan sampah dan menjadi pioneer salah satu LSM yang bergerak di bidang lingkungan hidup. Mengedukasi masyarakat agar mengurangi penggunaan sampah plastik karena hal ini mencemari lingkungan. Sehingga solusinya adalah dengan membawa tumbler makanan dan minuman ke manapun bepergian juga membawa tas kain, sebagai pengganti penggunaan tas plastik.

Impiannya ke depan, Surabaya memiliki Taman Kunang-Kunang untuk edukasi anak-anak. Rencananya akan didirikan di daerah Wonorejo.


GRIT
Atau bisa juga dikatakan sebagai kemampuan beradaptasi atau ketangguhan. Dalam dunia kerja, tentu kita bertemu orang dengan berbagai karakter. Dan salah satu alumnus, Bu Ida Ayu Puspasari, Biologi 84 yang bekerja di banyak perusahaan besar seperti peneliti di bidang environment sebuah Perusahaan tambang di Sumbawa lalu pindah ke perusahaan Jepang dan di perusahaan MIGAS TOTAL selama hampir 8 tahun berpesan 2 hal yaitu never ending to learn, selalu tingkatkan kompetensi dan agility (kemampuan untuk cepat beradaptasi dengan keadaan di dunia kerja).

Jangan batasi diri dengan kemampuan yang sudah ada. Dan alhamdulillah, saat ini FST Unair sudah memiliki mata kuliah inter-disipliner, yaitu mata kuliah pengembangan diri, di luar mata kuliah yang ada di FST.


Bekerja Team-work
Nothing is Imposible. Selama kita bekerja dengan komitmen, mau untuk terus belajar dan bisa bekerjasama dengan orang lain dalam bentuk team-work, maka segala hal yang tampak tidak mungkin, bisa menjadi mungkin untuk diwujudkan bersama.


Tidak malu memulai dari bawah
Impiannya kalau sudah lulus kuliah adalah bekerja di perusahaan yang bonafide. Tentu. Namun, tidak ada salahnya bila hal tersebut belum tercapai, kita memulai dari bawah di perusahaan kecil. Di sini, kita akan banyak belajar mengenai ilmu akuntansi, dealing, komunikasi dan hal-hal lain mengenai sebuah perusahaan. Kalau memulai dari perusahaan kecil, keistimewaannya adalah kita dengan mudah mendapat akses untuk mempelajari banyak hal ketimbang di perusahaan besar.


Reuni FST Unair
Photo-session
Acara ditutup dengan foto bersama.
Indahnyaa...
Saling berbagi dan memberi semangat. Tidak lupa saling memberi masukan yang positif untuk kemajuan FST Universitas Airlangga.

Reuni FST Unair

Jayalah selalu, Universitas Airlangga.


Bagi yang terlambat atau tidak dapat hadir di acara Temu Kangen FST Unair Angkatan 1980-2019 kemarin Ahad, 2 Agustus 2020, videonya bisa dilihat di sini :



Tema 5 ODOP ISB :
Tips Komunikasi dalam dunia kerja bersama generasi Z


With love,





24 comments for "Temu Kangen FST Unair Angkatan 1982-2019"

  1. Seruuuuu ih, temu kangennyaaaa
    Aku dulu juga kuliah di Unair
    Tapi kampus B
    Ilmu komunikasi (FISIP)

    ReplyDelete
  2. Wah temu kangennya akhirnya virtual aja ya...Gpp yang penting semua sehat dan masih bisa say hello meski lewat dunia maya...

    ReplyDelete
  3. Enak juga ya kalau reuni online kaya gini. Aku udah lama gak ikut reuni karena sering malas dengan mereka yang kaya gak tumbuh dewasa, hahaha

    ReplyDelete
  4. Seru banget ini mah. Temu kangen ramairamai dari angkatan 1982 sampai 2019. Kebayang deh gimana hebohnya tuh. Masa pandemi gini gak jadi alasan buat gak menyambung silaturahmi ya mbak, adaaa aja caranya.

    ReplyDelete
  5. Wow, ngebayangin temu kangen online gimana tuh serunya yach? Bakalan super ruameee kayaknya semua orang kepengen ngobrol banyak ga habis2 hehehehe :) Banyak angkatan gini ya silaturahim tanpa batas. Demiii bangeeed ya online, bagus nih motivasinya hehehe :) Saling kangen dan kabar2i info penting, keren!

    ReplyDelete
  6. Owh jadi Fak.MIPA udah berganti nama jadi FST ya...
    Seru ya reuni onlinennya, rame, sampai dosen pun hadir.

    ReplyDelete
  7. Ya ampun aku juga nih mba sempat temu angkatan via zoom mba. Dan jujur ini mengobati rinduku ke jaman kuliah dulu. Hahhaha

    ReplyDelete
  8. Wah reuni akbarnya seru yah. Fakultas tempat menimba ilmu dulu juga reuni akbar waktu habis lebaran kemarin malah saya tidak ikutan hehehe. Mbak Lendy seperti biasa, bisa merangkum dengan baik makna kegiatannya.

    ReplyDelete
  9. Waini.. Baru tau ada reuni virtual. Gimana mbk rasanya? Pastinya seru banget ya, ketemu dosen, teman kuliah.. Mau nggak mau nostalfia zaman kuliah dulu

    ReplyDelete
  10. Semoet mau nanya FST apaan. Ternyata nama lainnya FMIPA. Itu kreatif ih slogannya. HEBAT. Kamous saya kaoan ya ada temu kangen? Hiks.

    ReplyDelete
  11. Reuni akbar dari berbagai angkatan pasti seru, bisa ketemu dosen dan belajar dari kakak atau malah adik tingkat ya mba...

    Kalau sama temen seangkatan kadang lebih banyak cerita mengenang masa-masa kuliahnya :D

    ReplyDelete
  12. Seru banget sih reunian via zoom ya, kemarin mamahku juga deng via zoom juga dan sempat minta ajarin sama adikku di rumah. Kalau aku pasti juga seneng banget deh bisa reunian virtual gini, siapa tau bisa lihat gebetan atau mantan waktu kuliah dulu, heheheeee

    ReplyDelete
  13. Seru juga ya temu kangen lintas angkatan gini, apalagi via zoom. Kebayang hebohnya dong, meski tentu ada pengaturan suara harus dimatikan bagi yang sekadar mendengarkan. Bagus sih karena ada sesi sharing yang bermanfaat bagi alumni maupun kampus

    ReplyDelete
  14. Wah reuni akbar, pasti seru ya meskipun via online. Reuninya banyak angkatan, pasti ramee! Duh jadi kangen juga ketemu teman-teman dan dosen-dosen waktu kuliah dulu :)

    ReplyDelete
  15. Ini reuninya virtual baru ngalamin ya teh....paling seneng tuh klau pas saat sharing session alumni,berbagi beberapa pengalaman,.kayak dpt banyak ilmu Aja ya

    ReplyDelete
  16. wah, hihihi in 1982, i was born nih. but i think is good action and be refreshing too

    ReplyDelete
  17. Meskipun hanya online atau virtual tetap seru dan banyak ilmu yang didapat ya reunian seperti ini.

    ReplyDelete
  18. maasyaallah mba, ini pengobat rindu sekali trus juga jadi bisa menjalin silaturahmi juga ya

    ReplyDelete
  19. Alhamdulillah mash bisa silaturahmi dengna cara virtual ya eoni.
    Jadi semangat lagi mengenang, dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi ke depannya

    ReplyDelete
  20. Aku lama ga ikut reuni kampus hehehe. Seringnya cuma janjian ketemuan aja dg beberapa kawan kuliah dulu

    ReplyDelete
  21. Ramenya yg temu kangen. Duh, masih pada rame n akrab ya. Jujur angkatan aku sendiri bahkan grupnya oun udah bubar. Haha. Jd ngiri nih pengen jg

    ReplyDelete
  22. Aku belum pernah ikutan temu kangen lintas angkatan gini. Biasanya kurang nyambung sih ya obrolannya. Tapi kalau mau diambil positifnya ya banyak sih kayak yang ditulis di atas. Belajar banyak hal dari para kakak senior maupun adek-adek angkatan yang lebih luas pengalamannya.

    ReplyDelete
  23. Kayaknya asyikan reauni via zoom gini ya mbak, hal yang dibahas lebih bermanfaat. kalau reuaninya ketemuan langsung pasti banyak bumbu-bumbu rumpinya hehehe

    ReplyDelete
  24. Seneng ya ketemu teman2 di masa lalu, kebayang dulu gimana, sekarang kayak apa, rasanya kembali muda kalau flashback ke tahun2 sekolah

    ReplyDelete

Berlangganan via Email