Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Drama Korea Chocolate : Mengubah Trauma Menjadi Cinta

Bismillah,

Review dan sinopsis Drama Chocolate (2019).
Annyeong haseyo, sahabat lendyagasshi.


Ya...ya, called me late ya...
Tapi begitu aku nonton satu episode drama Chocolate ini, huhu....aku langsung gak bisa berhenti, saking sukanya. Drama yang jarang zaman sekarang ditemui.
((Hhehe, lebbaaii..ini mah..))

Jadi tema besarnya drama ini tuh mengenai mengembalikan memori masa kecil yang bahkan belum sempat berkembang, lalu mereka terpaksa berpisah. Sound familiar yaah...sama drama-drama tipe begini? Tapi justru disinilah letak keseruannya.

Bagaimana mereka bisa bertemu kembali dan mengenang masa lalu saat mereka pertama kali bertemu. Iih...gemeeesh deeh... Daripada penasaran, baca terus yaa... Aku ceritain gimana mulanya drama Chocolate ini dimulai.



Review dan sinopsis Drama Chocolate (2019)


Profil Drama

Judul : Chocolate
(Chocolate/ 초콜릿 )

Sutradara : Lee Hyeong-Min
Penulis Drama : Lee Kyoung-Hee


   Actors :    

Ha Ji-Won as Moon Cha-Young
Yoon Kye-Sang as Lee Kang
Jang Seung-Jo as Lee Jun

Genre : Melodrama, Romance, Medical

Network : Netflix
Episode : 16

Release Date : November 29, 2019 - January 18, 2020


Rating : ⭐⭐⭐⭐/5


Sinopsis Drama Chocolate (2019)


❝Aku sudah berlari lama sekali untuk datang kepadamu.
Terkadang, aku ingin berhenti.
Terkadang, aku hampir tersandung dan terjatuh.
Dan terkadang, aku tersesat.

Tapi, karenamu..
Aku sampai sejauh ini.

Setelah sekian lama waktu berlalu.
Ini adalah kisah permulaan kami bertemu.❞


- Lee Kang, Drama Chocolate, eps. 1


Wando, 1992.

Adegan dibuka dengan kehidupan sederhana seorang anak kecil kira-kira berusia 10 tahun bersama Ibunya yang bekerja membuka restoran kecil di kota kecil tersebut, Restoran Bada (바다 yang artinya laut). Jadi Restoran sang Ibu ini menyajikan makanan laut yang selalu fresh!

Nikmatnya sungguh gak terkira. Terbukti dari pelanggannya yang bejibun di saat jam makan siang tiba. Anak lelaki ini sangat cekatan membantu sang Ibu dan saat waktu sudah lengang, ia tampak mengagumi kemampuan memasak sang Ibunda yang selalu makanannya menjadi idola para pelanggan Restoran Bada.


Sinopsis Drama Chocolate (2019)

Ibu dari anak kecil ini sangatlah cantik dan baik hati. Setiap orang yang lapar dan ingin makan, selalu dilayani dengan senyum manis. Pun ketika ada seorang anak perempuan yang tampak cantik namun berbadan sangat kurus gak sengaja mendatangi Restoran Bada karena tertarik dengan kerupuk yang dijemur.

Ia tampak sangat kelaparan hingga gak sadar makan kerupuk kering yang dijemur di bawah kursi, yang ternyata adalah makanan untuk sapi. Dan begitu diingatkan kalau itu bukan makanan manusia, si anak perempuan ini berkata "Beruntung sekali sapi bisa makan makanan seenak ini."

**heeooolll~


Pertemuan Pertama

Akhirnya si gadis kecil ini diberi makan oleh Ibu cantik pemiliki Restoran Bada. Ia memakannya perlahan dan lama-kelamaan menangis, sambil berkata,


Makanan ini sangat lezat hingga membuatku terlalu bahagia.❞


Dan di sinilah pertama kali Lee Kang, si anak lelaki pemilik Restoran Bada dan anak gadis yang bernama Moon Cha-Young bertemu untuk pertama kalinya. Lee Kang pun menghibur dengan berkata,


Kembalilah esok untuk makan siang.
Jika kau kembali, akan kubuatkan choco shasha.❞


Lalu, sekembalinya ke rumah, Cha Young diadukan oleh adiknya karena makan banyak sekali. Sebenarnya, Cha Young sedang melakukan diet ketat karena akan ikut audisi untuk menjadi seorang aktris.

Akankah keesokan harinya Cha Young bisa menepati janjinya dan berbagi choco shasha buatan Lee Kang?



Masa Lalu Sudah Terjadi, Masa Depan Siapa yang Mengira? 

Iya, bener. Mendadak ada banyak hal yang terjadi. Tiba-tiba ada keluarga Lee Kang datang dari Seoul. Keluarga kaya raya dari pihak Ayahnya, memiliki yayasan Geosung yang anak usahanya salah satunya adalah Rumah Sakit, Universitas dan sanatorium.

Ayah Lee Kang sendiri awalnya adalah seorang dokter di Rumah Sakit Geosung. Namun karena jatuh cinta dengan anak pembantu, ia memutuskan untuk tidak melanjutkan pekerjaannya dan pindah ke Wando, memulai segalanya dari nol bersama orang yang dicintai.

**sound romantic?


Yees, but... Ayah Lee Kang meninggal. Dan otomatis Lee Kang jadi anak piatu yaa.. Tapi kecerdasannya memang menurun dari Ayah Ibunya. Ia selalu peringkat pertama di sekolah Wando. Dan begitu dijemput sama neneknya dari Seoul, sang nenek keukeuh pengen memiliki cucu pintar dari anak kesayangannya dan meninggalkan Ibunya yang gak disukai.

Iihh...

Dengan berat hati, akhirnya Ibu dan anak ini pun berpisah. Mewek banget pas kejadian Lee Kang pisah sama Ibu, paman dan anjing kesayangannya yang bernama "San".


Cast Drama Chocolate 2019 : Yoon Kye-Sang as Lee Kang
Lee Kang masa kecil VS Lee Kang dewasa



Karakter Yoon Kye-Sang as Lee Kang

Cast Drama Chocolate 2019 : Drama Bertemakan memasak

Lee Kang tumbuh besar di keluarga yang sedari semula dibentuk untuk bersaing dengan sepupunya sendiri, Lee Jun. Lee Jun benci banget sama Lee Kang karena ia yang tadinya digadang-gadang menjadi penerus Geosung, namun mendadak ada someone from nowhere dateng dan menjadi saingannya.

Lee Kang merasa anak desa yang gak tau apa-apa pun jadi serba salah. Akhirnya saat ia mau pulang dijemput Ibunya untuk kembali ke Wando, nahas...sang Ibu mengalami kecelakaan dan meninggal tertimbun runtuhnya Sampoong Mall.

**ini kejadian nyata loo..


Dan akhirnya, Lee Kang tumbuh dengan kebencian terhadap cokelat yang dijanjikan Ibunya saat mereka bertemu dan sama-sama pulang ke Wando. Hiiks~

Namun karena Lee Kang memang pintar tanpa jiwa kompetitif, ia berhasil menjadi dokter bedah saraf dan bekerja di Rumah Sakit Geosung. Semua berjalan lancar hingga Pamannya, Ayah Lee Jun merasa Lee Kang adalah sebuah ancaman bagi anaknya.

**padahal, anaknya yang bernama Lee Jun ini juga pinter banget looo... tapi orangtuanya insecure parah.



Karakter Jang Seung-Jo as Lee Jun

Cast Drama Chocolate 2019 : Drama Bertemakan memasak Ja Seung Jo sebagai Lee Jun

Lee Jun yang sedari kecil udah di doktrin sama Ibunya bahwa Lee Kang adalah saingannya, ancaman baginya, bahkan saat Lee Jun peringkat pertama di sekolahnya dan hanya salah 2 dari seluruh mata pelajaran, Ibu Lee Jun memukuli kakinya sampai bengkak.

**huhuu....sedih banget yaa..

Dan Lee Jun pun akhirnya menjadi dokter ahli bedah saraf di Rumah Sakit Geosung. Persaingan terus terjadi dari mulai rebutan pasien ternama, kaya mengoperasi menteri, istri menteri dan lain-lain. Sampai Ayah Lee Jun memberikan mandat bahwa Lee Kang harus dipindahkan ke Libya.

Libya?

Ada yang tahu kalau di sana daerah konflik yang masih sering perang. Pas scene ini, mengingatkanku sama drama Descendants of the Sun banget siih... Jadi perjuangan antara hidup dan mati. Sempat terkena bom dan Lee Kang koma segala kok.

Waah...drama ini menguji penonton banget pokonya.

Lee Jun marah banget sama Ayahnya karena menugaskan Lee Kang ke luar. Ia yakin banget bisa mengalahkan Lee Kang tanpa harus disingkirkan dengan cara gak affair begitu. Tapi apa kekuatan Lee Jun? 

Pada akhirnya Lee Jun tetap belum bisa mengambil hati neneknya sii....dan di akhir episode, dikasih tau, kenapa Lee Jun sampai kapanpun gak bisa mengalahkan Lee Kang di mata neneknya, sang pemilik Geosung.

**perlu di spoiler?



Karakter Ha Ji-Won as Moon Cha-Young

Cast Drama Chocolate 2019 : Ha Ji-Won as Moon Cha-Young

Moon Cha Young akhirnya gak berhasil jadi artis, ia sangat menyukai dunia memasak dan menjadi chef. Sekolah dengan tekun dan bekerja di sebuah restoran bergengsi di Seoul. Tapi ia memiliki kekurangan. Cha Young memiliki masa lalu yang membuatnya trauma sehingga ia harus rutin ke dokter dan minum obat untuk menenangkan dirinya.

Cha Young pernah hampir meninggal karena tragedi runtuhnya Sampoong Mall. Persis sama kaya kejadian Ibunya Lee Kang yaah?

Ya, bener banget.
Mereka saling menguatkan saat kejadian. Dan Ibunya Lee Kang jualah yang memberikan cokelat kepada si kecil Cha Young yang saat itu dalam kondisi sangat ketakutan. Sejak saat itu, Cha Young bertekad untuk berbuat baik kepada siapa saja dan menjadi orang baik. Ia sangat terkenang dengan Ibu Lee Kang.


Akankah Cha Young dan Lee Kang bertemu kembali?



Lesson Learn Drama Chocolate (2019)


Ibu pernah berkata kepadaku, 

Jika aku mendapatkan sesuatu yang bukan milikku, aku harus mengembalikannya ke pemilik yang sebenarnya.

Rasa sakit, luka dan amarah yang tak pernah wajar bagiku bukan milikku.
Jadi, aku akan mengembalikannya.

Aku akan mengembalikan semuanya dan keluar dari neraka ini.


- Lee KangDrama Chocolate, eps. 1


Drama Chocolate ini mengajarkanku juga akan arti sebuah persaingan yang gak sehat di dalam sebuah keluarga. Persaingan ini bukan untuk membuktikan siapa yang terbaik, tapi pada akhirnya akan menjadi sebuah tragedi karena menghalalkan segala cara untuk menggapai sebuah tujuan.


Untuk apa kita bersaing selama ini?

Ending Drama Chocolate (2019)

Suka banget sama sikap yang diambil Lee Jun pada akhirnya. Ia dengan sangat gentle mengatakan bahwa selama ini ia ingin bersaing dengan cara yang sehat, namun tidak pernah didengar oleh para tetua. Jadi sebenarnya, siapa yang mengajarkan dan membentuk karakter anak-anak ini?

**ayo..jawab, para orangtua...



Jadilah orang yang besar, jangan hanya memiliki cita-cita yang kecil.

- Jung Su-Hui, Ibu Lee Kang


Ini yang dikatakan Ibu Lee Kang ketika anaknya nangis gak ingin berpisah ke Seoul. Terbukti siih... dengan anaknya pindah ke kota dan persaingan di kolam yang lebih besar, ia menjadi anak yang hebat. Tapi...bahagiakah sang anak?



Impianku adalah membuat orang bahagia dengan masakan yang kubuat.

- Moon Cha Young, Drama Chocolate (2019)


Meski Cha Young hanya memiliki cita-cita menjadi chef dan pada akhirnya ia bekerja di sanatorium yang bisa dibilang gajinya sangatlah kecil, namun ia bahagia bisa melihat orang-orang tersenyum saat memakan masakan yang ia masak.



Aku akan mendaki gunung di hadapanku walau hanya dengan satu kaki.

- Moon Cha Young, Drama Chocolate (2019)


Moon Cha Young di eps. 13 kehilangan indera perasanya ((kalau zaman sekarang sudah diduga positif covid kali yaa...?? huhuhuu...)) karena kepalanya terbentur. Cha Young yang seorang chef, namun tidak bisa membedakan rasa asin, manis, asem, dan lain-lain. Juga tidak bisa mencium wangi masakannya.

Ini ujian terberat bagi Cha Young dan ia bersedih dan sempat ingin berhenti menjadi chef. Namun melihat Dokter Lee Kang juga memiliki kesulitan yang sama dan masih berjuang untuk tetap menjadi dokter di Sanatorium, maka Cha Young memutuskan untuk tetap menjadi chef. Ia mengandalkan feeling dan orang-orang di sekitarnya untuk mencicipi rasa masakannya, apakah sudah pas atau belum.


Lesson Learn Hikmah Quote Drama Chocolate 2019


Jadi, selalu ada cara bila ada kemauan untuk menggapai sebuah cita-cita.


Dan bagi yang sedang mencari drama mellow untuk ditonton, aku saranin banget nonton drama ini. Di sini gak hanya melulu masalah persaingan, tapi juga solusi. Gak melulu melihat orang sakit dan berjuang untuk hidup, tapi juga pesan yang ingin masing-masing karakter pasien dalam drama Chocolate ini. Jangan pernah menyerah dan berhenti berusaha.

Ending drama Chocolate pasti uda ketebak banget siih... Dan yang unik dari drama ini adalah ending dramanya sama dengan awal drama Chocolate dimulai. Jadi penonton sudah dikasih clue yang jelas sekali, meski kayanya kalau ada Chocolate season 2 gitu, hahhaa...


Aku suka juga chemistry Yoon Kye-Sang oppa dan Ha Ji Won eonni yang layak mendapat bintang dari hatiku 😅. Manis banget mereka ini. Adegan kisseunya pun minim. Banyakan cuma saling pandang dan pegangan tangan.

Ahooii~


Jadi,
Apakah sahabat lendyagasshi sudah menonton mellow drama Chocolate (2019) yang bisa ditonton di Netflix ini?

Boleh banget berbagi di kolom komentar yaa..


고마워요 우리 동생.
Gomawo, uri chingu.


With love,



53 comments for "Drama Korea Chocolate : Mengubah Trauma Menjadi Cinta"

  1. Aku malah salfok sama mal Korea yang runtuh. Jadinya selain nonton trailer chocolate juga sekalian cari info mal runtuh!

    Dan ternyata ada Drakor lainnya yang mengangkat tentang itu.

    Anyway Chocolate bener bener drama yang melow yellow stabilow sih menurutku hihi udah gitu aja lawong belom nonton (kayaknya bakalan nonton soalnya banyak makanan seliweran)

    ReplyDelete
  2. Aha drakor melow, aku mah mau happy2 ajaa, mau joged2 Kpop dah eehh

    Tapi memang akan selalu ada persaingan dimanapun yaa seperti yang dialami oleh Lee Jun, noted banget buat dikehidupan sehari-hari juga, janagn pantang menyerah dengan adanya persaingat tetep fokeuuus,,fokeuus ke depan.

    ReplyDelete
  3. Kasian banget Moon Cha Younhg karena makan makanan sapi akibat lapar yang melanda, pasti kalau nonton film ini bakalan baper sambil habisin tissue banyak nih.

    ReplyDelete
  4. Huhuhu.. Kisah cinta Lee Kang dan Cha Young bikin baper berat nih apalagi mereka healing romancenya dapat banget ya dengan kekuatan cinta mereka

    ReplyDelete
  5. judulnya manis bgt, aku juga dlu punya gank SMA namanya Chocolate, wkwkwk, bagus2 picturenya jadi pengen nonton, aku lg nonton sweet and sour nih mba

    ReplyDelete
  6. Bagus nih temanya..bintangin dulu ntar kalo pas selo bisa nonton di netflix .tapi abis baca reviewmu yg film sweet and sour tu jd pengen nonton mbak apalagi film kan jd sekali duduk kelar. Kadang nonton film seri tu capek karena ga kelar2 dan jadi kepikiran terus hahaha

    ReplyDelete
  7. Banyak quote yang menarik ya Teh. Dari judulnya aja Chocolate, manis dan disukai. Nonton drakor kadang lihat juga pemainnya, ternyata ada Ha ji won. Penasaran juga nih sama drakor ini. Boleh juga buat disimpen jadi daftar waiting list.

    ReplyDelete
  8. Jujurnya tentang Drakor, aku salah seorang yang tidak terlalu suka terhadap Drakor karena bagi ku Drakor terlalu banyak bumbu asmra yg sngat susah diprktekkan untk asmara yg nyata.

    Btw kisah drakor ini kayaknya banyak nilai simpatinya. Dari mempersilakan makan, lalu nangis, berusaha menghibur dan bhkan menyuruh hadir besok siangnya dgn menu masakan khsus untknya.��

    ReplyDelete
  9. wah kasian banget moon cha kehilangan indera perasanya ya di episode ke-13, pasti dia merasa sangat down dan sedih serta terpukul banget

    ReplyDelete
  10. ini yang bikin paling males baca postingan mba lendy, aku jadi pengen nonton mba, hayo tanggung jawab. Kapan coba kesempatan aku nonton nih film

    ReplyDelete
  11. aku langsung info ke si Kakak nih teh...udah nonton drama chocolate blom nak? ini aman nih buat umur kamu ceritanya. blom bu katanya. sekarang lg ngelarin whats wrong with secretary kim katanya...duh dr judulnya kau deg2an ini ceritanya aman gak ya buat anak kelas 8 kayak dia :D

    ReplyDelete
  12. Meski udah tahun 2019 masih menarik juga ya buat ditonton.. Ada aja sih ceritanya drakor nih.. kapan ya bisa nonton nih drakor..

    ReplyDelete
  13. Wah, bagus, nih. Racun benar. Hihihi.
    Banyak pesan yang kuat di drama ini. Pesan untuk para ibu dan anak.
    Dan suatu kebetulan kemarin anak mbarep minta rekomendasi drakor. Katanya ia tak sukadracin seperti ibunya karena cara bicara mereka cepat sekali. Hihihi

    ReplyDelete
  14. Mba lendyyyyyy, aku semangatttt ih bahas ini :D !!!

    Ya ampun Drakor favoritkuuuuu. Aku suka ost nya, aku suka alur ceritanya... Bikin hangat hati .

    Tapi jujur, awal nonton aku bosen mba. Apalagi pas liat main lead cowonya kok maaf kurang ganteng :). Aku lebih milih Lee Jun , dan sumpah nangis pas dia meninggal :(. Dia kenapa kalo main suka patah hatii siih wkwkwk

    Eh tapi masuk ke bberapa EPs, kok ini enaaaak yaaaa. Apalagi aku nontonnya barengan Ama Drakor lain yg lebih heboh alurnya. Jadi kadang kalo pengen ademin pikiran, aku selingin Ama Chocolate drama ini. Duuuh langsung nyeeees , jadi adem hahahahha.

    Aku suka endingnya.. aku suka semua msakan yg dibikin .. terharu juga Ama ceritanya. Dan aku JD pengen ke Yunani abis nonton iniiii :D.

    ReplyDelete
  15. Wah, yang main ternyata Ja ji won. Ngga diragukan deh klo ini drama bagus. Wajib nonton nih, belum nonton

    ReplyDelete
  16. Ih ternyata di drama Korea juga ada ya mertua yang menginginkan cucunya tapi tidak suka dengan menantunya. Kirain hanya di sinetron Indonesia saja ...

    Perjalanan hidupnya sangat memberikan pelajaran ya. Persaingan dengan saudara, termasuk cermin orang tua dalam mendidik membesarkan anak.

    Seru ini ceritanya meski saya tidak mungkin menonton dramanya. Hehehe ..

    ReplyDelete
  17. Menarik ini mengambil Insight bagaimana lepas dari trauma sebab banyak yang masih sangat menderita karena trauma masa lalu gak bisa move on

    ReplyDelete
  18. Yg jadi cowoknya sebenernya B aja ya tampangnya, tapi aktingnya kuat.
    Sip sip, mau masukkin list nonton drakor pekan ini :D

    ReplyDelete
  19. Lihat drama chocolate ini malah jadi inget tentang dorama jadil berjudul azuki. Mungkin ambiencenya mirip karena samasama mengangkat tema makanan, hehehe

    ReplyDelete
  20. bikin baper ternyata di film korea ini pelajaran hidup bisa bikin pembelajaran di keluarga antar saudara dan sebagai cermin orang tua untuk membesarkan anaknya

    ReplyDelete
  21. Mau spoiler dong, kenapa buat sang nenek si Lee Kang tak terkalahkan? Hihi penasaran tapi maunya dikasih tahu saja.
    *Jangan disambit yaa .... kabuur.

    ReplyDelete
  22. Mba kenapa aku langsung maknyes dengan kalimat anak perempuan yang makan kerupuk makanan yang buat sapi dan dia malah bilang beruntung sapi bisa makan seenak itu :(

    ReplyDelete
  23. Aku fokus ke lesson learned tentang jiwa kompetitif Lee Jung...yang ternyata diajarkan dengan cara kecurangan oleh tetua. Duh, beneran ya orang tua mengajarkan dan membentu karakter anak. Maka mesti hati-hati nih

    ReplyDelete
  24. Ahoiiii... hahaahai teh Leeen. Ngemas tulisannya asyik selaluu ah teh. Walau belum pernah bertemuuu..
    Jadi pesaingnya jg bijak sebenernya ya nggak jahaaap. Yg bikin jahap ortu2nyaaa... heuw...
    Awuh klo nangis2 atau romance2 aku bakal nongton..

    ReplyDelete
  25. Wiwin | pratiwanggini.net6/12/2021 03:24:00 PM

    Mau dong seluruhnya dituliskan disini ajahhh... Selalu seru dan menjiwai lho kak Lendy ini. Dan sepertinya bakalan nangis saya baca kisah selengkapnya.

    ReplyDelete
  26. Uhuoo netflix...sayang sekali aku nggak langganan netflix. Dari ulasan teh lendy, terasa sekali mellow-nya :)
    Jadi mengingat-ingat, kapan ya aku sangaaaaat bahagia karena makanan?
    Apakah harus mengalami kekurangan dan kelaparan yang akut supaya benar-benar merasakan kebahagiaan yang tinggi dari makanan?

    ReplyDelete
  27. aku suka banget nih si chocolate ini, seruuuuu.. alurnya lambat tapi gatau kenapa rasanya enak aja gitu diikutin ceritanyaaaa

    ReplyDelete
  28. Baru tau sama drama korea ini nih, kemana aja sih aku hahaha. Emang jarang update sama perdrakoran kecuali biasanya diberitahu teman atau baca review orang dulu baru nonton. Makasih ya kak udah review drakor ini, jadi tertarik buat nonton nih.

    ReplyDelete
  29. Yang paling saya suka saat baca tulisan di blog ini yaitu pas bagian pelajaran yang bisa diambil dari tontonan drama korea ini. Lendy mengemasnya begitu apik. Mantap!

    Suka sekali dengan motivasi yang diberikan oleh ibunya Lee Kang : Jadilah orang besar dan jangan hanya memiliki cita-cita yang kecil.

    ReplyDelete
  30. Jd kenapa kok neneknya tetep mandang Lee Kang lbh drpd si tokoh utama? Spoilerin ajaaaahhh wkwkwk
    Ini kyknya drama buat motivasi bahwa apapun problemnya jangan nyerah dulu juga ya, di samping ada romantis2nya

    ReplyDelete
  31. Udah ketebak ya Cha Young bakal bertemu lagi dengan teman masa kecilnya. Trus jadinya dia malah yang bikin coklat untuk Lee Kang kah? Aku penasaran mau nonton Chocolate tapi takut baper, wkwkwkk

    ReplyDelete
  32. dalem ya petikan-petikan kata dari para tokoh drama ini. emang yang kusuka dari drakor ini banyak banget filosofi kehidupan yang diselipkan juga sama mereka di drakornya. dan itu kadang bikin semangat ya memotivasi gitu

    ReplyDelete
  33. Saya belum nonton... Tapi kayanya inget dulu pernah baca review chef yang kehilangan indra perasanya...

    ReplyDelete
  34. Kebetulaaan aku lagi nyari rekomendasi drama yang menyentuh hati. Setelah tamat The Mouse dan Law School, kuingin yang mellow-mellow hihi. Ini baca sinopsis awalnya aja hatiku udah berasa perih, Kak. Cuss besok langsung nonton eps 1 aahhh.

    ReplyDelete
  35. Belum nontooon. Tapi abis baca spoiler tipis tipis ini jadi kepengen nonton deh. Perlu siapin tisuu untuk hal hal tak terduga gak?

    ReplyDelete
  36. Sudah nonton tahun lalu, dan aku suka sekali ceritanya. Banyak adegan masak ya di sini, itu yang aku suka. Ohya, drakor satu ini punya banyak OST bagus, dan jadi satu-satunya drakor yang paling banyak OST nya kusimpan di playlist :))

    ReplyDelete
  37. Belum nonton. Drama on going aja juga banyak yang kelewat. Udah ga ada waktu luang karena sekolah anak daring lagi. Xixi
    Sukanya nonton drakor tuh ada kata2 bijak yang bisa kita dapet :D

    ReplyDelete
  38. menarik banget deh mba ceritanya jadi penasaran pengen nonton juga, padahal aku baca2 sinopsis film dari mba lendy baru nonton sweet & saur, sekarang lanjut deh nonton yang chocolate juga

    ReplyDelete
  39. Aku tadi agak tertipu pas cerita scene si anak perempuan kurus makan makanan sapi, kirain anak gk mampu gitu ternyata dia lagi diet, pasti dipaksa orangtuanya juga.. hikss

    ReplyDelete
  40. Aku belom nonton lho Uni. Dulu nunggu kelar dulu biar nggak ongoing eh malah kelupaan nonton. Jadi diingatkan lagi. Pengen ah ntar download

    ReplyDelete
  41. unyu unyu banget kisah cintanya. pasti bakalan banyak yang baper ya kak :) APalagi backeground kisahnya masak masak kuliner nih. coba cari akh :p

    ReplyDelete
  42. Belum nonton ini, oke masuk list. Kalau Ha Ji Won yang main aku yakin sih ini drama bagus

    ReplyDelete
  43. Sinopsisnya menarik dan seru, tidak sabar mengetahui lanjutan ceritanya. Masuk dalam watchlist dulu, mungkin nanti akan ditonton.

    ReplyDelete
  44. Jika ingin mencari sinopsis atau review perihal drama korea, mungkin berkunjung ke situs ini bisa jadi solusi hehe

    Untuk masalah filmnya, menarik sekali ya dari latar belakang kisah mulanya, latar vbelakang penyebab yang menjadikannya si tokoh jadi trauma dan sebagainya, bisa disambung sedemikian rupa dengan berbagai trivia seperti peristiwa runtuhnya mall di korea.
    Mungkin bagi beberapa kawan saya yg kebetulan doyan menonton drakor, situs blog ini bisa jadi solusi untuk dia soal rekomendasi drakor

    ReplyDelete
  45. Aku udah nonton ini mba. Baper abis. Mana cakep pula pemeran cowok nya. Mana ada adegan di Yunani nya pula. Lengkap deh favorit ku. Untung endingnya ga membagongkan ya. Hehe

    ReplyDelete
  46. Belum nonton nih mb Lendy. Nanti deh ta masukin ke list. Hahaha masukin ke list nonton nya entah kapan ini. Ngejar tesis dulu buahahaha

    ReplyDelete
  47. Tadinya mau nonton ini karena ada Ha Ji Won, tapi malah ke distrak postingan IG drakor lain jadi lupa malah nonton Mr. Queen, lanjut Mouse lanjut my roommate hahaha aku tuh tipe yg ngak bisa nonton banyak drama

    ReplyDelete
  48. Nonton ini aku yakin bakaalan bikin mewek diriku, apalagi bagian anak kecil yang nggak pernah makan enak itu Uni. Hiks. ngebayangin diri sendiri. harus banyak bersyukur banget

    ReplyDelete
  49. Yashhh, selalu ada cara untuk berjuang dan menggapai cita2
    ini yg ku suka dari drakor, banyak insight yg menarik, yak.
    Semangaatt semangaattt

    ReplyDelete
  50. Ternyata memang ada yah yang nangis karena makan makanan yang lezat. Aku selalu penasaran sama drakor yang review nya banyak kasih good insight buat penikmatnya..

    ReplyDelete
  51. Duh drama ini, bikin keinget lagi deh Mas Kaesang yang diem-diem bae. Geregeeeet terus dari episode 1 sampe belasan. Alhamdulillah 2-3 episode akhir bikin gembira. 😅

    ReplyDelete
  52. Drama ini gemesin banget, alurnya lalmbat tapi seneng ngikutinnya, walaupun lambat tapi greget, gimana yaah kayak gigt coklat gitu, pengennya lama-lama lumer di mulut nggak mau cepet habis

    ReplyDelete
  53. Belum ada nonton nih..., asyik banget kalo diikutin apalagi pemerannya ganteng2..dan jalan cerita bikin kita terhanyut.. jadi ketagihan nonton drakot yang lain ntar...hahaha

    ReplyDelete

Berlangganan via Email