Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

[Blogtour & Giveaway] The Cringe Stories

Bismillah,

[Blogtour & Giveaway] The Cringe Stories.


Semangat pagi, sahabat lendyagasshi.
Senang sekali hari ini lendyagasshi mau mengadakan Blogtour & Giveaway lagi. Bagi kemarin yang belum beruntung, ikutan lagi yaah... Kali ini, syaratnya gampang aja kok...

Sebelum itu, aku mau kasih tahu dulu niih... Buku yang bakalan aku bahas. Masih bukunya kak Rijo Tobing yang kemarin [Blogtour & Giveaway] Randomness Inside My Head pada masih inget doonk..

Buku kali ini judulnya dan topiknya bakalan seru dan emm, sedikit menggelitik. Kak Rijo membahasakannya dengan "Cringe". Ada yang tahu artinya?

Review Buku The Cringe Stories Rijo Tobing


Data Buku The Cringe Stories

Judul : The Cringe Stories
Penulis : Rijo Tobing

Jumlah Halaman : 165 halaman
Penerbit : Pustaka Pranala
Tahun terbit cetakan pertama : Oktober, 2020

Harga : Rp 85.000,-
ISBN : 978-623-7173-82-3


The Cringe Stories

Makna "Cringe" sendiri adalah ngeri. Sehingga The Cringe Stories memang berisi kumpulan cerpen yang ngeri-ngeri sedap untuk dibaca.

Sedap?
Iya doonk... Karena jarang ada buku yang membahas mengenai hal ngeri (atau merinding yang bikin bulu kuduk bergidik) dan bisa jadi pernah juga kita alami, namun kitanya tidak menyadari.

Seperti di salah satu kisah yang aku akan ceritakan berikut...


Suara

Suara ini adalah kisah ke 7 dari buku The Cringe Stories yang mengisahkan mengenai hubungan antar keluarga, yakni Ayah, Ibu, dan ketiga anaknya. Anak pertama adalah anak lelaki yang masih ada di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) begitupun dengan anak kedua yang juga masih duduk di bangku SMA yang sama dengan kakak pertamanya.

Sudut pandang yang diambil dari cerita ini adalah dari anak kedua, sebagai "Aku". Sang anak kedua yang biasa dipanggil "Mbak" dalam cerita ini adalah anak yang sayang sekali dengan Ibunya, namun sekaligus juga kerap merasa sebal. Karena sang Ibu yang terus menerus menanyakan hal-hal tidak penting mengenai sekolah, kehidupan sehari-hari dan yang paling ia benci adalah ketika Ibu suka sekali menyuruh anak-anaknya menyelesaikan tugas rumah tangga.

Selalu Aku dan Adikku yang paling kecil yang melakukan hal seperti membereskan meja makan, mencuci piring, mengepel rumah dan pekerjaan rumah tangga lainnya yang Aku benci. Kenapa Mas tidak pernah disuruh Ibu?

Tokoh Aku di awal cerita memang digambarkan sepertiku, PERSIS.
Karena pengasuhan orangtuaku juga sama seperti dalam cerita ini. Namun bedanya, ketika aku mangkir untuk tidak mau mengerjakan tugas yang disuruh Ibu dengan alasan ada PR, Ibuku selalu mahfum. Sehingga alasan ini jugalah yang sering aku gunakan, hihii~


Review Buku The Cringe Stories Rijo Tobing : Suara


POV "Aku" dalam Kisah "Suara"

Aku dan keluargaku sering berpindah-pindah kota mengikuti kemana Ayah bekerja. Ayah bekerja sebagai sales dan aku sudah lima kali pindah dalam kurun waktu 15 tahun. Hal ini yang membuatku dan mas serta adikku tidak mudah beradaptasi di lingkungan baru. Eh, kecuali adikku. Entah menurun dari siapa, ia memiliki kepribadian yang mudah bergaul dan easy going.

Kata Ibu,

Semua orang hanya berujung sebagai nama dan nomor di daftar kontak telepon seseorang.
Pernah berbagi hidup, namun tak akan bisa dihubungi lagi.

Dirindukan waktu awal-awal, dilupakan seiring waktu berjalan. Itu semua wajar dan pasti terjadi.
Lebih baik tidak berharap banyak kepada orang lain.

Jadi, bahasa dan sikap kami pun bisa dibilang selalu berubah-ubah mengikuti kemanapun kami berada saat itu. Masku yang paling parah. Ia bisa dibilang stres berat karena berpisah dengan sahabatnya di Kota terakhir tempat kami tinggal. Sehingga, Mas selalu menyalahkan Ayah dan Ibu. Pelariannya adalah dengan bermain games.

Sudah berulang kali dan tak terhitung jumlah kata yang aku lontarkan kepada Mas bahwa Ibu membutuhkan bantuan ketika Ayah sedang dinas keluar kota. Tapi, alih-alih Mas berubah, ia malah balik memarahiku karena Aku mengganggunya. Dan Aku yang selalu menuruti apa permintaan Ibu.

Huh!
Aku sungguh kesal. Sedangkan Adikku, ia lebih memilih diam daripada ikut membelaku dan bertengkar dengan Mas.


Puncak Masalah

Puncak masalah yang terjadi dirumahku adalah ketika Ayah pulang dari sebuah perjalanan dinas. Ibu tak hentinya mengomeli Ayah dan jika Ayah sudah marah, ia selalu saja menghancurkan barang-barang yang ada di rumah atau memukuli Ibu.

Namun, hari itu berbeda.
Ayah dan Ibu yang selalu bertengkar di kamar, agar tidak terlihat oleh kami. Hari itu, Ayah pun marah besar. Namun efek kemarahan Ayah yang membuatku merasa serba salah dengan Ibu. Ibu menjadi jauh berbeda dari biasanya.

Ibu yang biasanya suka mengomeliku, menyuruh-nyuruhku melakukan pekerjaan rumah tangga yang aku benci, setelah kejadian pertengkaran dengan Ayah hati itu, Ibu menjadi sangat pendiam. Bahkan yang mengerikan lagi, Ibu selalu memasak menu masakan yang beraneka ragam dan dalam jumlah banyak.

Aku takut.

Review Buku The Cringe Stories Rijo Tobing : Suara


Apa yang Terjadi Dengan Ibu?

Selama 3 bulan Ibu membuatku khawatir. Segalanya dilakukan dalam diam dan rumah selalu tampak berkilau juga bersih dengan menu yang beragam yang banyak. Ibu bahkan tak mengomeli Ayah ketika membelikan Mas seperangkat alat gaming baru.

Ibupun tak bergeming ketika Aku menceritakan hal-hal yang aku alami selama di sekolah. Aku bingung dan resah. Tapi kata adikku, "Mungkin Ibu butuh waktu." Tapi, sampai kapan?

Apa yang terjadi dengan Ibu?



Tentang Buku The Cringe Stories

Buku The Cringe Stories memuat 9 cerpen dengan judul :

Pisau
Mobil di Pengkolan
Handphone
Galon
Cermin
Rekening
Suara
Gendut
Ombak

Asik banget dibaca ketika malam hari atau dalam suasana tenang. Hal-hal yang cringe dan bikin kita merinding, sukses mewarnai perjalanan membaca buku kak Rijo Tobing kali ini. Idenya sungguh di luar dugaan. Karena dari satu cerpen ke cerpen selanjutnya akan membawa kita ke dunia baru dengan tokohnya yang selalu hadir dalam dialog sehari-hari.

Dijamin pembaca akan sangat menikmati 9 kisah dalam buku The Cringe Stories.

Bagi yang ingin menikmati perjalanan membaca buku kak Rijo, bisa ikutan giveaway ini atau klik link berikut untuk melakukan pemesanan. 

Link pemesanan : bit.ly/SkyBooks

[Blogtour & Giveaway] The Cringe Stories


Blogtour & Giveaway

Syarat dan Ketentuan ikut Giveaway Randomness Inside My Head :

(1) Follow IG @randomnessinsidemyhead @lendymut & @bacaanlendyagasshi.

(2) Jawab pertanyaan berikut, sertakan nama dan tulis done bila sudah follow IG penyelenggara giveaway ini di kolom komentar.

Apa yang sedang terjadi dengan Ibu?

(3) Follow blog kak Rijo Tobing (optional)
https://www.rijotobing.wordpress.com


Sahabat lendyagasshi boleh mengimajinasikan seluas-luasnya, sehingga author tertarik dan sahabat lendyagasshi bisa menjadi pemenang giveaway buku The Cringe Stories. Pemenang berhak mendapatkan 1 buah novel The Cringe Stories dan akan dikirimkan ke alamat pengiriman seluruh Indonesia.

Giveaway ini berlangsung seminggu. Sejak blogpost ini tayang hingga 1 Maret 2021 - 7 Maret 2021 jam 24.00 WIB. Pengumuman pemenang akan dilakukan 5 hari setelahnya di link blogpost yang sama.


Ikutaan yuuk...
Semoga menang yaa...



화이팅 
Hwaiting!



With love,



99 comments for "[Blogtour & Giveaway] The Cringe Stories"

  1. Aku pengen jawab deh ada apa dengan ibu. Tapi nanti jadi spoil ya hihihi. So sad sama apa yang terjadi keluarga si Aku ini. Hidupnya kayanya bosenin gitu, susah mau punya temen karena pindah-pindahan kota terus. Orang gampak banget lupain mereka

    ReplyDelete
  2. Yang terjadi pada ibu..si Mas adalah anak bawaan ayah maka ga boleh disuruh dll, diistimewakan dan lainnya. Sementara "Aku" adalah anak si Ibu . Ayah mengancam kalau ibu ngomel melulu akan ditendang bersama si Aku. Akhirnya ibu pasrah dengan apa yang jadi garis hidupnya.

    done

    cuma mau coba jawab hahaha. siapa tahu dapat buku!

    ReplyDelete
  3. Kak Rijo Tobing emang daebaaakk!
    Blognya, bukunya semuaaaa karya doi selalu kece ngga ada obat.
    Selamaaatt utk terbitnya buku ini yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. haii, mbak nurul... ayok, ayok, ikutan GA nya ;) :)

      Delete
  4. Ih bikin penasaran dikau yaaaa. Membacanya nahan nafas, karena aku ada di posisi ibu yang suka ngomelin anak-anaknya, tapi masih batas wajar sih. Dan akupun gak pernah marah ke suami atau sebaliknya

    Cara menceritakanmu bagus banget, aku tersedot masuk ke dalamnya dan ingin melongok jauh ke dalamnya

    ReplyDelete
  5. Aku kayaknya pernah mengalami seperti Ibu, deh. Tapi penyebabnya enggak cringe2 amat. Nyadar aja gitu. Ini buku horor/thriller?

    ReplyDelete
  6. Aku udh jawab tapi di IG hehehehe

    Mau di copas kesini gak bisa ya kl komentar di IG.

    Jadi... Dalam bayanganku selama ini Ayah kerasukan hantu tukang masak. Karena Ayah tidak pernah memasak, hantu itu jadi uring-uringan dan kasar. Merasa terjebak di tubuh yang salah.

    Lalu pada suatu malam ketika Ayah dan Ibu bertengkar, sang hantu menemukan cara untuk berpindah ke badan Ibu. Dan bahagialah dia bisa memasak sesuka hati.

    Di mata anak2nya si Ibu jadi pendiam dan tampak tidak memperdulikan hal-hal lain karena sibuk memikirkan menu apa yang harus dia masak berikutnya sambil mengerjakan pekerjaan rumah lainnya. Memasak menjadi hal paling "seru" bagi Ibu yang dirasuki hantu itu.

    Hahaha berkhayal boleh lha ya..

    Done follow IG nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah akhirnya ada yang menghayalkan kenapa si Ibu menjadi pendiam. Salah satu hal untuk mengubah kebiasan kadang dengan cara berdiam dulu kali yaaa. Heheheee, akupun gitu, kalau udah lelaaaaah banget urus rumah dan anak-anak, aku berubah menjadi sosok paling pendiam dan paling ogah berbicara. karena aku takut malah salah kalau berbicara.

      Delete
  7. Kisah tentang sosok AKU di atas itu bisa jadi bahan pembelajaran kita juga sebagai orang tua ya. Gimana supaya anak tidak merasa dianaktirikan.

    ReplyDelete
  8. Cerita tentang ibu yang nggak bahagia suka ngegemesin banget deh rasanya. Padahal kan kunci keluarga bahagia itu ada di ibunya. Kalau ibunya happy, keluarganya akan ikut happy. Kalau ibunya stress, seluruh anggota keluarga akan ikut stress. Mungkin makanya ibu-ibu kudu lebih sering baca-baca kumpulan cerita pendek kaya gini ya biar lebih bahagia. Ha...ha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayok promosikan the cringe stories ke ibu-ibu, wkwkwk :D

      Delete
  9. Iyaa bener ya, kutipan di buku itu.
    Kasian ibu dipukulin ya. Aku jadi ingat ibunya tmn kecilku, dipukulin. Sedih banget.. mungkin ibu bener2 lelah itu membisu

    ReplyDelete
  10. Yang terjadi pada ibu adalah pengabaian pada sekitar, awalnya kemarahan ibu tidak direspon, suasana rumah dan pindah-pindah membuat ibu tertekan, jika amarah nggak direspon sama ayah dan anak-anaknya, lebih baik abai dengan sekitar, puncak amarah adalah abai.

    Mencoba menjawab ya

    ReplyDelete
  11. udah lama aku gak baca buku bergenre thriler kayak gini. Sukses selalu kaka

    ReplyDelete
  12. Penasaran banget dengan lanjutan ceritanya kak. Jadi ingin ikutan giveawaynya nih, semoga rejeki. Selamat ata sterbitnya buku ini, sukses selalu :)

    ReplyDelete
  13. "Dirindukan di waktu awal, dilupakan seiring waktu"
    wah jleb banget ini kalimatnya. Dan saya rasa emang bener banget ini.

    ReplyDelete
  14. waaah dari sampul dan juga judulnya aja undah intriguing bangeeet nih mba. Aku suka cerita horor yang paling oke dan bikin ngeri - ngeri sedap

    ReplyDelete
    Replies
    1. btw aku jadi penasaraaan nih mba.. beneran sereeem ya ceritanya hehehe.

      Delete
    2. Haloo.. ini dengan penulis cerpen "Suara". Enggak, ceritanya ga serem gimana. Cuma bikin mikir dan bulu kuduk berdiri 😄😄

      Delete
  15. Wah jadi inget buku2 serial misterinya Agatha Christie jaman dulu. Kakak ku suka beli kumpulan cerita menegangkan gitu. Ini kayaknya jg menarik, ngeri ngeri sedap ya mba.

    ReplyDelete
  16. Apa yang terjadi pada Ibu?

    Ayah mengancam akan menceraikan Ibu jika kebanyakan ngomel, enggak nurut dengan Ayah.

    Ibu ketakutan. Benar-benar enggak mau berpisah dengan anak-anak dan butuh suami juga.

    Maka, Ibu memutuskan untuk diem-diem bae yang penting rumah bersih, makanan tersaji, uang belanja lancar.
    Urusan hati nomer sekian lah.

    Done follow IG

    ReplyDelete
  17. pertama-tama selamat ya teh atas terbitnya buku the cringe stories, semoga meledak dan laku keras juga bermanfaat.

    ngomongin cerita yang berbau thriller nyerempet ke horor aku suka penasaran pengen ikuti sampai selesai meski penakut hahaha

    ReplyDelete
  18. Aku kayanya jarang baca tema thriller. Apa ya yang akan terjadi sama Ibu? Nanti kalau udah kepikiran, aku balik komentar deh sekalian follow 2

    ReplyDelete
  19. Apa yang terjadi ya? Ibu kerasukan jin bebersih yang rajin dan baik hati makanya jadi rajin masak hehe...

    ReplyDelete
  20. Kalau cerita yang ngeri begini suka seru ya, jadi pengen baca bukunya

    ReplyDelete
  21. Menarik banget sepertinya buku ini dan cocok banget sama orang yang suka cerita ngeri-ngeri sedap gini yes hehe bisa buat uji nyali juga nih.

    ReplyDelete
  22. judul bukunya ini jujur apalagi dia membahas tentang seram-seram aku sebenarnya agak penakut apalagi kalau baca buku ini malam-malam di rumah sendirian

    ReplyDelete
  23. wah ini nih, ada GA nya, jadi yang penasaran ama kelanjutan ceritanya kudu bener ikutan supaya kalau menang bisa tahu isi cerpen secara keseluruhan. menarik nih

    ReplyDelete
  24. baru tahu kalau cringe itu artinya ngeri ya, bakalan seru nih bacanya berarti bisa memancing adrenalin... Pasti seru kalau suatu saat kesampaian baca buku ini... :-)

    ReplyDelete
  25. Kalo baca bagian 7 ini kayak gak ada serem2nya Lend..Jadi pengen cepet2 baca kelanjutannya tapi atuttt hahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. seremnya nanti, setelah terkuak apa yang terjadi pada ibu :D

      Delete
  26. Ini menggelitik banget deh judulnya. Kebayang deh isinya gimana. Btw, ini bukunya Rijo Tobing ya, baru ngeuh deh sama beliau setelah satu grup di grup Mamah Gajah Ngeblog. Kepengen Baca deh bukunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, teh nia, ketemu lagi di sini :D ayok, ayok, ikutan GA-nya :D

      Delete
  27. Mengenal kata Cringe pertama kali dari youtuber Bimo alias Picky Pick yang beberapa kali trending di youtube gegara ngebahas tema ini.

    ReplyDelete
  28. dari review kakak, aku jadi peasaran ceritanya bisa jadi pendek pendek. Apakah ini saling berksinambungan antara satu cerita dan lainnya. Duh penasaraaannn... semoga menang GA nya

    ReplyDelete
  29. Apakah ibu kiranya hendak membalas dendam pada ayah yaaa... Masak yang banyak biar ayah kelenger ngasih uang belanja, biar tau rasa gitu kalik yaaa :))

    ReplyDelete
  30. Apakah Ibu diancam a
    Ayah akan ditinggalkan atau dikorbankan untuk sekte yang diikuti Ayah kalau mengomel terus? duh, saya kebanyakan baca berita kriminal kalo ini sih ya, Mbak 😄

    ReplyDelete
  31. Ibu mau menunjukin sama ayah kalau ia punya kekuatan super selain mengomel, kekeke. Menarik nih, aku juga pernah pas marah gitu masak banyak trus diam selama 2 hari apa ya. Tapi gak tahan habis itu ya ngomel lagi.

    ReplyDelete
  32. Dalam pikiranku, Ibu tahu kalau si Ayah sedang diganggu perempuan lain sehingga ketika pulang dinas luar kota selalu marah pada Ibu karena merasa sudah bosan dan sejenisnya.

    Ibu tahu soal perempuan lain itu sehingga Ibu menyadari kesalahannya selama ini yang mengomel dan akhirnya menunjukkan sikap kalau dia bisa lebih baik dan tidak pantas diduakan.


    Done ya

    ReplyDelete
  33. Waaaa. Mauuuu
    Dibanding buku drama saya lebih suka tema cringe seperti ini
    Karena ending nya bikin penasaran

    ReplyDelete
  34. Penasaran kepingin baca bukunya dan sudah ikutan giveaway nya tapi kurang beruntung :(
    Semoga buku ini banyak di toko buku ya :)

    ReplyDelete
  35. Cuzzz ikutan GAnya, kayaknya seru nih bukunya, terdiri dari banyak judul, bikin penasaran..

    ReplyDelete
  36. Wah bukunya menarik semua nih, bagi yang hobi baca GA ini wajib diikuti....saya boleh ikutan juga kak?

    ReplyDelete
  37. Kenapa deg2an ya padahal baru baca sinopsis dan kutipannya aja, langsung pengin cari bukunya nih, suka sama kisah2 kayak gini

    ReplyDelete
  38. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari buku ini ya Uni, jadi penasaran pengen baca juga.

    ReplyDelete
  39. Jadi ingat bapaku kalo marah dulu sering banting barang, aku ngungsiin adiku ke luar biar nggak denger apa yang terjadi.

    ReplyDelete
  40. wah banyak pelajaran yang bisa di ambil dari buku ini ya mbak, jadi teringat drakor its okay not be okay, karena sama-sama banyak mengambil dari sisi parenting :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kayaknya sama sih, aku kalau suka lelah sekali, udah marah dan kesal, biasanya ngambil waktu berdiam diri, tidur atau ngerem di kamar, biasanya suami sama anak udah tau, mami lelah atau mami kesal, jadi ga ada yg ganggu, biar nggak keluar kata2 yang nggak enak mendingan diem dl sejenak

      Delete
  41. Ya ampun... Sinopsisnya sukses bikin saya penasaran!
    Tadinya pengen langsung japri ke Teh Lendy tentang akhir cerita Suara itu, tapi baru tau kalo ternyata ada giveaway dari tebak cerita. Haha...

    ReplyDelete
  42. Wah menarik banget ide ceritanya. Tapi nggak ada clue ning kira2 apa yg bikin ngeri. Apakah sikap? Apakah setan? Imajinasi bisa luas.

    ReplyDelete
  43. judul-judul cerpennya kok menarik ya mbak, saya suka baca kumpulan cerpen bisa cepat selesai ketimbang yang novel utuh dan bisa berhari-hari selesainya.

    ReplyDelete
  44. Duh aku jadi benar-benar penasaran dengan cerita nya, pengen beliii 😊

    ReplyDelete
  45. Lahh aku jadi penasaran kelanjutannya mba hahah. Ini semua critanya horor ya. Kwkwk ak lebih takut baca buku horor drpd nont film horor masa' ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai, mbak. buku ini bukan kumpulan cerpen horor. cerita-cerita di dalamnya akan bikin kita bergidik sedikit dan mikir banyak. Dijamin, deh :D yuk, yuk, ikut GA-nya :D

      Delete
  46. Aku penasaran antara judul dan cuplikan cerita di cerpen Suara itu.
    Kira-kira suara apa yaa.. duhhh belum apa-apa aku udah bergidik.
    Mbak Lendy yang ceritain aja yaa yaaa?? Kutak sanggup baca sampai akhirrr.. Hihi cemen ih.
    Aku mikirnya kok si ibu sampai sakit jiwa gara-gara dimarahin terus sama si ayah. Hiks.. so sad :(

    ReplyDelete
  47. Mba, maaf yaaa... saya pas baca makna cringe, jadi nggak baca sinopsisnya. Soalnya ini buka blognya tengah malam.. xixixi... punteeee

    ReplyDelete
  48. genre buku cringe story itu dapet banget pembacanya di indonesia.. mungkin bakal laku sih dari covernya aja udah begituu heheh

    ReplyDelete
  49. Penasaran mbak kelanjutannya,tapi sepertinya alur ceritanya bikin sedih deh. Ini si ibu kenapa ya? Apakah sudah berada di titik jenuh sehingga memilih untuk diam dan mengiyakan semua yang ada di keluarganya? hehe ulasan yang asyik mbak.

    ReplyDelete
  50. Oh ini tuh kumpulan cerpen? Penasaran juga aku kisah si ibu itu, mungkin dia lelah dan pengen bunuh diri makanya berubah

    ReplyDelete
  51. Cocok banget nih cerita dalam bukunya, aku suka yang alurnya seperti ini, menegangkan sekali bacanya

    ReplyDelete
  52. Nama: Sri Al Hidayati
    Jawaban: Ibu dalam keadaan stress berat dan hampir meledak karena kemarahannya. Entah bagaimana Sang Ibu akhirnya bertukar jiwa dengan seorang cheff yang pandai memasak dalam jumlah besar dan bersih. Ia tidak marah karena Ayah membeli alat gaming baru karena jiwa ibu telah bertukar jiwa dengan seorang koki laki-laki, yang paham posisi laki-laki suka dengan game dan tak bisa dilarang. Kayak film drakor yang baru saya tonton. hahaha

    ReplyDelete
  53. Deg-degan dan penasaran pengen baca bukunya Rijo Tobing ini takut tapi penasaran hihi.. semoga makin sukses dan semangat berkarya yaa

    ReplyDelete
  54. Aku kalo baca agak takut tapi kalau nonton enggak uni hehehe. Mas Joy sangar berani nulis yang ngeri

    ReplyDelete
  55. Baru baca dikit aja udah kebayang isi bukunya kek apa. Mau beli ah biar bisa ngerasain “cringe” nya

    ReplyDelete
  56. Mupeng baca cerita2 di buku the Cringe Stories ini
    bakal penasaraan abiiiss.
    Yuk lah, pan kapan baca karya kak Rijo ini

    ReplyDelete
  57. kangen banget berburu giveaway buku dulu aku rajin ikutan dan sering menang juga hahaha sekarang baca ini jadi kangen masa2 itu semoga banyak yang ikut ya teh lancar

    ReplyDelete
  58. Jalan ceritanya sesuai dengan kondisi yang banyak dialami. Tentang kisah Aku yang tak suka mengurus rumah tangga tapi di mina ibundanya. Makasih sudah berbagi :)

    ReplyDelete
  59. Nyess banget baca kata-kata di poster terakhir ,, uang tidak bisa membeli segalanya dan seperti tersentil huhu selama ini anak-anakku juga pengen banget keluarga lengkap tapi masih belum bisa aku kabulkan :(

    ReplyDelete
  60. Kukira awalnya ini buku genre horror, ternyata oh ternyata kumcer cringe yang so relatable sama daily life yaa

    ReplyDelete
  61. pertengkaran orang tua memang sangat mempengaruhi karakter anak ya teh dan bahkan bisa membuat anak takut berumah tangga karena pengalaman buruk tersebut.

    ReplyDelete
  62. Horeee ada GA buku lagi :D
    Temenku kapan hari nanyain endingnya cerita Suara itu aku bilang ikutan GAnya mbak Lendy aja supaya dapat bukunya haha :D

    ReplyDelete
  63. Apakah ibunya meninggal saat bertengkar di kamar dengan Bapak? Kemudian tubuhnya diambil alih jin Masterchef? Semacam chef Juna gitu. Makanya jadi pendiam tapi jago masak.... -.-"

    ReplyDelete
  64. Alur ceritanya mindblowing banget bikin penasaran sama akhir kisahnya, tapi yang menarik dari cerita cerita horor tuh gitu plot twistnya suka megagetkan

    ReplyDelete
  65. Ceritanya persis dengan aku mbak, karena aku juga keluarga nomaden, anak anak sering banget diajak pindah, bedanya pindah dari satu negara ke negara lain. kembalinya ke titik yang sama, rumah mertua hihihi alhamdulillah sementara ini anak anak gak masalah sih, akrena anakku banyak mereka tetap bergaul dengan teman temannya yang di malaysia, kalau yang di jepang karena pas kecil, belum punya koneksi, mungkin kalau merke reuni, seru juga dengan teman temanya :-)

    ReplyDelete
  66. Menyesakkan tapi pasti ada pesan moral dari 9 cerpen yang dihadirkan. Syukurlah ada GA nya bisa mudah didapatkan hehe, jadi nggak sulit cari bukunya

    ReplyDelete
  67. Saya baru kenal Rijo Tobing ini waktu ikut KLIP. Maklumlah saya tergolong kudet, tapi saya langsung suka dengan tulisan-tulisan beliau.
    Aups, ketahuan sering mampir di blognya.

    Oh ya, saya mau ikutan GA ah, siapa tahu bisa baca buku gratis beliau kerang menanga GA 🤭
    Nama: Dawiah
    Follow ig ketiganya: done
    Jawab:

    Ibunya sakit hati habis bertengkar dengan suaminya. Cara paling ampuh untuk balas dendam adalah melakukan semua pekerjaan dalam diam.
    Membiarkan seisi rumah bertanya-tanya, penasaran, lalu menyesal. Terutama sang suami, penyesalannya makin bertambah setelah lihat tabungannya yang terkuras karena membeli bahan makanan yang banyak dan beragam jenisnya.
    Kalau saya berada di posisi ibu, akan melakukan hal itu sih. LOL.

    Versi kedua:
    Ibu berencana menyenangkan semua anggota keluarganya, habis itu akan dibikin menyesal setelah ibu pergi.
    Bukankah penderitaan yg tak berkesudahan itu adalah penyesalan yang tiada akhir.

    Masih banyak kemungkinan sih, tapi ini bisa jadi satu postingan blog, hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, mbak, salam kenal :) ayuk jadiin postingan di blog. Aku pasti baca 😉

      Delete
  68. menarik dan cringe ya kalau baca sekilas ulasannya bikin penasaran apa kelanjutannya. sukses selalu kaka semua

    ReplyDelete
  69. Aku sudah ikutan
    Tinggal nunggu beruntung apa nggak
    Soalnya karya kak Rijo ga ada duanya

    ReplyDelete
  70. Wah, seru ada GA-nya. Pasti temen2 yang suka baca bukunya Rijo pengen menang semua nih. For honest aku udah lama banget ngga baca buku, jadi aku kurang paham ttg penulis2 hebat belakang ini. Nanti aku coba mampir2 ke blognya Rijo ahhh/

    ReplyDelete
  71. waw tinggal besok nih GA-nya
    ikut aaah,
    mayan kan njawab pertanyaan sambil curhat, hoho

    btw ngeri juga ya cover bukunya

    ReplyDelete
  72. Duh sedih ya, puncak dari tidak diperdulikan memang jadi masa bodoh ya mba. Ibu memang besar pengorbanannya

    ReplyDelete
  73. aku sudah baca buku kak rijo ini
    awalnya karena melihat covernya, ku kira kumpulan cerita horor, ternyata...
    paling suka yg judulnya handphone

    ReplyDelete
  74. Mungkinkah Ibunya tiba-tiba pendiam karena lidahnya hilang? Masak bermacam-macam biar bisa icip berbagai rasa. Rasa yang dulu pernah ada misalnya? 😂

    ReplyDelete
  75. Aku pikir isi bukunya tentang cerita horor Mbak. Lihat covernya kayak gitu.

    Aku jadi penasaran dengan cerita si Ibu. Kalau biasanya banyak omong lalu jadi mendadak jadi pendiam emang jari serem ya. Asli serem dengan segala kemungkinan yang berkecambuk di kepalaku

    ReplyDelete
  76. Ah telat deh ikutan GA nya. Kirain buku horor loh karena lihat sekilas cover bukunya. Jadi kepo deh dengan akhir kisah Ibu. Tapi aku penasaran juga dengan cerpen lainnya

    ReplyDelete
  77. Dari pembahasan awal sudah bisa ditebak kalau buku ini bagus. Sepertinya kisahnya emang dramatis sekali ya. Jadi pengen baca buku ini sepenuhnya. Sayang gak bisa ikut GA nya karena udah lewat 🙂

    ReplyDelete
  78. Penasaran dengan apa yang menyulut pertengkaran besar dan menjadikan ibu berubah drastis sepeti itu.

    ReplyDelete
  79. Wah wah ketinggalan ikutan GAnya...padahal lumayan buat bacaan penyemangat kalau alurnya bikin penasaran

    ReplyDelete
  80. Loh koq jadi penasaran baca terusan cerpennya. Dipiki-pikir udah lama ngga baca cerpen loh aku ini.

    ReplyDelete
  81. Wah.. udah gak bisa ikutan GA nya ya mba' Lend? Yang "Suara" jadi mengingatkan waktu masa kecil dulu. Jadi penasaran sama isinya.

    ReplyDelete

Berlangganan via Email