Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ide Menu Sehat Untuk Berbuka Puasa

Bismillah,

Hola sahabat lendyagasshi.

Ide Menu Sehat Untuk Berbuka Puasa

Alhamdulillah,

Ahlan wa sahlan yaa, Ramadan. Tak terasa, kita sudah memasuki Bulan suci Ramadan 1442 H. Banyak sekali hal-hal menggembirakan yang hanya ada di bulan ini. Salah satunya adalah moment makan bersama keluarga.

Biasanya suami berangkat kerja dengan membawa bekal, dengan adanya Bulan Ramadan, suami dan anak-anak kumpul menjadi satu di meja makan, paling tidak di 2 waktu, yakni waktu sahur dan waktu berbuka.

Untuk mempersiapkan menyambut bulan suci Ramadan, aku sudah sounding ke kakak dan ke adik bahwa sebentar lagi, kita akan berpuasa sebulan penuh. Dasarnya memang anak-anak happy, maka mereka menyambut dengan gembira, tentunya...


Apa Saja Kegembiraan di Bulan Ramadan yang Membuat Anak Bahagia?

Bangun di pagi hari sebelum matahari terbit

Biasanya anak-anak juga bangun pagi untuk sholat shubuh siih.. Tapi, biasanya karena di pagi hari sudah mulai ada kelas dzikir pagi online, anak-anak suka merasa kurang waktu bermainnya. Sehingga, di Bulan Ramadan, anak-anak akan merasa bahagia mendapatkan waktu bermain lebih panjang sebelum sekolah online dimulai.


Ada hari libur lebih panjang

Ini juga yang membuat anak-anak senang, karena di awal bulan Ramadan, tentu ada libur menyambut hari puasa dan di 10 hari terakhir Ramadan juga ada libur (lagi). Kalau dulu sebelum pandemi, pasti ada Tahfiz Camp, yakni acara  pembiasaan anak-anak selama Bulan Ramadan dan menginap di sekolah. Anak-anak akan dilatih sholat malam (terawih) berjamaah, sahur bersama dan beraktivitas sunnaah bersama seperti mengaji, memanah dan berolahraga yang seru bersama Ustadzah dan teman-temannya.

Ide Menu Sehat Untuk Berbuka Puasa


Jam pelajaran lebih pendek

Memang selama Ramadan, di sekolah anak-anak diberikan waktu khusus untuk qoilullah (tidur siang) dan lebih banyak berinteraksi dengan Al-Qur'an. Sehingga untuk jam pelajaran, meski sekolahnya hanya tersisa beberapa hari karena dipotong hari libur awal puasa dan 10 hari terakhir, untuk penyampaian materi pun tergolong dipadatkan. Sehingga anak tidak mudah lelah dan mengantuk.


Sebenarnya, anak-anak tidak sulit diajak shaum Ramadan, karena baik kakak (10 tahun) dan adik (8 tahun) sudah terbiasa shaum Senin-Kamis. Sehingga Ramadan hanya perlu sedikit dorongan dan penguatan. Dorongan yang aku berikan sebagai Ibu adalah dengan menyiapkan menu dengan nutrisi lengkap yang praktis dan disukai anak-anak. Kali ini, aku mau berbagi salah satu resep andalan yang disukai anak-anak ketika berbuka puasa. Yakni sushi.


Sushi

Adalah makanan Jepang berupa nasi yang digulung dengan isian sesuai selera, biasanya paduan antara protein hewani dan nabati, seperti timun Jepang dan ikan (tempura) atau olahan daging.

Sushi sangat disukai karena rasanya yang yummii...plus sudah memenuhi kriteria gizi seimbang. Cara membuatnya simple, cara makannya juga mudah. Anak-anak bisa diajak untuk menyiapkan menu berbuka ini niih...Bunda.


Resep Sushi Roll (untuk 6 roll)

 Nasi Sushi : 

1 ½ cup beras, cuci
½ cup beras ketan, cuci
2 cup + 4 sdm air


 Cuka Sushi : 

4 sdm cuka beras / air perasan jeruk lemon
2 sdm air
2 sdm gula pasir
1 ½ sdt garam


 Isian : 

7 pcs sosis ayam/udang tempura/abon
1 timun jepang, iris dan buang bijinya


 Saus mentai : 

9 sdm mayonnaise
1 ½ sdm saus sambal
1 ½ sdm saus tomat
1 sdm bubuk cabai
1 siung bawang putih halus
2 sdm cuka beras
½ sdt garam
¼ sdt merica
4 sdt gula pasir
1 sdt kaldu jamur / dashi


 Saus kecap asin : 

2 sdm madu
2 sdm kecap asin


 Adonan tempura : 

10 sdm tepung terigu protein rendah
25-30 sdm air dingin
1 sdt cuka
½ sdt baking soda


 Bahan Sushi lainnya : 

3 lembar nori, ukuran 20 x 20 cm
Tepung terigu untuk coating tempura
Minyak untuk menggoreng tempura


Cara Membuat Sushi : 

Ide Menu Sehat Untuk Berbuka Puasa : Sushi


1. Masukkan beras dan beras ketan yang sudah dicuci dan air, lalu masak dengan rice cooker hingga matang

2. Campurkan semua bahan cuka sushi hingga larut, campurkan dengan nasi yang sudah matang hingga rata dan tutupi dengan lap basah agar tidak kering.

3. Didihkan air, rebus 4 buah sosis selama 1 menit lalu tiriskan. Potong sosis dengan arah memutar supaya membentuk lembaran kemudian iris sesuai selera

4. Untuk adonan tempura, campurkan cuka dan baking soda hingga berbuih kemudian campurkan dengan air dan tepung lalu aduk rata. Belah 4 sosis lalu taburi permukaannya dengan tepung, celupkan ke dalam adonan tempura dan goreng dengan minyak panas hingga kuning keemasan. Goreng sisa adonan tempura untuk membuat tenkatsu

5. Campurkan semua bahan saus mentai hingga rata

6. Campurkan kecap asin dan madu, sisihkan

7. Siapkan sushi mat dan lapisi dengan cling wrap supaya tidak lengket dan olesi dengan sedikit minyak lalu letakkan nori yang sudah dibagi 2 (10 x 20 cm) di atasnya kemudian letakkan nasi diatasnya dan ratakan tetapi jangan ditekan-tekan. Balikkan nasi agar berada di bawah lalu letakkan tempura, irisan timun, tenkatsu, saus mentai, dan saus kecap asin kemudian gulung dan tekan-tekan supaya padat.

8. Letakkan irisan sosis rebus di atasnya, padatkan menggunakan sushi mat dan potong menjadi 8 bagian sama rata

9. Beri saus mentai di atas sosis lalu torch hingga kecokelatan kemudian beri topping tenkatsu

10. Sushi roll siap disajikan


Menu sehat yang bisa disajikan dengan mudah di rumah


Tips Membuat Sushi

Karena isian sushi ini bisa beragam tergantung kesukaan anak, jadi sushi ini paling mudah dimodifikasi. Hanya satu yang harus diperhatikan yakni rasa nasinya. Ketika nasinya teksturnya pas dan rasanya enak, maka isiannya tidak perlu yang heboh pun, sushinya jadi enaaak banget.

Ide Menu Sehat Untuk Berbuka Puasa : Tips Membuat Sushi enak


Note :
Resep from Devina Hermawan youtube channel dan telah diuji cobakan di dapur mama Ai.


Namun, perlu diwaspai nih, Bunda... Kalau anak mendadak jadi berkurang nafsu makannya dan mengalami gatal di sekitaran dubur yang bikin anak tidak nyaman, terutama di malam hari hingga mengganggu tidurnya, maka bisa jadi ini pertanda anak harus konsumsi obat cacing.


Ciri Anak Cacingan

Gatal di daerah dubur, terutama di malam hari
Karena cacing kremi, biasanya bertelur di malam hari. Dan saat inilah yang membuat dubur menjadi sangat gatal.

Berat Badan anak tidak naik meski makannya bagus atau bisa jadi sangat tidak nafsu makan. Karena tidak nafsu makan inilah, wajah anak menjadi pucat. 

Anak selalu merasa lemas dan lesu tidak bersemangat

Mengalami batuk yang berkepanjangan
Batuk yang gak jelas dan menyebabkan sang anak menjadi sulit bernapas, ini mungkin disebabkan karena cacing yang sudah berkembang di saluran usus anak. Perlu diwaspadai ketika sang anak sering memasukkan benda/mainannya ke dalam mulut. Ini bisa menjadi potensi masuknya cacing.

Ruam/gatal di badan

Kadang bisa juga disertai demam


Macam-macam Cacing yang mungkin ada di perut

Cacing Gelang
Cacing Kremi
Cacing Gelang
Cacing Pita

Masing-masing cacing ini sangat berbahaya bila tidak ditangani dengan serius. Karena bisa menyebabkan tumbuh kembang anak tidak maksimal. Untuk mencegah cacingan ada beberapa hal yang bisa Bunda lakukan.


Mencegah Cacingan

Memasak sendiri menu makanan yang dikonsumsi keluarga.

Mengolah menu ikan dan daging dengan benar, yakni memasaknya dengan matang. Sehingga kemungkinan ada telur cacing yang ada di dalam ikan/ daging tersebut, bisa mati dengan pemanasan suhu saat memasak.

Mencuci baju keluarga dengan rendaman air panas terlebih dahulu lalu dicuci menggunakan detergen dan dibilas hingga bersih.

Membiasakan anak-anak untuk memotong kuku.

Membiasakan anak-anak mencuci tangan setelah beraktivitas.

Tidak membiarkan anak-anak menggaruk daerah kemaluan dengan intens.


Mencegah Cacingan : minum obat cacing konvermex

Bila perlu, minum obat cacing minimal 6 bulan sekali untuk mencegah cacingan pada anak. Dan perlu diketahui juga bahwa cacingan tidak hanya bisa terjadi pada anak, tetapi juga bisa terjadi pada orang dewasa. 

Dengan meminum obat cacing dari Konvermex, maka cacing bisa diberantas melalui feses yang dibuang ketika BAB.


Konvermex

Konvermex adalah obat yang di produksi oleh Konimex dan mengandung pyrantel pamoate. Pyrantel pamoate adalah zat kimia yang digunakan untuk membasmi penyakit cacing yang berada didalam tubuh manusia.


Kegunaan Konvermex

Konvermex digunakan untuk membasmi penyakit cacing yang berada di dalam tubuh, seperti cacing kremi (Enterobius vermicularis), cacing gelang (Ascaris lumbricoides), cacing tambang (Ancylostoma duodenale), cacing pita  (Necator americanus), dan cacing Trichostrongylus colubriformis. Penyakit cacing dapat menurunkan kesehatan tubuh, seperti: anemia, lemas, mengantuk, berat badan rendah.


Dosis & Cara Penggunaan Konvermex

Konvermex adalah obat cacing yang diproduksi oleh Konimex.. Dan dapat dibeli di apotik terdekat, yakni apotik Kimia Farma, Century, K24, Viva Apotek, Apotek atau toko obat terdekat lainnya.

Konvermex bisa juga di beli secara online melalui Konimex Store, Official store Konimex di Shopee dan Tokopedia.


Dosis Konvermex

Suspensi 125 mg untuk dosis anak – anak di bawah 12 th

Suspensi 250 mg untuk dosis dewasa

Tablet: 125 mg untuk dosis anak

Kaplet: 250 mg untuk dosis dewasa"

Dapat digunakan sebagai pengobatan ataupun pencegahan dengan anjuran diminum setiap 6 bulan sekali. 


Cara Penyimpanan

Simpan pada suhu dibawah 30 derajat Celcius.


Nah itu tadi keterangan mengenai Konvermex.

Yuk,
Jaga kesehatan keluarga dengan menyiapkan menu makanan dengan nutrisi seimbang dan konsumsi obat cacing secara berkala, setiap 6 bulan sekali. Karena obat cacing ini aman, tidak memiliki efek samping meskipun di dalam tubuh tidak ada cacing.

Lebih baik menjaga daripada mengobati.


Selamat Berpuasa Ramadan 1442 H.


With love,



50 comments for "Ide Menu Sehat Untuk Berbuka Puasa"

  1. Adududuhh, sushi-nya tempting sekaliiii
    Mupeng buat coba nih mbaaa
    kayaknya aku perlu bikin utk buka puasa
    makasiiii

    ReplyDelete
  2. Ternyata nggak cuma cacing kremi yang menghuni pencernaan, ada cacing gelang dan cacing pita juga. Duh anak cacingan itu emang bikin geram ya mbak, geram ama cacingnya. Kita udah kasih asupan makanan bernutrisi, eh sampai di perut malah di serap sama cacing. Emang butuh konvermex buat membasminya

    ReplyDelete
  3. asik ada resep sushi roll sebagai hidangan sehat untuk berbuka puasa anak dan keluarga. makasi ya teh udah berbagi resep dan informasi yang bermanfaat

    ReplyDelete
  4. wuih teteh jago nih bikin sushi, aku belum pernah bikin sendiri biasa jadi tim beli jadi hehehe..btw cacingan emang mengerikan dulu aku sempet ikutan nih tentang cacingan dari konvermex juga

    ReplyDelete
  5. Semoga puasa anak-anak lancar jaya ya . Senang sekali kalaui ibunya menyajikan makanan kesukaan mereka. Duh jadi tergoda bikin sushi juga.. dan setuju jika cacingan ga bisa diabaikan karena efeknya mengganggu kesehatan dan tumbuh kembang anak

    ReplyDelete
  6. hadiu lihat gambar sushinya auto kepengen deh saya.. :D
    selamay menunaikan ibadah puasa untuk teh lend dan keluarga ya..
    semoga puasanya lancar dan berkah.

    Eh ya sudah bulan empat, bentar lagi sudah jadwal saya untuk kasih obat cacing ke anak2

    ReplyDelete
  7. Saya belum pernah makan sushi meski nama susi hahahah.. .kayak nggak yakin gituuuu mau makannya, nanti nyoba bikin ah. makasih resepnya

    ReplyDelete
  8. Monmaaf ya aku kudet, baru tahu kalau sushi tuh dicampur beras ketan. Lenchin pernah masak sendiri kan ya sushinya? ๐Ÿ˜
    Kalau makan yg gurih-gurih gitu, takut cacingan ๐Ÿ™ˆ
    Kudu sedia konvermex nih ya sebelum makan yg gurih-gurih itu

    ReplyDelete
  9. Asik juga nih berbuka puasa dengan sushi. Dan biasanya sushi tuh lengkap ya isinya. Udah ada sayur dan lauknya

    ReplyDelete
  10. aku suka banget sushiiiiiiiiiii tapi kalo bikin gagal terus hahaha, jadi pasti kalo pengen banget beli jadi yang ukuran kecil, paling isian 4-5 doang buat sendiri, yang lain ngga pada doyan soalnya hihi.

    ReplyDelete
  11. Resep Sushi-nya kalau dibuat sama Bocah kayanya seru juga deh. Sekalian ngabisin waktu sebelum berbuka

    Btw, cacingan pada anak tuh kudu banget diwaspadai. Kita Orangtua kudu lebih peduli dengan ngasih obat cacing 6 bulan sekali

    ReplyDelete
  12. Aku minta boleh nggak sushinya ๐Ÿ˜๐Ÿ˜
    Masya Allah anak2 teh Len udah terbiasa shaum senin kamis ya. Iyaa anak2 butuh dorongan seperti hidangan yg lezat heheuu. Aku jg bakal makin smangat #eh
    Cacingan mengganggu perkembangan tubuh anak, mamahku selalu ngingetin utk ngasih obat cacing ke anak2

    ReplyDelete
  13. Bikinnya nggak susah ya sushi ini isian pun bisa disesuaikan kantong mamak.. Kalau cacingan kasihan anak terganggu perkembangannya

    ReplyDelete
  14. Makanan sushi ini kesukaan anak aku banget dan ini enak gitu tapi aku sendiri jarang bikin sus isi apalagi di bulan puasa seperti ini

    ReplyDelete
  15. wah benar banget teh, sushi ini makanan yang enak kesukaan anak anak
    cara bikinnya pun mudah, nggak hanya enak sih tapi pastinya juga sehat ya teh

    ReplyDelete
  16. Teh Lendy memberikan ku inspirasi untuk bikin sushi sore ini, karena ini lagi mikirin sore nanti bikin apa ya untuk anakku.

    ReplyDelete
  17. Aku jadi pengen praktek sendiri bikin sushi, tampaknya mudah nih. Isianya juga bisa dari bahan-bahan yang simple. Yang penting nasinya harus diperhatikan banget nih. Harus enak, isianya bebas.

    ReplyDelete
  18. Tadi kirain kimbab eh taunay sushi ya, mirip sih ya. Aku udah siapin teokpokki hahaha sehat juga kan ya ini, praktis buat sahur kalau lagi males masak. masak sendiri cegah cacingan, untuk mencegak cacingan juag bis aminum obat cacing ya

    ReplyDelete
  19. Sushiiii.. Gegara liat microblog teh lendy di instagram kemarin tau gak apa yg aku lakuin?

    Beli rollmatt sushi pas mega sale di shopi.. Hahaha.

    ReplyDelete
  20. Nyam nyam ngiler sushinyaaa :D
    Enak bikin sendiri sambil ngajakin anak2 kreasi isiannya apa aja ya? Plaing yg tricky gulungnya haha
    Mbak kalau minum konvermex ini tuh bebas aja gpp tanpa perlu konsul dokter?

    ReplyDelete
  21. Sushi ini bikin nya simpel dan bisa divariasikan dengan apa aja, ya �� Terimakasih sudah diingatkan untuk minum obat cacing. Suka lupa sama yang satu ini ��

    ReplyDelete
  22. Uni semalam ak gatal di dubur huhuhu ak dah setahun ga minum obat cacing.. Nanya Uni ini keluar fesesnya nggak gerombolan. Lagi kan ya cacingnya huwaaa maap soalnya ak memang lagi mau minum tapi agak penakut

    ReplyDelete
  23. Wuaa, ada sushi.. Mau dong sushinya.. Kelihatan enak banget. Emang ya, bikin makanan yang disukai si kecil bikin mereka semangat puasanya. Semoga lancar puasanya cantik๐Ÿ˜˜

    ReplyDelete
  24. Favorite anakku nih sushi, enak banget katanya. Cocok banget untuk buka puasa atau sahur yah

    ReplyDelete
  25. udh paling bener ditawari sushi, rasanya org2 indonesia ud mulai doyan sama makanan dr jepang ini. Penyakit cacingan sngt rentan, makanya sediain konvermex..aku lg review obat cacing ini jg mbak hihihi

    ReplyDelete
  26. Sushi buatan rumah yang penuh cinta semakin terasa nikmat saat disantap pas buka puasa Ramadhan. Mupeng.
    Makanan sehat belum jaminan anak bebas cacing ya, untung ada Konvermex yg bisa mengatasinya ya. Dicatat buat jaga2 utk anak2 di rumah.

    ReplyDelete
  27. Sushi nya nggemesin bangeet, buat anak2 yang seneng lihat food art kayanya bakal seneng nih dikasih sushi

    ReplyDelete
  28. Wah terima kasih sudah berbagi resep sushi nih, makanan kesukaan anak-anak ini mah. Buka puasa memang wajib makanan yang sehat ya...:D

    ReplyDelete
  29. Aku pernah bikin sushi tapi kayaknya rasanya masih standar alias kurang deh. Penasaran juga mau nyoba resepnya mba Lendy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya emang sushi nih tergantung lidah juga ya. Aku dibikinin adik ipar juga nggak doyan. Hahaha, mending nasi kepal deh kalau aku.

      Delete
  30. aduh, bisa bikin sushi sendiri? mantep.. izin copy resepnya ya . hihi..

    btw, sedih bgt ya kalo anak cacingan ga doyan makan.. untungnya ada konvermex ya..

    ReplyDelete
  31. asyiknya yang buat sushiiii... aku juga mau dooong. Kebayang enak banget nih dan pas ya untuk kita berbuka puasa

    ReplyDelete
  32. Boleh juga nih idenya untuk membuat sushi di rumah. Isian bisa menyesuaikan dengan kesukaan keluarga yaa..

    Oiya, udah berapa lama nih anakku belum kuberi obat cacing. Thanks ya Mama Lendy sudah mengingatkan lewat postingan ini.

    ReplyDelete
  33. hmm aku mah juga mau banget kalau buka pakai sushiii.. btw aku kalau buka puasa pakai buah dan sayur dulu, mba. baru deh makan nasi atau mie dan lauk pauknya :D

    ReplyDelete
  34. Alhamdulilah Ramadan tahun ini menunya ngga macem-macem teh, gorengan cuma hadir beberapa hari itu pun bikin sendiri. bener2 pengen sehat hehe.

    ReplyDelete
  35. enduuull bgt ini sushinya
    maauuu
    enak bgt utk buka maupun sahur

    ReplyDelete
  36. Sushi ini makanan favorit aku dan anakku.
    mupeng buat bebikinan juga ah
    makasii makasii

    ReplyDelete
  37. Aku pernah sekali mba bikin sushi. Tapi emang kenapa nggak sreg ama rasa yang aku buat. Hhhee. Makasih resepnya mba. Aku mau coba ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo aku malah belum pernah bikin sushi mbaa.. hehe
      mungkin mba harus contek resepnya mba lendyagasshi biar sushinya wuenaakkk :D

      Delete
  38. Pe er orang tua ya ini, memperhatikan asupan makanan dan juga rutin tiap 6 bulan memberikan obat cacingan.

    ReplyDelete
  39. kalau sushi roll maah selalu sukaa.. tapi aku suka males bikin sendiri, maunya beli aja haha soalnya kadang nasinya itu kurang pas aja teksturnya kalau bikin sendiri itu mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, tekstur nasinya itu loh susah banget kalau mau bikin sendiri. Harus pake dimix segala ya dengan jenis beras yang lain.

      Delete
  40. Udah diakhir ramadan tapi belum ada ide buat bikin sushi, eh baca blognya Mbak Lendy jadi pengen bikin sushi. Masih ada 1 hari lagi, semoga nggak mager nih besok.

    ReplyDelete
  41. Aiiih Sushii, kaka olip suka banget nih, tapi emaknya ga pernah bikinin, udah tak suruh beli yang promo aja hahaa.
    Nah, ngemengin obat cacing, aku rajin minum juga Leen, 6 bulan sekali, aplagi buat anak, wajib yaaa..

    ReplyDelete
  42. Makasih resep sushinya, Mbak. Bisa dipraktikkan nih bikin buat adik. Soalnya dia suka makan sushi. Ya meskipun bikinnya nanti aja habis lebaran. Haha.

    ReplyDelete
  43. Anak-anak suka pengen sushi tapi yang kebayang sushi di resto Jepang tuh mahal, hahaha padahal bisa ya bikin, makasih ya resepnya

    ReplyDelete
  44. Aku belum pernah bikin sushi. Bisa dicontek nih, idenya.
    Rajin masak di rumah biar anak g sering jajan di luar, ya. Daripada kena cacingan atau yang lain.

    ReplyDelete
  45. aku sukaaa sushiiii mbaa.. juga sashimi, shabu - shabu, ramen, dan teman - temannya. Sushi memang enak dan sehat yaaa

    ReplyDelete
  46. Terima kasih resep sushi nya mbakk, lengkap banget step by step nya. Bisa jadi alternatif mwnu buat anakku di rumah yang picky eater banget nih, semoga dia suka.

    ReplyDelete
  47. Baru tahu kalau batuk berkepanjangan bisa disebabkan oleh penyakit cacingan.
    Btw, saya mau praktik bikin sushi ah,bekalnya pakai resepnya teh Lendy๐Ÿฅฐ

    ReplyDelete

Berlangganan via Email