Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

[Ramadan Day 10] 5 Buku Favorit Tere Liye

Bismillah,

Hola sahabat lendyagasshi.

Hari ini aku mau ajakin sahabat lendyagasshi buat ngobrolin 5 buku favorit Tere Liye sepanjang masa. Eh, masa sampai sepanjang masa siih..? 5 buku favorit yang sekali baca, langsung karakternya nempel dan berkesan banget setelahnya. Nah, ini mungkin tepat yaah..

Jadi, akutu tipe orang yang kalo beli buku sukanya genre non-fiksi, tapi pada kenyataannya yang dibaca adalah buku-buku fiksi. Anaknya uda jelas drama banget, kaan...hahaha...jadi non-fiksi itu cuma aku baca di saat sedang merasa "kering" tapi kalau buku-buku fiksi (novel), aku suka baca dari penulis yang utamanya sudah aku kenal dan familiar pernah baca buku beliau sebelumnya. 

Salah satunya Tere Liye.
Penulis yang aku suka gak pakai mikir kalau mau baca bukunya. Langsung menetapkan pilihan, "Oke, aku mau baca ini".


Rekomendasi 5 Buku Favorit Tere Liye

Barikut ini, aku akan rekomendasi 5 Judul Buku Favorit Karya Tere Liye yaa.. Aku yakin, sahabat lendyagasshi pasti suka juga, hehehe...((maksa)).


5 Judul Buku Favorit Karya Tere Liye

Hujan

Rekomendasi Buku Tere Liye : Hujan

Judul : Hujan
Jumlah Halaman : 324 halaman
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : Januari, 2016
Ukuran : 20 cm
ISBN : 9786020324784


Sinopsis Novel Hujan

Perjalanan kisah seorang gadis bernama Lail yang selamat dari bencana alam letusan Gunung Purba yang luar biasa dahsyat. Saat itu, hanya Lail yang mampu bertahan hidup dan beberapa orang yang beruntung lainnya. Tak banyak, bahkan Ibu Lail juga tak selamat saat bencana itu terjadi. Lalu bertemulah Lail dengan Soke Bahtera (Esok) yang mengubah dunia Lail yang tadinya hanya hitam putih, menjadi merah jambu. 

"Jangan pernah jatuh cinta saat hujan, Lail. Karena ketika besok lusa kamu patah hati, setiap kali hujan turun, kamu akan terkenang kejadian menyakitkan itu.

(Hujan, Tere Liye - hal. 200)


Setting novel Hujan ini pada tahun 2050. WOW. Bagaimana Tere Liye bisa menggambarkan kehidupan di masa depan yang penuh dengan teknologi canggih? 

Yang pasti, ketika baca buku ini, aku merasa tertarik ke mesin waktu dan merasakan betapa gamangnya tokoh Lail karena di satu sisi, ia masih merasakan trauma atas bencana besar yang terjadi dan merenggut nyawa keluarganya hingga merasakan sulitnya hidup di camp pengungsian, namun lyfe must go on yaa... Lail tetap semangat menjalani hidup dan berusaha keras meraih cita-citanya untuk menjadi perawat.

Sedangkan kisah percintaan Lail, digambarkan sangat sederhana. Meski hanya sesekali bertemu dengan Esok yang bahkan Esok pun tak pernah menyatakan cinta dengan Lail, namun mereka bisa sama-sama saling sabar dan percaya hingga waktu yang mempertemukan mereka kembali ketika semuanya sudah menggapai impian masing-masing


Rate : ⭐⭐⭐⭐/5

Salah satu novel yang paling aku rekomendasikan untuk pembaca awal Tere Liye.



Tetralogi Bumi - Bulan - Matahari - Bintang

Buku Favorit Tere Liye : Bumi Bulan Matahari Bintang

Judul : Bumi
Jumlah Halaman : 440 halaman
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : Januari, 2014
Ukuran : 20 cm
ISBN: 978-602-03-0112-9


Sinopsis Novel Bumi

Novel pertama yang berjudul BUMI ini menceritakan seorang gadis yang bernama Raib, Ra panggilan akrabnya. Ia memiliki kekuatan yang tidak dimiliki oleh orang pada umumnya, yakni menghilang, Ia bisa tidak terlihat hanya dengan menutup wajahnya dengan kedua tangannya dan...VOILA! Semua orang tidak bisa menemukannya.

Hal ini diketahuinya saat masih 22 bulan. Waktu itu Ra bermain petak umpet bersama kedua orangtuanya dan Ra menutup wajahnya sembari menyembunyikan dirinya di balik tirai rumahnya. Dan sampai berapa lama pun, Ayah Ibunya tidak bisa menemukan letak dimana Ra bersembunyi. Dan setelah semakin besar, Ra menyadari bahwa itu adalah kelebihannya.

Tidak hanya Ra, ia juga memiliki Seli, sahabat yang ternyata juga memiliki kekuatan sama ajaibnya dengan Ra. Seli bisa menahan sengatan listrik dan menggerakkan benda-benda kecil. Selain Seli dan Ra, ada satu tokoh utama lagi dalam tetralogi Bumi, Bulan, Matahari, Bintang. Ia adalah Ali.

Berbeda dengan kedua sahabatnya, Ali hanya seorang Rebel Boy. Ia normal, namun memiliki kecerdasan luar biasa. Sayangnya, kecerdasan itu tidak ia manfaatkan dengan baik. Namun sejak bertemu Ra dan Seli, Ali mulai perlahan berubah. Ia memiliki teori-teori yang jelas bisa dibuktikan dengan ilmu ilmiah.

Yang seru, di Buku Novel Bumi ini, perlahan terkuak, mengapa Ra dan Seli memiliki kekuatan ajaib. Itu karena Ra dan Seli bukan berasal dari Planet Bumi. Darimanakah asal Ra dan Seli?


Rate : ⭐⭐⭐⭐/5

Bagi yang suka novel Harry Potter, aku rasa Tere Liye sukses membuat imajinasi dunia khayal kita berkembang. Indonesia juga punya buku beken sekelas J. K Rowling.



Judul : Bulan
Jumlah Halaman : 399 halaman
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : Maret, 2015
Ukuran : 20 cm
ISBN : 9786020314112


Sinopsis Novel Bulan

Kelanjutan dari novel Bumi, akhirnya di akhir episode buku sebelumnya sudah diketahui bahwa Ra berasal dari KLAN BULAN. Ia bahkan sudah ke kampung halamannya dan merasakan hidup di dunianya yang sebenarnya.

Petualangan demi petualangan dilalui oleh Ra, Seli dan Ali. Di buku kali ini yang berjudul Bulan, petualangan dimulai dari kedatangan mereka ke KLAN MATAHARI, kampung halaman Seli. Kedatangan mereka ternyata bertepatan dengan Festival Bunga Matahari yang berlangsung hanya dalamwaktu 9 hari. 

Para peserta ada 9 kontingen dan masing-masing diminta membawakan bunga matahari yang mekar tersebut sehingga apapun yang mereka inginkan akan terpenuhi. Namun, untuk mendapatkan bunga ini, mereka hasrus bersaing dan melewati banyak sekali rintangan. Dari mulai melawan gorila yang marah, ribuan burung yang melempari mereka dengan buah kecil berisi asap racun saat meletup, gurita raksasa untuk memecahkan sebuah kode, juga serangan licik dari kontingen lain yang membuka tutup waduk sehingga menghasilkan air bah. Banyak juga jebakan jamur raksasa yang berkilauan, namun jika tersentuh maka menghasilkan racun.

Namun pada akhir dari buku Bulan ini, Ra, Seli dan Ali terpaksa harus menelan pil pahit. Ada korban yang jatuh dari pihak mereka karena melawan Konsil Matahari yang kekuatannya menjadi berlipat karena dibantu oleh Si Tanpa Mahkota dari dalam penjara Bayangan di Bawah Bayangan.

Bagaimana kelanjutan petualangan mereka?
Baca buku novel BULAN dan rasakan sensasi petualangan ala Lord Of The Rings.


Untuk Novel Matahari dan Bintang, aku belum tamat bacanya, gengs.. 
Nanti kalau sudah selesai, aku ulas lagi di blog yaa... Yang pasti selain tetralogi Bumi, Bulan, Mataharu, Bintang, Abang Tere Liye juga membuat Ceros dan Baltozar, Komet, Komet Minor, Selena dan Nebula.

Masih ada lagikah, kita tunggu karya Bang Tere berikutnya yaa...



#AboutLove

Buku Favorit Tere Liye : About Love

Judul : #AboutLove
Jumlah Halaman : 120 halaman
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : Juli, 2015
Ukuran : 19 cm
ISBN : 9786020314112


Sinopsis #AboutLove

Bagi pecinta visual, kali ini Tere Liye meluncurkan buku dengan ilustrasi yang cantik. Tidak hanya covernya yang hard cover, tapi juga isinya yang full color. Sungguh pembaca dimanjakan dari sisi visual. Etapi jangan salah, beyond expectation banget pas baca buku Bang Tere kali ini.

Karena biasa membaca buku fiksi, kali ini banyak petuah-petuah sederhana mengenai cinta yang dibagikan dalam buku #AboutLove. Seperti berikut contoh quote #AboutLove yang patut direnungkan.


Kita tidak usah jadi pengendali udara, pengendali air, atau pengendali api. Kita cukup jadi pengendali hati. Itu sudah cukup sakti.


Jatuh cinta itu persis seperti komputer atau HP kau tiba-tiba terkena virus, kena-nya gampang, tapi memperbaiki, servis datanya susah kali–bahkan tetap tidak bisa diperbaiki hingga kapan pun.


Perasaan itu tidaklah rumit, orang-oranglah yang membuat rumit.”


Pilihlah pasangan yang kaya. Tapi bukan kaya hartanya, melainkan kaya waktunya, sehingga dia punya banyak waktu untuk dihabiskan bersama kita–termasuk saat dia sibuk sekalipun.

Karena hari ini, orang-orang sebenarnya lebih banyak bercengkerama dengan pasangan nempel terusnya sama gagdet macam HP, laptop, dan sebagainya.”


Terkadang kita membutuhkan kesendirian, meskipun seringkali kesendirian mengundang kesedihan tak tertahankan.”


#AboutLife

Buku Favorit Tere Liye : About Life

Judul : #AboutLife
Jumlah Halaman : 128 halaman
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : Mei, 2019
Ukuran : 19 cm
ISBN : 9786020314112


Sinopsis #AboutLife

Kembali buku yang aku baca gak cukup sekali adalah buku non-fiksi Tere Liye yang berjudul #AboutLife. Di buku ini, Tere Liye menggunakan quote-quote yang deep thinking banget mengenai falsafah kehidupan.

Seperti,

Jika kita ingin bahagia, maka sebenarnya, hubungan yang paling penting dijaga bukan hubungan dengan keluarga, teman, atau pun manusia. Apalagi dengan akun-akun facebook, twitter, instagram.

Yang penting sekali dijaga adalah hubungan dengan Tuhan.  Pada akhirnya kita semua akan pulang.  Saat itu tidak ada satu pun manusia yang ikut bersama kita.


Kita tidak perlu menjelaskan panjang lebar. Itu kehidupan kita, tidak perlu siapa pun mengakuinya untuk dibilang hebat. 

Kitalah yang tahu persis setiap perjalanan hidup yang kita lakukan.

Karena sebenarnya yang tahu persis apakah kita itu keren atau tidak, bahagia atau tidak, tulus atau tidak, hanya diri kita sendiri.  Kita tidak perlu menggapai seluruh catatan hebat menurut versi manusia sedunia.  Kita hanya perlu merengkuh rasa damai dalam hati kita sendiri.


Jangan mengurusi hidup orang lain, sementara hidup kita belum tentu lebih baik. Jangan mengomentari hidup orang lain, sementara diri kita sendiri belum tentu lebih baik.


Ada masanya kita hanya butuh diam.

Tidak bicara pada apapun, tidak bicara pada siapapun. Cukup renungkan dalam-dalam, kemudian kita akhirnya paham banyak hal.


Ketika kita tidak bisa memiliki sesuatu, maka jangan memaksa. Boleh jadi ada pilihan lebih baik tengah menunggu.



#AboutFriends

Buku Favorit Tere Liye : About Friends


Judul : #AboutFriends
Jumlah Halaman : 128 halaman
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : April, 2017
Ukuran : 19 cm
ISBN : 9786020314112


Sinopsis #AboutFriends

Siapa di sini yang memiliki sahabat sampai bertahan lama? Sepertinya, aku mulai terseleksi dengan sendirinya oleh usia. Sahabatku mulai berjauhan sejak kami sama-sama pindah domisili, ikut suami, Tapi... meskipun kami berjauhan, terkadang satu atau dua dari kami masih saling sapa di dunia sosial bahkan saling mengirimkan paket yang isinya oleh-oleh dari khas daerah masing-masing.

Persahabatan yang indah ini harus disyukuri dan setelah membaca kutipan renungan dan quote dari buku #AboutFriends karang Bang Tere Liye berikut ini :


Sahabat yang baik bagai tutup kaleng sarden. rapat menjaga aib dan rahasia kawan karibnya, kedap udara.


Berterimakasihlah kepada orang-orang yang telah membuat sulit hidup kita, karena mereka mengajarkan besok lusa kita tidak akan mempersulit orang lain. 

Berterimakasihlah kepada orang-orang yang mengkhianati kita, karena besok lusa kita tidak akan menjadi pengkhianat, apalagi menusuk dari belakang. No way.”


Teman ibarat tenunan indah. Satu per satu benang ditautkan, kemudian jadilah kain. Pertemanan selalu dibentuk dari hal-hal kecil, menjadi satu, jadilah dia persahabatan sejati.”


Kita lebih suka mengingat satu keburukan orang lain, tapi melupakan sepuluh kebaikannya.”


Punya teman tidak otomatis membuat kita kaya materi. Tapi percayalah, teman akan membuat kita kaya hati.”


Ya, itu beberapa buku favoritku dari penulis Tere Liye. Sebenarnya ada beberapa buku beliau yang sudah aku baca juga dan aku suka, hanya gak aku masukkan list, hehehe...takut kepanjangan dan bosen. Nanti kapan-kapan, kita ngobrolin buku lagi yaa..


Have a nice day!


With love,



22 comments for "[Ramadan Day 10] 5 Buku Favorit Tere Liye"

  1. Yang about life sepertinya menarik untuk dibaca. Semoga nanti sempet bacanya

    ReplyDelete
  2. Jadi ingat seorang teman merekomendasikan saya nama Tere Liye dan membaca karya-karyanya, seperti Negeri Para Bedebah dan juga series BUMI. Dari sinopsis series BUMI yang Teh Lendy tulis, sepertinya menarik karena fiksi fantasy gitu, namun ini itu series yang sudah sampai 9 buku itu ya? Produktif banget penulisnya :D

    ReplyDelete
  3. Aku juga suka baca novel karya Tere Liye gara-gara anakku haha. Anakku kadang beli, kadang pinjem, aku ikutan baca dan akhirnya keterusan suka. Yang sudah kubaca : Pulang, Tentang Kamu, Hujan, Bidadari Surga dll termasuk Tetralogi itu. Yang About Love, About Friend aku belum baca, jadi pengin bacaaa

    ReplyDelete
  4. Belum ada satu pun buku Tere Liye yang saya baca. Padahal hebat juga ya penulisnya. Kayaknya banyak bukunya yang best seller.

    ReplyDelete
  5. Aku suka baca2 buku Tere Liye juga yang all about love itu suka bnget .
    Cerita harian soal cinta dan perasaan yang tampak nyata di kehidupan sehari hari yaa.

    Pokonya sukaa sama kata2nyaaa..

    ReplyDelete
  6. Yang tetralogi itu menarik, apalagi digadang-gadang kaya buku Harpot karya JK Rowling. Jadi penasaran deh sm series itu mba 😍

    ReplyDelete
  7. Suka banget sama quotes nya yang "pilihlah pasangan yg kaya waktu, supaya bisa mengahabiskan waktu bersama".

    Ini sih aku banget, soalnya bahasa kasihku itu kebersamaan. Jadi slalu meleleh klo pasangan menghabiskan waktu bersama.

    Jadi pengen baca smua buku2nya deh

    ReplyDelete
  8. Belum pernah baca novelnya Tere Liye. Entahlah, kurang tertarik dengan romance. Kalau buku yang isinya quotes seperti about life justru menarik buatku. Semacam kumpulan puisi singkat

    ReplyDelete
  9. Tozz kita Teh Lendy, saya juga penggemar karya-karya Tere Liye. Dari semua bukunya, buku About Friends ini yang belum pernah saya baca.
    Saya mau bilang semua karyanya sudah pernah saya baca, ternyata ada buku About Friends ini deh yg kelewat. Mungkin karena bukan buku cerita melainkan kutipan kali ya..

    ReplyDelete
  10. Banyak yang rekomendasi baca buku Tere Liye ini. Dan kayaknya aku harus berburu membaca buku bukunya

    ReplyDelete
  11. Jujur saya baru baca yang Hujan haha. Sungguh imajinatif si Tere Liye ini pas nulis hujan. Berasa bisa memprediksi kehidupan di masa depan hahaa

    ReplyDelete
  12. Baru baca satu buku dari Tere Liye yang judul ya Pulang. Jadi pengin juga baca buku-buku lainnya nih.

    ReplyDelete
  13. udah lama banget gak baca novel.. dulu mah hobi banget.. beberapa kali juga baca karyanya tere liye.. cuman untuk judul2 diatas aku belum pernah baca hehe

    ReplyDelete
  14. Saya penyuka novel-novel Tere Liye tapi belum satu pun punya bukunya 🤣 numpang baca dari buku teman saja.

    ReplyDelete
  15. Walau bukan penggemar Tere Liye, swaya angkat jempol dengan ide-ide buku karyanya ... keren-keren.

    ReplyDelete
  16. Ada satu buku Tere Liye yg pnh aq baca dulu, paan udh baca it langsung jatuh cinta sama buka Tere Liye yg bahasannya ringan tapi maknanya mendalam. Klu serial buku genre sainsnya ini aq blum baca

    ReplyDelete
  17. Aku suka banget baca buku-buku yang menganut tentang kehidupan. Jadi penasaran sama buku #AboutLife punya Tere Liye ini. Terima kasih, ya, Mbak. Jadi punya wishlist buku yang perlu dibeli.

    ReplyDelete
  18. Tetralogi yg masih ku ikutin sampe sekarang. Daun yg jatuh tak pernah membenci angin, & dikatakan atau tidak itu tetap cinta juga favorit!

    ReplyDelete
  19. Beberapa belum aku baca Uni, tebal-tebal sih.
    Tere liye ini emang idola banget. Bukunya selalu best dan bagus

    ReplyDelete
  20. Buku pertama Tere Liye yg aku baca Kau, Aku, dan sepucuk angpau merah. Langsung suka dan beli lagi buku2 dia yg lain. Belum banyak memang yg aku baca, tp so far semua buku yg udh dibaca akh suka sih. Skr ini aku LG baca buku Tere Liye; Sunset bersama Rosie.

    Mau aku review utk Minggu depan mba. Yg aku suka dari buku2 nya, kayak ikut hanyut dlm cerita :).

    ReplyDelete
  21. saya belum bacain novel-novel tere liye ini, tapi suka banget sama quote-quotenya. jadi penasaran pengen baca ini setelah baca sinopsisnya.

    ReplyDelete
  22. Seri bumi belum aku baca Uni, kalo yang quote-quote itu baru 1 seri belum tamat wkwkkw sok sibuk nih

    ReplyDelete

Berlangganan via Email